P. 1
RAGAM BAHASA

RAGAM BAHASA

|Views: 419|Likes:
Published by Asieh Putria

More info:

Published by: Asieh Putria on May 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/06/2013

pdf

text

original

RAGAM BAHASA

Makalah ini di susun untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia Semester 4

Disusun oleh : Riana Maharani Asti aliani Dwi Ariyanti Kurniasih Rina yulianti (1110046200002) (1110046200010) (1110046200019) (1110046200020) (1110046200032)

JURUSAN ASURANSI SYARIAH FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2012

yang merupakan salah satu tugas mata Bahasa Indonesia. kepada dosen mata kuliah bahasa Indonesia yang telah membimbing kami. maret 2012 Penyusun . Sang Pencipta dan Pengatur langit dan bumi. sebagai penerang bagi seluruh mahluk agar mau berjalan di jalan Allah ta’ala. karena itu kami ucapkan terimakasih kepada orang tua tercinta yang selalu memberikan dukungan yang besar bagi kami. Dalam makalah ini kami sajikan beberapa pembahasan mengenai ragam bahasa. Penyususn juga minta maaf karena dalam makalah ini masih banyak kekurangan yang belum. Alhamdulliah setelah berusaha akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah ini. serta diantara keduanya. kepada teman-teman mahasiswa jurusan asuransi syariah yang memberikan semangat. Jakarta. Tersusunnya makalah ini tentunya tidak terlepas dari banyak dukungan yang kami terima. Semoga salam dan salawat selalu dilimpahkan kepada Muhammad Rasulallah saw.m bisa kami sempurnakan. Dan harapan kami semoga makalah ini bisa bermanfaat dan tujuan penulispun bisa tercapai. yang telah menyampaikan risalah-Nya kepada seluruh umat manusia.KATA PENGANTAR Segala puja dan puji hanya bagi Allah Azza wa Jalla.

..........14 ........................................................................................2 Macam-macam Ragam Bahasa...10 2...........................................................................................................................................................................................................................................................................................13 DAFTAR PUSTAKA................................5 2.......................................................................................................................................................................3 BAB I PENDAHULUAN..................................................................................................3 Ragam Bahasa Baku dan Tidak Baku..................................5 2............11 BAB III KESIMPULAN.....................1 Pengertian Ragam Bahasa.........5 2.............................................................................................2 DAFTAR PUSTAKA......................8 2.......................................................................................................5 Contoh Ragam Bahasa....................................DAFTAR PUSTAKA KATA PENGANTAR................4 Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar.................4 BAB II PEMBAHASAN..................................................................................

Tentu saja. dalam pembahasan ini kami membicarakan ragam bahasa Indonesia agar kita. Tujuan utama pembahasan ini adalah untuk memberikan dasar-dasar kemahiran berbahasa Indonesia. Untuk itu. Tidak disadari oleh kebanyakan orang. bahkan dikalangan guru dan cendekiawan.BAB I PENDAHULUAN Di dalam kenyataan di masyarakat terdapat bermacam-macam pemakaian bahasa. Dalam berbagai situasi. . Akibatnya. Dapat membedakan bermacam pemakaian bahasa Indonesia. Ada bermacam-macam fungsi bahasa. terutama dikalangan pelajar dan mahasiswa. bahasa dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan gagasan pembicaraan kepada pendengar atau penulis kepada pembaca. timbul anggapan pemakaian bahasa Indonesia tidak memuaskan. Salah satu fungsi bahasa itu adalah sebagai alat komunikasi yang efektif antar manusia. pada tiap-tiap situasi komunikasi yang dihadapi dipilih salah satu dari sejumlah variasi pemakaian bahasa.

(jakarta : FITK PRESS). sering dianggap terkait dengan gaya atau tikat formalita tertentu. Ramlan A. Bebeda dengan dialek yaitu varian dari sebuah bahasa menurut pemakai. seperti slang dan argot.2 Macam-macam Ragam Bahasa Mengingat fungsi dan situasi yang berbeda-beda dalam setiap komunikasi antarmanusia. 122 3 Gani. termasuk variasi bahsa baku itu sendiri. hal.2 Ragam bahasa adalah varian dari sebuah bahasa menurut pemakaian. Penggunaan bahasa yang berbeda-beda karena perbedaan daerah seperti itu disebut ragam daerah atau (istiah yang telah lama dikenal) disebut logat. bahasa Indonesia tersebar luas ke seluruh Nusantara. Logat yang paling menonjol/tampak yang mudah 1 2 Sugihastuti. gaya. maka tersedia bermacam-macam ragam bahasa. 1. aksen. dalam setiap situasi komunikasi yang dihadapi dipilih salah satu dari sejumlah variasi pemakaian bahasa. 121 Idem. Bahasa Indonesia yang digunakan di suatu daerah berbeda dengan bahasa Indonesia yang digunakan di daerah lain. Factor pembicara. Diantaranya yaitu : 1. Variasi tersebut bisa berbentuk dialek. Tentu saja. tempat dan suasana pembicaraan berpengaruh pada seseorang dalam memilih variasi bahasa. Dalam berbagai macam situasi. Setiap situasi memungkinkan seseorang memilih variasi bahasa yang akan digunakannya.3 Variasi di tingkat lenksikon. Ragam daerah Sebagaimana kita ketahui. Istilah yang dipergunakan untuk menunjuk salah satu dari sekian variasi pemakaian bahasa disebut ragam bahasa.1 Pengertian Ragam Bahasa Bahasa merupakan alat komunikasi yang efektif atarmanusia. atau berbagai variasi sosiolingusitik lain. Dari segi pembicara/ penulis a. hal 4 . bahasa dapat dimanaatkan untuk menyampaikan gagasan pembicaraan kepada pendengar atau penulis kepada pembaca. 2. pendengar pokok pembicaraan. Rona bahasa dan sastra Indonesia. Disiplin Berbahasa Indonesia. meskipun penggunaannya kadang juga dianggap sebagai suatu variasi atau ragam tersendiri.BAB II PEMBAHASAN 2.

Pembedaan ini didasaekan pada tingkat pendidikan formal dan nonformal pembicara/ penulis.4 Perbedaan Logat bahasa Indonesia antara daerah yang satu dan daerah yang lain biasanya dapat diterima atau tidak dipermasalahkan selama bahasa yang digunakan itu dapat dipahami dan tidak mengganggu kelancaran komunikasi. Ragam ini dipengaruhi oleh antara lain pokok pembicaraan. dan teknologi. pilem(film). komplek (kompleks).. hal. Ragam bahasa ditinjau dari sikap Ragam bahasa ditunjau dari sikap pembicara/ penulis bergantung kepada sikap terhadaap lawan komunikasi. seperti tampak pada kata thethapi. Logat bahasa Indonesia orang Bali dan Aceh akan tampak dalam realisasi pelafalan /t/ sebagai retrofleks. Ragam bahasa yang dituturkan oleh kelompok penutur berpendidikan memiliki ciri keterpeliharaan. ithu.ragam bahasa dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Bahasa Indonesia yang digunakan oleh kelompok penutur yang berpendidikan tampak jelas perbedaannya dengan yang digunakan oleh kelompok penutur yang tidak berpendidikan. Dari segi pemakaiannya a. tujuan dan arah pembicaraan. Ragam bahasa menurut pokok persoalan Dilihat dari pokok persoalaan yang dibicarakan. Segi inilah yang membedakan raga mini menjadi ragam resmi dan nonresmi. 2.kita bergerak di dalam bermacam-macam lingkungan masyarakat. pajar (fajar). canthik. Mahir Berbahasa Indoneia dengan Benar. terutama dalam pelafalan kata yang yang berasal dari bahasa asing. dendy. 13 . dan kitha. Lembaga pemerintahaan. Sehari-hari. mBanyuwangi. Di lingkungan masyarakat yang berbeda terdapat 4 Sugono. Ragam bahasa itulah yang digunakan dalam dunia pendidikan. Logat bahsa Indonesia orang Jawa tampak dalam pelafalan /b/ pada posisi awal nama-nama kota seperti mBandung. misalnya pidio (video). Ragam bahasa itu memiliki prestise yang tinggi. Ragam bahasa pendidikan Ragam bahasa ditinjau dari segi pendidikan pembicara/ penulis dapat dibedakan menjadi ragam cendekiawan dan ragam noncendekiawan. b. media massa. ilmu.diamati ialah lafal. c. dan pitamin (vitamin). sikap pembicara dan sebagainya.

Misalnya. Variasi dalam bidang tata bahasa sebenernya juga tampak dalam ragam bahasa menurut pokok persoalan tersebut. Kita dapat mengenali kalimat-kalimat dalam khotbah/doa. Ragam bahasa ditinjau dari segi sarananya Ditinjau dari media atau sarana yang digunakan untuk menghasilkan bahasa.penggunaan bahasa yang berbeda. tata bahasa (bentuk kata dan susunan kalimat). hukum. dan kosakata. bahasa yang digunakan dalam lingkungan agama berbeda dengan bahsa yang digunakan dalam lingkungan olahraga. yaitu : • • Ragam bahasa lisan Ragam bahasa tulis atau politik. b. kalimat-kalimat dalam karya ilmiah. kalimat-kalimat dalam undangundang. Sedangkan ejaan merupakan aspek pembeda ragam bahasa tulis dari ragam bahasa lisan. penggunaan bahasa dapat dibedakan dalam dua macam ragam bahasa. dan kalimat-kalimat dalam sastra. Perbedaan itu tampak dalam pilihan atau penggunaan sejumlah kata/istilah/ungkapan yang khusus digunakan dalam bidang- Bahasa yang dihasilkan dengan menggunakan alat ucap (organ of speech) dengan fonem sebagai unsur dasar dinamakan ragam bahasa lisan. Jadi dalam . Tata bahasa Kosa kata Pada bagan itu terlihat bahwa bahasa ragam lisan mencakup aspek lafal. bidang tersebut. sedangkan bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya dinamakan ragam bahasa tulis.

2. akan tetapi. pengertian ragam baku dan tidak baku Sesuai dengan fungsi bahasa Indonesia. dan berdasarkan suasana penggunaannya bahasa Indonesia dapat digolongkan menjadi dua ragam bahasa. tinggi rendah suara atau tekanan.3 Ragam Bahasa Baku dan Tidak Baku a. gagasan.peragaan seperti itu tidak dapat digambarkan/dilambangkan dengan tulisan c. dan lain-lain. sedangkan dalam ragam bahasa tulis. untuk membantu kepahaman pengungkapan diri. tidak semua ragam bahasa termasuk ke dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Semua ragam bahasa itu termasuk ke dalam bahasa Indonesia. demikian juga pengaruh bahasa asing terhadap bahasa Indonesia. sering terjadi gangguan campuran unsure (kosakata misalnya) daerah maupun asing. sikap. penutur (pembicara) dapat memanfaatkan peragaan (dramatisasi). Anatara bahasa daerah Indonesia terjadi kontak aktif yang mempengaruhi perkembangan kosakata. berdasaarkan sarananya disapati ragam bahasa lisan dan ragam bahasa tulis. berdasarkan bidang penggunaaannya didapati ragam bahasa ilmu. yaitu bahasa resmi dan bahasa tidak resmi (santai). . ide. ragam bahasa undang-undang. dan rasa. terlihat bahwa ada berbagai ragam bahasa sesuai dengan fungsi dan situasinya.ragam bahasa lisan. air muka. ragam bahasa sastra. yang dalam suasana resmi. kita berurusan dengan tata cara penulisaan (ejaan). Ragam bahasa yang terpengaruh karena gangguan percampuran unsure-unsur itu mendorong pembicara/ penulis bersikap bijaksana dalam memilih.dalam ragam bahasa tulis. Ragam bahasa baku disebut juga sebagai ragam bahasa ilmu. tidak mengherankan bila bahasa Indonesia terdiri dari berbagai dialek. Ragam bahasa ilmu dapat dijelaskan sebagai suatu ragam bahasa yang tidak termasuk dialek. Dilihat ari berbagai segi. Gangguan campuran Ragam bahasa dalam pemakaiannya.kita berurusan dengan lafal. ragam bahasa surat kabar. pengalaman. Hal-hal yang perlu diperhatikan ialah bahwa dalam ragam bahasa lisan. seperti gerak tangan.

2. ceramah ilmiah. ragam bahasa itu merupakan hasil penataaan secara cermat oleh penggunaannya sehingga ragam bahasa tulis itu memenuhi kriteria : 1) Jelas (bertalian dengan makna yang terkait dengan unsur-unsur gramatikal . 134. seperti surat-menyurat dinas. 3. digunakan oleh para cendekiawan untuk mengkomunikasikan ilmu pengetahuannya. kalimat dan tata bahsa yang tepat menandai ciri-ciri ragam bahasa baku. ragam baku menggunakan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam EYD dan pendoman umum pembentukan istilah. predikat . Dan terdapat dalam Sugihastuti.baik lisan maupun tulisan. . perundangundangan. Yogyakarta : Andi Offset. b. Baik secara lisan maupun tulis.5 Dalam hubungannya dengan ragam bahsa tulis baku. pidato kenegaraan. karangan ilmiah.tidak rancu) 3) Tepat (bertalian dengan pilihan kata/istilah) 4) Lugas (tidak bermajas dan tidak berpanjang-panjang) b. laporan penelitian. Digunakan dalam situasi resmi. pembicaraan dengan orang-orang yang dihormati atau orang-orang yang belum atau baru saja dikenal dan sebagainya.ragam baku memenuhi fungsi gramatikal seperti subjek. M. Baik secara lisan maupun tulis a. Ciri-ciri ragam baku 1.atau dan objek/keterangan) 2) Tegas (bertalian dengan interprestasi. 1992.seperti subjek. 2005. dkk. Rona Bahasa dan Sastra Indonesia. frasa. 5 Ramlan. Ragam bahasa baku tidak diwarnai oleh dialek atau logat tertentu c. predikat dan objek secara eksplisit dan lengkap. Pelafalan dan penulisan kata. hal. Bahasa Indonesia yang Salah dan yang Benar. Baik secara lisan maupun tulis.

Pelafalan yang benar adalah kompleks. transmigrasi. aktif. Oleh karena itu.bentuk yang benar adalah ubah. predikat atau dan objek/keterangan. dan ijin. depaluasi. Dengan demiikian yang dimaksud dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah baha Indonesia yang penggunaannya sesuai dengan situasi pemakaiannya dan sekaligus sesuai pula dengan kaidah yang berlaku. Membina Kemahiran Bahasa Indonesia. pernyataan dibawah ini tidak benar karena tidak mengadung subjek.4 Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar Lahirnya konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar pada dasarnya tidak terlepas dari konteks pemakaian bahasa yang beragam-ragam seperti yang telah disebutkan dalam pembahasan sebalumnya. dan ekspot. dan (z). Kalimat mandiri harus mempunyai subjek. pakir (miskin). fakir (miskin). lebih baik diganti dengan berkata/mengatakan. Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. variabel. ekspor. bukan komplek.zebra dan izin. kata-kata seperti bilang. Indonesia yang benar. 6 7 sebentar. entar. bukan pajar.6 Kriteria yang digunakan untuk melihat penggunaan bahasa yang benar adalah kaidah bahasa. kasih. zakat . dendy. /v/.22. Pada aspek tata bahasa. pariabel. aktip. sebra. pitamin. korps. Bahasa Indonesia yang baik dalam hal ini adalah bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan situasi pemakaiannya. sedangkan yang benar adalah bahsa Indonesia yang pengguanaanya sesuai dengan kaidah yang berlaku. 1994. korps. jakat. dan udah. Masalah lafal juga termasuk aspek tata bunyi. 2009. transmigrasi. . vitamin. terdesak.2. Dari segi kalimat. mencari. Sugono. mengenai bentuk kata misalnya . dan sudah dalam penggunaan bahasa Mustakim. motip. Kaidah itu meliputi aspek : 1) Tata bunyi (fonologi) 2) Tata bahasa (kata dan kalimat) 3) Kosakata (termasuk istilah) 4) Ejaan 5) Makna7 Pada aspek tata bunyi. devaluasi. motif. hal. Pada aspek kosakata. misalnya kita telah menerima bunyi /f/. kata-kata yang benar adalah fajar. member..

bahasa Indonesia harus kita jaga baik-baik dan dengan rasa tanggung jawab yang sebesatbesarnya. Jadi penggunaan bahasa yang benar tergambar dalam penggunaan kalimat-kalimat yang gramatikal. pemggunaan bahasa yang benar adalah penggunaan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa. • Gadis itu jalan-jalan di sungai. dalam arti bahwa bahasa yang kita gunakan logis dan sesuai dengan tata nilai masyarakat kita. keterangan). penulisan yang benar adalah analisis. Oleh karena itu. Salah satu lambang kebangsaan kita adalah bahasa Indonesia. . predikat. istilah dan ejaan. Karena walaupun kalimat tersebut memenuhi kaidah bahasa (subjek. Jadi kalimat tersebut tidak baik bagi penutur bahasa Indonesia walaupun benar sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Dari segi makna. Selain itu. Kriteria penggunaan bahasa yang baik adalah ketepatan memilih ragam bahasa yang sesuai dengan kebutuhan komunikasi. Jadi . Ragam Bahasa Lisan Baku Saudara-Saudara . tetapi tidak dapat menyampaikan pesan secara efektif karena orang akan bertanya-tanya tentang maksudnya.penggunaan bahasa yang benar bertalian dengan ketepatan menggunakan kata yang sesuai dengan tuntutan makna . bahasa yang baik itu bernakar. kosakata. Penggunaan bahasa yang baik terlihat dari penggunaan kalimat-kalimat yang efektif. yaitu: a. yaitu kalimat-kalimat yang dapat menyampaikan pesan/ informasi secara tepat. Kalimat dibawah ini tidak sesuai dengan tata nilai masyarakat Indonesia karena tidak cocok dengan logika penutur bahasa Indonesia.Dari segi ejaan. 2.5 Contoh Ragam Bahasa Berikut diberikan beberapa contoh ragam bahasa untuk melengkapi penjelasan tentang ragam bahasa di atas. hakikat. yaitu kalimat-kalimat yang memenuhi kaidah tata bunyi (fonologi). tata bahsa.

serta hormon kelenjar anak ginjal yang pentingguna memelihara hidup. Ragam Bahasa Tulis Tak Baku Konsumen potensial daripada nilai barang dan jasa tidak hanaya dari aspek-aspek fungsional. Tapi apa salahnya jika keduanya menganggap hanya ada mereka saja selama ini? Perempuan itu segalanya baginya. . Alumnus STIE Perbanas Jakarta ini makin merasa mendapat kesempatan di tengah perkembanagan stasiun televise swasta beberapa tahun ini. Ragam Bahasa Sastra Hanya berdua. Terus terang.” ujarnya sembari tersenyum . Kolestrol dibutuhkan dalam tubuh antara lain sebagai membuat hormone-hormon kelamin pria ataupun wanita.S . Habis sekolah kagak boleh ke mana-mana. dia tidak membatasi peran yang ditawarkan. sore mandi. g. anak penyiar kondang W.Rendra. menurut laporan PBB penghuni bumi sudah berjejalan. Jajan es atau gado-gado pun nggak boleh. Ia hanya dapat meneliti beberapa ratus orang di beberapa tempat saja. Ragam Bahasa Lisan Tak Baku Nenek bikin setumpuk peraturan yang harua gua jalanin. c. makin asyik menekuni seni peran. e. Ragam Bahasa Jurnalistik Clara Shinta.b. “ Saya benar-benar sudah kepincut. Ragam Bahasa Ilmu Kolestrol adalah senyawa yang termasuk golongan lemak atau lipid. f. Siang harus istirahat . Seorang peneliti yang harus mengamati kehidupan kaum gelandangan di kota tidak mungkin mempunyai waktu dan biaya yang cukup untuk mendatangi semua gelandangan yang ada di kota itu. d.Ternyata darah seni dari kedua orang tuanya tidak bias dibendung. terus belajar. Ragam Bahasa Tulis Baku Dalam suatu penelitian lapangan tidak mungkin seorang peneliti dapat mengamati (observasi) seluruh jumlah subjek yang diteliti. Memang. Konsumen tertarik akan kwalitas artistik serta keindahan barang dan jasa.

atau berbagai variasi sosiolingusitik lain. . tata bahsa. Penggunaan bahasa yang benar tergambar dalam penggunaan kalimat-kalimat yang gramatikal.BAB III KESIMPULAN Ragam bahasa adalah varian dari sebuah bahasa menurut pemakaian. Kedua. dari segi pembicara/ penulis. akan tetapi. Macam-macam ragam bahasa dapat dibedakan menjadi : pertama. yaitu kalimat-kalimat yang dapat menyampaikan pesan/ informasi secara tepat. ragam bahasa dapat dirinci berdasarkan (1) daerah. dari segi pemakaiannya ragam bahasa diperinci berdasarkan (1) pokok persoalan. istilah dan ejaan. gaya. Variasi tersebut bisa berbentuk dialek. aksen. (3) gangguan campuran. kosakata. yaitu kalimat-kalimat yang memenuhi kaidah tata bunyi (fonologi). Dilihat dari berbagai segi. (2) pendidikan. (3) sikap. termasuk variasi bahsa baku itu sendiri. (2) sarana. Bebeda dengan dialek yaitu varian dari sebuah bahasa menurut pemakai. Penggunaan bahasa yang baik terlihat dari penggunaan kalimat-kalimat yang efektif. tidak semua ragam bahasa termasuk ke dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. terlihat bahwa ada berbagai ragam bahasa sesuai dengan fungsi dan situasinya. Semua ragam bahasa itu termasuk ke dalam bahasa Indonesia.

(2009). D. R. Jakarta : Gramedia. Gani. Sugono. Membina Kemahiran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. (2008). Sugihastuti.DAFTAR PUSTAKA Efendi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. . A. Disiplin Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK Press. Mustakim. Mahir Berbahasa Indonesia. A. Bahasa dan Sastra dalam Berbagai Persfektif. Rona Bahasa dan Sastra Indonesia. (2005). Yogyakarta: Tiara Wacana. Gramedia Pustaka Utama. (1994).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->