P. 1
Fungsi Dan Wewenang Kepala Negara Dan Kepala

Fungsi Dan Wewenang Kepala Negara Dan Kepala

|Views: 98|Likes:
Published by Zaenal Arifin

More info:

Published by: Zaenal Arifin on May 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2012

pdf

text

original

FUNGSI DAN WEWENANG KEPALA NEGARA DAN KEPALA PEMERINTAH

Sebelum kita mengetahui tugas dari keduanya, lebih dahulu kita mendevinisikannya. Kepala Pemerintahan adalah orang yang memimpin jalannya roda pemerintahan, biasa disebut perdana menteri. Sedangkan Kepala Negara ialah orang mengepalai suatu negara. Dalam bentuk Kerajaan, Kepala negara dijadikan sbg simbol (misal: Inggris). Anda perlu mengidentifikasi bentuk pemerintahan negara tersebut (Monarki,Republik,Kerajaan dsb.) untuk mengetahui tugas dari kepala pemerintahan dan kepala negara. sedikit masukan dari saya, semoga bermanfaat. Sebagai kepala negara, Presiden adalah simbol resmi negara Indonesia di dunia. Sebagai kepala pemerintahan, Presiden dibantu oleh menteri-menteri dalam kabinet, memegang kekuasaan eksekutif untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan sehari-hari. Adapun yang lebih terperinci tugas kepala Negara dan kepala Pemerintah, antara lain : A.TUGAS KEPALA NEGARA 1.Menetapkan dan mengajukan anggota dari hakim konstintusi. 2. Mangangkat duta dan konsul untuk negara lain dengan pertimbangan DPR. 3. Menerima duta dari negara lain dengan pertimbangan DPR. 4. Memberikan Grasi dan Rehabilitasi dengan pertimbangan dari MA / Mahkamah Agung. 5. Memberikan Amnesti dan Abolisi Rehabilitasi dengan pertimbangan dari DPR. 6. Memegang kekuasaan tertinggi atas AU / Angkatan Udara, AD / Angkatan Darat dan AL / Angkatan Laut. 7. Menyatakan keadaan bahaya yang syarat-syaratnya ditetapkan oleh Undang- Undang. 8. Menyatakan perang dengan negara lain, damai dengan negara lain dan perjanjian dengan negara lain dengan persetujuan DPR. 9. Membuat perjanjian yang menyangkut hajat hidup orang banyak, mempengaruhi beban keuangan negara dan atau mengharuskan adanya perubahan / pembentukan Undang-Undang harus dengan persetujuan DPR.

kewajiban. 15. Presiden adalah simbol resmi negara Indonesia di dunia. Mengangkat dan memberhentikan anggota KY / Komisi Yudisial dengan persetujuan DPR. 14. dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama untuk satu kali masa jabatan Wewenang. Membahas rancangan Undang-Undang untuk mendapatkan persetujuan dari DPR. Membentuk dewan pertimbangan yang memiliki tugas memberi nasehat dan pertimbangan untuk Presiden yang diatur oleh UU. Menetapkan Peraturan Pemerintah Sebagai Pengganti Undang-Undang / Perpu dalam keadaan yang genting dan memaksa. Sebagai kepala pemerintahan. dan hak Presiden antara lain: • • Memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD Memegang kekuasaan yang tertinggi atas Angkatan Darat. tanda jasa. 18. memegang kekuasaan eksekutif untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintah sehari-hari. 12. TUGAS DAN WEWENANG KEPALA PEMERINTAH Presiden Indonesia (nama jabatan resmi: Presiden Republik Indonesia) adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan Indonesia. Memberi gelar. Angkatan Laut. 17. Presiden dibantu oleh wakil presiden dan menteri-menteri dalam kabinet. 13. tanda kehormatan dan sebagainya yang diatur oleh UU. Mengajukan Rangcangan UU / Undang-Undang APBN untuk dibahas bersama DPR agar bisa menjadi Undang-Undang. 16. Menetapkan calon Hakim Agung yang diusulkan oleh KY / Komisi Yudisial dengan persetujuan DPR. Mengesahkan RUU / Rancangan Undang-Undang yang disetujuai bersama-sama DPR agar dapat menjadi Undang-Undang secara penuh.10. Meresmikan anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang dipilih DPR atas dasar pertimbangan DPD. dan Angkatan Udara . Presiden (dan Wakil Presiden) menjabat selama 5 tahun. B. 11. Sebagai kepala negara.

• Menetapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (dalam kegentingan yang memaksa) Menetapkan Peraturan Pemerintah Mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri Menyatakan perang. Presiden memperhatikan pertimbangan DPR Menerima penempatan duta negara lain dengan memperhatikan pertimbangan DPR. dan Mahkamah Agung Mengangkat dan memberhentikan anggota Komisi Yudisial dengan persetujuan DPR. ketiga kekuasaan yang langsung diberikan oleh UUD 1945 ini tidak . • • • • • • • • • • • • • • Kekuasaan legislative Kekuasaan legislatif. DPR. rehabilitasi dengan memperhatikan pertimbangan Mahkamah Agung Memberi amnesti dan abolisi dengan memperhatikan pertimbangan DPR Memberi gelar. membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain dengan persetujuan DPR Membuat perjanjian internasional lainnya dengan persetujuan DPR Menyatakan keadaan bahaya. Presiden melakukan pembahasan dan pemberian persetujuan atas RUU bersama DPR serta mengesahkan RUU menjadi UU. Secara konseptual. Memberi grasi.• Mengajukan Rancangan Undang-Undang kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Mengangkat duta dan konsul. Dalam mengangkat duta. merupakan tambahan dari kekuasaan presiden yang konvensional. dan tanda kehormatan lainnya yang diatur dengan UU Meresmikan anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang dipilih oleh DPR dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah Menetapkan hakim agung dari calon yang diusulkan oleh Komisi Yudisial dan disetujui DPR Menetapkan hakim konstitusi dari calon yang diusulkan Presiden. kekuasaan yudikatif serta kekuasaan militer dan darurat. tanda jasa.

. terutama dalam bidang pembentukan undangundang dan dalam kedudukanya sebagai penguasa tertinggi militer. namun pada taraf pelaksanaan tampak kekuasaan presiden begitu dominan.dilakukan secara mandiri oleh presiden.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->