Pemrograman Aplikasi Web

57

Bab 10 Project PHP dan MySQL
Pada bab ini akan membahas koneksi PHP dan MySQL untuk membuat aplikasi manipulasi data, berisi materi tentang bagaimana menghubungkan antara database mysql dengan php, bagaimana menampilkan isi database, update database, hapus database.

Pertama kita akan membuat database di mysql dan menampilkannya di browser tentunya masih menggunakan PHP. Untuk membuat database di mysql sebaiknya gunakan PhpMyadmin. Jika anda menggunakan phptriad untuk mengakses phpmyadmin, pada browser ketikkan http://localhost/phpmyadmin/.

10. 1 Membuat Database dengan PHPMYADMIN
Pertama kita akan membuat database di mysql dan menampilkannya di browser tentunya masih menggunakan Php. Untuk membuat database di mysql sebaiknya gunakan PhpMyadmin. Jika anda menggunakan phptriad untuk mengakses phpmyadmin, pada browser ketikkan http://localhost/phpmyadmin/.

Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin

Pemrograman Aplikasi Web

58

Gambar 10.1 Membuat Database Setelah itu klik create. Database baru sudah terbentuk, sekarang kita tinggal membuat tabelnya. Contoh pertama kita buat tabel sederhana yaitu tabel pengunjung pada sebuah halaman web.

Gambar 10.2 Database Telah Terbentuk

Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin

nama. Klik Go. Maka masukkan pengunjung pada name dan 4 pada fields. Gambar 10.Pemrograman Aplikasi Web 59 Karena kita akan membuat tabel dengan nama pengunjung yang mempunyai field sejumlah 4 yaitu : id. email dan situs. Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . seperti tampilan berikut.3 Mengisi Nama Tabel dan Ukuran Fields Selanjutnya akan ditampilkan window untuk mendefinisikan table.

4 Window Definisi Tabel Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin .Pemrograman Aplikasi Web 60 Gambar 10.

Primary artinya memberi kunci yang unik yang dapat di jadikan pengenal dalam tabel (dalam hal ini tabel pengunjung). update pada record. deleteing. Auto_increement artinya setiap pengisian record (data ) otomatis nilai id akan di naikkan .Pemrograman Aplikasi Web 61 Jangan lupa bahwa php case sensitif jadi sebaiknya isikan semua field dengan huruf kecil termasuk id. Pada gambar 4 id di setting auto_increement dan Primary. Karena angka itu unik dan penggunaannya pun bisa di urutkan sehingga tidak akan ada duplikasi data. Dengan kata lain hanya dengan id kita nantinya akan dapat melakukan editing. Nantinya hasil tabel pengunjung seperti gambar 5 : Gambar 10. Angka lebih baik di jadikan kunci tama dari sebuah tabel.5 Proses Pembuatan Tabel Berhasil Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . Jika sudah klik save.

Browse Insert Drop untuk melihat isi table (record) untuk mengisi table Menghapus field Primary. Unique Menjadikan primary.Pemrograman Aplikasi Web 62 Berikut beberapa fungsionalitas yang dapat anda gunakan untuk manipulasi data di dalam table. klik Insert untuk mengisinya. selenjutnya klik tombol Go : Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . Index. index atau unique Isi tabel tersebut dengan beberapa records.

Untuk melihat record klik Browse : Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin .6 Mengisi Record Tabel Karena id auto_increement maka id tidak perlu diisi. Jika sudah kli Save.Pemrograman Aplikasi Web 63 Gambar 10.

PRIMARY KEY (`id`)) Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . `nama` VARCHAR(75) not null.Pemrograman Aplikasi Web 64 Gambar 10.7 Daftar Record Tabel Apabila anda tidak menggunakan PhpMyadmin untuk administrasi database MySql maka script yang dapat anda ketikkan di mysql atau paste di jendela query: CREATE TABLE `pengunjung` (`id` INT(5) not null AUTO_INCREMENT. `situs` VARCHAR(75) not null . `email` VARCHAR(75) not null.

Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . view. echo "<br>".$pass). // password $koneksi = mysql_connect("$host". 2 Aplikasi Tampil Data Berikut diberikan contoh sebuah script untuk menampilkan data atau isi record yang berasal dari table pengunjung yang baru saja dibuat. echo $baris[0].Pemrograman Aplikasi Web 65 10. echo $baris[1]. // username $pass = "sa". Ketik script di bawah ini menggunakan script editor. echo "<center>Daftar Pengunjung</center>". echo "Jumlah pengunjung : $jumlah". mysql_select_db("KOLEGA". echo "Email : ".$koneksi). echo "Nama : ".$koneksi). $query = mysql_query("select * from pengunjung".// alamat atau host $user = "root".php <? $host = "localhost". while($baris=mysql_fetch_array($query)){ echo "<br>". echo "<br>"."$user". $jumlah = mysql_num_rows($query).

8 Hasil Running view.php Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . echo $baris[3].Pemrograman Aplikasi Web 66 echo $baris[2]. echo "Homepage : ". } ?> Selanjutnya anda dapat memanggil script yang telah dibuat sebelumnya memalui web browser. echo "<br>". Sehingga diperoleh tampilan seperti gambar berikut. Gambar 10.

php"> <pre> Nama : <input type="text" name="nama"> Email: <input type="text" name="email"> Situs: <input type="text" name="situs"> <input type="submit" name="submit" value="kirim"><input type="reset" name="reset" value="reset"> Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . Untuk dapat membuat sebuah halaman yang dapat memasukkan sebuah inputan maka perlu dibentuk sebuah form.htm dan file pemroses input. 3 Aplikasi Insert Data File view. Maka dibutuhkanlah dua file yaitu input.php tidak memungkinkan untuk seseorang memasukkan record dikarenakan file tersebut hanya menampilkan record.Pemrograman Aplikasi Web 67 Kesimpulan : Untuk menampilkan database mysql di Browser dengan Php langkah-langkahnya: • Hubungkan dulu Php dengan mysql (menggunakan fungsi mysql_connect()) • Pilih database (menggunakan fungsi mysql_select_db) • Query (menggunakan fungsi mysql_query()) • Tampilkan (menggunakan fungsi mysql_fetch_array) 10.php. Form tersebut memuat variabel-variabel yang dibutuhkan yang kemudian setelah di submit akan di proses dan dimasukkan dalam database.htm <html> <head></head> <body> <form method="post" action="input. input.

Gambar 10.9 Hasil Eksekusi Form Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin .Pemrograman Aplikasi Web 68 </pre> </form> </body> </html> <input type="text" name="nama"> name="nama" artinya bahwa apapun yang di inputkan dalam text box tersebut menjadi variable nama.

htm terdapat 3 variabel yaitu nama. '$email'. mysql_query("insert into pengunjung (nama. situs. input. email. echo "Data telah dimasukkan". email dan situs.$koneksi)."root". email dan situs. Memasukkan dalam database harus urut dengan fieldnya. Maka pada pengisiannya harus di urutkan. variable email. mysql_query("insert into pengunjung (nama.Pemrograman Aplikasi Web 69 Selanjutnya script berikut digunakan untuk melakukan proses input data ke dalam table pengunjung. email. nama.$koneksi).php. situs) values ('$nama'. '$email'. ?> Pada source code input. '$situs')".php>Lihat Data</a>". '$situs')". echo "<br>". Cara pemrosesan atau pemasukan data dalam database mysql ialah menggunakan perintah mysql yaitu perintah insert. echo "<a href=view. variable situs untuk di masukkan ke dalam tabel pengunjung dengan urutan field nya nama. situs) values ('$nama'. Ketiga variable tersebut nantinya akan diproses dalam file input. Id tidak dimasukkan karena sudah auto_increement. mysql_select_db("KOLEGA". email. $koneksi)."sa").php <? $koneksi = mysql_connect("localhost". Pada tabel pengunjung urutannya id. Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . Sintak tersebut memasukkan data yang terdapat pada variable nama.

situs) = nama field dalam tabel pengunjung.htm di browser : Gambar 10. email.Pemrograman Aplikasi Web 70 Pengunjung (nama.10 Mengisi Record Baru Klik kirim.php Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . Sekarang akan kita coba memasukkan data. Buka file input. maka selanjutnya akan diproses di input.

Pemrograman Aplikasi Web 71 Gambar 10.11 Proses Pengisian Record Ke Tabel Untuk melihat data. klik link Lihat Data. Sehingga diperoleh tampilan seperti gambar berikut. Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin .

php maka di isi otomatis dan nilainya di naikkan satu (+1) menjadi 3.Pemrograman Aplikasi Web 72 Gambar 10. Inilah yang dinamakan auto_increement. Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin .12 Daftar Pengunjung Setelah Ditambah Record Bisa anda lihat bahwa sekarang jumlah record ada 3. Program diatas juga dapat anda tambahkan yaitu : jika ada nama atau email atau situs yang dikosongi maka data tidak dapat di masukkan ke dalam database karena kosong. id yang tidak kita isikan dan masukkan dalam input. Dari sini anda bisa membuat sebuah form untuk input data.

htm>Isi Data</a>".php kita sudah dapat memasukkan data ke dalam database maka kali ini kita akan mengedit data yang telah di masukkan. Langkah pertama kita harus memodifikasi file view. }else{ echo "Cek kembali form anda". '$email'."sa"). $koneksi). ketika teks isian dalam keadaan kosong.Pemrograman Aplikasi Web 73 Coba anda modifikasi kembali script input. echo "<a href=input. situs) values ('$nama'.php>Lihat Data</a>". echo "<a href=view. input.php <? if(($nama!="") or ($email!="") or ($situs!="")) { $koneksi = mysql_connect("localhost".php anda untuk menghalagi proses. '$situs')". Maka harusnya terdapat sebuah form yang mampu mengedit isi yang terdapat dalam database. 4 Aplikasi Edit Data Sebuah database tentunya terdapat revisi-revisi atau perubahan isi tabel atau record. } ?> 10. email. echo "<br>". mysql_query("insert into pengunjung (nama.php agar dapat mempunyai link untuk menuju sebuah form Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . echo "<br>". echo "Data telah dimasukkan"."root".$koneksi). Jika pada file input. mysql_select_db("KOLEGA".

// alamat atau host $user = "root". $query = mysql_query("select * from pengunjung". echo "<center>Daftar Pengunjung</center>". echo "Jumlah pengunjung : $jumlah".$koneksi).php?id=$baris[0]>edit</a>".$pass). echo $baris[1]. echo "Homepage : ". echo $baris[0]. // password $koneksi = mysql_connect("$host".$koneksi). echo $baris[2]. echo "Nama : ". } ?> Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . mysql_select_db("KOLEGA". echo "<br>". echo "<br><a href=edit. echo "<br>". echo $baris[3]."$user".php <? $host = "localhost". view. // username $pass = "sa". while($baris=mysql_fetch_array($query)){ echo "<br>".Pemrograman Aplikasi Web 74 peng-editan yang selanjutnya dengan form tersebut akan di proses dan di update ke dalam database. $jumlah = mysql_num_rows($query). echo "<br>". echo "Email : ".

php mendapat tambahan pada baris ke-3 dari akhir script. http://localhost/2SIP4/01120054/KOLEGA/edit.php.13 Hasil Eksekusi Script View. Dimana dibuat sebuah link yang memanfaatkan variable id untuk di proses pada tahap selanjutnya.php Jika cursor diarahkan pada link edit maka link tersebut akan menggunakan id dari record untuk dijadikan sebagai variable pemroses di file edit.php?id=1 Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . Gambar 10.Pemrograman Aplikasi Web 75 Script view.

$koneksi). Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . Nilai 1 diambil dari hasil query dari $baris[0].php nilai id tersebut akan di jadikan alat bantu untuk editing.php?id=1). mysql_select_db("KOLEGA".php <? $koneksi = mysql_connect("localhost"."root"."sa").php\">". echo "</form>". echo "<br>". echo "Email : <input type=\"text\" name=\"email\" value=\"$baris[2]\">". echo "<br>". File edit. echo "<br>". echo "Situs : <input type=\"text\" name=\"situs\" value=\"$baris[3]\">".php membawa sebuah variable id. Dengan variable ini akan di lakukan query yaitu memilih semua field yang mempunyai id = 1 (nilai 1 diambil dari edit. Sehingga dengan mengambil nilai dari id maka pada file edit. echo "Nama : <input type=\"text\" name=\"nama\" value=\"$baris[1]\">". $query = mysql_query("select * from pengunjung where id='$id'". Begitu seterusnya. edit. while ($baris = mysql_fetch_array($query)){ echo "<form method=\"post\" action=\"update. echo "<input type=\"submit\" name=\"submit\" value=\"update\">". echo "<input type=\"hidden\" name=\"id\" value=\"$baris[0]\">". dalam hal ini di contohkan id=1.Pemrograman Aplikasi Web 76 Ketika cursor diarahkan pada record pertama maka link mempunyai nilai id=1.$koneksi). Kenapa harus menggunakan id ? karena id telah di set primary yang artinya tidak ada redundancy id.

Gambar 10.php ialah hasil query di tampung dalam text box.Pemrograman Aplikasi Web 77 } ?> Selanjutnya anda dapat menjalankan script di atas. sehingga diperoleh tampilan seperti gambar berikut.14 Mengubah Data Record Bisa anda lihat bahwa dengan modal variable id saja record tersebut dapat di edit. Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . Logika dari edit. Silahkan merubah nya jika sudah klik update. Sehingga nilai (value) yang ada dalam text box hasil query.

nama='$nama'. echo "Data dengan id = $id telah di update". email='$email'.$koneksi)."root". $query = mysql_query("update pengunjung set id='$id'.15 Hasil Update Data Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . echo "<br>".Pemrograman Aplikasi Web 78 update. ?> Jalankan script di atas.php>Lihat Data</a>".php <? $koneksi = mysql_connect("localhost"."sa"). Gambar 10. sehingga diperoleh tampilan seperti berikut. situs = '$situs' where id='$id'"). echo "<a href=view. mysql_select_db("KOLEGA".

Anda bisa meliha isi data pada file view.Pemrograman Aplikasi Web 79 Proses update telah selesai. Gambar 10.16 Daftar Pengunjung Setelah Diedit 10.php. 5 Aplikasi Delete Record tidak selamanya akan disimpan jika database yang digunakan bersifat dinamis. Memang seharusnya data-data lama menjadi arsip tapi data-data lama yang ternyata sudah tidak Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . Dimana setiap waktu atau detik database akan di perbaharui dan data-data lama juga nantinya akan di hapus jikalau sudah tidak sesuai dengan fakta yang ada.

echo $baris[2].Pemrograman Aplikasi Web 80 sesuai dengan kebijakan yang baru inilah yang akan di hapus. $query = mysql_query("select * from pengunjung". echo "<br>". echo "Jumlah pengunjung : $jumlah".// alamat atau host $user = "root". Logika bekerjanya sama dengan edit. Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin ."$user".$koneksi).php dimana mengambil variable id dan di proses di file delete. echo "<br>". mysql_select_db("KOLEGA". Perintah yang digunakan untuk menghapus adalah perintah MySql yaitu delete. echo "<center>Daftar Pengunjung</center>". echo $baris[1]. view. File view.php harus kita modifikasi terlebih dahulu. Menghapus database MySql dengan php tentunya sangat mudah. while($baris=mysql_fetch_array($query)){ echo "<br>". echo "Email : ".$koneksi). // password $koneksi = mysql_connect("$host".$pass). echo $baris[0].php. echo "Nama : ". // username $pass = "sa".php <? $host = "localhost". $jumlah = mysql_num_rows($query).

17 Eksekusi Script View. echo "Homepage : ".php Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin .Pemrograman Aplikasi Web 81 echo "<br>".php?id=$baris[0]>edit</a>] [<a href=delete. echo "<br>". echo $baris[3].php?id=$baris[0]>delete</a>]". echo "[<a href=edit. Gambar 10. } ?> Selanjutnya jalankan script di atas. sehingga diperoleh tampilan seperti gambar berikut.

echo "<a href=view."root". Gambar 10.$koneksi). ?> Jalankan script sehingga diperoleh tampilan seperti berikut. echo "Data dengan id = $id telah di hapus".18 Eksekusi Script Hapus Data Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin .Pemrograman Aplikasi Web 82 delete. echo "<br>". mysql_query("delete from pengunjung where id='$id'".php>Lihat Data</a>". $koneksi)."sa"). mysql_select_db("KOLEGA".php <? $koneksi = mysql_connect("localhost".

19 Data Setelah Dihapus Lecturer : Muhammad Miftakhul Amin . Gambar 10.Pemrograman Aplikasi Web 83 Selanjutnya anda dapat melihat perubahan yang terjadi setelah anda melakukan proses hapus data. Seperti tampak pada gambar berikut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful