ARTIKEL

ENERGI / BAHAN BAKAR ALTERNATIF RAMAH LINGKUNGAN

Oleh : NAMA KELAS NIM : MOCHAMAD ZAINUDIN : 4A D4 TOE / 12 : 0841220007

POLITEKNIK NEGERI MALANG MALANG 2011

atau tidak dapat diakses lagi. dalam perkembangannya transisi penggunaan energi alternatif juga dirdasarkan faktor ekonomi. yang berkontribusi besar terhadap pemanasan global berdasarkan Intergovernmental Panel on Climate Change.ENERGI / BAHAN BAKAR ALTERNATIF RAMAH LINGKUNGAN PENGERTIAN Energi / bahan bakar alternatif adalah istilah yang merujuk kepada semua energi dan bahan bakar yang dapat digunakan yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut. Walaupun. hadirnya suatu sumber energi baru bertujuan untuk menggantikan sumber energi yang lama yang semakin langka dan mahal. yaitu : a. b. tidak ekonomis lagi. Ada tiga pengurangan yang menjadi objektif inovasi kendaraan bermotor. Pengurangan ketergantungan pada bahan bakar berbasis fosil (bahan bakar minyak). Pengurangan konsumsi bahan bakarnya c. Umumnya. Istilah “alternatif” merujuk kepada suatu teknologi selain teknologi yang digunakan pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi. Kendaraan bermotor mengambil bagian yang besar dalam masalah “bahan bakar”. sehingga berbagai upaya dan inovasi telah dilakukan untuk medapatkan bahan bakar alternatif bagi kendaraan bermotor. Selama beberapa tahun. apa yang sebenarnya dimaksud sebagai energi alternatif telah berubah akibat banyaknya pilihan energi yang bisa dipilih yang tujuan yang berbeda dalam penggunaannya. Pengurangan emisi gas buang yang dihasilkannya. Teknologi alternatif yang digunakan untuk menghasilkan energi dengan mengatasi masalah dan tidak menghasilkan masalah seperti penggunaan bahan bakar fosil. . istilah ini digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang mengakibatkan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon dioksida yang tinggi.

Beberapa bahan bakar “hijau” sebagai pengganti bahan bakar fosil bagi kendaraan bermotor yang sedang dikembangkan diantaranya adalah : 1. yang dibagi menjadi Biodiesel dan Bioethanol. Biofuel dikelompokkan menjadi dua MACAM BAHAN BAKAR ALTERNATIF RAMAH . Electric Fuel atau penggunaan energi listrik sebagai sumber tenaga. bahan bakar dari alkohol dengan berbagai macam bahan dasar. 4. Untuk membuat alkohol. 2. Ethanol.Inovasi yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut diantaranya adalah inovasi pada teknologi mesin dan propulsi serta yang paling utama adalah penggunaan bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan. diperlukan tumbuhan yang mengandung karbohidrat tinggi dengan proses fermentasi. BEBERAPA LINGKUNGAN  BIOFUEL Biofuel jenis. Karenanya. Ethanol memiliki rumus kimia C2H5OH. sistem bahan bakar yang memanfaatkan air (sering disebut bahan bakar air). 3. Fuel Cell. Biofuel. Umumnya bahan bakar itu disebut “Bahan Bakar Ramah Lingkungan atau Bahan Bakar Hijau (Greener Fuels). adalah bahan bakar yang dihasilkan melalui proses menggunakan bahan dasar tumbuhan. Ethanol adalah salah satu bahan bakar alternatif (yang dapat diperbaharui) yang ramah lingkungan yang menghasilkan gas emisi karbon yang lebih rendah dibandingkan dengan bensin atau sejenisnya (sampai 85% lebih rendah). ethanol sering disebut sebagai bahan bakar alkohol. dari berbagai zat limbah maupun tumbuhan. yaitu : a) Ethanol Ethanol adalah bahan bakar biofuel yang berasal dari alkohol.

biodiesel merupakan yang paling populer saat ini karena kelimpahruahan bahan bakunya. minyak jarak. biji bunga . asam lemak yang berasal dari minyak sawit. water-in-diesel emulsion. Ethanol 85 (E85) yang merupakan campuran 85% Ethanol dan 15% bahan bakar bensin. Dari keempat BBA tersebut. Melalui proses transesterification. Penggunaan Ethanol pada kendaraan biasanya menggunakan 2 jenis Ethanol yaitu Ethanol 10 (E10) yang merupakan campuran antara 10% Ethanol dan 90% bahan bakar bensin dan bisa digunakan hampir di seluruh kendaraan keluaran terbaru. dan gas-to-liquid diesel fuel. ketala pohon atau hasil perkebunan lainya dan sampai saat ini belum ada kendaraan (vehicles) yang didesain khusus untuk dapat menggunakan Ethanol 100%. e-diesel.Rumus kimia Ethanol Pada dasarnya Ethanol dibuat dari jagung. b) Biodiesel Saat ini setidaknya terdapat empat BBA yang dapat digunakan pada mesin diesel yaitu biodiesel. Kendaraan yang bisa menggunakan jenis E85 ini adalah kendaraan yang sudah mempunyai sertifikasi Flex-fuel Vehicles (FFV) yang dikeluarkan oleh produsen mobil. kedelai. Biodiesel merupakan campuran bahan bakar diesel (minyak solar) dengan metil ester yang diperoleh dari minyak nabati.

Pemerintah Brazil telah mencanangkan penggunaan biodiesel (bahan baku utamanya adalah minyak jarak dan biji bunga matahari) untuk transportasi pada tahun 2005 dengan harapan mendapatkan perbaikan kualitas udara perkotaan. BPPT telah merintis penggunaan biodiesel untuk kendaraan bermotor pada September 2005 sebagai bagian dari Landmark Energy 2020. menciptakan lapangan kerja baru di bidang pertanian sehingga secara tidak langsung mengurangi tingkat kemiskinan. Secara teori.matahari. . Sedangkan di Indonesia. Sampai saat ini yang umum digunakan adalah B5 hingga B20. produk transesterification dapat langsung digunakan hingga 100% (dikenal sebagai B100). Metil ester ini kemudian dicampur (blend) dengan minyak solar biasa (dalam komposisi tertentu) menjadi Biodiesel. maupun jelantah diubah menjadi metil ester. Thailand juga telah memasukan penggunaan biodiesel dalam energy saving plan mereka di tahun 2011.

Ethanol selama ini banyak dihasilkan dari tebu dan jerami serta fermentasi jagung. Tapi menggunakan tebu dan jagung bisa mengurangi kebutuhan akan stok makanan dan membuat harganya menjadi tinggi. emisi gas pun bisa dikurangi bahkan lebih rendah daripada bensin atau listrik.Prinsip Pembuatan Biodiesel Ethanol dari “Tembakau dan Kulit jeruk” Ethanol yang diciptakan dari produk limbah jeruk dan campuran tembakau ini lebih ramah lingkungan dan murah dibanding ethanol lainnya yang pernah diproduksi untuk dijadikan bahan bakar. Percobaan pembuatan tembakau dan kulit jeruk sebagai penghasil ethanol pernah dilakukan Professor Henry Daniell dan rekannya dari University of Central Florida. Ethanol dari kulit jeruk dan tembakau ini punya kelebihan dibanding jagung. Dengan menggunakan etanol berbahan dasar kulit jeruk. Ethanol yang dihasilkan dari jagung menghasilkan emisi gas yang lebih besar daripada emisi bensin sehingga kurang ramah lingkungan. .

Prof Daniell juga pernah mendapat penghargaan karena keberhasilannya mengubah jagung menjadi bahan bakar menggunakan enzim dari perut sapi. karbon monoksida. yaitu jamur dan bakteri. tanah. Catering dan rumah tangga dan lainnya pada saat ini belum optimal penggunaannya. karena limbah ini mengandung asam lemak bebes/jenuh (ALB) sangat tinggi dan dapat menyebabkan kolesterol. .Menurut Prof Daniell. Biodiesel dari “Minyak Jelantah” Minyak jelantah merupakan limbah yang dapat dijadikan sumber bahan bakar nabati sebagai pengganti solar yang berasal dari bahan baku minyak sawit (crude palm oil/CPO). Sebelumnya. kanker dan penyumbatan peredaran darah bagi penggunanya. yang lebih dibutuhkan adalah enzim pektinase sementara untuk produk kayu yang dibutuhkan adalah enzim xylanase. Limbah gorengan setelah dipakai berulang 3 hingga 4 kali pengorengan seharusnya dibuang. di Florida limbah kulit jeruk bisa menghasilkan 200 juta galon ethanol tiap tahunnya. kedua karena produksinya sangat berlimpah dan ketiga. Limbah pengorengan ini dapat diperoleh dari Restoran. Dalam studinya kali ini. Semua enzim yang digunakan berasal dari alam yang diciptakan dari mikroba. Prof Daniell menggunakan kombinasi 10 enzim untuk menghasilkan gula dan akhirnya menjadi bentuk ethanol. hipertensi. karena jenis formulasi ini tidak larut dalam air dan dapat mencemari lingkungan bila dibuang kedalam air dan tanah. Tembakau dipilih sebagai tanaman ideal untuk memproduksi enzim karena beberapa alasan. sulfur dan hujan asam. dan udara. Hotel-hotel. penggunaan tembakau sebagai bahan penghasil enzim bisa mengurangi produksi rokok dan jumlah perokok. Untuk kulit jeruk. Manfaat dari Biodiesel ini antara lain : • Mengurangi pencemaran hidrokarbon yang tidak terbakar. Limbah minyak goreng (weste of vegetable oil) memiliki potensi sebagai alternatif energi bahan bakar nabati yang ramah lingkungan dan mampu menuturkan 100% emisi gas buangan Sulfur dan CO2 serta CO sampai dengan 50%. Pertama karena tembakau bukan produk pangan. Dan membuat biodiesel dari limbah penggorengan ini mampu mengurangi pencemaran air. Sehingga mendukung program pemerintah tentang pemanfaatan bahan bakar nabati sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan.

proses ini dinamakan proses pemanasan (Heating). Pembuatan : 6. Selang 5. 3) Selanjutnya minyak jelantah dituang kedalam wadah dan diamkan sehingga terjadi pemisahan 2 lapisan biodiesel dan gliserin. campurkan larutan KOH dan Menatol dan aduk. karena minyak berasal dari tumbuhan/nabati. 4) Setelah terbentuk 2 lapisan. Methanol (CH3OH) 1) Limbah Minyak goreng (jelantah) dipanaskan dalam wadah hingga temperatur 110 derajat Celcius. Alat dan Bahan : 1. Gelas ukur 3.  BAHAN BAKAR AIR . Kompor gas b. Minyak jelantah 7. • Tidak menambah jumlah gas karbon dioksida. Energi yang dihasilkan mesin diesel lebih sempurna dibandingkan solar hingga yang menggunakan biodiesel tidak mengeluarkan asap hitam berupa karbon atau CO2. Blender ukuran 1L 2.• Bahan dasar nya adalah minyak goreng bekas/limbah penggorengan. hingga terjadi 2 lapisan biodiesel dan air. Cara pembuatan Biodiesel dari minyak jelantah : a. buang lapisan bawah (gliserin). Ember dan jirigen 4. 6) Selanjutnya diamkan (settling) biodiesel yang telah dicampur oleh air. 7) Kemudian buanglah lapisan air pada bagian bawah dengan menggunakan selang/ membuat keran dan lapisan atas yang tertinggal adalah biodiesel nabati yang jernih (yang sudah dicuci). 5) Proses terakhir adalah pencucian (washing) dengan menambah 1/3 air kedalam wadah biodiesel dan diaduk. 2) Sekalian dipanaskan. KOH dalam bentuk padat (solid) 8. lapisan atas adalah biodiesel dan lapisan bawah adalah gliserin. dengan adanya pembuatan biodiesel ini dapat menggurangi beban lingkungan karena sampah/limbah.

Air sebagai senyawa kimia terdiri dari atom hidrogen dan oksigen yang dalam bentuk standarnya berupa gas diatomik. yang mengarah ke nol emisi. apabila air bisa dikonversi menjadi senyawa penyusunnya. Proses yang paling umum adalah melalui “elektrolisis”. ataupun dengan mereaksikan hidrogen dengan oksigen dalam sel bahan bakar untuk menjalankan motor listrik (fuel cell). Beberapa vendor kendaraan “populer” telah menggunakan teknologi bahan bakar air. Kendaraan – kendaraan ini berbahan bakar bahan bakar alternatif yang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakarnya. Gas hidrogen merupakan gas yang mudah terbakar dan memiliki nilai kalor yang tinggi saat dibakar. Sedangkan oksigen syarat perlu terjadinya reaksi pembakaran oksidatif. Sehingga. Kendaraan ini mengubah energi kimia hidrogen menjadi energi mekanik baiki itu hidrogen terbakar di mesin dengan pembakaran internal. Aston Martin DBGT 2025 adalah salah satu desain mobil terbaik masa depan. akan dihasilkan sumber bahan bakar yang melimpah. Sejumlah energi listrik dialirkan ke dalam air menyebabkan ikatan antara atom hidrogen dan oksigen terputus dan terbentuk gas hidrogen dan gas oksigen. 2) Honda FC Sport dan Honda PUYO . Aston Martin tampak berkelas dan sangat menarik. Kedua gas ini siap dibentuk dan dijadikan bahan bakar ramah lingkungan dengan emisi yang berupa “uap air”. Beberapa kendaraan tersebut diantaranya : 1) Aston Martin DBGT 2025 Mobil ini mampu melaju dengan bahan bakar yang berasal dari air setelah melalui proses elektrolisis.

menjanjikan meluncurkan mode selama model Seri 7 siklus ini. salah kacanya. 3) BMW HR2 Hybrid Car BMW juga mengembangkan mobil bahan bakar sel. dengan menggunakant mobil hibrida. 4) Jaguar C-XC Jaguar C-XC hadir dengan sel drive berbahan bakar hidrogen yang terpasang permukaan di bawah satu mobil.FC PUYO Sport Perusahaan telah merilis FC Sport. dan baterai cadangan diletakkan di tengah mobil. Mobil ini menggabungkan high-power fuel cell stack. yang meliputi seluruhpanjang . eknologi BMW untuk versidualsaat ini produksi dengan demikian mobil pertama dari jenisnya dapat melaju dengan bahan bakar hidrogen dan bensin. FC Sport didasarkan pada V-Flow Stack dari konsep FCX Clarity. yang terletak di antaratempat duduk belakang. yang merupakan design mobil sport berbahan bakar sel hidrogen yang pernah ditampilkan pada event di LAAuto Show.

berbahan pada Selain untuk rekor. 5) General Motors’ HydroGen4 HydroGen4 menggunakan 440 sel hidrogen tunggal yang menggabungkan hidrogen dari serat dengan tangki penyimpanan karbon dan oksigen dari udara untuk menghasilkan listrik. Selain didukung oleh mesin nolemisi. 6) H2 Racer Mobil dengan Zero-Emisi telah dirancang untuk pembalap tercepat di dunia bakar tahun bertujuan memecahkan mobil ini yang 2009. Mobil ini didukung oleh mesin dengan melaju dengan hidrogen. juga kekuatan bersih hidrogen telahdirancanguntuk menunjukkan bahan pembakaran internal yang telah dimodifikasi untuk bakar seperti hidrogen keseluruh dunia. Mobil dirancang bangun dari kulit sayuran dan daur ulang botol PET. bahan yang digunakan untuk membangun tubuh mobil memiliki dampak lingkungan yang minimal.ditambah dengan estetika Aerodynamic. Dengan mesin yang eco friendly. . Roda mobil juga ditutup untuk lebih meningkatkan sifat Aerodynamic. mobil ini diperkirakan mampu mencapai kecepatan lebih dari170km / jam. Mobil ini dari saat berhenti hingga melesat dengan kecepatan 62 mph hanya membutuhkan waktu 12 detik. yang kemudian mobil mendorong menghasilkan kecepatan maksimum 100 mph.