P. 1
Sumber Belajar Dan Media Pembelajaran

Sumber Belajar Dan Media Pembelajaran

|Views: 97|Likes:
Published by Cut Winda Afrionita

More info:

Published by: Cut Winda Afrionita on May 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

Makalah Belajar dan Pembelajaran tentang Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

Kelompok 4 Irmala Sari Luqmanul Hakim Muttaqin Selvi Surya Atika

Universitas Negeri Padang 2011

B. agar nantinya ketika memulai suatu kegiatan belajar dan pembelajaran mahasiswa dapat memilih dalam menggunakan sumber dan media pembelajaran yang sesuai dengan pembahasan dan keadaan dari siswa yang diajarkan. Setelah itu juga. serta dapat mengerti jenis-jenis sumber dan media pembelajaran. menjelaskan berbagai jenis sumber belajar dan media pembelajaran d. . dan menggunakan sumber belajar dan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran tersebut. anda perlu mengetahui berbagai jenis sumber belajar dan media pembelajaran serta karakteristiknya. memilih. C. Penggunaan media dan sumber belajar yang tepat akan memberikan sumbangan positif terhadap keefektifann pembelajaran. menjelaskan manfaat penggunaan sumebr belajar dan media pembelajaran c. menjelaskan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan dan penggunaan media pembelajaran. Latar Belakang Dalam kegiatan pembelajaran guru harus mencari. Oleh jarena itu sebagai seorang guru.BAB I Pendahuluan A. Rumusan Masalah a. Tujuan Setelah perkuliahan mahasiswa dapat membedakan pengertia sumber belajar dan media pembelajaran. membedakan pengertian sumber belajar dengan media pembelajaran b.

Sumber Belajar a. pertunjukan suara dan gamba. orang. bahan. video bisu (Stumm video). Web Page last updated: August 1998. Dari berbagai pendapat di atas dapat disarikan bahwa bahan ajar adalah merupakan seperangkat materi yang disusun secara sistematis sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. Menurut University of Wollongong NSW 2522. Audio visual (audio visuell) yang menyangkutberbicara dengan. b. film bisu (Stumm film). piringan hitam. gambar (Wandbild). 2008) meliputi semua sumber yang dapat digunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan.Teaching is defined as the process of creating and sustaining an effective environmentforlearning. baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar. biasanyadalam situasi informasi. program komputer. Pengertian Sumber Belajar Menurut Association Educational Comunication and Tehnology AECT (As’ari. (Melaksanakan pembelajaran diartikan sebagai proses menciptakan dan mempertahankan suatu lingkungan belajar yang efektif. dan film/ video. Sumber itu meliputi pesan. . 2.1994 dalam buku Lernen mit Bildmedien mengelompokkan menjadi tiga besar: 1. Sumber belajar menurut AECT (Suratno. teknik dan tata tempat. peralatan. 2007) sumber belajar yaitu berbagai atau semua sumber baik berupa data.kaset.AUSTRALIA pada website-nya. Visual (visuell) yang menyangkut Flipchart. Jenis-Jenis Sumber Belajar Sedangkan Bernd Weidenmann. bahan tertulis dengan dan tanpa gambar 3. untuk memberikan fasilitas belajar.BAB II Pembahasan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran 1. Auditiv yang menyangkut radio. orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar.

Latihan-latihan f. 2. Siswa belajar tidak tergantung pada satusatunya sumber. Petunjuk kerja. Manfaat Sumber Belajar 1. dapat berupa Lembar Kerja (LK) g. dan guru dapat pula melakukan pengembangan bahan pembelajaran melalui penelitian.Sebuah bahan ajar paling tidak mencakup antara lain : a. Informasi pendukung e. 3.Respon atau balikan terhadap hasil evaluasi c. . Kompetensi yang akan dicapai c. misalnya perencanaan program-program pemberlajaran dapat dibuat lebih sistematis. Evaluasi h. Memberikan kemungkinan terlaksananya pembelajaran yang sifatya lebih individual. Content atau isi materi pembelajaran d. seperti guru. Meningkatkan produktivitas pendidikan. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran. melainkan dapat memanfaatkan berbagai sumber lain. Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru) b.

baik dengan guru ataupun tidak. pendekatan sistem mulai pula terlihat pengaruhnya dalam sistem pembelajaran. F. Pada tahun 1965-1970. Skinner mulai berpengaruh terhadap pengembangan media pembelajaran yang mengutamakan pemberian penguatan untuk terjadinya perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar. media yang dikembangkan bukan hanya untuk digunakan oleh guru di kelas. Disamping itu. fungsi alat bukan lagi sekedar alat peraga tetapi meningkat menjadi alat penyalur informasi atau materi pembelajaran. Media Pembelajaran a. Dengan diterapkannya pendekatan sistem. Kalau ditinjau dari perkembangannya. Sejak pertengahan abad ke-20. alat bantu yang digunakan dalam pembelajaran juga mengalami perkembangan menjadi alat bantu audio visual yaitu berupa alat dan bahan untuk menyampaikan materi pembelajaran yang dapat diterima siswa melalui indera pendengaran dan penglihatan. Apabila dikaitkan dengan uraian mengenai sumber belajar di atas. media pembelajaran menjadi bagian integral dalam program pembelajaran dan pemilihan serta penggunaannya sudah ditetapkan dengan penuh pertimbangan di saat membuat rancangan pembelajaran. sesuai dengan perkembangan ilmu dan tekhnologi. media pembelajaran itu dahulunya dikenal sebagai alat bantu mengajar yang terutama berfungsi sebagai alat peraga dan jenisnya juga mula-mula terbatas pada alat visual yang dapat memberikan pengalaman kongkret melalui penglihatan. teori behaviorisme dari B. model dan benda nyata. antara lain: gambar. tetapi ditunjukkan untuk dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa atau warga belajar tanpa kehadiran guru. Pada waktu itu. sedangkan briggs mendefinisikan sebagai sarana fisik untuk menyampaikan materi pelajaran. . Schramm (1977) mendefinisikan media pembelajaran sebagai tekhnologi pembawa informasi yang dapat dimangaatkan untuk proses belajar mengajar.2. jenis media pembelajaran yang dikembangkan juga semakin banyak dan beragam. dengan masuknya pengaruh teori komunikasi dalam penggunaan alat bantu audio visual. Pengertian Media Pembelajaran Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang berarti perantara atau pengantar. dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pembelajaran. Pada akhir tahun 1950-an. Selanjutnya pada periode tahun 1960-1965.

alasan utamanya adalah terkait dengan kemampuan media dalam membuat materi pelajaran yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret dan lebih jelas. Dapat mengatasi keterbatasn ruang. Peristiwa atau proses yang perlu diamati secara berulang. Media yang dirancang dan media yang dimanfaatkan . menyeragamkan dan mengefisienkan penyajian materi pembelajaran dengna dapatnya media dipersiapkan terlebih dahuli. 2. Alasan lainnya terkati dengan manfaat yang dapat diperoleh melalui penggunaan media itu sendiri. Dapat memperjelas. dan daya indera karena rumit dapat digunakan untuk memanipulasi objek dan peristwia. banyak hal yang dapat dipetimbangkan dan dilakukan untuk membuat penyajian materi pembelajaran lebih jelas. Media cetak dan media cetak 2. Media elektronik dan media non elektronik 3. Dapat membuat proses belajar mengajar lebih menarik dan lebih interaktif. yaitu: 1. terlalu besar atau kecil. Dapat dipelajari melalui gambar atau model. Jenis Media Pembelajaran Jenis media pembelajaran semakin banyak dan beragam.b. waktu. Media sederhana dan media rumit 4. Media pembelajaran digunakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. dalam mempelajarinya dapat direkam/difoto dan ditampilkan kembali melalui rekaman video/audio atau difilmkan. 3. namun secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi: 1. Namun. terlalu rumit. Rasional Penggunaan Media Pembelajaran. Ada beberapa alasan pentingnya penggunaan media pembelajaran. antara lain: Objek yang berbahaya. sistematis dan efisien. c.

unsur utamanya suara. duiagram. Rekaman audio. simbol verbal. Gabungan beberapa media. model 2. simbol verbal. dan gambar 5. Media semi gerak. grafik 3.Ada banyak hal yang dapat dipakai sebagai dasar pengelompokkan media oleh para ahli. contoh: benda. contoh: telpon. program komputer 5. media cetak. unsur utamanya suara 3. garis. Media audio visual diam. Bretz dalam Arief dkk. unsur utamanya gambar. contoh: behan cetak. film rangkai dengan pita audio. (1968) misalnya. slide. dan gerak 4. dapat menjangkau banyak orang ditempat yang tersebar. unsur utamanya mencakup kelima unsur diatas. contoh: film. unsur utamanya simbol verbal 2. Media individual yaitu media yang dipakai untuk belajar secara perorangan. Media audio visual gerak. 3. unsur utamanya garis. contoh: slide dengan pita audio. video. Berbeda dengan Bertz. 1. komputer dengan video dan audio. simbol verbal. yaitu: 1. Media visual gerak. Media cetak. Bahan yang tidak diproyeksikan. contohnya: televisi.yaitu: 1. papan tulis. Media audio. Gambar diam yang diproyeksi. 6. gambar. Media visual diam. contoh: rekaman dalam kaset atau piringan 4. Pengelompokkan media yang lebih rinci dilakukan oleh para ahli berdasarkan ciri atau karakteristiknya. Kemp (1985) mengelompokkan media pembelajaran berdasarkan cara pengoperasiannya. garis. unsur utamanya suara. peralatan. Gambar bergerak yang diproyeksikan. dan gerak. radio. 2. unsur utamanya garis. Media klasikal yaitu media yang liputannya terbatas. garis. Scramm (1997) membagi media atas tiga kelompok daya liputnya atau ukuran banyaknya audiens yang dapat dijangkau oleh media tersebut. dapat menjangkau sekelompok orang dalam tempat tertentu seperti di kelas. rekaman video 6. yaitu. Media audio semi gerak. simbol verbal dan gerak 7. Bentuk nyata. . contoh: slide. dan simbol verbal 8. Media masal yaitu media yang liputannya luas. contoh: Film. mengelompokkan media pembelajaran ke dalam delapan kelompok besar.

. Faktor-faktor lain seperti karakteristik siswa. dan bagi media yang biaya pembuatannya mahal juga perlu dipertimbangkan.d.yaitu:  Pertama dan terutama sekali adalah kesesuaian dengan materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.  Kedua. Adakalanya media yang mahal tapi dapat digunakan berulang-ulang dan dalam waktu yang lama juga sebaliknya ada media yang murah dan bisa di pergunakan dalam waktu yang cukup lama. strategi pembelajaran. media yang memerlukan fasilitas pendukung perlu dipertimbangkan apakah fasilitas itu tersedia atau tidak. dan alokasi waktu juga perlu dipertimbangkan. Kriteria pemilihan dan Penggunaan Media Pembelajaran Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media untuk pembelajaran.

B. kita sudah siap. antara lain: gambar. agar nantinya ketika dihadapkan dengan kegiatan yang sebenarnya. media pembelajaran itu dahulunya dikenal sebagai alat bantu mengajar yang terutama berfungsi sebagai alat peraga dan jenisnya juga mula-mula terbatas pada alat visual yang dapat memberikan pengalaman kongkret melalui penglihatan. Kesimpulan media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang berarti perantara atau pengantar.BAB III Penutup A. Sumber dan media pembelajaran yang bervariatif juga dapat menimbulkan keaktifan dan kekreatifan siswa sehingga kegiatan belajar menjadi lebih menarik. Sserta terdapat banyak jenis-jenis sumber dan media belajar yang dapat kita manfaatkan untuk membantu dalam menunjang kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Saran Untuk menjadi guru yang berkompetensi dan profesional. wajiblah kita sebagai calon guru untuk dapat menguasai berbagai sumber dan media pembelajaran. Kalau ditinjau dari perkembangannya. . model dan benda nyata.

Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. 2003. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang .Sumber Referensi Tim Mata kuliah belajar dan pembelajaran.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->