P. 1
SISTEM IMUN

SISTEM IMUN

|Views: 174|Likes:
Published by Randi Singh Chemba

More info:

Published by: Randi Singh Chemba on May 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/30/2012

pdf

text

original

SISTEM IMUN

Sistem imun : tersusun dari sel dan jaringan yang membentuk imunitas yaitu tubuh terhadap infeksi atau penyakit vs Patogen : adalah organisme penyebab penyakit yang dapat menghancurkan sistem imun .

FUNGSI IMUN • • • Penangkal benda asing masuk ke dalam tubuh Pendeteksi sel abnormal. serta menghancurkannya Keseimbangan fungsi tubuh dengan menjaga komponen tubuh yang telah tua Sistem imun tidak dapat dibentuk dalam waktu cepat . termutasi. ganas.

Sistem Imun Non Spesifik B. Sistem Imun Spesifik .SISTEM IMUN A.

yang dapat menimbulkan kerusakan tubuh • Pertahanan Fisik & Mekanik • Pertahanan Biokimia • Pertahanan Seluler • Pertahanan Humoral . SISTEM IMUN NON SPESIFIK • Sistem Imun Non Spesifik Menangkal masuknya segala macam zat dari luar yang asing bagi tubuh.A.

Pertahanan Fisik dan Mekanik • Fisik: Kulit. radang . batuk.1. silia saluran pernapasan • Ingus. diare. bersin. muntah. rambut hidung & telinga.

Distimulasi oleh histamin yang dilepaskan oleh sel untuk melindungi jaringan sekitar dari penyebaran infeksi. disertai peningkatan aliran darah di daerah infeksi .  Responnya berupa rasa sakit. yang disebabkan karena terjadi pembesaran diameter pembuluh darah.Radang / Inflamasi  Respon utama sistem kekebalan terhadap infeksi dan iritasi. kulit lebam.

mengandung asam lemak yang mempunyai aksi antimikrobal .2. keringat. Pertahanan Biokimia • Enzim lisozim : mengkatalis hidrolisis molekul (baca: memecah) dinding sel patogen (Enzim ini ada di liur. air mata) • Keringat mengandung laktat : memperlambat sampai menghentikan pertumbuhan bakteri • Asam hidroklorik : membunuh mikroorganisme dalam lambung • Vagina : mengubah karbohidrat ke laktat untuk membunuh patogen • Membran mukosa : memproduksi cairan lengket dan tebal berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan patogen • Sebum : disekresikan oleh kelenjar sebaceous.

pembunuhan. . sehingga menyebabkan sel-sel penyerang tersebut terurai dan mati. dan penghancuran organisme atau zat asing oleh sel-sel darah putih yang dikenal dengan sebutan sel pemakan (fagosit). • Sel-sel pembunuh alami (natural killer cells/NK Cells) adalah selsel limfosit terbesar dan memiliki banyak granula yang mengandung enzim-enzim yang berfungsi untuk menembus membran sel-sel penyerang.3. Pertahanan Seluler • Fagosit yang melakukan proses pemakanan.

• Komplemen berfungsi untuk meningkatkan aktivitas fagositosis.4. menetralkan virus agar tidak dapat berkembang biak. memperlambat pembelahan & pertumbuhan sel tumor dgn meningkatkan potensi sel NK . mengeliminasi infeksi sekaligus organisme penyerang. dan memusnahkan mikroba sebelum terbentuknya anti-bodi spesifik. • Interferon merangsang jaringan tubuh untuk melawan terjadinya infeksi ketika diserang oleh virus lain. sebelum akhirnya dimusnahkan oleh tubuh sejak dini. interferon dan C Reaktif Protein (CRP) sebagai pengaktif komplemen. lantas mencegah virus tersebut berkembang. Pertahanan Humoral • Terdiri atas komplemen.

.  Cell mediated immunity  Imunitas yang melibatkan sel T untuk menyerang langsung organisme asing.B.  Mencakup:  Antibody mediated immunity  Imunitas yang menggunakan antibodi (sel B) dalam menyerang bakteri atau virus sebelum masuk ke dalam tubuh. SISTEM IMUN SPESIFIK  Disebut juga dengan sistem kekebalan adaptif  Menghancurkan patogen yang lolos dari sistem kekebalan non spesifik.

Ab disekresi ke darah atau limfosit  semua Ab akan mencapai darah  imunoglobulin (Ig) .Antibody mediated immunity Sel B terdiri dari:    Sel B pembelah : penghasil sel limfosit B Sel B plasma : mensekresikan antibodi ke sirkulasi tubuh Sel B memori : mengingat antigen untuk merespon infeksi yang ke-2 Kerjanya:   Antigen (Ag) merangsang sel B berubah menjadi sel plasma yg memproduksi antibodi (Ab).

