Menganalisis pasar konsumen dan perilaku pembeli

Tujuan pemasaran adalah memenuhi dan memuaskan kebutuhan serta keinginan pelanggan sasaran. Memahami perilaku konsumen dan “mengenal pelanggan” bukan masalah yang sederhana. Para pelanggan mungkin menyatakan kebutuhan dan keinginan mereka namun bertindak sebaliknya. Para pelanggan tersebut mungkin tidak memahani motivasi mereka yang lebih dalam.

Mempengaruhi perilaku konsumen
Karakteristik pembeli dan proses pengambilan keputusannya akan menimbulkan keputusan pembelian tertentu. Tugas pemasar adalah memahami apa yang terjadi pada kesadaran pembeli sejak masuknya rangsangan dari luar hingga munculnya keputusan pembelian. Perilaku pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Faktor budaya mempunyai pengaruh yang paling luas dan paling dalam.

Faktor budaya
Budaya merupakan penentu keinginan dan perilaku yang paling dasar. Masing-masing budaya terdiri dari sejumlah sub-budaya yang lebih menampakan identifikasi dan sosialisasi khusus bagi para anggotanya. Sub-budaya mencakup kebangsaan, agama, kelompok ras, dan wilayah geografis. Pemasaran keanekaragaman muncul dari riset pemasaran yang cermat, yang menyangkut bahwa relung etnis dan demografik yang berbeda tidak selalu menanggapi dengan baik iklan pasarmasal. Pada dasarnya semua masyarakat manusia memiliki stratifikasi sosial. Srtatifikasi lebih sering ditemukan dalam bentuk kelas sosial, pembagian masyarakat yang relatif homogen dan permanen, yang tersusun secara hierarkis dan yang para anggotanya menganut nilai,minat, dan perilaku yang serupa. Kelas sosial memiliki beberapa ciri; 1. Orang-orang di dalam kelas sosial yang sama cenderung berperilaku lebih seragam daripada orang-orang dari dua kelas sosial yang berbeda

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful