PENGGERAKKAN Episode 3 : PEMBERIAN MOTIVASI KERJA Pemberian Motivasi Kerja 1.

Pengertian Motivasi Motivasi berasal dari bahasa latin, “ Movere “, yang berarti menggerakkan / dorongan. Motivasi adalah proses mempengaruhi sikap seseorang berupa pemberian motif (penggerak) kepada seseorang untuk dapat bekerja sedemikian rupa, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai.
2.

Jenis - Jenis Motivasi Kerja Ada 2 jenis motivasi kerja, yaitu : a. Motivasi Positif Proses pemotivasian kepada dengan karyawan cara yang memberikan berprestasi, penambahan berupa: tingkat kepuasan tertentu, misalnya dengan memberikan motivasi langsung berupa: penghargaan promosi jabatan; tambahan penghasilan (bonus hasil, komisi penjualan, pembagian profit; jaminan sosial (dana pensiun, asuransi); piagam penghargaan; jaminan fasilitas (tabungan perumahan). b. Motivasi Paksaan (Motivasi Negatif) Proses pemotivasian dengan cara mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu secara terpaksa, misalnya pemberian peringatan bagi karyawan yang tidak disiplin berupa penurunan pangkat, pemotongan gaji, ataupun di PHK.

1

Teori Y : Manusia suka bekerja. sehingga mereka harus dipaksa. ditaktor – otoriter. sikap kepemimpinan yang diterapkan. team leader. untuk menghindari sikap karyawan yang akan bekerja seenaknya. b. . Teori X : Manusia tanggung mau jawab bekerja karena bila terpaksa. Dalam menghadapi karyawan bertipe teori Y. Dalam menghadapi karyawan bertipe teori X. sikap kepemimpinan yang diterapkan authoritarian leader. yaitu teori X dan teori Y. diancam dengan sanksi. diawasi.2 3. sehingga memotivasi bawahan untuk berfikir dan bekerja (bertugas) serta terciptanya hubungan yang serasi antara pimpinan dengan bawahannya. pekerjaan merupakan sumber kepuasan. kerja. Teori Motivasi Kerja dan Sikap Kepemimpinan Menurut Douglas Mc. 4. dalam hubungannya dengan motivasi ada 2 perangkat asumsi manusia bekerja. Manfaat Motivasi Kerja Manfaat motivasi kerja adalah : a. pimpinan menaruh perhatian besar terhadap hasil maupun hubungan kerja.Gregor. sehingga berusaha (mencari menghindari rasa aman). pekerjaan memungkinkan. Tetap dapat bekerja produktif Memiliki daya saing kerja yang kuat untuk meraih masa depan yang cerah. diarahkan.

3 A. Menjamin Kontinuitas Perusahaan Kemampuan kepemimpinan atasan yang mampu menggerakan untuk dapat bekerja sedemikian bawahan rupa. Contoh : PT. melalui proses komunikasi serta pemotivasian diharapkan perencanaa yang telah ditetapkan dapat dijamin kontinuitasnya. Thayeb Moh Gobel dan Konosuke Matsushita Thayeb Moh Gobel memiliki filosofi “ Pohon Pisang ” sementara Konosuke Matsushita dikenal dengan filosofi “ Air Mengalir “. Panasonic Gobel Indonesia menerapkan prosedur kerja standar yang merupakan filosofi kerja bagi jajaran Manajemen hingga seluruh karyawan. . Tujuan Penggerakan Kerja Tujuan penggerakan kerja adalah : 1. sehingga tujuan suatu organisasi perusahaan dapat tercapai. 2. Membudayakan Prosedur Standar Dengan penggerakan kerja berdasarkan prosedur standar kerja yang telah ditetapkan akan menjadi filosofi kerja. Filosofi kerja tersebut merupakan sinergi dari Thayeb Moh Gobel dan Konosuke Matsushita. Thayeb Moh Gobel “ percaya bahwa pohon pisang adalah simbol yang paling tepat untuk menggambarkan peran dari sebuah perusahaan di tengah masyarakat. Thayeb Moh Gobel Konosuke Matsushita Gambar 8. tokoh panutan pada perusahaan tersebut.

37 perusahaan yang paling dikagumi di Indonesia yang diperoleh dari majalah Business Week Indonesia dan Frontier Consulting Group untuk kategori perusahaan elektronik di Indonesia menggungguli PT. “ LG Electronic Indonesia “. dan regenerasinya pun sangat mudah. “ Sony Indonesia “ dan PT. Martina Berto (Martha Tilaar Grup). 3. air merupakan hal yang sangat krusial untuk kelangsungan hidup manusia. Hal dari inilah sebuah yang menurutnya dimana merupakan layaknya refleksi pohon terbaik pisang perusahaan. dan Matsushita.000 orang karyawan PT. Hingga saat ini kedua filosofi tersebut bersatu dan membentuk suatu sinergi yang luar biasa dalam membangun bisnis Panasonic di Indonesia. Bagi Panasonic sendiri. yang melahirkan produk sinergi Panasonic filosofi kerja. sehingga membentuk PT. sementara daun dan bagian lainnya dapat dipakai untuk berbagai keperluan sehari-hari. yang senantiasa melakukan penuturan filosofi Konosuke yang kerja kedua tokoh panutan produk Thayeb Moh Gobel . Membina Disiplin Kerja dan Motivasi Terarah Contoh : Martha Tilaar menerapkan nilai-nilai filosofi kerja yang merupakan filosofi moral membina disiplin kerja dan motivasi terarah pada lebih 5. melalui Rahmat Gobel putra dari Thayeb Moh Gobel. produk elektronik pun seharusnya mudah tersedia dengan harga yang terjangkau untuk kebutuhan masyarakat banyak. Panasonic Gobel Indonesia. sebuah perusahaan hendaknya dapat sangat berguna bagi masyarakat. 37 Perusahaan yang paling dikagumi di Indonesia untuk kategori perusahaan kosmetik. yaitu: . meraih penghargaan Indonesia’s Most Admired Companies (IMAC) 2008. Sifat dari pohon pisang yang dapat tumbuh dimana saja menjadikannya selalu tersedia dimanapun. dari yang memperoleh penghargaan Indonesia’s Most Admired Companies 2008. Berkat kerja keras internal organisasi.4 Tidak ada bagian dari pohon pisang yang tidak dapat digunakan. buahnya dapat dimakan. Seperti halnya air yang mengalir.

Iman. Tekun. hati kita akan selalu bisa tertawa dan tersenyum. inovatif dan proaktif. bekerja keras. Serakah) Saling tegur sapa. tidak boleh menjemput bola. Iri. Martha Tilaar – PT. baik waktu. dan serakah. iri.5 Martha Tilaar Martha Tilaar Gambar 9. dan Ulet) ♦ ♦ ♦ Disiplin dalam segala hal. Jujur dalam bekerja. maupun pekerjaan. tetapi harus mengejar bola. b) HINDARI AIDS (Angkuh. sehingga tidak menimbulkan rasa angkuh. akrab dan saling mengenal antar karyawan. ulet. dengan berpikir positif. . Jujur. pemakaian uang. Dengki. Kuncinya. kerja adalah ibadah. komitmen dan fokus pekerjaan yang diimbangi dengan proses kreatif. c) PENGHARGAAN & PERINGATAN Pemberian (reward) penghargaan serta bagi karyawan peringatan yang bagi berprestasi karyawan pemberian pada yang tidak disiplin (punishment). dengki. ♦ Tekun. Iman harus kuat. Martina Berto a) DJITU (Disiplin.

dan (2) Dikomunikasian secara jelas berkesinambungan. Komunikasi adalah proses pentransferan informasi untuk mencapai kesamaan makna. yaitu : (1) Improvised Leader. praktis. Kemampuan individu tersebut tercermin pada kepemimpinan (leadership) atasan yang mampu menggerakan bawahan untuk dapat bekerja (directing / commanding) sedemikian rupa. (c) Mampu membagi tugas dan wewenang.IKHTISAR Penggerakkan (Actuating) adalah kemampuan individu menggerakkan orang lain untuk bekerja. (b) Mampu menumbuhkan kerjasama. “ Movere “. organisasi (b) dibagi komunikasi menjadi 3 jenis. (2) Team Leader. Pemimpin (Leader) adalah atasan yang menggerakkan bawahan. yang berarti menggerakkan / dorongan. Kepemimpinan seseorang dan Secara (Leadership) adalah karakter orang / lain sifat agar / tipe mau / kemampuan bekerjasama untuk mengarahkan bekerja produktif melalui suatu proses komunikasi dan pemotivasian. (3) Country Club Leader. Sedangkan efisiensi komunikasi dalam organisasi akan tercapai apabila proses komunikasi terjadi dengan biaya minimum Kemampuan komunikasi dalam organisasi dapat ditingkatkan. horizontal dan (c) komunikasi diagonal. Komunikasi dalam organisasi akan efektif jika maksud dan inti pesan komunikator sama dengan pemahaman dan interpretasi penerima. sehingga tujuan organisasi perusahaan dapat tercapai. melalui proses komunikasi dan pemotivasian. yang perlu dikuasai oleh seorang Pemimpin adalah : sehingga tujuan organisasi perusahaan dapat tercapai. Motivasi adalah proses mempengaruhi sikap seseorang berupa pemberian motif (penggerak) kepada seseorang untuk dapat bekerja sedemikian rupa. Arus (a) komunikasi komunikasi dalam vertikal. sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. / yaitu: lateral. Pimpinan adalah pemangku jabatan Pemimpin. dengan dan yang . Motivasi berasal dari bahasa latin. sehingga tujuan organisasi perusahaan dapat tercapai. Ada 4 karakter / sifat Kepemimpinan. dan (4) Authoritarian Leader. (d) Mampu merumuskan visi dan misi organisasi perusahaan. cara : (1) Ditindak-lanjuti. (a) Mampu mengarahkan orang lain.

Dalam menghadapi karyawan. sehingga mereka harus dipaksa.6 7 Ada 2 jenis motivasi kerja. (bonus dan hasil. diancam dengan sanksi. sikap menaruh kepemimpinan perhatian besar diterapkan. (2) komisi penjualan. yang terhadap pekerjaan hasil merupakan team hubungan sumber leader. kerja. piagam penghargaan. ditaktor – otoriter. suka kepuasan. Paksaan pembagian profit. . yaitu : (1) Motivasi Positif : promosi jabatan. tambahan (tabungan penghasilan perumahan). maupun sehingga memotivasi bawahan untuk berfikir dan bekerja (bertugas) serta terciptanya hubungan yang serasi antara pimpinan dengan bawahannya. jaminan fasilitas Motivasi (Motivasi Negatif) penurunan pangkat. mau bekerja karena terpaksa. Dalam menghadapi karyawan. ataupun di PHK. (mencari rasa aman) sikap kepemimpinan yang diterapkan authoritarian leader. sehingga berusaha menghindari tanggung jawab pekerjaan bila memungkinkan. : jaminan sosial (dana pensiun. pimpinan bekerja. pemotongan gaji. diawasi. diarahkan. untuk menghindari sikap karyawan yang akan bekerja seenaknya. asuransi).

bahwa “ My Heart ! “. bawahan harus bekerja keras ‘seperti robot’. bersifat kaku. keras kepala.Bag. karena sudah dimakan usia.Pemasaran Rido Rhoma. ‘keadaan keuangan perusahaan menurun. Pada suatu rapat. karena terlambat diterima. 8 . sehingga ekspedisi cargo sering di-komplain pelanggan. Shireen mengatakan Ka. dengan lantang menyerukan ‘menggunakan ban vulkanisir saja’. merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis jasa cargo. dengan alasan ‘peremajaan kendaraan’. seringkali truck box mengalami pecah ban dalam perjalanan.Bag. sewaktu – waktu dapat diganti.EVALUASI PEMBELAJARAN IV. “ SELEBRITIS INDONESIA “ PT. Ka. yang melanjutkan S2 Master of Business Management (MBM) di USA. akibat Penerimaan dari ekspedisi cargo menurun. yang mengakibatkan perusahaan kesulitan memenuhi kewajiban Modal Pinjaman’. Hal ini sudah dilaporkan Ka. karena harganya lebih murah.Bag.. yang bisa dibeli pada “ Bengkel Mobil 24 Jam : Kadir – Doyok“. Sepeninggal Glenn Alinskie.Pemasaran Shireen Sungkar mengusulkan untuk membeli 1 unit kendaraan operasional truck box baru.Pemasaran. bawahan dianggap tidak penting. Rido Rhoma tetapi justru Rido Rhoma yang disalahkan karena kurang kontrol.Bag. mau menang sendiri. berkomunikasi dengan PENGGERAKKAN mengajukan laporan periodic untuk mengganti ban kendaraan operasional truck box. Teuku Wisnu dalam menggerakan bawahannya. Teuku Wisnu. “ SELEBRITIS INDONESIA“. pimpinan Manajer Koperasi.Bag. Irwansyah. ‘kursi Direktur’ dipegang oleh Teuku Wisnu. Ketika Ka.Keuangan Akuntansi.Pemasaran yang baru. Hal ini disetujui Direktur. Analisis Kasus : PT. Akibat menggunakan ban vulkanisir yang berkualitas rendah. yang Teuku walaupun didanai Wisnu oleh Modal yang Pinjaman tengah & dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sungkar. Direktur. Rido Rhoma pun diganti Shireen Sungkar sebagai Ka. ‘kasmaran’ Gading dengan Marten.

Pemasaran dan bekerja (bertugas) penuh semangat. Pemberian beasiswa ini bertujuan untuk memotivasi kerja karyawan lainnya untuk dapat berprestasi dan memperoleh penghargaan seperti Yuni Shara. sedangkan sebagai Ka. Glenn Alinskie memberikan penghargaan beasiswa sampai lulus Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi kepada Karyawan Bagian Front Office. yang mempunyai kinerja bagus. “ SELEBRITIS INDONESIA“. dengan sehingga bawahan. masuk kerja. bawahan yang sebagai S2 yang bervisi dengan menciptakan berfikir Master of Business Management (MBM) di USA. “ SELEBRITIS INDONESIA “ terus mengalami penurunan. memilih orang yang tepat kerja sebagai kepala tim kerja serta harmonisasi dan hubungan antara (relationship). Yuni Shara. . Kepemimpinan Glenn Alinskie luas. Direktur. sehingga tercipta hubungan yang serasi berkelanjutan pimpinan berimplikasi terhadap perbaikan kinerja perusahaan.9 Karena kondisi keuangan PT. mangkir Karyawan diberi kerja. keras. Dalam HUT PT. Bagian peringatan langsung Ekspedisi. Direktur ditunjuk Glenn Alinskie yang sudah menyelesaikan studi ditunjuk Chelsea Olivia. tekun dan menaruh perhatian besar terhadap hasil kerja tim. ‘dirumahkan’. mangkir hal ini bertujuan untuk memotivasi kerja karyawan lainnya agar tidak menirunya.Bag. maka dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) diputuskan bahwa Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar ‘dirumahkan’. Sedangkan yang jika sering bulan kepada depan Raffi kembali Ahmad.

10 Berdasarkan kasus tersebut di atas : 1. Jelaskan perbedaan Tipe Kepemimpinan yang diterapkan Glenn Alinskie maupun Teuku Wisnu di PT. ketika Teuku jelaskan ketika Ka. implikasi Direktur.Pemasaran. karena harganya lebih murah ! 3. karena sudah dimakan usia ! Dan tidak Teuku vulkanisir ‘menggunakan “ Bengkel Mobil 24 Jam : Kadir – Doyok “. ban Rido dengan Rhoma berkomunikasi kepada Direktur. periodik. Wisnu. menyerukan pada mengajukan tercapainya Wisnu saja’. tersebut. Glenn Alinskie di PT. “ SELEBRITIS INDONESIA “. “ SELEBRITIS INDONESIA “ ! 2. Jelaskan jenis motivasi kerja yang diterapkan Direktur. Jelaskan arus komunikasi yang terjadi di PT. “ SELEBRITIS INDONESIA “ ! . arus dengan yang laporan komunikasi lantang bisa dibeli untuk mengganti ban kendaraan operasional truck box.Bag.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful