P. 1
myometritis

myometritis

|Views: 76|Likes:
Published by Varyz Maulana Zeyn

More info:

Published by: Varyz Maulana Zeyn on May 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2012

pdf

text

original

Pengertian

a) Myometritis adalah radang myometrium ( kamus Dorland ). b) Miometrium adalah tunika muskularis uteri. ( kamus Dorland ). c) Metritis atau miometritis adalah radang miometrium.

Gejala
· Demam · Uterus nyeri tekan · Perdarahan vaginal · Nyeri perut bawah Lochia berbau, purulen

Metritis akuta
Metritis Akuta biasanya terdapat pada abortus septic atau infeksi postpartum. Penyakit ini tidak berdiri sendiri, akan tetapi merupakan bagian dari infeksi yang lebih luas yaitu merupakan lanjutan dari endometritis. Kerokan pada wanita dengan endometrium yang meradang dapat menimbulkan metritis akut. Pada penyakit ini miometrium menunjukkan reaksi radang berupa pembengkakan dan infiltrasi sel-sel radang. Perluasan dapat terjadi lewat jalan limfe atau lewat trombofeblitis dan kadang-kadang dapat terjadi abses.

Metritis kronika
Metritis Kronika adalah diagnosa yang dahulu banyak dibuat atas dasar menometroragia dengan uterus lebih besar dari biasa, sakit pinggang, dan leukore. Akan tetapi pembesaran uterus pada multipara umumnya disebabkan oleh penambahan jaringan ikat akibat kehamilan, sedang gejala-gejala yang lain mungkin mempunyai sebab lain.

Diagnosa dan Terapi
Diagnosa hanya dapat dibuat secara patolog anatomis. Terapi miometritis : a. Antibiotika spektrum luas Ampisilin 2 g iv / 6 jam Gentamisin 5 mg kgbb Metronidasol 500 mg iv / 8 jam b. Profilaksi antitetanus c. Evakuasi sisa hasil konsepsi d. Pus è drainase Manajemen § Antibiotik kombinasi § Transfusi jika diperlukan

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->