BAB 1

M

MENGENAL EXCEL

icrosoft office Excel 2007 merupakan salah satu program Spreadsheet yang cukup dikenal banyak kalangan. Spreadsheet/lembar kerja adalah suatu alat (Tool) dalam bentuk baris dan kolom yang digunakan untuk menganalisis dan membentuk modelmodel perhitungan dengan memanfaatkan hubungan antara angka-angka dan rumusrumus yang ada. 1.1 Membuka dan mengakhiri Program Excel 2007 Untuk membuka program excel 2007 , ikuti langkah-langkah berikut: 1. Klik tombol start pada windows taskbar 2. Klik menu Al Programs > Microsoft Office Microsoft Office Excel 2007. Untuk mengakhiri program Excel 2007, ikuti langkah-langkah berikut : 1. Klik pada X icon di sudut kanan atas layar, atau klik tombol Office Button lalu pilih Exit Excel. 2. Dengan keyboard: tekan Alt + F4 bersamaan. 1.2. Mengenal Area kerja excel 2007 Perubahan yang paling mencolok dari aplikasi excel 2007 dari aplikasi Excel 2007 terletak pada interface karu yang dinamakan Ribbon, dimana daftar menu kini tampil dalam bentuk Tabs. Setiap tab akan menampilkan submenu dalam bentuk Groups yang berisi Command Buttons atau tombol perintah. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.
1. Office Button 2. Office Button 3. Ribbon

5. Formula Bar 6. Cell 4. Column

7. Row

8. Zoom Slider 9. View Shortcuts 10.Column

Gbr 1. 1. Area Kerja Excel 2007

Cara menambahkan perintah pada Quick Access Toolbar adalah klik tombol Customize Quick Access Toolbar ( ) diujung sebelah kanan toolbar lalu pada daftar pilihan klik perintah yang ingin ditambahkan. 3 dan seterusnya.2. Ribbon 4. Open. Kini menu bar berubah bentuk dan telah disempurnakan menjadi bentuk Tab yang berisi beberapa Group dan di dalamnya terdapat Command Button. dan masih banyak lagi perintah yang dapat ditambahkan sesuai keperluan. 10. juga berguna untuk membuat rumus perhitungan data. dan Exit Excel. Didalamnya berisi perintah New. Tab Command Button Group Gbr 1. page break preview. Berguna sebagai sebagai awalan atau inisial dari sel yang sedang aktif. Publish. 8. Tab Worksheet adalah tab lembar kerja yang berguna untuk pindah ke lembar kerja lain tetapi masih di dalam satu buku kerja (workbook). 9. Save. Excel Options. atau Normal. Ribbon adalah pengganti menu bar dan toolbar yang sering ditemukan pada Excel 2003. Redo. B. 6. 2. 3. Row adalah keterangan baris bertuliskan 1. Save As. Undo. 7. Column adalah keterangan kolom bertuliskan A. Quick Access Toolbar.1. dan seterusnya. . Cell adalah penunjuk sel yang sdang aktif (diklik/disorot) dengan data baru dapat dimasukkan. Fungsinya sama seperti kolom yakni sebagai awalan sel dan untuk membuat rumus perhitungan. 2. View Shortcuts adalah fitur baru dalam Excel 2007 yang berguna untuk mengubah tampilan worksheet menjadi page layout. Zoom Slider juga merupakan fitu baru dalam Excel 2007 yag berguna untuk memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet secara cepat. close. C . Office Button adalah pengganti menu File yang biasa ditemukan pada aplikasi Excel 2003. Formula Bar adalah baris rumus untuk menampilkan isi sel yang sedang aktif atau untuk menulis rumus perhitungan data. adalah customizeabletoolbar yang beris perintah-perintah penting seperti Save. 5.

kadang diperlukandata angka yang hanya berlaku sebagai teks biasa misalnya data kode. Data yang berupa teks secara otomatis akan ditempatkan merapat ke kiri sel. waktu. Excel telah menyediakan perintah format Text pada drop-down Number Format dalam Group Number.2 Menggunakan Format Mata Uang Excel juga menyediakan fitur untuk membuat format mata uang seperti Rp.)Excel telah menyediakan perintah Comma Style. Kita dapat mengatur format data dan sel. Increase Decimal.BAB 2 MENGATUR FORMAT DATA DAN SEL Data yang dimasukkan ke lembaran kerja Excel dapat berupa teks. pilih sel yang akan diubah formatnya lalu pada Group Number Format kemudian pilih More Number Formats. dan persentase). 2. 2. dan dalam Group Number Icon Nama Comma Style Increase Decimal Decrease Decimal Keterangan Menggunakan format koma pada angka dalam range yang di pilih Menambah jumlah digit angka setelah titik decimal pada range yang ditentukan Mengurangi jumlah digit angka setelah titik decimal pada range yang ditentukan 2. decimal. Setelah kotak dialog Format Cells tampil di bagian Type pilih frmat tanggal yang diinginkan lalu klik OK. dan tanggal agar sesuai dengan tampilan yang diinginkan. $.3 Mengubah Format Angka menjadi Teks Tidak semua data angka berlaku murni sebagai angka yang dapat dihitung menggunakan rumus. waktu. 2. atau tanggal. angka-angka (bilangan bulat.5 Menggunakan Aligment Icon Nama Align Left Align Center Align Right Top Align Middle Align Bottom Align Keterangan Membuat isi data yang dipilih rata kiri pada masing-masing sel Membuat isi data yang dipilih rata tengah pada masing-masing sel Membuat isi data yang dipilih rata Kanan pada masing-masing sel Untuk merapatkan data ke garis sel bagian atas Untuk merapatkan data ke garis sel bagian tengah Untuk merapatkan data ke garis sel bagian bawah .1 Menggunakan format Doma dan Desimal Untuk menggunakan format angka yang biasa digunakan pada format nila uang seperti koma (. semuanya ada di dalam Accounting Number Format pada Group Number.) dan decimal (. dan masih banyak lagi.4 Menggantikan Format Tanggal dan waktu Untuk mengganti format tanggal dan waktu dengan format yang telah disediakan oleh Excel. Icon Nama Accounting Number Format Keterangan Menggunakan format mata uang pada angka dalam range yang di pilih 2. sedangkan data dengan tipe data yang lain akan ditempatkan merapat ke kanan. khususnya data yang berupa angka.

2.7 Menggunakan Warp Text Icon Nama Warp Text Keterangan Membagi data dalam sel menjadi dua baris 2. Line Color dan Line Style pada Sel Icon Nama Fill Color Font Color Line Color Line Style Keterangan Memilih warna untuk sel-sel yang dipilih Memilih warna teks untuk sel-sel yang dipilih Memilih warna garis untuk sel-sel yang dipilih Memilih bentuk garis untuk sel-sel yang dipilih .8 Mengubah Orientasi data Icon Nama Orientation Keterangan Mengubah tampilan data baik secara orientasi data horizontal maupun orientasi data vertical miring 45o 2. Font Color. 2.6 Menggunakan Merge & Center Icon Nama Accounting Number Format Keterangan Menggabungkan beberapa sel dan membuat data berada ditengah-tengah hasil gabungan sel tersebut.9 Fill Color.

Double Click pada sel yang bersangkutan. PgDn. Pindahkan sel pointer ke sel yang akan diedit dan kemudian tekan tombol F2.  Formulas.  Formats. untuk menduplikasi lebar dari isi sel atau range yang telah telah dipilih.  Column width. pindahkan ke area yang diubah.BAB 3 MENGATUR FORMAT DATA DAN SEL 3. Pilih Paste Special dari Group Clipboard. untuk menduplikasiisi dan format data. 2.  Values. format. Hal ini dapat dilakukan dengan cara: 1. dan catatan. atau 4. atau tekan tombol Ctrl + C. 3. 3. Pada Paste Option. Pindahkan pointer mouse ke formula bar.3 Menduplikasikan aspek terten suatu sel atau range Berfungsi untuk menduplikasi rumus. nilai. untuk menduplikasi catatan-catatan. Tempatkan pointer mouse di lokasi tujuan. Menimpa isi suatu sel dengan mengetikkan data yang baru kedalam sel tersebut. untuk menduplikasi semua isi dan format data kecuali bordernya. 3. 2. dan kemudian klik tombol mouse untuk menyisipkan karakter yang diinginkan. untuk menduplikasi nilai data saja. Gbr 3. cari pointer mouse berbentuk I(insertion point). untuk menduplikasikan format data.2 Mengedit isi suatu sel Ada empat (4) cara dalam mengedit isi suatu sel.  Notes. pilih salah satu pilihan berikut ini:  All.1 Paste Special . yaitu : 1. 4.1 Memasukkan data ke dalam Worksheet Langkah-langkah yang diperlukan untuk memasukkan data ke dalam worksheet adalah sebagai berikut:  Pindahkan sel pointer ke sel yang tepat  Ketik data.  Tekan Enter atau tombol penghubung (seperti Tab. untuk menduplikasi rumus dari isi sel atau range yang telah dipilih. 3. 5.  All Exept Brder. atau anak panah). Pilh sel atau range yang akan di-copy Pilih Copy dari group Clipboard.

