P. 1
Cara Menyetel DELCO Saat Pengapian Mobil

Cara Menyetel DELCO Saat Pengapian Mobil

|Views: 1,056|Likes:
Published by Sudarno Ceko

More info:

Published by: Sudarno Ceko on May 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2012

pdf

text

original

Cara Menyetel Saat Pengapian Mobil (Menggunakan Lampu Tester

)
6 Votes

Bagi yang suka utak-atik mobil tua tetapi peralatan kagak selengkap bengkel mobil profesional, gak usah bingung untuk sekedar menepatkan saat pengapian mesin mobil yang masih mengguneken platina, atau bagi yang masih memperdalam otomotif hanya sekedar hobby atau untuk menambah pengetahuan bagi yang masih SMK. Memang akurasi tetap harus menggunakan Timing light untuk menepatkan Saat pengapian mesin, tetapi menggunakan peralatan sederhana seperti lampu tester cukup akurat untuk menepatkan saat pengapian mesin, mungkin terjadi penyimpangan tetapi masih masuk spesifikasi yang di ijinkan. Langkah-langkah Menyetel Saat Pengapian Mobil Menggunakan Lampu Tester yakni:
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. Posisikan mesin pada Top silinder 1. Baca (Baca cara menentukan top mesin). Bersihkan & Setting Celah/ kerenggangan Platina. (0,45mm). Putar mesin 2x putaran, dan posisikan pada beberapa derajat sebelum TMA silinder 1 / Pada saat pengapian silinder 1. Saat pengapian sesuai spesifikasi Type mesin, contoh kita posisikan 5° sebelum TMA(Kijang). kendorkan baut pengikat delko. Putar kunci kontak pada posisi ON. Pasang lampu Tester pada MIN koil (seperti pada pada gambar). Putar perlahan-lahan delko kekanan/kekiri hingga lampu tester menyala. Posisikan delko pada kondisi lampu mulai menyala (Ini kondisi platina mulai membuka). Kencangkan baut pengikat delko. Pastikan lampu tetap menyala/ delko tidak bergeser posisi. Lepas Lampu Tester. Start mesin Finish.

NB:
1. 2. 3. Untuk lampu tester yang terhubung antar min coil dengan MIN ground,maka saat pengapian tepat pada saat lampu mulai menyala/ platina mulai membuka. Untuk lampu tester yang terhubung antara min coil dengan PLUS maka saat pengapian tepat pada saat lampu mulai mati/ platina mulai membuka. Hanya Untuk mesin karburasi dan masih menggunakan platina(Conventional Ignition System).

Miliki lebih detail Cara Menyetel Saat Pengapian Mobil (Menggunakan Lampu Tester) PDF file.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->