1. Bagaimana wilayah geografi Indonesia yang berada pada posisi silang dapat menimbulkan kerusuhan national?.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang berbentuk republik, terletak di kawasan Asia Tenggara. Indonesia memiliki lebih kurang 17.000 buah pulau dengan luas daratan 1.922.570 km2 dan luas perairan 3.257.483 km2. Letak geografis adalah letak suatu daerah atau wilayah dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Berdasarkan letak geografisnya, kepulauan Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dengan demikian, wilayah Indonesia berada pada posisi silang, yang mempunyai arti penting dalam kaitannya dengan iklim dan perekonomian. Berdasarkan posisi geografisnya, negara Indonesia memiliki batas-batas: o Utara - Negara Malaysia, Singapura, Filipina, Laut Cina Selatan. o Selatan - Negara Australia, Samudera Hindia. o Barat - Samudera Hindia. o Timur - Negara Papua Nugini, Timor Leste, Samudera Pasifik Letak geografis diartikan sebagai letak suatu wilayah kaitannya dengan wilayah lain di muka bumi. Secara geografis, Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Letak geografis Indonesia menempatkan Indonesia di posisi silang, sehingga Indonesia berada pada jalur transportasi perdagangan yang ramai. Bahkan sejak zaman dahulu, perairan Nusantara merupakan perairan yang ramai dilalui kapal-kapal dagang dari India, Eropa, dan Cina. Dampak dari posisi silang ini menyebabkan Indonesia kaya akan keragaman budaya dan suku bangsa. Selain itu, letak di antara dua benua dan dua samudra mempengaruhi kondisi cuaca dan iklim. Posisi dan letak goegrafis Indonesia menyebabkan Indonesia mempunyai karakteristik khas dan juga menguntuntungkan sebagai berikut : 1) Indonesia dilalui jalur perdagangan internasional 2) Benua dan samudra yang memiliki karakteristik iklim yang berlainan, secara periodic memengaruhi keadaan cuaca dan iklim di Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa Indonesia memiliki iklim tropika. Kondisi iklim di dunia dpengaruhi oleh garis lintang. Berdasarkan garis lintang, Supandan Rubner membagi iklim menjadi tujuh wilayah. 3) Kondisi vegetasi yang tumbuh dan berkembang di Indonesia sangat beragam. 4) Adanya pembagian tig pembagian tiga daerah waktu di Indonesia 5) Keragaman Flora dan Fauna di Indonesia 6) Keragaman jenis tanah di Indonesia

lambatnya pemulihan ekonomi. Rendahnya pemerataan pembangunan dan letak Indonesia yang dekat dengan Negara maju (Asia dan Australia) akibat letak geografis Indonesia ini turut mengambil peranan penting akan terjadinya kerusuhan nasional. Sehingga menimbulkan potensi terjadinya kerusuhan nasional akibat gerakan . seperti daerah wisata. Geografi. Dari hasil penelitian diatas dapatlah dianalisis dengan menggunakan pisau astra gatra sebagai berikut : a. Letak Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan kepulauan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dari ribuan pulau yang dihubungkan oleh laut memiliki karakteristik yang berbeda-beda dengan kondisi alamnya yang juga sangat berbeda-beda pula menyebabkan munculnya kerawanan sosial yang disebabkan oleh perbedaan daerah misalnya daerah yang kaya akan sumber kekayaan alamnya dengan daerah yang kering tidak memiliki kekayaan alam dimana sumber kehidupan sehari-hari hanya disubsidi dari pemerintah dan daerah lain atau tergantung dari daerah lain. Disintegrasi bangsa dapat terjadi karena adanya konflik vertikal dan horizontal serta konflik komunal sebagai akibat tuntutan demokrasi yang melampaui batas. Indonesia yang terletak pada posisi silang dunia merupakan letak yang sangat strategis untuk kepentingan lalu lintas perekonomian dunia selain itu juga memiliki berbagai permasalahan yang sangat rawan terhadap timbulnya disintegrasi bangsa.com/2010/01/pertanyaan-1. Dari penjelasan diatas Kerusuhan-kerusuhan yang mengganggu stabilitas dan keamanan bangsa yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia dapat disebabkan letak geografis bangsa Indonesia yang berada dalam posisi silang ini. daerah yang mempunyai pengaruh global yang besar.html) Faktor Disintegrasi Bangsa ditinjau dari Asta Gatra a. lemahnya penegakan hukum dan HAM serta kesiapan pelaksanaan Otonomi Daerah. atau daerah yang besar pengaruhnya dari negara tetangga atau daerah perbatasan.blogspot.(http://limitedheart. Daerah yang berpotensi untuk memisahkan diri adalah daerah yang paling jauh dari ibu kota. semangat perkembangan pembangunan daerah. Letak Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan kepulauan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. konflik antara elite politik. gerakan separatis banyak berlandaskan semangat kedaerahan.Geografi. sikap primodialisme bernuansa SARA. atau daerah yang memiliki kakayaan alam yang berlimpah.

RMS (Republik Maluku Selatan).com/cara-mengatasi-agar-tidak-terjadi-integrasi-suatubangsa/) 2. seperti daerah wisata. walaupun belum secara keseluruhan dapat digali dan di kembangkan secara optimal namun potensi ini perlu didayagunakan dan dipelihara sebaik-baiknya untuk kepentingan pemberdayaan masyarakat dalam peran sertanya secara berkeadilan guna mendukung kepentingan perekonomian nasional. gelombang reformasi yang tengah berjalan menimbulkan berbagai kecenderungan dan realitas baru. (http://argamakmur. akibat wilayah geografi Indonesia yang terletak pada posisi silang. PRRI Permesta dan juga gerakan sparatis di Timor. Kekhawatiran tentang perpecahan (disintegrasi) bangsa di tanah air dewasa ini yang dapat digambarkan sebagai penuh konflik dan pertikaian. Gerakan ini banyak dilator belakangi dekatnya hubungannya dengan Australia dan jauhnya hubungan wilayah ini dengan pemerintahan Indonesia. Bagaimana Sumber Daya Alam di Indonesia baik alami maupun buatan dapat menyebabkan kerusuhan sosial ?. Segala hal yang terkait dengan Orde Baru termasuk format politik dan paradigmanya dihujat dan dibongkar. . atau daerah yang besar pengaruhnya dari negara tetangga atau daerah perbatasan. Berbagai pemberontakan PKI. Sebagai contoh. Bermunculan pula aliansi ideologi dan politik yang ditandai dengan menjamurnya partai-partai politik baru. atau daerah yang memiliki kakayaan alam yang berlimpah. Daerah yang berpotensi untuk memisahkan diri adalah daerah yang paling jauh dari ibu kota.separatis. daerah yang mempunyai pengaruh global yang besar.Timur yang pernah menyatakan dirinya berintegrasi dengan Indonesia. Seiring dengan itu lahir sejumlah tuntutan daerah-daerah diluar Jawa agar mendapatkan otonomi yang lebih luas atau merdeka yang dengan sendirinya makin menambah problem.wordpress. Gerakan separatis rakyat Timor-timor yang didasarakan semangat kedaerahan dan dekatnya dengan perbatasan Australia. yang akhirnya ingin memisahkan diri dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia. manakala diwarnai terjadinya konflik dan benturan antar etnik dengan segala permasalahannya. Sumber Daya Alam Indonesia yang melimpah baik hayati maupun non hayati akan tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi negara Industri.

Di Indonesia. Seandainya kualitas SDM tinggi.wordpress.blogspot. Seperti yang terjadi di Desa Luwe Kalimantan Tengah. aman dan damai. Di dalam pulau tersebut terdapat tiga negara. setelah reformasi bergurlir.html Pemberdayaan sumber daya alam yang dialkuan besar-besaran tanpa memperhatikan akibatnya terhadap lingkungan juga memicu terjadinya kerusuhan sosial. http://weblogask. http://argamakmur. 3. Indonesia dan Malaysia. Hal ini merupakan akar dari semua masalah yang melanda Indonesia. Jika kualitas SDM Indonesia rendah. pulau Kalimantan sebagai bagian dari kepulauan Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Namun. Sangat jarang terjadi kerusuhan dari demo atau kerusuhan yang berbau bisnis. Bagaimana Sumber Daya Manusia di Indonesia dapat menyebabkan kerusuhan sosial ?. yaitu : Brunei.com/cara-mengatasi-agar-tidak-terjadi-integrasi-suatu-bangsa/ Sebagai contoh. telah terjadi demo penutupan ruas jalan HPH PT Wahana Inti Kahuripan Intiga (WIKI) yang dilakukan karyawan tambang batu bara PT Sinar Barito Global (SBG). sehingga daerah tersebut mampu menyelenggarakan pemerintahan sendiri dengan tingkat kesejahteraan masyarakat yang tinggi. namun sayangnya sumber daya manusianya tidak memadai (dalam konteks kualitas yang rendah). Dulu. Salah satu masalah krusial di Indonesia adalah “Sumber daya alam (SDA) melimpah. Kerusuhan yang diakibatkan pemberdayaan sumber daya alam seperti ini jika tidak ditindak lanjuti juga dapat mengganggu stabilitas kesatuan bangsa Indonesia. sebelum reformasi.com/2012/02/indonesia-jangan-mau-diprovokasi. Pemerintah dan Media). namun sumber daya manusia (SDM) kurang”. isu kejadian kerusuhan berbau bisnis sangat kental. Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 743. konflik antara para investor dan masyarakat sekitar kerap terjadi. kehidupan di Kalimantan sangatlah bersahaja. tentu mutu dan pengelolaan hasil SDA pun . Mengapa demikian? Ini berdasarkan pada kenyataan yang terjadi. walau masih bisa diredam oleh pihak-pihak terkait (Aparat. pada tanggal 10 Februari 2012. maka jangan salahkan jika kualitas SDA pun menjadi rendah.Penyebab timbulnya disintegrasi bangsa juga dapat terjadi karena perlakuan yang tidak adil dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah khususnya pada daerah-daerah yang memiliki potensi sumber daya/kekayaan alamnya berlimpah/ berlebih.330 Km2.

dimana jika kualitas sumber daya manusia Indonesia memiliki moral dan intelektual tinggi tak akan terjadi kejadian seperti ini. pembunuhan. seandainya kualitas SDM Indonesia mencapai pada taraf yang disebut dengan SDM yang menjunjung norma bangsa. kemanusiaan. http://shout. norma. pembukaan lahan tanpa tebang pilih.tinggi. masyarakat Indonesia justru gencar melakukan penebangan liar. dan lain sebagainya. Terkesan lebih membudayakan budaya „orang‟ daripada budaya sendiri. . Kemudian contoh lain. sopan santun. SDM Indonesia yang rendah lebih parah lagi terlalu mengikuti arus westrnisasi. dengan kualitas SDM yang rendah justru akan membawa kerusakan pada lingkungan.org/article/mawinda-edelweiss/1992-rendahnyakualitas-sdm-masalah-besar-yang-melanda-indonesia/ Keterbatasan tingkat intelektual sebagian besar masyarakat Indonesia sangat mudah terpengaruh oleh ucapan-ucapan orang yang berkepentingan sehingga dengan mudah terpicu untuk bertindak yang menjurus kearah terjadinya kerusuhan maupun konflik antar kelompok atau golongan. Tidak heran „zamrud katulistiwa‟ Indosesia justru hanya semboyan lama yang kini hampir tidak terdengar lagi. kerusuhan yang dilatarbelakangi hasutan yang tidak jelas di Ambon. korupsi serta tindak pidana lainnya. Tidak meratanya pembangunan juga menjadi factor penting dibalik masalah pengangguran ini. Selain itu. hingga pada ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa). SDA Indonesia yang melimpah belum terkelola secara baik karena SDM yang diharapkan semestinya mampu mengelolanya justru memiliki kualitas yang rendah. Contoh. Buktinya. maka tidak akan ada kasus perkelahian. Contoh diatas hanya merupakan masalah kecil dari segelintir masalah di Indonesia yang timbul akibat rendahnya kualitas SDM Indonesia (kualitas dari segi pendidikan. penggundulan hutan. Banyak orang berada di bawah tingkat kemiskinan sehingga jika tidak dibekali moral yang baik akan cenderung bertindak criminal yang memicu terjadinya kerusuhan sosial. Masalah sumber daya alam ini juga berkaitan erat dengan jumlah pengangguran di Indonesia.indonesianyouthconference. Jangankan mengelola lingkungann. Maka jangan salahkan jika negara lain justru dengan bebas mengklaim budaya kita.

Bermula dari kabar kematian seorang tukang ojek. bahkan saat ini sering diperdebatkan. Hukum." katanya. Bagaimana ideology dapat menyebabkan kerusuhan sosial ?. meminta Polri dan TNI bekerja sama meredam ricuh yang terjadi. "Tentu itu menjadi target kami. mengatakan bahwa kerusuhan terjadi akibat hasutan informasi berantai yang salah. Ideologi pancasila cenderung tergugah dengan adanya kelompok-kelompok tertentu yang . aparat akhirnya menguasi keadaan beberapa jam kemudian. Simpang siur kematian warga Gunung Nona. Inspektur Jenderal Anton Bachrul Alam. Ideologi Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa Indonesia dalam penghayatan dan pengamalannya masih belum sepenuhnya sesuai dengan nilai-nilai dasar Pancasila. walau banyak yang mengalami luka." kata Anton. Ia juga meminta Gubernur Maluku segera mengumpulkan aparat dan sejumlah tokoh masyarakat agar kericuhan berunsur SARA ini tidak terulang dan meluas. Darmin Saiman. memanas-manasi dan sebagainya. Warga pun tak berani keluar rumah. Kerusuhan pecah yang meluas ke sejumlah kawasan. termasuk jantung kota Ambon. (ren) 4. Meski sudah dapat mengidentifikasi kelompok bertikai. dan Keamanan. "Itu bisa dibuktikan dari hasil otopsi. Anton mengatakan bahwa keluarga tak percaya Darmin tewas kecelakaan karena sepeda motornya tidak mengalami kerusakan parah. Sementara hasil otopsi menunjukkan Darmin mengalami kecelakaan murni. Djoko Suyanto. kepolisian masih memburu provokator utama yang memicu ricuh. Massa saling melempar batu. akibat kecelakaan namun diisukan dibunuh. itu rupanya menyulut emosi dua kelompok yang kerap bertikai. supaya jangan melaksanakan kegiatannya. Tidak ada korban tewas. bahkan sebagian mengungsi. 11 September 2011. Menteri Koordinator Bidang Politik. Kecamatan Nusaniwe. Letusan senjata api terdengar. Maluku.VIVAnews . Mendapat tambahan pasukan dari Makassar. Semua tidak ada tanda-tanda kekerasan.Rusuh melanda sejumlah tempat di Kota Ambon. "Ada dua kelompok lama. Toko-toko tutup. Ya kami tidak usah sebutkan. Sepeda motor dihentikan lalu dibakar." kata Anton. Sementara pasukan polisi bekerja keras mengendalikan situasi. Kepala Divisi Humas Mabes Polri.

Berbagai masalah politik masih banyak yang harus dipecahkan bersama oleh bangsa Indonesia saat ini. Bagaimana Politik bangsa Indonesia dapat menyebabkan kerusuhan sosial ?. ideology politik yang berbeda ini biasanya didapatkan dari sejarah yang dialami daerah tersebut akibat perbedaan bangsa penjajah yang secara langsung dan tidak langsung dapat mempengaruhi ideology politik suatu daerah.com/konflik-papua-dilatarbelakangi-perbedaan-ideologi-politik055945662. (http://id. kemudian oleh sebagaian orang melakukan berbagai upaya sebagai gugatan kembali dalam bentuk aksi-aksi politik dan kekerasan yang menimbulkan konflik berkepanjangan hingga saat ini. Selain itu ketidak sesuaian kebijakan-kebijakan pemerintah pusat yang diberlakukan pada pemerintah daerah juga sering menimbulkan perbedaan kepentingan yang akhirnya timbul konflik sosial . Adanya keyakinan itu.mengedepankan faham liberal atau kebebasan tanpa batas. sistem multi partai. demikian pula faham keagamaan yang bersifat ekstrim baik kiri maupun kanan.berita. seperti diberlakukannya Otonomi daerah. Masalah politik merupakan aspek yang paling mudah untuk menyulut berbagai ketidak nyamanan atau ketidak tenangan dalam bermasyarakat dan sering mengakibatkan konflik antar masyarakat yang berbeda faham apabila tidak ditangani dengan bijaksana akan menyebabkan konflik sosial di dalam masyarakat. pemisahan TNI dengan Polri serta penghapusan dwi fungsi BRI. Akhir-akhir ini agama sering dijadikan pokok masalah didalam terjadinya konflik di negara ini.yahoo. hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman terhadap agama yang dianut dan agama lain. Apabila kondisi ini tidak ditangani dengan bijaksana pada akhirnya dapat menimbulkan terjadinya kemungkinan disintegrasi bangsa. Perbedaan ideologi politik juga dapat menimbulkan konflik sosial.html) 5. Sebagai contoh konflik social di Papua yang dilatarbelakangi perbedaan ideologi yang dianut beberapa kelompok masyarakat Papua dengan bangsa Indonesia. sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang belum dapat diselesaikan secara tuntas karena berbagai masalah pokok inilah yang paling rawan dengan konflik sosial berkepanjangan yang akhirnya dapat menyebabkan timbulnya disintegrasi bangsa. oleh sebab itu perlu adanya penanganan khusus dari para tokoh agama mengenai pendalaman masalah agama dan komunikasi antar pimpinan umat beragama secara berkesinambungan.

Bentuk-bentuk pengumpulan massa yang dapat menciptakan konflik horizontal maupun konflik vertikal harus dapat diantisipasi guna mendapatkan solusi tepat dan dapat meredam segala bentuk konflik yang terjadi. gelombang reformasi yang tengah berjalan menimbulkan berbagai kecenderungan dan realitas baru.com/cara-mengatasi-agar-tidak-terjadi-integrasi-suatubangsa/ Semangat primordialisme. http://argamakmur. kabinet koalisi yang melemahkan ketahanan nasional dan kondisi yang tidak pasti dan tidak adil akibat ketidak pastian hukum. Dalam kehidupan politik sangat terasa adanya pengaruh dari statemen politik para elit maupun pimpinan nasional. manakala diwarnai terjadinya konflik dan benturan antar etnik dengan segala permasalahannya. konflik antar partai.karena dirasa ada ketidak adilan didalam pengelolaan dan pembagian hasil atau hal-hal lain seperti perasaan pemerintah daerah yang sudah mampu mandiri dan tidak lagi membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat. Kepemimpinan dari tingkat elit politik nasional hingga kepemimpinan daerah sangat menentukan untuk menanggulangi konflik pada skala dini.wordpress. Segala hal yang terkait dengan Orde Baru termasuk format politik dan paradigmanya dihujat dan dibongkar. . kedaerahan bahkan agama. Keterbatasan tingkat intelektual sebagian besar masyarakat Indonesia sangat mudah terpengaruh oleh ucapan-ucapan para elitnya sehingga dengan mudah terpicu untuk bertindak yang menjurus ke arah terjadinya kerusuhan maupun konflik antar kelompok atau golongan. Kekhawatiran tentang perpecahan (disintegrasi) bangsa di tanah air dewasa ini yang dapat digambarkan sebagai penuh konflik dan pertikaian. Bermunculan pula aliansi ideologi dan politik yang ditandai dengan menjamurnya partai-partai politik baru. Hal ini menunjukkan bahwa para elit politik secara sadar maupun tidak sadar telah memprovokasi masyarakat. yang sering mempengaruhi sendi-sendi kehidupan bangsa. kerusuhan sosial Partai Demokrasi Indonesia yang terjadi pada 27 Juli 1996. Seiring dengan itu lahir sejumlah tuntutan daerah-daerah diluar Jawa agar mendapatkan otonomi yang lebih luas atau merdeka yang dengan sendirinya makin menambah problem. golongan. Sebagai contoh. sebagai akibat masih kentalnya bentuk-bentuk primodialisme sempit dari kelompok. kepartaian yang semakin menjadikan terpecah-pecahnya masyarakat menjadi kelompok-kelompok tertentu.

Jakarta Membara Peristiwa kerusuhan pada hari Sabtu 27 Juli 1996 (kemudian di Jakarta meninggalkan luka yang mendalam bagi bangsa Indonesia. dikejar.Peristiwa 27 Juli 1996 adalah peristiwa pengambilalihan secara paksa kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di Jl Diponegoro 58 Jakarta Pusat yang saat itu dikuasai pendukung Megawati Soekarnoputri. Soerjadi Soedirja. peristiwa ini terjadi karena ada keinginan penguasa untuk memperlancar jalannya Pemilu. Pemerintahkan yang berada di belakang kudeta terhadap pemimpin PDI Megawati Soekarnoputri. 197 mobil. "Pemerintah malah makin cenderung menggunakan kekerasan fisik dalam menghadapi gerakan perubahan masyarakat. seorang pengajar Universitas Indonesia. Tak terkendali. Peristiwa ini meluas menjadi kerusuhan di beberapa wilayah di Jakarta. Tetapi poll terhadap kalangan kelas menengah di berbagai kota di Indonesia menyimpulkan bahwa pemerintahlah yang menjadi penyebabnya. Kramat. PERISTIWA KERUSUHAN 27 JULI 1996. seorang pemimpin gerakan buruh diadili. korban tak berdosa berjatuhan. Salemba. Praktisi politik menilai. Penyerbuan dilakukan oleh massa pendukung Soerjadi (Ketua Umum versi Kongres PDI di Medan) serta dibantu oleh aparat dari kepolisian dan TNI. Sejumlah anak muda tertumpah getah. yakni 13 tahun penjara. Kubangan darah terjadi di jalanan Jakarta. ditangkap. bus dan kendaraan roda dua. Perampasan paksa markas besar PDI menimbulkan kemarahan banyak orang. Menurut Gubernur DKI Jakarta. Pemerintah Orde Baru kemudian memburu dan menjebloskan para aktivis PRD ke penjara. Pemerintah saat itu menuduh aktivis PRD sebagai penggerak kerusuhan. Budiman Sudjatmiko mendapat hukuman terberat. Lebih dari 200 orang ditangkap. dalam pengantar buku ini. Beberapa kendaraan dan gedung terbakar. ditahan dan dituduh subversif. Para aktivis Partai Rakyat Demokratik dituduh menunggangi. Gedung-gedung dibakar. sekaligus meratakan jalan naiknya kembali Soeharto sebagai Presiden dalam Sidang Umum MPR . Kerugian material yang tercatat akibat kemarahan massa antara lain rusak dan terbakarnya 56 gedung. Ratusan bahkan aktivis dinyatakan hilang atau diculik. Inilah perhentian penting dalam perjalanan kapal Orde Baru. Organisasi non pemerintah digebuk. Meletuslah kerusuhan. Partai Demokrasi Indonesia semakin tercabik-cabik. Pemerintah menuduh komunisme di belakang semua ini. Sebuah fragmen kekerasan yang kehadirannya dalam sejarah mungkin tak pernah dikehendaki." kata Arbi Sanit. khususnya di kawasan Jalan Diponegoro. total kerugian material mencapai Rp100 miliar.

serta bentuk-bentuk kemitraan dan kesejajaran yang diiringi dengan pemberantasan terhadap KKN. . kenaikan harga BBM ini mendapat tanggapan keras dari masyarakat karena akan berujung semakin mahalnya kebutuhan hidup masyarakat Indonesia yang sebagian besar tingkat ekonominya dalam keadaan yang lemah. Megawati dengan kendaraan Partai Demokrasi Indonesia bisa menjadi ancaman serius. buku penting untuk dibaca sebagai bahan referensi sejarah politik di Indonesia. Kejadian seperti ini seharusnya ditanggapi lebih oleh pemerintah karena dapat menimbulkan perpecahan akibat menurunnya tingkat kepercayaan masyrakat terhadap pemerintah dan secara jelas mengganggu stabilitas kesatuan bangsa. http://argamakmur. Gelombang demokrasi besar-besaran yang tak jarang berakhir kerusuhan dan bentrok terjadi di berbagai daerah. Hal ini dihadapkan dengan krisis moneter yang berkepanjangan. Bagi generasi belakangan. rendahnya tingkat pendapatan masyarakat dan meningkatnya tingkat pengangguran serta terbatasnya lahan mata pencaharian yang layak. Kesenjangan sosial masyarakat Indonesia yang semakin lebar antara masyarakat kaya dengan masyarakat miskin dan adanya indikasi untuk mendapatkan kekayaan dengan tidak wajar yaitu melalui KKN.com/cara-mengatasi-agar-tidak-terjadi-integrasi-suatubangsa/ Pemerataan kesejahteraan masyarakat dalam bidang ekonomi dirasa sangat penting saat ini.shvoong. Banyak permasalahan yang ditimbulkan akibat masalah ekonomi ini. Sistem perekonomian Indonesia yang masih mencari bentuk. Krisis ekonomi yang berkepanjangan semakin menyebabkan sebagian besar penduduk hidup dalam taraf kemiskinan.1998. Yang paling baru terjadi adalah isu pemerintah yang akan menaikkan harga BBM. Karena itu perlu disingkirkan sejak awal.wordpress. Sebab. http://id. Inilah salah satu cuplikan wacana politik demokrasi Indonesia yang dalam perkembangannya justru mengajarkan kekerasan fisik daripada realitas demokrasi itu sendiri.com/law-and-politics/politics/2057749-peristiwa-kerusuhan-27-juli1996/#ixzz1tdSFL2JW 6. Bagaimana Ekonomi bangsa Indonesia dapat menyebabkan kerusuhan sosial ?. yang dapat pemberdayakan sebagian besar potensi sumber daya nasional.

massa juga merusak pos polisi yang terletak di ujung kampus Universitas Haluloeo.html .blogspot. Jakarta Pusat. Polisi membarikade pintu masuk.Seorang pegawai kesekretariatan DPRD terluka akibat lemparan batu. Menurut Bambang Sri Pujo Sukarno Sakti.Ia menyebutkan. Koordinator Tim Advokat Mahasiswa dan Rakyat. selanjutnya di jalan Peritintis Kemerdekaan empat boks. Sementara delapan rambu-rambu dan marka jalan juga dilaporkan rusak dan hilang.Mahasiswa tidak menggubris. http://black-marbles. Demo yang Merugi EMPAT PULUH LIMA JUTA di Makassar. Selasa (27/3/2012). Kaca jendela DPRD pecah berantakan dan pos polisi rusak. Salemba. Sulawesi Selatan mencapai Rp45 juta. Jakarta Aksi unjuk rasa mahasiswa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Jalan Diponegoro."Paling banyak jumlah lampu pengatur lalulintas yang dirusak pendemo. berakhir ricuh.com/2012/03/kerusuhan-akibat-kenaikan-bbm-maret. Demo Rusak Pos Polisi di Kendari. Lalu polisi mengeluarkan tembakan gas air mata. jumlah lampu pengatur lalu lintas yang dilaporkan rusak seperti di jalan Andi Pengeran Pettarani. pada Kamis malam berlangsung ricuh. polisi mengeluarkan tembakan peringatan. Karena mahasiswa terus memaksa masuk. aksi pembakaran bukan dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Konsolidasi Nasional Mahasiswa Indonesia (Konami).Berikut beberapa kerusuhan akibat kenaikan BBM yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia: Demo Pembakaran mobil polisi di Salemba. Selain melempari kantor DPRD. Kemudian mahasiswa melempari kantor DPRD dengan batu. Sebuah mobil polisi dibakar saat berlangsung bentrokan antara demonstran dan aparat keamanan. sehingga mahasiswa kocar-kacir. Sulsel Kerugian sarana Lalulintas (Lalin) sementara akibat aksi demonstrasi rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Makassar. Kamis (29/3)." kata Kepala Dinas Perhubungan Makassar Chairul Andi Tau di Makassar Sulawesi Selatan.Kekisruhan berawal ketika mahasiswa berniat masuk ke kantor DPRD. Sulawesi Tenggara Aksi ribuan mahasiswa yang menolak kenaikan harga BBM di DPRD Sulawesi Tenggara. ada lima boks. Mereka merangsek masuk.

Kondisi seperti ini dapat terlihat dengan meningkatnya konflik yang bernuasa SARA. Dengan kata lain. bahasa. serta munculya gerakan-gerakan yang ingin memisahkan diri dari NKRI akibat dari ketidak puasan dan perbedaan kepentingan. agama. Kemajemukan akan menjurus ke arah konflik yang sangat potensial apabila faktor kemajemukan horizontal bersatu dengan faktor kemajemukan vertikal. Dengan semakin marak dan meluasnya konflik akhir-akhir ini. apabila kemajemukan faktor-faktor horizontal tidak diperkuat oleh faktor-faktor vertikal. dan lain-lain. Indonesia sebagai negara kesatuan pada dasarnya dapat mengandung potensi kerawanan akibat keanekaragaman suku bangsa. tetapi juga karena perbedaan faktor “achievement” (faktor Vertikal) seperti ekonomi. Sebaliknya. apabila kondisi ini tidak dimanage dengan baik akhirnya akan berdampak pada disintegrasi bangsa. Bagaimana Sosial Budaya bangsa Indonesia dapat menyebabkan kerusuhan sosial ?. pemukiman dan kedudukan politis.7. agama.html . maka intensitas konflik akan dapat menjurus kepada suasana permusuhan. http://mascondro212. Sedangkan faktor ascribed cenderung hanya menghasilkan konflik kecil (tertutup) dan lebih mudah untuk di harmonisasikan.blogspot. maka intensitas konflik sangat kecil dan mudah untuk dijuruskan kepada persesuaian atau harmoni. merupakan suatu pertanda menurunnya rasa nasionalisme di dalam masyarakat. Namun bilamana faktor horizontal ini diperkuat dengan jiwa etnosentrisme yang kental maka faktor horizontal itu sendiri akan menjadi sama esensialnya seperti faktor vertikal dan dapat menghasilkan konflik terbuka. apabila suatu kelompok etnis tertentu tidak hanya dibedakan dengan kelompok etnis lainnya karena faktor-faktor “ascribed” (faktor Horizontal) lainnya seperti bahasa daerah. ras dan etnis golongan.com/2011/05/konflik-antar-suku-bangsa-dan-upaya_16. Sederhananya dapat dikatakan bahwa faktor utama dari konflik terbuka dalam masyarakat adalah faktor achievement yang sebenarnya tidak ada sangkut pautnya dengan faktor ascribed (terkecuali bila dimasukkan juga perspektif generalisasi dan asumsi). hal tersebut merupakan faktor yang berpengaruh terhadap potensi timbulnya konflik sosial.

yang dimulai sejak Senin (15/10) hingga Kamis dini hari masih terus berkobar. terdiri atas lima orang dari suku Dani dan Damal. Sementara itu. Konflik tata nilai yang sering terjadi saat ini yakni konflik antara kelompok yang keras dan lebih modern dengan kelompok yang relatif terbelakang. Suku-suku yang bertikai itu masih saling menyerang menggunakan alat tempur tradisional. parang. Konflik – konflik itu terjadi karena adanya pengaktifan jati diri etnik untuk solidaritas memperebutkan sumber-sumber daya yang ada dan harga diri sebagai kekuatan social yang besar untuk mendorong mereka melakukan hal tersebut. “Kami telah berkoordinasi dengan aparat keamanan dari Polsek Tembagapura dan Polres Mimika untuk menghentikan perang suku ini.html Perang Antara Suku Dani Dan Damal di Mimika Masih Berkobar http://beritasore. dan bebatuan. Berawal dari masalah jati diri orang perorang akhirnya berkembang menjadi jati diri golongan atau kelompok. Kamis [ 18/10 ] dini hari. Tata nilai yang berlaku di daerah yang satu tidak selalu sama dengan daerah yang lain. Kabupaten Mimika. Papua ( Berita ) : Perang di antara suku Amungmue yang mendiami Kampung Banti berhadapan dengan gabungan antara suku Dani dan Damal yang mendiami Kampung Kimberli.com/2009/11/penyelesaian-konflik-antar-suku.blogspot. Papua. wartawan melaporkan. Begitu pula telah berkoordinasi dengan aparat Brimob Polda Papua yang bertugas mengamankan wilayah tambang PT Freeport. Konflik yang terjadi di daerah-daerah di Indonesia kerap dengan konflik fisik yang cenderung menggunakan kekerasan. jika pada Rabu (17/10) ada korban yang meninggal dunia sebanyak empat orang dengan rincian tiga orang dari suku Dani dan seorang dari suku Amungme. maka pada Kamis dini hari jumlah korban bertambah menjadi delapan orang. dan ada puluhan anggota suku yang terluka akibat terkena panah dan senjata tajam lainnya. serta kerusakan rumah dan harta benda lainnya. Menurut Kepala Distrik Tembagapura. Dari Distrik Tembagapura.com/2007/10/18/perang-antara-suku-dani-dan-damal-di-mimika-masihberkobar/ Timika. sedangkan tiga orang dari suku Amungme. . Yosias Lossu. http://kehidupan-reno. perang antar-suku tersebut belum juga berakhir. Distrik Tembagapura. jumlah korban yang meninggal dunia mencapai delapan orang. seperti panah.Pluralitas kondisi sosial budaya bangsa Indonesia merupakan sumber konflik apabila tidak ditangani dengan bijaksana.

karena setiap kubu belum ingin berdamai. Drs Yosep Yopi Kilangin. Yanus Magai. Menurut dia.Walaupun begitu perang suku masih juga berkobar. konflik yang terjadi sekarang merupakan lanjutan dari persoalan sebelumnya. Dia juga membenarkan kalau korban terus berjatuhan dari kubu-kubu yang bertikai di kampung Banti dan Kimberli.” ujar Kilangin. dari informasi yang disampaikan masyarakat dari Tembagapura. kami belum mengetahui secara jelas masalah apa yang melatarbelakangi warga saling bertikai. Pemukiman masyarakat dari kedua kelompok berjarak kurang lebih 4-5 kilometer dari kota Tembagapura. belum genap sebulan suku-suku yang bertikai itu menyepakati perdamaian. namun mereka tidak berhasil datang ke lokasi perang suku karena pada saat itu perang masih berkobar. korban yang terkena panah tidak menuntut ganti rugi. Pada minggu ke tiga September 2007. Kesepakatan itu ditandatangani oleh para tokoh dari kedua kelompok antara lain Elian Kogoya. ada dugaan bahwa perang suku dipicu oleh kematian salah seorang pria dari suku Dani bernama Magai yang akhirnya menimbulkan kecurigaan bahwa yang bersangkutan dibunuh oleh suku lain. “Sampai sekarang. sudah datang ke Distrik Tembagapura untuk mendamaikan suku-suku yang bertikai itu. kedua kelompok sempat menandatangani tujuh butir kesepakatan yang isinya. melalui telepon seluler (ponsel)-nya.” katanya. sungai yang mengalirkan material tailing PT Freeport Indonesia (PTFI) ke dataran rendah Mimika. namun identitas para korban belum diketahui secara jelas. Warga kedua kelompok saling berhadap-hadapan dengan panah. Namun. Paulus Kimbak. Yosias mengatakan. mengemukakan bahwa perang suku yang terjadi di wilayah itu merupakan rentetan dari konflik yang sudah terjadi sebelumnya. warga Banti dan Kimberli sempat terlibat perang suku selama beberapa hari yang dipicu oleh masalah keluarga. Ketua DPRD Mimika. AKBP Godhelp Mansnembra. dan jalan umum yang menghubungkan Kampung Banti menuju Tembagapura yang melewati Dusun Kimbeli dibuka kembali untuk digunakan secara bersama oleh semua warga. . Pada minggu ke tiga September 2007. namun pada akhirnya kesepakatan itu tidak dilaksanakan lagi. Sementara kedua kampung yang terletak di dataran tinggi itu cuma dipisahkan oleh Kali Kabur. Yosef Kilangin. dan Ketua DPRD Mimika. katanya. setelah kembali dari Tembagapura. Janes Natkime. Dia mengatakan. Rabu (17/10) Kapolres Mimika. parang dan berbagai jenis senjata tajam lainnya. Kolinus Beanal. antara lain masing-masing pihak berjanji untuk menghentikan perang dengan menggunakan senjata tajam seperti panah.

Tamalanrea. Agustinus Anggaibak. 27 November 2010 | 03:13 WITA Makassar.4. Pius Waker. Kompol Drs M. Komandan Detazemen B Brimob Mimika. Kompol Yunus Wali. Tribun . Pdt Obet Jayame. hal ini seiring dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. sosial budaya. Bagaimana Pertahanan dan Keamanan bangsa Indonesia dapat menyebabkan kerusuhan sosial ?. Briptu Kasman (24). Wakapolres Mimika. Selain itu. Stef Rahangiar. ( ant ) 8.Prajurit TNI AD dan Polri di Makassar dikabarkan memanas menyusul penyerangan seorang anggota Samapta Polda Sulsel. Makassar. Tomi Jamang. . Dilain pihak turunnya wibawa TNI dan Polri akibat kesalahan dimasa lalu dimana TNI dan Polri digunakan oleh penguasa sebagai alat untuk mempertahankan kekuasaannya bukan sebagai alat pertahanan dan keamanan negara. dan Kepala Distrik Tembagapura. PMProvos Gelar Razia.146. Aparat polisi militer bersama provos TNI dan Polri melakukan patroli bersama.Eliaser Wamang. surat tersebut juga ditandatangani Ketua Komisi C DPRD Mimika. Ayub Elas. Yusuf SH.html) Sabtu. ekonomi. Hingga Sabtu (27/11) dini hari. Kemungkinan disintegrasi bangsa dilihat dari aspek pertahanan keamanan dapat terjadi dari seluruh permasalahan aspek asta gatra itu sendiri. politik. informasi dan komunikasi. TNI-Polri Tegang Hingga Dini Hari Diduga Masih Terkait Bentrok di Stadion Mattoanging . di kawasan Jl Bung. Marthen Magal. Surat kesepakatan perdamaian itu juga ditandatangani oleh Wakil Ketua I DPRD Mimika. hubungan TNI-Polri dikabarkan tegang. Seorang Polisi Luka Parah Usai Diserang di Kamar Kosnya .121/read/artikel/138575/sitemap. Bentuk ancaman terhadap kedaulatan negara yang terjadi saat ini menjadi bersifat multi dimensional yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Yosias Lossu. Janes Alom. Jumat (26/11) subuh. Serta sarana dan prasarana pendukung didalam pengamanan bentuk ancaman yang bersifat multi dimensional yang bersumber dari permasalahan ideologi. Jl Perintis Kemerdekaan Macet Total (http://202.

Korban mengalami luka akibat senjata tajam di sekujur tubuhnya dan di bagian kepala. Sementara isu lain yang beredar menyebutkan." kata Subekti usai membesuk Briptu Kasman di Rumah Sakit Bhayangkara. Banjir Isu Menyusun hubungan TNI-Polri yang memanas. Kapolda Sulsel Irjen Polisi Johny Wainal Usman dan Kepala Staf Kodam Brgjen TNI Subekti mengatakan. Rabu (24/11) malam lalu." kata Kepala Bagian Operasi Polrestabes Makassar AKBP Audi Manus. Semuanya sudah saling memahami. Kasman dikabarkan meninggal dunia. Isu tersebut berembus kencang membuat wartawan mendatangi RS Bhayangkara. bintara polisi ini masih menjalani perawatan insentif di ruangan ICU. Saya sudah cek tidak ada anggota yang keluar asrama pada saat kejadian (penuerangan polisi di Tamalanrea). sekitar pukul 22. prajutit polisi militer Kodam VII Wirabuana bersama petugas provos polisi dari Polrestabes Makassar dan Polda Sulsel melakukan razia terhadap anggota TNI dan Polri. Kondisi Briptu Kasman dilaporkan masih kritis di RS Bhayangkara. "Mungkin ada pihak ketiga yang memanfaatkan situasi ini. kemarin.Insiden peyerangan diduga masih buntut bentrokan oknum polisi dengan TNI di Stadion Mattoanging di sela-sela pertandingan PSM Makassar melawan Persiwa Wamena.30 wita. Namun diperoleh kepastian. insiden tersebut masih dalam penyelidikan dan belum pasti melibatkan prajurit TNI. sejumlah isu bersebaran melalui pesan pendek (SMS) maupun situs jejaring sosial facebook. Belakangan diketahui. . "Tidak ada ketegangan. Kita sudah melakukan patroli bersama dengan teman-teman PM dan provos TNI di sejumlah lokasi. sekelompok pria berbaju loreng mengamuk dan merazia orang yang dicurigai polisi di sekitar Jl Urip Sumoharjo hingga Jl Perintis Kemerdekaan yang menyebabkan kemacetan panjang hingga empat jam.

sejak siang kemarin. dan Jl Perintis Kemerdekaan dirusak oleh orang tak dikenal. seusai salat Jumat digelar." imbaunya. Informasi yang dihimpun. bagian kepala. Bahkan. Johny yang menggunakan baju koko warna putih mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk menahan emosi dan tidak terprovokasi. juga mengatakan. Johny mengaku sudah memerintahkan agar sejumlah kantor meningkatkan meningkatkan kewaspadaan. Ketegangan antara polisi dengan TNI menjadi pembicaraan di kalangan kepolisian di Polda Sulsel. Dua alat khusus dipasang di bagian dadanya. Tapi saya meminta agar seluruh jajaran tidak terprovokasi akan hal ini.Korban yang masih bujang ini mengalami luka serius di bahu sebelah kiri. Sementara pos polisi yang berada di sekitar Jl AP Pettarani. "Ke depan akan kami bersama pihak polda duduk bersama membahas masalah ini. "Penyelidikan akan kami lakukan. Mayjen TNI Amril Amir. Ibu Kasman bersama belasan rekannya dari Samapta Polda Sulsel melakukan pengamanan dengan senjata lengkap di RS Bhayangakara." ujarnya tersenyum." katanya singkat. Siapa pun bisa memiliki rambut cepak. Kapolda Irjen Johny mengaku masih mendalami kasus tersebut.(cr6/ali/axa) . Jl Urip Sumoharjo. tangan kanan. yang dikonfirmasi mengatakan masih menyelidiki kasus ini. Johny." jelasnya. Akibat penyerangan anggotanya dan beberapa pos polisi lalu lintas. Pangdam VII Wirabuana. dan paha sebelah kanan. Ditanyai apakah peristiwa penganiayaan tersebut terkait keributan antara polisi dan tentara beberapa hari lalu saat PSM bertasnding. Namun. "Saya tidak mau berspekulasi. Sementara selang infus juga masih terus digunakan untuk membantu korban. "May be yess. Johny tidak memastikannya. Polisi lalu lintas juga hanya bertugas di pusat kota. khususnya di tingkat kepolisian sektor (polsek). may be no. dalam waktu dekat pihakya akan melakukan pertemuan dengan Pangdam VII Wirabuana. polisi diminta untuk tidak memakain pakain dinas. imam masjid Polda Sulsel mengumandangkan salawat badar. Mayjen TNI Amril Amir.