P. 1
Profil Sumatera Barat

Profil Sumatera Barat

|Views: 37|Likes:

More info:

Published by: Anisya Purnamasari Pahlevi on May 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/22/2012

pdf

text

original

Profil Sumatera Barat Propinsi Sumatera Barat, tempat bermukimnya masyarakat Minangkabau dan tidak berlebihan disebut sebagai

surga yang terakhir. Propinsi ini dikaruniai dengan budaya dan keindahan alamnya yang sulit dicarikan tandingannya. Tidak mengherankan kalau Sumatera Barat telah lama dikenal sebagai daerah tujuan wisata bagi wisatawan. Berikut ini adalah informasi profil mengenai propinsi Sumatera Barat yang berada di Negara Kesatuan Republik Indonesia: - Nama Provinsi : Sumatra Barat / Sumbar / Sumatera Barat - Tanggal Berdiri : 3 Juli 1958 - Dasar Pendirian : UU No. 61 Tahun 1958 - Ibu Kota : Padang - Luas Wilayah : Kurang lebih 42.297 km2 - Posisi/Letak Geografis : 0 derajad lintang utara - 2 derajat lintang selatan dan 98 derajat - 102 derajat bujur timur - Pulau : Pulau Sumatra - Jumlah Kabupaten : 19 Kabupaten / kota Kawasan Sumatera Barat pada masa lalu merupakan bagian dari Kerajaan Pagaruyung. Setelah perjanjian yang dibuat oleh pemuka Adat serta kerabatYang Dipertuan Pagaruyung, dan berakhirnya Perang Padri, kawasan ini menjadi dalam pengawasan Belanda.] Selanjutnya dalam perkembangan adminisitrasi pemerintahan kolonial Hindia Belanda, daerah ini tergabung

Gouvernement Sumatra's Westkust. namun kemudian dipindahkan ke Padang. Sumatera Tengah kemudian dipecah lagi menjadi Sumatera Barat. digabungkan ke dalam provinsi Jambi sebagai kabupaten tersendiri. Sumatera Tengah. Pada awalnya ibukota provinsi baru ini adalah Bukittinggi. Riau dan Jambi. residensi Sumatera Barat. Provinsi Sumatera kemudian dipecah menjadi tiga. Sumatera Barat merupakan bagian dari keresidenan di dalam provinsi Sumatera Tengah beserta Riau dan Jambi. Pada masa pendudukan tentara Jepang Residentie Sumatra's Westkust berubah nama menjadi Sumatora Nishi Kaigan Shu serta daerah Bangkinang dikeluarkan masuk ke dalam wilayah Riau Shu Pada awal kemerdekaan Indonesia. diturunkan statusnya menjadiResidentie Sumatra's Westkust dan di tahun 1935 wilayah Kerinci digabungkan ke dalam Residentie Sumatra's Westkust. kemudian tahun 1905 wilayah Tapanuli menjadi Residentie Tapanuli selain Residentie Padangsche Benedenlanden dan Residentie Padangsche Bovenlanden. yakni Sumatera Utara. dan Sumatera Selatan. Wilayah Kerinci yang sebelumnya tergabung dalam Kabupaten Pesisir Selatan Kerinci. Berdasarkan Undang-undang darurat nomor 19 tahun 1957. . wilayah Sumatera Barat tergabung dalam provinsi Sumatera yang berpusat di Bukittinggi. Kemudian di tahun 1914.dalam Gouvernement Sumatra's Westkustyang juga mencakup daerah Tapanuli.

572 m).179 m). Semua sungai ini bermuara di pantai timur Sumatera. di provinsi Riau dan Jambi. Sumatera Barat memiliki beberapa danau diantaranya Maninjau (99.877 m).891 m). .430 m). Dibawah (Dibaruh) (14.5 km²). Mande Rubiah (2. serta dataran tinggi vulkanik yang dibentuk Bukit Barisan membentang dari barat laut ke tenggara. Beberapa sungai besar di pulau Sumatera berhulu di provinsi ini. Kepulauan Mentawai yang terletak di Samudera Hindia dan beberapa puluh kilometer lepas pantai Sumatera Barat termasuk dalam provinsi ini. dan Batang Tarusan.271 m). diantaranya Sungai Siak. Sago (2.060 m). Gunung-gunung di Sumatera Barat adalah Marapi (2.271 m).438 m). Beberapa di antaranya adalah Batang Anai. Batang Arau. Singgalang (2.1 km²). Sungai Kampar dan Batang Hari. Diatas (31. memiliki dataran rendah di pantai barat. Singkarak (130.5 km²). Talamau (2.039 m). Tandikat (2.0 km²) danTalang (5.0 km²). Talang (2. Ambun (2. Pasaman (2. Rasan (2. Kelabu (2. Sungai Rokan. Tambin (2. Sungai Inderagiri (disebut sebagai Batang Kuantandi bagian hulunya). Sementara sungai-sungai yang bermuara di pantai barat berjarak pendek.Kondisi dan sumber daya alam -Geografi Sumatera Barat berada di bagian barat tengah pulau Sumatera. Garis pantai provinsi ini seluruhnya bersentuhan dengan Samudera Hindia sepanjang 375 km.190 m).912 m).

dan pariwisata. Secara keseluruhan. Potensi perikanan meliputi usaha perikanan darat. kulit manis. lebih baik dibandingkan perkiraan semula sebesar 3.16%. emas. kakao.90%. pertambangan. Potensi pertanian yang tersebar di wilayah Sumatera Barat meliputi pertanian dengan komoditas antara lain kelapa sawit. batu kapur (semen). Dampak bencana ini terlihat pada triwulan IV-2009.14%. manganase. kopi. Namun demikian pertumbuhan ini relatif lebih baik dibandingkan perhitungan sebelumnya yang diperkirakan akan terjadi kontraksi 0. timah hitam.56% Potensi Wilayah Sumatera Barat Propinsi Sumatera Barat memiliki potensi sumber daya alam yang belum banyak dimanfaatkan. pada tahun 2009 ekonomi Sumatera Barat tumbuh sebesar 4. Dan pada triwulan I2010 perekonomian Sumatera Barat diperkirakan akan dapat tumbuh sebesar 3. karet. dan perikanan. tambak. batu besi.92%. perkebunan. Demikian pula ada potensi pembangunan yang telah dimanfaatkan tetapi belum optimal dikembangkan. sedangkan potensi pertanian lainnya adalah kehutanan. Ekonomi Secara bertahap perekonomian Sumatera Barat mulai bergerak positif setelah mengalami tekanan akibat dampak gempa bumi tahun 2009 yang melanda kawasan tersebut. seng. dan perikanan laut di . industri. kelapa sawit. dimana pertumbuhan ekonomi hanya mencapai 0. dan gambir. gambir dan perikanan. batu galena. antara lain adalah pertanian.Sumber daya alam Batubara.

dan Tanah Datar maupun industri yang memanfaatkan sumber daya alam lainnya serta ilmu pengetahuan dan teknologi tinggi seperti industri semen di Indarung memiliki potensi untuk dikembangkan.kawasan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) yang belum sepenuhnya dimanfaatkan dan sangat potensial untuk dikembangkan lebih lanjut. Danau Dibawah. Limapuluh Kota. dan damar. . pantai di Pantai Padang dan Pantai Bumpus. cagar alam seperti Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). air terjun di Lembah Anai. Sumatera Barat memiliki objek dan daya tarik wisata yang beragam baik wisata alam. Di bidang industri. danau antara lain Danau Diatas. Pariwisata juga merupakan sektor yang amat berpeluang untuk dikembangkan. kayu meranti. dan kulit manis. Wisata alam meliputi panorama Ngarai Sianok di Bukittinggi. serta wisata sejarah yang meliputi antara lain Gua Jepang di Kabupaten Agam dan Istana Kerajaan Pagaruyung di Batusangkar. gambir. Danau Maninjau dan Danau Singkarak. wisata budaya maupun wisata sejarah. Propinsi Sumatera Barat memiliki potensi kehutanan yang tersebar di seluruh wilayah daerah tingkat II dengan komoditas antara lain kasiavera. gunung seperti Gunung Merapi Singgalang. baik yang memanfaatkan hasil hutan dan hasil pertanian seperti antara lain minyak sawit. Wisata budaya meliputi antara lain Pusat Kebudayaan Minang di Padang Panjang. rotan. yang banyak terdapat di Kabupaten Agam.

id .wikipedia.wikipedia.Daftar Pustaka http://id.org/wiki/Sumatera_Barat#Kondisi_dan_sumber_ daya_alam http://id.sumbarprov.org/wiki/Sumatera_Barat#Sejarah http://www.go.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->