Pengertian Efisiensi

DEFINISI/PENGERTIAN EFISIENSI
Posted on 28 Maret 2009 by Danfar Efisiensi merupakan suatu ukuran keberhasilan yang dinilai dari segi besarnya sumber/biaya untuk mencapai hasil dari kegiatan yang dijalankan. *Pengertian efisiensi menurut Mulyamah (1987;3) yaitu: “Efisiensi merupakan suatu ukuran dalam membandingkan rencana penggunaan masukan dengan penggunaan yang direalisasikan atau perkataam lain penggunaan yang sebenarnya”

Efisiensi dan efektivitas merupakan 2 macam kriteria yang biasa digunakan untuk menentukan prestasi suatu pusat pertanggungjawaban. *Menurut Dearden yang di terjemahkan oleh agus Maulana dalam bukunya yang berjudul “Sistem Pengendalian Manajemen”,pengertian efisiensi adalah sebagai berikut: “Efisiensi diartikan sebagai kemampuan suatu unit usaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan, efisiensi selalu dikaitkan dengan tujuan organisasi yang harus dicapai oleh perusahaan”.(Agus Maulana, 1997:46)

dan juga merupakan kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. .(1994 .Pengertian efisiensi itu sendiri telah didefinisikan oleh banyak pakar ekonomi dan manajemen. sehingga dapat mencapai hasil atau tujuan yang diharapkan”. seperti halnya juga hasil optimal yang dicapai dengan penggunaan sumber yang terbatas”. diantara adalah pengertian Efisiensi menurut *Malayu S.P Hasibuan yaitu : “Perbandingan terbaik antara input (masukan ) dan output (hasil).(1997:35) Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa efisiensi merupakan kemampuan perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya untuk memperoleh hasil tertentu dengan menggunakan masukan (input yang serendah-rendahnya) untuk menghasilkan suatu keluaran (output). 07) *Sedangkan menurut Supriyono dalam bukunya yang berjudul “Akuntansi Manajemen II” mendefinisikan efisiensi sebagai berikut: “Efisiensi adalah juka suatu unit dapat bekerja dengan baik. antara keuntungan dengan biaya (antara hasil pelaksanaan dengan sumber yang digunakan).

1. Selamat : segala sesuatu sampai pada tujuan yang dimaksud tanpa mengalami hambatan-hambatan. apa yang dikehendaki tercapai. hemat. ataupun kemacetankemacetan.*Dikutip dari modul Airport Services 2005 “Efektifitas adalah suatu perbandingan antara kinerja unsur. dalam arti bahwa segala sesuatu dikerjakan dengan berdaya-guna : artinya dengan tepat. Hemat : dengan biaya yang sekecil-kecilnya. selesai tepat pada waktunya atau sebelum waktu yang ditetapkan. dan selamat. 2. kelambatan-kelambatan. . cepat. atau antara daya usaha dan hasil. atau antara “pengeluaran” dan “pendapatan. dalam bukunya yang berjudul Dasar-Dasar Manajemen. atau apa yang dicita-citakan menjadi kenyataan. tanpa terjadi pemborosan dalam bidang apapun.unsur manajemen dengan tujuan yang ditetapkan” dan “Efisiensi adalah suatu perbandingan antara manfaat yang diperoleh dengan biaya yang dikeluarkan”. Soekarno K. Cepat : tidak menghabiskan waktu yang tidak perlu. Bahwa yang dimaksud dengan efisiensi ialah perbandingan yang terbaik antara masukan (“input”) dan keluaran (“output”). Tepat : kena sasaran.” Dalam pengertian manajemen yang sehat sudah tersimpul pengertian efisiensi dan efektifitas. 4. 3. *Menurut Drs.

sedang yang dimaksud dengan susunannya ialah cara-caranya rangkaian aktivitas-aktivitas itu dilakukan. dapatlah dibedakan dalam 2 segi. Intinya ialah rangkaian aktivitas-aktifitasnya itu sendiri yang wujudnya mengikuti tujuan yang hendak dicapai. Bahwa pengertian efisiensi kerja adalah perbandingan terbaik antara suatu kerja dengan hasil yang dicapai oleh kerja itu. apapun tujuan dan hasil yang ingin dicapai dengan kerja itu. Selanjutnya bilamana suatu kerja dianalisis. Jadi. dalam bukunya yang berjudul Administrasi Perkantoran Modern.*Selanjutnya menurut The Liang Gie. setiap kerja tentu mencakup sesuatu cara tertentu dalam melakukan tiap-tiap aktivitas. . yaitu intinya dan susunannya.