MANAJEMEN HOTEL Pengertian Manajemen Hotel Manajemen Hotel (Perhotelan) adalah studi dan praktek efektif serta seni

untuk menjalankan bisnis hotel, restoran dan bisnis pariwisata lainnya yang berhubungan dengan bidang perjalanan supaya akan lebih lancar, nyaman, berkualitas sehingga memenuhi bahkan melebihi harapan konsumen, yang pada tujuannya adalah menghasilkan margin keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan. Tanpa manajemen perhotelan yang efektif, tidak akan ada standar untuk pelayanan di hotel atau agen perjalanan. Manajemen hotel melibatkan kombinasi berbagai keterampilan seperti manajemen pemasaran, pengembangan sumber daya manusia, manajemen keuangan, keterampilan hubungan antar manusia, ketangkasan, dll. Hotel merupakan generator utama di industri pariwisata. Manajemen Hotel memastikan melibatkan semua operasi, termasuk akomodasi, makanan dan minuman dan layanan hotel lainnya dapat berjalan lancar. Manajer Hotel Manajer Hotel(perhotelan) adalah orang yang mengelola operasional sehari-hari dalam manajemen hotel. Hotel besar selalu memiliki tim untuk manajemen, dimana setiap anggota tim berkonsentrasi pada daerah kepentingan tertentu. Manajer hotel bertanggung jawab atas operasi yang efisien dan menguntungkan bagi perusahaan mereka. General Manajer hotel bertugas mengontrol keuangan, rumah tangga, kualitas pelayanan dan makanan, dekorasi dan interior serta pembentukan norma-norma yang harus diikuti oleh staf sambil memberikan layanan mereka kepada para tamu, dll. Sedangkan, tugas dari Asisten Manajer adalah untuk mengawasi operasional sehari-hari dari departemen. hotel besar memiliki Manajer Residen untuk menyelesaikan masalah sepanjang waktu. Di sini para manajer departemen yang berbeda diawasi oleh manajemen puncak. Departemen Hotel Manajemen Perhotelan memiliki sejumlah departemen di bawahnya. Beberapa departemen utama dari industri Perhotelan yaitu : Front Office Adalah pusat semua kegiatan. Tugas utama dilakukan di sini meliputi: penyediaan informasi, membuat pemesanan kamar dan mengurus check-

yang terisi maupun kamar kosong. pemadam kebakaran. Makanan & Minuman (F & B) Departemen ini adalah pusat industri hotel dan tidak bertanggung jawab atas semua makanan yang disusun dan disajikan di hotel. dalam bukunya Check-in checkout. Manajemen Sumber Daya Manusia Perhotelan Salah satu departemen yang paling penting dari setiap staf hotel adalah manajemen sumber daya manusia. Manajer sumber daya manusia dapat mengontrol hotel hampir secara keseluruhan. selain tugas yang dilakukan oleh Departemen Personalia. Keamanan. rekreasi. serta dapat melaporkan perbedaan jumlah orang / Pax dari data yang dilaporkan oleh Front Office pada saat Registration. pemeliharaan. Periklanan dan Hubungan Masyarakat juga biasanya ditangani oleh departemen ini. . pada power pro semua hal tersebut dapat dilakukan dan diketahui dengan cepat Departemen lainnya di Hotel meliputi: Teknik. perbedaan pax akan sangat menentukan dapat mempengaruhi harga kamar ataupun jumlah orang yang mengkonsumsi meal Breakfast di restaurant. baik secara langsung maupun tidak langsung. Seperti dikatakan oleh Valen (1985:24). front office memiliki peranan penting dalam operasi sebuah hotel. Selain itu Housekeeping dapat melaporkan keadaan kamar yang masih dalam perbaikan / Maintenance. Sales & Marketing: Departemen ini terus berhubungan dengan agen perjalanan dan operator wisata serta Klien lainnya.in dan check-out. Manajemen sumber daya manusia yang tepat dapat membedakan antara menjalankan hotel dengan sangat baik atau buruk pada suatu Industri perhotelan. karena housekeeping harus selalu menjaga keadaaan kamar selalu siap. Hampir semua kegiatan yang ada di front office berhubungan dengan tamu. Principles of guest activity sungguhnya front office adalah jantung dan pusat dari segala macam kegiatan para tamu. House Keeping Fungsi utama dari departemen ini adalah bertugas membersihkan kamar. Hal ini membuat pentingnya manajemen sumber daya manusia untuk hotel. dll.

Ada berbagai bidang yang dapat manfaat dari pengalaman dan bimbingan seorang manajer sumber daya manusia. Hotel yang menyediakan cara bagi karyawan untuk maju dalam posisi. banyak dari mereka hanya bekerja di hotel untuk waktu yang cukup singkat. pekerja yang penuh dedikasi untuk setiap posisi. . Namun. atau memberikan pelatihan bagi karyawan sehingga mereka dapat memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk posisi tingkat lanjut sangat penting untuk tingkat retensi karyawan. Pentingnya manajemen sumber daya manusia untuk hotel sangat besar di bidang ini. isu lain yang besar untuk industri hotel. Ini berarti bahwa sangat penting untuk memilih pekerja yang optimis. pelayanan juga akan menyebabkan karyawan untuk bertahan lebih lama lagi. Tanpa manajer sumber daya manusia hotel tidak bisa memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan dan karyawan. Ada ribuan cara bahwa seorang manajer sumber daya manusia dapat membuat sebuah hotel berjalan lebih lancar dan lebih efisien. Manajer dapat memberikan pelatihan yang baik dan program insentif yang akan menyebabkan karyawan untuk tinggal lebih lama di hotel. Memiliki rencana pengembangan yang jelas untuk maju ke tingkat lebih tinggi.Para karyawan yang dipekerjakan di hotel benar-benar dapat mengubah kualitas pelayanan dan suasana hotel secara keseluruhan. Retensi karyawan merupakan masalah besar dalam bisnis jasa hotel. Karena begitu banyak karyawan tidak memiliki pekerjaan hotel sebagai tujuan akhiri karir mereka. Ini adalah tugas dari manajer sumber daya manusia untuk memastikan bahwa orang yang baik dan berkualitas dipilih untuk bekerja di hotel. pentingnya manajemen sumber daya manusia untuk hotel sangat besar. karyawan lain mungkin harus keluar karena etika kerja yang buruk atau hal lain. Oleh karena itu sangat penting untuk tidak meremehkan pentingnya manajer. ada cara yang manajer sumber daya manusia dapat mengekang beberapa keinginan dan kemungkinan karyawan akan pindah ke pekerjaan lain dengan cepat. Isu pengembangan karyawan dan promosi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful