P. 1
PROFIL ITALIA

PROFIL ITALIA

|Views: 294|Likes:
Published by Must Takim

More info:

Published by: Must Takim on May 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/01/2015

pdf

text

original

DOWNLOAD

http://www.ziddu.com/download/19296414/PROFILITALIA.docx.htm l

Tugas Akhir Semerter Genap Profil Negara ITALIA Mata pelajaran pkn
Guru pembimbing: Bu farida sekti pahlevi. Spd. SH

Disusun Oleh: 1. Nikmatul Khoiriyah 2. Nurul Hidayah

Kelas : VII A

Kementrian agama madrasah tsanawiyah Negeri kare
Tahun ajaran 2011-2012

Italia
Republik Italia Repubblica italiana

Bendera

Lagu kebangsaan: Il Canto degli Italiani

Peta lokasi Italia (dark green) – di Europe (green & dark grey) – di Uni Eropa (green) — [Legenda]

Ibu kota (dan kota terbesar) Bahasa resmi Pemerintahan - Presiden - Perdana Menteri Legislatif - Majelis Tinggi - Majelis Rendah

Roma
41°54′N 12°29′E

Italia Republik parlementer kesatuan Giorgio Napolitano Mario Monti Parlimen Senat Republik Dewan Rakyat Pembentukan - Penyatuan 17 Mac 1861 - Republik 2 Jun 1946 25 Maret 1957 (salah satu Bergabung ke UE pendiri) Luas

- Total - Air (%)

301,338 km2 (ke-71) 2,4

Penduduk - Perkiraan November 2010 60.605.053 (ke-23) - Sensus 2001 56.995.744 - Kepadatan 201,1/km2 (ke-40) PDB (KKB) Perkiraan 2010 - Total $1,771 triliun - Per kapita $29.417 PDB (nominal) Perkiraan 2010 - Total $2,036 triliun - Per kapita $33.828 Gini (2006) 32 IPM (2010) ▲ 0.854 (amat tinggi) (ke-23) Euro (€)2 (EUR) Mata uang Zona waktu CET (UTC+1) - Musim panas (DST) CEST (UTC+2) Lajur kemudi Kanan Ranah Internet .it3 Kode telepon 394 Bahasa Perancis resmi di Lembah Aosta; Bahasa Slovenia 1 resmi di Provinsi Trieste dan Gorizia; Bahasa Jerman dan Latin resmi di Provinsi Bolzano-Bozen. 2 Sebelum 2002, lira Itali. Euro diterima di Campione d'Italia, tetapi mata uang resmi di situ ialah franc Swiss. 3 Domain .eu juga digunakan bersama negara-negara anggota Uni Eropa lainnya. 4 Untuk menelepon ke Campione d'Italia, harus menggunakan kode telepon Swiss (+41).

Italia ( i /ˈɪtəli/; bahasa Italia: Italia pelafalan dalam bahasa Italia: [iˈtaːlja]), nama resmi: Republik Italia (bahasa Italia: Repubblica italiana. Di Italia, bahasa-bahasa lain juga diakui sebagai bahasa daerah di bawah European Charter for Regional or Minority Languages. Nama resmi negara Italia dalam semua bahasa-bahasa tersebut adalah:
• • • • • • • • •

bahasa Emiliano-Romagnolo: Ripòbblica Itaglièna; bahasa Friulian: Republiche Taliane; Templat:Lang-lld; bahasa Lombard Barat: Repùblega Taliana; bahasa Neapolitan: Repubbreca italiana; Templat:Lang-pms; Templat:Lang-sc; bahasa Sisilia: Ripùbblica di Tàlia; bahasa Venesia: Republica Tałiana</ref>), adalah sebuah negara di Eropa selatan yang terdiri dari sebuah semenanjung yang berbentuk sepatu boot dan dua pulau besar di Laut Tengah: Sisilia dan Sardinia. Italia berbatasan dengan Perancis, Swiss, Austria dan Slovenia. Negara San Marino dan Vatikan adalah enklaf di dalam wilayah Italia, sementara Campione d'Italia merupakan eksklaf Italia di Swiss. Negara Italia meliputi wilayah seluas 301.338 km² (116.347

mil²) yang dipengaruhi oleh iklim sedang. Dengan jumlah penduduk sebesar 60,4 juta, Italia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keenam di Eropa, dan terpadat ke-23 di dunia. Roma, ibukota Italia, selama berabad-abad merupakan pusat politik Dunia Barat. Kota tersebut pernah menjadi ibukota Kekaisaran Romawi. Setelah jatuhnya Romawi, Italia terus-menerus diserang oleh bangsa-bangsa asing, dari suku-suku Jermanik seperti Lombard dan Ostrogoth, hingga Bizantium. Beberapa abad kemudian, Italia menjadi tempat lahirnya Renaisans, gerakan intelektual yang penting dalam membentuk pemikiran bangsa Eropa. Setelah jatuhnya Romawi, Italia terpecah menjadi negara-negara kecil (seperti Kerajaan Sardinia dan Kadipaten Milan), namun negeri ini disatukan pada tahun 1861, setelah berlangsungnya periode kerusuhan yang dikenal dengan istilah "Il Risorgimento" ("Kebangkitan"). Pada akhir abad ke-19, selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II, Italia menjajah Libya, Eritrea, Somalia, Ethiopia, Albania, Rhodes, Dodecanese, dan konsesi di Tianjin, Cina. Saat ini Italia memainkan peran penting dalam budaya, diplomasi, dan militer Eropa dan dunia, sehingga Italia merupakan salah satu kekuatan regional.

Asal-usul nama
Terdapat banyak pendapat yang dikemukakan oleh ahli sejarah dan linguistik mengenai asal-usul nama "Italia". Menurut salah satu penjelasan yang lebih umum, istilah Italia (dari bahasa Latin: Italia), dipinjam melalui bahasa Yunani dari istilah bahasa Oscan, Víteliú, yang berarti "tanah anak sapi" (cf. Lat vitulus "anak sapi", Umb vitlo "anak sapi"). Sapi merupakan lambang suku-suku Italia selatan dan seringkali digambarkan menyeruduk serigala Romawi sebagai lambang keengganan menyerahkan kemerdekaan Italia. Selain itu, ada pula legenda, bahwa Italia dinamai dari tokoh yang bernama Italus. Nama Italia pada awalnya hanya digunakan untuk sebagian kawasan yang kini dijuluki Italia Selatan (menurut Antiochus dari Syracuse, di bagian selatan semenanjung Bruttium). Namun, pada masa Antiochus, istilah Oenotria dan Italia merupakan sinonim, dan nama itu juga digunakan untuk sebagian besar Lucania pula. Lama-kelamaan, orang Yunani terbiasa menyebut "Italia" untuk kawasan yang lebih luas, tetapi baru pada masa penaklukan Romawi istilah tersebut benar-benar meliputi seluruh semenanjung.[20]

Sejarah
Hasil penggalian di seluruh Italia menunjukkan bahwa manusia modern sudah ada semenjak zaman Paleolitik, sekitar 200.000 tahun yang lalu.

Daerah
Italia dibagi menjadi 20 daerah (regioni, tunggal: regione); lima di antaranya mempunyai status otonomi khusus, ditandai dengan *:
• • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Abruzzo Basilicata Calabria Campania Emilia-Romagna Friuli-Venezia Giulia * Lazio Liguria Lombardia Marche Molise Piemonte Puglia Sardinia (Sardegna) * Sisilia (Sicilia) * Toscana Trentino-Alto Adige * Umbria Valle d'Aosta * Veneto

Semua daerah, kecuali Valle d'Aosta, dibagi lagi menjadi dua provinsi atau lebih.

Geografi
Italia terdiri dari semenanjung besar yang menyerupai sepatu boot yang memanjang ke Laut Mediterania, bersama dengan dua pulau besarnya Sisilia dan Sardinia. Di timurlaut adalah Laut Adriatik, di tenggara Laut Ionia, kemudian Laut Tirenia di barat-daya dan Laut Liguria di barat-laut. Pegunungan Apennina menjadi tulang belakang semenanjung ini, memanjang ke arah barat laut hingga bergabung dengan Alpen, barisan pegunungan yang membentuk lengkungan yang membatasi Italia di sisi utara. Di wilayah ini juga ditemukan dataran alluvial besar, dataran Po-Venesia, yang dialiri oleh Sungai Po dengan banyak anak sungainya mengalir dari Alpen, Apennina dan Dolomites. Sungai terkenal lainnya termasuk Tiber, Adige, dan Arno. Titik tertingginya adalah Gunung Blanc (Monte Bianco) pada 4.810 m. Namun demikian, Italia biasanya lebih dikaitkan dengan dua gunung berapi yang terkenal: Vesuvius dekat Napoli yang sekarang ini tidak aktif dan Etna yang sangat aktif di Sisilia.

Demografi
Penduduk Italia sebagian besar beragama dan berbahasa sama namun dengan budaya, ekonomi, dan politik yang beragam. Italia memiliki kepadatan penduduk terbesar kelima di Eropa dengan 196 penduduk per kilometer persegi. Kelompok minoritas penduduk asli kecil jumlahnya. Meskipun Katolik Roma adalah agama mayoritas (85% kelahiran di Italia umumnya beragama Katholik), ada beberapa komunitas yang merupakan bagian Gereja Protestan, dan juga Bené Roma yang telah menjalankan Judaisme di Italia selama ribuan tahun. Dan ada juga komunitas imigran Muslim (lihat: Islam di Italia).

Pariwisata

Panorama kota Roma Italia memiliki banyak objek wisata.Mulai dari perfilman, arsitektur, sejarah Romawi kuno, Koloseum, menara Pisa, fashion di kota Milan, situs kota Pompeii, wisata agama di Vatikan, wisata makanan, seni memasak, galeri seni/lukisan, gedung teater disetiap kota, pemandian air panas, pemandangan alam dan pedesaan. Italia memiliki banyak tokoh seperti tokoh-tokoh ilmuwan, tokoh agama, penjelajah dan artis-artis/desainer mode fashion, antara lain Paus di Vatikan, Sophia Loren, Leonardo da Vinci, Marcopolo, Gucci, Dolce dan Gabanna, dan Feragamo. Memiliki julukan sebagai "negeri Pizza", Italia adalah produsen ratusan jenis keju dan terkenal dengan Mozzarella nya, produsen mobil Ferari, dan sebagai tempat lahirnya paham Fasisme dan organisasi Mafia Italia.

Data statistik
Pariwisata dikelola dengan baik oleh pemerintah Italia.Negara ini dikunjungi oleh 39,6 juta wisatawan asing pada tahun 2003 sedangkan menurut UNESCO, 50 persen dari warisan budaya seni dunia berada di Italia.

Hubungan keluarga di Italia

Masyarakat Italia memiliki sifat sangat dekat dengan keluarga/ memiliki hubungan kekeluargaan yang erat.Baik di kota besar seperti Roma maupun masyarakat yang tinggal di desa-desa terpencil Italia seperti Siena, setiap jam makan siang tiba maupun setiap jam makan malam merupakan saat berkumpul dan menjadi semacam perayaan kecil bagi keluarga.Akibatnya dalam jam-jam tersebut lalulintas di kota-kota /desa di Italia dapat menjadi sangat sepi karena seluruh masyarakat Italia biasanya pulang ke rumah untuk makan bersama keluarga. Kegiatan makan siang atau makan malam dirumah bersama keluarga ini bisa menghabiskan waktu berjam-jam (tak kurang dari dua hingga tiga jam) karena juga diselingi dengan berbagai pembicaraan antara keluarga sehingga tak heran pada jamjam tersebut seluruh kantor pemerintahan dan toko-toko tutup.

Bahasa dan pembicaraan
Diseluruh daerah Italia dipakai bahasa Italia yang merupakan bahasa resmi.Orang Italia sangat mencintai bahasa dan daerah nya, sehingga wisatawan berbahasa asing yang datang ke Itali sedapatnya menguasai sedikit bahasa ini.Bahasa Inggris hanya digunakan di kota-kota besar seperti Roma dan Milan. Bahasa Italia memiliki banyak dialek, adapun bahasa Italia yang murni (tanpa dialek) hanya dipakai diderah pedesaan Siena. Orang Italia terkenal juga suka berbicara.Mereka berbicara dengan sikap tubuh yang bersemangat, dengan gerakan-gerakan tangan yang aktif.Diberbagai tempat dapat ditemukan penduduk Italia dari berbagai golongan usia berkelompok untuk membicarakan berbagai hal, mulai dari kejadian hari itu, makanan, politik, hingga sepak bola.

Pandangan penduduk asli Italia
Penduduk asli Italia umumnya menganggap negara mereka adalah negara terindah didunia.Mereka amat mencintai negaranya dan jarang memutuskan bepergian keluar negeri untuk berlibur.

Makanan
Makanan di Italia diolah dengan baik dan memakai bahan-bahan yang murni dan segar.Hal ini disebabkan bagi penduduk Italia, makan dan minum adalah suatu kegiatan seni dan amat penting nilainya.Bahan makanan harus segar baik berupa buahbuahan, susu, maupun sayuran.Orang Italia tidak suka memakan makanan kalengan dan makanan yang diawetkan.Bagi mereka memakan makanan kalengan atau makanan yang sudah diawetkan adalah "sangat aneh dan menyedihkan".

Profil wisata negara Italia

Berikut ini adalah informasi umum mengenai pariwisata di Italia:
• • • •

Luas negara: 301.323 km² Populasi: 58.462.375 penduduk (2005) Kepadatan populasi: 194/km² Ibukota: Roma (2,775,000 penduduk) Catatan: Untuk data statistik lain nya lihat halaman Italia. Kota-kota wisata penting di Italia (di dalam kurung adalah jumlah penduduk): Milano (1,369,000) Firenze (403,000) Messina (231,000) Napoli (1,067,000) Bari (342,000) Trieste (231,000) Torino (963,000) Catania (333,000)

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8.

9. Padova (215,000) 10. Palermo (699,000) 11. Venezia (309,000) 12. Cagliari (204,000) 13. Genova (679,000) 14. Verona (256,000) 15. Brescia (195,000) 16. Bologna (404,000) 17. Taranto (232,000) 18. Perugia (153,000)

Perayaan tradisional
Berikut ini merupakan daftar beberapa perayaan masyarakat di Italia (disusun berdasarkan tempat/nama festival):

Agrigento: Almond Blossom Festival (Festival "Almond Blossom"), setiap pertengahan Februari.Merupakan festival lagu-lagu rakyat, tarian pakaian tradisional dan kembang api. Arezzo: Giostra del Saracino, minggu pertama bulan September.Merupakan kontes satria-satria Italia mengulang sejarah abad 13. Assisi: Calendimaggio (Perayaan Minggu Suci) setiap Minggu Paskah.Perayaan menyambut musim panas mengulang ritus semenjak abad pertengahan. Ascoli-Piceno: Tornero della Quintana (Joust of the Quintana) minggu pertama bulan Agustus, merupakan peragaan sejarah pakaian abad ke-15. Firenze: Calcio Fiorentino (Pertandingan sepak bola), bulan Juni tanggal 24 sampai dengan tanggal 28 setiap tahun nya mengulang tradisi pertandingan Sepak bola di abad 16 dalam pakaian abad pertengahan, dimeriahkan oleh pesta kembang api. Marostica (Vicenza): Partita a Scacchi con Personaggi Viventi (Pertandingan Catur), setiap minggu kedua bulan September, pertandingan diadakan di tengah kota Vicenza. Siena: Palio di Siena (Pacuan kuda), tiap tanggal 2 Juli dan 16 Agustus.Dirayakan dengan mengadakan pacuan kuda yang memperebutkan bendera kemenangan.

Ungkapan, pepatah, istilah, asal kata
Beberapa contoh "ungkapan"/ pepatah/ istilah, asal kata mengenai atau berasal dari Italia:

Italia, La Dolce Vita (Italia, hidup yang indah/manis).

Dalam bahasa Indonesia terkenal pepatah: Tidak satu jalan ke Roma, yang berarti ada banyak cara untuk memecahkan masalah (jangan mudah putus asa). O Sole Mio (dari bahasa Italia, berarti: "Oh Matahariku!") kadang-kadang digunakan pria untuk merayu wanita. Diva.Kata diva berasal dari bahasa Italia yang berarti, "seorang wanita yang cantik, menarik, memesona dan menjadi pujian". Primadona.Kata primadona juga berasal dari bahasa Italia yang berarti, "wanita utama (first lady)". Veni, Vidi, Vici, ungkapan yang digunakan oleh Julius Caesar salah satu Jenderal Romawi kuno yang berarti "Aku datang, aku lihat, aku menang". Maestro.Kata maestro juga berasal dari bahasa Italia, bermakna, "orang yang ahli dalam bidang seni (lukis, tari, musik), olahraga" Kartun.Secara etimologi, istilah kartun berasal dari kata "cartone" (bahasa Italia). Tempo di Marcia, Allegro, Fortissimo dan hampir semua istilah musik seperti ini berasal dari bahasa Italia.

Hari Libur di Italia
Kantor pemerintahan dan toko-toko tutup setiap hari Minggu diseluruh Italia.Namun pada kota-kota dimana tingkat kunjungan wisatawan nya tinggi seperti Milan dan Roma beberapa toko tetap buka.

Galeri

Monumen Vittorio Emanuelle II di Roma.

Menara Pisa, salah satu keajaiban dunia.

Bunga-bunga di Toscana.

DOWNLOAD
http://www.ziddu.com/download/19296414/PROFILITALIA.docx.htm l

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->