P. 1
2. Jaringan Epidermis 11 Ipa 4

2. Jaringan Epidermis 11 Ipa 4

|Views: 59|Likes:

More info:

Published by: Agi Prayogi Iskandar on May 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/03/2012

pdf

text

original

Bismillah! Assalamu’alikum Wr. Wb.

5/3/12

JARINGAN EPIDERMIS Kelompok 2 5/3/12 Click to edit Master subtitle style .

Kami terdiri dari: Agi Prayogi Iskandar (02) Anisa Rizki Nazalla (05) Bimo Muhammad Ramadhani (08) Hendra Gunawan (17) Intan Nurmalasari Simare-mare (20) Ismi Yasrika (23) Rossa Wida Sani (32) 5/3/12 .

Jaringan epidermis biasanya terdiri dari satu lapisan sel yang masih hidup dan terletak pada permukaan luar organ tumbuhan. Bentuk selnya bermacam-macam dan susunannya rapat sehingga tidak terdapat ruang-ruang antarsel (non intercellular spaces). 5/3/12 . Vakuolanya yang besar terdapat di bagian tengah. berisi cairan sel yang berwarna (antosianin) atau dapat pula tidak berwarna.Pengertian Epidermis Jaringan epidermis merupakan jaringan terluar tumbuhan yang berasal dari jaringan protoderma dan menutupi seluruh tubuh tumbuhan.

5/3/12 .

Jaringan pada potongan melintang batang muda tumbuhan Dikotil 5/3/12 .

Beragam bentuk. misalstomata. akar. vilamen . Terdapat pada batang. Ciri-ciri Jaringan Epidermis Terdiri atas satu lapis sel tunggal. spina (duri). Mengalami modifikasi membentuk derivat jaringan epidermis. tidak ada ruang antar sel. sel kersik (sel • • • • . tetapi biasanya tersusun rapat. sedangkan dinding sel jaringan epidermis bagian dalam yang berbatasan dengan jaringan lain dinding selnya tetap tipis. Tidak memiliki klorofil. ukuran dan susunannya. dan daun. sel kipas.• • • Tersusun dari sel-sel hidup. trikomata (rambut5/3/12 rambut). Dinding sel jaringan epidermis bagian luar yang berbatasan dengan udara mengalami penebalan .

Oleh karena itu akarakar yang muda epidermisnya diperluas dengan tonjolan-tonjolan yang disebut bulu akar. tidak dapat ditembus air dari luar. Bisa melalui evaporasi atau gutasi • Tempat difusi O2 dan CO2 sewaktu respirasi. • Peresap air dan mineral pada akar yang muda. terjadi pada epidermis 5/3/12 permukaannya bergabus yang . • Untuk penguapan air yang berlebiha.Fungsi Jaringan Epidermis • Pelindung. kecuali akar yang muda.

yaitu selsel epidermis yang telah mengalami perubahan bentuk dan fungsi. Adapun bagian-bagian stomata sebagai berikut.Sebagian sel-sel epidermis dapat berkembang menjadi alat-alat tambahan lain yang disebut derivat epidermis. Stomata berfungsi untuk pertukaran gas. a) Stomata (Mulut Daun) Stomata merupakan derivat jaringan epidermis pada daun. Stomata berupa lubang-lubang yang masing-masing dibatasi oleh sel penutup. misalnya stomata dan trikomata. Epidermis pada Daun 5/3/12 .

Pada sel-sel penutup terdapat kloroplas.(1) Sel Penutup (Guard Cell) Sel penutup disebut juga sel penjaga. Sel penutup dapat mengatur menutup atau membukanya porus berdasarkan perubahan osmosisnya. (3) Sel Tetangga (Subsidiary Cell) Sel tetangga merupakan sel-sel yang berdampingan atau yang berada di sekitar sel-sel penutup. (4) Ruang Udara Dalam (Substomata Chamber) 5/3/12 . Sel penutup terdiri dari sepasang sel yang kelihatannya simetris dan umumnya berbentuk ginjal. (2) Celah (Aperture = porus) Di antara kedua sel penutup terdapat celah (porus) yang berupa lubang kecil. Sel-sel penutup merupakan sel-sel aktif (hidup). Sel-sel tetangga dapat terdiri dari dua buah atau lebih yang secara khusus melangsungkan fungsinya secara berasosiasi dengan selsel penutup.

yaitu stomata yang sel-sel penutupnya berada jauh di bawah permukaan daun (tersembunyi). stomata dapat dibedakan menjadi dua macam sebagai berikut. misalnya pada tumbuhan hidrofit. (2) Stomata kriptofor. yaitu stomata yang sel-sel penutupnya terletak pada permukaan daun (menonjol) sehingga memudahkan pengeluaran air.Keadaan keempat bagian tersebut berbeda pada saat stomata terbuka dan tertutup. Stomata terbuka dan tertutup Berdasarkan letak sel penutupnya. fungsinya untuk mengurangi penguapan 5/3/12 . (1) Stomata fanerofor.

dan lain-lain. Letak trikomata di lapisan epidermis 5/3/12 . tonjolan. Terkadang trikomata berbentuk pendek yang tampak berupa penonjolan-penonjolan (seperti bukit-bukit kecil) pada permukaan epidermis. rambut kelenjar.b) Trikomata Trikomata merupakan derivat epidermis yang membentuk struktur beragam seperti rambut. sisik. Trikomata seperti ini disebut papilla. Trikomata terdapat hampir pada semua organ tumbuhan.

tulang daun. misalnya bulu akar. Misalnya 5/3/12 . tetapi hanya mengeluarkan air disebut papullae. (3) Membantu penyebaran biji dan memungkinkan biji-biji itu tumbuh. (1) Memperbesar fungsi epidermis sebagai jaringan pelindung terutama mencegah penguapan yang berlebihan.Papilla merupakan alat sekresi yang mengeluarkan semacam lendir. (4) Melindungi tumbuhan dari gangguan luar. dan batang. Papilla yang tidak mengeluarkan sejenis lendir. Trikomata mempunyai fungsi sebagai berikut. (2) Sebagai alat pengisap air dan garam-garam tanah. Misalnya trikomata pada daun.

(c) Rambut bercabang dan bersel banyak. (b) Rambut sisik yang memipih dan bersel banyak.  (a) Rambut bersel satu atau bersel banyak dan tidak pipih.Berdasarkan ada tidaknya fungsi sekret. 5/3/12 . trikomata dapat dibedakan menjadi dua sebagai berikut. (1) Trikomata yang tidak menghasilkan sekret (trikomata nonglandular). contohnya pada daun durian (Durio zibetinus). Beberapa macam trikomata nonglandular sebagai berikut. contohnya pada Lauraceae dan Moraceae.

(a) Trikomata hidatoda. misalnya pada tanaman pisang. Misalnya 5/3/12 . berupa sel tunggal dengan pangkal berbentuk kantung dan ujung runcing. Misalnya pada keluarga keladi (Araceae).  Trikomata pada daun tembakau (Nicotiana tabacum) merupakan trikomata glandular yang sederhana. berupa rambut bersel satu atau lebih dengan plasma yang kental dan mampu mengeluarkan madu ke permukaan sel. (c) Kelenjar madu. (b) Kelenjar garam. memiliki tangkai dengan kepala bersel satu atau bersel banyak. terdiri dari sel tangkai dan beberapa sel kepala dan mengeluarkan larutan. Pada tumbuhan sering dijumpai berbagai macam trikomata glandular. (d) Rambut gatal. misalnya pada tumbuhan bakau. Isi sel menyebabkan rasa gatal.(2) Trikomata yang menghasilkan sekret (trikomata glandular). yaitu sebagai berikut. terdiri dari sebuah sel kelenjar besar dengan tangkai yang pendek.

Wb.Alhamdulillah Yah! Wassalamu’alaikum Wr. 5/3/12 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->