P. 1
Kebersihan Diri Dan Lingkungan

Kebersihan Diri Dan Lingkungan

|Views: 341|Likes:
Published by Mixinthy Lingling

More info:

Published by: Mixinthy Lingling on May 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/17/2014

pdf

text

original

KEBERSIHAN DIRI DAN LINGKUNGAN ( Personal Hygiene/PH and Environment Sanitation ) I.

Pendahuluan Kebersihan diri maupun lingkungan merupakan hal yang fu ndamental , dan tidak terlepas darikehidupan kita sehari ± hari , begitupula kita seringkali diingatkan dengan slogan ³Kebersihansebagian dari pada iman ³ yang berarti bahwa kebersihan mencerminkan kekuatan imanseseorang , kembali lagi hal tersebut merupakan hal dasar yang perlu kita pahami dan kitalakukan secara berkesinambungan dari kita lahir sampai kita tutup usia pada nantinya.Dalam kehidupan sehari ± hari kebersihan merupakan hal yang sangat penting dan harusdiperhatikan karena kebersihan akan mempengaruhi kesehatan dan psikis seseorang.Kebersihanitu sendiri sangat dipengaruhi oleh nilai individu dan kebiasaan.Hal ±hal yang sangat berpengaruh itu diantaranya kebudayaan , social , keluarga ,

persepsi seseorangterhadap kesehatan . Bagi pasienyang mengalami masalah kesehatan . dapat kita simpulkan bahwa Kebersihan diri dan lingkungan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. maka dimungkinkan kebutuhan dasarnya menjadi terganggusalah satunya adalah masalah dalam hal kebersihan diri atau Personal . Jika seseorang sakit .(Tarwoto . kemudian bagaimana dengankebersihan diri dan lingkungan yang mempengaruhi hygiene klien di Rumah Sakit ?Pasien atau klien adalah individu yang tidak terlepas dari adanya masalah kesehatan.Dari pernyataan di atas . biasanya masalahkebersihan kurang diperhatikan . padahal jika hal tersebut dibiarkan terus dapat mempengaruhi kesehatansecara umum.pendidikan . hal ini terjadi karena kita menganggap masalah kebersihanadalah masalah sepele . serta tingkat perkembangan. 2006 :78). Watonah .

Kebutuhan dasar manusia merupakan focus dalam asuhan keperawatan . Faktor lingkunganyang mempengaruhi hygiene klien di RS . 2006 : 2). dalam hal ini perawat harus mempunyai pengetahuan dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien melalui proses keperawatan . Faktor ± Faktor yang mempengaruhi PH . kelompok dan masyarakat yang memfokuskan pada identifikasi dan pemecahan masalah dari respons pasien terhadap penyakitnya. Macam-Macam Personal Hygiene .Hygiene. Pengkajian pada klien berhubungan dengan kebersihandiri (PH) . makalah ini akan memaparkan tentang konsep kebersihan diri dan lingkungan . .Untuk itu . (Tarwoto . Proses keperawatan adalah metode pengorganisasian yang sistematis dalam melakukan asuhankeperawatan pada individu . Watonah .

Keluarga maupun di masyarakat Personal Hygiene berasal dari bahasa Yunani yaitu p ersonal yang artinya perorangan dan . Perawathendaknya mempunyai pengetahuan yang memadai mengenai kebersihan diri dan lingkunganini . baik di Rumah Sakit .Diagnosa Keperawatan dan Tindakan Keperawatannya .Konsep Dasar Kebersihan Diri dan lingkungan Kebersihan diri atau p ersonal hygiene dan lingkungan merupakan bagian dari kehidupan kitaseharihari . sebagai bekal untuk merawat dirinya sendiri juga untuk merawat orang lain dalam hal iniadalah pasien . oleh karena itu sudah seharusnya kita sebagai manusia untuk selalu memperhatikankebersihan diri dan lingkungan kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit. 2 . serta dapat membantumahasiswa dalam belajar pada mata kuliah Kebutuhan Dasar Manusia pada kompetensi PERSONAL HYGIENE/ PH.

M acam ± M acam Personal Hygiene a. Perawatan matac. Perawatan kuku dan tanganf. Perawatan kulit seluruh tubuhh. Perawatan kulit kepala dan rambut b. 2006 : 78). Kebersihan perorangan adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis. Perawatan genetaliag. Wartonah . . Perawatan hidungd.hygiene yang berarti sehat. (Tarwoto . Perawatan telingae.

Perawatan tubuh secara keseluruhan T ujuan Perawatan Personal Hygiene a. Memelihara kebersihan diri seseorangc. Meningkatkan percaya diri seseorangf. Memperbaiki p ersonal hygiene yang kurangd. B ody image . Meningkatkan derajat kesehatan seseorang b. Menciptakan keindahan F aktor ± factor yang mempengaruhi p ersonal hygiene a. Pencegahan penyakite.

sikat gigi .c. maka kemungkinan akan terjadi perubahan pola p ersonal hygiene .Gambaran individu terhadap dirinya sangat mempengaruhi kebersihan diri misalnyakarena adanya perubahan fisik sehingga individu tidak peduli terhadap kebersihannya.d. pasta gigi . sampo . misalnya pada pasien penderita Diabetes Melitus ia harus selalumenjaga kebersihan kakinya . alat mandi yang semuanya memerlukan uang untuk menyediakannya. PengetahuanPengetahuan personal hygiene sangat penting karena pengetahuan yang baik dapatmeningkatkan kesehatan . Status Sosial EkonomiPersonal hygiene memerlukan alat dan bahan seperti sabun . Praktik socialPada anak ± anak selalu dimanja dalam kebersihan diri . b.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->