PEMBAHASAN SOAL PENGETAHUAN UMUM USM STIS TAHUN 2008 / 2009

1. Jawab : B Pembahasan : Sayuti Melik adalah pengetik naskah proklamasi RI. 2. Jawab : C Pembahasan : Anggota MPR hasil amandemen UUD 1945 terakhir terdiri dari anggota DPR dan anggota DPD. 3. Jawab : A Pembahasan : Planet Saturnus bentuknya menyerupai cicncin. 4. Jawab : B Pembahasan : Barrack Obama adalah nominasi calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat yang pernah bersekolah di Indonesia. 5. Jawab : A Pembahasan : Gosip Jalanan adalah judul lagu yang diciptakan dan dinyanyikan oleh kelompok musik Slank yang isinya tentang kritik terhadap korupsi. 6. Jawab : D Pembahasan : Ban Ki-Moon dari Korea Selatan adalah Sekjen PBB ke-8 yang dilantik pada tanggal 14 Desember 2006. 7. Jawab : D Pembahasan : Cilik Riwut adalah nama Bandar Udara Palangkaraya. 8. Jawab : A Pembahasan : Criss Jhon adalah pemegang gelar juara dunia kelas bulu WBA sejak tahun 2003 dan sudah berhasil mempertahankan gelar sebanyak 10 kali. 9. Jawab : B Pembahasan : 1 barel = 158.99 liter. 10. Jawab : A Pembahasan : 11. Jawab : B Pembahasan : Tari Ronggeng berasal dari daerah Jawa Barat (Sunda). 12. Jawab : A Pembahasan : Maimun adalah nama istana raja di Kota Medan. 13. Jawab : C Pembahasan : Galileo Galilei adalah penemu teleskop bintang. 14. Jawab : B

22. 21. Jawab : C Pembahasan : Analgetik digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri. Jawab : D Pembahasan : 26 september adalah Hari Statistik Nasional. Soekarno Soeharto B.Pembahasan : Sejak proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. 16. 18. h. e. rata-rata skor teman sekelasnya. 23. Abdurrahman Wahid Megawati Soekarno Putri Susilo Bambang Yudhoyono Wakil Presiden : a. j. dan jumlah teman sekelasnya. b. Jawab : B Pembahasan : Migrasi Fisiososial adalah migrasi yang disebabkan karena sakit-sakitan akibat cuaca yang tidak cocok . Habibie K. f. dan eksplorator. Jawab : D Pembahasan : Gangguan komunikasi tidak diperlukan dalam komunikasi. Jawab : D Pembahasan : Demofobia dalah penyakit takut pada ketinggian.H. maka sangat diperlukan skor siswa yang bersangkutan. 20. d. 19. evaluator. Jawab : A Pembahasan : M = 1000 C = 100 . g. Jawab : A Pembahasan : Chelsea dan MU adalah klub sepakbola yang berhasil masuk babak final piala champion tahun 2008.J. pemerintah kita pernah memiliki 6 Presiden dan 10 Wakil Presiden. c. Dr. Jawab : B Pembahasan : Fungsi-fungsi seorang guru adalah : manager. 17. i. Jawab : D Pembahasan : Agar tidak keliru dalam menentukan kemampuan siswa diantara rekanrekan sekelasnya. Moh Hatta Hamengku Buwono IX Adam Malik Umar Wirahadikusuma Sudharmono Try Soetrisno BJ Habibie Megawati Soekarno Putri Hamzah Haz Yusuf Kalla 15. Presiden : 1) 2) 3) 4) 5) 6) Ir.

berat badan. 29. 31. dll. harga barang. Jawab : D Pembahasan : Yang bukan merupakan teori atom menurut Dalton adalah atom adalah zat yang memiliki daya ledak tunggi. Contoh : tingkat kecerdasan. puas. tidak individualis. 33. Jawab : C Pembahasan : Yang mempengaruhi struktur umur penduduk adalah fertilitas. 4) Skala Ratio : digunakan untuk data yang bersifat ukuran. Contoh : umur. Macam-macam skala pengukuran data : 1) Skala Nominal : data digolongkan menurut penggolongan yang sederajat tanpa ada tingkatan dalam penggolongannya. posisi Indonesia adalah Runner Up Uber dan Semifinalis Thomas. tingkatan. kurang puas. 25. cukup puas. agama. suhu. dan nilai. Jawab : A Pembahasan : 3G dalam dunia telepon seluler adalah handphone third generation. Jawab : A Pembahasan : Penemu mesin cetak adalah Johannes Gottenberg dari Jerman. 2) Skala Ordinal : data digolongkan menurut penggolongan dengan tingkatan. dan jarak. 27. tingkatan. dan perkawinan. jenis kelamin. Skala ini tidak memiliki titik 0 yang absolut sehingga tidak berlaku hukum matematika. Jawab : C Pembahasan : Skor nilai merupakan skala interval. Jawab : A Pembahasan : Pada kejuaraan bulutangkis piala Thomas dan Uber tahun 2008 di Jakarta. 28. 32. mortalitas. sangat puas). Jawab : B Pembahasan : Riset kausatif digunakan untuk menentukan hubungan dari suatu sebab akibat. 3) Skala Interval : digunakan untuk data yang bersifat ukuran. dll. tinggi badan. Jawab : B Pembahasan : Ciri-ciri masyarakat pedesaan adalah : mata pencaharian bersifat homogen. tingkat kepuasan konsumen (tidak puas. Jawab : B Pembahasan : BLT Plus adalah Bantuan Langsung Tunai dan beberapa jenis sembako. Jawab : C . 26. Contoh : tingkat pendidikan (SMP lebih tinggi daripada SD). 30. dan jarak serta memiliki titik 0 yang absolut sehingga berlaku hukum matematika. dan memiliki ikatan batin yang kuat.X = 10 V=5 24. Contoh : nama. dll.

Jawab : C Pembahasan : Kontak kulit langsung dengan pengidap HIV tidak menyebabkan tertularnya virus HIV. 34. 44. 37. penghargaan. Jawab : C Pembahasan : Papua Barat adalah propinsi termuda dari 33 propinsi yang ada di Indonesia. 40. 43. Jawab : B Pembahasan : Bill Gates adalah pendiri dari perusahaan software komputer raksasa Microsoft. Jawab : C Pembahasan : Yang mempengaruhi uang beredar dalam masyarakat adalah struktur ekonomi masyarakat dan tingkat pendapatan. Jawab : B Pembahasan : Yang bukan merupakan aspek Trigatra adalah keadaan ekonomi dan stabilisasi umum. Jawab : D Pembahasan : Terjadinya bencana alam dan perubahan iklim yang signifikan merupakan salah satu dampak dari Global Warming. 35. Jawab : D Pembahasan : Alomorf adalah proses perubahan bentuk morfem pada tata bahasa karena pengaruh lingkungan yang dimasukinya. 42. 41. Jawab : B Pembahasan : Blok Cepu yang menghasilkan minyak bumi dikuasai oleh perusahaan Exxon Mobile. Jawab : C Pembahasan : Gaya pemimpin demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. dan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh dalam pemecahan masalah. 39.Pembahasan : Ingkaran dari pernyataan tersebut adalah “Ada orang yang menganggap matematika tidak sulit”. Jawab : A Pembahasan : Tingkatan kebutuhan manusia yang dikemukakan oleh Abraham Maslow adalah fisiologis. 36. sosial. keamanan dan keselamatan. Jawab : B Pembahasan : NAMRU-2 adalah program laboratorium milik angkatan laut AS yang di bekukan berada di Indonesia dan pernah menimbulkan masalah berkaitan dengan isu flu burung dan rekayasa peran biologis. . 38. aktualisasi diri.

Jawab : B Pembahasan : Opportunity cost adalah nilai suatu barang / jasa yang dikorbankan untuk mendapatkan barang / jasa yang lain. harga pasar akan mengarah sama dengan biaya produksi. 52. tentang otonomi daerah bidang yang masih menjadi wewenang pemerintah pusat adalah agama. Jawab : A Pembahasan : Dalam persaingan sempurna. 55. dll. Jawab : D Pembahasan : Seperti padi. . 57. Jawab : D Pembahasan : Interkom adalah teknologi komunikasi dengan menggunakan telepon melalui saluran internet. Jawab : C Pembahasan : Rossa adalah penyanyi tema lagu (soundtrack) dalam film Ayat-Ayat Cinta. 46. 51. Jawab : C Pembahasan : Menurut UU No 22 tahun 1999. Jawab : B Pembahasan : Proyeksi peta dalam kartografi diperlukan untuk menggambar muka bumi yang bulat ke gambar datar. 47. 54. 49. Jawab : B Pembahasan : Kalimat majemuk setara adalah kalimat majemuk yang dipisahkan oleh tanda koma atau kata hubung : dan. Jawab : B Pembahasan : Gunung berapi tertinggi di dunia adalah Mount Everest. 48. 50. 53. serta. Jawab : C Pembahasan : Topik adalah pokok pikiran dalam sebuah paragraf. Jawab : C Pembahasan : Bila peta berskala 1 : 200000 diperbesar 4 kali maka peta akan semakin besar dan skala akan semakin kecil. 56.45. Jawab : A Pembahasan : Antiseptik memakan kuman = singa memakan rusa. atau. Jawab : C Pembahasan : LDL adalah kolestrol berbahaya yang dapat memicu penyakit jantung. kian berisi kian merunduk artinya orang yang rendah hati.

58. Jawab : B Pembahasan : x < y P=Q 64 = 64 x=8 y = 16 60. . 59. Jawab : C Pembahasan : Lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan di depan umum untuk pertama kalinya ketika Sumpah Pemuda. Jawab : D Pembahasan : Simbol kimia dari emas adalah Au.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.