KATA PENGANTAR Kami panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa oleh karena rahmat

dan kasih sayang-Nya dapat menyelesaikan tugas makalah (judul). Makalah yang berjudul (judul) ini disusun sebagai pelengkap tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia dan bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi pembacanya maupun pihak yang terkait didalamnya serta mendorong minat pembaca agar selalu melestarikan budaya lokal atau daerah khususnya Budaya Melayu. Penyusun menyadari banyak kekurangan dan hambatan dalam penyusunan makalah ini. Oleh karena itu penyusun sangat membutuhkan saran serta kritik agar dimasa yang akan datang dapat menyempurnakan makalah ini atau dapat menjadikannya lebih baik dari sekarang. Dan dalam penyusunan makalah ini penyusun juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak – pihak yang telah membantu dan mendukung sehingga makalah ini dapat terselesaikan.

Pekanbaru, Agustus 2011

Penyusun

.......................................... 2....... 4................................................................ BAB I............................................................................................. Kesimpulan ......................................................................................DAFRAT ISI Kata Pengantar .................................................. 3....................... 3.......................................... BAB II............................ Penutup... 1............................................ 2......... Maksud pembuatan makalah............................................................... ..................................... 1......................................................................................................................................................................................... Pembahasan ............ Latar belakang ....................................................................... Saran .................... Pembahasan ........................................................................................................................................................................................................................... 1................................................................................................................... Rumusan masalah ....................................................................................................... BAB II............. 2.......... ......................................... .. ....... Tujuan .......................................................... Daftar Isi ........................

begitu pula sebaliknya kebudayaan nasional yang bersumber dari kebudayaan daerah.BAB I PENDAHULUAN 1. sangat berpengaruh pada perkembangan budaya itu sendiri. yang biasa kita sebut dengan kebudayaan nasional. Dengan sedikitnya orang melayu yang menggunakan kebudayaan melayu itu sendiri dalam perhelatan tersebut.Kebudayaan merupakan suatau kekayaan yang sangat benilai karena selain merupakan ciri khas dari suatu daerah juga mejadi lambang dari kepribadian suatu bangsa atau daerah. Dalam makalah ini kami mengambil permasalahan dari tanah Riau. Karena mulai menyemptitnya pengetahuan masyarakat melayu menngenai kebudayaannya. Namun kini.Tidak bisa kita pungkiri. bahasa. Latar Belakang Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau dan memilikiberbagai macam suku bangsa. akan sangat berpebgaruh pula terhadap kebudayaan daerah / kebudayaan lokal. tidak menutup kemungkinan . Maka atas dasar itulah segala bentuk kebudayaan daerah akan sangat berpengaruh terhadap budaya nasional. Keanekaragaman budaya yang terdapat di Indonesia merupakan suatu bukti bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. adat istiadat atau yang sering kita sebut kebudayaan. bahwa kita pungkiri bahwa kebudayaan daerah merupakan faktor utama berdirinya kebudayaan yang lebih global. banyak masyarakat yang mulai kurang peduli mengenai kebudayaan dari daerah mereka sendiri. yakni mulai menurunnya kepedulian orang melayu terhadap kebudayaan melayu. Dalam hal ini kami mengambil dari segi Kebudayaan Melayu dalam penyelenggaraan pernikahan. Banyak orang melayu yang tidak mengerti betul dengan tata cara perhelatan pernikahan yang sesuai dengan budaya melayu.

bila lama-kelamaan budaya melayu itu akan luntur karena tidak diturunkan ke generasigenerasi penerus. 2. Maksud penulisan makalah Agar pembaca mengerti bagaimana tata cara perhelatan pernikahan yang sesuai dengan adat melayu Riau. Hal ini tentu saja membahayakan eksistensi budaya melayu itu sendiri. Sehingga memiliki pengetahuan yang luas mengenai adat-adat melayu riau. . masyarakat melayu dapat melestarikannya dan menurunkan kebudayaan ini ke generasi penerus bangsa. maka menjaga. dengan kata lain kebudayaan merupakan kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan oleh setiap suku bangsa. Karena kebudayaan merupakan kekayaan serta ciri khas suatu daerah. memelihara dan melestarikan budaya merupakan kewajiban dari setiap individu. Rumusan masalah Rumusan masalah yang akan diangkat di dalam makalah ini adalah :  Bagaimana tata cara perhelatan pernikahan yang sesuai dengan kebudayaan melayu Riau? 3. Tujuan Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah  Mengetahui bagaimana tata cara perhelatan pernikahan yang sesuai dengan kebudayaan melayu riau 4. Dan diharapkan dengan begitu.

BAB II PEMBAHASAN .

BAB III PENUTUP 1. Kesimpulan 2. maka segala sesuatu yang terjadi pada budaya daerah akan sangat mempengaruhi budaya nasional. kita semua mempunyai kewajiban untuk menjaga. . Atas dasar itulah. karena budaya merupakan bagian dari kepribadian bangsa. Saran Budaya daerah merupakan faktor utama berdirinya kebudayaan nasional. memelihara dan melestarikan budaya baik budaya lokal atau budaya daerah maupun budaya nasional.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful