Karya Sastra

Hal yang dihasilkan oleh manusia dikenal sebagai karya . Dalam konteks lain, mungkin manusia dapat menghasilkan produk intelektual (seperti sebuah lagu atau puisi) atau objek material (rumah, kerajinan.) Sastra adalah sesuatu yang mengacu pada milik atau berkaitan dengan sastra (himpunan pengetahuan yang berkaitan dengan menulis dan membaca dengan baik, atau seni puisi, retorika dan tata bahasa). Sebuah karya sastra adalah ciptaan yang disampaikan dengan komunikatif tentang maksud penulis untuk tujuan estetika. Karya-karya ini sering menceritakan sebuah kisah , baik dalam atau ketiga orang pertama, dengan plot dan melalui penggunaan berbagai perangkat sastra yang terkait dengan waktu mereka. Menurut bentuk atau subjek, karya sastra mungkin memiliki jenis yang berbeda seperti narasi (sebuah karya prosa, seperti novel atau cerita pendek ), puisi (komposisi dalam ayat yang mengekspresikan perasaan penulis), drama , epik (ayat-ayat yang menceritakan perbuatan pahlawan atau dewa-dewa) atau mengajar (yang berusaha untuk mengarahkan pembaca atau pendengar). karya sastra juga dapat berupa tulisan (buku atau media cetak lain bermain cerita tanpa perubahan) atau lisan (diwariskan dari generasi ke generasi dan sering berubah dari waktu ke waktu, seperti legenda atau cerita rakyat). Karya-karya juga dapat taktil, ketika disesuaikan dengan kebutuhan orang-orang buta melalui Braille.

Karya sastra dibagi menjadi dua, yakni karya sastra lama dan baru adapun ciri – ciri karya sastra sebagai berikut:
Karya Sastra Lama Tidak dicantumkan nama pengarangnya atau yang biasa disebut anonim Cerita yang berpusat pada istanaa dengan menggambil tokoh raja. Lambat dalam mengikuti perkembangan dan selalu terpaku pada aturan yang ada disebut statis. Pengarang taat kepada kelaziman. Karya sastra lisan umumnya dari mulut ke mulut Bahasa yang digunakan masih kemelayu-melayuan dan bahasa klase Tokoh hitam-putih Karya Sastra Baru

puisi dibedakan atas puisi lama dan puisi baru. puisi lama atau selain arti Ciri puisi lama: 1. semantiknya  wujud estetika bahasanya dengan pengulangan yg disengaja  memiliki meter dan rima  dapat memiliki satu kata/satu suku kata  memiliki arti tertentu Menurut zamannya. sajak. mantra adalah ucapan-ucapan yangd ianggap memiliki kekuatan gaib . jadi merupakan sastra lisan sangat terikat oleh aturan-aturan seperti jumlah baris tiap bait. rima. Ciri-ciri puisi:  menggunakan bahasa sebagai kualitas estetiknya tambahan. irama.hari Karya sastra baru mengikuti perubahan sesuai perkembangan pribadi penciptanya Karya sastra tulisan disampaikan secara tertulis Bahasa yang digunakan menggunakan bahasa Indonesia Tokohnya bebas. PUISI Puisi adalah ragam sastra yg bahasanya terikat oleh irama. matra. a. 2. jumlah suku kata maupun rima Yang termausk puisi lama adalah 1.Nama pengarangnya dicantumkan Cerita berpusat pada kehidupan masyarakat sehari. serta penyusunan larik dan bait. merupakan puisi rakyat yang tak dikenal nama pengarangnya disampaikan lewat mulut ke mulut. dan makna khusus. gubahan dl bahasa yg bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi. MACAM – MACAM KARYA SASTRA A. 3.

8. 2. karmina adalah pantun kilat seperti pantun tetapi pendek seloka adlah pantun berkait gurindam adalah puisi yang berdirikan tiap bait 2 baris. cerita atau kisah. suku kata. 5. berisi nasihat atau cerita 7. syair adalah puisi yang bersumber dari Arab dengan ciri tiap bait 4 baris. balada adalah puisi berisi kisah/cerita himne adAlah puisi pujaan untuk Tuhan. tanah air. DRAMA Drama adalah komposisi syair atau prosa yg diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (akting) atau dialog yg dipentaskan: dia gemar menonton --. terutama yg melibatkan konflik atau emosi. jenaka 3. 4. berisi nasihat 6. 3. 7. 4. pantun adalah puisi yang bercirikan bersajak a-b-a-b. puisi dibedakan atas 1. tiap baris terdiri dari 8-12 suku kata. 5.2. Pembagian pantun menurut isinya terdiri dari pantun anak. 2 baris berikutnya sebagai isi. tiap bait 4 baris. bersajak a-a-a-a. b. bersajak a-a-a-a. teka-teki. atau pahlawan ode adalah puisi sanjungan untuk orang yang ebrjasa epigram adalah puisi yang berisi tuntunan/ajaran hidup romance adalah puisi yang berisi luapan perasaan cinta kasih elegi adalah puisi yang berisi ratap tangis/kesedihan satire adalah puisi yang berisi sindiran/kritik Membaca Puisi B. yg khusus disusun untuk pertunjukan teater. maupun rima. agama/nasihat. 6. 2 baris awal sebagai sampiran. talibun adalah pantun genap yang tiap bait terdiri dari 6. ataupun 10 baris puisi baru Puisi baru bentuknya lebih bebas daripada puisi lama baik dalam segi jumlah baris. muda-mudi.Menurut isinya. cak kejadian yg menyedihkan Ciri-ciri drama:  Mesti ada konfliks  Mesti ada aksi  Harus dilakonkan .

Drama di Indonesia Di Indonesia. reog (Jawa Barat). Seperti: Wayang orang. ketoprak.]Unsur-unsur       Naskah drama (tema) Drama Script Alur Pemain (aktris atau Aktor) Tempat pertunjukan (teater) Amanat Penonton drama C. Drama bisa diwujudkan dengan berbagai media: di atas panggung. lenong (Betawi). NOVEL Novel adalah karangan prosa yg panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dng orang di sekelilingnya dng menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku Novel memiliki ciri-ciri sebagai berikut :  Menceritakan sebagian kehidupan yang luar biasa  Terjadinya konflik hingga menimbulkan perubahan nasib  Terdapat beberapa alur atau jalan cerita (alur kompleks)  Terdapat beberapa insiden yang mempengaruhi jalan cerita  Perwatakan atau penokohan dilukiskan secara mendalam/ mendetail  ditulis dengan gaya narasi. dan atau televisi. ludruk (di Jawa Tengah dan Jawa Timur). Kosakata ini berasal dariBahasa Yunani yang berarti "aksi".000 kata D. Tempo masa kurang daripada 3 jam  Tiada ulangan dalam satu masa Drama (Yunani Kuno: δρᾶμα) adalah satu bentuk karya sastra yang memiliki bagian untuk diperankan oleh aktor. . pertunjukan sejenis drama mempunyai istilah yang bermacam-macam. yang terkadang dicampur deskripsi untuk menggambarkan suasana  bersifat realistis. Drama juga terkadang dikombinasikan denganmusik dan tarian. randai (minang). sebagaimana sebuah opera (lihat melodrama). film.lebih banyak membawa sifat-sifat zamannya dp drama atau puisi. "perbuatan". artinya merupakan tanggapan pengarang terhadap situasi lingkungannya  bentuknya lebih panjang dari cerpen. biasanya lebih dari 10. rangda (Bali) dan sebagainya. ROMAN Roman adalah karangan prosa yg melukiskan perbuatan pelakunya menurut watak dan isi jiwa masing-masing: -.

000 kata) yg memberikan kesan tunggal yg dominan dan memusatkan diri pd satu tokoh dl satu situasi (pd suatu ketika) Ciri-Ciri Cerpen:  Tidak lebih dari 10.Ciri-ciri roman:  Alur Kompleks  Konflik sampai mengubah nasib tokoh secara tragis  Menceritakan kehidupan tokoh secara mendetail sejak lahir sampai dewasa atau meninggal dunia  Karakter tokoh disampaikan secara lebih mendetail E. atau gabungan sifat-sifat itu.  Fokus cerita pada satu kejadian tunggal. -. msl -.  Alur yang digunakan alur rapat. biografis.Perang Palembang.  Konflik yang ditampilkan tidak menimbulkan perubahan nasib tokohnya. -.)  Besifat Fiksi. F. undangundang.Hang Tuah. dibaca untuk pelipur lara.  Perwatakan tokoh digambarkan sekilas.hanya bersifat khayal  Lisan.menggunakan logika sendiri tidak sesuai dengan logika sendiri . keagamaan. CERPEN Cerpen adalah cerita pendek (kurang dr 10. pembangkit semangat juang. atau sekadar untuk meramaikan pesta.meniru bahasa penutur sebelumnya  bersifat logis.Seribu Satu Malam Ciri-ciri hikayat adalah:  Bersifat istana centris  anonim(nama pengarang tidak di cantumkan)  berkembang secara stetis  bersifat imajinatif.  Terbatas pada hal-hal yang penting saja. historis.000 kata ( selesai dalam " sekali duduk"/15-30 menit.karena di sebarkan lewat mulut ke mulut  berbahasa klise. dan silsilah bersifat rekaan. HIKAYAT Hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yg berisi cerita.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful