DISAMPAIKAN PADA DIKLATSAR K M R T VIII 18 MARET 2012

.PENGERTIAN ORGANISASI Secara umum organisasi diartikan sebagai sekelompok orang yang berkumpul dan bekerjasama dan melakukan perencanaan dan aturan tertentu untuk mencapai tujuan bersama dengan cara dan menajemen tertentu. Ada pula yang memberi pengertian bahwa organisasi adalah alat untuk mencapai suatu tujuan dengan melakukan serangkaian kegiatan dengan cara pembagian tugas sesuai dengan fungsi dan pertaturan yang telah ditetapkan bersama dan dikoordinir oleh salah seorang pemimpin.

Anggaran Dasar ini secara umum berisi tentang identitas organisasi yang selalu dituangkan dalam bentuk-bentuk formal. yang bertujuan untuk mengatur secara khusus prosedur koordinasi antara unsur-unsur yang berada dalam organisasi tersebut. yang tujuannya untuk mengatur batasan kewenangan dan jalur instruksi dan koordinasi dari mulai ketua sampai pada anggota. kedudukan dan lambang-lambang organisasi. secara aturan lain yang menyangkut tugas khusus keorganisasian. Misalnya ada yang disebut dengan Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO). seperti nama. . Ada pula organisasi yang membuat aturanaturan tertentu dalam tata kerjanya. tempat.TATA ATURAN DASAR ORGANISASI Aturan yang mengikat ke dalam organisasi biasanya dituangkan dalam bentuk Anggaran Rumah Tangga (ART) sedangkan aturan yang berhubungan dengan kelompok di luar orhanisasi biasanya dituangkan dalam bentuk Anggaran Dasar (AD).

•Adanya sasaran. . •Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.CIRI-CIRI ORGANISASI •Adanya komponen / atasan dan bawahan . •Adanya tujuan. •Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugastugas. •Adanya kerja sama.

.FUNGSI ORGANISASI Seperti dijelaskan di atas. bahwa organisasi berfungsi untuk mengatur atau mengkoordinir seluruh kepentingan dengan aturan tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Tanpa oraganisasi suatu tujuan akan sulit tercapai. apalagi menyangkut banyak kepentingan. Tujuan-tujuan yang besar akan mudah dicapai jika dikerjakan secara bersama-sama dengan pembagian tugas tertentu.

Organisasi sosial .Organisasi buruh .Organisasi pemerintah .Organisasi profesi Dan ditinjau dari segi keanggotaannya organisasi dapat dikelompokan kepada : .Organisasi politik .Organisasi rakyat .Ditinjau dari tujuan yang ingin dicapai.Organisasi ekonomi .Organisasi masyarakat . jenis-jenis oraganisasi terdiri atas : .Organisasi massa .Organisasi pemerintah .Organisasi pelajar .

ART. . manajemen atau GBHO  Administrasi Anggota Tujuan-Tujuan organisasi yang tercermin dalam Visi dan Misi Organisasi.Dilihat dari jenis dan fungsinya setiap oraganisasi terdiri atas unsur-unsur sebagai berikut : Struktur Kepengurusan Aturan Keoraganisasian seperti AD.

1. Memperluas Jaringan atau Networking 4. Melatih Leadership 2. Belajar Mengatur Waktu 3. Mengasah Kemampuan Sosial 5. Problem Solving dan Manajemen KonfLIK .

MELAKUKAN BELUM TENTU PAHAM” . BAGI YANG MELIHAT IA MUNGKIN DAPAT MENYENANGKAN ATAU MENAKUTKAN.“ORAGANISASI IBARAT LAUTAN. MELIHAT MASIH BISA SALAH. TETAPI ORANG YANG MENGARUNGINYA LAH YANG AKAN MEMAHAMI SEGALANYA” “MENDENGAR BELUM TENTU BENAR.