PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk

1.1

Profil PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (”Perseroan”) adalah penghasil pakan

ternak, Day Old Chicks dan makanan olahan terbesar di Indonesia. Perseroan didirikan tahun 1972 dengan pabrik pakan ternak terbesar pertama di Jakarta untuk menghasilkan pakan ternak berkualitas. Saat ini, Perseroan memfokuskan usahanya pada kegiatan agro-business yang mencakup poultry business, dari memproduksi pakan ternak berkualitas, pembibitan ayam yang cepat tumbuh dan tahan penyakit serta menghasilkan produk ayam olahan berkualitas tinggi. Kunci pertumbuhan dari kegiatan agro-business ini adalah komitmen untuk terlibat dalam seluruh rantai produksi, mulai dari formulasi pakan ternak hingga peternakan ayam hingga produk olahan dengan nilai tambah. Pendekatan ini terbukti sukses dalam memastikan keunggulan supply produk untuk diri sendiri maupun untuk permintaan industri lainnya dengan kualitas yang konsisten dari pakan ternak dan produk ayam olahan di negeri ini. Pakan ternak adalah landasan utama bisnis Perseroan. Perseroan memastikan sebagai produsen terbesar dan tersukses di bidang pakan ternak berkualitas tinggi. Dari satu pabrik pakan ternak di Jakarta, Perseroan mengembangkan usaha untuk menghadapi tantangan dalam menghasilkan produk yang dapat dipercaya dan berkualitas tinggi dengan membangun fasilitas produksi di Balajara (Jawa Barat), Semarang (Jawa Tengah), Sepanjang dan Krian (Jawa Timur), Bandar Lampung (Lampung), Medan (Sumatera Utara) dan Makassar (Sulawesi Selatan). Secara bersama-sama, jaringan pabrik pakan ternak ini membuat Perseroan menjadi produsen pakan ternak terbesar satu-satunya di Indonesia. Selain itu, jaringan tersebut memiliki posisi strategis untuk memenuhi kebutuhan peternak ayam di seluruh negeri. Hal ini menjadikan Perseroan sebagai perusahaan penghasil pakan ternak

Bali. Seperti pakan ternak. Perseroan merupakan penghasil terbesar DOC dengan kualitas tinggi untuk peternak ayam di Indonesia.2. Ketika pakan ternak dan Day Old Chick memiliki sejarah panjang dalam agro-business. Memperoleh gelar Master of Business Administration dari University of the City of Manila. Lahir di Pontianak pada tahun 1958. Filipina tahun 1994. Perseroan memiliki jaringan pemasaran luas yang tersebar di Jawa. pada tahun 2001. 1. . Memperoleh gelar DVM dari Harvard University. Memulai karirnya di Perseroan pada tahun 1980 dan diangkat menjadi Presiden Direktur Perseroan sejak tahun 2008. Cambridge. Kalimantan. Lahir di Bangkok pada tahun 1953. Memulai karirnya di Perseroan pada tahun 1993 dan diangkat menjadi Direktur Perseroan sejak tahun 2003. Peraphon Prayooravong. Wakil Presiden Direktur Warga Negara Thailand. Sulawesi dan Sumatera. Perseroan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan konsumsi daging ayam dengan melebarkan usaha pada produk ayam olahan bernilai tambah tinggi. Amerika Serikat. Presiden Direktur Warga Negara Indonesia. Perseroan juga memiliki kekuatan dominan dalam produksi dan penyediaan Day Old Chick di Indonesia.2 Manajemen 1. Salatiga (Jawa Tengah) dan Surabaya (Jawa Timur). Jaringan luas dari distributor dan agen di seluruh negeri membuat peternak ayam memiliki kemudahan dan kecepatan dalam mendapatkan produk pakan ternak kami. Kegiatan usaha ini dilakukan oleh fasilitas kami yang terletak di Cikande (Jawa Barat).1 Direksi Tjiu Thomas Effendy.yang terpercaya.

Wakil Presiden Direktur Warga Negara Amerika Serikat. Lahir di Denpasar pada tahun 1962. Memulai karirnya di Perseroan pada tahun 1987 dan diangkat menjadi Wakil Presiden Direktur Perseroan sejak tahun 2003. Amerika Serikat. Bandung dan memulai karirnya di Perseroan pada tahun 1993 serta diangkat menjadi Direktur Perseroan sejak tahun 2008.Vinai Rakphongphairoj. Direktur Warga Negara Indonesia. Amerika Serikat. pada tahun 1987. Direktur Warga Negara Indonesia. Memperoleh gelar BSBA dari Ohio State University. pada tahun 1997. Direktur Warga Negara Indonesia. Jemmy Wijaya. Lahir di Tanjung Karang pada tahun 1976. Lahir di Medan pada tahun 1976. pada tahun 1997. Lulus dari Business Administration Universitas Parahyangan. Memulai karirnya di Perseroan pada tahun 2002 dan diangkat menjadi Direktur Perseroan sejak tahun 2007. Eddy Dharmawan. Memperoleh gelar PhD dari University of Southern California. Lulus dari Ohio State University. Lahir di Jakarta pada tahun 1976. Amerika Serikat. Fiece Kosasih. Memperoleh gelar Bachelor of Business Management dari Monash University. pada tahun . Direktur Warga Negara Indonesia. Ong Mei Sian. Lahir di Thailand pada tahun 1956. Australia. Memulai karirnya di Perseroan pada tahun 2003 dan diangkat menjadi Direktur Perseroan sejak tahun 2007.

Lahir di Palembang pada tahun 1951. Presiden Komisaris Warga Negara Indonesia. Wakil Presiden Komisaris Warga Negara Indonesia. Director Warga Negara Indonesia. Jialipto Jiaravanon. Memulai karirnya di Perseroan pada tahun 1973 dan diangkat menjadi Presiden Komisaris Perseroan sejak tahun 2008. University of Pennsylvania. Philadelphia. Wakil Presiden Komisaris Warga negara Indonesia. Lahir di Jakarta pada tahun 1978. Ferdiansyah Gunawan Tjoe. pada tahun 1973. Lulus dari Akademi Bahasa Jakarta. Memperoleh gelar Bachelor of Science in Entrepreneurship & Finance dari Babson College. Lahir di Jakarta pada tahun 1975. pada tahun 2001. Memulai karirnya di Perseroan pada tahun 2003 dan diangkat menjadi Direktur Perseroan sejak tahun 2010. Memperoleh gelar Bachelor in Marketing and Business Administration.1998. pada tahun 2000. Amerika Serikat. 1. Memulai karirnya di Perseroan pada tahun 1999 dan diangkat menjadi Wakil Presiden Komisaris Perseroan sejak tahun 2006. Memulai karirnya di Perseroan pada tahun 2000 dan diangkat menjadi Direktur Perseroan sejak tahun 2007. pada tahun 1997. Lahir di Surabaya pada tahun 1980.2 Dewan Komisaris Hadi Gunawan Tjoe. Amerika Serikat.2. Memperoleh gelar Bachelor of Commerce dari Curtin University of Technology. Jakarta. . Memulai karirnya di Perseroan pada tahun 2002 dan diangkat menjadi Wakil Presiden Komisaris Perseroan sejak tahun 2006. Jiacipto Jiaravanon. 1997. Australia.

pada tahun 1976. pellet (butiran) atau crumble (butiran halus). Komisaris Independen Warga Negara Indonesia. Jakarta. Sedangkan merek produk yang dipakai oleh Perseroan antara lain HI-PRO. . Bandar Lampung. yang mana diproduksi oleh 7 fasilitas produksi Perseroan dan anak perusahaan yang berada di Medan. Sidoarjo (2 unit) dan Makassar. Lahir di Talaga pada tahun 1946. BONAVITE. Komisaris Independen Warga Negara Indonesia.3 1. Suparman Sastrodimedjo. 1. BINTANG.1 Produk Produk pakan Ternak Produk utama Perseroan adalah pakan ternak. Diangkat menjadi Komisaris Independen Perseroan sejak tahun 2010. Lulus dari Akademi Militer Nasional pada tahun 1967 dan bergabung dengan TNI Angkatan Darat dari tahun 1968 hingga 2000 dengan pangkat terakhir sebagai Mayor Jendaral TNI (Purnawirawan) dan jabatan terakhir sebagai Asisten Teritorial Markas Besar TNI Angkatan Darat serta Irjen Departemen Pertanian Republik Indonesia. Semarang.Herman Sugianto. Lahir di Pontianak pada tahun 1947. Diangkat menjadi Komisaris Independen Perseroan sejak tahun 2009. mash (tepung). Memperoleh gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Tarumanagara. Tangerang. ROYAL FEED. HI-PRO-VITE.3. Bentuk dari pakan ternak yang diproduksi oleh Perseroan dapat berupa concentrate (konsentrat). TURBO FEED dan TIJI.

Pakan Ternak untuk Pre-Starter Pakan ternak ini memiliki diberikan kepada ayam pedaging berumur 1 hari hingga ayam pedaging tersebut berumur 7 hari. Pakan Ternak untuk Starter Pakan ternak ini diberikan kepada ayam petelur berumur 6 minggu hingga ayam petelur tersebut berumur 10 minggu. Pakan Ternak untuk Pre-Starter Pakan ternak ini diberikan kepada ayam petelur berumur 1 hari hingga ayam tersebut berumur 5 minggu.Produk pakan ternak yang ditawarkan oleh Perseroan terdiri dari: 1. Pakan Ternak untuk Finisher Pakan ternak ini diberikan kepada ayam pedaging berumur 22 hari hingga ayam pedaging tersebut dipanen atau sekitar 30-45 hari. 1. 2. 3. 2. Pakan Ternak untuk Starter Pakan ternak ini diberikan kepada ayam pedaging berumur 1 hari hingga ayam pedaging tersebut berumur 21 hari atau ayam pedaging berumur 8 hari hingga ayam pedaging tersebut berumur 21 hari. . Pakan Ternak Ayam Pedaging Pakan ternak ini memiliki 3 jenis produk yang masing-masing memiliki formula berbeda dan disesuaikan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan pada setiap masa pertumbuhannya. Pakan Ternak Ayam Petelur Pakan ternak ini memiliki 4 jenis produk yang masing-masing memiliki formula berbeda dan disesuaikan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan pada setiap masa pertumbuhannya. 2. 1.

DOC Ayam Pedaging DOC Ayam Pedaging adalah anak ayam usia sehari yang dibudidaya oleh peternak untuk menghasilkan daging ayam. Bali. Pakan Ternak untuk Laying Phase Pakan ternak ini diberikan kepada ayam petelur pada periode peneluran hingga afkir. Jawa Tengah. Jawa Timur. Ayam Aduan. Itik. DOC Perseroan diproduksi oleh beberapa fasilitas pembibitan milik anak perusahaan Perseroan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kalimantan Timur. Jawa Barat. 3. Perseroan memproduksi beberapa jenis DOC yang terdiri dari: 1. . Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Pakan Ternak Lainnya Selain pakan ternak di atas. Burung Puyuh dan pakan untuk Sapid an Babi. 4. Banten.3.39–2. Sumatera Selatan. Perseroan juga menawarkan beberapa produk pakan ternak untuk Ayam Pembibit Turunan.2 Day Old Chick Produk Perseroan yang memberikan kontribusi terbesar kedua kepada penjualan adalah Day Old Chicks (“DOC”) atau anak ayam usia sehari komersial. Kalimantan Barat.45 kg dan menghasilkan sekitar 1. Ayam Pedaging dibudidaya selama kurang lebih 30-45 hari sebelum dipanen dengan berat rata-rata mencapai 1. Pakan Ternak untuk Grower Pakan ternak ini diberikan kepada ayam petelur berumur 11 minggu hingga ayam petelur tersebut menghasilkan telur pertamanya.3.11–1.96 kg daging ayam. 1. Ayam Kampung. Riau. Kalimantan Tengah. Lampung. Produk pakan ternak tersebut juga ditawarkan sesuai kebutuhan nutrisi pada setiap masa pertumbuhannya. Fasilitas pembibitan tersebut terletak di Sumatera Utara. Kalimantan Selatan.

3. 1.4 Makanan Olahan Ada 4 jenis makanan Olahan yang dibuat PT. Ayam Petelur mulai menghasilkan telur ayam pada umur sekitar 18 minggu hingga afkir pada umur sekitar 80 minggu. DOC Lainnya Selain DOC di atas. Perseroan juga menawarkan DOC untuk Ayam Pembibit Turunan dan Ayam Pejantan. Champ (Grade 3) Mengandung lemak. . kaki naga dan lain-lain. rasanya lebih gurih dan krispi 4. Golden Fiesta (Grade 1) Mengandung lemak yang sedikit karena terbuat dari bagian dada ayam 2.2. Secara rata-rata. Charoen Pokphand berdasarkan grade. yaitu : 1. Fiesta (Grade 2) Mengandung lemak yang lebih banyak daripada Golden Fiesta 3. Okey (Grade 4) Merupakan makanan olahan berupa stik. DOC Ayam Petelur DOC Ayam Petelur adalah anak ayam usia sehari yang dibudidaya oleh peternak untuk menghasilkan telur ayam. setiap ayam petelur dapat menghasilkan 1 telur ayam setiap 24-28 jam pada periode peneluran. tempura. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful