Peranan Lembaga Keuangan

• Pengalihan aset • Likuiditas • Alokasi pendapatan • Transaksi Pada prinsipnya sistem Keu. di Indonesia, dibagi : • sistem moneter • sistem perbankan • sistem lemb. keu. Bukan bank

Sistem Keuangan Indonesia Sistem LKBB Sistem Moneter

Dewan Moneter
Sist. Perbankan Otoritas Moneter

Bank Indonesia

Dep. Keuangan

baik dengan alat-alat pembayarannya sendiri atau dengan uang yang diperolehnya dari orang lain. maupun dengan jalan memperedarkan alat-alat penukar baru berupa uang giral .Bank adalah : suatu badan yang tugas utamanya menghimpun uang dari pihak ketiga suatu badan yang tugas utamanya sebagai perantara untuk menyalurkan penawaran dan permintaan kredit pada waktu yang ditentukan suatu badan yang usaha utamanya menciptakan kredit suatu badan yang bertujuan untuk memuaskan kredit.

Sistem LKBB Lemb. Pembiayaan Sewa Guna Usaha Anjak Piutang Modal Ventura Pemb. Konsumen Usaha Asuransi Kerugian Dana Pensiun DPPK Pegadaian Pasar Modal Bursa Efek Reksadana Pasar Uang Jiwa DPLK Sosial Reasuransi Broker Asuransi .

14/1967 Pasal 1 tentang Pokok-pokok Perbankan adalah : – “ Lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu-lintas pembayaran dan peredaran uang “ • LAPANGAN USAHA BANK UMUM : – menerima simpanan terutama dalam bentuk giro dan deposito – memberi kredit terutama kredit jangka pendek dengan tanggungan efek. dapat juga berbentuk dokumen pengangkutan dan penyimpanan barang atau tanggungan kertas berharga yang mewakili barang .TUGAS DAN LAPANGAN USAHA BANK • Menurut UU No. hasil bumi. barang.

tugas utamanya disektor pertambangan – BBD.– memberikan kredit jangka menengah. panjang atau ikut dalam perusahaan dengan persetujuan dan syaratsyarat yang telah ditetapkan BI – memindahkan uang. dengan tugas utama di sektor industri – BDN. baik dengan pemberitahuan secara surat atau telegram atau dengan jalan memberikan wesel tunjuk diantara sesama kantornya – menerima dan membayarkan kembali uang dalam rekening koran. tugas utamanya di sektor perkebunan dan kehutanan . menjalankan perintah untuk pemindahan uang • Lapangan Usaha Bank Umum Milik Negara – BNI ’46 .

tani dan nelayan – memberi bantuan terhadap usaha negara dalam rangka pelaksanaan politik agraria – memberi bantuan terhadap usaha pemerintah dalam pembangunan masyarakat desa – membina dan mengawasi bank desa. dengan tugas utama sebagai berikut : – memberikan kredit pada sektor koperasi. pengolahan dan pemasaran bahan-bahan ekspor . bank pasar dan bank-bank sejenis lainnya berdasarkan petunjuk BI • Bank Exim. lumbung desa.• BRI. tugas utamanya di sektor produksi.

Lapangan Usaha Bank Tabungan – menerima simpanan terutama dalam bentuk simpanan – memperbungakan dana-dananya terutama dalam kertas berharga yang solid – memberikan kredit yang pelaksanaannya menurut bimbingan BI. Jumlah kredit hanya boleh diberikan menurut ratio seluruh simpanan yang ditetapkan BI – membiayai pembayaran berupa pinjaman KPR .

akan tetapi lebih memfokuskan pada pembiayaan usahausaha didaerahnya masing-masing – – – – . baik yang berupa valas atau rupiah • Bank Pembangunan Daerah – Pada umumnya sama dengan lapangan usaha bank pembangunan milik negara.Lapangan Usaha Bank Pembangunan • Bank Pembangunan Milik Negara – – menerima simpanan terutama dalam bentuk deposito mengadakan penyertaan modal dalam perusahaan dengan mengikuti syarat-syarat yang ditetapkan BI memberikan kredit jangka menengah dan panjang dibidang pembangunan diberi wewenang mempergunakan simpanan gironya untuk memberi kredit jangka pendek memberikan pinjamanpinjaman untuk keperluan investasi mendapatkan pinjaman dari LN.

Jasa Jasa Perbankan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful