KETERBUKAAN DAN JAMINAN KEADILAN

Disusun oleh : Latifah Citra Pratiwi Latifah Niken Rustyaningsih Nururohmawati Oktri Nurhayati Wulan Suci Irmawati

(AP2/17) (AP2/18) (AP2/23) (AP2/24) (AP2/25) (AP2/33)

SMK N 6 YOGYAKARTA

Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada Guru kami atas bimbingan dari beliau kami dapat menyelesai kan makalah ini . yang kami beri judul “KETERBUKAAN DAN JAMINAN KEADILAN”. Makalah “KETERBUKAAN DAN KEADILAN” ini kami dapat dari berbagai sumberyang terpercaya . Yoyakarkarta . Semoga makalah ini dapat menjadi tambahan ilmu bagi kita semua terlebih lagi para pembaca makalah ini .Kata Pengantar Puji syukur kami panjatkan atas kehadira tuhan yang maha esa atas berkat rahmat dan karuniannya kami dapat menyelesaikan makalah kami .Januari 2012 Penyusun .

Daftar Isi 1 Judul 2 Kata pengantar 3 Daftar isi 4 Pendahuluan 5 Pengertian keterbukaan 6 Pengertian keadilan 7 Ciri-ciri keterbukaan 8 Manfaat keterbukaan 9 Bentuk-bentuk pemerintahan 10 Macam-macam keadilan 11 Prinsip-prinsip keadilan dalam pembangunan 12 Pentingnya keterbukaan dankeadilan 13 E-Government 14 Kesimpulan .

Pendahuluan Bangsa Indonesia di karuniai Tuhan Yang Maha Esa Tanah air yang berbentuk kepulauan . Sikap terbuka adalah sikap untuk bersedia memberitahukan dan sikap untuk bersedia menerima pengetahuan atau informasi dari pihak lain. masyarakat dan warga negara. akan terjadi kesulitan dalam pembaruan negaraSeperti yang telah dijelaskan di atas. Orang yang terbuka akan mendapatkan informasi dan pengetahuan. Salah satu ciri pemerintahan demokratis adalah keterbukaan. Keterbukaan menjadi bukti bahwa pemerintah sanggup bertanggung jawab terhadap kegiatan yang dilakukannya terhadap rakyat. serta memperkuat persatuan. Orang yang terbuka akan mendapatkan informasi dan pengetahuan. Seperti yang telah dijelaskan di atas. Jadi. serta memperkuat persatuan. keterbukaan adalah komunikasi. Sifat yang serba tertutup justru dapat merugikan diri sendiri. Sikap terbuka dapat dimiliki oleh setiap orang. apabila pemerintahan yang ada saat ini bersifat tertutup. mempererat persaudaraan. dengan suku dan kebudayaan serta penduduk yang memeluk agama yang berbeda-beda . . Keterbukaan merupakan suatu kondisi yang memungkinkan partisipasi masyarakat dalm kehidupan bernegara. apabila pemerintahan yang ada saat ini bersifat tertutup. Sikap terbuka adalah sikap untuk bersedia memberitahukan dan sikap untuk bersedia menerima pengetahuan atau informasi dari pihak lain. Keterbukaan dapat diartikan sebagai keadaan yang memungkinkan ketersediaan informasi yang dapat diberikan dan didapatkan oleh masyarakat luas. masyarakat dan warga negara. Salah satu ciri pemerintahan demokratis adalah keterbukaan. Keterbukaan menjadi bukti bahwa pemerintah sanggup bertanggung jawab terhadap kegiatan yang dilakukannya terhadap rakyat. Sikap terbuka dapat dimiliki oleh setiap orang. maka dari itu kami membuat makalah ini . Keterbukaan merupakan suatu kondisi yang memungkinkan partisipasi masyarakat dalm kehidupan bernegara. Keterbukaan menjadikan berbagai informasi dapat diketahui masyarakat. Sifat yang serba tertutup justru dapat merugikan diri sendiri. Keterbukaan menjadikan berbagai informasi dapat diketahui masyarakat. akan terjadi kesulitan dalam pembaruan negara . keterbukaan adalah komunikasi. Keterbukaan dapat diartikan sebagai keadaan yang memungkinkan ketersediaan informasi yang dapat diberikan dan didapatkan oleh masyarakat luas. Jadi. mempererat persaudaraan.

berterus terang dan tidak menutup-nutupi kesalahan yang tidak di lakukannya maupun dilakukan orang lain D. Keterbukaan dalam menjalankan pemerintahan merupakan hal yang mutlak diperlukan dalam sebuah negara demokrasi . menurut W. tidak merahasiakan sesuatu yang berdampak kecurigaan orang lain .PENGERTIAN KETERBUKAAN Keterbukaan merupakan perwujudan sikap jujur rendah hati adil serta mau menerima pendapat dan kritik dari orang lain . dan suatu tindakan yang besar merupakan perbuatan yang sesuai dengan norma . sepatutnya . F. . B. Noto Negoro . dan bernegara . sedangkan menurut Prof. I.Dr.H . bersikap hati-hati danselektif (check and recheck ) dalam menerima dan mengelola informasi dari manapun sumbernya . tidak sewenang-wenang . mau mengakui kelemahan atau kekurangan dirinya atas segala yang dilakukan . pemerintahan yang transparan membawa kemakmuran bagi rakyatnya . mau bekerja sama dan menghargai orang lain . S. PENGERTIAN KEADILAN Pengertian keadilan menurut kamus bahasa indonesia keadilan berasal dari kata “adil” yang berarti kejujuran . H. berarti sesuai dengan kenyataanya . sangat menyadari keagamaan dalam berbagai bidang kehidupan .J. C. menjadi dasar atau pedoman dalam dialog dan berkomunikasi . berbangsa . dan peraturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat . Jika keadilan dapat berarti perlakuan atau perbuatan yang dalam pelaksanaannya memberikan kepada pihak lain sesuatu yang semestinya harus di terima oleh pigak lain . Pemerintah yang transparan pasti melibatkan kontrol masyarakat. jadi kebeneran pada pokoknya merupakan keadaan yang sesuai dengan kenyataanya . menurut KBBI berarti sifat perbuatan .S. kelurusan . dan keikhlasan yang tidak berat sebelah . toleransi dan tenggang rasa terhadap orang lain . mau dan mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi . nilai . J. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. terbuka ( transparan ) dalam proses maupun pelaksanaan kebijakan publik .Drs. G. CIRI-CIRI KETERBUKAAN A . perilaku yang adil . purwadamito : Tidak berat sebelah . E.

2. Terhindar dari kesalah pahaman antara rakyat 3. Mendorong masyarakat melakukan kontrol sosial terhadap kebijakan pemerintah . Dampak Adannya Keterbukaan Dalam Penyelenggaraan Pemerintah . Autokrasi adalah bentuk pemerintahan yang dipegang seorang diri . Dampak dari adanya keterbukaandalampenyelenggaraan pemerintah adalah : 1. Autokrasi kuno Autokrasi kuno adalah autokrasi yang tidak mempunyai badan perwakilan rakyat Autokrasi modern Autokrasi modern adalah autokrasi yang telah mempunyai badan perwakilan rakyat . Jadi . Bentuk pemerintahan ini bersifat tertutup . Terjalin hubungan yang harmonis antara pmerintah dan rakyat Bentuk-Bentuk Pemerintahan Antara lain : a Mornarki Absolut bentuk pemerintahan yang dikepalai oleh raja dan memegang kekuasaan negaratidak terbalas . Raja berkuasa atas kekuasaan legislatif. . Adalah ketersediaan penyelenggaraannegara untuk memberitahukan segala kebijakan yang bersifat publik. dan yudikatif . b Tirani bentuk pemerntahan yang dipegang oleh satu orang untuk kepentingannya sendiri . eksekutif. namun tidak berfungsi sebagai semestinya . Masyarakat akan tahu apayang sedang dan akan dilakukaan oleh pemerintah . c Autokrasi berasal dari kata auto yang berarti sendiri dan kratein yang berarti pemerintahan .MANFAAT KETERBUKAAN Mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktifdalam penerintahan atau dalam pelaksanaan pembangunan .

seperti Hitler di Jerman pemerintah diktator golongan .Notonegoro. e Diktatoris Diktatoris adalah pemerintah yang semua kekuasaannyadipegang oleh satu tangan dan dalam menjalankan pemerintahantersebut dengan kekerasan .SH. seperti di negara Liberalis MACAM-MACAM KEADILAN Menurut Aristoteles . Contoh : nilai siswa sesuai dengan prestasi belajarnya . menurut polybios merupakan bentuk negatif daripemerintah Aristokrasi .d Oligarki berasal dari kata oligo yang berarti sedikit orang dan arkeheing yang berarti pemerintahan. Oligarki adalah suatu negara yang kekuasaan pemerintahnya dipegang oleh sekelompok kecil untuk kepentingan kelompoknya . dapat di bedakan seperti berikut : 1 Keadilan Distributif yaitu perlakuan terhadap seseorang terhadap jasa-jasanya . 2 Keadilan Komutatif yaitu perlakuan terhadap seseorang dengan tidak melihat jasa-jasanya Contoh : kasih sayang seorang orang tua terhadap anak-anaknya 3 Keadilan kodrat alam 4 Keadilan konvensional 5 Keadilan perbaikan Menurut Prof. Menambahkan dengan keadilan legislatif ( keadilan hukum ) Menurut Plato Keadilan di bagi menjadi dua macam yaitu : 1 Keadilan moral 2 Keadilan prosedural - Prinsip-Prinsip Keadilan Dalam Pembangunan Menghormati hak-hak orang lain Berbuat atau bertindak sesuai kaidah-kaidah yang berlaku Saling terbuka tanpa ditutup-tutupi Upaya menanamkan sikap untuk selalu menegakkan keadilan Menyakini bahwa menegakkan keadilan adalah perintah tuhan Menumbuhkan tekat bahwa ketidakadilan harus dihapuskan . pemerintah Diktator dibagi menjadi dua yaitu : 1 2 pemerintah diktator perorangan .Drs.

Jika hal itu dibiarkan begitu saja maka makin besar keinginan rakyat untuk selalu mengadakan pembaharuan. wapres. yudikatif) Dalam arti sempit : pemerintah yang berdaulat sebagai badan . Pada dasarnya kebijakan publik dan peraturan pelaksanaan yang mengikutinya memuat arahan umum serta ketentuan yang mengatur masyarakat. masyarakat akan lebih mudah dalam menyampaikan aspirasi dan pendapat yang membangun. Berbagai aspirasi yang telah menjadi keputusan bersama dapat menjadikan bangsa ini mudah mencapai suatu keadilan. tetapi rakyat tidak tau arahnya sehingga mereka akan mudah kehilangan kendali dan emosianal. Penentangan oleh masyarakat tehadap sejumlah kebijaksanaan dan peraturan yang ada secar empirik lebih banyak dikarenakan oleh kurangnya keterlibatan publik dalam tahap kebijaksanaan. Sehubungan dengan itu. lembaga yang mempunyai kebijakan negara (eksekutif) yang terdiri dari presiden. jika keterbukaan dan jaminan keadilan selalu dipupuk dan diperhatikan akan menghasilkan suatu kebijakan publik dan peratruran umum yang mengatur masyarakat dengan baik. eksekutif. Pemerintah dibedakan menjadi dua yaitu: Dalam arti luas : pemerintah berdaulat sebagai gabunngan semua badan (lembagakenegaraan yang berkuasa dan memerintah diwilayah suatu negara yang meliputi legislatif. Jika masyarakat suatu bangsa telah ikut berperan dan munyumbangkan aspirasi dan pendaptnya. persatuan akan lebih mudah terwujud. seluruh kabinetnya - . Hal itu dikarenakan mereka merasa mempunyai cita-cita. Rakyat cenderung ingin membentuk suatu wadah dengan kebijakan sendiri. dan peranan yang sama ketebukaan yang mensyaratkan kesediaan semua pihak untuk menerima kenyataan merupakn pluralitas. tujuan. kemudian dijadikan suatu keputusan bersama yang bermanfaat.Pentingnya Keterbukaan dan Jaminan Keadilan Dengan keterbukaan dan jaminan keadilan. semua kebijaksanaan publik dan dan peraturannya membutuhkan dukungan masyarakat untuk bisa efektif. Pentingnya keterbukaan dan keadilan meliputi : Terhindar dari kesalah pahaman dan perselisihan antara seluruh komponen bangsa Menumbuhkan solidaritas dan perasaan senasib sehingga persatuan dan kesatuan terwujud Dampak Penyelenggaraan Pemerintah yang tidak Maksimal Pengertian Pemerintah adalah lembaga atau orang yang bertugas mengatur dan mewujudkan negara dan rakyatnya. Aspirasi dan pendapat itu ditampung dan diseleksi. cara . can hasil kerja pemerintah yang mengatur negara dengan rakyatnya . Sebaliknya. timbul konflik yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. di dalamnya juga muncul perbedaan pendapat. Akibatnya. Selain itu. Pemeritahan adalah hal.

Kolusi. Cukup banyak negara yang sudah menerapkan e-government. Kendati demikian . b Offe menurut Offe . Diantaranya adalah Singapura . Inggris. pemerintahan merupakan hasil dari tindakan administratif dalam berbagai bidang dan bukan merupakan hasil dari pelaksanaan tugas pemerintaberdasarkan peraturan perundang-undangan . AS. Timbulnya kesengsaraan dan kemiskinan yang semakin dalam . Dalam konsep e-government. atau mengirimsurat untuk mendapat pelayananpemerintah . berbicara melalui telepon. Australia. perbaikan sistem politik . dan Nepotisme ) Munculnya pejabat atau kepala daerah terpilih karena politikuang . Malaysia. pemerintah adalah proses interaksi antara berbagai pelaku dalam pemerinttahan dengan kelompok masyarakat atau berbagai individu masyarakat . Jerman. Taiwan. dan Selandia Baru .Menurut para ahli a Kombain menuru Kombain . Dampak pemerintahan yang tidak transparan tersebut sebagai berikut : 1 2 3 4 Tumbuh dan berkembangnya KKN (Korupsi. e-government bukan berarti mengaganti cara pemerintah dalam berhubungan dengan masyarakat. sesuai dengan fungsinnya adalah penggunaan teknologi informai yang dapat meningkatkan informasiyang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain . mitra bisnis.Jadi.badan usaha. Timbulnya jurang pemisah yang dalam antara si kaya dan si miskin. E-Government : keterbukaan pemerintah di era digital Pengertian E-Government E-Government adalah proses pemanfaatan informasi sebagai alat untuk membantu menjalankan sistem pemerintah lebih efisien . Syarat-syarat terwujudnya pemerintahan yang terbuka dan bersih (transparan) 1 2 3 4 kontrol internal penyelenggaraan negara berupa penanaman keimanan yang berdimensi akhlak atau moral individu penyelenggaraan negara . pegawai. . perbaikan kontrol masyarakat . perbaikan budaya yang konduksif . masyarat masih bisa berhubungan dengan pos-pos pelayanan. dan lembaga-lembaga lainnya secara online . e-government. Kementrian Kominfo berpendapat bahwa e-government adalah aplikasi teknologi informasi yang berbasis internet dan perangkat digital lainnya yang dikelola oleh pemerintahan untuk keperluan penyampaian informasi dari pemerintahke masyarakat.

Bentuk Penerapan E-Government Bentuk-bentuk pelayanan yang di berikan dapat berupa : 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 Pembuatan KTP Pembayaran listrik. 42 Tahun 1974 ) Di pihak lain. Fakir miskin berhak mendapatkan pemeliharaan dari negara ( Pasal 34 UUD 1945 ) Fakir miskin berhak mendapatkan sarana bantuan sosialdan rehabilitasi sosial ( Pasal 2 Peraturan Pemerintah RI No.6 Tahun 1974 . 6 Tahun 1974 ) Pemerintah wajibmengusahakan sistemekonomi yang berpihak pada rakyat banyak ( Penjelasan Pasal 33 UUD 1945 ) . pajak dll E-employment E-procurement ( tender melalui internet ) Pendaftaran pemilu (election card ) Penyampaian keluhan Saran-saran atas proses pelayanan Saran-saran politik Informasi tentang kegiatan (event)pemerintah Informasi kredit/pinjaman Pelayanan hukum dan statistika Hak dan Kewajiban dalam jaminan Kesejahteraan Sosial Warga negara memiliki hak sekaligus kewajibandalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Hak-hak warga negara diatur sebagai berikut : 1 2 3 Setiap warga negara berhak atas taraf kesejahteraan sosial yang sebaik-baiknya (Pasal 1 UU No. kewajibanwarga negara diatur sebagai berikut : 4 5 Setiap warga negara wajib ikut serta dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial ( Pasal 1 UU No.

masyarakat akan lebih mudah dalam menyampaikan aspirasi dan pendapat yang membangun. Aspirasi dan pendapat itu ditampung dan diseleksi.Kesimpulan : Dengan keterbukaan dan jaminan keadilan. kemudian dijadikan suatu keputusan bersama yang bermanfaat .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful