Bayi Kuning, Kenali dan Waspadai

Dunia Balita
Share39

Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di kenali dan waspadai. Sebetulnya, setiap orang memiliki bilirubin dalam sel darah merahnya. Setiap jangka waktu tertentu sel darah merah akan mati dan menguraikan sel-selnya diantaranya menjadi bilirubin. Normalnya yang bertugas menguraikan bilirubin tersebut adalah hati, untuk kemudian dibuang lewat BAB. Saat bayi masih dalam kandungan, hati sang ibulah yang mengambil tugas menguraikan bilirubin dalam sel darah merah bayi. Ketika bayi lahir, perkembangan hatinya belum sempurna sehingga belum dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Akibatnya terjadi penumpukan bilirubin yang kemudian menyebabkan timbulnya warna kuning pada kulit bayi.
Sebagian lainnya karena ketidak-cocokan golongan darah ibu dan bayi. Peningkatan kadar bilirubin dapat diakibatkan oleh pembentukan yang berlebih atau adanya gangguan pengeluarannya.

Ikterus pada bayi baru lahir dapat merupakan bentuk fisiologik dan patologik. Yang bersifat patologik dikenal sebagai hiperbilirubinemia yang dapat mengakibatkan gangguan saraf pusat atau kematian. Sampai saat ini ikterus masih merupakan masalah pada bayi baru lahir, terjadi sekitara 25% - 50% pada bayi lahir cukup bulan dan lebih tinggi lagi pada bayi lahir kurang bulan. Pemeriksaan adanya ikterus pada bayi muda dapat dilakukan di rumah dan pada waktu kunjungan neonatal. Untuk pemeriksaan gejala kuning di rumah adalah dengan membawa bayi ke dalam ruangan yang memiliki penerangan yang jelas atau dengan lampu fluorescent. Bila kulit bayi tergolong putih, tekanlah jari anda secara perlahan-perlahan ke bagian dahi, dada, telapak tangan dan telapak kaki. Kemudian angkat tangan anda dan perhatikan adakah semburat warna kuning pada bagian tubuh bayi yang ditekan tadi. Bila kulit bayi tergolong hitam, paling jelas bisa diteliti pada gusi atau bagian putih di area mata. Sedangkan pemeriksaan di klinik, dokter anak akan memeriksa kesehatannya. Kadar bilirubin sendiri baru bergerak pada hari ke 3 atau ke 5 setelah kelahiran. Jadi apakah tingkat bilirubin bayi anda normal atau tidak, baru diketahui 3 atau 5 hari. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan pemeriksaan dalam. Bayi akan diambil darahnya sedikit, biasanya di ujung jari kaki, kemudian diteliti dan diperiksa di laboratorium. Sangat penting untuk mengetahui kapan ikterus timbul, kapan menghilang dan sampai bagian tubuh mana kuning terlihat. Ketiga hal tersebut harus diketahui dengan pasti untuk mengklasifikasikan ikterus secara benar. Pada kasus ketidakcocokan golongan darah ibu dan bayi, ikterus timbul sebelum umur 3 hari.

satu jam. minimal 8 . kadar bilirubin terus meningkat sehingga dapat meracuni otak. 29 September 2011 | 07:21 WIB Dibaca: 7793 . Bila gejala masih tampak hingga >14 hari segera periksakan ke dokter.9 pagi selama 30 . Ikterus Patologis (berat) • • • • Timbul kuning pada hari pertama (<24 jam) setelah lahir. Sumber : Bayi Kuning. atau Tinja berwarna pucat Jika tidak segera ditangani. Kenali dan Waspadai Bayi Kuning. atau Kuning sampai telapak tangan / telapak kaki. Jika dirasakan sudah cukup menyusuinya.12 kali sehari. atau Kuning ditemukan pada umur lebih dari 14 hari. Bila dirasakan ada masalah dalam menyusui segera lakukan konsultasi di klinik laktasi terdekat. Tingkatkan frekuensi pemberian ASI. terjadinya kerusakan saraf yang dapat menyebabkan cacat seperti tuli. Tak Bahaya tapi Perlu Diwaspadai Lusia Kus Anna | Kamis. pertumbuhan terhambat atau kelumpuhan otak besar atau bahkan dapat menyebabkan kematian. sebaiknya perhatikan apakah bayi benar-benar menghisap atau hanya mengempeng saja. Jika mengalami salah satu gejala tersebut di atas segera periksakan bayi anda ke dokter. penanganannya bayi dijemur setiap pagi antara jam 7 .Klasifikasi ikterus Untuk mengklasifikasikannya dilihat dari gejala-gejalanya yaitu: Ikterus Fisiologis (ringan) • • Timbul kuning pada umur >24 jam sampai <14 hari Kuning tidak sampai telapak tangan / telapak kaki Ikterus fisiologis tidak berbahaya.

kondisi itu perlu dipantau.Shutterstock Ilustrasi TERKAIT: • • Bayi Kuning. bahkan mengancam jiwa. Red). Bilirubin merupakan hasil penguraian sel darah merah. Bilirubin diolah di hati. Ketika dalam kandungan. Meskipun demikian.” Nita menjelaskan. kuning terjadi jika kadar bilirubin lebih dari 5 miligram/dL. ”Kuning fisiologis terjadi karena bayi harus mengurai sel darah merah dari ibu. kemudian dibuang lewat usus dan ginjal (bersama tinja dan air kemih. Hati bayi belum berfungsi sempurna. Kondisi kuning terjadi pada 60 persen bayi sehat. Setelah bayi dilahirkan. . pasokan darah yang membawa zat gizi dan oksigen dikembalikan ke tubuh ibu. Kuning pada bayi baru lahir (neonatal jaundice) adalah timbulnya warna kuning pada kulit dan jaringan tubuh lain pada bayi. Awas Atresia Bilier! Bayi Kuning. akibatnya banyak bilirubin menumpuk dalam darah bayi dan menimbulkan warna kuning. Normalkah? Atika Walujani Moedjiono Kuning pada bayi baru lahir tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Menurut dokter spesialis anak Nita Ratna Dewanti dari Rumah Sakit Premier Bintaro. sel darah merah harus diurai sendiri. Jika kadar bilirubin terlalu tinggi bisa menimbulkan kecacatan.

Yaitu penyinaran dengan sinar biru berpanjang gelombang 420-448 nanometer untuk mengoksidasi bilirubin menjadi biliverdin. Namun. Kadar bilirubin akan meningkat. mata bayi perlu ditutup. bahkan kematian. kadar bilirubin sampai 12 mg/dL pada bayi baru lahir masih dianggap normal. rubela. Kapan diwaspadai Kadar bilirubin perlu diwaspadai jika sudah meningkat menjadi lebih dari 12 mg/dL. Lebih dari itu harus segera diatasi agar tidak menimbulkan komplikasi. Meskipun demikian. pada telinga berakibat ketulian. Agar bayi tidak silau dan terganggu. serta tersumbatnya kantong empedu. . Batas aman kuning pada bayi prematur adalah kurang dari 10 mg/dL. Kondisi ini bisa menimbulkan kecacatan. Bayi tidak perlu diberi apa-apa. Misalnya. campak). bayi akan mengalami demam. Nita menyatakan. sel darah merah mulai diurai untuk digantikan dengan sel darah merah baru. Jika kadar bilirubin sudah lebih dari 25 mg/dL. Hal itu terlihat dari kadar hemoglobin (Hb) bayi yang umumnya 20 g/dL. Jika kuning sudah terlihat di hari pertama. ataupun bagian putih mata bayi menjadi kuning. serta diare ringan.org. Fototerapi cukup aman. bayi tetap harus dipantau. Saat itu. padahal Hb orang dewasa sekitar 12 g/dL. yaitu akibat infeksi atau penyakit lain. Pada kadar bilirubin tinggi. dan tidak bernafsu minum susu. Yaitu berupa kulit kering. penurunan kecerdasan pada anak. infeksi virus (toksoplasma. orangtua harus waspada. penyakit hemolitik (penguraian sel darah merah yang tidak normal). Kuning biasanya terjadi setelah 2-4 hari bayi dilahirkan. cukup dijemur pada pagi hari serta banyak diberi air susu ibu (ASI). jenis kuning pada bayi selain fisiologis. penyakit metabolik. Gejala kuning bisa dilihat pada wajah dan bagian tubuh lain. fototerapi tidak cukup.Sel darah merah pada bayi baru lahir juga relatif tinggi. dan pada otak ditandai kejang karena bayi mengalami enselopati akibat bilirubin (kernicterus). dehidrasi ringan. menjadi loyo. kemudian berangsur-angsur turun dalam dua minggu sampai sebulan. juga akibat lahir prematur. Bayi perlu mendapat transfusi tukar darah (exchange transfusion) beberapa kali. pada kulit jika ditekan berwarna kuning. Pada kondisi ini bayi perlu mendapatkan fototerapi. Pada kadar bilirubin lebih dari 30 mg/dL biasanya bayi sulit tertolong. bayi perlu pemeriksaan intensif karena dikhawatirkan kuning yang terjadi bersifat patologis. Bilirubin meracuni mata yang bisa berakibat kebutaan. kemerahan (rash) pada kulit bayi yang sensitif. Jenis penyebab Menurut situs kidshealth. Efek samping dari fototerapi relatif ringan. Kadar bilirubin di bawah 20 mg/dL biasanya tidak berakibat fatal. demikian Nita.

9. dan kondisi bayi loyo. Yakni. Akhirnya saya pulang paksa dengan pertimbangan bisa terapi jemur matahari dan minum ASI yang banyak. Hal lain.8 setelah 2 hari bluelight turun jadi 11. jika kenaikan kadar bilirubin terlalu cepat. Keberadaan enzim liprotein lipase pada ASI juga bisa meningkatkan kadar bilirubin. orangtua tetap perlu memantau kondisi bayi. Saya bingung mengenai imunisasinya. jika ASI mengandung hormon progesteron yang mengganggu proses penguraian bilirubin. sewaktu mau pulang dari RS. Penanganan Bayi Kuning Browser anda tidak mendukung iFrame (Foto: eHow) Dok. bayi saya dinyatakan kuning dengan bilirubin 12. perbedaan golongan darah ibu dan bayi bisa pula menimbulkan kuning. . Sampai saat ini usianya kurang lebih 3 minggu dan saya belum pernah cek lagi ke dokter. Akan tetapi. Kuning juga bisa terjadi akibat ASI (breastmilk jaundice). Hal ini biasanya terjadi pada bayi lahir lewat operasi caesar karena ibu kurang memproduksi ASI. Meski kuning pada bayi tidak perlu dikhawatirkan. Bayi perlu segera diperiksakan ke fasilitas kesehatan jika kuning terjadi pada hari pertama kelahiran.Selain itu. kuning pada bayi makin nyata. serta demam lebih dari 37. Dalam kondisi ini. ASI bisa dihentikan sementara. bagaimana baiknya ya? Ke dokter spesialis anak dulu atau langsung ke puskesmas untuk imunisasi? Mohon pencerahannya.8 derajat celsius. ASI bisa terus diberikan. Dengan kewaspadaan orangtua. kuning bisa disebabkan oleh masalah pada pemberian ASI (breastfeeding jaundice). kuning pada bayi menjadi tak berbahaya.

Bila ke dokter anak jangan hanya melakukan imunisasi. email: japanuchie@yahoo. Dr Aditya Suryansyah SpA RSAB Harapan kita . Jln Let Jen. Namun bila bilirubin mencapai di atas 10. Ciputa (ir/ir) Bayi Kuning? Hati-Hati! Rohedi M emang. dipikirkan terapi sinar. kita harus penanganan serius. mototik kasar dan bahasa.S Parman Kav 87. Sekarang anak ibu sudah 3 minggu.com Jawaban Kuning pada bayi baru lahir sering disebut hiperbilirubinemia. Sarua Indah. mintalah penjelasan tumbuh kembang anak yang melibatkan pertumbuhan berat badan. jadi tidak perlu lagi diperiksa bilirubiun bila kulit tidak kuning. Pemberian imunisasi dapat dimana saja. jika cepat tertangani. Slipi. lingkar kepala dan perkembangan sosial. merupakan kulit yang kuning akibat bilirubin dalam darah yang meningkat setelah lahir. kuning pada bayi tak perlu dicemaskan.Susi susilowati. merupakan langkah yang cukup baik. terutama usia bayi di bawah umur 7 hari. Dapat di puskesmas. Telp 5668284 RSIA Buah Hati. motorik halus. di praktik dokter umum atau praktik dokter anak. Bila bilirubin cenderung meningkat. Jakarta Barat. Jln Aria Putra 399. Apa saja yang harus kita waspadai? . Kulit kuning ini sendiri merupakan fisiologis bila mulai timbul pada hari 2-3 dengan kadar yang rendah. Terapi terbaik adalah pemberian ASI yang sering dan dijemur di matahari di bawah jam 9 pagi. tinggi badan.

tak bisa dilepas lagi. sehingga sel darah merah ini tidak dibutuhkan lagi dan dihancurkan. "Lihat di bagian putih mata bayi saat ia menyusu. Sebagian tidak terangkut dan disebut bilirubin bebas."Bayinya belum bisa pulang karena kuning. kadar bilirubin bebas bisa meningkat. lanjutnya. sesak napas atau mencret berat. direct .A(K) ." Bilirubin alias pecahan hemoglobin ini pun bermacam-macam: indirect. Yaitu yang faali (fisiologis) dan patologis. "Karena ia bisa gentayangan ke mana-mana. kan. Jakarta. yaitu bilirubin yang terikat albumin sebagai zat pengangkut. Di dalam ASI ada komponen yang mempengaruhi timbulnya kuning pada bayi. Terutama kalau si bayi sedang dalam keadaan sakit yang berkaitan dengan acidosis (penyakit yang berhubungan dengan menurunnya kadar pH darah). Dr. akan terlihat jelas di matanya!" Kuning pada bayi timbul karena adanya timbunan bilirubin (zat/komponen yang berasal dari pemecahan hemoglobin dalam sel darah merah) di bawah kulit. Pada saat masih dalam kandungan. Selain itu. Tidak berbahaya. berikut ini sejumlah hal mencurigakan yang harus diwaspadai. ada dua macam. Kalau kuning. . "Ini gejala biasa." jelas Nartono. bayi yang minum ASI dapat juga terlihat kuning pada minggu pertama dan kedua. Nartono Kadri. Perinatologi. Bayi kuning. sebetulnya tak terlampau sulit. Lalu apa yang harus dilakukan jika hal itu terjadi? "Segera bawa ke dokter!" pesan Nartono. dan bebas." ungkap Prof. Sp. Karena kuning yang faali mungkin mempunyai latar belakang patologis. orangtua harus tetap waspada." Nah. "Sesudah ia lahir. Sebab itulah kulit si bayi terlihat kuning. tetapi perlu diwaspadai. Umumnya terjadi di hari kedua atau ketiga setelah kelahiran hingga 7 atau 14 hari. yang sering kita dengar tentang bayi yang baru lahir. sel darah merahlah yang bertugas mengangkut oksigen dan nutrien dari ibu ke bayi melalui plasenta. yang berangsur-angsur akan hilang sendiri. parunya sudah berfungsi. Yang indirect atau yang belum diolah. Walaupun secara faali. Justru bilirubin inilah yang berbahaya. Kendati demikian. Ilmu Kesehatan Anak Fak. Nah. PENYEBAB Cara termudah untuk mendeteksi bayi menderita kuning atau tidak." Begitu. dr. akan dibawa ke hati untuk diproses menjadi bilirubin direct . dari Bag." Jika sampai masuk ke otak. Salah satu hasil pemecahan itu adalah bilirubin. Terutama kalau ia masuk ke otak. Yang patologis adalah yang dapat menganggu tumbuh kembang bayi di kemudian hari." jelas Nartono. "Sebab. "Yang faali disebut juga kuning yang normal. janin membutuhkan sel darah merah yang sangat banyak karena paru-parunya belum berfungsi. Bilirubin direct ini akhirnya disimpan di kantong empedu. Misalnya. "Akan menimbulkan penyakit yang disebut kern ikterus atau timbunan bilirubin di dasar otak. Kadang tidak semua hasil pemecahan hemoglobin ini bisa diikat oleh albumin dan dibawa ke hati. Kedokteran UI/RSUPN Cipto Mangunkusumo. kok.

Karena itu. Atau juga bila hatinya membengkak (hepatitis). sehingga bilirubinnya tidak bisa dikeluarkan. Kadang pemecahan sel darah merah terjadi sangat berlebihan sehingga meningkatkan kadar bilirubin.Namun oleh suatu keadaan tertentu. Zat ini sedikit banyak akan mengalir lagi ke tubuh si janin melalui plasenta. 3. Lantas di mana terjadinya pemecahan sel darah merah? Ia bisa terjadi karena adanya tabrakantabrakan di saluran pembuluh darah. Karena infeksi Bisa infeksi saat bayi dalam kandungan atau infeksi saat di jalan lahir. Yaitu bila saluran empedunya tersumbat. "Pada saat masih dalam kandungan. yang menyebabkan ia kehilangan banyak cairan. Konsultasikan pada dokter sebelumnya. Bila kotorannya kuning. atau di sel limfa. sehingga pipa-pipanya tersumbat. di sel-sel hati. biasanya terjadi bila ibu golongan darah rhesus negatip dan janin rhesus positip. zat antibodi ini akan menghancurkan sel darah merah si bayi. semisal karena alat-alat bayi tidak steril sehingga racunnya menghancurkan sel darah merah. bilirubin indirect pun bisa pecah lagi menjadi bilirubin bebas." AKIBAT DAN TERAPI . Bagaimana membedakan kuning pada bayi karena bilirubin yang indirect (pemecahan yang belebihan) atau direct (penyumbatan)? "Lihat dari kotorannya. Hal ini karena empedunya tidak bisa masuk usus. maka si ibu akan membentuk zat antibodinya (zat penangkis). 2. peningkatan kadar bilirubin bisa juga berasal dari penyumbatan. bisa menghancurkan sel darah merah. Umumnya kuning yang disebabkan oleh penyumbatan terlihat sesudah minggu kedua atau lebih. biasanya karena pemecahan. Ini biasanya disebabkan beberapa hal: Pada ketidakcocokan golongan darah. Selain karena pemecahan sel darah merah yang berlebihan." Sedangkan untuk ketidakcocokan golongan darah akibat rhesus. Akibatnya. Kalau darah si janin tidak cocok dengan darah ibunya. kotorannya akan terlihat putih seperti dempul. berhati-hatilah memberi obat pada bayi. sehingga meningkatkan kadar bilirubinnya. darah ibu dan janin akan saling mengalir lewat plasenta. misalnya bila si ibu berdarah O. Misalnya jalan lahir ibunya kotor. Kekurangan cairan (juga oksigen) akan mengakibatkan lepasnya albumin sehingga ia menjadi bilirubin bebas yang membahayakan. Tapi yang disebabkan penyumbatan. Karena obat-obatan Ada beberapa macam obat. sehingga kotoran tidak bisa diolah dan menyebabkan berwarna putih. sedangkan si bayi berdarah A atau B. Yaitu jika si anak dalam keadaan sakit atau mencret. misalnya yang mengandung sulfa. Atau infeksi sesudah lahir.

tuli. cukup dijaga agar cairan tubuh tidak berkurang. Darah bayi yang sudah mengandung bilirubin dikeluarkan. tak perlu tindakan karena akan hilang sendiri. harus diteliti oleh dokter lebih lanjut. salah satu tindakan yang dilakukan adalah memberinya cukup cairan. Jika terjadi karena patologis." jelas Nartono. bisa menjadi kern ikterus atau meninggal. diganti dengan darah baru. untuk bayi kuning yang disebabkan kekurangan enzym yang disebut G-6PD. lanjut Nartono. * Hindarkan bayi dari infeksi. Jika sudah menjumpai hal-hal mencurigakan seperti ini. "Bila kadar bilirubinnya masih ringan. bila tidak segera ditangani akan menyebabkan kerusakan hati. sebaiknya tidak menggunakan kapur barus untuk baju-baju bayi." Namun jika kadar kuning tinggi sekali dan amat cepat kenaikannya. sebab itu usahakan selalu bersih dan tidak tercemar sesuatu dari luar. enzym di dalam darah merah si bayi kurang. dokter akan membedah tempat yang tersumbat tadi. gangguan perkembangan mental. * Perhatikan dan tandai kapan munculnya kuning. * Jangan memberi sembarang obat-obatan pada bayi. ataupun susah belajar.Untuk bilirubin yang berasal dari pemecahan yang berlebihan. * Sebaiknya hindari pemakaian kamper/kapur barus saat menyimpan baju-baju bayi. Sedangkan untuk bilirubin yang berasal dari penyumbatan. Yakni berupa gangguan susunan saraf pusat atau panca indra. serta lamanya. bayi harus diberi susu. akan mengalami kelainan perkembangan. Bayi juga sangat rentan. Serta di bagian otak sebelah mana ia tertimbun. "Jika terlambat ditangani. "Memang tidak semua bayi akan menjadi kuning bila pakaiannya terkena kapur barus. Berikan cairan tiap 3-4 jam." Indah Mulatsih/nakita Tindakan Pencegahan * Cari sebab-sebabnya. lambat bicara." Terapi lain adalah yang disebut sinar biru (blue light therapy) . kecepatan peningkatan kuningnya." Pada bayi dengan kasus seperti ini. "Hatinya bisa mengecil (sirosis) dan mengeras. segera bawa ke dokter. "Bisa juga dengan bantuan sinar matahari. Cukup asal terkena sinarnya saja. Ia juga mengingatkan. Entah itu berupa kelainan motorik." Bayi pengidap kern ikterus. sehingga sel darah merah mudah pecah dan menjadi bilirubin karena dampak kapur barus. Untuk ini. dokter akan melakukan transfusi tukar. . "Tergantung berapa luas dan berapa banyak timbunannya. Tiga atau empat jam sekali. Tapi jangan dijemur secara langsung di bawah matahari. * Jangan biarkan bayi "puasa" terlalu lama. asalkan cepat ditangani biasanya dapat cepat sembuh. Tapi dalam kasus bayi yang G-6-PD ini. Jika kuning karena fisiologis.

Bayi baru lahir menghasilkan bilirubin lebih banyak daripada orang dewasa. Kadar bilirubin yang tinggi.Bayi Kuning August 4. dapat menyebabkan ketulian. di atas 25mg. warna kulit menjadi kuning. Tipe-tipe bayi kuning secara umum adalah : . Secara normal. Pada kondisi khusus. Bayi kuning terjadi karena kadar bilirubin meningkat lebih cepat daripada kemampuan hati bayi untuk memecahkan dan membuangnya melalui empedu. disebabkan organ hati yang belum matang yang mengakibatkan proses pemecahan bilirubin menjadi lebih lambat. bayi kuning dapat mengindikasikan adanya kondisi lain seperti infeksi atau masalah tiroid. 2010 Bayi Bayi kuning merupakan kondisi yang sering ditemukan pada bayi baru lahir.Organ hati pada bayi baru lahir masih dalam perkembangan sehingga kemampuannya masih belum memadai untuk membuang bilirubin dari dalam darah. Umumnya muncul pada usia bayi 2-4 hari dan kemudian hilang setelah 1-2 minggu. . American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar semua bayi baru lahir harus diperiksa kadar bilirubinnya selama beberapa hari setelah dilahirkan. Hal ini dapat terjadi karena : . .Bayi kuning normal : terjadi pada sebagian besar bayi baru lahir.Terlalu besar jumlah bilirubin yang diserap kembali dari usus halus sebelum bayi sempat mengeluarkannya sebagai feses. bagian putih dari bola mata juga menjadi kuning. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar bilirubin dalam darah. cerebral palsy atau bentuk lain dari kerusakan otak. bilirubin diproduksi dari hasil pemecahan sel darah merah kemudian masuk ke dalam hati dan dieksresikan sebagai zat empedu melalui usus halus. .

Bayi terlihat kuning pada hari pertama .Pada level ringan. anda dapat memompa ASI anda sehingga anda tetap memproduksi ASI dan dapat mulai memberi ASI kembali ketika kondisi bayi sudah membaik. Berawal dari kepala dan kemudian menjalar ke kaki. .Bayi kuning pada bayi ASI : warna kuning muncul karena bayi tidak mendapatkan cukup ASI karena kesulitan pada saat pemberian ASI atau karena ASI belum diproduksi cukup banyak di payudara ibu.Bayi terlihat sakit . Jika ini terjadi.Jika bayi anda menjadi kuning karena ASI.8°C (suhu rectal) . pergantian darah mungkin dibutuhkan untuk memberikan darah segar kepada bayi .Bayi tidak mendapatkan asupan makanan dengan baik .Bayi cenderung tidur lebih banyak dari biasanya Terapi/Pengobatan . warna kuning dapat terjadi karena suatu bahan yang terdapat dalam ASI yang menyebabkan bilirubin bayi meningkat. Segera kontak dokter anda jika terjadi kondisi sebagai berikut : .Bayi kuning karena prematur : umumnya terjadi pada bayi yang dilahirkan prematur karena organ hati mereka masih belum matang bahkan bila dibandingkan dengan bayi normal. tubuh ibu memproduksi antibodi yang menghancurkan sel darah merah bayi. terapi dihentikan.Bayi demam lebih dari 37. dokter mungkin meminta anda untuk menghentikan pemberian ASI untuk sementara. . Hal ini mengakibatkan kadar bilirubin yang meningkat pada bayi.. perlu dilakukan terapi sinar .Warna kuning tersebut menyebar dan semakin jelas . setelah 1-2 minggu bayi akan mengatasi masalah ini dengan sendirinya . bayi anda mungkin harus dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan terapi lebih lanjut. . Masalah Rh dapat menyebabkan bayi kuning yang lebih parah tetapi saat ini hal tersebut dapat dicegah dengan menyuntikkan Rh Immune Globulin pada ibu selama 72 jam setelah melahirkan untuk mencegah pembentukan antibodi tersebut.Pada level berat. Ketika kadar bilirubin sudah turun. Gejala ini akan muncul pada saat bayi berusia 3 – 5 hari dan kemudian berkurang secara lambat sampai bayi berusia 3 – 12 minggu. dan akhirnya di kaki.Inkompatibilitas golongan darah (Rh atau masalah ABO) : jika bayi memiliki golongan darah yang berbeda dengan ibunya. . Warna kuning biasanya terlihat pertama pada wajah kemudian dada dan perut. Jarang sekali terapi untuk bayi kuning perlu diulang.Pada kasus khusus. Gejala dan Diagnosis Bayi kuning umumnya muncul pada hari ke-2 atau ke-3 setelah kelahiran.Bayi kuning karena ASI : pada 1-2% bayi yang diberikan ASI. PENYAKIT KUNING PADA BAYI BARU LAHIR . Hal ini terjadi pada hari pertama kelahiran. Perlu perlakuan khusus untuk mencegah komplikasi.Tingkatkan frekuensi ASI atau tambahkan susu formula jika perlu untuk membantu bayi mengeluarkan bilirubinnya melalui feses .Jika kadar bilirubin sangat tinggi.

seringkali para orang tua melihatnya dari mata si bayi. Apa yang bisa saya lakukan untuk mencegahnya? Menyusui secara rutin dengan susu formula atau normal akan sangat membantu untuk membuang kotoran dalam tubuh bayi. penyakit kuning ini akan terpecahkan setelah 1 sampai 2 minggu dan tidak akan kembali lagi. dan kemunduran pada mental anak. Penyakit kuning (jaundice) pada kulit bayi yang baru lahir adalah hal yang biasa dan biasanya bukan penyakit yang serius. maka transfusi darah akan diperlukan.Nah biar para Bunda gak ikutan panik kyk saya nih ada ulasan tentang penyakit kuning pada bayi.tapi saat anak kedua udah sedikit tenang. Bayi akan dimonitor terus selama perawatan. Pada bayi yang menyusui penyakit kuning ini bisa bertahan hingga 10 minggu. Tetapi komplikasi ini jarang sekali ditemui karena adanya pengobatanpengobatan yang efektif untuk setiap bayi yang mengidap sakit kuning secara signifikan. perawatan sangat dibutuhkan untuk menghindari dari kemungkinan-kemungkinan yang lebih membahayakan sang anak. bilirubin yang diproduksi oleh tubuhnya jauh lebih banyak dibanding jumlah yang dikeluarkan sehingga mengakibatkan penimbunan bilirubin dalam darahnya. Ya. Mungkinkah penyakit kuning ini akan kembali? Tidak. Mudah2an bermanfaat buat para Bunda yah. Pada bayi yang baru lahir.Seminggu setelah kelahiran dua putri saya kena sakit kuning. Namun ada kalanya penyakit kuning yang berat dapat mengakibatkan cerebral palsy. Semua bayi yang baru lahir harus melakukan pemeriksaan dokter sampai solusi penyakit kuningnya terpecahkan. . Penting untuk diketahui. Apakah penyakit kuning itu? Penyakit kuning adalah perubahan warna pada kulit bayi yang menjadi kekuningan yang diakibatkan karena kelebihan bilirubin dalam tubuh. Tetapi meski begitu memang sulit bila dilihat bayi terkena sakit kuning atau tidak dari matanya karena mata bayi lebih sering tertutup. Penyakit ini juga bisa mengakibatkan cerebral palsy. ketulian. Bilirubin adalah zat yang terdiri dari sel darah merah.. Penyakit kuning biasanya terlihat pada bagian hidung dan wajah. Bila penyakit kuning lama bertahan di tubuh si bayi ditakutkan ada hubungannya dengan hepatitis atau penyakit hati. yang kemudian tetap dilakukan pengobatan berjalan setelah keluar dari rumah sakit. kemudian menjalar ke arah bawah ke seluruh bagian tubuhnya. ketulian atau kemunduran mental. Bilirubin adalah racun bagi sel-sel pada syaraf yang membentuk jaringan otak. Bila penyakit kuningnya parah dan tidak merespon kerjanya phototerapi. dan kemudian hati yang menyingkirkan pigmen bilirubin melalui tinja. bila kotoran bayi Anda bewarna pucat atau coklat muda itu tergolong abnormal dan harus Anda periksakan ke dokter secepatnya.. Pada setiap bayi. Apakah penyakit kuning ini berbahaya? Apakah perawatan pada penyakit ini sangat dibutuhkan? Penyakit kuning ini termasuk penyakit yang sangat berbahaya.Pertama sempat panik juga sih. Pelindung mata akan digunakan untuk memproteksi mata bayi selama perawatan berlangsung. Bagaimana perawatan pada penyakit kuning ini dilakukan? Bisakah dihindari dengan obat? Apakah lampu pijar atau sinar matahari bisa membantu? Phototherapi (perawatan dengan sinar) sangat aman dan efektif.

Penyebab bayi kuning : Gejala serta perawatannya Sekedar berbagi pengalaman tentang bayi kuning. setelah di cek melalui laboratorium kadar bilirubin nya 14. Seyogyanya orang tua harus waspada terhadap gejala pada bayi kuning walaupun sebenarnya tidak berbahaya jika masih dalam batas wajar. setelah melalui beberapa pertimbangan akhirnya dengan berat hati dokter pun memberikan izin untuk berobat jalan. apa gejalanya dan bagaimana perawatannya ? Berbeda dengan gejala kolik pada bayi. Apa sebenarnya penyebab bayi kuning. Anaku yang kedua terlahir sehat namun pada pemeriksaan bayi di hari ke tujuh ternyata anaku dinyatakan kuning. atau bahkan pada telapak tangan dan kaki. menurut hasil penelitian hampir enam puluh persen bayi lahir sehat mengalami gejala ini.00 mg/dl. Ditandai oleh warna kekuningan pada kulit bayi jika ditekan. Ikterus pada bayi disebabkan oleh kadar bilirubin yang meningkat akibat penguraian sel darah merah.25 mg/dl padahal menurut dokter batas normalnya adalah 0. bayi kuning atau istilah medisnya ikterus merupakan gejala alamiah (fisiologis) yang dapat terjadi pada bayi usia dua hari sampai dengan usia dua minggu. dokter menyarankan untuk dirawat karena jika dibiarkan akan menimbulkan kejang-kejang pada bayi atau bahkan bisa menimbulkan kematian. biasanya terjadi pada bayi prematur atau bayi yang lahir dengan cara operasi caecar karena kandungan ASI yang kurang pada ibu.10 mg/dl sampai dengan 12. bola mata juga berwarna kekuningan. Jika hal ini berlangsung lebih dari dua minggu sebaiknya segera bawa ke dokter untuk di tangani secara . namun karena sesuatu dan lain hal akhirnya aku memutuskan untuk merawat bayi ku di rumah saja. warna feces bayi berwarna pucat.

serius dengan bantuan phototerapy karena selain alamiah gejala ini bisa jadi merupakan penyakit (patologis). hal ini memungkinkan dokter untuk segera mengambil tindakan medis jika kadar bilirubin pada bayi terus meningkat.30 tanpa pakaian selama lebih kurang setengah sampai dengan satu jam. Periksa bayi anda secara teratur sesuai dengan jadwal pemeriksaan dokter. Jemur dibawah sinar matahari pagi antara jam 7. Belajar dari pengetahuan yang saya peroleh dari berbagai sumber akhirnya anaku bisa sembuh dari gejala bayi kuning dan sekarang tumbuh menjadi bayi lucu yang sehat. Bangunkan bayi jika tertidur karena bayi yang kurang aktif dan sering tertidur dan tidak rewel malah merupakan tanda-tanda bayi anda terkena kuning. . Berikan ASI sesering mungkin minimal dua jam sekali agar bayi menjadi sering pipis dan BAB yang dapat membantu menurunkan kadar bilirubin. Semoga bermanfaat.30 sampai dengan jam 8. Hindari mata bayi terkena sinar matahari secara langsung. 3. Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika bayi kita menunjukan gejala bayi kuning : 1. Hal lain yang perlu mendapat perhatian khusus dari kita para orang tua dalam memahami cara perawatan bayi baru lahir adalah menuntaskan serangkaian imunisasi bagi buah hati kita agar bayi kita kebal dari berbagai macam penyakit. 2.