MAKALAH BIOETIKA Pangan Transgenik: Harapan Baru atau Janji Palsu?

dosen pembimbing: DR. MUHAMMAD SAHLAN oleh :
KELOMPOK 8 DANI KARNAEN (0906640766) EVI LUTFIANI (0906640785) M. RIZKY PUTRA P. (0906640860)

TEKNOLOGI BIOPROSES DEPARTEMEN TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS INDONESIA DEPOK 2012

Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah Bioenergetika yang berjudul “Pangan Transgenik: Harapan Baru atau Janji Palsu? Penulis mengucapkan kepada terima kasih kepada: 1. Dr Muhammad Sahlan selaku dosen Bioetika Departemen Teknik Kimia semester genap tahun ajaran 2011/2012. 2. Orang tua penulis yang memberikan dukungan moril dan materil dalam pembuatan makalah ini. 3. Teman-teman penulis yang ikut memberikan kontribusi dalam pembuatan makalah ini, baik berupa saran maupun dukungan. 4. Semua pihak yang telah membantu mulai dari proses pembuatan makalah hingga makalah ini selesai dibuat. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih memiliki kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca untuk perbaikan pada pembuatan makalah-makalah selanjutnya. Adapun harapan penulis selaku pembuat makalah ini adalah semoga makalah yang penulis buat ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Depok, 9 April 2011

Tim Penulis

Chemical engineering department

Page ii

Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu

SUMMARY

Pangan Transgenik: Harapan Baru atau Janji Palsu?

Tingkat kelaparan di dunia terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di dunia. Kenaikan ini diiringi dengan munculnya berbagai teknologi baru yang canggih untuk memenuhi segala kebutuhan manusia, terutama untuk mengatasi masalah kelaparan. Oleh karena itulah, para peneliti mengembangkan bagaimana cara memperoleh ketersediaan pangan dalam waktu singkat dan mudah serta untuk memperoleh hasil yang lebih baik dari pangan hasil alami, dengan jalan menggunakan rekayasa genetika pangan. Hasil rekayasa tersebut menghasilkan berbagai jenis produk transgenik sesuai dengan sumber rekayasa genetika yang digunakan. Jenis-jenis produk rekayasa genetika meliputi tanaman transgenik, hewan transgenik, bahkan rekayasa genetika juga dapat diaplikasikan pada mikroorganisme. Ketersediaan pangan transgenik ini pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan berbagai produk pangan yang cepat, berkualitas dan memiliki gizi yang kompleks untuk memenuhi kebutuhan vitamin pada manusia. Namun, keberadaan pangan transgenik ini lebih banyak menjadi alat monopoli oleh salah satu pihak yang ingin mengambil keuntungan. Pengembangan pangan transgenik (terutama pada bidang pertanian), memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan multinasional yang dapat memproduksi benih tanaman transgenik. Hal yang menjadi pertanyaan adalah apakah tanaman transgenik tersebut akan sama dengan tanaman yang tumbuh secara alami? Jawabannya tergantung kondisi dari pemilik perusahaan tersebut sepanjang hal itu dapat memberi keuntungan bagi mereka. Ketika berbicara dengan lembaga hukum, perusahaan transgenik mengatakan bahwa tanaman transgenik ini “pada dasarnya sama dengan aslinya” yang berarti, jika kita menanam jagung transgenik, maka perlakuannya akan sama dengan jagung alami. Dengan menyatakan bahwa produk transgenik sama dengan produk alami, perusahaan
Chemical engineering department Page iii

keunggulan pangan transgenik sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan pangan di dunia patut dipertanyakan. Di sisi lain. benih dan produk makanan transgenik tersebut memiliki banyak potensi efek samping yang Chemical engineering department Page iv . Lalu. tahan herbisida. Akibat adanya monopoli tersebut. para petani akan semakin merugi karena harus membeli benih yang dipatenkan dengan harga yang lebih mahal. Adanya hak paten memungkinkan perusahaan untuk memonopoli penjualan benih dari jenis yang telah dipatenkan selama masa waktu 20 tahun. Padahal. adanya pangan transgenik ini hanya menguntungkan pihak-pihak yang memproduksi benih transgenik tersebut. ketika berbicara dengan lembaga hak cipta atau paten. Dengan demikian perusahaan dapat meningkatkan harga pada para petani atas benih tersebut karena perusahaan lain tak dapat menciptakan benih yang sama. Sebab. Namun. sementara masyarakat dan petani akan semakin dirugikan. dimana benih tersebut juga tidak diuji kelayakannya sehingga beresiko menimbulkan dampak negative terhadap lingkungan tempat petani tersebut tinggal dan bercocok tanam dalam jangka waktu yang lama. Dari sini kita dapat melihat bahwa promosi ini membuat orang menjadi tergantung kepada benih dan panen yang dihasilkannya. tahan serangan hama dan virus.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu tersebut akan menghemat biaya karena tidak perlu melakukan pengujian kesehatan dan keamanan terhadap manusia dan lingkungan. Perusahaan-perusahaan tersebut mempromosikan bahwa benih transgenik akan memberikan hasil panen yang lebih tinggi serta lebih berkualitas. termasuk masa penelitian benih tersebut. Hal ini disebabkan karena benih transgenik tersebut tidak diuji dengan baik sehingga masyarakat tidak tahu apakah tanaman transgenik yang mereka konsumsi itu benar-benar aman. serta berbagai keuntungan lainya bagi petani dan konsumen yang menanamnya. Pernyataan tersebut membuat perusahaan dapat menjual benih transgeniknya dengan harga jual yang lebih tinggi karena benih transgenik memiliki sifat khas yang berbeda. sebenarnya apa itu tanaman transgenik? Tanaman transgenik adalah tanaman yang tumbuh dari benih yang telah dimodifikasi oleh perusahaan multinasional asing. Sehingga produk transgenik tersebut dapat lebih cepat dipasarkan dan akan memiliki waktu paten yang lebih lama karena tidak perlu diadakan pengujian. perusahaan transgenik berkata bahwa tanaman ini dahulunya hanyalah angan-angan belaka yang sekarang telah terwujud sehingga tanaman tersebut layak untuk dipatenkan.

Perusahaan-perusahaan yang memproduksi benih transgenik tersebut sebenarnya adalah perusahaan yang sama dengan perusahaan besar kimia pertanian yang di jaman revolusi hijau telah mengeruk keuntungan besar dari petani. yaitu “demi keamanan pangan dan keuntungan petani”. Chemical engineering department Page v . Namun sebenarnya tidaklah mengherankan. perusahaan-perusahaan tersebut dalam mempromosikan produk transgeniknya menggunakan slogan yang sama seperti ketika mempromosikan produk pestisidanya 35 tahun yang lalu.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu merugikan dan hingga saat ini belum dilakukan pengujian yang memadai untuk melihat dampaknya terhadap kesehatan manusia maupun lingkungan sebelum dilepas ke pasaran. sebab bagi mereka semua ini adalah BISNIS. Ironisnya. dengan menyebabkan petani di seluruh dunia tergantung pada produk mereka.

Argentina. Sedangkan badan yang bertugas sebagai Chemical Engineering Department Page 1 . kanada dan Brazil memiliki paham yang berbeda dengan negara yang menentang penggunaan GMO yakni negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa dan mulai mempengaruhi semua negara-negara di Dunia. 5. Pokok tesis Malthus ini adalah pemikiran bahwa pertumbuhan penduduk cenderung melampui pertumbuhan persediaan makanan. 6. penduduk cenderung tumbuh secara "deret ukur" (misalnya. 4. Dengan Rekayasa Genetika yang diterapkan pada tanaman pangan telah berhasil mendapatkan bibit-bibit yang unggul dibandingkan dengan strain asalnya. 8. 3. Oleh karena itu banyak diadakan konferensi yang menghasilkan kesepakatan atau Protokol dan yang paling populer adalah Cartagena Protocol on Biosafety (CPB). dalam deret 1. dalam lambang 1. 2. karena GMO ini melibatkan Perdagangan antar negara yakni Ekspor dan Impor. 4. Dia bilang. Oleh sebab itu.1 LATAR BELAKANG Pada tahun 1978 pendeta Inggris yang namanya Thomas Robert Malthus menerbitkan sebuah buku yang berjudul “An Essay on the Principle of Population as it Affects the Future Improvement of Society”. Negaranegara liberal (pendukung GMO) yang di pimpin oleh USA. Sementara itu di Indonesia sendiri melalui Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan yang salah satu isinya adalah mewajibkan pelabelan produk GMO yang masuk ke Indonesia. Malthus menyuguhkan idenya dalam bentuk yang cukup kaku. Rekayasa Genetika pada tanaman pangan. Sehingga sejak tahun 1988-1992 terdapat perselisihan antara negara-negara di dunia. 16 dan seterusnya) sedangkan persediaan makanan cenderung bertumbuh secara "deret hitung" (misalnya. saat ini slogan anti GMO dan kembali ke alam semakin menguat. 2.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu BAB I PENDAHULUAN 1. Namun. 7 dan seterusnya). terutama disebabkan adanya dampak-dampak negative dari produk-produk GMO khususnya pada pangan. diklaim merupakan salah satu alternative pemecahan masalah tersebut.

Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu regulator resmi yakni Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) .2 RUMUSAN MASALAH         Apa yang dimaksud dengan GMO? Sebutkan dan jelaskan macam-macam GMO pada produk pangan? Dampak negatif dari GMO produk pangan ? beserta contoh-contohnya ? Sebutkan dan jelaskan tahapan-tahapan Gmo pangan agar bisa dijual dipasar ? Adakah lembaga yang bertugas melegalisasi GMO pangan ? kalau ada. 1. jelaskan peranannya dalam menjaga kualitas dan keamanan produk-produk GMO tersebut ? Bagaimana regulasi GMO produk pangan diluar negeri ? Bagaimana regulasi GMO produk pangan di Indonesia ? Bagaimana sebaiknya warga Indonesia menyikapi produk-produk GMO pangan ? Chemical engineering department Page 2 .

Di masa depan. industri. produktif dan cerdas. GMO merupakan suatu organisme yang DNA-nya telah diubah secara tidak alami melalui suatu teknologi sehingga gen yang dimaksud dapat ditransfer dari satu organisme ke organisme lain dan juga antara organisme yang berbeda spesies. sedangkan konsumsi telur sekitar 55 juta ton (sumber: artikel Chemical engineering department Page 3 . ikan transgenik.1 Produk GMO hewani Bahan pangan hewani merupakan kebutuhan pokok manusia untuk hidup sehat. farmasi dan kedokteran. 2. Sedangkan Sutrisno Koswara memberikan definisi GMO sebagai produk pangan yang diturunkan dari tanaman atau hewan yang dihasilkan melalui proses rekayasa genetika. maka dapat disimpulkan bahwa GMO atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan produk rekayasa genetika adalah organisme yang DNA-nya telah diubah dengan menggunakan suatu teknologi yang disebut dengan bioteknologi modern sehingga menghasilkan suatu organisme atau produk yang berbeda dengan produk alamiahnya yang mempunyai beberapa kelebihan karena dalam pembuatannya dilakukan seleksi terhadap sifat-sifat baiknya. Definisi GMO (Genetikally Modified Organisms) Menurut WHO. Jenis-jenis produk GMO Pada dasarnya produk-produk GMO sangat banyak dan tersebar di berbagai bidang. 2. karena aplikasi bioteknologi juga telah merambah ke berbagai bidang (pertanian. Jenis-jenis GMO terdiri dari hewan transgenik.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu BAB II Tinjauan Pustaka 1. tingkat produksi dan konsumsi pangan hewani penduduk dunia diprediksi akan mengalami peningkatan dari 233 juta ton menjadi 300 juta ton. Konsumsi susu naik dari 568 juta ton menjadi 700 juta ton. tanaman transenik dan bagiannya. dan lingkungan). Berdasarkan pada definisi-definisi diatas. Terdapat kaitan positif antara tingkat konsumsi protein hewani dengan umur harapan hidup dan pendapatan per kapita. serta jasad renik dan mikroorganisme. kreatif. dan bahan-bahan olahannya.

bioteknologi pakan ternak dan bioteknologi bidang kesehatan hewan.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu “Peternakan 2020: Revolusi Pangan Masa Depan”). dimana tikus membawa gen yang mengembangkan variasi kanker manusia. Misalnya. Terdapat dua alasan umum mengapa hewan transgenik tetap diproduksi:  Beberapa hewan transgenik diproduksi untuk memiliki sifat ekonomis spesifik. ternak transgenik diciptakan untuk memproduksi susu yang mengandung protein khusus manusia. Salah satu contoh bioteknologi di bidang peternakan adalah diciptakannya hewan transgenik. Sebagai contoh. seorang ilmuwan Harvard membuat terobosan besar secara ilmiah ketika mereka diterima sebuah paten US untuk keahlian tikus secara genetik. perbaikan kualitas pakan dan kualitas kesehatan ternak. peningkatan kebutuhan pangan hewani ternyata tidak diikuti oleh ketersediaan pangan hewani secara murah. Oleh karena itu. dimana mungkin dapat membantu dalam perawatan penyakit pembengkakan paru-paru karena pembuluh darah pada manusia.  Hewan transgenik lainnya diproduksi sebagai model penyakit (secara genetik hewan dimanipulasi untuk menunjukkan gejala penyakit sehingga perawatan efektif dapat dipelajari). Teknologi budidaya peternakan konvensional dan pertumbuhan populasi ternak yang cenderung lambat merupakan salah satu faktor penyebabnya. pengembangan ternak transgenik mampu mengatasi kekurangan praktek pembiakan ternak secara tradisional yang membutuhkan waktu yang lama Chemical engineering department Page 4 . transfer embrio dan rekayasa genetik). Namun. Hewan transgenik merupakan suatu alat riset biologi yang potensial dan sangat menarik karena menjadi model yang unik untuk mengungkap fenomena biologi yang spesifik. Menurut Federation of European Laboratory Animal Association. hewan transgenik adalah hewan yang dengan sengaja telah dimodifikasi genome nya dan gen disusun dari suatu organisme yang dapat mewarisi karakteristik tertentu. meningkatnya kesejahteraan hidup dan meningkatnya kesadaran gizi masyarakat dunia. Bioteknologi peternakan dapat digunakan untuk mempercepat pembangunan peternakan melalui peningkatan daya reproduksi dan mutu genetik ternak. Pada umumnya. aplikasi bioteknologi diharapkan dapat memainkan peranan penting dalam memacu pertumbuhan populasi ternak dan meningkatkan mutu pangan hewani. Aplikasi bioteknologi peternakan dilakukan pada tiga bidang utama. merata dan terjangkau. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya jumlah penduduk dunia. yaitu bioteknologi reproduksi (inseminasi buatan.

kapas.    Hewan transgenik dapat digunakan sebagai terapi gen dan merupakan model untuk pertumbuhan. sekitar 67. terdapat beberapa dampak positif pengembangan ternak transgenik ini baik untuk peternakan maupun untuk manusia. dan domba yang memiliki wool yang tebal. jagung. sejumlah besar pestisida serta benihbenih yang dapat membunuh hama di dalam tanah. membantu memberi Chemical engineering department Page 5 .Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu untuk memodifikasi genetik. Rekayasa genetika juga dilakukan untuk menghasilkan kapas. misalnya pada babi yang resisten terhadap influenza. pemanfaatan teknologi transgenik memungkinkan diperolehnya ternak dengan karakteristik unggul Aplikasi teknologi transgenik pada hewan seperti sapi dapat membuatnya memproduksi susu yang banyak dan rendah laktosa serta kolesterol.  Teknologi transgenik dapat membuat hewan lebih resisten terhadap penyakit. Tanaman ini termasuk kedelai. Terdapat pula tomat-tomat yang tidak membusuk setelah dipetik. kedelai dan jagung dapat bertahan setelah disemprot. Pada tahun 2003. seperti tahan terhadap hama serangga. Perusahaan yang memproduksi pangan RG mengatakan mereka akan meningkatkan ketahanan pangan.2 Produk GMO nabati Banyak spesies tanaman telah secara genetis direkayasa untuk menjadi lebih tahan terhadap hama serangga atau virus. gandum.7 juta hektar telah ditanami dengan tanaman transgenik oleh 7 juta petani di 18 negara. immunologis. dan canola tahan herbisida dan insektisida. Namun pada penelitian ini jumlah gen yang berperan masih terbatas. neurologis. babi dan unggas dapat menghasilkan daging yang lebih banyak. Adanya produk pangan hasil RG ini tidak membuat semua orang sepakat bahwa bahan pangan baru ini sehat. Tanaman jenis baru ini disebut bahan pangan hasil Rekayasa Genetika (RG) atau bahan pangan hasil modifikasi genetis (Genetikally Modified/GM). reproduksi dan kelainan darah Untuk pengembangan obat-obatan dan pengetasan produk Pengembangan produk baru melalui “molecular farming” yaitu mengubah sifat hewan menjadi produk tertentu yang dibutuhkan manusia seperti hemoglobin dengan cara mengintroduksi gen ke dalam hewan tersebut   Pada peternakan. 2. Oleh karena itu.