7. Seluruh Sheet di dalam suatu workbook Klik suatu sheet tab dan kemudian klik kanan mouse. 3. 8. Pilih insert Sheet Rows atau insert Sheet Column (tergantung mana yang mau diinsert) dari Tab Home pada Group Cells atau tekan tombol Ctrl +dari keyboard. 2. 2. Pilih Delete dari Delete Sheet Rows atau Delete Sheet Columns (tergantung mana yang mau di delete) atau tekan tombol Ctrl. Pilih sheet yang akan dipindahkan atau diduplikasi dengan cara sebagai berikut: Sheet Tunggal Klik pada Sheet Tab Dua atau lebih sheet yang berurutan Terlebih dahulu klik sheet tab dari sheet pertama.6 Menyisipkan. Untuk menyisipkan Worksheet. Untuk memindahkan sheet. 2. Tentukan worksheet yang akan dihapus dengan klik tab worksheet yang bersangkutan (menghapus worksheet tunggal). Untuk memindahkan dan menduplikasi worksheet. Pilih Skip Blanks untuk mengabaikan isi data yang ada pada lokasi tujuan dan menimpa isi data pada lokasi tersebut.  Devide. 3. Memindahkan dan Menduplikasi Sheet di dalam suatu Worksheet. drag sheet yang telah dipilih ke barisan sheet yang diinginkan. Klik Delete . untuk menjumlahkan isi data tujuan dengan isi data yang ada si clipboard. dan kemudian tekan tombol Shift dan klik sheet tab dari sheet terakhir. Pilih baris atau kolom yang akan dihapus dengan mengklik header pada baris atau kolom. tekan tombol Ctrl dari keyboard dan kemudian drag sheet tersebut.7 Menghapus Worksheet. Langkah-langkah menghapus worksheet: 1. Dua atau lebih sheet yang tidak berurutan Klik sheet tab dari sheet pertama. untuk mengalikan isi data tujuan dengan isi data yang ada si clipboard.4 Menyisipkan Baris atau Kolom 1. 3.  Substarct. dan kemudian tekan tombol Ctrl dan klik sheet tab dari sheet lainnya. Tekan tombol OK. ikuti langkah-langkah berikut : Pilih Insert Worksheet (Shift + F11) pada bagian Tab Worksheet untuk menambah sheet baru atau klik Insert pada Group Cells lalu pilih Insert Sheet untuk menyisipkan sheet baru diantara sheet sebelumnya. 10. 3. bila tidak ada operasi matematika yang dilakukan.dari keyboard. kemudian pilih Select All Sheets. Untuk memindahkan sheet. Tentukan operasi matematika yang akan dilakukan pada operation radio button :  None. Tekan tombol Paste Link agar perubahan yang terjadi pada data sumber akan mengubah data pada likasi tujuan. Pilih lokasi dimana baris atau kolom yang baru akan disisipkan dengan header pada baris atau kolom. untuk mengurangi isi data tujuan dengan isi data yang ada si clipboard. Utuk menghapus banyak worksheet tekan tombol Shift dan klik tab worksheet secara bersamaan pada tab yang akan dihapus.  Add.  Multiply.6.5 Menghapus Baris atau Kolom 1. 2. Pilih Transpose untuk mengubah orientasi data sebesar 90 derajad 9. ikuti langkah-langkah berikut: 1. untuk menjumlahkan isi data tujuan dengan isi data yang ada si clipboard. 3.

600 Rp 53.280 Rp 5. jika dicopy dalam arah kolom akan berubah dan jika dicopy dalam arah baeis acuannya tidak akan berubah.700 Rp 6.180 Rp 3. adalah acuan yang pada saat dicopy akan berubah relative terhadap sel tempat rumus tersebut digunakan. TOKO BUKIT AGUNG DAFTAR HARGA BUKU NO. sedangkan acuan mutlaknya tetap. Ketiga jenis acuan tersebut adalah :  Acuan Relatif.000 Rp 60. acuan relatifnya akan berubah. Acuan sel mutlak dalam rums ditulis dengan menambahkan tanda dollar ($) di depan nama kolom dan baris.020 =G7-H7 Rp 5. Acuan campuran digunakan apabila menginginkan rumus mengacu kepada kepada sebuah sel.200 Rp 39. sekalipun rumus dicopy kebaris atau kolom berbeda.200 Rp 58.920 Rp 35. 1 2 3 4 5 6 Pajak KODE AL0187B EL0580C BA0304D AL0105B BP0997G EL0502C 10% TAHUN 1987 ELEXMEDIA KOMTUTINDO 1980 BINARUPA AKSARA 1904 AIRLANGGA 1905 BALAI PUSTAKA 1997 ELEXMEDIA KOMTUTINDO 1902 AIRLANGGA PENERBIT JENIS BUKU POLITIK HUKUM SOSIAL POLITIK SEJARAH HUKUM HARGA ASAL Rp 60. adalah acuan yang merupakan campuran dari acuan relatif dengan acuan mutlak.200 Rp 58. TOKO BUKIT AGUNG DAFTAR HARGA BUKU NO.180 Rp 3. TOKO BUKIT AGUNG NO.200 Rp 58.920 Rp 35.200 Rp 58.920 =G11-H11 Rp 5. 1 2 3 4 5 6 KODE AL0187B EL0580C BA0304D AL0105B BP0997G EL0502C DAFTAR HARGA BUKU PENERBIT TAHUN JENIS BUKU AIRLANGGA 1987 POLITIK ELEXMEDIA KOMTUTINDO 1980 HUKUM BINARUPA AKSARA 1904 SOSIAL AIRLANGGA 1905 POLITIK BALAI PUSTAKA 1997 SEJARAH ELEXMEDIA KOMTUTINDO 1902 HUKUM HARGA ASAL Rp 60.600 Rp 53. adalah acuan di rumus yang jika dicopy ke sel lain tidak berubah. Sebuah kolom acuan mutlak mempunya bentuk $A1 dan sebuah baris acuan mutlak mebpunyai bentuk A$1. Acuan mutlak digunakan jika kita ingin rumus yang mengacu ke sel yang tetap. 2 Acuan Relatif di Lembaran Kerja  Acuan Mutlak. 3.020 Rp 54.200 Rp 39. 3.280 Rp 5. Jjika posisi dari sel yang mengandung rumus berubah. namun jika di copy dalam arah baris akan berubah. 1 2 3 4 5 6 Pajak KODE AL0187B EL0580C BA0304D AL0105B BP0997G EL0502C 10% TAHUN 1987 ELEXMEDIA KOMTUTINDO 1980 BINARUPA AKSARA 1904 AIRLANGGA 1905 BALAI PUSTAKA 1997 ELEXMEDIA KOMTUTINDO 1902 AIRLANGGA PENERBIT JENIS BUKU POLITIK HUKUM SOSIAL POLITIK SEJARAH HUKUM HARGA ASAL Rp 60. Acuan campuran mempunyai sebuah kolom mutlak dan sebuah baris relatif atau sebuah kolom relatif dan sebuah baris mutlak.740 PAJAK =I7*D$5 =I8*D$5 =I9*D$5 =I10*D$5 =I11*D$5 =I12*D$5 Gbr.020 Rp 54.860 Rp 52.600 DISKON HARGA BARU Rp 6. Acuan mutlak selalu mengacu kepada satu sel tertentu.180 Rp 5.860 Rp 52.000 Rp 60.740 PAJAK =I7*$D$5 =I8*$D$5 =I9*$D$5 =I10*$D$5 =I11*$D$5 =I12*$D$5 Gbr.3.740 Rp 5.200 Rp 39.300 Rp 47.740 Rp 5.860 Rp 52.860 =G8-H8 Rp 5. yang jika di copy dalam arah kolom tidak berubah.000 Rp 60.020 =G10-H10 Rp 3. 2 Acuan Relatif di Lembaran Kerja  Acuan Campuran. 4 Acuan Relatif di Lembaran Kerja .600 DISKON HARGA BARU Rp 6.020 Rp 54. 3. meskipun sel tempat rumus digunakan berubah.600 DISKON HARGA BARU Rp 6.860 =G12-H12 Gbr.600 Rp 53.180 Rp 5. saat mengcopy rumus dapat dikelompokkan acuan-acuan yang dimiliki Excel menjadi 3 Jenis.200 Rp 58. Atau sebaliknya.700 Rp 6.300 =G9-H9 Rp 6.860 Rp 52.300 Rp 47.8 Acuan Berdasarkan sifatnya.020 Rp 54.200 Rp 58.

Excel akan menganggap apa yang kita masukkan sebagai data biasa.1 Menggunakan Rumus Perhitungan data di Excel dilakukan dengan menggunakan rumus. 4. Rumus yang dimasukkan ke dalam sebuah sel selalu dimulai dengan tanda sama dengan (=).BAB 4 MENGGUNAKAN RUMUS DAN FUNGSI (FUNCTION) Rumus dan fungsi merupakan formula yang dibuat oleh Microsoft Excel 2007 untuk melakukan perhitungan-perhitungan khusus dengan menggunakan suatu nilai/data tertentu. Tanda sama dengan menandakan bahwa karakter yang di ketik merupakan sebuah rumus. Nilai atau data tertentu yang dibutuhkan oleh fungsi disebut dengan argument. Jika kita lupa memasukkan (=) di depan rumus yang diketik. .