P. 1
Jaringan Peer to Peer

Jaringan Peer to Peer

|Views: 93|Likes:
Published by tblues41

More info:

Published by: tblues41 on May 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2012

pdf

text

original

JARINGAN PEER TO PEER

Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan. Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’, misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipejari dan dipakai. Konfigurasi Jaringan Peer to Peer Konfigurasi Jaringan peer to peer pada windows xp Langkah – langkah :
• • • • • •

Klik Start, Control Panel, Network Connections. Pilih Set up a home or small office network link di bawah Network Tasks di sisi kiri. Network Setup Wizard di layar akan muncul. Klik Next. Klik checklist for creating a network. Hasilnya akan ditampilkan dalam gambar di bawah ini. Sekarang, klik Next pada “Before you continue screen.“ Jika wizard menemukan interface jaringan terputus, Anda akan melihat layar yang diberikan di bawah ini, berjudul The Wizard found disconnected network hardware. Anda harus menghubungkan jaringan atau memilih (menceklist) Ignore disconnected network hardware checkbox untuk melanjutkan. Setelah Anda menyelesaikan masalah ini, klik Next.

Pastikan Anda menyelesaikan antarmuka jaringan konektivitas sebelum melanjutkan ke metode koneksi. Layar “Select a connection method” akan muncul. Di sini Anda akan memilih dari tiga pilihan koneksi (lihat contoh gambar di bawah). Tentukan pilihan Anda dan klik Next.

pilih radio button kedua. ketiga. Buat pilihan dan klik Next. keempat.” . dll). pilih sambungan jaringan yang berhubungan dengan Internet di bawah Connections dan klik Next. Disini akan membantu Anda memulai wizard dengan mendefinisikan “inside ” network adapter (local area network) dan “wild-side” network adapter (koneksi internet). jadi bagian ini sangat penting bagi kedua konektivitas internet dan masalah firewall (lihat gambar di bawah).Catatan: Untuk komputer pertama yang anda siapkan (yang biasanya bertindak sebagai “induk” dari peer to peer jaringan). yang mengatakan bahwa computer is already hosting and managing the Internet connection Pada “Select your Internet connection” layar. saya memilih “Let me choose the connections to my network. Anda harus mengklik “This computer connects directly to the Internet” radio nutton. Dalam kasus saya. harus membuat pilihan atau tombol Next akan tetap berwarna abu-abu. Konfigurasi Internet Connection Komputer Anda memiliki banyak koneksi. Untuk komputer yang anda siapkan sesudahnya (kedua.

karena pilihan yang telah saya buat. Hal ini diperlihatkan dalam gambar di bawah ini.Pilih koneksi dan klik Next. • Lengkapi Computer description and Computer name field pada “Give this computer a description and name screen” (seperti gambar di bawah) dan klik Next. “Select the connections to bridge” layar muncul. . Silahkan pilih network interface yang berlaku untuk Local Area Network Anda.Menetapkan Routed Connection Antara Local Computers dan Internet Melanjutkan contoh saya.

(Lihat gambar di bawah).Lengkapi kolom Workgroup Name pada “Name your network” dan klik Next. . klik Next. Periksa pengaturan pada layar “Ready to apply your network settings” dan ketika semuanya telah diatur dengan benar.

anda harus memilih radio button yang kedua. Hal ini mudah dilakukan dengan menjalankan wizard di komputer lain (Windows XP Professional).Klik Finish setelah proses konfigurasi selesai. Anda sekarang telah menciptakan mesin induk pada jaringan peer to peer. Kemudian. . Berikutnya. Anda akan mengkonfigurasi komputer client (komputer klien apapun yang Anda tambahkan ke jaringan peer to peer akan dikonfigurasi dalam cara yang sama). lengkapi layar yang meminta anda untuk menamakan networknya. pada langkah 8 (lihat gambar # 3).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->