LATAR BELAKANG

LATAR BELAKANG Islam merupakan agama yang santun karena untuk menjalankan kehidupan yang diberi oleh Allah

Swt. ini islam sangat menjunjung tinggi pentingnya etika, moral, dan akhlak. Islam merupakan salah satu agama samawi yang meletakan nilai-nilai kemanusia atau hubungan personal, interpersonal dan masyarakat secara agung dan luhur, tidak ada perbedaan satu sama lain dan kedamaian yang mengikat semua aspek manusia. Karena Islam yang berakar pada kata “salima” dapat diartikan sebagai sebuah kedamaian yang hadir dalam diri manusia dan itu sifatnya fitrah. Pada era globalisasi ini tak sedikit oarng yang mengabaikan masalah etika, moral dan akhlak dalam kehidupannya. Pengaruh teknologi yang semakin canggih merupakan salah factor eksternal yang sedikit banyak meracuni pola fikir remaja, dewasa, bahkan orang tua. Adanya ketidakmampuan memfilter suatu informasi atau contoh perilaku yang mereka dapat dari kemajuan teknologi tersebut membuat mereka membenarkan dan menerapkan apa yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari – hari dan bertindak apa adanya tanpa berfikir baik dan buruknya perbuatan tersebut menurut syariat islam. Arus globalisasi semakin membutakan mata manusia terhadap kehidupan Islami. Dien yang hanif/ lurus ini semakin hari semakin dianggap asing oleh manusia, bahkan oleh kaum muslimin sendiri. Mayoritas kaum lelaki dan wanita muslim sudah tidak mengetahui lagi jalan kehidupan yang kelak akan menyelamatkan dirinya. Di antara mereka ada suami, para istri dan anak-anak yang menjadi korban dari kebutaan ini. Mereka satu demi satu telah keluar dari dari jalur relnya. Jika Dien/ agama ini telah ditinggalkan, maka ketenangan, keharmonisan, kedamaian, keamanan dan keberkahan semakin jauh dari kehidupan manusia, baik kehidupan inividu maupun masyarakat. Salah satu contoh nyata yang sekarang ini sering kita temui adalah sikap seorang istri yang semena – mena terhadap suaminya, yang sering menuntut haknya ke suami untuk dipenuhi kebutuhan hidupnya dengan mengesampingkan kewajibannya sebagai seorang istri. Hal ini tentu tidak sesuai dengan syariat Islam. Oleh karena itu, para calon istri sebelum membina suatu bahtera rumah tangga sebaiknya belajar dan memahami apa – apa saja yang menjadi hak dan kewajibannya sebagai seorang istri agar dalam menjalani hidup nanti bisa diperoleh keseimbangan dan bisa menjadi wanita yang solehah.

Tujuan khusus Melengkapi uji kompentensi mata kuliah Agama Islam II . b. Apa saja yang menjadi hak dan kewajiban istri terhadap suami? 2. Apakah manfaat penerapan etika. dan akhlak sebagai calon istri atau istri terhadap suaminya.RUMUSAN MASALAH 1. moral dan akhlak sebagai seorang istri terhadap suami? TUJUAN a. moral. Tujuan umum Diharapkan baik penyusun maupun pembaca dapat lebih memahami dan menerapakan perihal etika. Sehingga baik penyusun maupun pembaca dapat menjadi contoh yang baik bagi lingkungannya.

buruk. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sedangkan dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia. etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral). Istilah moral biasanya dipergunakan untuk menentukan batas-batas suatu perbuatan. sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Ayat tersebut mengisyaratkan bahwa moral Islam adalah takwa itu sendiri. terbuka. Etika Islam memiliki karakteristik sebagai berikut: . kelakuan. baik. Etika sangat erat hubungannya dengan moral. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. kultur. Dalam kamus umum bahasa Indonesia dikatakan bahwa moral adalah penetuan baik buruk terhadap perbuatan dan kelakuan. Seorang Muslim yang bersikap demikian akan mengarahkan pandangan hidupnya pada spektrum yang luas. Al-Ghazali menyebut moral Islam sebagai tingkah laku seseorang yang muncul secara otomatis berdasarkan kepatuhan dan kepasrahan pada pesan (ketentuan) Allah Yang Mahauniversal. ''Hai manusia. salah. Artinya dengan kekuatan takwanya. etika yang diajarkan dalam islam berbeda dengan etika filsafat. Inilah yang dimaksud dengan firman Allah SWT. Etika menurut filasafat dapat disebut sebagai ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran.1. dan fanatisme kelompok. Didalam islam.layak atau tidak layak. PENGERTIAN ETIKA Etika dari segi etimologi (ilmu asal usul kata).patut maupun tidak patut. tidak berpandangan sempit ataupun eksklusif. seorang Muslim mampu menanamkan moral Islam di tengah-tengah perbedaan sosial dan budaya masyarakat secara toleran. etika berasal dari bahasa yunani. Ia dapat menerima realitas sosial yang beragam dan memupuk pergaulan dengan berbagai kalangan tanpa membatasi diri dengan sekat agama. sifat dan perangkai dinyatakan benar.'' (QS Al-Hujurat [49]: 13). demokratis. ”ethos” yang berarti watak kesusilaan atau adat. dan tanpa mengklaim dirinya paling benar.

php?option=com_content&view=article&id=273:prinsip-moraldalam-islam&catid=34:hukum&Itemid=96 .go. 4. Etika Islam mengatur dan mengarahkan fitrah manusia kejenjang akhlak yang luhur dan mulia serta meluruskan perbuatan manusia sebagai upaya memanusiakan manusia Etika islam merupakan pedoman mengenai perilaku individu maupun masyarakat di segala aspek kehidupan yang sesuai dengan ajaran islam (Teguh.2010) http://www.1. Etika Islam menetapkan bahwa yang menjadi sumber moral. www. 3.id/index.com.teguhsantoso.pa-biak. ukuran baik dan buruknya perbuatan seseorang didasarkan kepada al-Qur‟an dan al-Hadits yang shohih. Etika Islam bersifat universal dan komprehensif. Etika Islam mengajarkan dan menuntun manusia kepada tingkah laku yang baik dan menjauhkan diri dari tingkah laku yang burukl. dapat diterima dan dijadikan pedoman oleh seluruh umat manusia kapanpun dan dimanapun mereka berada. 2.

Dalam pandangan Al-Quran yang wajar memimpin adalah bapak (suami). ibu( istri) atau bapah (suami). tidak suka membicarakan sesuatu yang tidak berguna. Secara teoritis. akan tetapi para suami mempunyai satu tingkatan kelebihan dari isterinya. bahwa kalian mempunyai hak-hak atas wanita-wanita (istri-istri) kalian. pemimpin tersebut bisa anak. atau ayah dan ibu. Oleh karena itu yang tertuju hanya kepada bapak dan ibu. dan suami (laki-laki) diberi tambahan derajat atas wanita (istri) karena alasan-alasan khusus. karena suami istri adalah laksana dua mitra di . Hak-hak yang sama di antara suarni-istri adalah sebagian berikut: 1. asal bukan hal yang melanggar syariah Islam. dan etika tersebut adalah hak atas pasangannya yang lain berdasarkan dalil-dalil berikut. "Ketahuilah. sedikit bicara. Seperti yang terkandung dalam QS An-Nisa “Para lelaki (suami) adalah pemimpin para perempuan (istri). KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DALAM ISLAM Unit terkecil dari sebuah keluarga adalah suami dan istri. Sabda Rasulullah saw. Dan Allah Maha perkasa lagi Maha bijaksana. Hak-hak ini. Dalam unit ini tentunya dibutuhkan seorang pemimpin dalam menjalani bahtera rumah tangga.". "Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang baik. Amanah Masing-masing suami-istri harus bersikap amanah terhadap pasangannya.2. tidak cerewet dan tidak suka bersuara hingar-bingar serta setia kepada suaminya. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. Ayat tersebut menegaskan bahwa setiap suami-istri mempunyai hak atas pasangannya. di Haji Wada'. bijaksana. berketurunan. Sepertinya anak jika dijadikan sebagai pemimpin sangat jelas ketidakmampuannya. Kewajiban pertama seorang istri terhadap suaminya adalah mentaati segala perintahnya. dan tidak mengkhianatinya sedikit atau banyak. dan sesungguhnya wanitawanita (istri-istri) kalian mempunyai hak-hak atas kalian." (Diriwayatkan para pemilik Sunan dan At-Tirmidzi men-shahih-kan hadits ini). sebagian sama di antara suami-istri dan sebagiannya tidak sama. dan anak yang bernaung dibawah satu rumah tangga. "Dan sebaik-baik istri adalah yang taat kepada suaminya. Orang Muslim meyakini adanya etika timbal balik antara suami dan istri. Firman Allah Ta „ala." (Al-Baqarah: 228).

"Barangsiapa tidak menyayangi ia tidak akan disayangi.Ikatan suami-istri itu memperkuat. "Salah seorang dan kalian tidak beriman hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. Dan karena sabda Rasulullah saw. Cinta kasih Artinya. "Perlakukan wanita dengan baik. "Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara. 3." (Ar-Ruum: 21)." (HR Ath-Thabrani dengan sanad yang baik). jujur." (HR Bukhari. supaya kalian cenderung dan merasa tenteram kepadanya.mana pada keduanya harus ada sifat amanah.Dengan cara seperti itu.Itulah perlakuan baik yang diperintahkan Rasulullah saw. Oleh karena itu. dan keikhlasannya. seperti lemah lembut dalam pergaulan sehari-hari. "Dan bergaullah dengan mereka dengan cara yang baik. masing-masing suami-istri merasa. dan tidak menasihatinya? Atau bagaimana seseorang itu kok menipu dirinya sendiri. dan ikhlas dalam semua urusan pribadi keduanya. ucapan yang baik. Itulah pergaulan baik yang diperintahkan Allah Ta„ala dalam firman-Nya. nasihatnya." (AnNisa': 19). dan penghormatan. dan tidak boleh meragukan kejujurannya. . Saling percaya Artinya masing-masing suami-istri harus mempercayai pasangannya. penghargaan. dan mengokohkan ikatan (ukhuwwah) iman. karena firman Allah Ta„ala. saling menasihati. 2. wajah yang berseri-seri. dan memperdayainya? 4.. Muslim.. bahwa dirinya adalah pribadi pasangannya." (HR Muslim)." (Al Hujurat: 10). Dan karena sabda Rasulullah saw. bagaimana ia tidak mempercayai dirinya sendiri. dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. dalam sabdanya. dan lain-lain). "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untuk kalian istri-istri dari jenis kalian sendiri. masing-masing suami-istri harus memberikan cinta kasih yang tulus kepada pasangannya sepanjang hidupnya karena firman Allah Ta„ala. dan urusan umum keduanya. Etika umum.

" (A1-Baqarah: 237). 2. karena firman Allah Ta„ala. Jika istri tidak taat kepadanya. "Wanita-wanita yang kalian khawatirkan nusyuznya (pembangkangannya)." (An-Nisa': 34). ia berhak memukul dengan pukulan yang tidak melukainya. "Dan janganlah kalian melupakan keutamaan di antara kalian." (An-Nisa': 21). dan etika-etika yang harus dikerjakan masing-masing suami-istri terhadap pasangannya adalah sebagai berikut: Hak-hak Istri atas Suami Terhadap istrinya. engkau memberinya pakaian jika engkau berpakaian. dan pukullah mereka. "Dan bergaullah dengan mereka dengan cara yang baik. tidak menjelek-jelekkannya. "Ketahuilah bahwa hak-hak wanita-wanita atas kalian ialah hendaknya kalian berbuat baik kepada mereka dengan memberi mereka makan dan pakaian. ia pisah ranjang dengannya. Adapun hak-hak khusus. Kemudian jika mereka mentaati kalian. seorang suami harus menjalankan etika-etika berikut ini: 1. maka janganlah kalian mencari-cari jalan untuk menyusahkan mereka. Sesungguhnya Allah Maha Melihat segala apa yang kalian kerjakan. tidak memukul wajahnya." (HR Abu Daud dengan sanad yang baik). Dan karena taat kepada Allah Ta„ala yang berfirman. "Hendaknya engkau memberinya makan jika engkau makan. "Bagaimana kalian akan mengambilnya kembali. Sabda Rasulullah saw. "Laki-laki Mukmin tidak boleh membenci wanita Mukminah. tidak mengucurkan darah. Sabda Rasulullah saw. dan tidak mendiamkannya kecuali di dalam rumah. Mengajarkan persoalan-persoalan yang urgen dalam agama kepada istri jika belum mengetahuinya. dan mendidiknya jika ia khawatir istrinya membangkang seperti diperintahkan Allah Ta„ala kepadanya dengan menasihatinya tanpa mencaci-maki atau menjelek-jelekkannya. Jika istri tetap tidak taat." (An-Nisa': 19). maka nasihatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka. kepada orang yang bertanya kepada beliau tentang hak istri atas dirinya. dan membuat salah satu organ tubuhnya tidak dapat menjalankan tugasnya." Sabda Rasulullah saw. Dan mereka (istri-istri) telah mengambil dari kalian penjanjian yang kuat." (HR Muslim dan Ahmad). Ia memberi istrinya makan jika ia makan. dan masing-masing dan keduanya harus memberikan hak-hak tersebut kepada pasangannya untuk merealisir perjanjian kuat yang diisyaratkan firman Allah Ta„ala. memberinya pakaian jika ia berpakaian. tidak meninggalkan luka. atau mengizinkannya menghadiri forum-forum ilmiah untuk belajar di ..Inilah sebagian hak-hak bersama antar suami-istri. padahal sebagian kalian telah bergaul (bercampur) dengan yang lain sebagai suami istri. Jika ia membenci sesuatu pada pisiknya.. Memperlakukannya dengan baik karena dalil-dalil berikut: Firman Allah Ta„ala. ia menyenangi lainnya.

kebutuhan untuk memperbaiki kualitas agama.dalamnya. sebab ia adalah penanggung jawab tentang istrinya dan diperintahkan menjaganya. bersabda. atau bertindak zhalim. dan menyucikan jiwanya itu tidak lebih sedikit dan kebutuhannya terhadap makanan. Itu semua berdasarkan dalil-dalil berikut: Firman Allah Ta„ala. jika ia mempunyai istri lebih dan satu. Wanita termasuk bagian dan keluarga laki-laki. maka kawinilah) seorang saja. hendaklah kalian memperlakukan wanita-wanita dengan baik." (Muttafaq Alaih). Mewajibkan istri melaksanakan ajaran-ajaran Islam beserta etika-etikanya. dan aku orang terbaik dan kalian terhadap keluarganya. memberikan perlindungan yang memadai kepadanya dengan tidak mengizinkannya merusak akhlak atau agamanya.. dan tidak membuka kesempatan baginya untuk menjadi wanita fasik terhadap perintah Allah Ta„ala dan Rasul-Nya. Rasulullah saw. Sabda Rasulullah saw. dan melindunginya. Dan berdasarkan sabda Rasulullah saw. mewasiatkan perlakuan yang baik terhadap istri-istri dalam sabdanya. "Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita." (HR Ath-Thabrani dengan sanad yang baik). Tidak membuka rahasia istrinya dan tidak membeberkan aibnya. "Sesungguhnya manusia yang paling jelek kedudukannya di sisi Allah ialah suami yang menggauli istrinya. melarangnya buka aurat dan berhubungan bebas (ikhtilath) dengan laki-laki yang bukan muhrimnya. berdasarkan firman Allah Ta„ala." (An-Nisa' 34). "Orang terbaik dan kalian ialah orang yang paling baik terhadap keluarganya. kemudian ia membeberkan rahasia hubungan suami-istri tersebut. rumah. karena ini diharamkan Allah Ta„ala dalam firman-Nya. dan tidur di ranjang. "Seorang suami adalah pemimpin di rumahnya. atau budak-budak wanita yang kalian miliki. menjamin bisa istiqamah (konsisten) dan urusannya menjadi baik. dan penjagaan dirinya dan api neraka ialah dengan iman. Rasulullah saw. minuman. 5. atau berbuat dosa. sebab ia orang yang diberi kepercayaan terhadapnya. dan mengayominya. Ia tidak boleh bersikap curang dalam hal-hal tersebut. 4. Berlaku adil terhadap istrinya dan terhadap istri-istrinya yang lain. "Ketahuilah. dan ia akan diminta pertanggungan jawab tentang kepemimpinannya. dan amal shalih. 3. Sebab. Di antara perlakuan yang baik terhadap istri ialah mengajarkan sesuatu yang bisa memperbaiki kualitas agamanya. pakaian. Amal shalih harus berdasarkan ilmu." (Diriwayatkan Muslim).. dituntut menjaga. dan istrinya bergaul dengannya. dan minuman yang wajib diberikan kepadanya. Ia berbuat adil terhadap mereka dalam makanan. dan pengetahuan sehingga ia bisa mengerjakannya seperti yang diperintahkan syariat. . peliharalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka. karena mereka adalah ibarat tawanan-tawanan pada kalian. "Kemudian jika kalian takut tidak akan dapat berlaku adil. "Hai orang-orang yang beriman." (Muttafaq Alaih)." (At-Tahrim: 6)." (An-Nisa': 3).

menjaga tangannya dari kejahatan. hartanya. dalam arti. "Seoranq istri adalah pemimpin di rumah suaminya. Sabda Rasulullah saw." (Muttafaq Alaih)." (An-Nisa': 148). menahan pandangan dan merendahkan suaranya. seorang istri harus menjalankan etika-etika berikut ini: 1. oleh karena Allah telah memelihara (mereka)." (An-Nisa': 34). dan menjaga mulutnya dari perkataan kotor yang bisa melukai kedua orang tua suaminya. 2. "Allah tidak menyukai ucapan buruk. atau sanak keluarganya." (Al-Ahzab: 33). "Dan hendaklah kalian tetap di rumah kalian dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu. maka janganlah kalian mencaricari jalan untuk menyusahkan mereka. Menjaga kehormatan suaminya. "Maka janganlah kalian tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya. karena dalil-dalil berikut: Firman Allah Ta„ala." (HR Abu Daud dan Al-Hakim. dan urusan rumah tangga lainnya. "Kemudian jika mereka mentaati kalian. maka aku suruh seorang istri sujud kepada suaminya. "Seandainya aku suruh seseorang untuk sujud kepada orang lain.. Sabda Rasulullah saw. karena dalil-dalil berikut: Firman Allah Ta„ala. Taat kepadanya selama tidak dalam kemaksiatan kepada Allah Th „ala. At-Tirmidzi meng-shahih-kan hadits mi).. Tetap berada di rumah suami." (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah). "Maka hak kalian atas istri-istri kalian ialah hendaknya orang-orang yang kalian benci tidak boleh menginjak ranjang-ranjang kalian. "Jika seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidur. dan mereka tidak boleh memberi izin masuk ke rumah kepada orang orang yang tidak kalian sukai." (Muttafaq Alaih). karena dalil-dalil berikut: Firman Allah Ta'ala." (Al-Ahzab: 32). 3. Sabda Rasulullah saw. dan suaminya pun marah kepadanya pada malam itu." (An-Nisa': 34). kemudian istrinya tidak datang kepadanya.Hak-hak Suami atas Istri Terhadap suaminya. . maka istrinya dilaknat para malaikat hingga pagi harinya. dan anaknya. anak-anaknya.. kemuliaanya. tidak keluar kecuali atas izin dan keridhaannya. "Maka wanita-wanita yang shalihah ialah wanita-wanita yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada.

Suami tidak boleh kikir dalam menafkahkan hartanya untuk istri dan anaknya. .Diantara kewajiban suami terhadap istri. yang paling baik akhlaknya dan paling ramah terhadap istrinya/keluarganya.Orang mukmin yang paling sempurna imannya ialah. tempat tinggal). atau Ensiklopedi Muslim: Minhajul Muslim. (An-Nisa‟: 34) … „Nusyuz‟ adalah: Kedurhakaan istri kepada suami dalam hal ketaatan kepada Allah." Sumber: Diadaptasi dari Abu Bakr Jabir al-Jazairi. Ahmad. (AI-Furqan: 74) . Minhaajul Muslim. pakaian. Menggaulinya dengan baik. 2002). ia menjagamu dengan menjaga dirinya dan menjaga hartamu. Jika istri salah seorang dari kalian meminta izin kepada kalian untuk pergi ke masjid. (b) Pisah kamar.net/new/keluarga/3221/etika-terhadap-suami-istri Adab Suami Kepada Istri . dan memelihara kemaluan mereka. Abu Daud. „Hendaklah mereka menahan pandangan mereka. (Tirmudzi) . Berlaku adil jika beristri lebih dari satu." (HR Muslim. Sabda Rasulullah saw.." (HR Muslim dan Ahmad). ia menyenangkanmu. (c) Memukul dengan pukulan yang tidak menyakitkan.Jika istri berbuat „Nusyuz‟. "Wanita (istri) terbaik ialah jika engkau melihat kepadanya.Suami hendaknya menyadari bahwa istri adalah suatu ujian dalam menjalankan agama. (AtTaghabun: 14) ..(Ath- . ia taat kepadamu. dan At Tirmidzi). Fadhli Bahri (Darul Falah. http://muslimdaily.Hendaknya senantiasa berdo‟a kepada Allah meminta istri yang sholehah. ialah: Membayar mahar. "Izinkan wanita-wanita pergi ke masjid pada malam hari. "Kalian jangan melarang wanita-wanita hamba-hamba Allah untuk pergi ke masjid-masjid Allah. (AI-Ghazali) . Jika engkau pergi darinya. terj. engkau jangan melarangnya." (An-Nuur: 31). Sabda Rasulullah saw.Seorang istri bisa menjadi musuh bagi suami dalam mentaati Allah clan Rasul-Nya. (At-aubah: 24) . kecuali yang (biasa) nampak daripadanya'."Katakanlah kepada wanita-wanita beriman. Sabda Rasulullah saw.. maka dianjurkan melakukan tindakan berikut ini secara berurutan: (a) Memberi nasehat. Jika engkau menyuruhnya. dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya. hlm. Memberi nafkah (makan. 138-145. .

Mentaati suami. (Abu Ya‟la) . Menyerahkan dirinya. dll. (AIGhazali) . (An-Nisa‟: 19) . dan tidak berpisah ranjang kecuali dalam rumah sendiri..Jika suami hendak meninggal dunia. tanpa kasar dan zhalim. (Tirmidzi) . Sebaiknya terkadang menyelisihi mereka. .Suami wajib menggauli istrinya dengan cara yang baik. b. (Nasa‟i) .Istri wajib mentaati suaminya selama bukan kemaksiatan. Dengan penuh kasih sayang. istihadhah.Suami wajib berlaku adil dan bijaksana terhadap istri.Suami hendaknya bersabar dalam menghadapi sikap buruk istrinya. . (An-Nisa‟: 3) . memberinya pakaian. ada keberkahan.Thalaq: 7) . maka dianjurkan berwasiat terlebih dahulu kepada istrinya. (Al-Baqarah: 228) . ialah: a.Suami wajib mengajarkan istrinya ilmu-ilmu yang berkaitan dengan wanita (hukumhukum haidh. dan menyuruhnya untuk selalu taat kepada Allah dan Rasul-Nya. (Baihaqi. Dalam menyelisihi mereka.Suami tidak boleh membuka aib istri kepada siapapun.Suami wajib memberi makan istrinya apa yang ia makan. At-Tahrim : 6.Hendaknya istri menyadari clan menerima dengan ikhlas bahwa kaum laki-Iaki adalah pemimpin kaum wanita. bimbingan agama kepada istrinya.Apabila istri tidak mentaati suami (durhaka kepada suami).Hendaknya istri menyadari bahwa hak (kedudukan) suami setingkat lebih tinggi daripada istri.Hendaklah jangan selalu mentaati istri dalam kehidupan rumah tangga. Umar bin Khattab ra.Diantara kewajiban istri terhadap suaminya. (AI-Ahzab: 34. Adab Isteri Kepada Suami . (AI-Ghazali) . tidak memukul wajahnya. maka suami wajib mendidiknya dan membawanya kepada ketaatan.). Muttafaqun Alaih) . (An-Nisa‟: 34) . Hasan Bashri) .Suami wajib selalu memberikan pengertian. (AI-Baqarah: ?40) 3. (An-Nisa‟: 39) . tidak menghinanya.Suami dilarang berlaku kasar terhadap istrinya. (Abu Dawud). walaupun secara paksa.

Ada empat cobaan berat dalam pernikahan. lalu sang istri menolaknya. Allah swt. (Hasan Al-Bashri) . mengampuni dosa-dosa seorang Istri yang mendahulukan hak suaminya daripada hak orang tuanya. dan sangat jarang ke luar . Istri yang meninggal dunia dalam keridhaan suaminya akan masuk surga. (Muttafaqun Alaih) . (Ibnu Majah.Istri hendaknya senantiasa membuat dirinya selalu menarik di hadapan suami(Thabrani) . yaitu: (1) Banyak anak (2) Sedikit harta (3) Tetangga yang buruk (4) lstri yang berkhianat. (An-Nisa‟: 34) .Istri hendaknya mendahulukan hak suami atas orang tuanya. maka penduduk langit akan melaknatnya sehingga suami meridhainya..Wanita Mukmin hanya dibolehkan berkabung atas kematian suaminya selama empat bulan sepuluh hari. . (Muslim) .c. telah disabdakan oleh Nabi saw. (Tirmidzi) .Yang sangat penting bagi istri adalah ridha suami. TIrmidzi) . (Nasa‟ i. akan memasukkannya ke dalam surga. memelihara kemaluannya.Istri sholehah itu lebih sering berada di dalam rumahnya. Isteri Sholehah . (Ibnu Hibban) .Apabila‟ seorang istri. Tidak keluar rumah. niscaya Allah swt. (Timidzi) .Istri wajib menjaga kehormatan suaminya baik di hadapannya atau di belakangnya (saat suami tidak di rumah).Kepentingan istri mentaati suaminya. menjaga shalat lima waktu. Tinggal di tempat kediaman yang disediakan suami e.Wanita dan laki-laki mukmin. d.Istri hendaknya selalu memenuhi hajat biologis suaminya. dan mentaati suaminya. (Thabrani) . Menggauli suami dengan baik. berpuasa pada bulan Ramddhan.: “Seandainya dibolehkan sujud sesama manusia.Apabila seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidur untuk menggaulinya. wajib menundukkan pandangan mereka dan menjaga kemaluannya. maka aku akan perintahkan istri bersujud kepada suaminya. (An-Nur: 30-31) 4. (Al-Ghazali) . Muttafaqun Alaih) .Istri wajib menjaga harta suaminya dengan sebaik-baiknya. kecuali dengan ijinnya. walaupun sedang dalam kesibukan.

Hendaknya menjadikan istri-istri Rasulullah saw. Shalatnya seorang wanita di rumahnya lebih utama daripada shalat di masjid. (Al-Ahzab : 33) . 40 keistimewaan wanita menurut Islam. dan shalatnya wanita di kamarnya lebih utama daripada shalat di dalam rumahnya. Luthfi Thomafi dalam milis mencintai-islam. Sehingga terjaga dari fitnah. sebagai tauladan utama. 5.Istri sebaiknya melaksanakan shalat lima waktu di dalam rumahnya. M. 6. menunjukkan betapa Islam begitu menghormati dan menghargai para wanita yang sholehah .rumah. (lbnu Hibban) .

hendaklah istri berlaku sabar dan diam untuk sementara waktu. Oleh karena itu ada beberapa etika dan cara bergaul yang harus diperhatikan istri kepada suaminya. Apabila suami memberikan pertimbangan terhadap suatu masalah atas kesulitan. "Dan sebaik-baik istri adalah yang taat kepada suaminya. ajukanlah pertimbangan yang lain dengan cara yang sabar dan penuh kasih sayang. Bersikaplah yang bijaksana. asal bukan hal yang melanggar syariah Islam.  Ketika suami sedang duduk-duduk. perhatikan pembicaraan itu sebaik-baiknya. yang juga akan melindungi istri dan anak-anak. sesudah suasana memungkinkan kalau pertimbangan atau saran suami kurang tepat. tidak suka membicarakan sesuatu yang tidak berguna. Untuk sementara waktu.Sikap Istri Terhadap Suami Kategori Islam. Keluarga Penulis Hendriono Terbit Selasa. 2009 Kewajiban pertama seorang istri terhadap suaminya adalah mentaati segala perintahnya. tenang dan hati-hati. jangan dibantah atau ditentang. sehingga tujuan kedua belah pihak tercapai tanpa harus ada yang merasa tersinggung atau disepelekan. suami memang harus dipandang sebagai tuan sekaligus teman yang abadi dalam hidup ini. sedikit bicara. asalkan perintah itu tidak bertentangan dengan syariah Islam dan adat istiadat yang berlaku.  Istri hendaklah mengerjakan perintah suami dengan segera. dan kalau suami mengajak bicara berilah perhatian sepenuhnya dan ikutilah pembicaraan itu dengan seksama sehingga akan menampakkan suasana hidup . berketurunan. bijaksana. karena seandainya dibantah atau ditentang akan menimbulkan suasan yang semakin tegang dan memuncak kemarahnnya yang pada akhirnya akan menggoyahkan sendi-sendi keluarga. istri harus mempertimbangkan sebaik-baiknya. Juni 30. diantaranya adalah :  Disaat suami sedang berbicara dengan istri jangan sekali-kali istri meninggalkannya. sebaiknya istri mengikuti kehendak suami. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. hendaklah istri menghampiri dengan penampilan yang menyenangkan." Dalam hidup berkeluarga. tidak cerewet dan tidak suka bersuara hingar-bingar serta setia kepada suaminya.  Istri tidak boleh membantah dengan keras terhadap suaminya.  Jika suami sedang marah karena satu dan lain hal.

mereka kurang beruntung dibandingkan dengan keadaan keluarga istri. kekurangmampuan suami dalam memberikan nafkah batin dan sebagainya. Ibu saudara-saudaranya).  Istri berkewajiban untuk mengasuh. Penampilan yang seperti ini akan menambah kelelahan suami setelah seharian bekerja mencari nafkah keluarga. Tidak boleh seorang istri menyambut kedatangan suami dari bepergian atau tempat kerja dengan muka masam atau dahi berkerut. hendaklah ia meluangkan waktu untuk berlibur dan bersenang-senang bersama suami dan anak-anak.  Istri hendaklah selalu mendampingi suami diwaktu malam.yang rukun dan damai. memelihara dan mendidik anak-anak sebaik-baiknya serta memberikan tauladan kepada mereka. haruslah ia meminta ijin suaminya. hendaknya ia mendampingi suami dalam bersantap malam sampai selesai. karena ia merasa mendapatkan istri yang setia dan menyenangkan.   Jika istri akan bepergian. saingan atau musuh suaminya.  Istri harus menghormati keluarga suami (Bapak. Bila perlu mintalah ijin untuk mengambilkan kopi/teh dan makan kecil kesukaannya.  Istri dilarang keras menceritakan rahasia keluarga dan rahasia suaminya kepada orang lain. Jika kebetulan istri sudah mendahului makan malam. soal hutang. sehingga dapat membangkitkan kembali kemesraan cinta dan gairah hidup baginya. cacat suami. meskipun secara status sosial ekonomi. . Rahasia itu misal. berbadan dan berpakaian kotor. sekalipun dengan sahabat karib atau orang tuanya.  Bagi seorang istri yang sibuk dengan pekerjaan sehari-hari (karena sebagai wanita karir).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful