MANAJEMEN DASAR

EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI DALAM MANAJAMEN

DISUSUN OLEH : KELOMPOK 3 1. ANNISA AMBARSARI 2. DIAH PUSPITASARI 3. FITTRYA NURUL HIKMAH 4. RISCZY ALFRIDA DARMAWANTI

KELAS : D III GIZI TINGKAT I-A

POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN JAKARTA II Jl. Hang Jebat III F3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 2012

Namun penyusun menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan. 3. penyusunan makalah ini masih banyak kekurangannya. tidak sedikit hambatan yang penyusun hadapi. 23 Februari 2012 Penyusun . khususnya bagi penyusun sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Oleh karena itu. M. membimbing. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada : 1. Orang tua yang telah turut membantu. Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Manajemen Dasar pada semester II tahun 2012 dengan judul Efektivitas dan Efisiensi dalam Manajemen. karena atas berkat rahmat dan karunia-Nyalah. guna penulisan makalah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. makalah ini dapat terselesaikan dengan baik. dorongan berbagai pihak sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi.KATA PENGANTAR Puji Syukur penyusun panjatkan ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa. dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai. 2. Pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu-persatu. tepat pada waktunya. Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan. Rosmida Marbun. Ibu Dra. Dengan membuat tugas ini penyusun diharapkan mampu untuk lebih mengetahui tentang materi yang dibahas dalam makalah ini. penyusun sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat positif. Sebagai seorang pelajar yang masih dalam proses pembelajaran. Jakarta. Kes yang telah memberikan petunjuk kepada penyusun sehingga penyusun termotivasi dalam menyelesaikan tugas ini. Dalam penyusunan makalah ini. Tim dosen mata kuliah Manajemen Dasar.

......................... 10 Daftar Pustaka ........................................DAFTAR ISI Sampul .2 Tujuan ................................................................................................................................................1 Pengertian ............................................... 1 1......................................................2 Hubungan Efektivitas dan Efisiensi dalam Manajemen ........................ 5 2................................................................................................................................. 2 2........................................................................................................................................................1 Latar Belakang .................................. 1 1..................... 4 2..........................................................3 Pola Pikir untuk Memperoleh Keefektivitasan dan Efisiensi dalam Manajemen ............................................................................................................................................ ii BAB I PENDAHULUAN .......................................................................................................................................................................................................................................................................................................... 9 Latihan Soal ................... 2 2.... i Daftar Isi ......................................... 1 BAB II LANDASAN TEORI ........... 6 BAB III PENUTUP .4 Tips Untuk Efektif dan Efisien .................... 13 ..

negara. tujuan yang ingin dicapai penyusun dalam makalah ini.BAB I PENDAHULUAN 1. yaitu: 1. saat ini masih banyak yang bingung antara efektivitas dan efisiensi dalam suatu kegiatan pengelolaan. organisasi. perusahaan. Manajemen adalah pengelolaan tatalaksana penggunaan sumberdaya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuannya.2 Tujuan Dalam makalah ini penyusun memiliki tujuan. Mengetahui pengertian manajemen. efektivitas dan efisiensi 2. Masih banyak yang berupaya keras meningkatkan efisiensi tetapi justru mengalami cacat serius pada efektivitasnya atau sebaliknya. Mengatahui tips mudah untuk efektif dan efisien . atau sebagainya memiliki sistem manajemen sendiri yang memiliki visi dan misi untuk mencapai suatu tujuan.1 Latar Belakang Setiap rumah tangga. Mengetahui hubungan antara efektivitas dan efisiensi dalam manajemen 3. Dalam praktiknya. Mengetahui pola pikir untuk memperoleh keefektivitasan dan efisiensi dalam manajemen 4. 1.

pengorganisasian. fisik.Efektivitas . finansial. b. kepemimpinan. Manajemen sebagai suatu kolektifitas Yaitu suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. dan pengendalian) yang diarahkan pada sumber-sumber daya organisasi (manusia. Manajemen sebagai suatu proses Yaitu cara pencapaian untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu melalui kegiatan orang lain yang kemudian dilaksanakan dan diawasi. dan informasi) untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara yang efektif dan efisien. Sumber daya masukan dari lingkungan: SDM Finansial Fisik Informasi Perencanaan dan pengambilan keputusan Pengorganisasian Penengendalian Kepemimpinan Tujuan yang dicapai: .Efisiensi a.1 Pengertian Manajemen merupakan suatu rangkaian aktivitas (termasuk perencanaan dan pengambilan keputusan. .BAB II LANDASAN TEORI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI DALAM MANAJEMEN 2.

Efektif (effective) berarti membuat keputusan yang tepat dan mengimplementasikannya dengan sukses. Efisiensi hanya dapat dievaluasi dengan penilaian-penilaian relatif. Summer H Slichter dalam “enclycopedia of the social sciences” menyimpilkan bahwa ada tiga macam efisiensi pada dewasa ini. Efisiensi menganggap bahwa tujuan-tujuan yang benar telah ditentukan dan berusaha untuk mencari cara-cara yang paling baik untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Manajemen sebagai suatu ilmu dan seni Manajemen sebagai suatu ilmu adalah suatu proses melihat bagaimana aktifitas manajemen dihubungkan dengan prinsip – prinsip manajemen . Efektif merupakan suatu pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya. Toyota juga membuat mobil dengan model dan kualitas yang merangsang minat dan rasa percaya diri konsumen. Efisiensi adalah penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimum. . Manajemen sebagai suatu seni adalah suatu cara memerintahkan orang lain untuk bergabung dalam bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Sebagai contoh. Efisien (efficient) berarti menggunakan berbagai sumber daya secara bijaksana dan dengan cara yang hemat biaya. yaitu a. Sebagai contoh. membandingkan antara masukan dan keluaran yang diterima. Engineerting / physical efficiency (efisiensi mesin / benda) yaitu : perbandingan antara jumlah satuan benda yang dipergunakan dan benda yang dihasilkan. Efektifitas bisa juga diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan. perusahaan seperti Toyota Motor Corp yang memproduksi produk-produk berkualitas tinggi dengan biaya yang relatif rendah adalah efisien.c. dan diorganisasikan menjadi suatu teori.

Efektivitas maupun efisiensi pada dasarnya dapat dipengaruhi dua faktor. yaitu Ilmu Manajemen dan Seni. Dengan adanya keahlian. Misalnya sebuah perusahaan dapat efektif dalam mencapai tujuan yang ditetapkan untuk operasinya. Misalnya kita ambil contohnya “menari”. .2 Hubungan Efektivitas dan Efisiensi dalam Manajemen Manajemen yang efisien (efficient operation) tidak membuang-buang sumber daya secara cuma-cuma dalam melaksanakan operasinya. Sebaliknya. yang seorang tidak punya hobi menari sendangkan yang satunya hobi menari. dan teknik dalam menggunakan sumber daya akan mencapai efektivitas dan efisiensi. serta keterampilan dalam menerapkan prinsip. Seni. Suatu operasi tidak efisien jika perusahaan menggunakan sumber daya melebihi jumlah yang diperlukan.b. Ilmu manajemen. Pecuniary / business efficiency (efisiensi perusahaan / keuangan). Social / human efficiency (efisiensi kemanusian / sosial). metoda. kemampuan. Karena itu. Penentuan efesiensi terpisah dengan efektivitas.agar efektif dan efisien --. yaitu: perbandingan antara dollar yang di keluarkan dan dpenghasilan yang masuk. Sudah tentu gabungan ilmu menari dan bakat seni yang dimiliki orang kedua akan membuat dirinya lebih meyakinkan untuk menjadi penari profesional dibandingkan dengan orang pertaman. yaitu : perbandingan antara pengorbanan – pengorbanan manusia dan kepuasan atau kemanfaatan bagi manusia yang dapat dinikmati. Ada dua orang belajar menari. perusahaan yang efisien mungkin belum efektif jika gagal mencapai tujuan operasinya. kemahiran. Manajemen dapat dipelajari dan tersusun atas bagianbagian yang sistematis dalam rangka mencapai tujuan organisasi yaitu yang berupa efektivitas dan efisiensi. c. orang yang akan memimpin suatu organisasi --. tetapi masih belum efisien. 2.hendaknya memiliki ilmu manajemen dan bakat memimpin yang baik.

e. Dia bisa memimpin rapat dengan sedikit sekali distraksi.3 Pola Pikir untuk Memperoleh Keefektivitasan dan Efisiensi dalam Manajemen Kunci Efektivitas dan Efisiensi dalam Manajemen Kunci dari efektivitas adalah melakukan apa-apa yang membawa hasil dalam kualitas istimewa dalam lingkup tanggung jawab. program tambahan ataupun yang lain. d. organisasi yang berhasil adalah yang efisien dan efektif. Sementara kunci dari efisiensi adalah menjadikan kerjaan terselesaikan dalam cara-cara yang menghabiskan energi dan sumberdaya secukupnya saja. termasuk di dalamnya pendelegasian tugas. Perusahaan yang menghasilkan produk yang tidak diinginkan orang adalah perusahaan yang tidak efektif. 2. Misalnya. c. Dia bisa membuat email atau notifikasi apapun yang gampang dan mudah dimengerti. penggunaan shortcut. dia bisa menemukan apa saja yang dia mau seperti benda atau dokumen.Secara umum. suatu perusahaan dapat memproduksi televisi hitam putih dengan efisien tapi tidak akan berhasil karena telivisi hitam putih tidak lagi populer. arahan yang tak melenceng. Orang yang efisien biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut: a. dengan keterampilan mengetik yang baik. Dia bisa merampungkan tugas dengan cepat melalui pengorganisiran kerja yang baik. . “Efficiency” means doing them right. sehingga tidak perlu ada komunikasi balik untuk sekedar minta kejelasan. “Effectiveness” means doing the right things. Dia bisa menggunakan beragam perangkat lunak seperti Microsoft Office atau semacamnya dengan amat cepat. b. dan pengambilan keputusan yang cepat. termasuk yang di komputer dengan cepat. Maka menjadi pribadi yang efektif artinya adalah menjadi seseorang yang menghasilkan efek yang powerful dan memang sejak awal pantas untuk diupayakan. Rapih dan terorganisir.

semisal: 1. namun juga efektif. 3. Apa saja kah yang saya lakukan dan itu perlu lebih sering lagi untuk dilakukan? 2.Tapi itu semua harus dalam kerangka efektivitas. Peran. 3. fungsi dan job description yang dia miliki Key Performance Indikator yang dikenakan pada diri atau tim yang dia kelola Target apapun yang dibebankan pada dirinya (dengan anggapan bahwa target tersebut memang target yang memang layak untuk dijadikan target) 4. maka seorang manajer perlu secara terus menerus menghadapi pertanyaan berikut ini: 1. 2. Apakah yang saat ini biasa saya lakukan yang itu benar-benar harus saya hentikan? Keempat pertanyaan di atas tidak hanya akan membuat manajer menjadi pribadi yang lebih efisien. Tidak hanya sebagai pengingat tapi juga sebagai alat agar kita bisa mengatur waktu kapan harus selesai dan berapa lama kegiatan itu dikerjakan . Apa saja kah yang saya lakukan dan itu perlu dikurangi? Apa saja kah yang saya belum lakukan dan itu perlu mulai untuk dilakukan untuk bisa meraih hasil yang diinginkan? 4. 2.4 Tips Untuk Efektif dan Efisien 1. Apa-apa yang memang itu merupakan hasrat terbesar pribadinya. atau yang merupakan pemenuhan dari bakat-bakat terbesar dari dirinya Untuk bisa mencapai efektivitas. Use a To Do List Buat daftar kegiatan yang harus kamu lakukan.

Big Messes Start With Little Piles Selesaikan pekerjaan kamu. 8. Start Tomorrow Tonight! Biasakan untuk mempersiapkan hal-hal yang akan dilakukan besok pada malam sebelumnya. Be Realistic Jangan memasang target waktu yang tidak masuk akal. Manajemen waktu yang baik itu menunjukkan organisasi yang baik pula.2. berikan waktu tambahan dari estimasi waktu yang diperkirakan. 7. First Things First Buat prioritas pekerjaan lalu buat jadwal pada waktu yang sesuai. Get Set In Your Ways Buat rutinitas harian kamu dengan detail. Break It Up! Pecahkan tugas besar kamu menjadi tugas-tugas kecil agar memudahkan kamu untuk menyelesaikannya karena kamu sudah menyelesaikan tiap langkah satu persatu. Covey ada 4 level kepentingan dengan mempertimbangkan dua aspek. karena ini akan membuat waktu kita lebih efisien. 4. 5. Schedule a Task Hal termudah untuk dapat mengerjakan apa yang ingin kamu kerjakan ialah membuat jadwal. Gunakan HP atau alarm jam tangan! 9. (2) tidak urgent tapi . 10. Don’t Forget To Write Yourself a Note Gunakan reminder (pengingat) pada To Do List utama kamu. Pick Up a Good Habit Buat kebiasaan baru yang bisa membuat waktu kamu lebih berharga. 6. seperti mempersiapkan baju yang akan dipakai besok atau menaruh semua hal yang akan diperlukan pada tempatnya. Buang segala sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi begitu kamu sudah menggunakannya sebelum itu memenuhi ruangan. 3. Menurut pengarang buku “Seven Habits” Stephen R. urgency (kemendesakan) dan importancy (kepentingan) yaitu: (1) urgent dan important.

. jadikan jadwal kamu fleksibel dengan waktu yang ada. The Pause that Refreshes Buat jeda waktu untuk istirahat pada jadwalmu. Kita harus fokus terhadap waktu kita.Jika ada pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan tepat waktu. Be Flexible Untuk membiasakan diri dengan manajemen waktu yang efektif membutuhkan waktu yang tidak singkat. Stay focus! 12. Learn to Say No! Belajar untuk menolak ajakan yang tidak penting dan dapat menggangu tapi lakukan dengan sopan. 11. (4) tidak urgent dan tidak important. (3) urgent tapi tidak important.important. Ini akan membuat kita refresh dan fokus akan “Apa yang dilakukan selanjutnya?” 13.

Efisien berarti menggunakan berbagai sumber daya secara bijaksana dan dengan cara yang hemat. b. yaitu: a. Manajemen merupakan suatu rangkaian aktivitas yang diarahkan pada sumbersumber daya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara yang efektif dan efisien. . c. Efektif ialah membuat keputusan yang tepat dan mengimplementasikannya dengan sukses. Dalam manajemen penentuan efesiensi terpisah dengan efektivitas.BAB III PENUTUP Dalam makalah ini penyusun dapat mengambil kesimpulan. d. e. yaitu Ilmu Manajemen dan Seni. Efektivitas maupun efisiensi pada dasarnya dapat dipengaruhi dua faktor.

a.(3) benar b.(4) benar d. Bukan salah satu di atas 4. Menjadi seseorang yang menghasilkan efek yang powerful dan memang sejak awal pantas untuk diupayakan merupakan pengertian dari …. Penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimum merupakan pengertin dari …. a. Persepsi 2. Mengalami operasi manajemen yang tidak efisien b. Jika perusahaan menggunakan sumber daya melebihi jumlah yang diperlukan. (1). maka dpat dikatakan bahwa perusahaan tersebut ….LATIHAN SOAL 1. (4) saja e. Efektivitas e. (2). (1) Manajemen sebagai suatu proses (2) Manajemen sebagai suatu kolektifitas (3) Manajemen sebagai suatu ilmu dan seni (4) Manajemen sebagai suatu instrument Yang termasuk dalam tujuan manajemen adalah …. Mengalami operasi manajemen yang tidak efektif dan tidak efisien d.(2). Efisien d.(3) benar c. Benar semua 3. a. (1). Pribadi yang efisien . Mengalami operasi manajemen yang efisien c. Menejemen b. Efektif c. a. Mengalami operasi manajemen yang efektif dan efisien e.

Yang bukan merupakan karakteristik dari orang yang efisien adalah …. Salah. Pemimpin yang baik e. a. (3). a. Benar. benar. Benar. Rapih dan terorganisir c. Pribadi yang efektif d. berhubungan. Dapat menyelesaikan tugas tepat waktu b.(4). benar. a.b.(2) .(2). b. Salah.(3). (1) urgent dan importan (2) tidak urgent tapi important (3) urgent tapi tidak important (4) tidak urgent dan tidak important Susunan yang tepat untuk menyusun level kepentingan menurut Stephen R. Benar.(1). d. tidak berhubungan. c.(3). salah 7.(1) c. Mampu membuat notifikasi yang rumit d. Alasan : Manajemen waktu yang baik itu menunjukkan organisasi yang baik pula.(4) b. Covey adalah …. Menguasai beragam perangkat lunak yang memudahkan pekerjaannya 6. Keadaan dari penyataan dan alas an di atas adalah …. (2). Pribadi yang produktif 5. Pribadi yang tidak efisien c. benar e. salah. Pribadi yang tidak efektif e. Pernyataan : Membuat rutinitas harian dengan detail.(4). (1).

(4). Di bawah ini yang bukan merupakan aktivitas dasar dari proses manajemen adalah . Unsur dan ilmu d.. merupakan ciri manajemen sebagai .d .a 4.(2)..(3) e. yaitu ..a 3. Hukum dan seni Jawaban: 1. Pengorganisasian c. Kepemimpinan e..c 5. Pedoman 9. kemahiran. Proses b.c 6.. a.. Ilmu d. kemampuan serta keterampilan dalam menerapkan prinsip kerja.c 2. a.(1) 8. manajemen sangat bergantung pada keahlian. Filsafat dan seni c.d. a. (4). Ilmu dan seni e. Ilmu dan hukum b. Pengendalian d. Efektivitas maupun efisiensi dalam manajemen pada dasarnya dapat dipengaruhi dua faktor. Perencanaan b. Pendistribusian Untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien..a 7..e 9.(2). Seni c.a 8.(3).(1). Kolektivitas e. 10.b 10..

1996.DAFTAR PUSTAKA Arifin.web.ac.com/2011/11/manajemen-efektif. Jakarta: Salemba Empat. 2000. Imanuel. Edisi Ketujuh. Manajemen.com http://wartawarga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 1977.id http://rhanu. Edward. Ghalia Indonesia Umar. Bandung: Setia Purna Inves Blocher. Dasar – Dasar Organisasi dan Manajemen. 2007.blogspot.id/tips-manajemen-waktu-yang-efektif/ http://ardhianprasetya. Ricky. Jakarta: Erlangga.html . Bisiness An Introduction. Husein. http://www. Jilid 1. Manajemen Biaya.akhmadguntar.gunadarma. 2004. Sarwoto. Membuka Cakrawala Ekonomi. Graffin.