Kata Pengantar

Kami memanjatkan rasa syukur yang tiada terkira besarnya ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya penulisan Makalah 9 Kebutuhan Pokok Manusia. Kami juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Ibu Endah Pancasilawati selaku pembina dalam penyusunan makalah ini. Penulisan makalah ini dimaksudkan sebagai tugas mata pelajaran ekonomi dan pembelajaran siswa agar lebih memahami tentang 9 kebutuhan pokok manusia. Selain itu tujuan penyusunan makalah ini adalah agar pembaca (khususnya para pelajar SMA pada bidang studi Ekonomi mengenai kebutuhan pokok manusia) juga lebih mengenal dan mengerti 9 kebutuhan pokok manusia terkait dengan definisi, manfaat dan bahaya yang dapat diperoleh apabila tidak memenuhinya. Meskipun makalah ini sudah ditulis dengan usaha yang optimal, makalah ini tentunya masih memiliki kelemahan. Namun, kami berharap, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, makalah ini tetap danpat memberikan manfaat. Semoga makalah ini dapat memberikan sumbangan yang berharga bagi kegiatan pembelajaran bidang studi Ekonomi di SMA khususnya mengenai kebutuhan pokok manusia.

Madiun, November 2011 Penulis

1

SINGKONG____________________________________________________________5 2. DAGING SAPI_________________________________________________________8 b. Telur Ayam_______________________________________________________________10 6. SAGU_____________________________________________________________13 8. Minyak Goreng dan Margarin__________________________________________________7 4. Daging Sapi dan Daging Ayam a. Minyak Tanah dan Gas ELPIJI a. MINYAK TANAH______________________________________________________14 b. BERAS_______________________________________________________________4 b. Beras dan Singkong a. Gula Pasir__________________________________________________________________6 3. JAGUNG___________________________________________________________12 b. DAGING AYAM________________________________________________________9 5. Susu_____________________________________________________________________11 7.Daftar Isi Kata Pengantar_______________________________________________________________1 Daftar Isi____________________________________________________________________2 Pendahuluan_________________________________________________________________3 1. GAS ELPIJI__________________________________________________________15 9. Garam Beryodium__________________________________________________________16 2 . Jagung dan Sagu a.

4. apabila tidak terpenuhi maka manusia akan sulit untuk bertahan hidup. 7.Pendahuluan Pada dasarnya kebutuhan manusia itu berkaitan dengan kelangsungan hidup dan kepuasan yang diinginkan. 6. 2. Kebutuhan pokok (pangan) adalah kebutuhan mendasar bagi manusia yang harus dipenuhi karena sangan penting bagi kelangsungan hidup manusia. Kelangsungan hidup manusia merupakan suatu proses yang berkesinambungan dan beragamnya kepuasan yang diinginkan menjadi kebutuhan manusia menjadi tidak terbatas. Seorang apabila sudah terpenuhi kebutuhan akan sandang. Tentunya dalam memenuhi kebutuh pokok ini manusia memerlukan usaha. papan akan berpikir untuk memenuhi kebutuhan lain Dalam makalah ini kami akan membahas tentang 9 kebutuhan pokok manusia (khusunya pangan). Beras dan Singkong Gula Pasir Minyak Goreng dan Margarin Daging Sapi dan Daging Ayam Telur Ayam Susu Jagung dan Sagu Minyak Tanah dan Gas Elpiji Garam Beryodium 3 . 3. Adapun 9 kebutuhan pokok manusia sebagai berikut yang akan di bahas di bab selanjutnya : 1. 8. 9. pangan. 5.

800 SM ini. dan refleks berkurang. beras merupakan komponen penting bagi jamu beras kencur dan param.9 gr : 75.12 mg : 0. kesemutan. Peroksida dapat berubah menjadi radikal bebas yang mampu mengoksidasi asam lemak tidak jenuh dalam membran sel hingga merusak membran tersebut. dalam keadaan berat dinamakan beri-beri. dan penyakit degeneratif lainnya. beras yang berwarna merah atau beras merah diyakini memiliki khasiat sebagai obat. kemerahan. Kekurangan tiamin bisa mengganggu sistem saraf dan jantung. Enzim ini berperan sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik. Di antara berbagai jenis beras yang ada di Indonesia. makanan pokok terpenting warga dunia. yang disebut beras. ungu.1. Beras merah yang telah dikenal sejak tahun 2. Beras juga digunakan sebagai bahan pembuat berbagai macam penganan dan kue-kue. diolah menjadi tepung bekatul (rice bran).8 gr : 8.7 gr). Sekam (Jawa merang) secara anatomi disebut 'palea' (bagian yang ditutupi) dan 'lemma' (bagian yang menutupi). Dalam bidang industri pangan. jantung berdebar. atau bahkan hitam. kandungan karbohidrat beras merah lebih rendah (78. Karena kemampuannya itulah banyak pakar mengatakan bahan ini mempunyai potensi untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain. gangguan pencernaan. Sosohan beras (lapisan aleuron). dengan gejala awal nafsu makan berkurang. Unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah adalah fosfor (243 mg per 100 gr bahan) dan selenium. Selain lebih kaya protein (6. Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi. gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah. Selain itu. tetapi hasil analisis Nio (1992) menunjukkan nilai energi yang dihasilkan beras merah justru di atas beras putih (349 kal : 353 kal). 4 . Meski. mudah lelah. sembelit. Minuman yang populer dari olahan beras adalah arak dan air tajin. Beras dimanfaatkan terutama untuk diolah menjadi nasi. yang memiliki kandungan gizi tinggi. dibandingkan dengan beras putih. Beras dan Singkong a. menyebabkan kanker.2 gr). beras dijadikan sebagai salah satu sumber pangan bebas gluten dalam bentuk berondong. Untuk kepentingan diet.31 mg). beras diolah menjadi tepung beras. BERAS Beras adalah bagian bulir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam. Bagian embrio juga diolah menjadi suplemen makanan dengan sebutan tepung mata beras. hal tersebut mungkin disebabkan kandungan tiaminnya yang lebih tinggi (0. termasuk pula untuk dijadikan tapai. Selenium merupakan elemen kelumit (trace element) yang merupakan bagian esensial dari enzim glutation peroksidase. utamanya dari ketan. oleh para tabib saat itu dipercaya memiliki nilai nilai medis yang dapat memulihkan kembali rasa tenang dan damai. yang berwarna putih.

luka. dan lain-lain. sayuran. protein. kulit dan batangnya pun dapat dimanfaatkan. kasapen (Sunda). Di beberapa daerah. Singkong yang mudah ditanam dan sangat mudah diperoleh. kalsium. namun daun. 2. Bila digunakan sebagai penganan dapat diolah menjadi keripik. Keripik singkong Brownies Es krim Gatot Tiwul Tape Aneka macam kue Mocaf atau modifikasi cassava 5 . diare. dan zat besi. fosfor. ataupun sawah. Hal inilah yang dapat kita jadikan potensi singkong sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. B1 dan C. roti atau berbagai hidangan lezat lainnya. hidrat arang. Daun singkong mengandung vitamin A. 3. 7. Diantaranya obat rematik. Selain itu juga memiliki berbagai khasiat sebagai obat. fosfor. Umbi singkong juga dikenal sebagai makanan pokok di daerah tertentu. memiliki kandungan kalori. enzim peroksidase. bisa jadi hal ini merupakan peluang bisnis yang menguntungkan bagi Anda. glikosida. kalori. dan menambah napsu makan. tela belada (Madura). tape. Prof Hembing Wijayakusuma. lemak. disentri. cacingan. Umbi singkong diminati hampir di semua wilayah tanah air. kalsium. antikanker. sakit kepala. lemak. protein. Bahkan singkong atau ubi kayu ini dapat juga dibuat tepung singkong yaitu tepung tapioca yang dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum. Beraneka ragam olahan dari singkong kini banyak kita temui dengan bentuk dan rasa yang variatif tapi juga menyehatkan. beri-beri dan dapat meningkatkan stamina. cake. Untuk umbi singkong sendiri. Menurut pakar tanaman obat. tanggul. Bukan hanya bagian umbi saja yang dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi. karena tepung ini baik untuk pengidap alergi. Begitu banyak manfaat dari singkong. pangala (Papua). kudapan. Bila dapat mengolahnya dengan baik dan benar. Tanaman singkong sangat mudah tumbuh. Seperti : 1. dapat dilakukan dengan stek batang singkong tua. hidrat arang. efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan. singkong (manihot utilissima) dikenal dengan berbagai nama. lame kayu (Makassar). dan amilum. 5. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi. zat besi. Potensi dari tanaman singkong ini sangat beraneka ragam dan yang pasti kaya akan manfaat. 4. seperti ubi kayee (Aceh). 6. dan kalsium oksalat. Cara untuk menanam tanaman ini.b. tela pohong (Jawa). demam. Sementara kulit batangnya mengandung tannin. antitumor. 8. Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis ini banyak ditanam di pekarangan. dalam pengolahannyapun tidak terlalu sulit. puding. rabun senja. SINGKONG Singkong merupakan tanaman rakyat yang dapat dikatakan makanan pokok selain nasi oleh masyarakat Indonesia. vitamin B dan C.

Peraturan pertanian di EU menetapkan kuota maksimum produksi dari setiap anggota sesuai dengan permintaan. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosa padat. sebagai salah satu mata sembilan bahan kebutuhan pokok. dan harga. banyak para konsumen beralih ke sirup jagung (pembuat minuman) atau pindah dari negara itu (pembuat permen) Pasar gula juga diserang oleh harga sirup glukosa yang murah. negaranegara Karibia. namun kemudian tersaingi oleh industri gula baru yang lebih efisien.2. juga menghasilkan semacam gula/pemanis namun bukan tersusun dari sukrosa. Proses untuk menghasilkan gula mencakup tahap ekstrasi (pemerasan) diikuti dengan pemurnian melalui distilasi (penyulingan). Eropa Barat Laut dan Timur. Amerika Serikat menetapkan harga gula tinggi untuk mendukung pembuatnya. Di luar karut marut gula dan kepahitan di balik kemanisan. menyimpan energi yang akan digunakan oleh sel. Negara-negara penghasil gula terbesar adalah negara-negara dengan iklim hangat seperti Australia. Meskipun demikian. Sebagian orang menjadikannya sebagai koleksi. Lamanya pemanen dan pemrosesan dipengaruhi dari ketersediaan tumbuhan. Gula digunakan untuk mengubah rasa menjadi manis dan keadaan makanan atau minuman. terdapat sumber-sumber gula minor lainnya. Gula Gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. 6 . seperti glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau hidrolisis asam). dan mungkin menjadi kegenitan kelas menengah. Hindia-Belanda (sekarang Indonesia) pernah menjadi produsen gula utama dunia pada tahun 1930-an. Desain kemasan gula pasir dalam kantong kecil bertumbuh. hedonistis. Lain halnya dengan bit. jelas merupakan bisnis besar. Pemanenan dan pemrosesan berlanjut sampai Maret di beberapa kasus. Sirup tersebut di produksi dari jagung (maizena). musim penumbuhan bit berakhir pada pemanenannya di bulan September. Pada tahun 2001/2002 gula yang diproduksi di negara berkembang dua kali lipat lebih banyak dibandingkan gula yang diproduksi negara maju. seperti umbi dahlia. Gula sederhana. Gula pasir. seperti kelapa. atau aren. Dengan mengkombinasikannya dengan pemanis buatan pembuat minuman dapat memproduksi barang dengan harga yang sangat murah. atau bersaing dengannya di pasar dunia. Jepang utara. Subsidi-subsidi tersebut dan pajak impor yang tinggi membuat negara lain susah untuk mengekspor ke negara negara UE. dan Thailand. Brazil. namum bit yang membeku tidak bisa lagi diproses. hal ini mempunyai efek samping namun. Penghasil gula terbesar adalah Amerika Latin. dan beberapa daerah di Amerika Serikat. gula bit diproduksi di tempat dengan iklim yang lebih sejuk. Bit yang telah dipanen dapat disimpan untuk di proses lebih lanjut. Sebagian dari gula ini adalah gula "kuota" dari industry levies. dan negara-negara Asia Timur. ada hal yang ringan. bit gula. Pengimpor gula terbesar adalah Uni Eropa. atau jagung. Itulah sebabnya impor gula dan tata niaganya bisa mengundang skandal. Sumber-sumber pemanis lain. dan cuaca. Banyak web di luar negeri yang membahas sugar packet. sisanya adalah gula "kuota c" yang dijual pada harga pasar tanpa subsidi. Gula sebagai sukrosa diperoleh dari nira tebu. anggir. penawaran.

ikatan rangkap yang terdapat pada asam lemak tak jenuh akan putus membentuk asam lemak jenuh. Minyak nabati dengan kadar asam lemak jenuh yang tinggi akan mengakibatkan makanan yang digoreng menjadi berbahaya bagi kesehatan. pemerintah Indonesia melakukan campur tangan dalam berbagai bentuk kebijakan. Kegunaannya kurang lebih sama dengan minyak goreng Minyak goreng umumnya berasal dari minyak kelapa sawit. Saat penggorengan dilakukan.[6] Minyak-minyak ini kurang cocok apabila digunakan untuk menggoreng namun minyak-minyak ini memiliki kandungan asam lemak yang tinggi dan biasa digunakan sebagai bahan tambahan pada salad dan makanan lainnya. Jika digunakan berulang kali. Margarin mengandung lebih sedikit lemak daripada mentega. stearat.3. kedelai. Minyak kelapa dapat digunakan untuk menggoreng karena struktur minyaknya yang memiliki ikatan rangkap sehingga minyaknya termasuk lemak tak jenuh yang sifatnya stabil. Suhu yang semakin tinggi dan semakin lama pemanasan. jagung. Bisa juga mengandung susu saringan. yang mengandung lemak lebih sedikit. garam dan pengemulsi. Minyak Goreng dan Margarin Minyak goreng adalah minyak yang berasal dari lemak tumbuhan atau hewan yang dimurnikan dan berbentuk cair dalam suhu kamar dan biasanya digunakan untuk menggoreng makanan. alokasi bahan baku untuk pasar domestik . Asam lemak tersebut adalah asam palmitat. Dalam upaya menjaga stabilitas harga minyak goreng di dalam negeri. Minyak yang baik adalah minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh yang lebih banyak dibandingkan dengan kandungan asam lemak jenuhnya. operasi pasar . asam lemak yang terkandung dalam minyak akan semakin jenuh. 3. bunga matahari. penetapan pajak ekspor. Beberapa minyak yang dipakai untuk menggoreng selain minyak kelapa sawit adalah minyak palm kernel. palm olein. Selain itu pada minyak kelapa terdapat asam lemak esensial yang tidak dapat disintesis oleh tubuh. 2. 7 . Minyak goreng biasanya bisa digunakan hingga 3 . atau minyak hewani. Ada juga margarin rendah kalori. dan zaitun. kedelai.[6] Selain itu terdapat juga minyak lain seperti minyak biji anggur. biji-bijian. Minyak goreng dari tumbuhan biasanya dihasilkan dari tanaman seperti kelapa. Minyak goreng sebagai 9 kebutuhan pokok manusia digunakan sebagai bahan memasak. oleat. dan linoleat. minyak dapat menjadi rusak karena penyimpanan yang salah dalam jangka waktu tertentu sehingga ikatan trigliserida pecah menjadi gliserol dan asam lemak bebas. sehingga margarin banyak digunakan sebagai pengganti mentega. Dengan demikian minyak tersebut dapat dikatakan telah rusak atau dapat disebut minyak jelantah. Bisa dibuat dari minyak nabati. palm stearin. minyak akan berubah warna. kacang-kacangan. Penggunaan minyak berkali-kali akan membuat ikatan rangkap minyak teroksidasi membentuk gugus peroksida dan monomer siklik. dan Tallow. Sedangkan Margarin ialah mentega buatan.4 kali penggorengan. Selain karena penggorengan berkali-kali.. kadar asam lemak jenuh akan semakin naik. dan kanola. minyak yang seperti ini dikatakan telah rusak dan berbahaya bagi kesehatan. Setelah penggorengan berkali-kali.[2]. Secara umum kebijakan pemerintah bertumpu pada tiga instrumen: sebagai berikut: 1.

8 . hidung. Gas metana adalah 23 kali lipat lebih berbahaya dari CO2 dan gas nitro oksida 296 kali lipat lebih berbahaya dari CO2. daging iga dan T-Bone sangat umum digunakan di Eropa dan di Amerika Serikat sebagai bahan pembuatan steak sehingga bagian sapi ini sangat banyak diperdagangkan. daging iga dan T-Bone sangat umum digunakan di Eropa dan di Amerika Serikat sebagai bahan pembuatan steak sehingga bagian sapi ini sangat banyak diperdagangkan. Di setiap daerah. Akan tetapi seperti di Indonesia dan di berbagai negara Asia lainnya daging ini banyak digunakan untuk makanan berbumbu dan bersantan seperti sup konro dan rendang. Memang secara global semua produksi daging seperti sapi. 37% gas metana dan 65% gas nitro oksida. Komparasinya adalah: Gas metana yang diperlukan untuk memproduksi 170 gram daging sapi dapat disamakan dengan gas karbon dioksida yang dihasilkan dari pemakaian lampu pijar selama 100 jam! Itu baru produksinya saja.4. Selain itu ada beberapa bagian daging sapi lain seperti lidah. jeroan dan buntut hanya digunakan di berbagai negara tertentu sebagai bahan dasar makanan. Di setiap daerah. hati. ayam dan ikan bertanggung jawab untuk +/. babi. Sebagai contoh has luar. hidung. DAGING SAPI Daging sapi (Bahasa Inggris: beef) adalah jaringan otot yang diperoleh dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan.20% untuk gas yang menyebabkan pemanasan global (global warming) yang terdiri dari 9% gas CO2. belum ditambah biaya transportasi dan biaya masak dengan tabung gas. Sebagai contoh has luar. hati. Akan tetapi seperti di Indonesia dan di berbagai negara Asia lainnya daging ini banyak digunakan untuk makanan berbumbu dan bersantan seperti sup konro dan rendang. jeroan dan buntut hanya digunakan di berbagai negara tertentu sebagai bahan dasar makanan. Daging Sapi dan Ayam a.Selain itu ada beberapa bagian daging sapi lain seperti lidah. penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung dari cara pengolahannya. penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung dari cara pengolahannya.

Ayam mentah dapat dibekukan sehingga dua bulan tanpa perubahan wujud dengan rasa atau tekstur. Biasanya. ceker ayam lebih jarang dimakan.E. Daging ayam selalu dihidangkan sebagai makanan dalam berbagai cara. Di Eropa. jantung. (dada. Ukiran-ukiran Babylon lebih dari sekitar 600 SM menampilkan ayam sebagai makanan. Kepala. pemakan daging ayam meningkat dari pemakan daging sapi dan anak sapi pada tahun 1996. serta bulu biasanya dibuang atau dikisar menjadi makanan berprotein untuk dimasukkan dalam makanan hewan lain. mungkin berhubungan mengenai penyakit sapi gila atau B. bergantung dengan hidangan itu.). sementara masakan Cina menyajikan ayam lengkap pada hidangan (termasuk kepala). DAGING AYAM Daging ayam didapatkan dari ayam ternak yaitu unggas yang paling banyak diternak di dunia. dan empedu diproses menjadi makanan. organ-organ dalam seperti paru-paru dan usus. Daging ayam biasanya dimasak sebelum dimakan karena daging ayam mentah mengandung salmonella. Ayam merupakan daging yang paling laris didapatkan ketika Zaman pertengahan. Organ dalam juga laris digunakan untuk yakitori.S. Penggunaan daging ayam di A. kaki. 9 .S. dsb.b. meskipun kurang lebih terdapat dalam masakan Cina. meningkat ketika Perang Dunia II akibat kekurangan daging sapi dan babi. paha. hati.

Pada umumnya jika telur di konsumsi secara langsung biasanya telur tersebut merupakan telur ayam kampung yang belum terkena obat-obatan. Untuk itu mari kita telik sedikit manfaat serta kandungan yang terdapat di telur ayam tersebut. selain itu telur ayam kanpung lebih sering digunakan sebagai campuran jamu atau campuran susu dan lainnya. melembabkan kulit. bahwasanya telur ayam dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi atau sebagai campuran roti. beta karoten. Ya pada biasanya untuk menangani seperti di atas dengan cara mengoleskannya. 1 0 . mengurangi radang kulit. Telur ayam kampung memiliki khasiat yang lebih baik dari pada telur ayam petelur. Pada penelitian yang dilakukan oleh Pennsylvania State University menghasilkan nutrisi esensial yang terdapat pada telur ayam kampung lebih tinggi dari pada ayam petelur. vitamin A. protein. Kandungan-kandungan tersebut seperti kolesterol dan lemak jenuh tersebut lebih tinggi pada ayam petelur. Hampir kandungan dari telur ayam kampung dua kali lipat lebih bagus dari pada telur ayam petelur. Namun terlepas manfaatnya kedua telur tersebut juga memiliki kandungan yang tidak baik bagi tubuh kita. mengencangkan kulit. mengecilkan pori-pori kulit. walaupun kandungan manfaatnya lebih sedikit tetapi tidak mengurangi cita rasa yang hampir sama. Nah sudah tahu kan kenapa telur ayam kampung lebih diminati dari pada telur ayam petelur. sebaiknya gantilah telur anda dengan telur ayam kampung agar lebih bermanfaat. lemak omega-3. pengembang adonan. Nah bagi anda yang memiliki penyakit seperti yang kami sebutkan di atas. Selain itu untuk kecantikan sendiri telur ayam dapat di pergunakan sebagai penghilang kantung mata yang menonjol. Mulai sebagai lauk pauk. menanggulangi kerusakan rambut dan lain sebagainya. Sedangkan kandungan lainnya seperti vitamin E. mengatasi rambut kering. Hal ini karena ayam petelur biasanya menggunakan obat-obatan sehingga telur yang di hasilkan pun mengurangi kadar manfaat yang ada di dalamnya. Akan tetapi telur ayam petelur juga baik dikonsumsi. Dalam kehidupanpun manusia tak luput untuk mengkonsumsi dan memanfaatkan telur tersebut. vitamin D. Akan tetapi cenderung lebih tinggi di ayam petelur sebab campuran obat untuk menghasilkan telurnya. campuran makanan. seperti jika halnya telur ayam kampung digunakan sebagai campuran jamu atau susu namuan telur ayam petelur juga dapat dimanfaatkan sebagai pengembang roti. konsumsi sehari-hari dan lain sebagainya. lecithin. dll hampir dari kandungan yang bermanfaat itu semua lebih unggul jauh dari pada telur ayam petelur. Terlepas itu semua bahwasannya telur-telur tersebut memiliki manfaat tersendiri. Hal ini yang menjadikan telur ayam popuyler di kalangan masyarakat. Namun taukah anda jika telur ayam dapat digunakan untuk kecantikan dan kesehatan? Untuk kesehatan sendiri ayam telur kampung dapat digunakan sebagai obat jantung koroner. namun terkadang ada juga yang dicampurkan bahan lainnya sehingga lebih bermanfaat lagi. maag dan mengatasi kelelahan. kencing manis. Telur Ayam Telur ayam merupakan makanan yang dapat kita makan secara langsung maupun melalui proses terlebih dahulu. sampai untuk kecantikan. Namun dari semua itu banyak manfaat yang dapat kita dapat dari telur-telur tersebut. Untuk kandungannya sendiri antara ayam petelur dengan telur ayam kampung sangatlah berbeda sekali.5.

susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia. setiap orang dianjurkan minum susu. yogurt. diantaranya:         Mencegah osteoporosis dan menjaga tulang tetap kuat. mengurangi plak dan mencegah gigi berlubang. maka susu memiliki manfaat yang tidak sedikit. Bagi anak-anak. Mencegah diabetes tipe 2. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. vitamin D. vitamin B12. Mencegah terjadinya kanker kolon atau kanker usus. untuk orang lanjut usia. susu berfungsi untuk pertumbuhan tulang yang membuat anak menjadi bertambah tinggi. vitamin A. Untuk umur produktif. susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Menetralisir racun seperti logam atau timah yang mungkin terkandung dalam makanan. susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. merangsang air liur. es krim. Menurunkan tekanan darah. misalnya fosfor. Susu biasanya dikenal sebagai minuman penguat tulang dan gigi karena kandungan kalsium yang dimilikinya. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega.[ Oleh karena itu.[ Sementara itu. asam amino dan asam pantotenat. Tujuan dari ini agar orang tertarik untuk membeli dan minum susu. sebenarnya ada banyak kandungan nutrisi yang ada.[ Susu mengandung banyak vitamin dan protein. Mempercantik kulit. Tentu kandungan nutrisi ini bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh Anda. zinc. Mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatan mulut. Dewasa ini.6. keju. Sekarang banyak susu yang dikemas dalam bentuk yang unik. Susu mampu mengurangi keasaman mulut. Tetapi. susu membantu pertumbuhan mereka. Hal ini karena kandungan susu akan merangsang hormon melatonin yang akan membuat tubuh mengantuk. Membantu agar lebih cepat tidur. membuatnya lebih bersinar. vitamin B2. Ada juga susu yang berbentuk fermentasi. Susu Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina. Karena memiliki kandungan nutrisi tersebut. susu kental manis. 1 1 .

Selain sebagai sumber karbohidrat. biomarkers and prevention orang yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung betacryptoxanthin terbukti mengalami penurunan resiko kanker paru – paru sebesar 27%. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam the American institute for cancer research. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok.7. jagung banyak mengandung senyawa fitokimia dalam bentuk terikat yang kekuatan antioksidannya tidak kalah dengan antioksidan dalam buah dan sayuran. Tongkol jagung kaya akan pentosa. dan stroke. Jagung sangat direkomendasikan bagi para perokok karena mengandung betacryptoxanthin yang dapat menurunkan resiko kanker paru – paru. Asam folat juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan otak bayi saat kelahiran karena itu pada ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi jagung. Proses pemasakan jagung akan meningkatkan pengeluaran asam ferulat yaitu senyawa fitokimia yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan kanker. mencegah penyakit jantung. selain gandum dan padi. Jagung merupakan sumber thiamin (vitamin B1) yang sangat penting bagi kesehatan sel otak dan fungsi kognitif sebab thiamin dibutuhkan untuk membentuk acetylcholine yang berfungsi memaksimalkan komunikasi antar sel otak dalam proses berpikir dan konsentrasi jika kadar zat ini menurun maka akan menyebabkan pikun dan penyakit Alzheimer. dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). JAGUNG Jagung (Zea mays L. Komponen fitokimia bermanfaat membantu serat menurunkan resiko kanker terutama kanker usus. Salah satu kelebihan lain jagung adalah kandungan provitamin A yang tinggi dalam bentuk pigmen. hasil yang sama juga menunjukkan bahwa perokok yang mengkonsumsi jagung mengalami penurunan kanker paru – paru sesebesar 37% dibandingkan dengan perokok yang kurang mengkonsumsi jagung 1 2 . Selain itu dalam journal of agriculture and food chemistry menyatakan bahwa proses pemasakan pada suhu tinggi (115 C) dalam waktu lama (10-15 menit) akan meningkatkan aktivitas antioksidan jagung meskipun kandungan vitamin C-nya berkurang. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi. Homosistein merupakan suatu jenis asam amino yang bila kadarnya meningkat dalam darah dapat merusak pembuluh darah sehingga meningkatkan serangan jantung dan stroke. dibuat tepung (dari bulir. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan. diambil minyaknya (dari bulir). jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya). menjaga kesehatan kulit. Jagung juga mengandung asam pentotenat (vitamin B5) yang berperan dalam proses metabolisme karbohidrat. Menurut journal cancer epidemiology.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting. yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung kaya akan lemak nabati sehingga sering diolah untuk diambil minyaknya yang merupakan sumber asam lemak omega-6 yang bermanfaat dalam proses pertumbuhan anak. Selain mengandung serat yang pentin untuk menurunkan kadar kolesterol jagung juga kaya akan asam folat yang berperan menurunkan kadar homosistein dalam pembuluh darah. Jagung dan Sagu a. dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena). jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. protein dan lemak untuk diubah menjadi energi.

di wilayah Indonesia Bagian Timur. saat ini sagu juga diolah menjadi mi dan mutiara. Dalam resep masakan. 10mg kalsium. lapia atau napia di Ambon. kresula. seperti Kirai di Jawa Barat. 0. atau dalam bentuk-bentuk yang lain.5 gram serat. karoten. Tepung sagu memiliki ciri fisik yang mirip dengan tepung tapioka. SAGU Sagu adalah butiran atau tepung yang diperoleh dari teras batang pohon sagu atau rumbia (Metroxylon sago Rottb. Kondisi ini memiliki keuntungan ekologis tersendiri. saat ini sagu juga diolah menjadi mi dan mutiara.b. bulung. Dalam resep masakan. Sebagai sumber karbohidrat. tepung sagu yang relatif sulit diperoleh sering diganti dengan tepung tapioka. 0. tumba di Gorontalo.Perbedaannya hanyalah pada bahan pembuatnya jika tepung sagu terbuat dari pati pohon sagu. Sagu sendiri dijual sebagai tepung curah maupun yang dipadatkan dan dikemas dengan daun pisang.). Ini terjadi akibat kandungan tinggi pati di dalam teras batang maupun proses pemanenannya. Tepung sagu memiliki ciri fisik yang mirip dengan tepung tapioka. semacam bubur. Di dalamnya rata-rata terkandung 94 gram karbohidrat. terutama di Maluku dan Irian Jaya. rembulung. 1. Selain itu. walaupun secara ekonomis kurang menguntungkan (menyulitkan distribusi). Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Maluku dan Papua yang tinggal di pesisir. Pogalu atau tabaro di Toraja. Selain itu. 1 3 . sagu sejak lama dipergunakan sebagai makanan pokok oleh sebagian penduduknya.Sagu sendiri dijual sebagai tepung curah maupun yang dipadatkan dan dikemas dengan daun pisang. Bubuk sagu dihasilkan dengan cara mengekstraksi pati dari umbi atau empulur batang yang dapat diolah menjadi berbagai makanan. Sagu dikenal dengan banyak nama. dan rambiam atau rabi di Kepulauan Aru. tepung tapioka atau kanji terbuat dari pati umbi ketela pohon. Seratus gram sagu kering setara dengan 355 kalori. Tepung sagu kaya dengan karbohidrat (pati) namun sangat miskin gizi lainnya.2mg besi. Sagu adalah butiran atau tepung yang diperoleh dari teras batang pohon sagu atau rumbia (Metroxylon Sago Rottb. meskipun keduanya sebenarnya berbeda. dan asam askorbat dalam jumlah sangat kecil. tepung sagu yang relatif sulit diperoleh sering diganti dengan tepung tapioka.2 gram protein. tiamin. dan lemak. bulu.). sagu memiliki keunikan karena diproduksi di daerah rawa-rawa (habitat alami rumbia). atau resula di Jawa Tengah. meskipun keduanya sebenarnya berbeda. Sagu dimakan dalam bentuk papeda.

Sebuah bentuk dari minyak tanah dikenal sebagai RP-1 dibakar dengan oksigen cair sebagai bahan bakar roket. Jet-A. Biasanya. Minyak tanah dapat juga diproduksi oleh hidrocracker. terutama mengenai titik uap dan titik beku. untuk mengurangi kadar belerang dan pengaratannya. Pada suatu waktu dia banyak digunakan dalam lampu minyak tanah tetapi sekarang utamanya digunakan sebagai bahan bakar mesin jet (lebih teknikal Avtur. JP-4 atau JP-8). malam). 1 4 . Penggunaanya sebagai bahan bakar untuk memasak terbatas di negara berkembang. dalam sebuah unit Merox atau hidrotreater. setelah melalui proses penyulingan seperlunya dan masih tidak murni dan bahkan memilki pengotor (debris). Dia diperoleh dengan cara distilasi fraksional dari petroleum pada 150 °C and 275 °C (rantai karbon dari C12 sampai C15). Minyak Tanah dan Gas ELPIJI a. Avtur (bahan bakar mesin jet) adalah minyak tanah dengan spesifikasi yang diperketat. Nama kerosene diturunkan dari bahasa Yunani keros (κερωσ. Jet-B. MINYAK TANAH Minyak tanah (bahasa Inggris: kerosene atau paraffin).8. (bahasa Jawa:lengo gas) adalah cairan hidrokarbon yang tak berwarna dan mudah terbakar. minyak tanah didistilasi langsung dari minyak mentah membutuhkan perawatan khusus. yang digunakan untuk memperbaiki kualitas bagian dari minyak mentah yang akan bagus untuk bahan bakar minyak.

harafiah: "gas minyak bumi yang dicairkan"). adalah campuran dari berbagai unsur hidrokarbon yang berasal dari gas alam. LPG (liquified petroleum gas. Volume elpiji dalam bentuk cair lebih kecil dibandingkan dalam bentuk gas untuk berat yang sama. Spesifikasi masing-masing elpiji tercantum dalam keputusan Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi Nomor: 25K/36/DDJM/1990. Elpiji juga cukup banyak digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor (walaupun mesin kendaraannya harus dimodifikasi terlebih dahulu). GAS ELPIJI Elpiji.2 MPa (22 bar) bagi propana murni pada 55 °C (131 °F). gas berubah menjadi cair. Tekanan elpiji cukup besar (tekanan uap sekitar 120 psig). Dalam kondisi atmosfer. dinamakan tekanan uap-nya. sebagai contoh. Dengan menambah tekanan dan menurunkan suhunya. Pada awalnya. Elpiji yang dipasarkan Pertamina adalah elpiji campuran. Karena itu elpiji dipasarkan dalam bentuk cair dalam tabung-tabung logam bertekanan. tekanan dan temperatur. tetapi biasaya sekitar 250:1. dibutuhkan tekanan sekitar 220 kPa (2. Rasio antara volume gas bila menguap dengan gas dalam keadaan cair bervariasi tergantung komposisi. dan sekitar 2. elpiji akan berbentuk gas. Menyadari itu Pertamina menambahkan gas mercaptan. sehingga kebocoran elpiji akan membentuk gas secara cepat dan mengubah volumenya menjadi lebih besar. Tekanan di mana elpiji berbentuk cair. misalnya etana (C2H6) dan pentana (C5H12). tabung elpiji tidak diisi secara penuh. Langkah itu sangat berguna untuk mendeteksi bila terjadi kebocoran tabung gas. Penggunaan Elpiji di Indonesia terutama adalah sebagai bahan bakar alat dapur (terutama kompor gas). Elpiji juga mengandung hidrokarbon ringan lain dalam jumlah kecil.2 bar) bagi butana murni pada 20 °C (68 °F) agar mencair. Salah satu risiko penggunaan elpiji adalah terjadinya kebocoran pada tabung atau instalasi gas sehingga bila terkena api dapat menyebabkan kebakaran. pelafalan bahasa Indonesia dari akronim bahasa Inggris. elpiji dibagi menjadi tiga jenis yaitu elpiji campuran. elpiji propana dan elpiji butana. yang baunya khas dan menusuk hidung.b. 1 5 . Menurut spesifikasinya. hanya sekitar 80-85% dari kapasitasnya. Untuk memungkinkan terjadinya ekspansi panas (thermal expansion) dari cairan yang dikandungnya. Selain sebagai bahan bakar alat dapur. juga bervariasi tergantung komposisi dan temperatur. tapi bila demikian akan sulit dideteksi apabila terjadi kebocoran pada tabung gas. Komponennya didominasi propana (C3H8) dan butana (C4H10). gas elpiji tidak berbau.

garam ini memunyai komposisi terdiri dari campuran nacl. dan lainnya.9. nai. Yodium berperan penting untuk membantu perkembangan kecerdasan atau kepandaian pada anak. 1 6 . penggunaan garam rendah natrium terutama ditujukan untuk penderita tekanan darah tinggi yang tidak diperbolehkan mengonsumsi garam dapur biasa. jenis garam lain yang kurang populer penggunaannya di indonesia dalah salt low sodium (garam rendah natrium) merupakan garam dengan kandungan nacl yang lebih rendah daripada garam konsumsi biasa. serta banyak digunakan untuk bahan tambahan dalam industri pangan. ki. pemilihan garam sebagai media iodisasi didasarkan data. yaitu dengan proses fortifikasi (penambahan) garam menggunakan garam iodida atau iodat seperti kio3. Garam Beryodium Zat mineral yodium biasanya terdapat pada garam dapur yang tersedia bebas di pasaran. gondong atau gondongan. namun tidak semua jenis dan merk garam dapur mengandung yodium. yaitu sekira 24 gram/100ml. mgcl2. dan kcl dengan perbandingan tertentu. didukung sifat kelarutan garam yang mudah larut dalam air. garam merupakan bumbu dapur yang pasti digunakan di rumah tangga. garam dapur merupakan media yang telah lama digunakan untuk pemberantasan gangguan akibat kekurangan iodium (gaki). sehingga diharapkan keberhasilan program gaki akan tinggi. Yodium berfungsi untuk membentuk zat tirosin yang terbentuk pada kelenjar tiroid. Yodium juga dapat membatu mencegah penyakit gondok. selain itu.