PENGERTIAN MEMORI

Memori merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk, semacam hard disk atau floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali di lain kesempatan. Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM), yang bersifat dinamis (DRAM). Mengapa disebut Random Access, adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara acak (random), bukan secara berurutan (sekuensial). Meskipun demikian, kata random access dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah. Sebagai contoh, memori yang hanya dapat dibaca (ROM), juga dapat diakses secara random, tetapi ia dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulisi sewaktu-waktu. Selain itu, hard disk yang juga merupakan salah satu media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke dalam Random Access Memory.

PENGGUNAAN MEMORI Komponen utama dalam sistem komputer adalah Arithmetic and Logic Unit (ALU), Control Circuitry, Storage Space dan piranti Input/Output. Tanpa memori, komputer hanya berfungsi sebagai piranti pemroses sinyal digital saja, contohnya kalkulator atau media player. Kemampuan memori untuk menyimpan data, instruksi dan informasi-lah yang membuat komputer dapat disebut sebagai komputer multi-fungsi (general-purpose). Komputer merupakan piranti digital, maka informasi disajikan dengan sistem bilangan biner (binary). Teks, angka, gambar, suara dan video dikonversikan menjadi sekumpulan bilangan biner (binary digit atau disingkat bit). Sekumpulan bilangan biner dikenal dengan istilah BYTE, dimana 1 byte = 8 bits. Semakin besar ukuran memori-nya maka semakin banyak pula informasi yang dapat disimpan di dalam komputer (media penyimpanan). JENIS – JENIS MEMORI Beberapa jenis memori yang banyak digunakan adalah sebagai berikut:  Register prosesor  RAM atau Random Access Memory  Cache Memory (SRAM) (Static RAM)  Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM)  Perangkat penyimpanan berbasis disk magnetis  Perangkat penyimpanan berbasis disk optik  Memori yang hanya dapat dibaca atau ROM (Read Only Memory)  Flash Memory  Punched Card (kuno)

disk atau tape. optical memory. Akan tetapi.  CD atau Compact Disk DVD PEMBAGIAN MEMORI Dalam pembicaraan mengenai arsitektur komputer seperti arsitektur von Neumann. Primary Memory (executable memory). Di era multiprogramming ini. dan diurutkan dari harga tiap bit memorinya mulai dari yang paling tinggi (mahal) hingga yang paling rendah (murah). RAM. dan sequntially access memory. Memori ini diterapkan di storage device. secara relatif dapat diakses dengan cepat. kapasitas dan kecepatan memori dibedakan dengan menggunakan hierarki memori. memory manager digunakan untuk mencegah satu proses dari penulisan dan pembacaan oleh proses lain yang dilokasikan di primary memory. berada di level bawah. Hierarki ini disusun dari jenis memori yang paling cepat hingga yang paling lambat. Contohnya. disusun dari yang paling kecil kapasitasnya hingga paling besar kapasitasnya. Secondary Memory diukur sebagai kumpulan dari bytes (block of bytes). misalnya. yaitu cache memory dan bentuk lain dari secondary memory seperti rotating magnetic memory. Komputer yang lebih canggih memiliki level yang lebih banyak pada sistem hirarki memorinya. yaitu:    Register di CPU. berada di level tengah. . jadi akses meliputi aksi oleh driver dan physical device. Bagian dari sistem operasi yang mengatur hirarki memori disebut dengan memory manager. Informasi yang berada di register dapat diakses dalam satu clock cycle CPU. dan bersifat non-volatile (informasi tetap tersimpan ketika komputer dimatikan). Secondary Memory. mengatur swapping antara memori utama dan disk ketika memori utama terlalu kecil untuk memegang semua proses. dan bersifat volatile (informasi bisa hilang ketika komputer dimatikan). Contohnya. berada di level teratas. waktu aksesnya lambat. masing-masing level ini hanya sebuah penyempurnaan salah satu dari tiga level dasar yang telah dijelaskan sebelumnya. CPU mengakses memori ini dengan instruksi single load dan store dalam beberapa clock cycle. Sebagian besar komputer memiliki hirarki memori yang terdiri atas tiga level. Primary Memory diukur dengan satu byte dalam satu waktu.

Setiap kali pemroses melakukan eksekusi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. memori terdIri dari berbagai tipe yang tercepat aksesnya sampai yang lambat. (Harga dihitung berdasarkan rupiah per bit data disimpan). Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.   Tercepat: Chace Memory dan Main Memory Terlambat: Sekunder Memory Selain menyatakan hubungan kecepatan. Hubungan Kapasitas : Semakin keatas umumnya kapasitasnya semakin terbatas. begitulah kira kira pemahaman sederhana tentang fungsi memory atau RAM. Agar intruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. hirarki tersebut juga menyatakan hubungan – hubungan lain. PENGERTIAN RAM DAN FUNGSINYA RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Hubungan frekuensi pengaksesan : Semakin keatas semakin tinggi frekuensi pengaksesan. pemroses harus membaca instruksi dari memori utama. Kamu juga bisa melihat berapa banyak memori yang dibutuhkan ketika menjalankan suatu aplikasi atau program. yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki lebih tinggi.Tujuan dari manajemen ini adalah untuk:     Meningkatkan utilitas CPU Data dan instruksi dapat diakses dengan cepat oleh CPU Efisiensi dalam pemakaian memori yang terbatas Transfer dari/ke memori utama ke/dari CPU dapat lebih efisien PERANGKAT KERAS/MEMORI RAM DAN ROM Memori dan RAM memori berfungsi sebagai penyimpan data. Untuk itu terdapat konsep memori dua level. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Agar lebih mudah dipahami sebagai contoh. saat anda membuka membuka sebuah aplikasi misalnya seperti microsoft atau browser mozila firefox maka prosesor akan membuka program atau aplikasi tersebut dari hardisk dan kemudian akan meload nya ke memory atau RAM. yaitu :    Hubungan Harga : Semakin kebawah adalah harganya semakin murah. Caranya klik kanan pada panel bar desktop layar komputer kamu .

klik kanan pada panel bar.kemudian pilih Task Manager. . maka akan menunjukkan aplikasi atau program yang sedang aktif saat ini. atau melalui tombol CRTL + ALT + DEL pada keyboard. kemudian pilih Task Manager Perhatikan pada tap Applications.

Secara teoritis kecepatan data Processor berkisar 46x lebih cepat dibanding HDD. RAM berfungsi untuk membantu Processor dalam penyediaan data “super cepat” yang dibutuhkan. dan akan memproses data dengan sangat cepat (Bandwidth tertinggi P4 saat ini 6. Processor sendiri adalah komponen digital murni.Pada tap performance perhatikan pada kolom PF usage. Artinya. Untuk memahami lebih jauh lagi anda bisa dilihat pada ilustrasi kerja memori atau ram dibawah ini ketika kamu menyalakan komputer. Semakin banyak aplikasi yang aktif maka semakin besar memori yang dibutuhkan. maka Processor tidak perlu menunggu kiriman data dari HDD. Processor berfungsi sebagai pengolah data dan meminta data dari tempat penyimpanan data (storage). Dengan RAM. komponen yang pertama kali bekerja adalah Processor. Sedangkan Hard Disk sebagian besar teknologinya merupakan mekanis yang tentu cukup lambat dibandingkan digital (Bandwidth atau Transfer Rate HDD Serial ATA berkisar 150 MB/s).4 GB/s dengan FSB 800MHz). Itu artinya. Tapi prakteknya hal ini sulit dilakukan karena perbedaan teknologi antara Processor & Hard Disk. Perlu diketahui juga. diperlukan device Memory Utama (Primary Memory) atau disebut RAM. karena sistem operasi windows juga membutuhkan memori agar bisa aktif atau hidup pada komputer.4 GB/s). yaitu Hard Disk (HDD). 2 keping DDR2 dalam mode Dual Channel dapat memasok data dalam jumlah yang pas ke Processor (3. agar tidak menganggu pasokan maka saat ini Motherboard menggunakan teknologi Dual Channel yang dapat melipatgandakan bandwidth menjadi 2x dengan memperbesar arsitektur menjadi 128-bit. RAM berfungsi layaknya seperti HDD Digital. disitu terdapat sejumlah angka (itu adalah jumlah memori yang dibutuhkan untuk menampilkan aplikasi). karena seluruh komponen RAM sudah menggunakan teknologi digital. apabila Processor menunggu pasokan data dari HDD akan terjadi “Bottle-Neck” yang sangat parah. Maka untuk mengatasi hal itu. . Artinya data tersebut dikirim dari Hard Disk setelah ada permintaan dari Processor. Saat ini RAM DDR2 mempunyai bandwidth 3.2 GB/s (PC400). meskipun kamu tidak membuka aplikasi sama sekali bukan berati kolom PF Usage akan menjadi angka 0.2 GB/s x Dual Channel = 6.

Fast Page Mode DRAM (FPM DRAM) 2. kapasitas daya simpannya bisa jutaan susunan. Synchronous Graphic RAM (SGRAM) 2. internal memory. main memory. yaitu membacanya (read) atau menuliskan/menyimpannya (write) ke memori tersebut. yaitu : 1. primary memory. tergantung kapan dan pada computer apa DRAM tersebut digunakan. Virtual Memory JENIS – JENIS RAM : Berdasarkan cara kerja : 1. CMOS Memory 4.MEMORI UTAMA ( MAIN MEMORY ) Memori utama merupakan media penyimpanan dalam bentuk array yang disusun word atau byte. Tipe chip yang cukup banyak dikenal pada memori utama ini DRAM ( Dinamic Random Access Memory ). Ada beberapa macam tipe dari memori komputer. Windows RAM (WRAM) c. apabila sumber listrik dimatikan maka datanya akan hilang. Data yang disimpan pada memori utama ini bersifat volatile. Dynamic RAM (DRAM) 1. Extended Data Output DRAM (EDO DRAM) 3. Memori dapat dibayangkan sebagai suatu ruang kerja bagi komputer dan memori juga menentukan terhadap ukuran dan jumlah program yang bias juga jumlah data yang bias diproses. Read Only Memory ( ROM ) 3. PERANAN MEMORI UTAMA Address bus pertama kali mengontak computer yang disebut memori. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. artinya data yang disimpan bersifat sementara dan dipertahankan oleh sumber-sumber listrik. Synchronous DRAM (SDRAM) 4. Yang dimaksud dengan memori disini adalah suatu kelompok chip yang mampu untuk menyimpan instruksi atau data. Memori utama digunakan sebagai media penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU atau perangkat I/O. main storage. Untuk video : a. Kapasitas atau daya tampung dari satu chip ini bermacam-macam. Static RAM (SRAM) . Rambus DRAM (RDRAM) 5. Video RAM (VRAM) b. Memori terkadang disebut sebagai primary storage. Memori ini diistilahkan juga sebagai Memori Utama. Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM) 6. Random Access Memory ( RAM ) 2. CPU sendiri dapat melakukan salah satu dari proses berikut terhadap memori tersebut.

70ns. DRAM menyimpan bit di dalam suatu sel penyimpanan (storage sell) sebagai suatu nilai elektrik (electrical charge) yang harus di-refesh beratus-ratus kali setiap saat untuk menetapkan (retain) data. kedua belah modul memori ini aktif. Pada saat ini terdapat DRDRAM berkecepatan 1066MHz yang dikenal dengan RIMM (Rambus inline memory module). Memori SIMM 30 pin untuk kegunaan PC zaman 80286 sehingga 80486 dan beroperasi pada 16 bit. EDO RAM sejenis DRAM lebih cepat. dimana ia memakan waktu di antara CPU dan RAM. Beroperasi dalam bentuk 16 bit bukan 64 bit. Ini berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. DRDRAM model RIMM 4200 32-bit menghantar 4. FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory) Adalah RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer. Merupakan penganti dari DRAM. Single Inline Memory Module (SIMM) Mempunyai kapasitas 30 atau 72 pin. . dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386.BERDASARKAN MODULE 1. SDRAM pengatur (synchronizes) memori supaya sama dengan CPU clock untuk pemindahan data yang lebih cepat. 2. DRAM (dynamic RAM) dan EDO RAM (extended data-out RAM) menggunakan SIMM. Kecepatan dirujuk mengikuti istilah ns (nano second) seperti 80ns. 60ns dan sebagainya. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Double Inline Memory Module (DIMM) Berkapasitas 168 pin. Pemindahan data sama seperti DDR SDRAM tetapi mempunyai dua saluran data untuk meningkatkan kemampuan. RIMM (Rambus) Dulu dikenali sebagai RDRAM. EDO memakan waktu dalam output data. 3. Semakin kecil nilainya maka kecepatan lebih tinggi. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi. Memory 72 pin banyak digunakan untuk PC berasaskan Pentium dan beroperasi pada 32 bit. FPM (fast page memory) dan EDO. Memori jenis ini tidak lagi digunakan pada komputer akhir-akhir ini. Adalah sejenis SDRAM yang dibuat oleh Rambus. setiap permukaan adalah 84 pin. Juga dikenali sebagai PC800 yang kerkelajuan 400MHz. dan terdapat dalam dua kecepatan iaitu 100MHz (PC100) dan 133MHz (PC133). DRDRAM digunakan untuk CPU dari Intel yang berkecepatan tinggi.2gb setiap saat pada kecepatan 1066MHZ Terdapat beberapa jenis RAM yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu : 1. Menyokong 64 bit penghantaran data.

4. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Memiliki kecepatan di atas 100 MHz. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory) RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Memiliki kecepatan hingga 800 MHz. SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz. Instruksi atau program. 2. pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. BEDO RAM (Burst EDO RAM) RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz. Semua data dan program yang dimasukkan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory. . Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin. 5. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). 4. khususnya di RAM yang merupakan memori yang dapat di akses. Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72 pin. bentuknya adalah RIMM. secondary storage atau juga communication device. RAM terdiri dari sekumpulan chip. artinya dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer. Data untuk diproses. untuk memproses data. 3. 3. Instruksi sistem operasi yang mengontrol fungsi-fungsi dasar dari sistem Komputer. Chip-chip ini mampu untuk menampung: 1.2. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM) RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM. 6. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi. Data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device.

Internal • Adalah banyaknya bit yang dapat dibaca atau ditulis. Tipe .Lokasi 1. yang disebut block. Contohnya: • Harddisk • Diskette • Flashdisk .Kapasitas . . 2. Ukuran dari word = banyaknya bit yang digunakan. • Lokasi terkecil di mana pengalamatannya unik.Fungsi Utama Memori.Satuan transfer 1. • Pada beberapa sistem unit pengalamatannya adalah word. Contohnya : • Cache • Register • Main Memory (RAM) 2. Panjang 1 word pada umumnya adalah 8. Internal : Memori dapat diakses langsung oleh prosesor tanpa harus menggunakan perangkat input dan output (I/O).Jelaskan fungsi utama dari memori dan karakteristiknya ? fungsi utama memori Yang disebut Memori utama PC mengacu pada RAM.Satuan Alamat • Adalah ukuran memori terkecil yang dapat diberi alamat tersendiri. .Banyaknya word : Atau bytes. External • Data yang ditransfer dalam jumlah yang lebih besar dari word. dan 32 bit. • Setara dengan banyaknya jalur data yang terhubung ke memori (lebar bus). dari atau ke memori dalam hitungan setiap detik. Adalah kemampuan menampung data dalam satuan tertentu. . dimana 1 byte = 8 bit. karakteristik memory: . Waktu . External : Untuk mengakses memori diperlukan perangkat input dan output (I/O). Suatu komputer membutuhkan RAM untuk menyimpan data dan instruksi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah perintah (Task). • Merupakan banyaknya bit yang dibaca atau dituliskan ke dalam memori. . dan Pengontrolannya serta Karakteristik 1. 16. • Cluster di harddisk. .Ukuran word : Unit organisasi memori.

• Waktu akses sangat variabel. • Digunakan mekanisme shared read/write. • Waktu diperlukan memori untuk ‘recover’ sebelum akses berikutnya. • Waktu aksesnya variabel (berbeda-beda) dan bergantung pada lokasi data yang akan dituju dan lokasi data sebelumnya. . .Metode Akses 1. • Waktu aksesnya konstan dan tidak bergantung pada urutan akses sebelumnya. tidak berdasarkan alamat. Random Access • Akses ke memori dilakukan secara random langsung ke alamat yang dituju. 3. . • Setiap blok atau record mempunyai alamat unik berdasarkan lokasi fisik. • Waktu siklus adalah waktu akses ditambah recovery. Associative • Pencarian data di memori dilakukan dengan membandingkan seluruh word secara bersamaan. . Magnetik Contoh : Disk & Tape 3. Sequential Access • Akses ke memori dilakukan secara berurutan (searching. DVD 4..Kecepatan Transfer • Kecepatan saat data bisa dipindahkan. • Setiap alamat memori mempunyai alamat unik. diteruskan dengan sedikit pencarian dan perhitungan.Jenis Fisik 1. passing. Lainnya Contoh : Bubble. 4. • Waktu akses konstan dan tidak bergantung pada lokasi dan urutan akses sebelumnya. Direct Access • Akses ke memori langsung menuju ke lokasi terdekat. Optik Contoh : CD.Kinerja WaktuAkses (latency) • Waktu antara perintah akses (baca atau tulis) sampai didapatkannya data di MBR atau data dari MBR telah disalin ke lokasi memori tertentu. rejecting). • Digunakan mekanisme shared read/write. bergantung pada lokasi data yang akan dituju dan data sebelumnya. Semikonduktor Contoh : Flashdisk 2. Hologram .Waktu Siklus Memori • Waktu dimulainya suatu operasi memori sampai memori siap melaksanakan operasi berikutnya. 2.

Pita Magnetik. CDROM. Pengontrolan memori dapat dijabarkan : a) Sequential access Memori diorganisasi menjadi unit unit data yang disebut record. Contoh memori ini adalah cache memori Waktu akses memori dapat dijabarkan : a) Access time .Karakteristik Fisik 1. Chache Memory .Komsumsi daya . Memori Internal : Register . Kecepatan data transfer ke unit memori atau dari unit memori. Contohnya adalah memori utama. CD-R. b) Direct access Sama sequential access terdapat shared read/write mechanism. b) Memory cycle time . Datanya dapat dihapus. Akses dilakukan langsung pada alamat memori. Magnetik Disk.Akses harus dibuat dalam bentuk urutan linier yang spesifik. Erasable. d) Associative access Jenis random akses yang memungkinkan pembandingan lokasi bit yang diinginkan untuk pencocokan. RAID. . Volatile.Terdapat shared read/write mechanism untuk penulisan/pembacaan memorinya. Informasi pengalamatan yang disimpan dipakai untuk memisahkan record record dan untuk membantu proses pencarian. Memori non-random akses merupakan waktu yang dibutuhkan dalam melakukan mekanisme baca atau tulis pada lokasi tertentu. Non-Volatile. Disk adalah memori direct access c) Random access Setiap lokasi memori dipilih secara random dan diakses serta dialamati secara langsung.  Non-random access memory dengan perumusan : TN = TA + (N/R) TN = waktu rata rata untuk membaca atau menulis N bit TA = waktu akses rata rata N = jumlah bit R = kecepatan transfer dalam bit per detik (bps) . Tipe memori berdasarkan tempat dan pengaksesan prosesor dibedakan menjadi: 1. Data tetap ada meskipun tidak ada tegangan listirk. 2. Memori Eksternal. Optical Disk.  Random access memory sama dengan 1/(cycle time). Data akan hilang bila tegangan listrik tidak ada. Penyusunan bit untuk membentuk word. IDE Disk.. waktu akses adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan operasi baca atau tulis. Transfer rate . Konsep ini digunakan pada random access memory terdiri dari access time ditambah dengan waktu yang diperlukan transient agar hilang pada saluran sinyal. Setiap blok dan record memiliki alamat unik berdasarkan lokasi fisiknya. Data dicari berdasarkan isinya bukan alamatnya dalam memori. 3. CD-RWDVD. SCSI Disk. Pita magnetik merupakan memori yang menggunakan metode sequential access. Floppy Disk.Main Memory .Organisasi. Bagi random access memory.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful