NAMA NPM

: EGI PRANATA : G1D010029

ANILISIS SISTEM TENAGA PENGERTIAN INVERTER

Inverter adalah sebuah perangkat elektronik yang mengubah tegangan AC tiga fasa dari jala-jala (berfrekuensi 50 Hz atau 60 Hz) menjadi tegangan DC, kemudian mengubahnya kembali menjadi tegangan AC tiga fasa dengan frekuensi yang bisa diatur-atur sesuai keinginan pengguna/user. Salah satu aplikasi Inverter dalam dunia keelektroteknikan adalah untuk mengendalikan kecepatan putaran motor AC. Contohnya pada sistem ban berjalan (conveyor belt) Seperti yang kita ketahui bahwa kecepatan putaran motor AC dapat dikendalikan dengan mengatur frekuensi dari tegangan AC yang menjadi sumbernya. Pada gambar di atas, dapat dilihat bahwa PLC mengendalikan Inverter dalam menghasilkan tegangan AC dengan frekuensi yang dinginkan. Biasanya frekuensi tegangan AC output Inverter komersial dapat dikendalikan dengan menggunakan sinyal tegangan atau sinyal arus eksternal. Oleh karena itu, Slave Output Analog PLC yang dapat menghasilkan sinyal arus, dapat digunakan untuk mengendalikan Inverter dalam menghasilkan tegangan AC dengan frekuensi yang diinginkan.

Kebanyakan sistem menerimasuatu kata digital sebagai sinyal masuk dan menterjemahkan atau mengubahnyamenjadi tegangan atau arus analog. yang paling umum adalah biner murni atau disebut BCD (Binary CodedDecimal) . Pada umumnya tegangan keluaranadalah suatu fungsi linear dari sejumlah masukan.speed • Brake sequence • Motor switching • Management of limit switches • Switching frequency up to 16 kHz • Current limitation • Linear ramps. DAC adalah penghubung antara rangkaian digital dengan rangkaian analog. S. U or customised • Second ramp Textile PENGERTIAN KONVERTER Dalam bidang Elektronika.NAMA NPM : EGI PRANATA : G1D010029 ANILISIS SISTEM TENAGA Aplikasi dari inverter Materials handling • +/. Kata digital biasanya dinyatakan dalam berbagaikode. tegangan atau muatan elektrik). DAC pada dasarnyamengkonversi masukan (berupa bilangan biner) ke dalam suatu besaran fisik. digital-to-analog converter (DAC atau D/A) adalahsebuah piranti untuk mengubah sebuah masukan digital (umumnya adalah biner)menjadi sebuah sinyal analog (arus. biasanya berupa tegangan suatu tegangan listrik.

lampu neon. Sangat cocok untuk offroad. Peralatan ini dirancang untuk menggunakan peralatan-peralatan listrik di dalam mobil. boating. charge HP. . TV. dll. Contoh Aplikasi : Laptop. Inverter 100 Watt Inverter ini cocok digunakan untuk charge handphone/PDA. Digital MP3 Player/Ipod atau perangkat-perangkat berdaya kecil lainnya. dll. MP3 player. Tinggal dicolokkan pada soket rokok (cigarette lighter) di mobil.NAMA NPM : EGI PRANATA : G1D010029 ANILISIS SISTEM TENAGA Alat Pengubah Listrik DC ke AC (INVERTER) Alat untuk mengubah listrik DC 12V menjadi AC 220V/50 Hz. VCD/DVD. caravan. rekreasi. Kipas Angin. Mesin fax. touring. Printer.

dan perangkat-perangkat lainnya.NAMA NPM : EGI PRANATA : G1D010029 ANILISIS SISTEM TENAGA Inverter 300 Watt Inverter ini cocok digunakan untuk charge laptop dan handphone secara bersamaan. menyalakan lampu neon. mejalankan VCD/DVD player. Inverter 500 Watt .

NAMA NPM : EGI PRANATA : G1D010029 ANILISIS SISTEM TENAGA .

NAMA NPM : EGI PRANATA : G1D010029 ANILISIS SISTEM TENAGA .

Peralatan ini dirancang untuk menggunakan peralatan-peralatan listrik di dalam mobil. untuk mengetahui alat ini bekerja. . VCD/DVD. Mesin fax. pompa Air dll. menyalakan TV 14". atau bisa juga digunakan sebagai energi alternatif dari solar cell. Keistimewaan: * LED Indikator ON. dll. TV. dan juga Sangat cocok untuk offroad. rekreasi. menyalakan kipas angin. MP3 player. caravan. touring. Printer. Tinggal dicolokkan pada soket rokok di mobil. Kipas Angin. * Inverter otomatis padam jika kelebihan beban / Hubungan singkat pd output. lampu neon. dan perangkat-perangkat lainnya . Alat pengubah listrik konverter Alat untuk mengubah listrik DC 12V menjadi AC 220V/50 Hz. menggunakan printer deskjet. boating. tinggal colok ke soket rokok di mobil. * Memutuskan hubungan baterai/accu jika sudah lemah sehingga tidak terkuras habis. Contoh Aplikasi : Laptop.NAMA NPM : EGI PRANATA : G1D010029 ANILISIS SISTEM TENAGA Inverter ini cocok digunakan untuk charge laptop. * Praktis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful