P. 1
Sengketa Internasional

Sengketa Internasional

|Views: 495|Likes:

More info:

Published by: Nursafira Kumaralalita on May 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/03/2012

pdf

text

original

Present by: kelompok 8

Assalamu`alaikum Wr. Wb.

Kelompok 8

LOGO

1 2 3

Devi Yuliana (05) Nursafira K (20)

Try Agung S (28)

LOGO MAKNA SENGKETA INTERNASIONAL .

LOGO Sengketa Internasional adalah suatu perselisihan antara dua negara atau lebih terhadap suatu masalah tertentu .

LOGO PENYEBAB TIMBULNYA SENGKETA INTERNASIONAL .

Faktor Penyebab Timbulnya Sengketa Internasional LOGO Perebutan Pasar Ekonomi .

Segi Politis LOGO (Adanya Pakta Pertahanan atau Pakta Perdamaian) Pasca perang dunia kedua (1945) muncul dua blok kekuatan besar. Kamboja. Akibatnya sering terjadi konflik (sengketa) diberbagai negara yang menjadi korban. Vietnam.  Sebagai contohnya adalah adanya krisis Kuba dan krisis semenanjung Indocina yang berakibat Korea terbagi menjadi Korea Utara (komunis) dan Korea Selatan (liberal). dan sebagainya. saling berebut pengaruh dibidang idielogi dan ekonomi serta saling berlomba memperkuat senjata. .yaitu: ö Barat (liberal membentuk pakta pertahanan NATO) di bawah pimpinan Amerika ö Timur (komunis membentuk pakta pertahanan Warsawa) dipimpin Uni Soviet Kedua blok tersebut.

. Yang akhirnya berda-sarkan penetapan Mahkamah Interna-sional kedua pulau tersebut menjadi milik Malaysia. manakala wilayah tersebut menjadi sengketa ”saling mengklaim” antar negara yang berbeda.Hak Atas Suatu Wilayah Teritorial LOGO Wilayah teritorial menjadi sangat kompleks.  Sebagai contohnya adalah ö Masalah kepulauan Sipadan-Ligitan antara pemerintah Indonesia dengan Malaysia. ö Konflik Palestina–Israel yang merupakan konflik klasik antara bangsa Arab dan bangsa Yahudi.

ö Amerika dan sekutu-nya menuduh Irak mengembangkan senjata pemusnah masal.  Sebagai contohnya adalah ö Korea Utara dan Iran yang sampai hari ini masih dicurigai Amerika dan sekutunya. sulit untuk mendapat kepercayaan dunia internasional dalam mengembangkan berbagai senjata yang berbasis teknologi nuklir dan biologi. Mereka akan selalu dicurigai dan dianggap sebagai ”destabilitas” untuk kawasan sekitarnya. karena kepemilikan teknologi ”senjata nuklir”.Pengembangan Senjata Nuklir atau Senjata Biologi LOGO Negara-negara selain yang memiliki hak veto di PBB dan pemenang Perang Dunia II. .

.Permasalahan Terorisme LOGO Kasus Amerika–Afganistan. Irak dan Somalia (negara-negara yang dianggap sarang teroris).  Sebagai contohnya adalah dampak peristiwa ini adalah serangan/invasi Amerika dan sekutunya terhadap negara Afganistan. kasus ini diawali peristiwa 11 November 2001 atau peristiwa serangan teroris terhadap gedung World Trade Center dan gedung Pentagon di Amerika. Amerika menduga serangan tersebut dilakukan oleh kelompok Islam Al Qaeda (Afganistan) pimpinan Osama bin Laden.

LOGO PENYELESAIAN SENGKETA INTERNASIONAL .

LOGO Macam Penyelesaian Sengketa Internasional Cara paksa Cara damai .

suatu negara menaklukan negara lain untuk menyelesaikan masalah sengketa LOGO 2. Restorasi Yaitu pemutusan hubungan Diplomatik dan penghapusan hak-hak istimewa diplomatik 3.Penyelesaian dengan Cara Paksa 1. Blokade Adalah pengepungan suatu wilayah dari negara yang ingin ‘diserang’ 4. Intervensi Usaha untuk melakukan campur tangan urusan dalam negara lain . Melakukan Perang Dalam hal ini.

Arbitrase Internasional Penyelesaian melalui wasit yang telah ditunjuk pihak yang bersengketa 2.Penyelesaian dengan Cara Damai 1. Mediasi Merupakan cara penyelesaian melalui mediator. Penyelesaian melalui Diplomasi Adalah upaya penyelesaian secara langsung oleh kedua pihak yang bersengketa 4. Pengadilan Internasional Yaitu cara penyelesaian melalui Mahkamah Internasional LOGO 3. yaitu mendamaikan tuntutan yang saling berlawanan dari pihak sengketa .

Arbitrasi Penyelesaian melalui wasit yang telah ditunjuk bersama Segala permasalahan diserahkan pada wasit Keputusan yang berdasarkan pada Hukum Internasional Hasil keputusan mengikat kedua belah pihak sengketa LOGO .

Mediator LOGO Melibatkan pihak ketiga yang telah ditunjuk Pihak ketiga memilih wakil untuk juru runding pembahasan masalah Pihak ketiga menyediakan fasilitas yang diperlukan Mengajukan usulan dan masukan untuk penyelesaian masalah Hasil kesepakatan dilaksanaka kedua pihak sengketa .

Makna Hak Kesederajatan Negara menurut hukum kesederajatan LOGO Negara menikmati kedaulatan penuh Negara wajib menghormati kewajiban Internasional Negara wajib hidup secara damai .

Macam Prinsip Hak Kesederajatan Persamaan kedaulatan masingmasing negara Itikad baik dalam melakukan hubungan Internasional LOGO Persamaan menentukan nasib sendiri Keadilan dalam melakukan Hubungan Internasional .

Prinsip Hidup Berdampingan menurut Dasa Sila Bandung Menghormati kedaulatan semua bangsa-bangsa LOGO Mengakui hak kesederajatan semua bangsa Menghormati keadilan dan kewajiban Internasional Tidak campur tangan dalam negara lain Meningkatkan kepentingan bersama dan saling menguntungkan .

Prinsip Hidup Berdampingan menurut Perjanjian Internasional 1 2 3 LOGO • Saling menghormati integritas teritorial negara • Saling menghormati kedaulatan masingmasing negara • Saling tidak melakukan agresi 4 • Menghormati prinsip kesederajatan .

. Wb.Present by: kelompok 8 Wassalamu’alaikum Wr.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->