Contohnya. jika seorang anak menerima vaksinasi tetanus I. igM adalah antibodi yang dihasilkan pada pemaparan awal oleh suatu antigen. . maka 10-14 hari kemudian akan terbentuk antibodi antitetanus igM (respon antibodi primer). igM banyak terdapat di dalam darah tetapi dalam keadaan normal tidak ditemukan di dalam organ maupun jaringan.Jenis Antibodi (immunoglobulin / ig) (1).

igG ibu melindungi janin dan bayi baru lahir sampai sistem kekebalan bayi bisa menghasilkan antibodi sendiri. yang dihasilkan pada pemaparan antigen berikutnya. igG merupakan satu-satunya antibodi yang dipindahkan melalui plasenta dari ibu ke janin di dalam kandungannya. Contohnya. . igG ditemukan di dalam darah dan jaringan. setelah mendapatkan suntikan vaksinasi tetanus II (booster).Antibodi (immunoglobulin / ig) (2) igG merupakan jenis antibodi yang paling umum & banyak di darah. Respon antibodi sekunder ini lebih cepat dan lebih berlimpah dibandingkan dengan respon antibodi primer. maka 5-7 hari kemudian seorang anak akan membentuk antibodi igG.

paru-paru dan usus. mata. mengenali antigen pd sel B . yaitu hidung.Antibodi (immunoglobulin / ig) (3) igA adalah antibodi yang memegang peranan penting pada pertahanan tubuh terhadap masuknya mikroorganisme melalui permukaan yang dilapisi selaput lendir. IgE penting dalam melawan infeksi parasit (5) igD adalah antibodi yang terdapat pada banyak permukaan sel B. (4) igE adalah antibodi yang menyebabkan reaksi alergi akut (reaksi alergi segera).

Cell mediated immunity Sel T terdiri dari:  Sel T pembantu : mengontrol komponen respon imun spesifik Sel T pembunuh : menyerang sel tubuh yang terinfeksi Sel T suppresor : menurunkan respon imun   Limfosit T spesifik untuk kekebalan terhadap infeksi virus & pengaturan pd mekanisme kekebalan. .

PENCEGAHAN PENYAKIT Kekebalan Aktif Buatan Kekebalan Aktif Kekebalan Aktif Alamiah Tubuh membuat antibodi sendiri setelah memperoleh vaksinasi Tubuh membuat antibodi sendiri setelah memperoleh penyakit (cacar air. batuk rejan. campak. gondongan) Pencegahan Penyakit Tubuh membuat antibodi sendiri Kekebalan Pasif Buatan Kekebalan Pasif Kekebalan Pasif Alamiah Tubuh memperoleh antibodi yang sudah jadi dari serum (sementara) Tubuh tidak membuat antibodi sendiri Tubuh memperoleh antibodi selama dalam kandungan dan melalui ASI .

Antibiotik merupakan senyawa kimia yang dihasilkan oleh suatu mikroorganisme.PENGOBATAN ANTIBIOTIK . yaitu mampu menghentikan atau membunuh bakteri .Semua antibiotik harus mempunyai sifat toksisitas spesifik. yang dapat membunuh mikroorganisme lainnya .

Incorrect response (peny. Lack of response (imunodefisiensi) contoh: AIDS. autoimun) contoh: miastenia gravis 3.Gangguan sistem imun 1. leukemia 2. Overactive response (alergi/ hipersensitivitas) contoh: asma .

.HIV/AIDS & Hepatitis C penyakit yang sering menginfeksi para pengguna narkoba terutama 70%-nya lewat jarum suntik dan belum ditemukan obatnya. Ada beberapa perawatan namun tidak ada penyembuhan yang mutlak.

AIDS FAKTA TENTANG AIDS 1. Indonesia. mayoritas 9 – 11 orang di Asia Tenggara  Hongkong. Cina. 14 – 15 orang / menit di dunia terinfeksi oleh HIV 2. Taiwan. India dan lain-lain .

cairan kelamin dan ASI . HIV  free sex  restricted sex HIV menular lewat darah. Menghancurkan sistem kekebalan tubuh seseorang.HIV & AIDS  HIV = Human Immunodeficiency Virus  virus     penyebab AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome). selalu ada saja jalan masuk. Virus HIV  Tidak mengenal moralitas (semua bisa terinfeksi).

Melihat antibodi yang keluar  6 minggu s/d 3 bulan 2. Periode Simptomatik  3 – 5 tahun  Berubah menjadi AIDS AIDS = Kumpulan gejala penyakit yang menyerang karena pertahanan tubuh lemah  komplikasi  mati . Periode Jendela  belum dapat diketahui terinfeksi namun sudah bisa menularkan (batas waktu akhir 6 bulan) 3.Test HIV  Test Darah 1. Periode Asimptomatik  tanpa gejala namun sudah terinfeksi virusnya (HIV +) 4.

FAKTA  Tidak pernah ada orang yang didiagnosa mendapat virus HV     melalui gigitan nyamuk Kita tidak dapat tertular hanya melalui sentuhan kulit saja kecuali terdapat kontak darah Kita tidak bisa mengenali seseorang terinfeksi HIV/AIDS dari penampilan namun harus melalui test darah Kita tidak bisa terinfeksi HIV/AIDS hanya karena menggunakan peralatan makan yang sama Mencium seseorang yang memiliki virus HIV di pipi atau ciuman ringan di bibir tidak akan memindahkan virus kecuali ada luka terbuka di daerah mulut sehingga ada kontak darah. kecuali setengah galon lebih air liur . Air liur tidak menularkan HIV.

 Jangan pernah memakai cukur dan sikat gigi bersama  Virus dapat menular lewat darah menstruasi. profesi medis dan para dokter gigi) dan segala bentuk penetrasi seksual dimana ejakulasi / klimaks terjadi dan/atau cairan vagina ditemukan.  Virus HIV paling mudah dipindahkan dengan jarum suntik yang terkontaminasi atau peralatan medis yang digunakan (jarum suntik digunakan para pengguna narkoba. .  Gunakan sarung tangan lateks untuk membersihkan darah dari orang yang terinfeksi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->