Perusahaan yang memproduksinya akan menjual kepada petani di seluruh Asia. Namun.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu makan orang di seluruh dunia. Sebagai jalan keluar dari masalah ini. Dapat dikatakan bahwa bahan pangan RG menawarkan sebuah solusi teknis bagi masalah sosial yakni kelaparan. angka kelaparan justru meningkat. dan dalam kaitannya dengan bahan bakar yang berasal dari tanaman (biofuel) dapat mengakhiri ketergantungan kita pada minyak. Bahkan sejauh ini hasil tanaman RG tidak menolong kaum miskin atau memecahkan masalah kelaparan dan hanya diciptakan agar dapat menjual lebih banyak pestisida dan pupuk yang dibuat oleh perusahaan sama yang juga memproduksi dan menjual benih-benih RG. bukan menurun. Hal ini menyebabkan ketersediaan dan kedaulatan pangan berkurang. atau manfaat kesehatan lainnya seperti yang dikatakan para penanam modalnya. Salah satu contoh produk GMO dari tanaman adalah diciptakannya beras emas (golden rice). seperti yang biasa dilakukan. Dalam prinsip penanaman yang berkelanjutan. dimana beras adalah makanan utama. Kebutaan yang diujikan kesembuhannya dengan Beras Emas ini bukan disebabkan oleh kekurangan Chemical engineering department Page 6 . Kebanyakan tanaman hasil RG tidak memberikan hasil produksi yang lebih besar. pestisida dan pupuk yang mereka perlukan untuk menanam bahan pangan ini. dikembangkanlah beras jenis baru hasil RG yang mengandung vitamin A dan dinamakan Beras Emas. yaitu beras yang ditambahkan vitamin A untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mengurangi angka kebutaan di dunia. Beras Emas tidak akan bisa mencegah orang dari kebutaan. jutaan orang buta karena kekurangan vitamin A dalam menu makannya. menanam tanaman RG lebih mahal dibandingkan dengan menanam tanaman tradisional karena biasanya petani harus membeli benih RG setiap tahun beserta pupuk dan pestisidanya yang mahal dan tidak dapat menyimpan benih dari tanaman sebelumnya. Tanaman RG juga membutuhkan biaya-biaya tak terduga lainnya karena kandungan nutrisinya rendah serta dapat merusak lingkungan. dan kebutaan karena kekurangan vitamin A merupakan masalah serius. yaitu berupa benih-benih buatan manusia dengan harga mahal. Begitu para petani mulai tergantung pada benih. Perusahaan itu berharap petani akan menanam Beras Emas dan meninggalkan varietas beras tradisional mereka. nutrisi yang lebih baik. Di seluruh dunia.

Hal ini menandakan bahwa sebenarnya penemuan Beras Emas ini tidak menyelesaikan masalah utamanya yakni kemiskinan dan malnutrisi. Meski seseorang mengkonsumsi Beras Emas. penggunaan mikroorganisme sebagai objek rekayasa genetika lebih banyak digunakan untuk bidang kesehatan dan obat-obatan.3 Produk GMO mikroorganisme Obyek rekayasa genetika mencakup hampir semua golongan organisme. hewan tingkat rendah. Proses produksi dilakukan dengan mutasi secara iradiasi ultra violet dan sinar X. Fungsinya antara lain untuk mendiagnosis penyakit dan kehamilan.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu vitamin A. 2. melainkan karena kurangnya jenis makanan sehat yang secara alami mengandung vitamin A. o Cephalospurium. seperti: o Penicillium chrysogenum. hingga tumbuh-tumbuhan. bakteri yang menghasilkan streptomisin. o Cephalosporium. mulai dari bakteri. fungi. kemudian penelitian ini berkembang dan ditemukan jenis-jenis penisilin lain dari berbagai mikroorganisme. Berikut ini merupakan contoh dari produk rekayasa genetika pada mikroorganisme:  Antibodi Monoklonal adalah antibodi sejenis yang diproduksi oleh sel plasma klon sel-sel β sejenis. Pada umumnya. hewan tingkat tinggi. vitamin A yang dikandungnya tidak akan mencukupi kecuali ditambahkan nutrisi yang cukup yang berasal dari makanan lain yang dimakan bersama Beras Emas tersebut. bakteri yang memproduksi penisilin N. bakteri yang memproduksi sefalospurin C. o Streptomyces. bakteri yang dikembangkan untuk memperbaiki penisilin yang sudah ada. Antibodi monoklonal dapat bertindak sebagai antigen yang akan menghasilkan anti bodi dari limpa. Antibodi ini dibuat oleh sel-sel hibridoma (hasil fusi 2 sel berbeda yaitu sel β Limpa dan sel mieloma) yang dikultur.  Antibiotik Dipelopori oleh Alexander Fleming dengan penemuan penisilin dari Penicillium notatum. yaitu antibiotik untuk pengobatan TBC  Interferon Page 7 Chemical engineering department .

dilakukan fusi atau transplantasi gen yang mempercepat proses produksi vaksin.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu adalah antibodi terhadap virus. dan gandum. hasil bioteknologi yang terdiri dari kedokteran regeneratif. Proses pembentukan di dalam tubuh memerlukan waktu cukup lama (dibanding kecepatan replikasi virus) sehingga perlu dilakukan rekayasa genetika. termasuk didalamnya kelebihan-kelebihan dari GMO tersebut jika dibandingkan dengan produk-produk sesamanya yang alamiah. kanola. Secara konvensional. Dampak positif dan negatif produk GMO Dampak yang ditimbulkan dari produk hasil rekayasa genetika ini terbagi atas dua. Selain itu. bioteknologi di bidang industri juga membawa manfaat tersendiri. yaitu dampak kesehatan yang ditimbulkan pada manusia yang mengkonsumsi produk tersebut dan dampak yang ditimbulkan pada lingkungan atau sumber dari organisme yang direkayasa (hewan. dan dikhawatirkan akan segera habis. Di bidang farmasi dan kedokteran. Keuntungan pangan hasil rekayasa genetika antara lain meningkatkan efisiensi dan produktivitas. terapi gen. jagung.  Vaksin Contoh: Vaksin Hepatitis B dan malaria. kloning terapeutik dan penggunaan bahan organik yang tepat dapat mengobati dan menyembuhkan penyakit. pelemahan kuman dilakukan dengan pemanasan atau pemberian bahan kimia. 3. memperbaiki nutrisi. Dengan bioteknologi.2 Dampak negatif Chemical engineering department Page 8 . nilai palatabilitas dan meningkatkan masa simpan produk.1 Dampak positif Dampak positif yang dimaksud disini adalah keuntungan yang dapat diperoleh dari GMO. tumbuhan dan mikroorganisme). Dampak positif tersebut didapatkan dari hasil bioteknologi di bidang pertanian dan pangan. Bioteknologi industrial dalam hal ini adalah pembuatan biofuel dari tanaman. biofuel akan menghemat penggunaan bahan bakar fosil yang tidak dapat diperbaharui. 3. nilai ekonomi produk. seperti dari kedelai. Secara alami hanya dibuat oleh tubuh manusia. 3.

seperti: a) Alergi Makanan yang dibuat dari produk RG mengandung unsur-unsur yang sebelumnya tidak pernah dimakan. Para ilmuwan sudah melakukan beberapa studi yang memperlihatkan bahwa produk RG kemungkinan memang menimbulkan masalah kesehatan. Hal ini penting untuk diingat bahwa bahaya-bahaya potensial tersebut ada jika susunan gen dari organisme berubah. b) Meningkatnya kasus keracunan pestisida Kebanyakan produk RG akan tumbuh baik hanya jika ditambahkan sejumlah besar bahan kimia.  Dampak negatif produk rekayasa genetika (RG) terhadap kesehatan Beberapa dampak produk RG terhadap kesehatan sudah diketahui karena menusia menjadi sakit setelah mengkonsumsinya. dapat menyebabkan metabolisme dari organisme yang dimodifikasi sehingga meningkatkan formasi toksin yang sudah ada atau bahkan menimbulkan fomasi toksin baru.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Dampak negatif yang dimaksud adalah segala resiko yang ditimbulkan oleh keberadaan GMO di lingkungan dan di masyarakat. Bahkan beberapa benih RG sudah didesain untuk mengandung pestisida. sehingga dapat menjadi toksin. Sedangkan resiko yang perlu diperhatikan dari pengembangan GMO yaitu kemungkinan terjadinya gangguan pada keseimbangan ekologi. Hal ini membuat tubuh manusia bereaksi buruk terhadap makanan ini. dikuatirkan dapat terbentuknya senyawa toksik. apakah melalui penanaman secara konvensional. Proses pembuatan GMO (bioteknologi) dapat dimungkinkan terjadinya perubahan senyawa pada organisme yang bersangkutan. Produk gen tersebut juga dapat berperan sebagai substrat untuk biosintesa toksin dengan organisme yang dimodifikasi. Penggunaan pestisida yang terbatas akan memberi manfaat kepada petani. mutagenesis atau oleh bioteknologi. Gen baru yang dihasilkan. Kita tidak dapat mengetahui sebelumnya unsur apa yang terdapat di dalam produk RG yang menyebabkan alergi sehingga orang dapat menjadi alergi terhadap beberapa makanan yang biasa dimakan. Untuk mengetahui dengan pasti dampak produk RG terhadap kesehatan akan membutuhkan penelitian beberapa tahun. allergen atau terjadinya perubahan nilai gizi. atau peningkatan kadar hasil produksi dari gen yang sudah ada. Gangguan kesehatan lainnya baru dicurigai tetapi belum terbukti. tetapi Chemical engineering department Page 9 . terbentuknya resistensi terhadap antibiotik.

obat tersebut tidak ampuh lagi. juga membahayakan burung-burung. kelelawar. c) Berdampak pada tanaman sekitar Chemical engineering department Page 10 . hama yang akan dibasmi bisa menjadi kebal terhadap pestisida b) Merusak kehidupan satwa liar dan tanah Pestisida di dalam produk RG membunuh hama dan bakteri penolong yang hidup di dalam tanah. Kemudian. di dalam pencernaan mereka akan terbentuk bakteri yang kebal terhadap antibiotik. kerusakan ginjal dan organ tubuh lainnya.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu penggunaan dalam jumlah berlebihan cenderung meningkatkan jumlah kasus keracunan pestisida. c) Kanker dan kerusakan organ tubuh Ternak yang diberi makan kentang dan tomat produk RG mengalami perubahan dalam perutnya yang dapat mengarah pada kanker. Bila pestisida digunakan tanpa kontrol. serta perkembangan otak yang lambat. Sebagian ilmuwan yakin bahwa bila seseorang memakan makanan yang mengandung gen-gen ini. d) Kekebalan terhadap antibiotik Salah satu hasil dari rekayasa genetik adalah gen yang kebal terhadap antibiotik. maka banyak jenis tanaman akan hilang dan akhirnya mengancam ketahanan pangan. baik terhadap manusia maupun terhadap lingkungan. demikian pula beberapa produk RG. ketika orang tersebut harus minum obat antibiotik untuk menyembuhkan penyakit. Tetapi bila produk RG tidak diuji atau diberi label maka dokter hampir tidak mungkin mengetahui apakah penderita kanker atau kerusakan organ itu disebabkan oleh produk RG. Tetapi dampak produk RG yang paling merusak lingkungan adalah hilangnya keanekaragaman hayati yang penting bagi kesehatan lingkungan dan beberapa kerusakan lainnya seperti: a) Hilangnya musuh alami hama Beberapa produk RG dibuat mengandung pestisida di dalamnya.  Dampak produk RG terhadap lingkungan Ketika perusahaan besar membuat dan menjual hanya beberapa jenis benih dan kemudian meyakinkan petani di seluruh dunia untuk menggunakan hanya benih-benih ini saja. dan hewan lain yang membantu penyerbukan tanaman dan mengendalikan hama.

yang harus diisi ulang dan diajukan kembali dalam tempo 14 hari 4) Jika dalam waktu 60 hari tidak ada respon masyarakat. 4. produk GMO harus lulus tahap pengkajian yang dilakukan oleh komisi keamanan pangan dari badan POM. Produk RG tidak memenuhi persyaratan: ditolak 7) Sertifikat dan rekomendasi digunakan sebagai dasar bagi pemasaran dan distribusi pangan produk rekayasa genetika Chemical engineering department Page 11 .Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Tepung sari dari tanaman RG tertiup angin dan menyebar ke tanaman lain yang serupa. regulasi wajib ditaati oleh pemohon dan tim teknis yang terlibat dalam proses pengkajian. dan keputusan mengenai produk rekayasa genetika yang diajukan Mekanisme pengajuan pangan PRG untuk dikaji adalah sebagai berikut: 1) Pihak yang akan mengedarkan/memasarkan pangan produk rekayasa genetika mengajukan permohonan kepada Komisi Keamanan Pangan BPOM/Kementrian 2) Proponen mengisi permohonan sesuai format dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Pengkajian produk rekayasa genetika harus mengikuti protokol baku yang mengacu pada PP berkenaan dengan keamanan hayati No 21 tahun 2005 Peraturan dan pangan produk rekayasa genetika. maka tidak ada yang tahu pasti bagaimana efek jangka panjang yang dapat ditimbulkannya. Tetapi karena tanaman RG masih baru. Produk RG di disetujui: berhak memperoleh sertifikat keamanan pangan b. 3) Ketidaklengkapan berakibat pada pengembalian dokumen. Regulasi yang ditetapkan agar produk GMO dapat masuk di pasaran mencakup data-data pengujian yang berkenaan dengan    keamanan produk rekayasa genetika prosedur dan mekanisme pengkajian keamanan pangan. Tahap pemasaran produk GMO Untuk memasuki pasar Indonesia. maka produk rekayasa tersebut dapat diterima masyarakat 5) Komisi keamanan pangan memberikan rekomendasi kepada badan POM berdasarkan evaluasi tim teknis dan masukan masyarakat 6) Laporan kepada BPOM a.

Pada dasarnya para petani membeli bibit tanaman GMO dengan harga yang mahal. Oleh karena Chemical engineering department Page 12 . selain itu disamping dari tumbuhan gen dapat diambil dari mikroorganisme tertentu. lebih dari 80% bibit kedelai yang digunakan adalah hasil GMO dan impor dari Amerika. Hal ini dikarenakan kedelai GMO lebih murah dan menghasilkan produk kedelai yang lebih berlimpah. namun hasil yang didapatkan dari menanam bibit GMO lebih menguntungkan sebab para petani tidak perlu menggunakan herbisida untuk menjauhkan tanaman dari para hama karena bibit GMO bebas dari serangan hama. program ini menghasilkan 312 judul penelitian dengan total dana Rp 54 miliar. Namun para petani kembali harus membeli bibit dikarenakan keturunan unggul tidak diteruskan kepada generasi berikutnya.8 miliar. Pada 2010. Namun berbagai permasalahan yang mengganggu pertumbuhan tanaman seperti hama dan cuaca yang tidak teratur. Proses rekayasa yang dilakukan adalah memadukan antara gen tumbuhan satu dengan yang lain dalam satu family ataupun beda jenis. Perkembangan GMO di Indonesia sampai saat ini berada pada tingkat penelitian yang sudah selesai adalah tebu dan jagung. segala tumbuhan dapat tumbuh subur dialamnya dan dapat dimanfaatkan para penduduk untuk dijadikan bahan makanan.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu 5. sedangkan untuk padi penelitiannya baru akan dimulai pada tahun 2013 – 2014. Sampai saat ini Kemristek dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian sejak 2010 bekerja sama membuat Program Insentif Peningkatan Kemampuan Peneliti dan Perekayasa. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengurangi dampak dari hal tersebut. Perkembangan GMO di Indonesia Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya . disamping itu penggunaan bibit membuat jangka panen yang singkat dan hasil yang lebih banyak. Selama ini Indonesia merupakan pasar dari produk-produk GMO hasil buatan luar negeri atau bias disebut Indonesia merupakan pengimpor produk GMO contohnya adalah kedelai. Penelitian berbasis prinsip bioteknologi yaitu penggunaan rekayasa gen atau DNA dari tumbuhan. Sementara pada 2011 ini sudah dihasilkan 276 penelitian dengan total dana Rp 43. Selain itu bibit tanaman kapas dan jagung GMO impor telah banyak beredar di Indonesia.

dapat disimpulkan bahwa setiap orang yang memproduksi pangan. berdasarkan rekomendasi dari komisi tersebut. Sebagaimana jenis pangan lain yang diregulasi pemerintah melalui undang-undang (UU) dan peraturan pemerintah (PP). Setelah itu. 69 tahun 1999. Berdasarkan pasal 14 PP No. karakterisasi modifikasi genetika.69 tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan. 6. atau hewan yang dihasilkan melalui proses rekayasa genetika. Sedangkan menurut pasal 35 PP No. pangan GMO juga diregulasi dalam pasal 14 PP No. Pemeriksaan tersebut antara lain meliputi informasi genetika dari bahan tersebut. Regulasi GMO di Indonesia Perkembangan tanaman rekayasa ini diatur oleh Negara dengan mengeluarkan berbagai peraturan seperti berikut. 28 tahun 2004 tentang Keamanan. 28 tahun 2004 yang terdiri atas 5 ayat. bahan baku. pangan hasil rekayasa genetika atau GMO adalah pangan atau produk pangan yang diturunkan dari tanaman. serta dalam pasal 35 PP No. Mutu. Dari isi ketiga ayat pada PP No. deskripsi modifikasi genetika. Kepala Badan POM menetapkan aman atau tidaknya pangan GMO tersebut. 69 tahun 1999 tentang label dan Iklan tersebut. bahan tambahan pangan atau bahan bantu lainnya yang merupakan GMO harus memeriksakan bahan-bahan tersebut ke komisi yang menangani keamanan pangan produk rekayasa genetika. disebutkan bahwa pada label untuk pangan hasil rekayasa genetika wajib dicantumkan tulisan PANGAN HASIL REKAYASA GENETIKA. Persyaratan dan tata cara pemeriksaan juga menjadi wewenang komisi yang menangani keamanan pangan produk rekayasa genetika untuk menetapkannya. Pada Label cukup dicantumkan keterangan tentang pangan rekayasa genetika pada bahan yang merupakan pangan hasil rekayasa genetika tersebut dan juga dapat dicantumkan logo khusus pangan hasil rekayasa genetika. Berdasarkan PP no 28 tahun 2004. Indonesia masih dalam posisi Chemical engineering department Page 13 . dan informasi keamanan pangannya. deskripsi organisme donor.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu itu penjualan bibit GMO dapat di monopoli oleh para pengusahaa swasta karena para petani tidak memiliki teknologi untuk menghasilkan bibit unggul tersebut. dan Gizi Pangan.

terdapat Undang-undang Nomer 8 tahun 1999 tentang Badan Perlindungan Konsumen Nasional/BPKN yang mempunyai kewajiban untuk melakukan penelitian pada makanan dan ataupun jasa sehubungan dengan perlindungan konsumen. Mereka berpikir bahwa dampak negatif yang dihasilkan GMO tidak terasa langsung tapi baru dapat dirasakan dikemudian hari seperti untuk generasi kita selanjutnya.banyak masyarakat yang menolak kehadiran produk rekayasa tersebut namun banyak pula yang menyetujuinya. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan pangan di Indonesia meningkat dan Indonesia merupakan Negara yang memiliki biodiversity gen yang besar sehingga memenuhi untuk perkembangan teknologi rekayasa pangan dan menghasilkan pangan yang memiliki Chemical engineering department Page 14 . 7. contohnya adalah Departemen Pertanian dan Departemen Riset dan Teknologi yang sangat mendukung. walaupun badan organisasi dunia seperti WHO dan FDA telah mengatakan bahwa produk GMO aman. Respon Masyarakat Indonesia Tentang GMO Perkembangan GMO di Negara ini membuat kontroversi ditingkat masyarakat. Selain itu. Kemudian mereka juga berpikir bahwa bibit GMO akan merugikan petani dikarenakan penjualan bibit GMO dikuasai pihak swasta dan petani harus terus membeli bibit dikarenakan sifat unggul tidak selalu diturnkan pada generasi berikutnya. Alasan masyarkat yang menolak adalah karena mereka berpendapat bahwa produk GMO kurang aman untuk dikonsumsi. Fungsi dari badan ini ialah untuk memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah berkaitan dengan peningkatan perlindungan konsumen di Indonesia. Mereka juga berpendapat bahwa tanaman rekayasa seperti GMO akan menimbulkan hama yang akan resisten terhadap pestisida maupun herbisida. termasuk pangan hasil rekayasa genetika. Hal ini dikarenakan GMO bukan tanaman super yang selalu kuat terhadap serangan hama dan selalu ada resisten terhadap serangan hama yang tidak seharusnya menyerang tanaman tersebut dikarenakan rekayasa tersebut. Hal ini dikarenakan tanaman tersebut telah disispi gen asing yang dapat mengganngu system gen dalam tubuh kita jika dibiarkan terus menerus. termasuk didalamnya perlindungan terhadap konsumen yang berkaitan dengan penggunaan produk-produk GMO. Disamping itu beberapa pihak mendukung akan perkembangan GMO di negeri ini.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu netral dan menghargai hak konsumen untuk mengetahui komponen bahan pangan yang dikonsumsinya.

Konferensi yang dikenal dengan nama Cartagena Protocol on Biosafety (CPB) yang terdiri dari 40 Prinsip dasar dan dibawah WTO dihasilkan perjanjian the Agreement on the Aplication of Sanitary and Physanitary Measures (SPS Agreement) Agreement on Technical Barriers to Trade (TBT Agreement). Malaysia dan 15 Oktober 2010 di Nagoya. Regulasi GMO dari Lembaga-lembaga International Permasalahan regulasi GMO didunia dimulai saat tahun 1988-1992 terdapat perselisihan antara negara-negara karena GMO ini melibatkan Perdagangan antar negara yakni Ekspor dan Impor. kanada dan Brazil memiliki paham yang berbeda dengan negara yang menentang penggunaan GMO yakni negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa dan mulai mempengaruhi semua negara-negara di Dunia. Argentina. Negara-negara liberal (pendukung GMO) yang di pimpin oleh USA. WHO. dan UNIDO yang diadakan di Cartagena.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu kemampuan lebih. Kolombia. ICGEB. dan the Agreement on Trade-Related Aspects of Intellectual Property Rights (TRIPs). Kemudian pada tahun 1992 United Nation Converence on Environment and Development (UNCED) mengadakan pertemuan yang dikenal dengan Earth Summit dan menghasilkan The Rio Declaration on Environment and Development yang terdiri dari 27 prinsip dasar. Untuk Melengkapinya maka diadakan kembali Konferensi International pada 29 januari 2000 untuk membahas masalah ini yang dihadiri oleh lebih dari 140 negara yang terdiri dari 5 kelompok dan dan organisasi-organisasi internasional yang terlibat yaitu Organization Economic Cooperation and Development (OECD). Jepang sehingga dikenal dengan “Nagoya – Kuala Lumpur Supplementary Protocol On Liability And Redress To The Cartagena Protocol On Biosafety” yang terdiri dari 21 Prinsip dasar tambahan. Selanjutnya demi melengkapi Protokol tersebut maka pada tanggal 23-27 Februari di Kuala Lumpur. 8. UNEP. Label Chemical engineering department Page 15 . UNDP. FAO. Selain itu dampak penggunaan tanaman GMO mengurangi penggunaan pestisida sehingga lebih ramah lingkungan. World Trade Organization (WTO).

Misalnya saja di Afrika Selatan 31% Produknya dilabeli dengan GMO-Free dan Produk yang memiliki Konten diatas 1% maka akan diberi label GM. Gambar 1. Dan untuk pelabelan tergantung dari kebijakan masing-masing negara atau sesuai dengan ambang batas. Beberapa negara yang menentang dan mendukung penggunaan label GMO Gambar 2 Contoh Produk-produk yang menggunakan label GM Tabel 1 Regulasi Negara-negara di Dunia Mengenai GMO Chemical engineering department Page 16 .Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Salah satu permasalahan yang terpenting yakni Pemasangan label pada produkproduk GMO.

Regulasi GMO di berbagai negara-negara didunia a. AFRIKA Pada tahun 2010.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu 9. Pasar Bersama bagi Afrika Timur dan Selatan (COMESA) menghasilkan draft kebijakan pada teknologi GM. setelah sembilan tahun perundingan. Kebijakan yang diusulkan dikirim ke semua 19 pemerintah nasional untuk Chemical engineering department Page 17 .

pepaya dan paprika. Biaya penegakan peraturan di India umumnya lebih tinggi. Pada saat ini. beberapa negara memiliki sumber daya untuk membuat keputusan sendiri. mungkin karena petani pengaruh yang lebih besar dan perusahaan kecil memiliki benih pada pembuat kebijakan. Kenya lulus hukum pada 2011 yang memungkinkan produksi dan impor tanaman GM.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu konsultasi pada bulan September 2010. ASIA India dan China adalah dua produsen terbesar produk rekayasa genetika di Asia. yang didirikan oleh Uni Afrika dan didanai oleh Bill dan Melinda Gates Foundation. negara anggota yang ingin tumbuh sebuah tanaman GM baru akan menginformasikan COMESA yang akan memiliki keahlian ilmiah yang cukup untuk membuat keputusan mengenai apakah tanaman itu aman bagi lingkungan dan bagi manusia. petunia. poplar. Berdasarkan kebijakan tersebut. Tanaman GM di Cina melalui tiga fase pengujian lapangan (pilot uji lapangan. Jaringan Keamanan Hayati Afrika Keahlian sekolah. b. Cina menghasilkan varietas GM kapas. Setelah COMESA telah membuat keputusan mereka. Nasional Majelis Burkina Faso mengeluarkan peraturan keamanan hayati pada awal 2006. tomat. yang menetapkan Badan Nasional Keamanan Hayati yang akan mengatur produk GM dengan saran dari berbagai komite penasihat pemerintah dan non-pemerintah. Di Burkina Faso. dibuka pada bulan April 2010. Negara-negara anggota akan mempertahankan kekuasaan untuk tidak tumbuh tanaman di negara mereka sendiri jika mereka ingin. memonitor dan melacak tanaman rekayasa genetika. Afrika Selatan adalah penumbuh utama dari tanaman yang direkayasa secara genetis di Afrika. Tujuannya adalah untuk melatih dan mengembangkan regulator Afrika untuk menyetujui. Chemical engineering department Page 18 . sedangkan penegakan peraturan lebih efektif di Cina. ijin akan diberikan untuk tanaman yang akan ditanam di semua 19 negara anggota. dengan jumlah yang lebih kecil tumbuh di Burkina Faso dan Mesir. India saat ini hanya tumbuh kapas GM.

Departemen Cina Sains dan Teknologi mengembangkan keamanan hayati peraturan pertama untuk produk GM pada tahun 1993 dan mereka diperbarui pada tahun 2001. Pemerintah Argentina adalah salah satu yang pertama untuk menerima GM makanan.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu pengujian rilis lingkungan. Perikanan dan Makanan. impor dan lapangan yang melibatkan produk GM. c. Pemerintah sedang mencari untuk mengencangkan hukum saat ini yang memungkinkan petani untuk menjaga benih tanpa membayar royalti dalam upaya untuk mendorong investasi yang lebih pribadi. Peternakan. Sebagian besar Nasional Komite Keamanan Hayati terlibat dalam bioteknologi terkemuka untuk kritik bahwa mereka tidak mewakili rentang cukup luas kekhawatiran masyarakat India regulator. dan pengujian praproduksi) sebelum masalah itu diajukan ke Kantor Pertanian Biosafety Rekayasa Genetik Administrasi (OAGEBA) untuk penilaian Produsen harus berlaku untuk OAGEBA pada setiap tahap tes lapangan. Membersihkan terung Bt. Para 75 anggota Komite Nasional Keamanan Hayati mengevaluasi semua aplikasi.. meskipun OAGEBA memiliki keputusan akhir. untuk komersialisasi pada Oktober 2009. Dinas Kesehatan Nasional dan Kualitas Agrifood (keamanan pangan) dan Arah Agribisnis Nasional (efek pada perdagangan). dengan keputusan akhir yang dibuat oleh Sekretariat Pertanian. Penilaian produk GM untuk rilis ini disediakan oleh Bioteknologi Pertanian Penasehat Komite Nasional (dampak lingkungan). sebuah terong rekayasa genetika. AMERIKA SELATAN Brasil dan Argentina adalah produsen terbesar 2 dan 3 dari makanan GM di belakang Amerika Serikat. petani dan kelompok lingkungan moratorium diberlakukan di rilis pada Februari 2010. Setelah oposisi dari beberapa ilmuwan. Dewan Menteri mengevaluasi masalah komersial Chemical engineering department Page 19 . Satu-satunya negara Asia lainnya untuk saat ini menanam tanaman GM adalah Phillipenes. Di Brazil National Biosafety Teknis Komisi bertanggung jawab untuk menilai keamanan lingkungan dan makanan dan mempersiapkan pedoman untuk eksperimen transportasi.

Pada tahun 1998. Siprus. Bulgaria. Irlandia. penggunaan MON810. jika mayoritas tidak tercapai proposal akan diteruskan kembali ke Komisi Eropa yang kemudian akan mengadopsi proposal tersebut. Aliran gen akan terjadi antara tanaman terkait dan Komisi Chemical engineering department Page 20 . Hungaria. Ada juga klausul perlindungan bahwa Anggota Negara dapat memanggil untuk membatasi atau melarang penggunaan dan / atau penjualan transgenik di wilayah mereka jika mereka memiliki alasan yang dapat dibenarkan untuk mempertimbangkan bahwa transgenik disetujui merupakan risiko terhadap kesehatan manusia atau lingkungan. ilmu evaluasi berbasis makanan oleh Food Safety Authority Eropa (EFSA). bersama dengan makanan iradiasi. sebuah jagung Bt mengekspresikan conferring resistensi terhadap hama penggerek jagung Eropa. Swedia dan Republik Ceko pada tahun itu. The EFSA melaporkan kepada Komisi Eropa yang kemudian menyusun proposal untuk pemberian atau menolak otorisasi. dianggap "makanan baru" dan tunduk pada luas. Latvia. Semua GMO. d. Pada tahun 2010 Austria. dan Belanda menulis sebuah karya bersama meminta masing-masing negara memiliki hak untuk memutuskan apakah akan menanam tanaman GM. Teknis Keamanan Hayati Nasional Komisi memiliki 27 anggota dan terdiri dari 12 ilmuwan.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu dan ekonomis dengan rilis. Slovenia. disetujui untuk budidaya untuk aplikasi industri oleh Komisi Eropa dan ditumbuhkan di Jerman. kentang disebut Amflora. Lithuania. EROPA Uni Eropa (UE) memiliki kemungkinan peraturan transgenik yang paling ketat di dunia. Pada 2 Maret 2010 sebuah transgenik kedua. disetujui untuk budidaya komersial di Eropa. kasus-kasus oleh-. 9 wakil menteri dan 6 spesialis lain. Proposal ini diajukan ke Bagian tentang Pangan GM dan Pakan Komite Tetap pada Rantai Makanan dan Kesehatan Hewan dan jika diterima maka akan diadopsi oleh EC atau diteruskan kepada Dewan Menteri Pertanian. Setelah di Dewan memiliki tiga bulan untuk mencapai mayoritas yang memenuhi syarat untuk atau terhadap usulan tersebut. Malta.

Hal ini juga memberikan kemungkinan untuk menunjuk bebas GMO zona. e. Mendocino County. Persetujuan akhir masih bisa dibantah oleh kabupaten individu dalam negara masing-masing. Yang pertama di tahun 2006 ketika pengiriman beras dari Amerika mengandung berbagai transgenik percobaan (LLRice601) tidak dimaksudkan untuk komersialisasi tiba di Rotterdam. Semua makanan (termasuk makanan olahan) atau pakan yang berisi lebih dari 0.9% dari yang disetujui GMO harus diberi label. Pedoman ini tidak mengikat dan setiap Negara Anggota dapat menerapkan peraturan mereka sendiri. Peraturan mengenai impor dan penjualan GMO untuk konsumsi manusia dan hewan tumbuh di luar Uni Eropa melibatkan memberikan kebebasan memilih kepada petani dan konsumen. sehingga zona penyangga mulai dari 15 meter (di Swedia) untuk 800 meter (di Luxembourg). dengan subjek banyak untuk ketiganya.. Yang kedua pada tahun 2009 ketika jumlah jejak dari jagung transgenik disetujui di AS ditemukan di "non-GM" kedelai kargo tepung. tanaman FDA terakhir yang dapat memasuki atau mengubah pasokan makanan dan EPA mengatur tanaman rekayasa genetika dengan sifat pestisida. Pada tahun 2004. Dua kali GMO tidak disetujui oleh Komisi Eropa telah tiba di Uni Eropa dan terpaksa kembali ke pelabuhan asal mereka. USDA mengevaluasi tanaman berpotensi menjadi gulma. FDA dan EPA. secara efektif memungkinkan negara anggota untuk melarang budidaya tanaman GM di wilayah mereka tanpa melibatkan klausa menjaga aman. Tanaman hasil rekayasa genetika yang paling dikembangkan ditinjau oleh setidaknya dua dari lembaga. Co-eksistensi diatur dengan menggunakan zona penyangga dan jarak isolasi antara GM dan non -GM tanaman. California menjadi daerah Chemical engineering department Page 21 . AMERIKA UTARA Amerika Serikat adalah petani komersial terbesar tanaman rekayasa genetika di dunia Untuk organisme hasil rekayasa genetika yang akan disetujui untuk rilis ini dinilai oleh USDA.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Eropa mengeluarkan panduan baru pada tahun 2010 mengenai ko-eksistensi GM dan non-GM tanaman.

dengan kesimpulan bahwa tingkat saat regulasi cukup memuaskan. Produsen dan importir memasok data untuk Kesehatan Kanada untuk penilaian keamanan. terhadap strain lokal. Meningkatkan. berdasarkan Undang-Undang Makanan dan Obat-obatan. Kanada adalah salah satu produsen terbesar di dunia GM canola dan juga tumbuh GM jagung. Meksiko Pada 15 Februari 2005. Chemical engineering department Page 22 . Awalnya hanya GM kapas dan kedelai ditanam di Meksiko. kesehatan Kanada. Komite ini dituduh oleh kelompok lingkungan dan warga tidak mewakili spektrum penuh kepentingan publik dengan hanya memiliki satu anggota dewan yang mewakili 20 organisasi non-pemerintah dan karena terlalu erat selaras dengan kelompok industri. setelah berkonsultasi Academy Meksiko of Sciences. mengesahkan undang-undang yang memungkinkan penanaman dan penjualan tanaman yang dimodifikasi secara genetik. nutrisi.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu pertama dan hanya untuk memaksakan larangan pada "Budidaya. ukuran yang lewat dengan mayoritas 57%. namun pada tahun 2009 pemerintah memberlakukan ketentuan hukum untuk pengaturan jagung rekayasa genetika Meksiko adalah pusat keanekaragaman untuk jagung dan kekhawatiran telah dikemukakan mengenai dampak genetik jagung dimodifikasi bisa. potensi beracun dan alergi. Pelabelan makanan GM adalah sukarela. dan Inspeksi Badan Makanan Kanada bertanggung jawab untuk mengevaluasi keamanan dan nilai gizi dari makanan rekayasa genetika. kedelai dan gula bit. Keputusan ini kemudian dibuat apakah akan menyetujui produk untuk rilis bersama dengan pembatasan atau persyaratan. Perbanyakan. efek sekunder potensi dan masalah biologi lainnya. Undang-undang mengharuskan semua produk rekayasa genetika untuk diberi label sesuai dengan pedoman yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan. Peraturan Kanada ditinjau oleh Komite Penasehat Bioteknologi Kanada antara tahun 1999 dan 2003. yang meliputi komposisi. dan Berkembang dari Genetically Modified Organisms".

Kapas transgenik telah ditanam secara komersial di New South Wales dan Queensland sejak tahun 1996. GM canola telah disetujui pada tahun 2003 dan pertama kali ditanam pada 2008. tetapi memungkinkan kelompok-kelompok untuk mengajukan permohonan pembebasan. The Queensland dan Pemerintah Northern Territory belum melaksanakan setiap undang-undang lebih lanjut melampaui tingkat nasional. OTGR adalah Pemerintah Commenwealth Otoritas dalam Departemen Kesehatan dan Penuaan. sebelum Kantor Regulator Teknologi Gene (OGTR) mengambil alih pada tahun 2001. Pemerintah negara bagian individu kemudian dapat menilai dampak rilis pada pasar dan perdagangan dan menerapkan hukum yang lebih jauh untuk mengontrol produk rekayasa genetika disetujui. Pada tahun 2007 pemerintah New South Wales diperpanjang moratorium selimut pada tanaman pangan GM hingga 2011. sementara regulasi disediakan oleh Administrasi Barang Terapi untuk GM obat-obatan atau Standar Makanan Australia Selandia Baru untuk makanan GM. New South Wales disetujui GM Canola untuk budidaya komersial pada tahun 2008.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu f. OCEANIA Rekayasa genetika di Australia pada awalnya (sejak 1987) yang diawasi oleh Komite Penasehat Manipulasi genetik. OGTR melaporkan langsung ke Parlemen melalui Dewan Menteri tentang Teknologi Gene dan memiliki kekuasaan legislatif. sementara pemerintah Victoria membiarkan moratorium GM Canola berakhir pada 2007. Kedua tanaman rekayasa genetika tumbuh di Australia kapas dan kanola. Pada tahun 2008 pengecualian dibuat untuk budidaya komersial Chemical engineering department Page 23 . tetapi beberapa negara bagian lain ditempatkan larangan penanaman tanaman GM tertentu.. OGTR memutuskan pada aplikasi lisensi untuk pembebasan semua organisme dimodifikasi secara genetik. Australia Barat lulus Tanaman Genetically Modified Wilayah Gratis Act pada tahun 2003 dan dinyatakan sebagai daerah bebas GM pada tahun 2004 . Ini didirikan sebagai bagian dari Gene Technology Act 2003 dan beroperasi sesuai dengan Peraturan Teknologi Gene 2001.

. Pada tahun 2000 Pemerintah telah menyetujui sebuah Komisi Kerajaan untuk melaporkan masalah yang berhubungan dengan organisme rekayasa genetik (GMO). Namun.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu dari kapas GM di Daerah Irigasi Sungai Ord. tidak ada makanan yang dimodifikasi secara genetik ditanam dan ada obat yang mengandung hidup rekayasa genetik organisme telah disetujui untuk digunakan. Ujian GM kanola dilakukan pada tahun 2003 dan pada tahun 2010 governemnt Australia Barat memungkinkan komersialisasi kanola GM. dan diimpor makanan dengan komponen rekayasa genetika yang dijual. Selatan Australia dan Tasmania diperpanjang moratorium terhadap semua tanaman rekayasa genetika sampai 2019 dan 2014. Lapangan uji coba yang telah dilakukan dengan pohonpohon pinus GM dan brassica telah menarik reaksi publik yang negatif Chemical engineering department Page 24 . Obat-obatan diproduksi menggunakan organisme hasil rekayasa genetika yang tidak mengandung organisme hidup telah disetujui untuk dijual. menyimpulkan bahwa Selandia Baru harus menjaga opsi terbuka mengenai rekayasa genetika dan untuk melanjutkan dengan hati-hati untuk meminimalkan dan mengelola risiko. Laporan Komisi Royal Modifikasi Genetik. Selandia Baru. dirilis pada Juli 2001.

Bahkan sebuah oganisasi Via Campesina yaitu perkumpulan petani di Amerika Serikat menentukan bahwa tanggal 17 April adalah hari untuk memperingati protes GMO dan berikut beberapa peristiwa tersebut: Gambar 4. Petani Kenya. Jumlah lahan tiap negara yang digunakan untuk memproduksi GMO 10. Pada tahun 2010 memprotes barang Impor Jagung hasil GMO karena harga barang tersebut lebih murah 30% dibandingkan dengan harga jagung lokal.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Gambar 3. Tanggapan Masyarakat terhadap GMO diberbagai belahan dunia Banyak sekali aksi protest menentang GMO hampir disetiap negara-negara didunia dan dilakukan mulai dari aktivis Greenpeace. sehingga menghancurkan nilai jual petani. dan masyarakat sendiri. petani. Aktivis Greenpeace yang menolak GMO Chemical engineering department Page 25 . Gambar 5.

maka dapat Chemical engineering department Page 26 . GMO merupakan suatu organisme yang DNA-nya telah diubah secara tidak alami melalui suatu teknologi sehingga gen yang dimaksud dapat ditransfer dari satu organisme ke organisme lain dan juga antara organisme yang berbeda spesies. Apa yang dimaksud dengan GMO? Menurut WHO. Berdasarkan pada definisi-definisi diatas. Sedangkan Sutrisno Koswara memberikan definisi GMO sebagai produk pangan yang diturunkan dari tanaman atau hewan yang dihasilkan melalui proses rekayasa genetika. Peringatan “Planet Diversity” yaitu konferensi International yang menentang GMO (kiri: jepang 2010 dan Jerman 2008) BAB III PEMBAHASAN 1.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Gambar 6.

tanaman transenik dan bagiannya. tingkat produksi dan konsumsi pangan hewani penduduk dunia diprediksi akan mengalami peningkatan dari 233 juta ton menjadi 300 juta ton. Namun.1 Produk GMO hewani Bahan pangan hewani merupakan kebutuhan pokok manusia untuk hidup sehat. meningkatnya kesejahteraan hidup dan meningkatnya kesadaran gizi masyarakat dunia. Konsumsi susu naik dari 568 juta ton menjadi 700 juta ton. farmasi dan kedokteran. Di masa depan. dan bahanbahan olahannya. Teknologi budidaya peternakan konvensional dan pertumbuhan populasi ternak yang cenderung lambat merupakan salah satu faktor penyebabnya. ikan transgenik.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu disimpulkan bahwa GMO atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan produk rekayasa genetika adalah organisme yang DNA-nya telah diubah dengan menggunakan suatu teknologi yang disebut dengan bioteknologi modern sehingga menghasilkan suatu organisme atau produk yang berbeda dengan produk alamiahnya yang mempunyai beberapa kelebihan karena dalam pembuatannya dilakukan seleksi terhadap sifat-sifat baiknya. industri. karena aplikasi bioteknologi juga telah merambah ke berbagai bidang (pertanian. Chemical engineering department Page 27 . peningkatan kebutuhan pangan hewani ternyata tidak diikuti oleh ketersediaan pangan hewani secara murah. dan lingkungan). Hal ini disebabkan oleh bertambahnya jumlah penduduk dunia. produktif dan cerdas. Sebutkan dan jelaskan macam-macam GMO pada produk pangan? Pada dasarnya produk-produk GMO sangat banyak dan tersebar di berbagai bidang. sedangkan konsumsi telur sekitar 55 juta ton (sumber: artikel “Peternakan 2020: Revolusi Pangan Masa Depan”). Jenis-jenis GMO terdiri dari hewan transgenik. serta jasad renik dan mikroorganisme. Oleh karena itu. Terdapat kaitan positif antara tingkat konsumsi protein hewani dengan umur harapan hidup dan pendapatan per kapita. merata dan terjangkau. 2. kreatif. aplikasi bioteknologi diharapkan dapat memainkan peranan penting dalam memacu pertumbuhan populasi ternak dan meningkatkan mutu pangan hewani. 2.

Salah satu contoh bioteknologi di bidang peternakan adalah diciptakannya hewan transgenik. seorang ilmuwan Harvard membuat terobosan besar secara ilmiah ketika mereka diterima sebuah paten US untuk keahlian tikus secara genetik.   Hewan transgenik dapat digunakan sebagai terapi gen dan merupakan model untuk pertumbuhan.  Hewan transgenik lainnya diproduksi sebagai model penyakit (secara genetik hewan dimanipulasi untuk menunjukkan gejala penyakit sehingga perawatan efektif dapat dipelajari). neurologis. immunologis.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Aplikasi bioteknologi peternakan dilakukan pada tiga bidang utama. Oleh karena itu. perbaikan kualitas pakan dan kualitas kesehatan ternak. transfer embrio dan rekayasa genetik). Terdapat dua alasan umum mengapa hewan transgenik tetap diproduksi:  Beberapa hewan transgenik diproduksi untuk memiliki sifat ekonomis spesifik. Pada umumnya. dimana mungkin dapat membantu dalam perawatan penyakit pembengkakan paru-paru karena pembuluh darah pada manusia. hewan transgenik adalah hewan yang dengan sengaja telah dimodifikasi genome nya dan gen disusun dari suatu organisme yang dapat mewarisi karakteristik tertentu. pengembangan ternak transgenik mampu mengatasi kekurangan praktek pembiakan ternak secara tradisional yang membutuhkan waktu yang lama untuk memodifikasi genetik. reproduksi dan kelainan darah Untuk pengembangan obat-obatan dan pengetasan produk Page 28 Chemical engineering department . Sebagai contoh. Hewan transgenik merupakan suatu alat riset biologi yang potensial dan sangat menarik karena menjadi model yang unik untuk mengungkap fenomena biologi yang spesifik. Misalnya. dimana tikus membawa gen yang mengembangkan variasi kanker manusia. Bioteknologi peternakan dapat digunakan untuk mempercepat pembangunan peternakan melalui peningkatan daya reproduksi dan mutu genetik ternak. terdapat beberapa dampak positif pengembangan ternak transgenik ini baik untuk peternakan maupun untuk manusia. Menurut Federation of European Laboratory Animal Association. bioteknologi pakan ternak dan bioteknologi bidang kesehatan hewan. ternak transgenik diciptakan untuk memproduksi susu yang mengandung protein khusus manusia. yaitu bioteknologi reproduksi (inseminasi buatan.

misalnya pada babi yang resisten terhadap influenza. dan domba yang memiliki wool yang tebal. dan canola tahan herbisida dan insektisida. babi dan unggas dapat menghasilkan daging yang lebih banyak.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu  Pengembangan produk baru melalui “molecular farming” yaitu mengubah sifat hewan menjadi produk tertentu yang dibutuhkan manusia seperti hemoglobin dengan cara mengintroduksi gen ke dalam hewan tersebut   Pada peternakan. Rekayasa genetika juga dilakukan untuk menghasilkan kapas. atau manfaat kesehatan lainnya seperti yang dikatakan para Chemical engineering department Page 29 . Pada tahun 2003. pemanfaatan teknologi transgenik memungkinkan diperolehnya ternak dengan karakteristik unggul Aplikasi teknologi transgenik pada hewan seperti sapi dapat membuatnya memproduksi susu yang banyak dan rendah laktosa serta kolesterol.  Teknologi transgenik dapat membuat hewan lebih resisten terhadap penyakit. membantu memberi makan orang di seluruh dunia. gandum. Terdapat pula tomat-tomat yang tidak membusuk setelah dipetik. 2. jagung. Adanya produk pangan hasil RG ini tidak membuat semua orang sepakat bahwa bahan pangan baru ini sehat. Namun pada penelitian ini jumlah gen yang berperan masih terbatas. Tanaman ini termasuk kedelai. nutrisi yang lebih baik. kapas. seperti tahan terhadap hama serangga. sekitar 67. dan dalam kaitannya dengan bahan bakar yang berasal dari tanaman (biofuel) dapat mengakhiri ketergantungan kita pada minyak. kedelai dan jagung dapat bertahan setelah disemprot.7 juta hektar telah ditanami dengan tanaman transgenik oleh 7 juta petani di 18 negara. Kebanyakan tanaman hasil RG tidak memberikan hasil produksi yang lebih besar. Tanaman jenis baru ini disebut bahan pangan hasil Rekayasa Genetika (RG) atau bahan pangan hasil modifikasi genetis (Genetikally Modified/GM).2 Produk GMO nabati Banyak spesies tanaman telah secara genetis direkayasa untuk menjadi lebih tahan terhadap hama serangga atau virus. Perusahaan yang memproduksi pangan RG mengatakan mereka akan meningkatkan ketahanan pangan. sejumlah besar pestisida serta benih-benih yang dapat membunuh hama di dalam tanah.

Beras Emas tidak akan bisa mencegah orang dari kebutaan. Tanaman RG juga membutuhkan biaya-biaya tak terduga lainnya karena kandungan nutrisinya rendah serta dapat merusak lingkungan. Dalam prinsip penanaman yang berkelanjutan. Dapat dikatakan bahwa bahan pangan RG menawarkan sebuah solusi teknis bagi masalah sosial yakni kelaparan. jutaan orang buta karena kekurangan vitamin A dalam menu makannya. vitamin A yang dikandungnya tidak akan mencukupi kecuali ditambahkan nutrisi yang cukup yang berasal dari makanan lain yang dimakan bersama Beras Emas tersebut. Di seluruh dunia. dikembangkanlah beras jenis baru hasil RG yang mengandung vitamin A dan dinamakan Beras Emas. melainkan karena kurangnya jenis makanan sehat yang secara alami mengandung vitamin A. Namun. angka kelaparan justru meningkat. Sebagai jalan keluar dari masalah ini. Salah satu contoh produk GMO dari tanaman adalah diciptakannya beras emas (golden rice). yaitu beras yang ditambahkan vitamin A untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mengurangi angka kebutaan di dunia. Perusahaan yang memproduksinya akan menjual kepada petani di seluruh Asia. Kebutaan yang diujikan kesembuhannya dengan Beras Emas ini bukan disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Begitu para petani mulai tergantung pada benih. dan kebutaan karena kekurangan vitamin A merupakan masalah serius. Bahkan sejauh ini hasil tanaman RG tidak menolong kaum miskin atau memecahkan masalah kelaparan dan hanya diciptakan agar dapat menjual lebih banyak pestisida dan pupuk yang dibuat oleh perusahaan sama yang juga memproduksi dan menjual benih-benih RG. yaitu berupa benih-benih buatan manusia dengan harga mahal. Hal ini Chemical engineering department Page 30 . menanam tanaman RG lebih mahal dibandingkan dengan menanam tanaman tradisional karena biasanya petani harus membeli benih RG setiap tahun beserta pupuk dan pestisidanya yang mahal dan tidak dapat menyimpan benih dari tanaman sebelumnya. Hal ini menyebabkan ketersediaan dan kedaulatan pangan berkurang.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu penanam modalnya. Meski seseorang mengkonsumsi Beras Emas. dimana beras adalah makanan utama. seperti yang biasa dilakukan. Perusahaan itu berharap petani akan menanam Beras Emas dan meninggalkan varietas beras tradisional mereka. bukan menurun. pestisida dan pupuk yang mereka perlukan untuk menanam bahan pangan ini.

kemudian penelitian ini berkembang dan ditemukan jenis-jenis penisilin lain dari berbagai mikroorganisme. Cephalosporium.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu menandakan bahwa sebenarnya penemuan Beras Emas ini tidak menyelesaikan masalah utamanya yakni kemiskinan dan malnutrisi. bakteri yang memproduksi penisilin N. Proses produksi dilakukan dengan mutasi secara iradiasi ultra violet dan sinar X. bakteri yang memproduksi sefalospurin C. yaitu antibiotik untuk pengobatan TBC Interferon adalah antibodi terhadap virus. Fungsinya antara lain untuk mendiagnosis penyakit dan kehamilan. bakteri yang dikembangkan untuk memperbaiki penisilin yang sudah ada. Streptomyces. hewan tingkat tinggi. Antibodi ini dibuat oleh sel-sel hibridoma (hasil fusi 2 sel berbeda yaitu sel β Limpa dan sel mieloma) yang dikultur. Pada umumnya. mulai dari bakteri. Berikut ini merupakan contoh dari produk rekayasa genetika pada mikroorganisme:  Antibodi Monoklonal adalah antibodi sejenis yang diproduksi oleh sel plasma klon sel-sel β sejenis. Chemical engineering department Page 31 . hewan tingkat rendah. 2. bakteri yang menghasilkan streptomisin. seperti:  Penicillium chrysogenum.     Cephalospurium. Proses pembentukan di dalam tubuh memerlukan waktu cukup lama (dibanding kecepatan replikasi virus) sehingga perlu dilakukan rekayasa genetika. penggunaan mikroorganisme sebagai objek rekayasa genetika lebih banyak digunakan untuk bidang kesehatan dan obat-obatan.3 Produk GMO mikroorganisme Obyek rekayasa genetika mencakup hampir semua golongan organisme.  Antibiotik Dipelopori oleh Alexander Fleming dengan penemuan penisilin dari Penicillium notatum. fungi. Secara alami hanya dibuat oleh tubuh manusia. hingga tumbuhtumbuhan. Antibodi monoklonal dapat bertindak sebagai antigen yang akan menghasilkan anti bodi dari limpa.

1 Dampak positif Dampak positif yang dimaksud disini adalah keuntungan yang dapat diperoleh dari GMO. terapi gen. dilakukan fusi atau transplantasi gen yang mempercepat proses produksi vaksin. 3. hasil bioteknologi yang terdiri dari kedokteran regeneratif. Dengan bioteknologi. Dampak positif tersebut didapatkan dari hasil bioteknologi di bidang pertanian dan pangan. Bioteknologi industrial dalam hal ini adalah pembuatan biofuel dari tanaman. Secara konvensional. kloning terapeutik dan penggunaan bahan organik yang tepat dapat mengobati dan menyembuhkan penyakit. nilai ekonomi produk.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu  Vaksin Contoh: Vaksin Hepatitis B dan malaria. nilai palatabilitas dan meningkatkan masa simpan produk. termasuk didalamnya kelebihan-kelebihan dari GMO tersebut jika dibandingkan dengan produk-produk sesamanya yang alamiah. biofuel akan menghemat penggunaan bahan bakar fosil yang tidak dapat diperbaharui. memperbaiki nutrisi. pelemahan kuman dilakukan dengan pemanasan atau pemberian bahan kimia. jagung. tumbuhan dan mikroorganisme). 3. dikuatirkan dapat Chemical engineering department Page 32 . terbentuknya resistensi terhadap antibiotik. dan dikhawatirkan akan segera habis. Selain itu.2 Dampak negatif Dampak negatif yang dimaksud adalah segala resiko yang ditimbulkan oleh keberadaan GMO di lingkungan dan di masyarakat. Sedangkan resiko yang perlu diperhatikan dari pengembangan GMO yaitu kemungkinan terjadinya gangguan pada keseimbangan ekologi. dan gandum. yaitu dampak kesehatan yang ditimbulkan pada manusia yang mengkonsumsi produk tersebut dan dampak yang ditimbulkan pada lingkungan atau sumber dari organisme yang direkayasa (hewan. seperti dari kedelai. bioteknologi di bidang industri juga membawa manfaat tersendiri. Keuntungan pangan hasil rekayasa genetika antara lain meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Di bidang farmasi dan kedokteran. kanola. Dampak negatif dari GMO produk pangan ? beserta contoh-contohnya ? Dampak yang ditimbulkan dari produk hasil rekayasa genetika ini terbagi atas dua. 3.

Proses pembuatan GMO (bioteknologi) dapat dimungkinkan terjadinya perubahan senyawa pada organisme yang bersangkutan.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu terbentuknya senyawa toksik. maka produk rekayasa tersebut dapat diterima masyarakat 5) Komisi keamanan pangan memberikan rekomendasi kepada badan POM berdasarkan evaluasi tim teknis dan masukan masyarakat 6) Laporan kepada BPOM a. Produk RG tidak memenuhi persyaratan: ditolak 7) Sertifikat dan rekomendasi digunakan sebagai dasar bagi pemasaran dan distribusi pangan produk rekayasa genetika Chemical engineering department Page 33 . mutagenesis atau oleh bioteknologi. Sebutkan dan jelaskan tahapan-tahapan Gmo pangan agar bisa dijual dipasar ? Mekanisme pengajuan pangan PRG untuk dikaji adalah sebagai berikut: 1) Pihak yang akan mengedarkan/memasarkan pangan produk rekayasa genetika mengajukan permohonan kepada Komisi Keamanan Pangan BPOM/Kementrian 2) Proponen mengisi permohonan sesuai format dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan. yang harus diisi ulang dan diajukan kembali dalam tempo 14 hari 4) Jika dalam waktu 60 hari tidak ada respon masyarakat. 4. Produk RG di disetujui: berhak memperoleh sertifikat keamanan pangan b. sehingga dapat menjadi toksin. allergen atau terjadinya perubahan nilai gizi. Produk gen tersebut juga dapat berperan sebagai substrat untuk biosintesa toksin dengan organisme yang dimodifikasi. Hal ini penting untuk diingat bahwa bahaya-bahaya potensial tersebut ada jika susunan gen dari organisme berubah. Gen baru yang dihasilkan. atau peningkatan kadar hasil produksi dari gen yang sudah ada. apakah melalui penanaman secara konvensional. dapat menyebabkan metabolisme dari organisme yang dimodifikasi sehingga meningkatkan formasi toksin yang sudah ada atau bahkan menimbulkan fomasi toksin baru. 3) Ketidaklengkapan berakibat pada pengembalian dokumen.

Bagaimana regulasi GMO produk pangan diluar negeri ? Permasalahan regulasi GMO didunia dimulai saat tahun 1988-1992 terdapat perselisihan antara negara-negara karena GMO ini melibatkan Perdagangan antar negara yakni Ekspor dan Impor. Kolombia.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu 5. Pengkajian produk rekayasa genetika harus mengikuti protokol baku yang mengacu pada PP No 21 tahun 2005 berkenaan dengan keamanan hayati pangan produk rekayasa genetika. FAO. Untuk Melengkapinya maka diadakan kembali Konferensi International pada 29 januari 2000 untuk membahas masalah ini yang dihadiri oleh lebih dari 140 negara yang terdiri dari 5 kelompok dan dan organisasi-organisasi internasional yang terlibat yaitu Organization Economic Cooperation and Development (OECD). dan UNIDO yang diadakan di Cartagena. jelaskan peranannya dalam menjaga kualitas dan keamanan produk-produk GMO tersebut ? Untuk memasuki pasar Indonesia. Peraturan dan regulasi wajib ditaati oleh pemohon dan tim teknis yang terlibat dalam proses pengkajian. WHO. Adakah lembaga yang bertugas melegalisasi GMO pangan ? kalau ada. dan keputusan mengenai produk rekayasa genetika yang diajukan 6. UNEP. Argentina. Negara-negara liberal (pendukung GMO) yang di pimpin oleh USA. Kemudian pada tahun 1992 United Nation Converence on Environment and Development (UNCED) mengadakan pertemuan yang dikenal dengan Earth Summit dan menghasilkan The Rio Declaration on Environment and Development yang terdiri dari 27 prinsip dasar. World Trade Organization (WTO). Chemical engineering department Page 34 . produk GMO harus lulus tahap pengkajian yang dilakukan oleh komisi keamanan pangan dari badan POM. kanada dan Brazil memiliki paham yang berbeda dengan negara yang menentang penggunaan GMO yakni negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa dan mulai mempengaruhi semua negara-negara di Dunia. ICGEB. UNDP. Regulasi yang ditetapkan agar produk GMO dapat masuk di pasaran mencakup data-data pengujian yang berkenaan dengan    keamanan produk rekayasa genetika prosedur dan mekanisme pengkajian keamanan pangan.

d. Para penguatan kapasitas Amerika berkembang dan orang-orang dalam transisi ekonomi. dan untuk membentuk kondisi. Pembentukan Pusat Pertukaran Informasi untuk pencegahan risiko biotechnical. Beberapa inti dari semua Protokol ini menawarkan serangkaian alat dan instrumen untuk pencegahan risiko biotechnical. b. terutama dalam bidang penciptaan lembaga. Selanjutnya demi melengkapi Protokol tersebut maka pada tanggal 23-27 Februari di Kuala Lumpur. Kerangka pencegahan dan evaluasi risiko. Dalam Protokol serangkaian hak dan kewajiban termasuk begitu banyak umum sebagai spesifik untuk Bagian. Misalnya saja di Afrika Selatan 31% Produknya dilabeli dengan GMO-Free dan Produk yang memiliki Konten diatas 1% maka akan diberi label GM. Prosedur perjanjian sebelumnya dengan pengetahuan penyebab. Dan untuk pelabelan tergantung dari kebijakan masing-masing negara atau sesuai dengan ambang batas. Eksportir harus melihat ke negara pengimpor kedatangan MOL produk yang didedikasikan untuk dibebaskan di lingkungan. Jepang sehingga dikenal dengan “Nagoya – Kuala Lumpur Supplementary Protocol On Liability And Redress To The Cartagena Protocol On Biosafety” yang terdiri dari 21 Prinsip dasar tambahan. yang menyoroti yang berikut: a. Chemical engineering department Page 35 . Protokol ini mengembangkan prosedur sebelumnya informasi. untuk menerima atau tidak nya masuk. c.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Konferensi yang dikenal dengan nama Cartagena Protocol on Biosafety (CPB) yang terdiri dari 40 Prinsip dasar dan dibawah WTO dihasilkan perjanjian the Agreement on the Aplication of Sanitary and Physanitary Measures (SPS Agreement) Agreement on Technical Barriers to Trade (TBT Agreement). Label Salah satu permasalahan yang terpenting yakni Pemasangan label pada produkproduk GMO. e. dan the Agreement on Trade-Related Aspects of Intellectual Property Rights (TRIPs). administrasi risiko dan evaluasi risiko. sehingga Negara penerima dapat mengevaluasi risiko. Sensitisasi publik. Malaysia dan 15 Oktober 2010 di Nagoya.

Beberapa negara yang menentang dan mendukung penggunaan label GMO pada tahun 1992 Gambar 2 Contoh Produk-produk yang menggunakan label GMO Chemical engineering department Page 36 .Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Gambar 1.

FDA dan EPA. Chemical engineering department Page 37 . Jumlah lahan tiap negara yang digunakan untuk memproduksi GMO REGULASI GMO DARI LEMBAGA-LEMBAGA DIBERBAGAI BELAHAN DUNIA A. dengan subjek banyak untuk ketiganya. USDA mengevaluasi tanaman berpotensi menjadi gulma.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Gambar 3. Tanaman hasil rekayasa genetika yang paling dikembangkan ditinjau oleh setidaknya dua dari lembaga. BENUA AMERIKA AMERIKA SERIKAT USA adalah produsen komersial terbesar tanaman rekayasa genetika di dunia Untuk organisme hasil rekayasa genetika yang akan disetujui untuk rilis ini dinilai oleh USDA. Persetujuan akhir masih bisa dibantah oleh negara bagian dalam negara masing-masing. tanaman FDA terakhir yang dapat memasuki atau mengubah pasokan makanan dan EPA mengatur tanaman rekayasa genetika dengan sifat pestisida.

Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Di Amerika Serikat sendiri produk GMO dibagi menjadi 2. yaitu produk GMO dan Produk turunan dari GMO itu sendiri. Terdapat beberapa organissi yang mengatur produk-produk GMO seperti tabel dibawah ini: Tabel Nama lembaga-lembaga USA yang mengatur produk GMO Tabel Nama-nama lembaga USA yang mengatur Produk turunan GMO Produk GMO di Amerika Serikat dibagi dalam 3 jenis. sehingga setiap produk GMO harus terlebih dahulu mendapatkan Chemical engineering department Page 38 . Hewan dan Mikroorganisme. yaitu Tanaman.

Law. USDA memiliki tanggung jawab terhadap keamanan Produk-produk berbasis Pertanian seperti daging. Fungicide and Rodenticide Act (FIFRA) (EPA) · The Toxic Substances Control Act (TSCA) (EPA). · The Public Health Service Act (PHSA)(FDA). CVM. mulai dari makanan dan obat-obatan baik untuk manusia maupun untuk hewan dan ternak. · The Egg Products Inspection Act (EPIA) (USDA). Dibawah FDA terdapat 4 agensi yaitu CFSAN. The Environmental Protection Agency (EPA). · The Food. Dibawah USDA terdapat APHIS. sistem limbah pertanian termasuk penggunaan mikroorganisme. · The Poultry Products Inspection Act (PPIA) (USDA).S Department of Agriculture (USDA). and Chemical engineering department Page 39 .The Federal Insecticide. Lembagalembaga itu adalah: . telur. CDER dan CBER 2. Memiliki tanggung jawan untuk keamanan Lingkungan seperti penggunaan pestisida. Maksudnya adalah lembaga dibawah lembaga agensi yang memiliki anggaran dan otoritas untuk regulasi GMO dan memiliki objek yang lebih fokus. U. · The Virus Serum Toxin Act (VSTA) (USDA). susu dll. · The Dietary Supplement Health and Education Act (DSHEA) (FDA) · The Meat Inspection Act (MIA)(USDA). dan FSIS 3.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu izin dari lembaga-lembaga tersebut. The Food and Drug Administration (FDA). Agensi maksudnya adalah lembaga-lembaga sebagai regulator resmi dibawah tiga organisasi yang memiliki kekuatan hukum yakni : 1. FDA memiliki tanggung jawab atas keamanan makanan. Drug and Cosmetics Act (FFDCA) (FDA and EPA). · The Plant Protection Act (PPA) (USDA).

potensi beracun dan alergi. kedelai dan gula bit. Peraturan Kanada ditinjau oleh Komite Penasehat Bioteknologi Kanada antara tahun 1999 dan 2003. nutrisi. mengesahkan undang-undang yang memungkinkan penanaman dan penjualan tanaman yang dimodifikasi secara genetik. Regulator federal bertanggung jawab untuk meninjau kesehatan. setelah berkonsultasi Academy Meksiko of Sciences. berdasarkan Undang-Undang Makanan dan Obat-obatan. keselamatan. dan kemanjuran organisme transgenik dan produk mereka akan terus menghadapi tantangan menggunakan hukum yang ada untuk secara efektif mengatasi masalah itu. Keputusan ini kemudian dibuat apakah akan menyetujui produk untuk rilis bersama dengan pembatasan atau persyaratan. Komite ini dituduh oleh kelompok lingkungan dan warga tidak mewakili spektrum penuh kepentingan publik dengan hanya memiliki satu anggota dewan yang mewakili 20 organisasi nonpemerintah dan karena terlalu erat selaras dengan kelompok industri. kesehatan Kanada.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu · The National Environmental Protection Act (NEPA). Produsen dan importir memasok data untuk Kesehatan Kanada untuk penilaian keamanan. dan Inspeksi Badan Makanan Kanada bertanggung jawab untuk mengevaluasi keamanan dan nilai gizi dari makanan rekayasa genetika. Undang-undang mengharuskan semua produk Chemical engineering department Page 40 . jelas bahwa tumbuhan dan hewan dapat diubah melalui rekayasa genetik untuk tidak hanya sumber makanan. efek sekunder potensi dan masalah biologi lainnya. Sebagai penerapan bioteknologi berlangsung. KANADA Kanada adalah salah satu produsen terbesar di dunia GM canola dan juga tumbuhan GM jagung. Pelabelan makanan GM adalah sukarela. Kemampuan untuk memperkenalkan sifat baru melalui rekayasa genetika akan semakin menciptakan varietas tanaman dan hewan untuk tujuan tidak pernah dibayangkan oleh legislator. Atau dapat disimpulkan bahwa. bahan kimia industri dan produk bernilai tinggi . tetapi juga produsen berbagai zat yang memiliki nilai sebagai terapi. MEKSIKO Pada 15 Februari 2005. yang meliputi komposisi. dengan kesimpulan bahwa tingkat saat regulasi cukup memuaskan.

B.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu rekayasa genetika untuk diberi label sesuai dengan pedoman yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan. Pemerintah sedang mencari untuk mengencangkan hukum saat ini yang memungkinkan petani untuk menjaga benih tanpa membayar royalti dalam upaya untuk mendorong investasi yang lebih pribadi. namun pada tahun 2009 pemerintah memberlakukan ketentuan hukum untuk pengaturan jagung rekayasa genetika Meksiko adalah pusat keanekaragaman untuk jagung dan kekhawatiran telah dikemukakan mengenai dampak genetik jagung dimodifikasi bisa. Perikanan dan Makanan. impor dan lapangan yang melibatkan produk GM. Teknis Keamanan Hayati Nasional Komisi memiliki 27 anggota dan terdiri dari 12 ilmuwan. ARGENTINA Argentina adalah produsen terbesar ke-3 dari makanan GM di belakang Amerika Serikat Pemerintah Argentina adalah salah satu yang pertama untuk menerima GM makanan. Penilaian produk GM untuk rilis ini disediakan oleh Bioteknologi Pertanian Penasehat Komite Nasional (dampak lingkungan). Di Brazil National Biosafety Teknis Komisi bertanggung jawab untuk menilai keamanan lingkungan dan makanan dan mempersiapkan pedoman untuk eksperimen transportasi. Dinas Kesehatan Nasional dan Kualitas Agrifood (keamanan pangan) dan Arah Agribisnis Nasional (efek pada perdagangan). BENUA EROPA Uni Eropa (UE) Chemical engineering department Page 41 . Awalnya hanya GM kapas dan kedelai ditanam di Meksiko. Dewan Menteri mengevaluasi masalah komersial dan ekonomis dengan rilis. 9 wakil menteri dan 6 spesialis lain. BRAZIL Brazil adalah produsen terbesar ke-2 dari makanan GM di belakang Amerika Serikat. terhadap strain lokal. dengan keputusan akhir yang dibuat oleh Sekretariat Pertanian. Peternakan.

Swedia dan Republik Ceko pada tahun itu. Pada tahun 1998. Pada tahun 2010 Austria. Bulgaria. kasus-kasus oleh-. Malta. Slovenia. dianggap "makanan baru" dan tunduk pada luas. Hungaria. ilmu evaluasi berbasis makanan oleh Food Safety Authority Eropa (EFSA). Ada juga klausul perlindungan bahwa Anggota Negara dapat memanggil untuk membatasi atau melarang penggunaan dan / atau penjualan transgenik di wilayah mereka jika mereka memiliki alasan yang dapat dibenarkan untuk mempertimbangkan bahwa transgenik disetujui merupakan risiko terhadap kesehatan manusia atau lingkungan. Siprus. Setelah di Dewan memiliki tiga bulan untuk mencapai mayoritas yang memenuhi syarat untuk atau terhadap usulan tersebut. kentang disebut Amflora. Hal ini juga memberikan kemungkinan untuk menunjuk bebas GMO zona. dan memiliki kemungkinan peraturan transgenik yang paling ketat di dunia. Semua GMO.. penggunaan MON810. dan Belanda menulis sebuah karya bersama meminta masing-masing negara memiliki hak untuk memutuskan apakah akan menanam tanaman GM. Pada 2 Maret 2010 sebuah transgenik kedua. Proposal ini diajukan ke Bagian tentang Pangan GM dan Pakan Komite Tetap pada Rantai Makanan dan Kesehatan Hewan dan jika diterima maka akan diadopsi oleh EC atau diteruskan kepada Dewan Menteri Pertanian. jika mayoritas tidak tercapai proposal akan diteruskan kembali ke Komisi Eropa yang kemudian akan mengadopsi proposal tersebut.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu UE terdiri dari 27 anggota. disetujui untuk budidaya komersial di Eropa. bersama dengan makanan iradiasi. The EFSA melaporkan kepada Komisi Eropa yang kemudian menyusun proposal untuk pemberian atau menolak otorisasi. secara efektif memungkinkan negara anggota untuk melarang budidaya tanaman GM di wilayah mereka tanpa melibatkan klausa menjaga aman. Lithuania. Aliran gen akan terjadi antara tanaman terkait dan Komisi Eropa mengeluarkan panduan baru pada tahun 2010 mengenai ko-eksistensi GM dan non-GM tanaman. Pedoman ini tidak mengikat dan setiap Negara Anggota dapat menerapkan peraturan mereka sendiri. disetujui untuk budidaya untuk aplikasi industri oleh Komisi Eropa dan ditumbuhkan di Jerman. Co-eksistensi diatur dengan menggunakan zona penyangga dan jarak isolasi antara GM dan non -GM tanaman. Irlandia. Latvia. Chemical engineering department Page 42 . sebuah jagung Bt membicarakan perundingan resistensi terhadap hama penggerek jagung Eropa. sehingga zona penyangga mulai dari 15 meter (di Swedia) untuk 800 meter (di Luxembourg).

NSC bertanggung jawab untuk penelitian laboratorium. dan pengujian praproduksi) sebelumnya masalah itu diajukan ke Kantor Pertanian Biosafety Rekayasa Genetik Administrasi (OAGEBA) untuk penilaian. petunia. yaitu. The "NSC Pedoman Percobaan Menggunakan Teknik DNA rekombinan" baru-baru ini direvisi pada tahun 2001. tanaman C.9% dari yang disetujui GMO harus diberi label. Di China. pengujian rilis lingkungan. Produsen harus berlaku untuk OAGEBA pada setiap tahap tes lapangan. Yang kedua pada tahun 2009 ketika jumlah jejak dari jagung transgenik disetujui di AS ditemukan transgenik kedelai kargo tepung. Semua makanan (termasuk makanan olahan) atau pakan yang berisi lebih dari 0. Departemen Cina Sains dan Teknologi mengembangkan keamanan hayati peraturan pertama untuk produk GM pada tahun 1993 dan mereka diperbarui pada tahun 2001. Dewan Pertanian (COA) dan Departemen Kesehatan (DOH). poplar. Chemical engineering department Page 43 . tiga instansi pemerintah saat ini terlibat dalam regulasi GMO.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Peraturan mengenai impor dan penjualan GMO untuk konsumsi manusia dan hewan tumbuh di luar Uni Eropa melibatkan memberikan kebebasan memilih kepada petani dan konsumen. Tanaman GM di Cina melalui tiga fase pengujian lapangan (pilot uji lapangan. pepaya dan paprika. tomat. Saat ini. Untuk COA. National Science Council (NSC). Dua kali GMO tidak disetujui oleh Komisi Eropa telah tiba di Uni Eropa dan terpaksa kembali ke pelabuhan asal mereka. kurangnya status hukum yang tepat membuat bimbingan sulit ditegakkan dengan sektor swasta. ada "Ikhtisar dalam Ujian Lapangan Tanaman Transgenik" dan "Bio-safety Penilaian Prinsip untuk Tanaman transgenik ". BENUA ASIA CINA Cina menghasilkan varietas GM kapas. Yang pertama di tahun 2006 ketika pengiriman beras dari Amerika mengandung berbagai transgenik percobaan (LLRice601) tidak dimaksudkan untuk komersialisasi tiba di Rotterdam.

Sebelum pelaksanaan perintah administrasi untuk peraturan GM makanan. DBT inJanuary 1990 mengeluarkan ringkasan pedoman di bawah "Pedoman DNA rekombinan Keselamatan" judul. Penggunaan Industri. baris sel dan tanaman transgenik untuk commercialexploitation. Arevision dibuat pada tahun 1994 dengan judul "Pedoman Revisi untuk Keselamatan Bioteknologi" Revisi pedoman telah beenissued lagi dengan judul "Pedoman Revisi untuk Penelitian Tanaman inTransgenic dan Pedoman Toksisitas dan alergenisitas. Ini adalah sesuai dengan UU Pemerintahan Sanitasi Makanan. Organisme Rekayasa Genetik atau Sel". Para DOH ditetapkan peraturan pertama GM makanan pada 22 Februari 2001: "Persyaratan Pelabelan Makanan Mengandung Bahan Kedelai Genetically Modified atau Jagung Genetically Modified" (Lampiran I). Chemical engineering department Page 44 . INDIA Di India. DOH telah menerima delapan pengajuan pra-pasar pendaftaran dan persetujuan. penggunaan itswidespread dalam mengembangkan strain mikroba ditingkatkan. dan "Persyaratan Pendaftaran untuk Kedelai dan Jagung Genetically Modified Genetically Modified". mengingat kemajuan besar yang telah dibuat dalam penelitian DNA rekombinan. 1956 "pada tahun 1989. DOH berencana untuk memperluas cakupan jenis tanaman yang akan ditempatkan di bawah regulasi tahun depan. Saat ini. Hukum-hukum keamanan hayati yang berhak sebagai "Aturan untuk. yang diubah pada tahun 2000. Berdasarkan pengalaman dengan kedelai dan jagung. Pedoman ini menentukan metodologi penilaian keamanan pangan GM dan sekarang dalam proses revisi sesuai dengan "Pedoman Draft untuk Perilaku Penilaian Keamanan Pangan Makanan Berasal dari rekombinan DNA Tanaman" Codex. Ekspor Impor. Tanaman Parts and Plant" pada tahun 1998. termasuk satu kedelai GM dan tujuh peristiwa jagung GM. dan Penyimpanan Mikroorganisme Berbahaya. DOH mendanai proyek pada tahun 1998 untuk mulai menyusun versi pertama dari "Pedoman Penilaian Keamanan Pangan Genetically Modified". Evaluasi Benih transgenik.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu baik diumumkan pada tahun 2001 yang didasarkan pada UU Benih Tanaman sebelumnya juga telah diubah pada tahun 2001. hukum untuk mengatur organisme rekayas a genetika dimasukkan di bawah "Lingkungan (Protection) Act.

Statutory Berurusan r-DNA Bekerja dengan: 1. RCGM harus memenuhi setidaknya dua kali dalam setahun. 3. PI harus mencari izin dari RCGM melalui IBSC nya. tanaman lain. d) Dewan Riset Ilmiah dan Industri. b) India Dewan Penelitian Medis. Pengujian lapangan di mana tanaman GM berinteraksi dengan tanah. serangga dan hewan membutuhkan persetujuan GEAC. Fungsi RCGM adalah: *Memantau semua proyek rekayasa genetika. RCGM harus mencakup wakil-wakil dari a) DBT. Di kasus risiko. skala besar uji coba lapangan. IBSC adalah tubuh mediasi antara Penyidik Proyek (PI) dan RCGM tersebut. 2. PI dari suatu proyek tertentu harus memberi kabar pada IBSC tentang sifat percobaan sedang dilakukan. penjualan. IBSC akan memberikan izin untuk melaksanakan rutin r-DNA percobaan.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Pedoman ini juga menangani impor dan pengiriman tanaman GM untuk penelitian menggunakan Badan only. Organisasi berniat untuk melakukan kegiatan penelitian harus merupakan IBSC mereka sesuai dengan Komite Review Manipulasi genetik (RCGM) pemberitahuan. skala besar rilis penggunaan ordeliberate organisme ke lingkungan terbuka. *Meninjau laporan dari semua proyek yang disetujui melibatkan kategori risiko tinggi dan percobaan lapangan yang terkontrol. c) India Dewan Penelitian Pertanian (ICAR). *Penerbitan izin untuk impor atau ekspor bahan transgenik untuk digunakan Chemical engineering department Page 45 . IBSC (Kelembagaan Komite Keamanan Hayati) IBSC adalah titik nodal untuk interaksi dalam suatu organisasi lembaga / universitas / komersial terlibat dalam rDNA penelitian untuk pelaksanaan r-DNA pedoman. dan e) ahli lain dalam kapasitas masing-masing. Meninjau Komite Manipulasi Genetik Kementerian Lingkungan Hidup dan Hutan memberdayakan RCGM untuk meletakkan prosedur membatasi atau melarang produksi. GEAC (Rekayasa Genetik Komite Persetujuan) Komite ini memberikan izin / persetujuan impor untuk setiap. impor dan penggunaan organisme rekayasa genetika atau sel.

keuntungan ekonomi dari trangenics atas varietas yang ada. Chemical engineering department Page 46 . 'tanaman transgenik termasuk' dan 'mungkin berisi tanaman GMO. *Menyetujui protokol untuk melakukan uji lapangan terbatas di beberapa lokasi di negara tersebut. Satu mengacu pada keselamatan kesehatan dan lingkungan dan informasi alamat konsumen lainnya. *Memberikan izin untuk PI untuk melakukan penelitian yang melibatkan risiko. pengetahuan yang terbatas dari teknologi bersama dengan sumber daya modal cukup telah-80 .Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu penelitian. Tergantung pada persyaratan khusus. *Resep spesifikasi untuk laboratorium dan rumah kaca. Seperti pada Tabel dibawah ini. Meskipun perkembangan kerangka peraturan dalam beberapa tahun terakhir. dan *Memeriksa situs eksperimental untuk keamanan. ada tiga cara yang berbeda untuk label tanaman transgenik: 'tanaman transgenik'. jagung dan kedelai kecambah) pada Maret 2001 dan kemudian kentang ditambahkan kemudian pada tahun 2002. Korea masih jauh di belakang negara maju. termasuk risiko yang berkaitan dengan hewan dan kesehatan manusia. Oleh karena itu penting untuk mengembangkan teknologi penilaian risiko dan memperkuat data produksi dan penyebaran informasi. Sebagai starter akhir terhadap bioteknologi Korea telah mengalami kesulitan dalam penangkapan dengan pengadopsi awal. Theprotocols akan dirancang untuk mencari jawaban tentang bahaya lingkungan. berbagai undang-undang dan peraturan telah dibentuk untuk menangani masalah keamanan terkait dengan transgenik. Tingkat ambang percampuran yang tidak diinginkan dari GMO menjadi non-GM tanaman yang ditetapkan sebesar 3 persen dan dengan demikian setiap tanaman di luar ambang batas isi transgenik harus diberi label demikian. Catatan di sini bahwa biji-bijian pakan tidak tunduk pada skema pelabelan. Skema pelabelan transgenik diperkenalkan untuk tanaman pangan (kedelai.menjadi batu sandungan bagi pembentukan sistem beton untuk kesehatan dan penilaian risiko lingkungan. dll KOREA SELATAN Kerangka peraturan untuk GMO dapat dibagi menjadi dua daerah. Terutama.

sistem pelabelan bertujuan untuk memastikan konsumen untuk latihan mereka kanan-ke-tahu 'dan' kanan-ke-pilih 'di pasar.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Tabel Regulator di Korea Selatan Adapun makanan GM diproses. Namun demikian. minyak kacang atau minyak jagung tidak tunduk pada skema pelabelan. Setelah tidak ada hubungannya dengan kesehatan atau masalah keamanan lingkungan. jagung dan kedelai kecambah. Itu menyatakan bahwa sistem pelabelan akan Chemical engineering department Page 47 . ada kontraargumen terhadap kebijakan pelabelan. mirip dengan kasus tanaman GM. Hal ini juga berlaku hanya jika DNA rekombinan genetika atau protein asing tetap dalam makanan akhir. KFDA membuat sebuah skema pelabelan pada Juli 2001. Skema ini meliputi 27 makanan olahan berdasarkan kedelai. Teori ekonomi mengatakan bahwa pengenalan dari skema pelabelan dapat menghasilkan hasil yang bermanfaat dengan mempersempit asimetri informasi antara produsen dan konsumen. Dengan kata lain.

Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu memberikan informasi yang bias kepada konsumen dan dengan demikian menghasilkan negatif publik persepsi transgenik. Terutama. Lebih lanjut dikatakan bahwa pelabelan transgenik akan de facto penghalang perdagangan menghalangi masuknya produk pertanian asing ke pasar domestik. MALAYSIA Di Malaysia. hasil survei tidak muncul untuk mendukung premis bahwa penyediaan informasi akan berkontribusi pada penerimaan publik transgenik. Chemical engineering department Page 48 . Sebuah Modifikasi Genetik Komite Penasehat (GMAC) didirikan pada bulan Maret 1996 di bawah ambit dari Komite Nasional Keanekaragaman Hayati (NCB).Berbagai survei menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen di Korea sangat mendukung penerapan sistem pelabelan wajib untuk GMO (Lim dan Park 2001). .81. Sebagai negara semakin mengadopsi kebijakan pelabelan seiring dengan perluasan produksi transgenik di negara-negara pengekspor utama. Menariknya cukup. MOSTE. MOSTE adalah titik fokus dan bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan semua hal yang berkaitan dengan keanekaragaman hayati termasuk keamanan hayati bawah Konvensi Keanekaragaman Hayati (CBD). seperti yang terlihat dari diskusi di Codex. perdagangan implikasi berkaitan dengan GMO dan skema pelabelan transgenik akan menjadi perhatian yang sangat besar dan harus melalui tes berbasis aturan untuk legitimasi mereka dan kepatuhan . Tidak ada hubungan yang signifikan secara statistik ditemukan antara tingkat pendidikan atau pemahaman tentang GMO dan penerimaan publik. penanganan dan mentransfer dari organisme dimodifikasi secara genetik (GMO) diidentifikasi dan aman berhasil. Protokol Cartegena tentang Keamanan Hayati dan WTO. potensi konflik pada skema pelabelan domestik yang meningkat dan cenderung mengakibatkan tantangan dibawa ke organisasi internasional. dan untuk memberi nasehat kepada pemerintah tentang hal yang berkaitan dengan teknologi modifikasi genetik dan penerapannya. Hal ini juga menunjukkan bahwa sentimen publik terhadap GMO ini terutama disebabkan oleh ketidakpastian yang mendasari pada potensi risiko kesehatan dan lingkungan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap risiko yang terkait dengan penggunaan.

Persetujuan untuk mengimpor dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang berdasarkan rekomendasi dari GMAC. Departemen Perikanan untuk ikan. telah merumuskan Pedoman Nasional Pelepasan GMO ke Lingkungan Hidup. Akibatnya. Aplikasi untuk impor transgenik dikirim ke pejabat yang berwenang masing-masing untuk persetujuan. Sebagai negara diberkahi secara alami dan diakui sebagai salah satu dari 12 negara megadiversity dunia. Departemen pemerintah atau lembaga ini diakui sebagai pihak yang berwenang. Ini adalah bagian dari upaya menyeluruh untuk menyediakan kerangka kerja nasional untuk menangani isu-isu keamanan hayati berkaitan dengan peraturan. impor GMO diatur oleh undang-undang sektoral. GMAC. Pedoman memerlukan pembentukan sebuah Biosafety Kelembagaan Committee (IBC) di semua lembaga riset pemerintah terkait. Para iBCS akan memastikan bahwa percobaan yang berkaitan dengan modifikasi genetik dan pelepasan dilakukan oleh lembaga sesuai dengan ketentuan dalam Pedoman. Hukum Biosafety Rekayasa genetika adalah untuk dipromosikan dengan perlindungan yang diperlukan sehingga proses bioteknologi yang benar diatur di sepanjang saluran yang diinginkan secara sosial dan etis.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Setelah berdirinya. berarti hukum yang ada ditegakkan oleh lembaga masing-masing atau departemen pemerintah. Di Malaysia pejabat yang berwenang terdiri dari Departemen Pertanian untuk tanaman. penilaian dan pengelolaan risiko yang terkait dengan penggunaan dan pelepasan transgenik ke lingkungan. banyak universitas dan lembaga riset pemerintah telah menetapkan iBCS mereka sendiri. Pihak yang berwenang harus mencari saran dari GMAC dengan menyediakan salinan dokumen yang relevan dan informasi tentang GMO diusulkan harus diimpor. Pedoman lebih lanjut memerlukan pendukung untuk mengirimkan aplikasi ke Sekretariat NCB untuk dipertimbangkan oleh GMAC pada setiap aspek uji GMO sampai ditempatkan di pasar. Departemen Pelayanan Hewan untuk hewan dan Departemen Kesehatan untuk makanan. Penerapan Saat ini. Malaysia diakui untuk pelabuhan lebih dari Chemical engineering department Page 49 .

286 spesies mamalia. Dengan demikian berarti saat mengatur GMO adalah tidak efektif karena keterbatasan yang terkandung di dalamnya penegakan hukum. Namun. GMAC akan melakukan penilaian risiko teknis dan membuat rekomendasi kepada Dewan untuk dipertimbangkan. pemerintah pada bulan Juni 1997 telah mengarahkan GMAC untuk menyusun RUU Keamanan Hayati dengan tujuan spesifik mengatur transgenik. Peraturan ini akan mencakup ketentuan umum pada impor. Secara umum. persiapan. sangat perlu bagi negara ini untuk hati-hati mengatur teknologi gen sehingga ini harta karun alam besar keanekaragaman hayati tidak terpengaruh. Bill Ini melengkapi UU Keamanan Hayati. dan ketentuan pada label. yang berarti bahwa tidak ada ketentuan untuk memberikan hukuman terhadap pihak yang tidak mengikuti panduan ini. Saat ini. 736 spesies burung dan spesies berbunga 15. Kegiatan Penegakan akan dilaksanakan oleh lembaga yang ada bertanggung jawab untuk mengatur dan melindungi kehidupan manusia.000 tanaman. THAILAND Chemical engineering department Page 50 . RUU tentang pengaturan makanan GM telah dirancang dan diharapkan akan diajukan di Parlemen pada tahun 2003.000 spesies invertebrata. GMO diatur menggunakan panduan dirumuskan oleh GMAC. Demikian pula. Sebagai Misalnya. Berdasarkan umpan balik yang diterima dari pemangku kepentingan selama konsultasi. iklan dijual. Dalam hal ini. Menyadari fakta ini. Dewan Keamanan Hayati akan dibentuk untuk menyetujui aplikasi untuk impor GMO. Hal ini juga akan mencakup pelabelan makanan GM. Departemen Kesehatan bertanggung jawab untuk dalam mengatur keamanan pangan. RUU Keamanan Hayati Malaysia telah diajukan pada Forum Konsultasi Nasional pada September 2001. Dengan demikian. tumbuhan dan hewan dan kesehatan. ekspor dan pemanfaatan terbatas. RUU tersebut diharapkan dapat diajukan kepada Parlemen pada tahun 2003 untuk tingkat tinggi keputusan kebijakan.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu 150. panduan ini tidak hukum. atau penjualan bahan makanan diperoleh melalui genetik modifikasi. beberapa fine tuning telah dilakukan khususnya yang berkaitan dengan ruang lingkup. rilis disengaja dan penggunaan dan menempatkan di pasar. Departemen Pertanian bertanggung jawab untuk mengatur kesehatan tanaman.

kapas. Peran Komite Keamanan Hayati Nasional dan Kelembagaan Komite Keamanan Hayati Pada tahun 1993 NBC didirikan untuk mendorong penyebaran dan penggunaan Pedoman Keamanan Hayati dan juga untuk memberi saran dan membuat rekomendasi kepada pihak yang berwenang pada masalah keselamatan rekayasa genetika dan produk-produknya. Sejak tahun 2001. Selain itu. Pedoman Keamanan Hayati membuat Thailand salah satu negara pertama di wilayah itu untuk mengadopsi pedoman nasional pada R & D rekayasa genetika baik untuk pekerjaan laboratorium dan untuk pengujian lapangan dan direncanakan rilis. Chemical engineering department Page 51 . pepaya dan tomat. Saat ini ada 16 iBCS.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Peraturan Biosafety untuk Penelitian dan Pengembangan Peraturan di Thailand tidak secara khusus melarang atau mengendalikan setiap penelitian. pengembangan dan produksi tanaman GM yang dikembangkan di dalam negeri. dengan BIOTEC yang berfungsi sebagai badan koordinasi dan sekretariat. KPI DOA telah membentuk enam kelompok kerja ad hoc pemantauan uji lapangan beras transgenik. penyelesaian mereka sebagian besar upaya para ilmuwan individu dan pejabat lembaga pemerintah yang terkait. satu set yang tidak mengikat aturan yang diusulkan dan digunakan oleh BIOTEC pada tahun 1992 adalah disiplin pertama dalam keamanan hayati bahwa para peneliti dan pengembang (termasuk pemulia tanaman yang terlibat dalam rekayasa genetika) di negara tersebut didorong untuk mengikuti. Kemudian banyak Komite Keamanan Hayati Institusi (iBCS) didirikan di pusat-pusat riset besar dan lembaga akademis di seluruh negeri untuk memastikan bahwa pedoman secara efektif dilaksanakan di tingkat kelembagaan. Meskipun Pedoman tersebut diprakarsai oleh BIOTEC. labu. Pedoman Keamanan Hayati telah mengalami peninjauan luas dan update. jagung. termasuk satu laboratorium perusahaan swasta. DOA didirikan IBC sendiri pada bulan Desember 1993 untuk memeriksa dan memantau tidak hanya sendiri di rumah tetapi juga penelitian GMO diperkenalkan dari asal luar negeri untuk uji lapangan. mengawasi semua kegiatan penelitian yang melibatkan penggunaan GMO. Pedoman Keamanan Hayati. dengan versi baru diharapkan akan diterbitkan oleh BIOTEC pada tahun 2002.

Penilaian Risiko. Moac telah mencatatkan 40 spesies tanaman transgenik dari semua sumber sebagai bahan dilarang kecuali diizinkan oleh DOA untuk percobaan dan tujuan penelitian. makanan dan masalah sosial ekonomi. Implementasi. impor GMO ke Thailand sebagai 'tanaman' dilarang. izin untuk rilis komersial kapas Bt masih tertunda. Permohonan percobaan lapangan kapas GM dengan gen toksin dari Bt dilakukan pada tahun 1995. Lapangan percobaan kapas Bt ini dimulai pada Maret 1996. Ini adalah subkomisi-92 .berfungsi sebagai kelompok penasihat teknis dan badan penilaian risiko. Moac mengeluarkan pemberitahuan mengidentifikasi tanaman tertentu. bertindak dengan rekomendasi teknis dari NBC. Baru pada tahun 2002. diberikan izin untuk uji coba lapangan tomat Savr Flavr pada tahun 1994. Sebagaimana disebutkan sebelumnya dalam 'Impor untuk Pengujian Lapangan'. Moac meminta Kabinet untuk meninjau keputusan agar tidak membiarkan peraturan yang ketat menghambat kemajuan R & D ilmiah di Thailand. mikroorganisme. pada bulan April 2001 Kabinet mengumumkan penghentian semua uji coba lapangan oleh Moac menyusul permintaan oleh kelompok penekan lokal. NBC telah membentuk empat biosafety khusus sub-komite. dan Pelabelan Produk GMO Chemical engineering department Page 52 . Para DOA. atau operator dari sumber tertentu sebagai bahan terlarang. telah merekomendasikan Moac DOA untuk daftar 37 transgenik tambahan spesies tanaman sebagai dilarang. permintaan pertama untuk pengenalan dan pengujian bidang GMO ke Thailand di bawah sistem persetujuan atas adalah Flavr Savr tomat. Proses Persetujuan oleh Otoritas Pemerintah Thailand Sesuai dengan UU Karantina 1964 sebagai telah diubah pada tahun 1999. tanaman hama. Pada tahun 1994. Tetapi sampai saat ini. bekerja dalam koordinasi yang erat dengan relevan instansi pemerintah dalam proses persetujuan. Penelitian perlu ditangani sesuai dengan teknik yang dianggap tepat di bawah yurisdiksi DOA. masing-masing pada tanaman. Lebih khusus lagi. Selain itu.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Dalam rangka memberikan dukungan teknis yang memadai ke berbagai pihak yang berwenang pemerintah dalam pengambilan keputusan mereka mengenai keamanan GMO. Pedoman.

Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu

Makanan tanaman transgenik aplikasi pertama disetujui untuk digunakan dalam makanan oleh industri adalah kapas Bt minyak biji. Keputusan itu masih tertunda oleh FDA Thailand. Menyadari kebutuhan mendesak untuk membangun risiko negara itu sendiri kemampuan penilaian di GM makanan, Sub-komite NBC pada Keamanan Pangan disusun sendiri pedoman penilaian keamanan makanan GM pada tahun 1999. Panduan tersebut kini tengah mengalami kajian seksama oleh Sub-komite bersama dengan yang lain pedoman serupa dari DMSc, terbuka untuk komentar publik dan akhirnya akan segera diumumkan oleh FDA untuk digunakan sebagai panduan resmi nasional pada penilaian risiko makanan GM.

Sementara Sub-komite, dengan menggunakan pedoman 1999, telah melakukan penilaian risiko pada kedelai Roundup Ready dan keduanya Bt dan varietas jagung Roundup Ready dari Monsanto. Mereka telah dievaluasi sebagai bahan yang aman untuk dikonsumsi manusia.

Saat ini, produk yang dinilai oleh Sub-komite termasuk GM pepaya resistensi virus untuk dikembangkan di dalam negeri dan secara terpisah oleh BIOTEC, DOA dan Universitas Mahidol.

Salah satu isu yang diperdebatkan antara kelompok penekan, kelompok konsumen dan para pejabat lokal adalah pelabelan makanan transgenik di pasar Thailand konsumen. FDA pergi melalui proses selama setahun mempertimbangkan masalah ini dengan komite, kelompok kerja dan di antara masyarakat umum. Akhirnya pada pertengahan tahun 2002 Departemen

Kesehatan Masyarakat mengumumkan peraturan tentang pelabelan makanan GM. Menurut peraturan tersebut, makanan dengan kedelai GM atau jagung sebagai salah satu puncaknya tiga bahan utama dan dengan lebih dari 5 persen konten harus diberi label sebagai GM. Peraturan tersebut memberikan tenggang waktu satu tahun dan akan dilaksanakan secara penuh pada pertengahan-2003. Biosafety Pedoman Produksi Skala Industri Karena ada beberapa aplikasi untuk penggunaan mikroorganisme GM pada tanaman produksi untuk menghasilkan produk komersial untuk pasar, NBC didesak untuk mempertimbangkan perumusan pedoman lain: pedoman untuk produksi skala industri menggunakan transgenik. Sub-komite Keamanan Pangan bawah NBC memiliki tugas ini dilakukan sejak tahun 2001 dan sejauh ini menyelenggarakan studi
Chemical engineering department Page 53

Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu

dan dua lokakarya antara para ahli dan otoritas yang kompeten untuk meningkatkan kesadaran dan membahas secara rinci isi dari pedoman ini. Hal ini diharapkan akan selesai segera. VIETNAM Organisasi Kelompok Kerja dan Prinsip Membangun Peraturan Keamanan Hayati Pemerintah Vietnam mendirikan dan memerintahkan kelompok kerja terpadu untuk menyusun keamanan hayati peraturan untuk GMO dan produk mereka. Kelompok kerja tersebut termasuk tenaga ahli yang berpengalaman dan berkualitas baik dari departemen yang berbeda di mana peran utama dimainkan oleh Departemen Ilmu dan Teknologi (MOSTE) dan Kementerian Lingkungan Hidup. Anggota lainnya termasuk: Departemen Pertanian dan Pedesaan Pembangunan (MARD), Departemen Kesehatan Masyarakat (MPH), Departemen Perikanan dan Produk Akuatik (MFAP), Departemen Perdagangan dan Departemen Kehakiman. Kelompok kerja dianggap kebijakan yang tepat ke Vietnam situasi dan mengacu pada pengalaman Jepang, Australia, Cina dan organisasi internasional, terutama dari negara-negara Asia. Vietnam keamanan hayati peraturan akan menjadi kerangka kerja untuk memastikan penggunaan yang aman dan realisasi manfaat dari GMO dan produk mereka. Peraturan keamanan hayati didasarkan pada prinsip-prinsip berikut: * Peraturan Biosafety harus didasarkan pada ilmu yang tepat dan sesuai untuk sistem manajemen Vietnam. Peraturan ini dimaksudkan untuk menyediakan data yang diperlukan untuk melakukan analisis risiko rasional. * Produk akhir diatur daripada proses dimana mereka diciptakan. GMO dan mereka produk harus diatur sesuai dengan kriteria yang sama seperti produk lainnya. Dalam prinsip, mereka harus diperlakukan sama dengan produk teknologi konvensional. * Penilaian risiko harus hati-hati dilakukan secara "kasus per kasus" dengan penuh pertimbangan dari pengalaman dan akumulasi data ilmiah dalam komunitas dunia ilmiah.

Chemical engineering department

Page 54

Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu

* Harus ada pengurangan bertahap pengawasan untuk kategori yang telah ditentukan untuk berpose risiko rendah. * Pelaksanaan peraturan dan prosedur harus diubah dan ditingkatkan dicates pengalaman. Sejak tahun 2000, rancangan peraturan keamanan hayati untuk GMO dan produk mereka telah dikirim ke berbagai lembaga, lembaga legislatif, dipilih kementerian, LSM dan perusahaan pemerintah, untuk mengumpulkan mereka komentar dan saran. Pada tahun 2002 draft akan diserahkan kepada Perdana Menteri. Resmi keamanan hayati peraturan untuk GMO dan produk mereka dapat diterbitkan pada awal 2003. Tujuan Draft Peraturan Keamanan Hayati * Untuk memastikan perpindahan lintas batas yang aman dan penggunaan GMO dan produk mereka * Untuk menyediakan kerangka kerja umum untuk kegiatan nasional keamanan hayati * Untuk mengatur mekanisme untuk GMO rilis dan produk mereka di Vietnam * Untuk menilai risiko GMO dan produk mereka. Ruang lingkup peraturan keamanan hayati mencakup organisme dan produk mereka yang mengandung bahan genetik yang telah diubah dengan cara yang tidak terjadi dalam perkawinan atau rekombinasi alami. Organisme ini dan bahan mereka termasuk: (1) tanaman, (2) mikroorganisme, (3) mikroorganisme yang hidup dalam atau pada hewan (4) mikroorganisme sebagai vaksin hidup, (5) hewan (vertebrata, tidak termasuk ikan), (6) ikan dan air organisme, (7) invertebrata; (8) organisme untuk pengendalian hayati; (9) organisme untuk bioremediasi, dan (10) organisme untuk dikonsumsi sebagai makanan. Prosedur Pemberitahuan * Semua GMO dan produk mereka dibawa ke Vietnam oleh pemrakarsa untuk rilis harus sesuai dengan ada peraturan keamanan hayati Vietnam. * Sebelum pelepasan setiap GMO dan produk mereka di Vietnam pemrakarsa wajib mengajukan proposal ke departemen terkait di Vietnam * Klasifikasi luas dari informasi yang diperlukan dalam proposal meliputi:
Chemical engineering department Page 55

Di Burkina Faso. Pemerintah negara bagian Chemical engineering department Page 56 . yang menetapkan Badan Nasional Keamanan Hayati yang akan mengatur produk GM dengan saran dari berbagai komite penasihat pemerintah dan non-pemerintah. D. Jaringan Keamanan Hayati Afrika Keahlian sekolah. BENUA AFRIKA AFRIKA SELATAN Afrika adalah penumbuh utama dari tanaman yang direkayasa secara genetis di Afrika. Data dari percobaan yang terkandung dan studi. Lokasi lokasi pelepasan. Prosedur percobaan. OGTR melaporkan langsung ke Parlemen melalui Dewan Menteri tentang Teknologi Gen dan memiliki kekuasaan legislatif. sebelum Kantor Regulator Teknologi Gene (OGTR) mengambil alih pada tahun 2001. Nasional Majelis Burkina Faso mengeluarkan peraturan keamanan hayati pada awal 2006. OCEANIA AUSTRALIA Rekayasa genetika di Australia pada awalnya (sejak 1987) yang diawasi oleh Komite Penasehat Manipulasi genetik. dengan jumlah yang lebih kecil tumbuh di Burkina Faso. sementara regulasi disediakan oleh Administrasi Barang Terapi untuk GM obat-obatan atau Standar Makanan Australia Selandia Baru untuk makanan GM. memonitor dan melacak tanaman rekayasa genetika E. Akhirnya penggunaan GMO dan produk mereka. pemantauan dan perencanaan kontingensi dan penilaian lainnya. Ini didirikan sebagai bagian dari Gene Technology Act 2003 dan beroperasi sesuai dengan Peraturan Teknologi Gene 2001. OGTR memutuskan pada aplikasi lisensi untuk pembebasan semua organisme dimodifikasi secara genetik. Tujuannya adalah untuk melatih dan mengembangkan regulator Afrika untuk menyetujui. dibuka pada bulan April 2010.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Spesies organisme. Habitat dan ekologi informasi tentang rilis situs-107. yang didirikan oleh Uni Afrika dan didanai oleh Bill dan Melinda Gates Foundation. OTGR adalah Pemerintah Commen wealth Otoritas dalam Departemen Kesehatan dan Penuaan.

sementara pemerintah Victoria membiarkan moratorium GM Canola berakhir pada 2007. New South Wales disetujui GM Canola untuk budidaya komersial pada tahun 2008. Obat-obatan diproduksi menggunakan organisme hasil rekayasa genetika yang tidak mengandung organisme hidup telah disetujui untuk dijual.. Namun. Selatan Australia dan Tasmania diperpanjang moratorium terhadap semua tanaman rekayasa genetika sampai 2019 dan 2014. Kapas transgenik telah ditanam secara komersial di New South Wales dan Queensland sejak tahun 1996. Laporan Komisi Royal Modifikasi Genetik. tidak ada makanan yang dimodifikasi secara genetik ditanam dan ada obat yang mengandung hidup rekayasa genetik organisme telah disetujui untuk digunakan. tetapi memungkinkan kelompok-kelompok untuk mengajukan permohonan pembebasan. menyimpulkan bahwa Selandia Baru harus menjaga opsi terbuka mengenai rekayasa genetika dan untuk melanjutkan Chemical engineering department Page 57 . Pada tahun 2000 Pemerintah telah menyetujui sebuah Komisi Kerajaan untuk melaporkan masalah yang berhubungan dengan organisme rekayasa genetik (GMO). Kedua tanaman rekayasa genetika tumbuh di Australia kapas dan kanola. SELANDIA BARU Selandia Baru. The Queensland dan Pemerintah Northern Territory belum melaksanakan setiap undang-undang lebih lanjut melampaui tingkat nasional. dirilis pada Juli 2001.. Pada tahun 2008 pengecualian dibuat untuk budidaya komersial dari kapas GM di Daerah Irigasi Sungai Ord. Pada tahun 2007 pemerintah New South Wales diperpanjang moratorium selimut pada tanaman pangan GM hingga 2011. tetapi beberapa negara bagian lain ditempatkan larangan penanaman tanaman GM tertentu. GM canola telah disetujui pada tahun 2003 dan pertama kali ditanam pada 2008. Ujian GM kanola dilakukan pada tahun 2003 dan pada tahun 2010 governemnt Australia Barat memungkinkan komersialisasi kanola GM. dan diimpor makanan dengan komponen rekayasa genetika yang dijual.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu individu kemudian dapat menilai dampak rilis pada pasar dan perdagangan dan menerapkan hukum yang lebih jauh untuk mengontrol produk rekayasa genetika disetujui. Australia Barat lulus Tanaman Genetically Modified Wilayah Gratis Act pada tahun 2003 dan dinyatakan sebagai daerah bebas GM pada tahun 2004 .

Bagaimana regulasi GMO produk pangan di Indonesia ? Pemerintah Indonesia merupakan termasuk yang setuju mengembangkan GMO dinegara ini selain itu Indonesia telah lama mengimpor berbagai produk yang merupakan hasil dari GMO salah satunya yaitu kedelai dan jagung. b) Pemerintah menetapkan persyaratan dan prinsip penelitian. Untuk mengurangi dampak negatif dari GMO maka pemerintah membuat semacam peraturan yang mengatur keberlangsungan produk GMO di Indonesia . Chemical engineering department Page 58 . serta menetapkan persyaratan bagi pengujian pangan yang dihasilkan dari proses rekayasa genetika. Pasal 13 undangundang tersebut menyebutkan bahwa : a) Setiap orang yang memproduksi pangan atau menggunakan bahan baku.  Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2005 yang mengenai keamanan hayati produk. Lapangan uji coba yang telah dilakukan dengan pohon-pohon pinus GM dan brassica telah menarik reaksi publik yang negatif 7. Keamanan hayati produk rekayasa genetik adalah keamanan lingkungan. pengembangan. 1. dan atau bahan baku lain dalam kegiatan atau proses produksi pangan yang dihasilkan dari proses rekayasa genetika wajib terlebih dahulu memeriksakan keamanan pangan bagi kesehatan manusia sebelum diedarkan. Salah satunya adalah  Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu dengan hati-hati untuk meminimalkan dan mengelola risiko. Peraturan ini mengatur tentang . keamanan pangan dan/atau keamanan pakan produk rekayasa genetik. dan pemanfaatan metode rekayasa genetika dalam kegiatan atau proses produksi pangan. bahan tambahan pangan.

4. termasuk bahan tambahan pangan. baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia. penyiapan. penyimpanan. peredaran dan pemanfaatan pakan produk rekayasa genetic  Peraturan Menteri nomor 61/Permentan/OT/140. penyiapan. Keamanan pakan produk rekayasa genetik adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah kemungkinan timbulnya dampak yang merugikan dan membahayakan kesehatan hewan dan ikan. 3. Undang-undang ini mengatur Chemical engineering department Page 59 . 5. Penilaian. bahan baku pangan. dan/atau pembuatan makanan atau minuman. dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan. akibat proses produksi. peredaran dan pemanfaatan pangan produk rekayasa genetik. penyimpanan. Keamanan pangan produk rekayasa genetik adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah kemungkinan timbulnya dampak yang merugikan dan membahayakan kesehatan manusia. Pelepasan dan Penarikan Varietas. Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air. Keamanan lingkungan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah kemungkinan timbulnya resiko yang merugikan keanekaragaman hayati sebagai akibat pemanfaatan produk rekayasa genetik.10/2011 mengenai Pengujian.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu 2. akibat proses produksi. pengolahan.

Bagaimana sebaiknya warga Indonesia menyikapi produk-produk GMO pangan? Sebagai warga kita dapat mendukung perkembangan pangan dinegara ini dengan adanya penelitian akan GMO. Konsumen memiliki hak untuk memilih mengkonsumsi atau tidak mengkonsumsi produk iii. hal ini dikarenakan dampak positif dari GMO yaitu dapat memenuhi kebutuhan pangan di Indonesia yang penduduknya selalu bertambah. Namun proses pengembangan tersebut harus diketahui dampak negatif yang dihasilkan jika produk GMO tersebut digunakan agar dilakukannya proses perbaikan sehingga Chemical engineering department Page 60 . 69/1999 mengenai label pangan dan periklanan i.  Peraturan Pemerintah No. Memberikan informasi pangan yang mengandung atau tidak mengandung PRG kepada konsumen ii. Dilabel jika kandungan PRG dalam kemasan melebihi ambang batas ( 5 %) 8. Tidak ada keterkaitan antara pelabelan PRG dan keamanan pangan PRG dalam pangan kemasan iv.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu kehati-hatian terhadap pemasaran dan pengembangan GMO di Indonesia sehingga tidak membahayakan masyarakat dan merusak lingkungan.

Namun seiring perkembangan produk GMO yang ada di Indonesia merupakan produk impor yang tentu dapat mematikan usaha para petani. Oleh sebab itu warga seharusnya tidak serta merta menerima keberadaan prduk impor GMO karena kita juga harus meningkatkan ketahan pangan di negara ini Chemical engineering department Page 61 .Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu dapat menghasilkan produk GMO yang aman untuk digunakan.

cbd. “The battle for the Aglobal Governance of Genetically Modified Organism”. South Africa.org/english/news_e/news06_e/291r_e. “Perkembangan Teknologi dan Issue Perdagangan Komoditas peternakan di Uni Eropa”.wordpress. Atase Pertanian.htm) 25/03/2012) Artikel “Peternakan 2020: Revolusi Pangan Masa Depan” Chemical engineering department Page 62 . Putro.wikipedia. the free encyclopedia tanggal (http://en. 2006.int/database/attachment/?id=10694) (diakses tanggal 25/03/2012) Genetically modified organism - Wikipedia. Cartagena Protocol on Biosafety to the Convention on Biological Diversity (www.com/2011/03/17/gmo/) (diakses tanggal 25/03/2012) WTO | 2006 News items - Reports out on biotech (diakses disputes tanggal (http://www. “The Cartagena Protocol an Biosafety”. University of British Columbia and harvard Academy. University of Cape Town.wto. PRI-ME Brussel Tiberghien. 1999. Department of Private law.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Daftar Pustaka Kinderlere.org/wiki/Genetically_modified_organisms) 25/03/2012) (diakses GMO | Biology for Indonesia (http://biofin. Sumpeno. 2008.bch. Julian. Yves.

org/wpcontent/uploads/pdf/id_cgeh_2010/id_cgeh_2010_13. Yayasan IDEP Foundation. 2010. Keamanan dan Pelabelan GMO pada Produk Pangan. Yulita. Sophia. Fakultas Teknologi Pertanian. Zakki. Suhartono. Chemical engineering department Page 63 .blogdetik. Shinta. Keterangan / Fact Sheet tentang Genetically Modified Organisms (GMO) atau Transgenik. http://ftpitp09. dkk.org (diakses pada 25 Maret 2012).ppt (diakses pada 24 Maret 2012). Annisa. http://www. Institut Pertanian Bogor. 2010. Tesis Program Magister Ilmu Hukum Universitas Diponegoro. Teknologi Pertanian di Era Bioteknologi. Bogor: Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan. Anonim. Maggy. Janji Palsu Rekayasa Genetis Bahan Pangan.com/files/2010/06/teknologi-pertanian-di-erabioteknologi.idepfoundation. http://hesperian. 2009. 2010.Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Adlhiyati. 2002.pdf (diakses pada 23 Maret 2012). Produk Rekayasa Genetika (GMO/Genetically Modified Organism) sebagai Subjek Perlindungan Paten dan Perlindungan Varietas Tanaman.

Pangan Transgenik : Harapan Baru atau Janji Palsu Chemical engineering department Page 64 .