P. 1
MSDS Hexane

MSDS Hexane

|Views: 162|Likes:
Published by Eka Risky Pebrian

More info:

Published by: Eka Risky Pebrian on May 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2015

pdf

text

original

SIFAT FISIK DAN KIMIA Sifat Fisik : Cairan Tidak Berwarna Berbau seperti Benzene Boiling point 69oC Titik nyala -22oC BM : 86.18 g/mol .

menyebabkan gangguan pada kulit Harmful Dapat menyebabkan rasa mengantuk dan pusing Berbahaya untuk lingkungan dalam jangka panjang .IDENTIFIKASI BAHAYA Sangat mudah terbakar (Flammable) dalam kondisi cair dan uap Beracun untuk sistem reproduksi. dicurigai dapat menyebabkan kemandulan Dapat berakibat fatal bila tertelan atau memasukin saluran pernafasan Iritan.

Segera panggil dokter. hubungi dokter Bila tertelan: • Diusahakan agar korban tidak muntah. Jaga agar aliran udara tetap bebas. kemudian hirup udara segar. Berikan arang aktif. Jangan berikan susu atau minuman. Kontak dengan kulit: • Cuci dengan banyak air.PERTOLONGAN PERTAMA Kontak mata: • Bilas dengan air yang banyak dengan kelopak mata terbuka lebar. Hubungi dokter mata jika diperlukan Terhirup: • Bawa korban ke udara terbuka. . lepaskan pakaian yang terkontaminasi. karena beresiko.

Dapat terjadi ledakan karena gas yang mungkin terjadi pada saat kebakaran. dan Dry Powder Bahaya yang muncul dari bahan atau campuran Bahan mudah terbakar. Busa. . dan bisa tercecer di atas lantai. uap lebih berat dari udara sekitar.TINDAKAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN      Media pemadaman api yang sesuai : Karbon dioksida. Dapat membentuk campuran yang dapat meledak pada udara dan suhu kamar.

 Jangan membuang tumpahan ke saluran pembuangan karena beresiko ledakan. Pastikan ventilasi memadai.PENANGANAN TUMPAHAN Tindakan pencegahan pribadi Jangan menghirup uap dari bahan ini.  Serap cairan dengan reagent penyerap cairan (misal Chemizorb)  .

Jauhkan dari sumber api dan panas.PENANGANAN DAN PENYIMPANAN Selalu bekerja di ruang asam saat memakai bahan ini. permukaan panas. dan sumber yang dapat menyulut api. Hindari terbentuknya uap/aerosol dari bahan ini. di tempat yang kering dan berventilasi baik.  Jauhkan dari nyala api terbuka. Simpan dibawah suhu 30oC  . misal listrik statis.  Simpan di wadah tertutup rapat.

15K dibawah titik nyala dapat dianggal sebagai suhu kritis  Incompatible materials : karet.REAKTIVITAS & STABILITAS Beresiko meledak dengan oksidator kuat  Produk stabil secara kimiawi dibawah kondisi ruangan suhu kamar  Hindari kondisi hangat. plastik  .

PEMBUANGAN LIMBAH  Limbah harus dibuang tersendiri. jangan dicampurkan dengan limbah lain. Tidak diperkenankan untuk membuang limbah ke lingkungan. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->