ANEKA SANDI – SANDI PRAMUKA

Sandi di dalam Kepramukaan adalah salah satu media pembelajaran yang baik bagi peserta didik baik pramuka siaga, penggalang, penegak maupun pandega karena dapat melatih ketelitian, daya ingat, kecerdasan dan konsentrasi. Pemakaian sandi dalam menyampaikan ilmu pun harus disesuaikan dengan golongan pramuka itu sendiri sehingga dapat diterima dengan mudah namun tujuan dari pembelajaran itu tetap tercapai. Ada banyak macam-macam sandi dalam kepramukaan dan kedudukannya pun tidak harus baku, sehingga nama, jenis dan cara untuk menjawabnya pun dapat berbeda menyesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah . SANDI MORSE A : .B : -… C : -.-. D : -.. E:. F : ..-. G : –. H : …. I : .. . SANDI SUNGAI Sandi sungai juga biasa disebut dengan istilah sandi 5 per 8, karena sandi sederhana ini memiliki 8 buah kolom dan 5 buah baris. Untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan kunci di bawah ini. J : .— K : -.L : .-.. M:– N : -. O:— P : .–. Q : –.R : .-. S:… T:U : ..V : …W : .– X : -..Y : -.– Z : –.. 1 : .—2 3 4 5 6 7 8 9 0 : : : : : : : : : .—…– ….….. -…. –… —.. —-. —–

Cara menulis :Huruf yang berlawanan atau berseberangan. Contoh : OZO LOWOEO VOQPOQ BYHOS Dibaca : ADA BAHAYAN JANGAN LEWAT . SANDI TANGGAL . SANDI ULAR .

SANDI RUMPUT . SANDI SISIPAN . Contoh soal : AP. MP. SANDI MERAH PUTIH Contoh Sandi MERAH PUTIH : Kunci : MERAH PUTIH Kunci yang ditampilkan di papan dapat ditulis seperti contoh di atas. HP AP = P MP= A RI = N MI = D . MI. RI..

SANDI LANGKAH . .HP = U . SANDI LINGKARAN .

SANDI KOTAK I . SANDI KOTAK III . SANDI KOTAK II .

. SANDI ARAH MATA ANGIN (KOMPAS) . SANDI KOORDINAT .

. SANDI KEMBANG . SANDI KIMIA . SANDI JAM .

. . SANDI DATAR . SANDI GAMBAR .

. SANDI BALIK . SANDI BACA I (SATU) .SANDI CINA .

SANDI ANGKA . SANDI ANGKA 1 . SANDI ANGKA 2 .

Contoh : 5 0. SANDI A=Z . SANDI BRAILLE .(=) 1 2 Dibaca : DUNIA . SANDI ABJAD .

2. adalah lubang dengan kawat halus untuk membidik sasaran. Bagian-bagian penting dari Kompas : 1. harus mengetahui benar tentang Kompas.. Dial. maka ia tidak akan tersesat dalam perjalanan/pengembaraan. Seorang pengembara dan ahli berkemah. . ia akan dapat mengikuti jalan yang tertera dalam Peta. Dengan bersemboyan pada Kompas. Kompas Kompas adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menetapkan/menunjukkan arah mata angin. . Visir. SANDI GUDEP SEDIA . adalah permukaan Kompas dimana tertera angka derajat dan huruf mata angin.

kadang-kadang berbencah-bencah.3. digunakan untuk melihat derajat Kompas. searah dengan sasaran bidik agar mudah terlihat melalui kaca pembesar. kaca pembesar. Jarum Penunjuk. luruskan garis yang terdapat pada tutup Dial ke arah Visir. Sebelum menuju sasaran. Carilah sebuah benda yang menonjol/tinggi diantara benda lain disekitarnya. Ditempat itu kita Melambung (keluar dari route) dengan tidak kehilangan jalur menuju 30o. adalah alat yang menunjuk Utara Magnet. Alat Penyangkut adalah tempat ibu jari untuk menopang Kompas saat membidik. Gambar penampang kompas Cara Mempergunakan Kompas : 1. perlu ditetapkan terlebih dahulu Sasaran Balik (Back Azimuth atau Back Reading) agar kita dapat kembali kepangkalan apabila tersesat dalam perialanan. melalui celah pada. Tutup Dial dengan dua garis bersudut 45o yang dapat diputar. Bidik sasaran melalui Visir. o Mengintai derajat Kompas pada Dial. Apabila sasaran bidik 30o maka bidiklah ke arah 30o. 5. setelah jarum Kompas tidak bergerak maka jarum tersebut dan menunjukkan ARAH UTARA MAGNET. 4. 5. Cara melihat Kompas dan membidik sasaran Rumus Back Azimuth/Back Reading . 4. Apabila Visir diragukan karena kurang jelas terlihat dari kaca pembesar. Sebelum bergerak ke arah sasaran bidik. Letakkan Kompas di atas permukaan yang datar. 3. sebab route ke 30o tidak selalu datar atau kering. 2. setelah itu miringkan kaca pembesar kira-kira bersudut 50o dengan kaca dial. 6. Kaca Pembesar. membidik sasaran. tetapkan terlebih dahulu Titik sasaran sepanjang jalur 30o. Kaca pembesar tersebut berfungsi sebagai : o Membidik ke arah Visir.

Apabila sasaran lebih dari 180o = dikurang 180o 180o – 360o = X – 180o Contoh : 30o sasaran baliknya adalah 30o + 180o = 210o 240o sasaran baliknya adalah 240o – 180o = 60o .1. Apabila sasaran kurang dari 180o = ditambah 180o 0o – 180o = X + 180o 2.