LAPORAN PRAKTIKUM OPTIKA

“Lup dan Teleskop”

Disusun Oleh: Emerentiana Astuti

(101424023)

Prodi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 2012

Teleskop/teropong terdiri dari: . LANDASAN TEORI :  Lup Suatu benda besar/kecil terantung pada besar kecilnya bayangan yang terbentuk pada retina. maka benda akan semakin kabur. Jika suatu benda kecil kita dekatkan ke mata. Tapi bla jaraj enda ke mata lebih dekat dari titik dekat mata. akan tampak semakin jelas. Perbesaran sudut Lup: Untuk mata berakomodasi pada jarak x cm: M= M= = = (secara percobaan) (secara perhitungan) Y’ dan s’ dicari dari perhitungan  Teleskop Lup dapat digunakan sebagai lensa okuler yang gunanya untuk mengamati bayangan yang dibentuk oleh lensa depannya (lensa obyektif). maka daya akomodasi dapat diperbesar. II. dari suatu sistem optik. dan sudut pandangan mata makin besar. sehingga benda yang letaknya lebih dekat dari jarak titik dekat mata diamati. JUDUL TUJUAN - : LUP DAN TELESKOP : Menentukan perbesaran sudut teleskop Mempelajari pembuatan teleskop sederhana Menentukan perbesaran sudut lup III.I. Dengan memasang sebuah lensa positif di depan mata.

ALAT YANG DIGUNAKAN : 1. Perbesaran teleskop untuk mata berakomodasi pada jarak x cm. Tempatkan benda yang disinari lampu di depan (agak jauh) sebuah lensa sebagai lensa objektif (fokus besar). Cara mengamati bayangan. Lampu 4. sehingga benda nampak kabur 2. . Lensa okuler: untuk mengamati bayangan benda hingga nampak jelas. Catat jarak lensa-layar dan tinggi bayangan. Lensa boconveks (positif) 2. Bangku optika 3.  Menentukan perbesaran teleskop : 1. Letakan lup diantara benda-mata (catat: jarak benda-lup-mata) 3. Ulangi percobaan ini dengan mengubah jarak benda. Geser layar dibelakang lensa objektif hingga bayangan tampak jelas & diperkecil.a. Lensa objektif: untuk mendekatkan benda yang ada di kejauhan b. 4. catat tinggi bayangan. Secara percobaan : M= = Secara perhitungan : M= = IV. mata kiri (melalui lup) u tuk mengamati benda. Benda 5. Sebuah benda (ukur tingginya) letakan di depan mata. Layar V. mata kanan (tanpa lup) untuk mengamati mistar. LANGKAH PERCOBAAN :  Menentukan perbesaran lup : 1. Catat jarak benda ke lensa (s1) dan tinggi benda (y) 2.

s2’ dan d. 4. s2.3. catat y”. Amati bayangan pada layar dengan menggunakan lup (lensa okuler) seperti cara A. Ualngi percobaan dengan mengubah-ubah jarak benda. .