P. 1
Pemodelan Sistem Produksi Kertas (Tugas 4)

Pemodelan Sistem Produksi Kertas (Tugas 4)

|Views: 180|Likes:
Published by Nastiti Widanty

More info:

Published by: Nastiti Widanty on May 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/26/2012

pdf

text

original

PEMODELAN SISTEM PRODUKSI KERTAS

1. Masalah Masalah yang terjadi adalah fluktuasi jumlah produksi kertas pada tiap perode akibat berbagai faktor.

2.

Latar belakang Sistem produksi kertas terdiri dari input berupa bahan baku (material), work in process dan output (produk jadi) berupa kertas. Ketiga variabel ini berperan penting dalam menentukan jumlah produksi kertas. Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah produksi kertas diantaranya bahan baku, efisiensi mesin, jumlah operator dan kapasitas mesin. Selain itu, jumlah produksi kertas yang berfluaktif serta permintaan pasar berpengaruh terhadap penjualan kertas. Apabila jumlah produksi tinggi di saat tingkat permintaan masyarakat rendah, maka hal ini dapat menjadi masalah yang penting.

3.

Perumusan Masalah Permasalahan yang dibahas dalam sistem produksi kertas yaitu jumlah produksi kertas yang berfluktuatif pada tiap periode. Adapun faktor yang mempengaruhi produksi kertas yaitu: a. b. c. d. e. Bahan baku Permintaan pasar Jumlah operator Kapasitas mesin Efisiensi mesin

Dari hasil yang diperoleh ini barulah dapat diputuskan solusi yang tepat. Penyelesaian masalah ini diselesaikan dengan pembuatan model simulasi dari sistem produksi cabai tersebut dengan melibatkan faktor-faktor yang mempengaruhinya serta pengaruhnya secara kuantitatif. Metode dan model-model penyelesaian masalah yang digunakan berfungsi untuk mengetahui faktor-faktor serta bentuk dan struktur hubungan antar komponen Gambar 1.3. Adapun penyelesaian dari permasalahan fluktuasi jumlah produksi kertas dengan metode Grey Box dapat dilihat pada Gambar 2. Hasil dari penyelesaian masalah ini adalah suatu model simulasi dari sistem produksi cabai dalam beberapa periode. Metode Grey Box Masalah ini terdiri dari beberapa faktor yang saling mempengaruhi. Tipe masalah grey box mencakup masalah yang kabur dengan bentuk & struktur hubungan yang tidak jelas. Tipe masalah Masalah yang terjadi adalah tipe masalah grey box. Semua faktor tersebut dihubungkan dalam suatu causal loop yang menunjukkan hubungan antar komponen yang membentuk struktur sistem. . sehingga langkah penyelesaian masalah ini berikutnya masuk ke level white box.

INPUT GREY BOX METODE Pembuatan model simulasi dari sistem produksi kertas OUTPUT a. Output: Output dari sistem ini adalah jumlah produksi kertas tiap periode di suatu daerah. Model sistem b. Produksi Kertas b. c. . meskipun hal ini sangat tidak mungkin. Komponen Sistem Komponen dari sistem produksi kertas ini adalah sebagai berikut: a. Proses: Proses berada di dalam sistem fluktuasi produksi kertas dan terjadi secara berkelanjutan. hal ini dibuktikan dengan jumlah produksi yang berubah-ubah tiap periode. b. Simulasi model sistem produksi kertas Gambar 2. Faktor berpengaruh terhadap produksi kertas a. Proses ini dapat secara otomatis berakhir apabila faktor-faktor yang mempengaruhinya dapat dibuat fixed. Penyelesaian Permasalahan Fluktuasi Jumlah Produksi Kertas dengan Metode Grey Box 4. Input: Input dari sistem ini adalah bahan baku dari pembuatan kertas.

. Relasi: Relasi antara fluktuasi produksi kertas dan faktor yang mempengaruhinya terjadi atas dasar aksi. Model: Model sistem dapat disusun dalam sudut pandang tertentu di atas untuk tujuan identifikasi. Faktor: Faktor yang terdapat dalam sistem ini adalah bahan baku.d. h. Perubahan: Perubahan yang terjadi adalah berubahnya jumlah produksi kertas tiap periode di suatu daerah. Pemodelan Sistem Adapun pemodelan dari sistem produksi kertas dapat dilihat pada Gambar 3. sifat relasi ini adalah mengikat. evaluasi. f. jumlah operator. di mana selama faktorfaktor tersebut terus berubah secara fluktuatif maka jumlah produksi kertas juga akan terus berfluktuasi. Hal ini dapat menjadi dasar perbaikan atau pengembangan sistem tersebut. i. maupun pengujian terkait pengaruhnya terhadap ke sistem lain. analisis. Kausal: Kausal dalam sistem ini adalah dalam hal keadaan jumlah produksi kertas yang berfluktuasi akibat nilai variabel yang mempengaruhinya yang juga berfluktuasi. g. e. 5. Fungsi: Fungsi dari faktor-faktor tersebut dalam sistem ini adalah mempengaruhi jumlah produksi kertas tiap periode. permintaan pasar. kapasitas mesin dan efisiensi mesin.

Headbox .Pembersihan .Paper Roll Kertas dengan berbagai ukuran . Mesin: . Model Sistem Produksi Kertas OUTPUT a.Pembuangan air (Pengepresan) . pewarna.Pembuangan kulit kayu . Mesin: .Pemasakan OUTPUT a. Bahan baku: kayu b. Bahan baku: pulp.Mesin Drum Barker .Pembentukan chip .Mesin Chipping Bubur Kertas (Pulp) INPUT PROSES Proses Pembuatan Kertas: .Mesin pemotong .Pemotongan sesuai ukuran kertas Gambar 3.Dryer .Pengeringan .Cleaner . filler.INPUT PROSES Proses Pembuatan Pulp (bubur kertas): . zat retensi b.Press Part .Pencampuran bahan baku .Pemotongan kayu .Pembentukan lembaran kertas .Penggulungan kertas .

Adapun causal loop untuk permasalahan produksi kertas adalah sebagai berikut : Efisiensi s kapasitas mesin s pangsa pasar s s jumlah penduduk s Bahan Baku o s s Work In Process o Produk jadi s penjualan jumlah konsumen s o s Jumlah Operator kebutuhan tiap orang permintaan kertas s Gambar 4. Causal Loop Produksi Kertas .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->