P. 1
penyakit kulit

penyakit kulit

|Views: 1,000|Likes:
Published by smeeaw

More info:

Published by: smeeaw on May 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/20/2013

pdf

text

original

BAB 2 BAHAN PEMBELAJARAN I STRUKTUR, FUNGSI DAN PENYAKIT PADA KULIT

2.1 Pendahuluan Kulit merupakan organ tubuh yang penting yang merupakan permukaan luar organisme dan membatasi lingkungan dalam tubuh dengan lingkungan luar. 2.2 Sasaran Pembelajaran Memahami Ide-ide dasar kulit dan konsep contohnya 2.3 Proses Pembelajaran Kuliah (ceramah), diskusi dan latihan (responsi) 2.4 Pencapaian Sasaran Kemampuan menjelaskan ide-ide dasar kulit dan konsep contohnya 2.5 Uraian bahan pembelajaran: Struktur, fungsi dan penyakit pada kulit. 2.6 Bahan Pembelajaran Kulit merupakan organ terbesar yang membentuk permukaan terluar organisme dan membatasi lingkungan luar dengan lingkungan dalam tubuh. Kulit berfungsi :

18

· · · ·

melindungi jaringan terhadap kerusakan kimia dan fisika, terutama kerusakan mekanik dan terhadap masuknya mikroorganisme, mencegah terjadinya pengeringan berlebihan, akan tetapi penguapan air secara fisiologi tetap terjadi (kehilangan air secara transdermal), bertindak sebagai pengatur suhu tubuh dengan melakukan konstriksi atau dilatasi pembuluh darah kulit serta pengeluaran keringat, sebagai organ panca indera dengan berbagai reseptor yang dimilikinya memperantarai rangsangan tekanan, suhu dan rasa sakit.

2.6.1 Susunan kulit Kulit terdiri atas · · epidermis (kulit luar) dengan kelengkapannya (kelenjar, rambut, kuku), dan korium (dermis, kulit jangat).

Epidermis dan korium bersama-sama disebut kutis (lihat gambar B 9-1). Di bawah kutis, terdapat sub kutis (jaringan kulit dalam, Tela. subcutanea) yang langsung terdapat di bawah korium (tanpa batas yang jelas) dan yang menghubungkan kutis dengan lapisan di bawahnya. 2.6.1.1 Epidermis Epidermis terdiri atas beberapa lapis epitel pipih bertanduk dengan ketebalan 40 µm sampai 1,6 mm. Epidermis yang paling tipis yaitu di kelopak mata dan yang paling tebal adalah pada bagian yang paling banyak digunakan (telapak kaki dan tangan). Epidermis mendapat pasokan makanan dari korium yang berhubungan dengannya melalui papil berbentuk bulat dan melalui kelenjar dan folikel rambut. Epidermis sebagian besar terdiri atas keratinosit, di mana terdapat melanosit yang menghasilkan melanin, sel-sel langerhans yang mempresentasikan antigen. Lapisan epidermis. Keratinosit yang dibentuk dalam stratum basale (lihat di bawah) berjalan menuju permukaan dengan meningkatnya diferensiasi menjadi sel pipih dan bertanduk. Karena peristiwa ini lapisan epidermis dari luar ke dalam dibedakan atas: · stratum corneum (lapisan tanduk),
19

· ·

stratum granulosum (lapisan bergranul) dan stratum germinativum (lapisan yang bertumbuh), yang dapat dibagi lagi menjadi stratum spinosum (lapisan berduri) dan stratum basal (lapisan basal).

Stratum corneum terdiri atas sel pipih, mengalami keratinisasi sempurna dan tak berinti (korneosit) yang secara terus-menerus terlepas dalam bentuk sisik-sisik kecil. Stratum korneum menggambarkan sistem pelindung dan sistem penyimpan dari kulit. Stratum korneum mencegah penguapan air yang berlebihan maupun mencegah masuknya senyawa asing dan mengikat berbagai senyawa yang kemudian melepaskannya kembali secara lambat. PH 5 berarti bagi mikroflora (bakteri dan jamur) kulit yang komponen utamanya adalah stapilokokkus, bakteri propioni dan jenis pitirosporum, yang kegunaan relatifnya bergantung tempat. Stratum granulosum hanya terdiri atas 2-5 lapis sel pipih dengan inti yang kecil. Dalam lapisan kulit ini keratinosom dilepaskan ke dalam ruang intersel. Stratum granulosum mengandung ceramida, komponen penting dari lipid epidermal, yang bertanggung jawab untuk fungsi pelindung dari stratum korneum. Dalam 4-8 lapis berikut dari Stratum spinosum adalah sel-sel poligonal (yang menyusut) yang dihubungkan satu sama lain oleh desmosom, pengikatan sel-sel tersebut dengan lebih kuat dilakukan oleh tonofibril. Regenerasi epidermis terjadi dalam Stratum basal, yang merupakan satu lapis sel silindris dengan inti oval. Kompartemen epidermal memiliki kapasitas metabolisme yang besar misalnya oleh esterase. 2.61.2 Korium (dermis) dan subkutis Korium (dermis). Kulit, yang didapat dengan penyamakan kulit hewan, dibangun dari stratum papillare dan stratum reticulare. Stratum papillare kaya akan fibril halus, maupun sel (histiosit, mastosit) dan kapiler. Stratum reticulare terdiri atas kumpulan serabut kolagen yang kuat yang berjalin satu sama lain, dan serabut elastis (elastin dan mikrofibril) yang memberikan keelastikan kepada kulit, maupun fibroblast. Subkutis. Tanpa batas yang jelas, korium diikuti oleh subkutis, suatu jaringan ikat longgar

20

Pleksus ini memberi pasokan kapiler pada corpus papillare. vibrasi. Dalam septum jaringan ikat subkutan terdapat arteri dan vena (maupun pembuluh limfa).61. Sistem persyarafan kulit sangat kompleks. kelenjar lemak kelenjar apokrin (kelenjar bau) dan kelenjar keringat Kuku. pembentukan pelat kuku yang baru berasal dari matriks kuku yang terdapat pada tepi kuku bagian belakang (lunula). bagian di dalam kulit disebut akar rambut. Pasokan syaraf. Pelat kuku terletak di atas dasar kuku. rasa sakit terlokalisasi dalam kulit. yang pada korium yang lebih bawah akan membentuk pleksus yang dalam. fungsi beberapa struktur syaraf hingga saat ini masih belum diketahui. suhu.3 Kelengkapan kulit Organ yang melengkapi kulit adalah · · · · · kuku. Dari sini akan naik pembuluh-pembuluh (arteriol. Bagian yang terpenting dari organ kuku. Rambut merupakan benang keratin yang mudah dibengkokkan dan terpasang dengan kuat pada kulit dengan ketebalan 5-200 µm. lihat gambar B 9-1) dan di ujung bawah 21 . Pada lapisan ini terdapat cukup banyak jaringan lemak (panniculus adiposus) yang tersusun dalam bentuk lobus. Rambut. Dari sana epidermis yang tidak mempunyai pembuluh diberi pasokan makanan melalui proses difusi. Indra peraba dan keseimbangan maupun pencatat tekanan. yang menutupi punggung jari tangan dan kaki dan bertindak sebagai alat pelindung dan tempat melekatnya reseptor sentuh. Jaringan lemak subkutan ini terutama berfungsi memberi perlindungan terhadap dingin dan di samping itu merupakan cadangan energi. 2. rambut. merupakan pelat keratin yang lentur.yang tersusun secara lamelar. Bagian ini terdapat dalam kantung epitel permukaan (folikel rambut. Pasokan darah. Bagian rambut yang menonjol di atas kulit disebut helai rambut. venula) ke jaringan pembuluh kedua di lapisan teratas stratum reticulare yaitu pleksus permukaan.

Umbi rambut ini mengandung sel matriks yang belum berdiferensiasi dan melanosit. pada kelopak mata dan di daerah genital. Dibedakan folikel rambut terminal yang mencapai sub kutan. Kelenjar apokrin. Dari kelenjar lemak kemudian sebum akan masuk ke dalam kantung rambut. Kelenjar bau. Kelenjar lemak bebas yang tidak terdapat bersama rambut ada di lubang hidung.terdapat-papilla rambut yang bertugas memasok makanan dan menebal menjadi umbi rambut. pada puting susu. Botak terjadi karena atrofi papilla secara sempurna. tidak bergantung pada folikel rambut gambar B 9-1). di bibir dan di daerah genital. Kelenjar lemak Umumnya kelenjar lemak berasal dari epitel dasar rambut dan bermuara dalam folikel rambut (lihat gambar B 9-1). Penyebab kebotakan biasanya meningkatnya aktivasi testosteron menjadi dihidrotestosteron yang disebabkan secara genetika (lihat hal 448 dst) serta meningkatnya pembentukan reseptor androgen di daerah ini. pada saluran telinga luar. Kelenjar keringat yang tersebar di seluruh permukaan tubuh berjumlah sekitar 2 juta buah. Uban disebabkan oleh kurangnya pembentukan pigmen atau adanya udara dalam rambut.62. Kelenjar keringat. Kelenjar ini menghasilkan sekret berlemak yang sifatnya basa. Dan karena itu disebut kelenjar lemak rambut. Kelenjar lemak terdiri atas sel-sel poligonal yang besar. yang awalnya mengandung banyak tetesan lemak (lemak sebum) dan kemudian terurai seluruhnya menjadi sebum. 2. yang membentuk rambut yang tebal dan folikel rambut velus yang berakhir dalam korium. dari sinilah rambut tumbuh sekitar 0. tempat rambut yang kecil dan tipis berasal. mempunyai arti yang penting secara dermatologik: pasien yang produksi lemaknya berlebih (seborhoik) akan mempunyai penyakit kulit yang berlainan dari pasien yang produksi lemaknya kurang (sebostatik) dan karena itu harus diobati dengan cara yang lain. Gejala penyakit pada kulit 22 .4 mm setiap hari. Sekret kelenjar ini (keringat) mengandung garam-garam. dari sini akan menuju permukaan kulit dan akan melindungi kulit dan rambut dengan suatu lapisan lemak pelindung. Fungsi kelenjar lemak yang meningkat oleh hormon androgen. Kelenjar bau yang juga bermuara dalam folikel rambut pada manusia hanya terdapat di ketiak. asam-asam dan urea.

maka harus dapat dikenali perubahan pada kulit yang dapat diamati secara klinis yaitu efloresen. Pustula merupakan vesikel yang berisi nanah. darah atau obat. akan tetapi tuber jauh lebih besar. Dapat dibedakan atas efloresen primer dan sekunder. Efloresen primer terdapat pada kulit normal. Penyembuhan terjadi tanpa pembentukan luka parut. Urtica adalah bentol-bentol pada kulit yang berwarna merah muda sampai putih dan disebabkan oleh udem.Untuk mendiagnosis suatu penyakit kulit dan untuk melakukan penanganan terapeutik. epidermis. misalnya erosio atau ulcer. nanah. masuknya darah ke dalam jaringan. Biasanya di bawahnya terdapat kulit yang berubah. korium. dan kelengkapannya juga rusak. sedang efloresen sekunder berkembang pada kulit yang berubah. hiperpigmentasi atau depigmentasi. misalnya oleh adanya dilatasi pembuluh darah (eritema). Vesikel ini terdapat pada jaringan subepitel atau intraepitel. Crusta terbentuk akibat mengeringnya eksudat. Papula (berdasarkan besarnya papula atau nodulus) bentuknya sebesar kepala jarum pentul sampai sebesar kacang hijau terjadi karena penebalan epidermis secara lokal dan/atau adanya perbanyakan sel dalam korium. Penyembuhan biasanya terjadi dengan pembentukan luka parut. Efloresen primer Bercak (macula) merupakan perubahan warna pada kulit. Vesikel besarnya sebesar kepala jarum pentul sampai sebesar biji kapri merupakan rongga beruang satu atau banyak yang berisi cairan. Bulla mirip dengan vesikel hanya agak besar dan biasanya beruang satu. Efloresen sekunder Ketombe (squama) terdiri dari pecahan-pecahan stratum corneum. yang biasanya ada pada kulit yang berubah karena peradangan atau ada pada folikel rambut. Erosio merupakan kerusakan kulit permukaan yang ada dalam epidermis. Ulcus disebabkan oleh hilangnya komponen kulit pada bagian yang lebih dalam. Tuber (nodus) mirip dengan papula. 23 .

Sebagai efloresen primer biasanya terjadi bercak merah yang ditutupi oleh sisik-sisik putih secara berkala. lipatan kaki. Jika dicoba untuk menghilangkan sisik-sisik itu akan terjadi perdarahan setempat. yang dengan bertambahnya usia akan berkerut. Karena itu hanya dapat diterangkan dengan singkat penyakit kulit yang khas saja secara acak.6. rambut tidak ada. Ini terjadi pada daerah kulit yang banyak digunakan. 2.3. Atrofi terjadi pengecilan semua lapisan kulit. Luka parut (Cicatrix) terjadi akibat perbaikan yang tak sempurna dari suatu jaringan yang rusak oleh jaringan ikat. Penyakit ini merupakan penyakit turunan multifaktorial. dan pada saat yang sama akan terbentuk bercak baru di tempat lain.3. ujung bibir atau di antara jari kaki). Selain itu terjadi infiltrasi radang dari kulit. yang juga sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Pada sekitar 5-10% kasus psoriasis terjadi bersama Artritis deformans pada jari kelingking dan sendi lain (Psoriasis arthropathica). Yang paling sering sering terkena adalah siku. jumlah kelenjar keringat dan kelenjar sebasea berkurang. kepala yang berambut serta kuku.6. kulit berkerut dan mudah diangkat dari lapisan di bawahnya. ditandai oleh sangat cepatnya proliferasi dan terganggunya diferensiasi keratinosit. yang kemudian membesar dan bergabung. 2. tetapi kadangkadang jumlahnya bertambah. Akibat adanya gangguan keratinisasi folikel (keratosis folikel) disertai produksi sebum yang meningkat 24 .1 Psoriasis vulgaris Psoriasis vulgaris merupakan suatu dermatosis-eritematosquamosa. Pembentukan kembali bercak ini terjadi dengan depigmentasi atau hiperpigmentasi tanpa pembentukan luka parut. bagian kulit yang menjadi pecah-pecah (misalnya pada telapak tangan. 2.2 Akne Yang dimaksud dengan akne yaitu penyakit folikel kelenjar lemak.Rhagade merupakan kerusakan kulit dalam bentuk celah.3 Penyakit kulit Suatu gambaran mengenai penyakit kulit terpenting saja (dermatosis) akan memenuhi buku ini.6.

Bentuk toksik merupakan kerusakan akut yang kuat atau kerusakan derajat ringan terusmenerus akibat rangsang masing-masing di bawah nilai ambang. tetapi berlangsung untuk waktu yang lama. Pada eksem kontak harus dibedakan antara bentuk toksik dan alergi. dapat terjadi penyumbatan aliran sebum.(seborea). manifestasinya juga disebabkan oleh faktor-faktor tambahan lainnya. proliferasi epitel folikel kelenjar sebum akan meningkat. eksem atopik (endogen) dan eksem seboroik. fenitoin atau glukokortikoid. karena produk metabolisme bakteri membantu peradangan komedo. 2. Acne vulgaris yang timbul pada awal pubertas biasanya akan sembuh dengan spontan pada usia tigapuluhan.3. Selain itu akne dapat diakibatkan oleh nokse kimia atau fisika. Pada akne eksogen terutama akne klor. misalnya oleh basa encer. di mana epidermis ikut dalam proses peradangan melalui edema intrasel dan antar sel (spongiosis) dan masuknya sel-sel radang (umumnya limfosit).3 Eksem Eksem dibedakan atas · · · eksem kontak alergi atau toksik (dermatitis kontak). isoniazida. gips. Misalnya oleh androgen. Meskipun akne bukan pioderma primer. maka timbul efloresen primer akne yaitu komedo (bisul). Sesuai dengan itu akne dibedakan atas · · akne endogen dan akne eksogen Akne endogen dibagi lagi menjadi akne vulgaris dan berbagai bentuk istimewa lain (mis acne conglobata dan aknetetrade). bakteri terutama Propionibacterium acnes ikut berperan pada terjadinya akne. Eksem kontak alergi merupakan alergi tipe lambat. Disposisi akne merupakan bawaan. yang disebabkan oleh hidrokarbon aromatis terklorinasi (bandingkan dioksin hal 979) dan akne karena obat. Kemudian akan timbul papula. eksem ditandai dengan adanya reaksi peradangan dalam stratum papillare dan dalam epidermis. Yang terakhir ini misalnya dapat terjadi setelah pemberian senyawa iod atau senyawa brom (akne iod atau akne brom). semen atau pelarut organik (eksem toksik kumulatif). Eksem kontak. Secara histiologi. yang biasanya sebelumnya 25 .6. pustula dan nodus.

diduga karena kerusakan imun sebagian. Setelah usia 5 tahun biasanya penyakit agak membaik. Dan pada usia dewasa menjadi stadium pruriginosa (bentuk pruriogo. Juga biasanya pada musim panas penampakan kulit diamati membaik. merupakan konstitusional. Eksem atopik berbeda dengan eksem kontak konditional. Sebagai penyebab penyakit adalah reaksi yang tidak cukup pada ragi Malassezia furfur (istilah lain: Pityrosporum ovale) yang juga terdapat pada kulit yang sehat. Sekitar 25% manusia sekurang-kurangnya sekali dalam hidupnya menderita urtikaria akut (pembentukan kembali dalam waktu 1-2. faktor saraf (senyawa P. maupun oleh aktivasi komplemen. papula dan vesikula yang dapat diikuti dengan pembentukan krusta dan pembentukan squama. Dengan demikian alergen dapat mencapai sel-sel imun yang terdapat dalam lapisan kulit yang lebih dalam dan dengan demikian menyebabkan sensibilisasi. yang timbul diperantarai oleh IgE.3.terjadi kerusakan selaput tanduk.6. lipatan nasolabial. Lokasinya terutama pada kepala berambut (Seborrhoea capitis). Bersama-sama atau setelah eksem kontak terjadi eritema. bagian kulit di atas tulang dada dan pada alur keringat di punggung. Masing-masing efloresen terbentuk dan menghilang dengan cepat. ditandai dengan tuber yang gatal). selain itu dapat terjadi papula. Eksem seboreik. Biasanya dimulai dengan eksem muka endogen. Jika eksem berlangsung lama terjadi likhenifikasi. 2. maksimal 6 minggu) yang biasanya sembuh 26 . eksem susu. Pada bentuk eksem ini ditemukan biasanya eritema bersisik yang mempunyai batas yang jelas. bulat atau lonjong. yaitu menjadi kasarnya permukaan kulit. lihat hal 208) atau pelepasan histamin secara langsung. Secara bersamaan atau bergantian pasien dapat menderita asma bronkial atau rinitis alergica. yaitu penyakit kulit dipastikan secara genotipik. Mediator yang dilepaskan (lihat hal 455 dst) kemudian menyebabkan pembentukan urtika.4 Urtikaria dan angiedema Urtikaria adalah terjadinya urtika yang biasanya gatal. pada fase pertumbuhan menjadi eksem flexurarum (eksem pada lipatan tangan dan lipatan kaki) dengan daerah yang berlikhenifikasi pada lipatan sendi besar. pada musim dingin diamati memburuk. Eksem atopik. Urtikaria disebabkan oleh degranulasi sel-sel mast kutan. sitokin.

Sering angiedema terdapat bersama-sama dengan urtikaria atau terjadi karena reaksi anafilaktik. menurun harapan untuk sembuh. bahan tambahan pada makanan atau obat-obatan (mis penghambat ACE). Terutama terjadi pada kelopak mata. maka obat yang sama kemudian biasanya aman digunakan tanpa komplikasi. sindrom defisiensi antibodi atau pemberian glukokortikoida) atau karena adanya luka kecil. Dengan meningkatnya lama penyakit. Penyebab sering adalah makanan. bibir dan genital. adalah melemahnya daya tahan tubuh (misalnya akibat kurang gizi. sulfonamida. 2.3.. Bentuk yang lebih jarang adalah edema angioneurotik herediter yang disebabkan oleh defisiensi C1esterase-inhibitor karena bawaan sejak lahir. Piodermia folikel. Biasanya menyerang orang dewasa. Jika timbulnya setelah menggunakan obat dalam kaitannya dengan suatu infeksi. bahaya tecekikterdapa tpada edema glotis atau edema larings akut. Tetapi sering penyebabnya tidak diketahui. yang cepat terbentuk kembali akibat edema di subkutan. Dengan demikian merupakan penyakit kulit tersering. komponen darah dan ekstrak yang mengandung alergen).Berdasarkan lokalisasi dan penyebarannya dibedakan atas piodermia folikel dan piodermia epidermal rata. Angiedema yang terutama timbul pada wanita muda (edema angioneuritik. Syarat terjadinya penyakit infeksi oleh bakteri ini. Urtikaria kronis terjadi. rangsang gatal yang menyiksa dapat bertahan hingga beberapa bulan dan tahun. jika penyakit lamanya lebih dari 6 minggu. yang pada beberapa orang senantiasa ada pada mukosa nasofarings. gigitan serangga dan obat (terutama antibiotika-blaktam.6. terutama oleh Staphylococcus aureus dan Streptococcus pyogenes. biasanya disebabkan oleh reaksi alergi segera (lihat hal 89 dst). Piodermia yang umumnya disebabkan oleh stafilokokus di daerah folikel rambut dan kelenjar keringat. Furunkel adalah merupakan folikulitis dan perifolikulitis yang dalam dan bernanah.spontan. Ini 27 . edema quincke) adalah suatu pembengkakan kulit akut. Penyakit ini dapat disebabkan oleh makanan dan minuman.5 Piodermia Piodermia merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh stapilokokus dan atau streptokokus.

Bakteri tersering adalah Trichophyton rubrum. kuku dan rambut. hiperkeratosis dan bentuk dishidrotik) yaitu kadang- 28 . Dalam massa ini dapat terjadi pustula. Dimulai dari vesikula sebesar kepala jarum pentul. Yang termasuk di sini adalah semua infeksi dermatophyta dari kulit.l. Terutama yang sering terjadi adalah Tinea pedis. penyakit jamur pada kaki. Bentuk kedua yang sering adalah Impetigo staphylogene.6 Dermatomikosis Dari dermatomikosis. yang sebagian besar timbul pada usia kanak-kanak. Batas penyakit masih tetap jelas dan akan sembuh tanpa pembentukan parut. Trichophyton mentagrophytes dan Epidermophyton floccosum. Dasar vesikula kemudian ditutup dengan krusta tebal dan berwarna kuning madu. Pada abses kelenjar keringat (Hidradenitis suppurativa axillaris) merupakan kelompok nodus kutan yang besarnya seperti kemiri pada ketiak. Yang khas untuk Tinea adalah timbulnya satu atau beberapa massa eritematosa dengan tepi yang jelas dan bersisik. · · · tinea.3. 2. Setelah ini dihilangkan terjadi erosio yang memerah dan tampak seakan-akan ditutupi dengan vernis.dimulai dengan pustula folikel atau segera terjadi nodus yang amat sakit pada lapisan kulit yang lebih dalam. yang dengan cepat dirusak . yang kadang-kadang menunjukkan adanya infeksi sekunder bakteri.6.l. Kemungkinan penyebaran infeksi tinggi. yang dikelilingi oleh daerah berwarna merah. Yang sama pada berbagai bentuk (interdigital. di mana bulla relatif besar dan penutup bulla juga lebih kuat. Gambaran penyakit saat ini dipahami sebagai bentuk khusus dari penyakit akne (“Acne inversa”). kandidosis (Soor) dan Pityriasis versicolor Tinea. yang menjadi abses dan akhirnya mengeluarkan nanah. Streptogene impetigo yang merupakan bula kecil. Yang termasuk piodermia epidermis rata. Piodermia epidermis rata. penyakit jamur dapat disebut a. Yang terutama diserang adalah wajah. a.

suatu 29 .6. Cacar air dan Zoster. Di samping menyerang kulit.3. Di sini terjadi bercak berbentuk kacang hijau sampai sebesar uang logam. “Schwammchen”). yang berwarna kekuningan sampai kecoklatan dengan sisik berbentuk semanggi. Herpes simpleks yang disebabkan oleh Herpes-simpleks dan Kutil yang disebabkan oleh virus-Pappova. yang mengganggu kesetimbangan biologik antara bakteri dan jamur. Terutama juga orang yang terinfeksi HIV dan penderita diabetes sering terserang kandidosis. Ini akan ditunjang oleh sepatu yang tidak dapat dilewati oleh oleh uap air.. Pityriasis versicolor. dan Immunsupresiva (Glukokortikoida dll). Di sini lidah. Kandidosis. penyakit ini dapat juga menyerang mukosa. sabuk merah jambu).7 Infeksi virus Yang termasuk penyakit virus pada kulit adalah · · · Infeksi varizella-Zoster varicella (cacar. Infeksi primer oleh virus varizella-Zoster adalah cacar air. Infeksi soor seringkali menyerang penderita diabetes. gusi dan rahang akan tertutup dengan bercak-bercak kecil putih di atas dasar merah. Meningkatnya terjadinya soor mikosis terutama disebabkan penggunaan · · · antibiotika. Soor-mikosis intertriginosa. Jenis Candida yang termasuk kelompok ragi atau jamur Saccharomyces menimbulkan geiala penyakit yang berbeda-beda: dengan eritema. yang memperburuk pertahanan imunologik tubuh.kadang terasa gatal dan paling banyak terjadi pada musim panas. Tempat penyebaran penting adalah tempat pemandian umum. Penyakit jamur yang disebabkan Malassesia furfur (Pityrosporum ovale) ini menyerang terutama tubuh bagian atas. yang kemungkinan menguntungkan kandidosis vaginal. 2. air) dan Zoster (variola. Pada usia bayi dan usia lanjut sering terjadi terutama orale Kandidosis (soor mulut. pustula atau erosio. yang terutama terjadi di daerah alat kelamin ditandai dengan adanya eritema berwarna merah anggur dengan gerigi halus dan daerah sekitarnya berupa massa berbentuk silinder. kontraseptiva oral.

Papula yang mula-mula sebesar kepala jarum pentul segera menjadi massa yang lebih besar dan dapat membentuk pertumbuhan seperti bunga kol. 2. virusnya tetap ada secara laten. atau Herpes genitalis oleh tipe-2). Pada wanita dapat berkembang dari penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual karzinoma serviks.8 Parasitosis kulit Skabies disebabkan oleh kutu betina (Sarcoptes scabiei). yang disebabkan oleh virus Papova. maka sering terjadi serangan ulang. Kutil atau Virusakantoma. Condylomata acuminata (kutil kondilom. nasalis. Pada infeksi oleh virus herpes simplex ditemukan vesicula berkelompok di atas permukaan yang memerah sebesar kepala jarum pentul. Sabuk merah jambu menggambarkan manifestasi kedua yang biasanya timbul setelah reaktivasi dari saraf perifer. biasanya disebabkan oleh Virus-Herpes-simpleks tipe-1. yang melubangi secara membabi 30 . Verrucae planae juveniles di samping terdapat pada ekstremitas ditemukan juga terutama di daerah muka sebagai papula datar yang umumnya tidak jelas. kutil runcing) yang terjadi terutama pada orang dewasa di daerah anogenital.penyakit anak-anak yang sangat menular. Tempat terdapatnya terutama pada batang tubuh sehingga disebut sabuk merah jambu. Ciri khas penyakit ini yaitu pada fase erupsi timbul rasa gatal yang amat sangat disertal perasaan tegang. yang ditandai oleh adanya papulopustula dari berbagai stadium secara bersamaan. yang terdapat tunggal atau berkelompok di tangan atau kaki atau juga di kepala. Orang awam mengenal juga kutil biasa (Verrucae vulgares) yang merupakan tonjolan sebesar kepala jarum pentul sampai sebesar kacang polong dengan permukaan yang jelas. Yang terutama diserang adalah daerah tempat kulit kemudian menjadi mukosa (herpes labialis. yang kemudian menjadi pustula dan dapat cepat membesar.3.6. Karena antigenitas yang kecil dan karena itu pembentukan antibodi kurang. yang dapat diikuti oleh nyeri di daerah yang terkena. Pada daerah inervasi dari satu atau sejumlah saraf spinal tiba-tiba muncul sekelompok vesikula pada setengah sisi dan tersusun secara segmentar di atas dasar yang merah dan mengalami edema. Virusakantoma (kutil menular) merupakan penyakit hiperplasia epitel menular. Setelah beberapa saat vesikula mongering dan membaik dengan menimbulkan luka parut. Herpes simplex.

Karzinoma spinoseluler dan Melanoma. Telangiektasia (pelebaran pembuluh yang berwarna merah darah melalui permukaan kulit yang halus) dapat dikenali. akan tetapi dapat juga senyawa arsen menyebabkan pembentukan basalioma (lihat hal 973 dst). Yang bertanggung jawab adalah kenyataan bahwa melanosit normal juga adalah sel-sel yang bergerak.buta jalanan ke dalam lapisan tanduk. Penularan melalui kontak dari manusia ke manusia. tersebar luas di kulit atau papula yang terbenam pada pusat dengan konsistensi yang keras. Karena limfogennnya yang menonjol dan terbentuknya awal dan/atau metastase hematogen (terutama dalam paru-paru dan otak). akan tetapi biasanya tidak mengalami metastase (tumor semi maligna). Melanoma yang biasanya berwarna coklat tua hingga hitam bentuk bermacam-macam (mis melanoma tuber primer. puting susu dan penis. Ini merupakan papula yang tumbuh secara lambat.3. Melanoma maligna. kebiruan. Terutama ditemukan pada orang dengan kulit yang peka terhadap matahri. yang memiliki superficial blade melanome. kutu pakaian dan kutu wol adalah ektoparasit (pedikulosis) yang menyerang manusia.9 Penyakit tumor kulit Tumor kulit terpenting terbentuk melalui degenerasi sel-sel epitel atau sel-sel melanosit. Semua tumor ini diinduksi terutama oleh sinar UV (penyinaran matahari yang intensif). melanoma tergolong tumor ganas yang khusus. biasanya berkembang dari kulit normal. Basalioma. yang tidak bertumbuh dalam sistem jaringan dan tidak membentuk kontak 31 . Karena gatal yang hebat timbul efek garukan dan infeksi sekunder bakteri pada daerah kulit yang telah digaruk.6. Kutu kepala. Terutama yang diserang adalah ruang antara dua jari kaki atau jari tangan. Basalioma bertumbuh secara lokal secara infiltrasi dan mendestruksi. yang merupakan · · · Basalioma. 2. ketiak. lentigo-maligna-melanom). Akan tetapi sekitar 30% dari kasus terbentuk dari dasar sel naevus. Perubahan sikap terhadap waktu senggang di negara industri barat dengan meningkatnya kesejahteraan menyebabkan peningkatan tumor. Basalioma yang relatif sering (tumor sel basal) dimulai dari lapisan epidermis dan folikel rambut.

n mediator radang. 32 . Akibat terbakar ini dapat dibagi menjadi 4 stadium : · · Pada luka bakar derajat I.) Derajat luka bakar. Di sini jaringan tidak hanya berkoagulasi tetapi akibat kerja panas yang hebat jaringan akan hitam mengarang. (Radang karena kedinginan penampakannya mirip dengan luka bakar.6. pembengkakan ringan pada kulit. stratum germinativum tetap utuh.3.intrasel.000 penduduk setiap tahun. sel akan rusak dan musnah dan pada saat ini akan dibebaska. pada daerah kerja terjadi pemerahan. pada melanoma maligna ini yang dikenai orang pada usia menengah. · Luka bakar derajat IV terjadi jika telah terjadi pengarangan.10 Luka bakar Luka bakar adalah kerusakan jaringan yang timbul akibat kerja suhu yang tinggi. dan akan terjadi bulla. maka kulit tetap dapat beregenerasi clan dapat terjadi penyembuban tanpa pembentukan parut. Insiden penyakit ini adalah 6-14 penderita baru per 100. Terapi diperberat oleh berkembangnya resistensi yang cepat karena tingginya kecepatan mutasi gen yang mengkode reseptor. yang disertai rasa tegang dan rasa nyeri. yang terutama ditemukan pada pasien usia tua. makajernbatan protoplasma antara masingmasing sel epidermis akan terkoyak. Derajat dan besarnya kerusakan akibat panas ini tergantung kepada besarnya suhu dan lama kontak. 2. (denaturasi protein dan nekrosis sampai ke lapisan korium. Karena pada luka bakar stadimn I dan H. Jika plasma yang keluar ini melampaui tekanan tertentu. subkutis atau bahkan lebih dalam lagi). terutama terjadi pembentukan bulla. Lain daripada kedua tumor kulit yang lain. Pada luka bakar derajat Il. Akibat kerja panas ini. · Luka bakar derajat III akan menyebabkan kerusakan permanen pada epitel dan seluruh kelengkapan kulit lainnya. Senyawa-senyawa ini akan memperhesar permeabilitas pembuluh dan akan mendorong keluarnya plasma ke jaringan (plasma ekstravasasi).

Weinheim: WileyVCH Verlag. Konrad Herrmann. meningkatnya pembebasan amin biogenik. 99 Tabellen. 4. 7. Colloids in Cosmetics and Personal Care. 10 Daftar Bacaan 1. Pflegekosmetik ein Leitfaden. Stuttgart. 2004. 33 . 5. May-Manke Antje. 2005.7 Ringkasan Akibat lanjut luka bakar. 4 Auflage. penyakit akibat luka bakar akan berkembang menyeluruh. Nutraceuticals. Di samping menganalisis-luka bakar yang terjadi termasuk stadiuim yang mana. Scholz Eberhard. banyaknya plasma yang hilang dan terganggunya mikrosirkulasi akibat syok luka bakar. Springer Medizin Verlag. 2. Handbook of Nutraceutical. USA. Frankfurt am Main. Tharwad F Thadros. 6. Lockwood Brian. Dermatologie und Medizinische Kosmetik. Wolfgang Raab. 8. 2. Pharmaceutical Press. Steinkopf Darmstadt. Jürgen Stellpflug. 2007. fungsi dan penyakit pada kulit. Auflage. Pharmaceutical Press. 2007. Second Edition. Wissenschaftliche Verlagsgesellschaft. untuk prognosis luka bakar penting diketahui sampai seberapa jauh jaringan yang terkena. 2004.106 2. Pada luka bakar yang mencakup daerah yang luas.431 Buku2 : hal. 2008. Stuttgart. Kerscher Martina. 2005. 2. 2. "Leitfaden für die Kosmetische Praxis.2. Dermatokosmetik. Nahrungsergänzungsmittel.8 Soal-Soal 1 Struktur. 3. 2007.9 Bahan Evaluasi Buku1 : hal. Saur Ralph. Heidelberg. Wissenschaftliche Verlagsgesellschaft. akibat luka bakar tidak hanya terbatas pada daerah yang terkena saja. Lisa Rapport. akan tetapi akibat nyeri yang hebat. Pada bimbingan yang intensif secara medisin saat ini orang yang menderita luka bakar dapat bertahan hidup hingga 70%. Die Große Kosmetikliste. USA.

apabila kulit kering atau kulit berminyak . akut. 3. efek compton dualisme gelombang partikel. kronis) dan perbedaan absorpsi obat dipertimbangkan pada penggunaan berbagai teknik pembalutan (misalnya pembalut biasa atau pembalut oklusio). bentuk sediaan dan cara aplikasi sangat berperan. Sebagai contoh untuk salep harus disesuaikan dengan jenis kulit . pasta dan sebagainya) disesuaikan dengan situasi saat itu (lembab. 34 . gatal.5 Uraian bahan pembelajaran: Ide-ide dasar mekanika kuantum.4 Pencapaian Sasaran Kemampuan menjelaskan ide-ide dasar penanganan kulit berminyak dan konsep contohnya 3. bahan pembantu. prinsip ketidak pastian Heisenberg.bentuk sediaan (puder. diskusi dan latihan (responsi) 3. mikstura kocok.1 Pendahuluan Untuk terapi penyakit kulit. di samping senyawa obatnya sendiri.2 Sasaran Pembelajaran Memahami Ide-ide dasar penanganan kulit berminyak dan konsep contohnya 3. efek foto listrik.3 Proses Pembelajaran Kuliah (ceramah). radiasi benda hitam.BAB 3 BAHAN PEMBELAJARAN 2 DERMATOTERAUPETIKA 3.

Pada penggunaan salep. 35 . krem (= salep yang mengandung banyak air) dan pasta (= salep yang mengandung banyak komponen bubuk) sangat bergantung pada dasar salep. Puder mempunyai efek mendinginkan yang lemah. Pada penggunaan yang lama terjadi bahaya pengeringan kulit. minyak parafin.1 Bahan pembantu (bahan dasar) Juga pelepasan dengan demikian penetrasi zat aktif ke dalam kulit sangat ditentukan oleh teknologi pembuatan preparat.6. cepat masuk melalui kulit dan berefek mendinginkan. Mikstura kocok. serta adstringen dan menghambat radang. karena itu puder tidak digunakan pada daerah kulit yang meradang akut. juga melunakkan penutupan luka dan mempercepat terjadinya pembentukan epitel. pemakaian puder kurang menyenangkan karena akan terbentuk krusta. Minyak. Emulsi air dalam minyak umumnya memberi lemak dan melindungi akan tetapi masih dapat membebaskan sedikit cairan. minyak.3. Bentuk sediaan ini cocok untuk pasien sebostatik. menghentikan gatal dan mengeringkan serta mencegah gosokan pada daerah intertriginosa. sedangkan pada pasien seboroik lebih baik digunakan emulsi minyak dalam air. minyak kacang) juga digunakan suspensi minyak dari seng oksid dan talk atau titan dioksida untuk melarutkan krusta dan untuk mengobati gangguan kulit dengan permukaan luas. Pelepasan terbaik dicapai jika zat aktif mempunyai kelarutan lebih tinggi maupun afinitas pada komponen kulit daripada dalam basisnya. Oleh karena itu berbagai sediaan dengan zat aktif yang sama tidak dilihat sebagai bioequivalent. Krem semacam ini mudah dicuci. Selain digunakan minyak murni (minyak zaitun. mana yang digunakan (vaselin. menghambat radang dan menghentikan rangsang gatal. Puder. Hal ini akan menyulitkan pada penggantian suatu sediaan jadi dari obat topika yang kuat dengan obat yang diresepkan yang harus dibuat di apotek. Karena air menguap dengan cepat maka ia berefek mendinginkan. melainkan terdapat perbedaan yang besar dalam kekuatan efeknya. Pada penyakit kulit yang sangat basah.6 Bahan Pembelajaran 3. Pembalut lembab. atau lemak hewan. pembentuk gel anorganik atau organik) dan apakah sediaan ini merupakan emulsi minyak dalam air atau emulsi air dalam minyak. Obat ini juga berefek mendinginkan.

6. Umumnya penggunaan Selen(IV)-sulfida dalam bentuk pasta (EllsurexÒ). mikroemulsigel dan hidrogel. yang zat aktifnya terdapat di dalam liposom.2.6.2. Meskipun sistem pembawa tanpa zat aktif dapat mempengaruhi dermatosis. Menghindarkan penguapan kulit dan berefek suatu pembengkakan lapisan tanduk. Sehingga penetrasi zat aktif dapat diperbaiki. Sehingga plester luka sintetik (disebut juga plester hidrokoloid. Bentuk sediaan galenik khusus untuk anti mikotika pada kulit adalah suatu preparat liposom dengan zat aktif econazol (PevarylÒ lipogel) maupun kombinasi bifonazol dan urea (MycosporÒ-Nagelset).2 Antimikotika Senyawa aktif yang digunakan untuk pengobatan infeksi jamur digambarkan pada B 11. Sekret luka. sebagian dalam bentuk shampoo (Terzolinâ) lebih dipilih untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh jamur Pityriasis versicolor. Oleh urea – pada okklusio dengan plester yang ditambahkan .3 Zat anti parasit 36 .2 Zat aktif untuk pengobatan infeksi kulit 9.dengan mengatur suhu dan kelembaban setempat. Terapi Pityriasis versicolor berbeda dengan penyakit jamur yang lain.Salep lemak umumnya terdiri dari basis hidrokarbon dan trigliserida. Selain daripada itu yang tergolong bentuk obat yang mudah dioleskan adalah gel. 3.4. sehingga penetrasi zat aktif dimudahkan ke dalam dasar kuku yang terinfeksi. 3.4. Cutinova Ò) membantu penyembuhan luka bakar dan Ulcera cruris – mirip dengan plester okklusio . sisa-sisa jaringan yang rusak dan kotoran diambil oleh bahan tersebut dan dibuang pada saat plester diganti.plat kuku yang berubah dalam 1-2 minggu dilepaskan dengan hati-hati. Hidrogel juga dibutuhkan untuk menghasilkan preparat.1 Desinfektan Senyawa ini. sistem berlapis-lapis yang tidak dapat dilalui uap air atau plastik yang dapat mengembang kuat. hal 831 dst). lihat hal 833 dst).4. 9.2. yang harus dibedakan antara lipogel (gel yang mengandung minyak atau bahan-bahan berminyak). yang cocok untuk terapi infeksi kulit oleh bakteri. Selain itu saat ini juga digunakan antimikotika tipe imidazol (mis ketokonazol.

3 Antiphlogistika 3. Dermatika aman digunakan. yang menunjukkan perbedaan dalam penetrasi.6. Dikontraindikasikan pada orang hamil dan menyusui. karpet. SpregalÒ) dan Benzilbenzoat (antiskabiosum) g-heksaklorsikloheksana (lihat hal 766 dst) dioleskan pada seluruh tubuh orang dewasa kecuali kepala selama 3 malam dan pada esok harinya dihilangkan dengan mandi.4 Obat yang digunakan untuk mengobati kutil genital Pengobatan kutil genital selama ini berhasil terutama dengan bantuan larutan alkohol podophylin 25%. Khasiatnya pada wanita lebih baik daripada pada laki-laki. 3. suatu ekstrak dari Podophyllon peltatum (lihat hal 895) serta senyawa aktif utama podophylotoksin (CondyloxÒ). Selain dipakai untuk terapi skabies. Penggunaan dilakukan tiga kali seminggu. g-heksaklorsikloheksana dan pyrethroida (lihat hal 767 dst) juga berefek terhadap kutu. Sediaan diberikan pada daerah kulit dan rambut yang terkena dan setelah 3 hari dicuci kembali.2. benzilbenzoat juga digunakan untuk menghilangkan kutu dalam kursi. 3. Imiquimod (AldavaÒ) menunjukkan prinsip kerja yang unik.3. sebagai efek samping dapat terjadi iritasi lokal.6.Untuk terapi kudis digunakan · · · g-heksaklorsikloheksana (JacutinÒ) Pyrethroida (JacutinÒN. Dengan usaha demikian alergi kutu rumah dapat diperbaiki. Wanita hamil dan menyusui dan anak-anak yang terkena kutu diobati dengan benzilbenzoat (emulsi anti scabiosum). dsb (Acarosanâ).1 Glukokortikoida Sifat farmakologi glukokortikoid yang diindikasikan pada berbagai penyakit kulit.6.Imunmodulator topikal memperbaiki pertahanan tuan rumah sebagai antivirus melalui perbanyakan sintesa sitokin. telah 37 .

ditulis pada B 2. Glukokortikoida merupakan suatu senyawa terpenting untuk pengobatan topikal (dan sistemik) pada penyakit kulit. BMV betametason-1738 . Gambar B 9-2. penentuan secara in vitro berdasarkan penghambatan pembentukan IL-1 dalam keratinosit (kegunaan) dan fibroblas (resiko). atrophogenik lemah).3. Hubungan kegunaan/resiko dari glukokortikoida topikal. Glukokortikoida untuk penggunaan topikal (pembagian menurut Miller dan Munro. Selain daripada itu efek positifnya adalah sebagai Hubungan antara struktur dan efek Gugus -OH bebas pada C-11 penting untuk efeknya. BM betametason. yang selain berefek sistemik juga menaikkan afinitas pada reseptor kortisol (lihat hal 63 dst). Glukokortikoida terbaik terdapat pada kuadran kiri atas (penghambatan yang kuat pada keratinosit = antiradang kuat. Oleh sebab itu di sini hanya apek khusus yang dibahas.2. yaitu yang menyangkut penggunaan glukokortikoida secara topikal.7. perbedaan pembawa dapat dibedakan pada kekuatan kerjanya pada senyawa aktif yang sama Gambar B 9-3. Selain daripada itu kenaikan sifat lipofil dengan mengesterkan pada C-17 dan C-21 memperbaiki penetrasi glukokortikoda ke dalam kulit dengan demikian lebih memperkuat efeknya. Kenaikan efek dari hidrokortison yang relatif lemah mungkin selain dengan mengesterkan gugus –OH pada C-17. Struktur glukokortikoida topikal dengan hubungan yang lebih baik pada kegunaan/resiko (“soft steroid”) Tabel B 9-2. hal 423 dst. Pada jenis pengobatan ini · · · · · antiflogistika dan antiproliferatif (anti mitotikum) immunsuppresan antipruriginosa (menekan rangsang gatal) vasokonstriktor efek glukokortikoida sangat penting. penghambatan yang kecil pada fibroblas = antiproliferatif lemah.

. PC prednicarbat. PEC prednisolon-17-etilkarbonat. DCE desoksimetason-21-sinamat.valerat. Yang termasuk di sini adalah prednicarbat. Indikasi dan dosis. metilprednisolon aseponat. Biasanya 1-10% dari dosis diabsorpsi dan selama beberapa hari disimpan dalam lapisan tanduk. Pengobatan topikal dengan glukokortikoida diindikasikan pada sejumlah penyakit kulit terutama eksem yang bukan infeksi. Kinetika: Absorpsi glukokortikoida pada penggunaan topikal – seperti yang telah disebutkan -sangat ditentukan oleh daerah kulit (lihat gambar B 9-4) dan bentuk sediaan galenika. psoriasis. Soft steroids secara jelas menghambat pembentukan proinflammatory sitokin dalam keratinosit. Yang penting untuk toleransi yang lebih baik tampaknya adalah perbedaan biotransformasi obat-obat ini dalam keratinosit dan fibroblast sel-sel terpenting dalam kulit dan juga adanya perbedaan intervensi pada sintesa interleukin-1 (IL-1) sel-sel ini. penyakit pempfigus). pemutusan ikatan ester telah terjadi sebagian dalam kulit secara hidrolitik. Glukokortikoida yang hubungan antara efek dan efek sampingnya terutama menguntungkan (lihat di bawah) disebut soft-steroids. Sehingga dapat dijelaskan adanya resiko yang kecil terhadap suatu atrophi (lisutnya) kulit (lihat di bawah). sebaliknya dalam fibroblast berefek sedikit membantu proliferasinya (gambar B 9-3). PPA prednisolon-17-etilkarbonat-21fenilasetat (dari Gysler dan Schaefer-Korting) Pembagian: Menurut kekuatan efeknya maka topikal glukokortikoida dibagi atas beberapa golongan: Tabel B 9-2 menceritakan kembali pembagian menurut Miller dan Munro (kelas I-IV). hidrokortison aseponat dan hidrokortison buteprat maupun mometason furoat (lihat gambar B 9-2). PD prednisolon. Zat yang diabsorpsi akan diekskresi melalui ginjal. dermatosis kulit yang meradang yang disebabkan oleh cahaya dan penyakit prurigo (bandingkan tabel B 9-3). Soft-steroids. penyakit autoimun (Lupus erythematodes. DM desoksimetason. Untuk menghindarkan efek samping sedapat mungkin harus selalu dipilih suatu zat aktif yang 39 . Pada penggunaan salep secara umum lebih banyak zat aktif yang diabsorpsi daripada penggunaan krim dan gel.

folikulitis 40 . Psoriasis Psoriasis vulgaris III. telapak kaki. Kadang-kadang timbul purpura (perdarahan dalam kulit atau selaput lendir). Gambar B 9-4. Khasiat glukokortikoida pada pengobatan topikal dari dermatosis Penyembuhan yang cepat I eksem eksem kontak alergi eksem atopik pada anak-anak eksem seboroik II. Di samping itu sebaiknya pengobatan kontinyu (satu atau beberapa kali sehari) diubah menjadi pengobatan tandem atau interval (alternativ pemberian sediaan yang mengandung glukokortikoda dengan suatu basis salep atau basis krim yang sesuai yang tidak mengandung zat aktif diberikan bergantian harian atau mingguan). (terutama pada muka dan daerah siku dan lutut eksem atopik pada orang dewasa sering penyembuhan yang lambat Efek samping: Bergantung pada lamanya pengobatan. Penetrasi hidrokortison dalam kulit manusia (menurut feldman dan Maibach) Tabel B 9-3. perioral dermatitis (radang di sekitar mulut) dan pergeseran pigmen. kekuatan kerja glukokortikoida dan jenis pemakaian maka efek samping lokal yang dapat timbul adalah (misalnya dalam bentuk striae terbentuknya garis pita pada kulit orang yang hamil). telangiektasia (pelebaran kapiler yang menetap).mempunyai kekuatan efek yang kecil (pada eksem atopik digunakan glukokortikoida yang mempunyai kekuatan efek yang sedang). Dermatosis lain-lain Terbakar oleh matahari Pruritus dalam daerah genitoanal Lichen simplex Alopecia areata hipertropi luka parut Lupus erythematodes diskoid Psoriasis pada telapak tangan.

41 . yang bagi pasien seringkali lebih menyiksa daripada nyeri.(TannolactÒ. Yang termasuk di sini adalah preparat ter dan minyak-minyak bitumin yang disulfonasi (lihat hal 726 dst).6. losio) tidak cukup.2 Senyawa lain yang dapat menghambat peradangan Di samping glukokortikoida – dalam jumlah yang kecil – juga digunakan senyawa lain untuk pengobatan kulit meradang yang bukan infeksi secara topikal. seperti · · urea (salep Eucerinâ 10% urea) yang menaikkan kapasitas pengikatan air dari lapisan tanduk atau anastetika permukaan misalnya polidocanol (komponen dari Anaesthesultâ) yang menurunkan kepekaan syaraf kulit yang sensitif.4 Obat yang menghentikan rangsang gatal (antipruriginosa) Rangsang gatal merupakan gejala yang timbul pada berbagai jenis penyakit kulit. TannosyntÒ). digunakan zat aktif yang dapat meringankan atau menghilangkan rangsang gatal. Sediaan hidrokortison 0.6.3. Pada peradangan yang tampak jelas senyawasenyawa ini tidak cukup efektif. ParfenacÒ) dan fitofarmaka seperti sediaan dari camomile dan hamamelis (KamillosanÒ. dan lapisan tanduk yang rusak terdapat bahaya efek samping yang sitemik dengan menekan sumbu hipofisa-korteks anak ginjal maupun terjadi cushingsindrom. Selain daripada itu dengan efek yang masih tanda tanya digunakan bufeksamak (duradermalÒ. 3. Pada anak-anak terdapat bahaya penghambatan pertumbuhan. Efek samping bufeksamak adalah alergi.25% yang berefek lemah yang dapat diperoleh tanpa resep dokter secara umum mempunyai toleransi yang baik. HametumÒ) maupun senyawa yang disintesa dari fitofarmaka. Jika pengobatan dengan basis yang berefek mendinginkan (krim.(radang folikel rambut) setelah pemakaian pembalut okklusif maupun alergi kontak. terutama senyawa samak (gerbstoff). Di samping itu terutama pada penggunaan glukokortikoda yang sangat kuat pada permukaan yang luas. Softsteroids tidak menginduksi atropi kulit yang jelas. 3.

Sebagai alternativ dipertimbangkan pemberian secara sistemik H1-antihistamin (lihat hal 456 dst). tidak lagi digunakan saat ini sebagai pilihan pada psoriasis karena dapat menguntungkan berulangnya penyakit.2).1) dan akne (bandingkan 9.3. Akne. Untuk mengobati psoriasis digunakan: · · · · · · dithranol Psoralen (PUVA-terapi) Preparat ter dan minyak bitumin yang tersulfonasi Retinoida Asitretin dan Taazaroten Analoga Vitamin D3 dan Imunsupresan (metotreksat dan siklosporin) Pengobatan penyakit ini hingga saat ini tidak mungkin. isotretinoin dan adapalen (lihat hal 727 dst) maupun 42 .5 Obat keratolitik Gangguan pembentukan lapisan tanduk yang penting adalah psoriasis (bandingkan 9.Selain daripada itu isoprenalin (IngelanÒ. 3. lihat hal 334) yang diberikan secara lokal berefek anti pruriginosa. Psoriasis. tentu saja toleransinya lebih jelek daripada obat-obat yang disebutkan di atas.6. Glukokortikoida (lihat hal 423 dst) meskipun memiliki khasiat yang baik.3. Untuk mengobati akne digunakan: · · · · Benzoilperoksida Anti infeksi Asam azelain Retinoida-retinoida asam vitamin A. kebanyakan sering terjadi setelah terjadinya fase bebas gejala yang singkat atau lama gejala-gejalanya muncul kembali.

6. selain daripada itu asam salisilat dapat melindungi ditranol dari katabolisme oksidatif. Dengan pengaruh cahaya zat ini akan bereaksi dengan basa pirimidin DNA yang akan membentuk monoaddukt dan integrasi strang dan dengan demikian ia berefek antimitosis.5.05%).2Psoralen Psoralen merupakan turunan furokumarin fotoaktif. di mana sediaan ditranol kemudian dihilangkan setelah 10-30 menit pemakaian. Efek berdasarkan pembentukan jenis oksigen aktif (lihat gambar B 9-5). Psoralen menurunkan misalnya proliferasi sel-sel epidermis dan limfosit. karena toleransi dapat berkembang selama pengobatan maka kadar ditranol harus dinaikkan menjadi 1-3%. Terapi dimulai dengan konsentrasi ditranol yang amat rendah (0.· Anti androgen (lihat hal 452 dst). Pada terapi PUVA selain dipakai psoralen juga digunakan sinar 43 . Selain itu dapat digunakan pengobatan dengan pengelupasan.1 Ditranol Untuk penanganan psoriasis maupun alopesia areata digunakan juga ditranol (Anthralin. Sediaan dalam perdagangan yang dapat digunakan adalah partikel aluminium oksida (BrasivilÒ) atau damar silikon (JaikinÒ N) . 3. Micanolâ). yang terdapat pada berbagai tanaman (misalnya Umbelliferae). Pemakaian ditranol dikontraindikasikan pada daerah muka. pada daerah psoriasis menurunkan kecepatan pembelahan dan menurunkan infiltrasi radang.6. 3. pada oklusio karena efek iritasi yang kuat. Ditranol dapat diabsorpsi lebih baik pada daerah psoriasis dibandingkan dengan kulit yang sehat. Cignolin. lipatan kulit. Dengan bantuan terapi jangka pendek. dapat mereduksi efek iritasi efek pucat dari kulit dan efek luntur dari pakaian yang tidak diinginkan oleh produk oksidasi dari ditranol (“coklat cignolin”) tanpa mengurangi efek. Diduga bahwa penetrasi yang lebih baik ke dalam kulit sebagai sebabnya. Senyawa ini mempunyai efek rangsangan yang kuat pada kulit. Pada pemakaian dalam bentuk sediaan yang mengandung urea (Psoradexanâ) dan preparat yang mengandung asam salisilat (Psoralonâ MT) efeknya akan meningkat.5.

6. indikasinya harus diamati dengan tegas. Pada pemakaian luar bahaya efek samping sistemik kecil (lihat di bawah). Metoksalen digunakan pada melebarnya penampakan kulit sebagai obat dalam (0.4 mg/l segera sebelum penyinaran).3 Preparat ter dan minyak bitumin yang tersulfonasi Ter adalah campuran berbagai komponen terutama senyawa hidrokarbon aromatis yang komponennya berubah-ubah (bergantung asal dan suhu). Sebagai efek samping pada pemberian sistemik sering timbul mual. Di samping itu perlu mengawasi pasien dengan teliti. Oleh karena itu maka pengobatan topikal lebih dipilih. tablet 8metoksipsoralen. bahkan pada kasus tertentu mematikan. Karena bahaya terjadinya kerusakan mata (katarak) setelah 6-8 jam pengobatan. Untuk pengobatan yang terutama digunakan adalah ter batu arang (Pix lithantracis). terutama pada penggunaan jangka panjang. Ter yang berasal dari bagian tanaman yang dulu banyak digunakan (Pix betulina = 44 .6 mg/kg 2 jam sebelum penyinaran) atau dengan mandi (0. pasien masih tetap diharuskan memakai kaca mata yang mencegah masuknya sinar UV gelombang panjang ke dalam mata. selain daripada itu hasil terapi tidak dipengaruhi oleh ketersediaan hayati yang sangat beragam. 3.ultraviolet yang mempunyai panjang gelombang yang panjang (UV-A). Karena kelarutan yang rendah dan oleh karena itu terjadi problem pelepasan maupun efek lintas pertama maka ketersediaan hayati senyawa sangat bervariasi antar individu dan intraindividu pada pemberian oral. Pada pemakaian topikal metoksalen berpenetrasi ke dalam epidermis. suatu limfoma kulit. Karena fotosensibilitas yang tampak jelas maka penyinaran dengan UV-A sedikit di atas dosis akan menimbulkan luka bakar yang berat. Suatu terapi PUVA diindikasikan pada berbagai penyakit kulit terutama psoriasis dan Mycosis fungoides. atau larutan pekat meladininâ). di dalam darah kadarnya tidak terukur.5. Senyawa yang paling banyak digunakan adalah metoksalen (ammoidin. Karena kemungkinan terdapat kerja mutagen dan karsinogen.

3. tingtur Quillaja). mungkin melalui pengikatan DNA.6.5. Jika kerja ter yang tak terlalu intensif sudah mencukupi maka dapat digunakan Lithantracis picis liquor. karena amoniumbituminosulfonat mengandung senyawa hidrokarbon polisiklik aromatik yang kurang. misalnya amoniumbituminosulfonat (Ichthyolâ. eksema infiltrasi kronis dan eksema terlikhenifikasi serta pada pruritus. Dalam hewan uji preparat ter berefek kanserogenik karena pada biotransformasi terbentuk epoksida. folikulitis. Selain itu ter berefek menghambat peradangan. akne akibat ter. Pix liquida = ter kayu) saat ini sudah jarang digunakan. Ichtolanâ). Ter batu arang biasanya digunakan pada pembalut dalam bentuk tak diencerkan atau sebagai komponen dalam salep atau pasta.Birkenteer. Dermatosis basah merupakan kontra indikasi. Oleh karena itu indikasinya harus ketat dilaksanakan. Sebagai efek samping yang berarti adalah iritasi lokal. Minyak bitumin tersulfonasi. Ter menghambat perbanyakan sel. Pada furunkula senyawa ini dapat menghilangkan bekas dengan cepat. menghilangkan rangsang gatal (efek anastesi dari komponen fenol) dan anti mikroba lemah. Psorkutanâ) dan Tacalcitol (Curatodermâ) 45 . Efek samping yang berarti dari sediaan ter adalah fotosensibilitas. memiliki efek yang mirip dengan ter. Ter batu arang diindikasikan pada psoriasis (juga dikombinasikan dengan sinar UV). Akan tetapi resiko efek genotoksik lebih kurang dibandingkan dengan ter. anti eksem. Efek anti proliferasi dapat ditingkatkan dengan penyinaran UV (lihat di bawah).4 Analoga Vitamin-D3 Pada pengobatan psoriasis derivat Vitamin D3 yang digunakan adalah · · Calcipatriol (Daivonex. (Pix lithanthracis 20% dalam. Terutama pemakaian dalam jangka waktu yang lama harus dihindarkan. Tumor sering terjadi pada orang-orang yang bekerja dengan ter dalam jangka waktu lama.

Senyawa yang tidak memiliki struktur aromatis -seperti prototipe alami.disebut sebagai retinoid generasi pertama. Meskipun demikian kerusakan hati dapat juga terjadi pada pemberian methotrexat dosis rendah.5.5 Immunsupresan Pada bentuk resitensi terapi psoriasis yang terberat (misalnya Psoriasis artropatika) terbukti methotrexat (lihat hal 884 dst) dan siklosporin (lihat hal 931 dst) berhasil. Calcipotriol dan Tacalcitol diindikasikan pada terapi lokal Psoriasis. Salepnya mengandung zat aktif dengan konsentrasi 50 µg/g atau 4 µg/g.Calcipotriol dan Tacalcitol berbeda dari Calcitriol. akne). 3. Jika kedua turunan Vitamin D3 berdasarkan pengaruhnya pada perbanyakan sel dan differensiasi sama dengan Calcitriol. hanya oleh perubahan suatu rantai samping.6. Tretinoin digunakan juga 46 . 3.6.5. Efeknya berdasarkan atas adanya penghambatan sel-sel T yang sitokinnya pada Psoriasis membantu hiperproliferasi keratinosit. Ichtyosis vulgaris. bentuk aktif dari Vitamin D3 (lihat hal 741 dst). senyawa monoaromatis disebut sebagai retinoid generasi kedua dan senyawa poliaromatis disebut retinoid generasi ketiga. maka pengaruhnya pada metabolisma kalsium pada pemberian topikal sangat berkurang karena senyawa tersebut setelah diabsobsi segera mengalami metabolisme. Sebagai efek samping terjadi iritasi lokal terutama pada penggunaan untuk wajah. terutama pada pasien Diabetes melitus. Karena dosis yang lebih rendah maka efek hepatotoksik dari metotrexat (10-15 mg sekali dalam seminggu) dan bahaya kerusakan ginjal pada siklosporin (dosis harian maksimal 5 mg/kg) lebih kecil dibandingkan dengan pengobatan tumor maupun kedokteran transplantasi. Retinoid digunakan terutama untuk terapi hiperkeratosis dan diskeratosis (misalnya psoriasis. gangguan metabolisme lemak dan penyalahgunaan alkohol.6 Retinoid Yang dimaksud dengan retinoid adalah turunan secara alami (mis tretinoin dan isotretinoin) maupun turunan sintetik dari vitamin A (lihat hal 738 dst). Resiko terjadinya suatu hiperkalsemia karena absorbsi dari kedua senyawa tersebut mengharuskan pembatasan dosis.

untuk pengobatan leukimia. lapisan tanduk menjadi longgar. Karena toleransinya yang relatif baik maka isotretinoin dan asitretin dapat diberikan secara sistemik. Jika tretinoin dan isotretinoin pada semua reseptor RAR mempunyai afinitas yang sama. Peningkatan daya lekat dari sel-sel tanduk dalam kanal folikel pada akne berkurang. Dewasa ini ada dua jenis reseptor asam vitamin A yang dikenal yaitu RAR dan RXR dimana masing-masing memiliki 3 subtipe (a. Dalam hal ini retinoid menurunkan peningkatan proliferasi sel dengan jalan menghambat aktifator protein-1 (AP1) dan mengganggu pembentukan sitokin (gambar B 9-6). Setelah pengikatan ligan pada salah satu dari reseptor tersebut maka akan terbentuk homodimer (RAR-RAR) atau heterodimer (RAR-RXR). Dengan mengganggu pembentukan keratin. retinoid menormalkan pertumbuhan dan differensiasi sel-sel kulit dan sel-sel mukosa. permukaan sel dapat dengan mudah terkelupas.sis asam retin). Efek. retinoid melekat pada reseptor intra seluler (lihat hal 63). Seperti hormon steroid dan hormon kelenjar tiroid maupun vitamin D. Isotretinoin menurunkan produksi sebum dengan jalan memperpanjang fase pematangan dari sel-sel sebosit. Secara teraupetik retinoida digunakan (tabel B 9-4) · · · Retinoid generasi pertama asam vitamin A (tretinoin) dan 13-cis-isomer isotretinoin (13. Mekanisme kerja. sehingga peningkatan kecepatan pembelahan terjadi pada sel-sel epidermis dalam daerah psoriasis dapat direduksi. Selain itu retinoid berefek menstimulasi sistem imun (lihat hal 925) dan menghambat peradangan. dimana sebagai faktor transkripsi mempengaruhi ekspresi gen. Sebaliknya RXR berinteraksi dengan isoform dari asam vitamin A yaitu 9-cis-asam vitamin A. b dan g). sedangkan prototipe yang lain dari golongan senyawa ini hanya untuk pemberian secara topikal. 47 . Retinoid generasi asitretin maupun Retinoid generasi ketiga adapalen dan tazaroten. Seperti vitamin A. Dalam epidermis RAR g adalah dominan. maka retinoid generasi ketiga hanya mempunyai afinitas terhadap RAR b dan g.

maka asitretin-etil-ester mempunyai afinitas yang khusus terhadap jaringan lemak sehingga hanya dieliminasi secara lambat.1%. yang selain daripada itu dapat menimbulkan iritasi pada kulit. sering terbentuk papula dan pustula yang banyak (yang disebut sebagai memekarnya akne). Tazaroten terdapat dalam bentuk gel dengan konsentrasi zat aktif 0. isotretinoin dan adapalen digunakan untuk pengobatan akne vugaris secara topikal pada sediaan dengan konsentrasi 0. kemudian ester ini diganti dengan asam bebas. Karena sifat lipofilnya yang tinggi. menghambat pembentukan protein yang diinduksi AP-1 ­ meningkat. Ester tasaroten adalah suatu prodrug dari asam tasaroten yang dibebaskan dalam kulit. Tabel B 9-5. karena asam bebas ini memiliki waktu paruh yang jelas lebih pendek (50 jam dibandingkan 120 hari). Tidak ada satupun retinoid yang digunakan tersimpan dalam tubuh selama beberapa minggu. Dahulu etretinat sendiri digunakan untuk pengobatan psoriasis. Tetapi asitretin dimetabolisme sebagian menjadi etretinat. Farmakokinetika retinoid Terapi lokal. ¯ menurun Kinetika.05 dan 0. Karena perubahan yang bersifat meradang pada komedo dalam minggu pertama pengobatan suatu akne dengan retinoid. Meskipun demikian pengobatan dilanjutkan secara konsekuen dengan syarat dosis harus dikurangi karena tanda-tanda ini beberapa saat kemudian berangsur- 48 .025-0. Parameter farmakokinetika yang penting terdapat pada tabel B 9-5. Karena asitretin sebagian dimetabolime menjadi etretinat maka harapan suatu keamanan terapi yang jauh lebih baik tidak terpenuhi.1% untuk pengobatan psoriasis ringan hingga sedang. Mekanisme kerja retinoid: membantu diferensiasi dan menghambat proliferasi serta efek antiflogistika dengan bekerja pada ekspresi gen: memperbanyak pembentukan protein yang diinduksi oleh retinoid. Tretinoin. asitretin-etil-ester.Gugus karboksil dari senyawa aktif penting untuk pengikatan pada RAR dan RXR. Gambar B 9-6.

asitretin untuk psoriasis parah dan gangguan keratinisasi lainnya (misalnya ichthyosis vulgaris). Berbeda dengan asam vitamin A yang hanya dapat digunakan secara lokal. adapalen jelas-jelas mengungguli tretionoin Retinoid untuk terapi oral.angsur menghilang dan kulit terlihat mengalami regenerasi. asitretin 30-75 mg/hari). retinoid yang diberikan secara sistemik berefek teratogen. Pemberian dosis disesuaikan dengan efek klinis serta apakah obat dapat diterima dengan baik (Dosis pemeliharaan rata-rata dari isotretinoin 0. Isotretinoin diindikasikan terutama untuk bentuk akne yang berat (misalnya akne konglobata). Karena pasien yang berusia muda maka risiko pemakaian obat-obat ini pada terapi akne lebih kecil dibandingkan dengan pengobatan psoriasis dan ichtyosis. iritasi dan pengeringan kulit serta mukosa dan pada sekitar 30% pasien diamati adanya kerontokan rambut yang reversibel dan tergantung dosis yang digunakan. Sehingga dianjurkan untuk tidak hamil pada saat memakai isotretinoin hingga akhir siklus menstruasi. Suatu iritasi kulit tambahan misalnya efek cahaya yang intensif atau efek iritasi dari senyawa lain sebaiknya dihindari. harus menggunakan kontrasepsi yang ketat. Efek samping yang terjadi di samping radang bibir (cheilitis) yang hampir dipastikan selalu ada. Karena efek sampingnya yang amat besar. Berdasarkan toleransi lokalnya. Jika pemberiannya tidak dapat dihindarkan maka selama pemakaian dan juga hingga zat aktif habis diekskresi dari tubuh. juga pruritus. isotretinoin dan asitretin dapat digunakan secara oral. Efek samping dan kontraindikasi pada pemakaian sistemik. Kadang-kadang dapat terjadi peningkatan kadar transaminase dalam serum dan peningkatan kandungan lipida dalam serum. Serupa dengan vitamin A. atau bahkan dua tahun setelah pengobatan dihentikan. Dosis keseluruhan dari 120 mg/kg isotretinoin menyebabkan suatu penyakit tidak sembuh secara tuntas dalam waktu yang lama. deskuamasi pada telapak tangan dan kaki. Oleh karena itu penggunaanya pada wanita usia subur (relatif) dikontraindikasikan. Efek semacam ini tidak diperoleh pada cara pengobatan akne yang lain.5 mg/kg per hari. 49 . penggunaan isotretinoin dan asitretin hanya dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan yang teliti.

5. Klinoxidâ. Klinoxidâ. Dengan membebaskan oksigen. Benzoilperoksida (Aknefugâ-oxid. Seperti asam vitamin A. Akneroxidâ.7 Benzoilperoksida dan Asam Azelain Benzoilperoksida. PanOxilâ. Benzoilperoksida yang diabsorpsi akan dibiotransformasi menjadi asam benzoat dan setelah mengalami konyugasi akan diekskresi sebagai asam hipurat. Pada zat aktif yang diabsorbsi akan diekskresi sebagian melalui ginjal. 3. Sanoxitâ) mengandung benzoilperoksida dalam konsentrasi 3 dan 10%. PanOxilâ. Sanoxitâ) Efek samping yang terjadi yaitu rasa gatal dan rasa terbakar pada kulit.6. Benzaknenâ. Efek merangsang pembentukan tumor tidak dapat dipastikan secara absolut. benzoilperoksida bekerja mendisinfeksi. Di samping itu juga menimbulkan reaksi radang pada kutis diikuti dengan pembentukan sisik. kemungkinan membantu penghambatan hiperkeratosa folikel untuk khasiatnya pada akne. ClinesfarÒ) tampaknya lebih efektif dan lebih mampu diterima oleh tubuh jika dibandingkan dengan pemberian tretinoin saja.Interaksi. Akneroxidâ. Pada asam azelain (SkinorenÒ) suatu asam dikarbonat yang juga mereduksi jumlah bakteri dalam folikel kelenjar sebum. Pemakaian preparat kombinasi sediaan dari tretinoin dan eritromisin (lihat hal 806 dst. Pada pemberian oral isotretinoin yang dikombinasi dengan tetrasiklin. menaikkan resiko terjadinya pseudo-tumor serebri. Cordesâ BPO. Benzaknenâ. Oleh karena itu pemberian secara bersama-sama dari kedua obat akne tersebut tidak diperbolehkan. Benzoilperoksida tidak boleh berkontak dengan mata atau mukosa. terutama terhadap bakteri anaerob. Cordesâ BPO. termasuk juga Propionibacterium acnes. Asam azelain. senyawa ini berefek komedolitik walaupun kerjanya lebih lemah. Di samping itu 50 . Preparat yang lazim (Aknefugâ-oxid.

Aknemycinâ. Resorsin dan urea pada konsentrasi tinggi (5-20% atau 20-40%) dan belerang (dalam bentuk endapan) juga memiliki efek keratolitik. Resistensi dan resistensi silang dari P. Sebagai efek samping timbul iritasilokal. kollagenase. dikombinasi dengan asam vitamin A atau ion zink adalah komponen dari Clinesfarâ atau zinerytâ) dan clindamycin (lihat hal 809 dst. Untuk pengobatan topikal terutama digunakan eritromisin (lihat hal 806 dst. Pada obat-obatan ini penurunan jumlah bakteri dalam folikel kelenjar sebum bertanggung jawab untuk efeknya terhadap akne. Varidaseâ. spiritus salisil. dan kolodium salisil (2-10%). acnes yang semakin meningkat setelah pengamatan jangka panjang tentu saja menuntut suatu pemikiran tentang efek/resiko pemakaian eritromisin dalam pengobatan akne.6. 3. desoksiribonuklease. sehingga menunda proses penyembuhan. Yang umum digunakan adalah vaselin salisil. fibrinolisin.8 Anti infeksi dalam pengobatan akne.6 Obat keratolitik dan obat korosif Zat yang paling sering digunakan untuk menghilangkan ketombe dan melunakkan keratin adalah asam salisilat.dikatabolisme melalui b-oksidasi menjadi asam asetat dan asam malonat.6. streptodornase dan lain-lain) digunakan untuk mengobati ulserasi.6. 3. dimana material nekrotiknya bersamasama dengan nanah dan darah menyebabkan infeksi pada luka. karena kerja korosifnya digunakan Argentum nitricum dan berbagai asam (asam triklor asetat. larutan akne Basocinâ). 51 . Protease dapat menyembuhkan luka dengan jalan mempercepat peruraian sel-sel yang mati tersebut (material nekrotik). Untuk granulasi luka yang tumbuh atau rhagade. Preparat dagang: Fibrolanâ.5. Plester asam salisilat (Guttaplastâ) memiliki arti penting pada pengobatan kutil. Secara sistemik disamping eritromisin digunakan tetrasiklin (lihat hal 805 dst). 3. asam laktat). Aknefugâ-EL.7 Preparat enzim Berbagai protease (tripsin.

3. cahaya UV-B dengan jangkauan panjang gelombang 280-320 nm dapat menimbulkan kerusakan kulit akut (dermatitis solaris. karena dengannya proses depigmentasi akan tampak berkurang. yang ditandai dengan adanya bercak-bercak pada daerah kulit yang tidak mengalami proses pigmentasi (depigmentasi). dimana radikal bebas dapat bereaksi dengan komponen DNA.6. pada dermatitis/berlock akibat pemakaian parfum pada kulit yang terkena sinar matahari) atau hiperpigmentasi bawaan (Sommersprossen=bercak merah akibat cahaya matahari) digunakan hidrokinon. Vichy Selbsbräuner). Pada kulit yang sehat. Selain dari pada itu. mungkin dilakukan pencoklatan kulit buatan dengan kosmetik dihidroksi aseton (Roche Posay Auto Heliosâ. yaitu kira-kira 2-4 bulan setelah awal terapi. 3. Pada 52 . Karena melanin yang sudah ada tidak dapat diganggu maka depigmentasi akan terjadi setelah melanin tersebut terurai. yang terbentuk dengan melalui ikatan kovalen zat aktif pada gugus amino dari keratin atau asamasam amino bebas.6.6. 3.6.6.8. Addison. terutama dalam kombinasi dengan tretinoin (komponen dari Pigmanormâ). Sonnenbrand (terbakar matahari)). Vichy Selbsbräuner) 3. Hidrokinon menghambat secara reversibel sintesa melanin dalam melanosom.9 Senyawa pelindung cahaya Pelindung cahaya adalah perlindungan kulit (dan kalau perlu pada tubuh keseluruhan) terhadap kerusakan oleh penyinaran cahaya.5.2. dihidroksi aseton (Roche Posay Auto Heliosâ.1 Zat aktif yang membantu proses pigmentasi Proses pigmentasi kulit dapat dibantu pada penderita Vitiligo idiopatik. Hal ini menyebabkan reaksi fotokimia sekunder.8. Untuk pengobatan digunakan metoksalen (lihat hal 726) seperti yang telah dibicarakan pada 3.8 Obat yang digunakan untuk terapi gangguan pigmentasi. Disarankan terutama untuk pasien-pasien ini diberikan perlindungan terhadap cahaya yang sempurna (lihat di bawah).2 Zat-zat yang dapat menghilangkan pigmentasi Untuk terapi hiperpigmentasi yang diperoleh (misalnya hiperpigmentasi yang disebabkan oleh ACTH pada M.

Perlindungan terhadap cahaya secara alamiah didapat dengan pembentukan lapisan keratin yang banyak (hiperkeratosis) dan terutama oleh pembentukan melanin di kulit. hal 718 dst).gambar B 9-7 diberikan khasiat eritema relatif sesuai besarnya panjang gelombang cahaya.3. Perlindungan terhadap cahaya secara buatan dapat dilakukan selain dengan pakaian juga dengan penggunaan (senyawa pelindung cahaya) yaitu · · senyawa yang menyerap cahaya atau senyawa yang merefleksikan cahaya Pada penggunaan senyawa yang menyerap cahaya. keratosis aktinik serta basalioma.9. ter. dibedakan bedasarkan pada letak puncak absorpsi dan letak pita absorpsi terdapat berbagai jenis: 53 . Tabel B 9-6 Daerah panjang gelombang yang menimbulkan dermatosis cahaya (menurut Bandmann) Dermatosis Urtikaria cahaya Dermatosis cahaya poilmorti yang kronis Dermatitis fototoksik Dermatitis fotoalergik Porfiria Xeroderma pigmentosum + UV-B UVA sinartampak IR + + (+) + + + + + (+) + + + Kerusakan kronis akibat cahaya (kerusakan sumasi cahaya) adalah kulit menua (Cutis senilis). Untuk mencegah kerusakan pada kulit yang diakibatkan oleh berkurangnya lapisan ozon yang dideteksi pada beberapa tahun belakangan ini. Di samping UV-B ternyata UV-A berpanjang gelombang tinggi dan sinar tampak juga berefek merusak pada beberapa dermatosis oleh cahaya tertentu (lihat tabel B 9-6). yang juga disebut penyaring cahaya. disarankan mengurangi eksposisi cahaya matahari. minyak Hipericum perforatum) dapat berefek fotosensibilisasi. karsinoma spinoseluler dan melanom maligna (lihat B 9. Senyawa tubuh sendiri (misalnya porfirin) dan senyawa yang asing bagi tubuh (misalnya etakridin.

Tugasnya adalah menyerap sebanyak mungkin sinar yang menimbulkan eritema. Kerugian pada penyaring UV-B murni adalah karena resiko yang kecil terjadinya luka terbakar matahari (Sonnenbrand).7 Ringkasan 54 . bahkan terhadap pengaruh air (keringat. 3. Oleh karena itu sediaan pelindung cahaya masa kini juga melindungi kulit terhadap UV-A. Untuk faktor pelindung cahaya yang lebih besar dari 15 disebut sebagai Sunblock. Sehingga bahaya kerusakan yang ditimbulkan oleh UV-A yang kurang berbahaya. asam cinnamat. sehingga hanya eritema ringan saja yang terjadi.· · · Penyaring UV-B (asam p-aminobenzoat. Terutama titan dioksida (MicrosunÒ 20) berefek merefleksikan cahaya Penyaring UV-B sudah digunakan sejak lama dalam sediaan pelindung cahaya. Kerja pelindung cahaya ini dinyatakan dalam apa yang disebut faktor pelindung cahaya. mandi dan lain-lain). maka penyinaran oleh sinar matahari dapat diperpanjang berkali-kali. Sebagai contoh dari sediaan pelindung cahaya yang modern adalah Daylongâ16 yang mengandung zat aktif asam P-metoksisinamat-2-ester-etilheksil maupun 2-hidroksi-4metoksibensofenon. derivat benzimidazol) Penyaring UV-A (senyawa dengan struktur dibenzoil metan) Penyaring spektrum luas (derivat benzofenon). Dalam tabel B 9-7 disusun beberapa senyawa pelindung cahaya beserta absorpsi maksimumnya. Liposom sebagai pembawa zat aktif menjamin ketersediaan hayati dari senyawa pelindung cahaya dalam stratum korneum sepanjang hari. akan meningkat. Faktor ini menunjukkan berapa kali lebih lama kulit dengan sediaan pelindung ini dibandingkan dengan kulit tanpa sediaan pelindung dapat berkontak dengan penyinaran sinar matahari hingga timbulnya eritema. yang diperlukan untuk menimbulkan warna coklat pada kulit sesuai dengan keinginan.

7. Weinheim: WileyVCH Verlag. minyak Hipericum perforatum) dapat berefek fotosensibilisasi.431 Buku2 : hal. "Leitfaden für die Kosmetische Praxis. Pada kulit yang sehat.Pelindung cahaya adalah perlindungan kulit (dan kalau perlu pada tubuh keseluruhan) terhadap kerusakan oleh penyinaran cahaya. Tharwad F Thadros.106 3. 8. Handbook of Nutraceutical. 2007. 6. Heidelberg. Pada gambar B 9-7 diberikan khasiat eritema relatif sesuai besarnya panjang gelombang cahaya. 55 . Pharmaceutical Press. Lisa Rapport. Di samping UV-B ternyata UV-A berpanjang gelombang tinggi dan sinar tampak juga berefek merusak pada beberapa dermatosis oleh cahaya tertentu (lihat tabel B 9-6). USA. 2008. Wissenschaftliche Verlagsgesellschaft.9 Bahan Evaluasi Buku1 : hal. 4. Hal ini menyebabkan reaksi fotokimia sekunder. 4 Auflage. Sonnenbrand (terbakar matahari)). Jürgen Stellpflug. Nahrungsergänzungsmittel. USA. 2004.8 Soal-Soal 1. Steinkopf Darmstadt. 2007. Saur Ralph. Springer Medizin Verlag. 3. Frankfurt am Main. 2007. Wolfgang Raab. Die Große Kosmetikliste. 2005. Stuttgart. cahaya UV-B dengan jangkauan panjang gelombang 280-320 nm dapat menimbulkan kerusakan kulit akut (dermatitis solaris. Pflegekosmetik ein Leitfaden. ter. Nutraceuticals. Dermatokosmetik. Kerscher Martina. Scholz Eberhard. 3. 2. 99 Tabellen. 2. 2004. Sebutkan pengaruh cahaya terhadap kulit. Wissenschaftliche Verlagsgesellschaft. Senyawa tubuh sendiri (misalnya porfirin) dan senyawa yang asing bagi tubuh (misalnya etakridin. Pharmaceutical Press. Stuttgart. 3. 5. Konrad Herrmann. Second Edition. 2005. Colloids in Cosmetics and Personal Care. dimana radikal bebas dapat bereaksi dengan komponen DNA. 10 Daftar Bacaan 1. May-Manke Antje. Lockwood Brian. Dermatologie und Medizinische Kosmetik. Auflage.

diskusi dan latihan (responsi) 4.4 Pencapaian Sasaran Kemampuan menjelaskan peranan kosmetik dalam pencegahan penuaan dini. 4. Profesi ini berkonsentrasi pada perawatan kulit. sedangkan dermatologi adalah mendiagnosis dan mengobati penyakit kulit. rambut dan kuku.1 Pendahuluan Kosmetik meliputi semua aspek yang berhubungan dengan kecantikan.2 Sasaran Pembelajaran Memahami peranan kosmetik dalam pencegahan penuaan dini. melindungi kulit dan memperbaiki penampakannya. 56 . mencegah dan memperbaiki penampakan kulit. 4. Seorang kosmetisian adalah seseorang yang bekerja di bidang kosmetika.BAB 4 BAHAN PEMBELAJARAN 3 KOSMETIK DAN PENCEGAHAN PENUAAN DINI 4.3 Proses Pembelajaran Kuliah (ceramah). Istilah “kosmetik berasal bahasa Yunani yang berarti kosmesis (memperindah) atau kosmeo (untuk mangatur). yang pekerjaannya adalah memelihara.

1. 4. Yang termasuk kategori ini adalah makeup.2 Perawatan Kulit Kosmetika digunakan untuk mencapai dan mempertahankan kehalusan dan kelenturan kulit.6.2.2 Klasifikasi Sediaan Kosmetika Sediaan kosmetika diklasifikasikan menurut fungsinya yaitu untuk: · Memperbaiki penampilan dan kecantikan. 57 . Beberapa bahan memiliki efek pelindung. Pada saat yang bersamaan dibuat untuk menyamarkan bagian yang kurang menarik dan memperbaiki lesi kulit. · Perawatan kulit · Pelindung kulit 4. mempercantik. jika dibutuhkan.1. Drug and Cosmetic (FDC) Amerika mendefinisikan kosmetik sebagai: (1) Bahan-bahan yang digunakan dengan cara digosok.1 Definisi Dasar 4.6. pewarna rambut dan cat kuku dan sebagainya.1 Definisi dari Suatu Produk Kosmetik Menurut Food.2.4. 4. ditaburi atau disemprot pada tubuh manusia atau pada bagian-bagian tubuh manusia yang berfungsi untuk mencuci. menambah daya tarik atau mengubah penampilan dan (2) Bahan-bahan yang digunakan adalah tidak termasuk sabun.6.1.1.6.6.1 Memperbaiki Penampilan dan Kecantikan Tujuannya adalah memperbaiki penampilan dengan menekankan pada bagian muka atau tubuh yang terlihat lebih baik supaya penglihatan orang terfokus pada bagian tersebut.6 Bahan Pembelajaran 4.5 Uraian bahan pembelajaran: Definisi dari Suatu Produk Kosmetik. pencegahan penuaan dini 4. Bahan yang termasuk di sini adalah pelembab dan pencuci muka.

Produk klasik yang berefek 58 . Setiap sediaan kosmetika dan setiap bahan. Istilah kosmesetikal (kosmetika aktif) didefinisikan sebagai produk yang memiliki efek menguntungkan pada kulit tetapi tidak memiliki efek terapi biologis yang jelas.6. Pelembab juga memiliki efek pelindung kulit. Banyak kosmetika dipasarkan dengan pernyataan sebagai berikut: · Mempercepat pembentukan sel-sel kulit baru · Membangun jaringan penunjang kulit · Memperbaiki kerusakan kulit · Memperbaiki skin aging.3.1. Professor Albert Kligman pada pertengahan tahun 1980-an.1. Biasanya perbedaan antara produk kosmetika dan obat terletak pada konsentrasi bahan aktif. Seperti misalnya pada konsentrasi rendah. Berdasarkan pada definisi FDC. angin. pembersih dan produk pewarna. karena berhubungan dengan perubahan fungsi dan struktur jaringan. fungsi asam hidroksi sebagai pelembab. Istilah ini merupakan gabungan antara istilah kosmetik dan obat dan merujuk pada sediaan di antara kedua kelompok ini. Semua efek di atas hanya dapat dicapai dengan menggunakan obat.4. produk kosmetika tidak dimaksudkan untuk mengubah atau mempengaruhi struktur atau fungsi jaringan tubuh. 4. pembagian antara produk kosmetika dan obat jelas.6. Sediaan sunscreen termasuk dalam kategori ini. Hampir semua kosmetika tidak lebih dari pelembab.Kosmesetikal Istilah kosmesetikal diperkenalkan pertama kali oleh seorang dermatologist. dingin dan lain-lain. Sabun yang mengandung bahan-bahan antimikroba juga termasuk dalam kategori ini karena mengandung bahan antibakteri yang melindungi kulit dari bakteri. Definisi Antara Obat dan Kosmetika Dahulu. hanya jika pada konsentrasi lebih tinggi. Saat ini batasan antara produk obat dan kosmetika untuk perawatan kulit menjadi samarsamar.3 Pelindung Kulit Tujuannya adalah melindungi kulit dari matahari. Derajat perubahan bergantung pada konsentrasi bahan dan lama kontak. yang sederhana sekalipun dapat mengubah kulit pada derajat tertentu. asam hidroksi memiliki efek yang signifikan terhadap epidermis.2.

Juga terjadi secara perlahan pemipihan secara perlahan ikatan antara epidermis dan dermis. Perubahan ini terjadi pada semua lapisan kulit dan dapat diklasifikasikan sebagai berikut: 1. Proses degenerasi disebut atropi. Lapisan lemak menjadi lebih tipis. Proses ini lebih terlihat pada wanita dibanding laki-laki.kosmesetikal adalah sediaan retinol. yang merupakan bahan yang lebih kurang potent daripada tretinoin. tangan. seiring dengan waktu terlihat tanda-tanda penuaan: berkembangnya dan dalamnya kerutan. asam b-hidroksi dan beberapa bahan pemutih. 59 . terjadi penipisan kulit secara perlahanlahan pada semua lapisan. Perubahan ini tentu saja hanya terjadi pada bagian-bagian yang terpapar sinar matahari. Penuaan kulit adalah ekspresi alami dari seseorang yang umurnya sudah tua. dermis dan sub kutan. 4. Kehilangan lapisan lemak lebih banyak terjadi pada beberapa area: muka. Produk lain yang didefinisikan sebagai kosmesetikal adalah asam a-hidroksi. Perubahan karena proses penuaan yang alami yang disebut sebagai chronological aging. Penuaan yang disebabkan oleh faktor-faktor lingkungan: faktor terpenting adalah sinar matahari. Penipisan Kulit Penipisan kulit mulai terjadi sekitar umur 45 tahun. Seorang yang masih muda memiliki kulit yang halus dan elastic. Genetika menentukan kecepatan kulit menjadi tua dengan jalan mengontrol beberapa factor seperti: · · · Daya tahan kulit Mekanisme hormonal Ketebalan kulit (kulit yang tebal cenderung untuk sedikit mengerut) 2.6. termasuk epidermis. tampaknya bintik-bintik hitam dan mengendurnya kulit. Faktor-faktor genetika sangat menentukan kualitas kulit.2 PENCEGAHAN PENUAAN DINI Kita semua telah mengetahui proses penuaan.

Gambar 1: kulit atrophi yang sangat tipis Semua perubahan di atas menyebabkan kerut dan kehilangan elastisitas kulit. kulit menjadi lebih kering. Dengan meningkatnya umur. terdapat kecenderungan hemorrhage local sebagai suatu hasil trauma minimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kualitas kulit dan juga meningkatnya fragilitas pembuluh darah. Perubahan Lain yang Terjadi dengan Umur Dengan semakin bertambahnya umur. terjadi perubahan yang signifikan pada kulit yang mempengaruhi: · · · · Kadar kelembaban Kecepatan dan lokasi pertumbuhan rambut Pigmentasi Dan ukuran kelenjar sebasea Kandungan Kelembaban Dengan bertambahnya umur. Produksi sebum dari kelenjar sebasea membentuk lapisan lipida halus di atas permukaan kulit. Kehilangan kekuatan dan ketebalan kulit . dan lapisan di atasnya. Kulit kering sebagian disebabkan oleh berkurangnya aktivitas kelenjar sebasea. Terdapat juga penurunan kemampuan kulit untuk mempertahankan kadar air. Pengurangan aktivitas ini tampak nyata pada wanita yang menopause dan pada umur yang lebih tua pada laki-laki. Oleh karena itu penurunan produksi sebum menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Istilah medis untuk kekeringan yang ekstrim adalah xerosis. 60 . Kulit yang sangat kering pada orang tua dapat menyebabkan gatal-gatal hebat. menyebabkannya lebih berkerut.

Penurunan melanin menyebabkan fungsi kulit sebagai lapisan pelindung radiasi sinar matahari menjadi lebih kurang efektif.Gambar kulit yang kering. pada kulit yang terpapar sinar matahari terjadi perbanyakan sel-sel melanosit. Sebagai akibatnya pori-pori kulit membesar. Secara keseluruhan kulit menjadi lebih putih. terjadi penurunan jumlah melanosit pada kulit. menyebabkan masalah estetika yang berarti. Perubahan Pigmentasi Dengan bertambahnya umur. meskipun terjadi penurunan jumlah sebum yang diproduksi oleh kulit. Sebagaimana yang telah disebutkan 61 . Karena besarnya kerapatan kelenjar sebasea pada hidung. yang menyebabkan penurunan produksi melanin. Ini dapat dilihat pada bintik-bintik hitam pada kulit. pecah-pecah dan xerosis Perubahan Pertumbuhan Rambut Rambut yang tipis terdapat pada semua bagian tubuh. PHOTOAGING: PENUAAN KULIT AKIBAT PAPARAN SINAR MATAHARI Paparan sinar matahari adalah penyebab utama kerusakan kulit. jumlah rambut menurun juga ketebalannya. akan tetapi kelenjar sebasea membesar. seperti pada telinga dan alis pada laki-laki: rambut yang sebelumnya tidak tampak pada area ini menjadi lebih tebal dan lebih hitam. bersama-sama dengan factor eksternal lain seperti udara dingin dan angin. Pembesaran Kelenjar Sebasea Pada daerah tertentu. Sebaliknya. maka proses ini akan mempertebal. Akan tetapi proses sebaliknya terjadi pada daerah tertentu. memperbesar mengubah bentuk hidung.

factor utama pembentukan kerut dan kehilangan kekuatan kulit adalah rusaknya serabut elastin. tampaknya age spot (solar lentigines). dengan berjalannya waktu. Hal ini bertolak belakang dengan tipisnya epidermis. (Solar lentigines (“age 62 . Karakteristik lain dari penuaan akibat paparan sinar matahari adalah pigmentasi yang tidak teratur. berbeda dengan penuaan dini akibat paparan sinar matahari. yang terjadi secara alami pada kulit secara perlahan-lahan. Rusaknya serabut ini. bersama-sama dengan suhu dingin dan angin. karena lebih banyak sel diproduksi di epidermis. Degenerasi serabut ini. sehingga terjadi penebalan kulit yang tidak teratur. yang terjadi secara alami. Kerusakan elastin adalah sebagai akibat paparan sinar matahari dapat berlanjut. yang diperkuat oleh paparan sinar matahari. pelebaran pembuluh darah (telangiectasia). yang terjadi secara alami. Penuaan. Sebagaimana yang telah dijelaskan. diperparah oleh paparan yang lama dengan sinar matahari. yang terjadi selama penuaan kulit secara alami yang bukan terjadi karena paparan sinar matahari. Terdapat perbedaan antara penuaan alami dan penuaan akibat paparan sinar matahari PHOTOAGING: Penuaan Kulit Akibat Paparan Sinar Matahari Paparan dengan sinar matahari penyebab utama kerusakan lingkungan akibat lingkungan. kemungkinan terjadinya kanker. faktor utama pada pembentukan kerut dan kehilangan kekuatan kulit adalah adanya kerusakan elastin.

baik alami maupun yang diinduksi oleh sinar matahari. Perubahan ini dapat menyebabkan: · · · Kerutan halus Garis ekspresi yang jelas Kulit berkantung Bagaimana Mengontrol Penuaan Kulit Proses penuaan kulit belum sepenuhnya diketahui. Telangiectases pada kulit muka Karakteristik Penuaan Kulit Degenerasi serabut elastin dan kolagen terjadi penuaan kulit baik alami maupun karena paparan sinar matahari. tidak reversible. Akan tetapi ada beberapa hal yang dapat meminimalkan proses ini antara lain: · · · · · · Mencegah paparan sinar matahari yang berlebih Hindari merokok Hindari peregangan kulit yang tidak penting Ubah kebiasaan ekspresif muka Gunakan sediaan topical tertentu Gaya hidup fisik dan emosional yang sehat. Sejumlah produk yang dapat menghambat proses penuaan telah banyak dikembangkan. asam a–hidroksi 63 . antara lain: asam retinoat. Penggunaan Produk Topikal Penuaan kulit. Saat ini belum ada cara untuk mencegah proses ini.spots”).

Bahan ini berefek lapisan oklusiva di atas lapisan keratinosit. Faktor Pelembab Alami Faktor pelembab alami adalah kombinasi dari beberapa senyawa yang dihasilkan oleh kulit. yang dibentuk selama proses pematangan kulit. Kematian sel yang terjadi dan berbagai produk degradasi adalah sebagian lipid. dll.Beberapa produk pelembab dipasarkan memiliki kualitas antiaging. · Lapisan minyak pada permukaan kulit dapat memproteksinya dari paparan berbagai factor lingkungan seperti debu. karena kulit di sekitarnya mengembang. Akan tetapi selama paparan dengan kondisi lingkungan tertentu. sehingga kerutan halus tidak akan tampak. Karena kulit sedikit mengembang. Lapisan Lipid Lapisan lemak menurunkan penguapan air. terutama sebum yang disekresi oleh kelenjar sebasea dan berbagai produk degradasi lipida. presentasinya sekitar 20-25% pada lapisan keratin. Penggunaan produk pelembab memiliki beberapa keuntungan: · Mencegah kerusakan kulit akibat kekeringan yang berlebihan. tampak lebih halus dan lebih segar. kotoran. Pada saat sel-sel epidermis bergerak ke atas. Faktor-faktor Alami yang dapat mencegah kulit kering Kulit diproteksi secara alami dari kekeringan oleh lapisan minyak dan suatu factor pelembab alami. Senyawa-senyawa ini mempertahankan kandungan air pada lapisan keratin. yang kulitnya biasanya lebih kering. perubahan kimia terjadi. · Kulit yang lembab. Pelembab direkomendasikan untuk kulit normal dan kering. Orang yang sudah tua. Beberapa senyawa yang membentuk factor pelembab alami: 64 . seperti udara kering dan udara dingin juga dibutuhkan pelembab bagi kulit berminyak. tetapi tidak untuk kulit berminyak. Lapisan ini adalah kombinasi produk lemak di atas permukaan kulit. membutuhkan pelembab lebih sering. · Pori-pori tampak lebih kecil.

petroleum dan ketomakrogol. memperkaya lapisan lemak alami kulit. Produk-produk ini lebih efektif jika dipakai setelah mencuci muka. yang mencegah penguapan air. Dianjurkan untuk 65 . karena dapat memerangkap air yang terdapat di bawahnya. Senyawa-senyawa ini sangat efektif digunakan tetapi bersifat lengket dan berpasir.· · · · · · · Urea Asam laktat Asam glikolat Fosfolipida Asam malat Asam piruvat Dan garam-garam pirolidon asam karboksilat Pelembab: Oklusiva dan Humektan Ada dua prinsip untuk mempertahankan kelembaban kulit: · · Oklusiva Humektan Oklusiva Oklusiva menghasilkan lapisan minyak pada kulit. Senyawa-senyawa yang biasa digunakan antara lain: · Lemak mineral seperti paraffin.

minyak samin dan lain-lain. minyak kacang tanah. seperti lanolin. bahwa humektan efeknya tidak sebaik produk oklusiva pada suhu dingin dan lingkungan kering. pelembab yang baik untuk suhu dingin dan kering. pelembab hanya dibuat dari bahan penyerap air yang disebut non-oily moisturizers. tetapi membentuk lapisan higroskopis (penyerap air) pada kulit. · Lemak nabati seperti minyak zaitun. dia akan menyerap air dari kulit. sebaiknya mengandung suatu kombinasi oklusiva dan humektan. minyak gandum. Pada lingkungan yang kering. Efektifitas beberapa bahan masih diperdebatkan. Jenis-jenis humektan · Senyawa yang memiliki berat molekul kecil yang memiliki kemampuan menyerap: o Gliserol o Sorbitol o Propilen glikol Makromolekul Produk-produk yang tersusun dari molekul-molekul besar yang tidak dapat berpenetrasi pada lapisan keratin.Oleh karena itu. akan tetapi pada lingkungan yang lembab. Lemak jenis ini memiliki efek oklusiva yang rendah. Pada pemakaian seharihari. dan turunannya (berasal dari bulu domba). Dapat disimpulkan.orang yang memiliki kulit yang sangat kering atau pada yang memiliki problem kesehatan kulit. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah: o Glikosaminoglikan (seperti asam hyaluronat o Elastin o Kolagen o Dan protein lain Komponen-komponen lain yang merupakan factor pelembab alami adalah 66 . Humectants Humektan menyerap air. Beberapa senyawa yang termasuk dalam kelompok ini dapat berpenetrasi ke dalam lapisan keratin dan meningkatkan kadar air lapisan keratin. akan menyerap air dari udara. · Lemak hewan. Senyawa lain dari golongan ini memiliki molekul besar yang tidak berpenetrasi melalui lapisan keratin.

Demikian juga sebaiknya dihindari pada kulit berjerawat. Suatu produk yang tidak menyenangkan untuk disentuh. Dibutuhkan pelembab yang mengandung oklusiva. o Urea (10-20%) o Asam laktat dan o Fosfolipida Bagaimana memilih Pelembab? Faktor terpenting dalam menyeleksi suatu pelembab pada kulit adalah kandungan lipid kulit. Jika tipe kulit adalah kombinasi. menggunakan pelembab yang hanya mengandung humektan saja tidak cukup. jika jika digunakan pada bagian yang terpapar sinar matahari di siang hari. Selain tipe kulit. Dalam hal ini direkomendasikan humektan. seperti lengket atau berminyak. o Sunscreen: direkomendasikan untuk menggunakan pelembab yang mengandung sunscreen. seseorang sebaiknya menggunakan sediaan yang kurang berminyak. Untuk seseorang dengan kulit wajah yang kering. seseorang sebaiknya menggunakan sediaan yang memiliki efek oklusiva dan humektan. variable lain mempengaruhi pilihan pelembab: o Konsistensi: tekstur produk dan konsistensi adalah factor yang signifikan. royal bee jelly tidak terbukti secara ilmiah memiliki aktivitas anti-aging. Seseorang dengan kulit berminyak atau cenderung berminyak tidak memerlukan pelembab (kecuali pada waktu musim dingin atau udara kering).o Garam natrium dari asam karboksilat pirolidon. Untuk kulit normal atau cenderung normal. Petunjuk Penggunaan Pelembab Seseorang yang memiliki kulit kering sebaiknya menghindarkan mencuci muka sesering 67 . seseorang sebaiknya menghindari penggunaan pelembab di daerah T. o Bahan Eksotik seperti alantoin. vitamin. gelatin. o Aditif: pengharum dan pengawet dapat mengiritasi dan mensensitisasi. Jika kulit normal dan tidak kering . protein. sebaiknya tidak bisa dipilih. sebaiknya digunakan produk non-oily (mengandung humektan). Bagian muka yang lain.

Auflage. Heidelberg. Pelembab yang digunakan bergantung pada jenis kulit. disarankan menggunakan pelembab yang mengkombinasikan oklusiva dan humektan. Pelembab sebaiknya dipakai pada muka dan leher. 4. 2. pipi dan dagu).mungkin dengan sabun. dibutuhkan pelembab yang mengandung oklusiva dengan konsentrasi tinggi.106 4. Semakin kering kulit. 4. Kulit kering akan membutuhkan aplikasi pelembab sesering mungkin. Kulit normal atau cenderung normal. Konrad Herrmann. 2007. Jenis kulit kering. Dermatologie und Medizinische Kosmetik.7 Ringkasan Kesimpulan · · · · · · Pelembab terdiri dari bahan oklusiva. Penggunaan pelembab setelah mencuci muka sangat direkomendasikan. "Leitfaden für die Kosmetische Praxis. Springer Medizin Verlag. setelah kulit dibersihkan dan dicuci dengan air.8 Soal-Soal 1. 11 Daftar Bacaan 1. Pelembab sebaiknya dioleskan secara lembut. semakin sering pelembab digunakan.431 Buku2 : hal. 68 . sebaiknya juga menghindari angin dingin dan udara kering.9 Bahan Evaluasi Buku1 : hal. Jika daerah T berminyak (dahi. sebaiknya dihindari penggunaan pelembab. Sebutkan penyebab penuaan dini 4. yang dikenakan pada saat kulit masih lembab. bahan penyerap air (humektan) atau kombinasi keduanya.10 Contoh Latihan 4.

USA. 2004. 69 . Handbook of Nutraceutical. Tharwad F Thadros. 99 Tabellen. 8. Wolfgang Raab. 2005. Frankfurt am Main. Saur Ralph. Nahrungsergänzungsmittel. Die Große Kosmetikliste. 2007. Lockwood Brian. 4 Auflage. Second Edition. Wissenschaftliche Verlagsgesellschaft. 4. 2007. Jürgen Stellpflug. 5. Stuttgart. Pharmaceutical Press. Nutraceuticals. Dermatokosmetik. May-Manke Antje. Scholz Eberhard. 3. USA. 6. 2004. Colloids in Cosmetics and Personal Care. Lisa Rapport. 2005.2. Wissenschaftliche Verlagsgesellschaft. 7. Kerscher Martina. Stuttgart. Steinkopf Darmstadt. Pharmaceutical Press. 2008. Weinheim: WileyVCH Verlag. Pflegekosmetik ein Leitfaden.

BAB 5 BAHAN PEMBELAJARAN 4 PEMUTIH DAN SEDIAAN PEMUTIH 2. bintikbintik akibat matahari (sun spots).2 Sasaran Pembelajaran Memahami Ide-ide dasar mekanika kuantum dan konsep contohnya 2.4 Pencapaian Sasaran Kemampuan menjelaskan ide-ide dasar mekanika kuantum dan konsep contohnya 2. diskusi dan latihan (responsi) 2.3 Proses Pembelajaran Kuliah (ceramah).5 Uraian bahan pembelajaran: 70 . 2. luka parut yang terjadi akibat kondisi hormonal dan lainlain.1 Pendahuluan Pemutih digunakan untuk kulit hitam yang tidak merata seperti bintik-bintik hitam.

cenderung menjadi lebih kecil dan lebih lemah dan kebanyakan hilang. Biasanya kecil dengan diameter kira-kira 5 mm. semakin tinggi konsentrasi oksigen dalam darah.6 Bahan Pembelajaran Warna Kulit dan Melanin Warna kulit ditentukan oleh beberapa factor. freckles cenderung menjadi lebih gelap . semakin merah kulit terlihat. factor turunan. factor hormonal dan paparan sinar matahari. efek compton dualisme gelombang partikel. Jumlah oksigen dalam darah. densitas dan vasodilatasi (semakin rapat pembuluh darah dan semakin melebar pembuluh darah. 71 . 2. suatu senyawa yang struktur kimianya sama dengan struktur vitamin A. efek foto listrik. tetapi sediaan ini hanya efektif sebagian dan tidak dapat menghilangkan freckles secara sempurna. sedangkan pada musim dingin.Ide-ide dasar mekanika kuantum. memberikan warna kekuningan. biasanya ditemukan pada kulit putih dengan rambut pirang. Kulit Berbintik-bintik (Freckles) Freckles adalah bintik-bintik coklat pucat. prinsip ketidak pastian Heisenberg. Pembuluh darah kulit. antara lain: · · · · · Ketebalan kulit. Biasanya terjadi pada daerah kulit yang terpapar oleh sinar matahari: wajah (terutama pada hidung). Faktor terpenting adalah melanin yang diproduksi oleh sel melanosit bergantung pada etnisitas (orang kulit hitam menghasilkan lebih banyak melanin). misalnya karoten. bahu dan punggung. semakin segar wajah seseorang Adanya pigmen yang mengubah warna kulit. Beberapa bahan pemutih dapat memutihkan freckles. Freckle tampak pada anakanak antara 2-4 tahun. Pada musim panas. radiasi benda hitam. Pencegahan timbulnya freckle adalah dengan mencegah paparan sinar matahari.

tetapi dapat memiliki bentuk lain. Merupakan bintik-bintik hitam.Freckles Sun Spots Nama ilmiah untuk “sun spot” adalah “solar lentigines”. mulai warna coklat hingga hitam kecoklatan. atau old-age spots”. Sun spots pada bagian belakang tangan 72 . Bintikbintik hitam terjadi mulai umur 40 tahun. dapat juga disebut “liver spots”. Biasanya berbentuk bulat atau oval. Proses ini biasanya terjadi pada kulit yang mengalami kerusakan yang sangat parah sebagai hasil dari paparan sinar matahari dalam jangka lama.

Melasma ditandai dengan adanya penampakan warna coklat muda sampai coklat tua pada kulit muka. Pada banyak wanita tidak ada alas an yang jelas. lesinya biasanya lebih ringan pada masa kehamilan. akan diperoleh perubahan lebih baik. Terjadi sebagai akibat proses hormonal yang belum diketahui. biasanya terdistribusi secara simetri. pengobatan dengan bahan pemutih terbatas.Melasma (Kloasma “Pregnancy Mask”) Melasma adalah distribusi pigmen pada wajah dengan bentuk yang unik. 73 . juga dapat terjadi karena penggunaan kontrasepsi atau sediaan hormonal lain. Biasanya tampak pada wanita hamil. Kadang-kadang melasma terlihat intensif sebelum periode menstruasi. Postinflamatory Lesi Pigmentasi Daerah kulit terhiperpigmentasi tampak pada kulit yang meradang seperti · Akne · Dermatitis kontak · Trauma atau kulit terbakar Dalam hal ini. Jika melasma terjadi pada saat kehamilan. Meskipun melasma terjadi selama kehamilan. Melasma Sebelum penggunaan sediaan pemutih untuk melasma terdapat tahap penting yang harus dilakukan mengurangi paparan sinar matahari. Jika pengobatan sejak awal dimulai. karena pigment terdapat pada lapisan kulit bagian dalam.

tetapi harus diberikan sesuai resep dokter. Setelah beberapa minggu pemberian. kulit kering. Produk dagang mengandung hidrokuinon dengan konsentrasi hingga 4%. dioleskan selapis tipis dari pemutih. Pada melasma. yang terlihat sebagai kemerahan dan gatal-gatal pada kulit dan perasaan terbakar. hidrokuin tidak lagi bisa diperdagangkan secara bebas. Di Negaranegara Uni-Eropa. Setelah kulit dibersihkan dan dikeringkan. dan pemakaian sunscreen pada kulit yang terpapar sinar matahari. Pemutih dapat hanya terdiri dari hanya hidrokuinon atau dengan senyawa n atau kombinasi hidrokuinon dengan bahan pemutih lain atau dengan steroida. matahari sebaiknya dihindari atau jika matahari tidak bisa dihindari. hidrokuinon diberikan dengan konsentrasi hingga 10%. Hidrokuinon dapat dikombinasi dengan sunscreen. Jika setelah 4 hingga 5 bulan penggunaannya. dokter-dokter meresepkan sediaan yang mengandung hidroquinon hingga 10% dan kadang-kadang lebih dari 10%. sebaiknya digunakan sunscreen. Tipe-tipe Sediaan Pemutih Hidroquinon Hidroquinon adalah bahan pemutih yang paling sering digunakan pada lesi hiperpigmentasi. Penggunaan sediaan berbahan aktif hidroquinon menghasilkan efek pada 70-80%. Pemutih sebaiknya dipakai pada malam hari. Pemutih sebaiknya tidak digunakan pada kulit yang terbakar. perbaikan 74 . Hidrokuinon memperlambat dan mencegah produksi melanin kulit. pada kadar lebih dari 5% bisa meningkatkan resiko iritasi kulit. Cara Penggunaan Sediaan sebaiknya digunakan dua kali sehari – pagi hari dan sebelum tidur. Akan tetapi. selama setahun hingga sekitar dua tahun setelah melasma menjadi lebih putih.Hal-hal umum yang Perlu Diperhatikan pada Sediaan Pemutih Banyak kosmetika yang bisa menyebabkan hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari. Sebaiknya diberikan pemutih sekali seminggu. Oleh karena itu. Sebaiknya ditunggu sampai kondisinya normal sebelum digunakan pemutih. teriritasi atau inflamasi. seseorang biasanya baru merasakan lesi akibat bahan pemutih. Kombinasi yang umum dipakai terdiri dari hidroquinon dan asam retinoat. Pada konsentrasi hingga 2% dapat diperdagangkan tanpa resep dokter. Pada beberapa kasus. pada saat menggunakan sediaan pemutih.

Kontak dengan kuku sebaiknya dihindari pada saat penggunaan hidrokuinon. Jika efek yang diinginkan sudah diperoleh. tetapi sunscreen tetap dipakai. maka disarankan untuk menghentikan penggunaannya.selanjutnya belum terjadi. di berbagai Negara: · · · · · · · · Alphaquin HP® Eldopaque® Eldoquin® Esomed® Esoterica® Melanex® Lustra® Melpaque® 75 . efek pemutih biasanya hanya beberapa saat dan setelah beberapa waktu tanpa penggunaan pemutih. ada beberapa pilihan yang biasa dilakukan oleh seorang dokter: · · Penggunaaan sediaan hidrokuinon dengan konsentrasi tinggi Penggunaan kombinasi hidrokuinon dengan bahan pemutih lain. Okhronosis dimanifestasikan sebagai penghitaman area kulit yang ditreatment dengan sediaan hidrokuinon. maka pemakaian hidrokuinon sebaiknya dihentikan dan dikonsultasikan dengan dokter. Okhronosis Okhronosis adalah efek samping yang jarang terjadi pada pemakaian hidrokuinon. Dalam hal ini. Biasanya digambarkan pada orang berkulit hitam yang menggunakan hidrokuinon berdosis tinggi selama beberapa tahun. Hidrokuinon sebaiknya tidak boleh digunakan oleh wanita hamil dan menyusui. pemakaian sediaan sebaiknya dihentikan. tetapi juga pada penggunaan hidrokuinon berkadar rendah. kulit menjadi kembali hitam seperti semula. Kadang-kadang ditemukan iritasi berupa gatal-gatal dan kemerahan pada penggunaan hidrokuinon. Efek Samping dan Pencegahan Hidroquinon dapat mewarnai kuku orange. Contoh sediaan yang mengandung Hidrokinon. Pada beberapa kasus. Jika hal tersebut terjadi.

tetapi jika diaplikasikan pada kulit. asam retinoat 0. di mana kondisinya tersebar luas di sebagian besar kulit. Senyawa ini secara tunggal maupun kombinasi dengan bahan lain. Formula original salep yang mengandung hidrokuinon 5%. dan deksametason 1%. Contoh sediaan yang mengandung asam retinoat · · · · · · Airol® Avita® Locacid® Renova® Retin-A® Retisol-A® 76 . Keseluruhan kulit menjadi terhipopigmentasi. memiliki efek yang pada pemutihan kulit yang hitam. Seperti misalnya efek pemutih dapat terjadi pada daerah yang jauh dari tempat pengolesan dan efek pemutih dapat berlanjut selama beberapa bulan atau lebih setelah pasien telah menghentikan penghentian produk. ruam putih terhipopigmentasi tampak pada kulit dengan sebab tidak diketahui. efeknya tidak dapat dikontrol. Sediaan yang memiliki senyawa aktif asam retinoat (hanya dengan resep dokter) dengan konsentrasi 0.05% dan 0. 0. Penanganan ini memerlukan supervise dokter yang ketat.1%. sehingga kulit memiliki warna yang sama.· Viquin Forte® Formula Kligman Formula Kligman adalah sediaan yang merupakan kombinasi beberapa senyawa yang digunakan untuk memutihkan lesi pigmentasi.025%. maka untuk memperoleh warna kulit yang seragam adalah memutihkan kulit yang tidak putih menggunakan HMBE. Karena pada vitiligo ruam putih tidak dapat dibuat gelap. Pada vitiligo. Asam Retinoat Efek asam retinoat terbukti pada penuaan kulit dan lesi akne. Penggunaan HMBE hanya digunakan pada penyakit yang disebut vitiligo. Oleh sebab itu bahan ini tidak bisa digunakan untuk memutihkan lesi kulit hitam yang mengalami hiperpigmentasi.1%. Hidrokuinon Monobenzil Eter (HMBE) Hidrokinon monobenzil eter secara kimia sama dengan hidrokuinon. ruam kulit yang terhiperpigmentasi.

oleh karena itu dapat berefek memutihkan lesi kulit terhiperpigmentasi. Senyawa ini juga digunakan untuk mengobati akne. Dua senyawa lain telah diperkenalkan antara lain boldine diasetil. Senyawa ini dikembangkan oleh industri Jepang. Sediaan Lain yang Digunakan untuk Memutihkan Ruam hiperpigmentasi seperti Catharanthus roseus. Hidrogenperoksida dapat juga memutihkan melanin melalui 77 . diekstraksi dari kulit batang pohon Chilean boldo dan fenilalanin undecylenoyl. vitamin C dapat diperoleh dalam beberaapa sediaan pemutih. Kombinasi antara asam ahidroksi dengan pemutih lainnya dapat dipertimbangkan. Asam Kojak Asam kojak berasal dari ragi dan berefek mencegah pembentukan melanin pada kulit. Sejak saat itu glabridin telah digunakan sebagai pemutih. Asam a–hidroksi Asam a-hidroksi memiliki beberapa efek pada pemutihan kulit. Sediaan mengandung asam azelaic biasanya tersedia dengan konsentrasi hingga 20% dan dipakai 2 kali sehari selama beberapa bulan. dapat meningkatkan kedalaman penetrasi hidrokinon ke dalam kulit. Sediaan yang mengandung glabridin digunakan sebagai kosmetik dan tidak membutuhkan resep dokter. Theaceae (the hijau). Glabridin Dua puluh tahun yang lalu ilmuwan Jepang telah mengidentifikasi senyawa kimia tertentu pada ekstrak kayu manis sebagai bahan pemutih. and kedelai. Telah ditunjukkan bahwa penambahan asam glikolat. suatu asam a-hidroksi yang berasal dari gula tebu. Chamomilla recutita. Arbutin adalah bahan pemutih yang diekstraksi dari Arctostaphylos uva orsi (bearberry). Selain itu.· Vesanoid® Asam Azelaic Asam azelaic menghambat produksi melanin di kulit.

persiapan 78 . Perawatan ini sering lebih baik untuk aplikasi jangka panjang kulit-pemutihan zat ke bagian belakang tangan yang. tergantung pada jenis masalah kulit dan latar belakang medis pasien. Perawatan dengan mengupas kulit juga dapat efektif dalam pengobatan bercak gelap. Pengobatan ini mungkin. Tingkat perbaikan terutama tergantung pada kedalaman pengelupasan. lebih efektif daripada pengobatan dijelaskan sampai sekarang. Dari banyak perawatan yang digunakan adalah: · · · · Pembekuan menggunakan nitrogen cair." Meskipun mungkin bermanfaat bagi pasien banyak. CATATAN: Banyak dermatologists lebih memilih untuk menghindari penyemprotan dan pembekuan bintik-bintik pigmen oleh cairan nitrogen dalam kasus "lentigines surya. karena dapat menyebabkan iritasi kulit. bintik-bintik kecil yang terisolasi di bagian belakang tangan.oksidasi. misalnya. lesi mungkin nanti kembali warna gelapnya. tergantung pada sifat dari masalah kulit. seperti dijelaskan sebelumnya dalam bab ini (lihat gambar di halaman 160). Pengupasan lokal dengan asam trikloroasetat. Karena distribusi ini. pada latar belakang bidang besar kulit normal. dalam beberapa kasus. Penggunaan utama saat ini dari hydrogen peroksida adalah untuk memutihkan rambut. dan Pengupasan lokal dengan asam-a-hidroksi. dalam banyak kasus. Laser (atau cahaya). bintik matahari. pengobatan pilihan tampaknya akan memperlakukan setiap tempat berpigmen secara terpisah oleh salah satu dari empat kemungkinan yang disebutkan di atas. Ambil. sehingga tidak responsif untuk setiap perawatan pemutihan setelahnya. tetapi biasanya tidak digunakan pada kulit. BENTUK PENGOBATAN LAIN YANG DAPAT DILAKUKAN OLEH DERMATOLOGIST Dermatologists dapat menggunakan bahan kimia lainnya dan perawatan fisik. sebagian besar terdiri dari normal kulit berwarna. Dokter kulit yang memutuskan bentuk khusus pengobatan yang digunakan untuk lesi dan hiperpigmentasi area. pada kenyataannya.

431 Buku2 : hal. 79 . 3. Pflegekosmetik ein Leitfaden. 2.8 Soal-Soal 1. dengan satu yang digunakan di pagi hari dan satu lagi di malam hari. 2004. topeng kehamilan. 2. Springer Medizin Verlag. Dermatokosmetik. Die Große Kosmetikliste. 2007. 2008. Jürgen Stellpflug.10 Contoh Latihan 1. 6. Nutraceuticals. 4. Heidelberg. Kerscher Martina. dan asam kojak antara lain. Konrad Herrmann.9 Bahan Evaluasi Buku1 : hal. pasien harus meminimalkan paparan ke matahari dan berkonsultasi dengan dokter kulit. 2005. USA.yang digunakan. dan tingkat pigmentasinya. 5. 2. misalnya.7 Ringkasan Lesi kulit gelap yang dikenal dalam istilah medis sebagai lesi hiperpigmentasi. 2007. 2004.106 2. 4 Auflage. Lockwood Brian. Wolfgang Raab. 99 Tabellen. Weinheim: WileyVCH Verlag. "Leitfaden für die Kosmetische Praxis. Setiap kali lesi hiperpigmentasi muncul pada kulit. asam hidroksi. ekstrak kayu manis (glabridin). Setiap senyawa dapat digunakan secara terpisah atau dapat dikombinasikan dengan bahan lain. dan mungkin termasuk bintik-bintik. Berbagai zat digunakan dalam pengobatan lesi kulit hiperpigmentasi: hidrokuinon. Steinkopf Darmstadt. Pharmaceutical Press. Colloids in Cosmetics and Personal Care. dan lesi lainnya. 2. jenis lesi kulit. Second Edition. bintik matahari. Dermatologie und Medizinische Kosmetik. Stuttgart. Auflage. Wissenschaftliche Verlagsgesellschaft. asam retinoat. Sebutkan mekanisme kerja pemutih pada kulit 2. Frankfurt am Main. Tharwad F Thadros.

Pharmaceutical Press. 2005.1 Pendahuluan Bab ini memberikan informasi tentang persiapan yang umum digunakan. Komposisi astringents.3 Proses Pembelajaran Kuliah (ceramah). Dalam setiap kasus penyakit kulit. Wissenschaftliche Verlagsgesellschaft. BAB 6 BAHAN PEMBELAJARAN V SEDIAAN DALAM DERMATOLOGI 6. dokter harus dikonsultasikan. Stuttgart. Antibiotik. Lisa Rapport. Nahrungsergänzungsmittel.5 Uraian bahan pembelajaran: Astringen dan Penggunaannya. Scholz Eberhard. diskusi dan latihan (responsi) 6. 2007. May-Manke Antje. 8.2 Sasaran Pembelajaran Memahami Ide-ide dasar mekanika kuantum dan konsep contohnya 6. dapat memperlakukan dirinya sendiri atau orang lain atas dasar informasi dalam bab ini.7. Antiseptik dan Sediaan yang mengandung kortikosteroid 80 .4 Pencapaian Sasaran Kemampuan menjelaskan ide-ide dasar mekanika kuantum dan konsep contohnya 6. Saur Ralph. 6. Hal ini tidak dimaksudkan bahwa orang yang tidak sah. Agen antijamur. USA. Handbook of Nutraceutical.

ditemukan 81 . untuk mencegah masuknya kotoran. adalah dalam bentuk produk aftershave. Bentuk paling umum darinya. Mereka juga disebut. yang memberikan kulit yang segar. Astringents biasanya mengandung garam aluminium atau seng. mungkin ada beberapa keuntungan untuk konstriksi pori-pori berikut pembersihan wajah. berasal dari daun pohon virginiana Hamamelis. meskipun beberapa dalam bentuk gel astringen diberikan setelah membersihkan kulit. kencang. Mereka biasanya diberikan dalam bentuk larutan. Pertanyaan tentang bagaimana keuntungannya untuk kulit belum benar-benar terjawab. dan perasaan dingin. misalnya.1 Astringen dan Penggunaannya Astringents digunakan untuk memberikan kulit perasaan yang menyegarkan. Astringen yang digunakan pada kulit kering harus mengandung konsentrasi alkohol minimal (yang cenderung mengeringkan kulit). yang dapat menyempitkan pori-pori.6. Kami berasumsi bahwa keuntungannya pada kulit bervariasi tergantung pada sifat dari produk tertentu dan jenis kulit digunakan. kencang. Larutan astringent umumnya mengandung zat yang dingin dan menyegarkan. astringent yang digunakan pada kulit berminyak memiliki konsentrasi alkohol yang lebih tinggi. Alkohol juga memberikan perasaan kesejukan karena penguapan yang cepat dari kulit. Untuk kulit sangat kering. Astringen memiliki nama lain dalam industri kosmetik. Solusi juga mungkin mengandung pewarna dan wewangian. Ekstrak witch hazel. Di sisi lain. CATATAN: Tidak semua klaim yang dibuat tentang astringen telah diuji secara ilmiah. dan dingin. KOMPOSISI Astringen adalah larutan yang mengandung campuran alkohol dan air dalam berbagai porsi.6. Kadang-kadang bahan-bahan "eksotis" yang berasal dari tumbuhan. partikel jelaga dan debu ke pori-pori. Jika hal itu benar. "tonik kulit" atau "toner kulit". astringen yang mengandung zat pelembab yang harus digunakan.6 Bahan Pembelajaran 6. seperti mentol atau kamper. untuk secara sementara menyempitkan pori-pori kulit dan menghilangkan lapisan luar minyak dari kulit. Efek ini belum diuji secara ilmiah. dapat juga dimasukkan. Zat-zat ini memiliki beberapa jenis aroma "medis" tentang mereka. misalnya. sebagai kosmetik.

yang sangat membantu dalam menangani luka kecil atau lecet di kulit (beberapa dari mereka bahkan tidak terlihat atau merasa) yang terjadi selama mencukur. SEDIAAN DALAM DERMATOLOGI Di lemari obat keluarga rata-rata. mereka juga mengandung air dan alkohol. Komentar Penggunaan astringents berikut membersihkan wajah sekali memiliki tujuan-mereka tambahan membantu untuk menghilangkan sisa-sisa sabun yang tertinggal di kulit. Aftershave persiapan terbuat dari zat yang sama seperti yang astringents. Asumsinya adalah bahwa bahkan konsentrasi rendah alkohol hadir dalam aftershave yang memiliki beberapa efek antiseptik. Saat ini. Sebagai contoh. satu-satunya yang nyata perbedaan antara berbagai merek adalah aroma unik dari masing-masing. sehingga fungsi dari zat ini adalah tidak perlu. orang mencoba untuk mengobati lesi kulit dengan persiapan ini tanpa knowledge. Ekstrak ini memiliki sifat anti-inflamasi. Ini belum ditampilkan dalam literatur medis bahwa mereka memang memiliki efek yang menguntungkan. seseorang biasanya dapat menemukan sisa-sisa berbagai zat banyak digunakan dalam dermatologi. seng atau aluminium garam dalam produk dikatakan mengerut pori-pori kulit yang membesar mengikuti membilas wajah dengan air hangat. di mana ekstrak berasal dari bunga. Karena sifat astringent yang terkenal. Bahkan mungkin membuat sulit bagi dokter untuk sampai pada diagnosa yang tepat dan mengobati pasien dengan benar.Treatment sesuai dengan persiapan yang salah mungkin memperburuk kulit masalah. atau Tilia. Sehubungan dengan persiapan aftershave. itu adalah bahan umum di astringents dan persiapan aftershave. di mana ekstrak dihasilkan dari kulit kayu. menggunakan krim yang mengandung kortikosteroid untuk mengobati kulit lesi 82 .di Amerika Utara. Terlalu sering. membilas wajah dengan air biasanya cukup untuk menghilangkan sisa sabun sepenuhnya. Ekstrak tanaman lain yang dikatakan memiliki efek astringen termasuk spesies ek (Quercus). dengan meningkatnya penggunaan modern sabun ("soapless" sabun). Aftershave lotion memberikan perasaan kesegaran dan kesejukan-biasanya karena penambahan mentol. Lagi di sini. Nilai praktis dari astringents adalah kontroversial.

Secara tradisional. kita membatasi pembahasan kita pada agen-agen yang paling banyak digunakan. aktivitas mereka ini dilakukan dengan merusak dan melanggar dinding sel bakteri. seperti persiapan berisi: antibiotik. atau salep. ini adalah diberikan secara oral (tablet. Ini jenis zat yang akrab bagi kebanyakan dari kita. krim. Antibiotik bekerja dalam berbagai cara. ANTIBIOTIK Antibiotik aktif melawan bakteri. Obat-obat ini dapat membunuh bakteri atau menghambat pertumbuhan mereka. antibiotik yang dihasilkan dari berbagai bakteri atau jamur tertentu (cetakan). AGEN ANTIJAMUR Zat yang tercantum di sini adalah untuk pengobatan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur. Agen antijamur yang dibagi menjadi beberapa kelompok. sirup). Berikut ini adalah beberapa contoh agen antibiotik untuk aplikasi pada kulit: bacitracin fusidic asam neomisin kloramfenikol gentamisin oxytetracycline chlortetracycline mupirocin tetrasiklin. tergantung pada komposisi kimianya: Zat terdiri dari senyawa dari kelompok imidazol: bifonazole isoconazole clotrimazole 83 . kapsul. saat ini. Namun. agen antijamur. Mereka digunakan untuk lesi kulit yang terinfeksi oleh bakteri. Untuk antibiotik digunakan dalam pengobatan jerawat. disuntikkan ke dalam otot. Antibiotik untuk digunakan pada kulit biasanya dalam bentuk larutan. istilah "antibiotik" juga mencakup agen antibakteri diproduksi secara sintetis seperti sulfonamida dan kuinolon.yang disebabkan oleh jamur akan topeng dan mengubah penampilan klinis sehingga bahkan seorang dokter berpengalaman tidak mungkin dapat mendiagnosa masalah dengan benar. atau diberikan secara intravena (infus ke pembuluh darah). Dalam bab ini. Umumnya. antiseptik. dan kortikosteroid. Akibatnya. yang paling modus umum dari tindakan agen-agen antijamur adalah untuk mengganggu dengan produksi zat yang dibutuhkan jamur untuk membangun dinding selnya. dinding sel mengembangkan "lubang" yang menghentikan pertumbuhan jamur dan akhirnya menyebabkan kematiannya. Mereka juga terjadi untuk menjadi zat-zat yang secara statistik yang paling disalahgunakan.

Alkohol dalam konsentrasi 70% digunakan untuk mensterilkan kulit sebelum prosedur medis. Terlepas dari fakta bahwa beberapa zat tercantum di atas dapat dibeli tanpa resep dokter.? konsentrasi alkohol Konsentrasi tinggi alkohol solusi memiliki sifat antiseptik yang sangat efektif. Mereka kerusakan jaringan hidup. unik untuk tiap kelas antibiotik. bedak. atau bentuk lain. Alasan kita mengkategorikan antara antibiotik dan antiseptik yang karena mekanisme yang berbeda tentang tindakan. Antiseptik untuk mencuci tangan dan disinfeksi kulit sebelum pengobatan medis meliputi: hexachlorophene. solusi alkohol banyak digunakan di klinik kosmetik.ketokonazol ekonazol mikonazo ? Zat di mana bahan aktif ciclopiroxolamine? Lain agen: nistatin tolnaftate terbinafine seng undecylenate Agen-agen antijamur dapat diterapkan dalam bentuk larutan. antiseptik yang nonselektif. krim. tergantung pada daerah yang akan dirawat. Antibiotik bertindak melawan bakteri dengan menggunakan tertentu modus tindakan. Inappropriate penggunaan agen antijamur pada lesi kulit yang belum tentu infeksi jamur dapat memperburuk kondisi. klinik medis dan rumah sakit. Penyakit kulit tertentu dapat menghasilkan gambaran klinis yang sugestif infeksi jamur. instrumen medis didesinfeksi dengan menjadi direndam dalam larutan 84 . Kerusakan mungkin tidak terbatas pada bakteri menyinggung. Sebaliknya. untuk yang menggunakan dari agen yang mengandung steroid mungkin dianjurkan. Jenis Antiseptik Antiseptik untuk Handwashing klorheksidin. Mereka diproduksi secara sintetis. dan dan? Disinfecting tinggi Kulit Sebelum Pengobatan solusi. shampoo. Ini digunakan dalam kasus-kasus di mana ada baik jamur dan bakteri infeksi. Akibatnya. tetapi mungkin diarahkan sel manusia juga. Selain itu. dan infeksi jamur telah menyebabkan peradangan parah dari kulit. Ada kombinasi zat yang mengandung kortikosteroid atau antibiotik di samping ke agen antijamur. Antiseptik Antiseptik adalah zat yang membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. disarankan untuk menggunakannya hanya pada saran seorang dokter.

Catatan: agen pembersih tertentu dalam konsentrasi tinggi juga dapat membunuh bakteri secara efektif. Karena hidrogen peroksida itu sendiri dapat merusak jaringan tubuh. Cetrimide. kulit terutama menangis. Hidrogen peroksida juga digunakan untuk rambut 85 . Untuk ini. misalnya. Lemahnya solusi kalium permanganat pink / ungu di warna. dalam konsentrasi rendah adalah komponen dari shampo rambut dan dalam konsentrasi yang lebih tinggi antiseptik ampuh digunakan terutama untuk membersihkan peralatan medis. di mana bahan aktif hadir dalam konsentrasi rendah. Ini antiseptik digunakan dalam bentuk larutan. dimana dahan bisa direndam dalam larutan kalium permanganat selama beberapa menit. misalnya. Solusi klorin diencerkan juga dapat digunakan untuk tujuan ini. seperti infeksi pada anggota badan. yang termasuk kelompok ini. Metode lain merawat kulit menangis terinfeksi adalah dengan membasahi wilayah berulang kali. Membasahi kulit yang terinfeksi dengan kapas kain direndam dalam larutan kalium permanganat.terkonsentrasi dari alkohol. amonium kuartener senyawa. 02:58 kali sehari. Hidrogen Peroksida Hidrogen peroksida adalah antiseptik yang kuat. dua atau tiga kali sehari. yang datang sebagai larutan encer dalam air. Mereka digunakan untuk terinfeksi daerah kulit. Agen antiseptik untuk Mengobati Kulit Daerah Terinfeksi. yang termasuk dalam kelompok surfaktan kationik. tidak biasanya digunakan sebagai disinfektan. kain kapas yang dibasahi larutan antiseptik ditempatkan pada daerah yang terinfeksi untuk beberapa menit. larutan kalium permanganat atau solusi berdasarkan klorin.

Pewarna sintetis ini dulunya digunakan sebagai persiapan antibakteri. PERSIAPAN MENGANDUNG KORTIKOSTEROID Steroid (atau kortikosteroid atau glukokortikoid) adalah generalnamegiven kepada sekelompok hormon yang diproduksi secara alami dalam tubuh. Selain itu. * Tingtur yodium didasarkan pada yodium diencerkan dengan alkohol dan digunakan untuk tujuan yang sama sebagai povidone iodine. dapat menyebabkan kerusakan jaringan. Tidak jelas persis bagaimana yodium membunuh bakteri dan mikroorganisme lainnya. salep. dermatologists telah tersedia berbagai macam persiapan yang 86 .pemutih. disarankan untuk menentukan apakah persiapan hendak digunakan mengandung alkohol. Ini tersedia dalam bentuk sebagai berikut: * Iodoform adalah senyawa yang melepaskan yodium dan memiliki efek antibakteri yang relatif lemah. karena dapat menyebabkan sensasi terbakar parah dan. Povidone iodine senyawa yang mengandung alkohol yang terbaik dilindungi untuk digunakan sebagai antiseptik persiapan sebelum prosedur medis. tetapi efektif dan cepat dalam aksinya. itulah sebabnya mereka banyak digunakan dalam persiapan dermatologis untuk pengobatan gangguan berbagai peradangan kulit. atau kekuninganbrownlotion. mereka juga digunakan sebagai sebelum prosedur medis antiseptik persiapan. * Povidone iodine adalah campuran dari yodium dengan polimer yang melepaskan yodium perlahan. itu tidak boleh digunakan pada luka terbuka. Seperti disebutkan. atau disuntikkan ke dalam otot atau pembuluh darah. sampai batas tertentu. kortikosteroid persiapan dapat diterapkan ke daerah yang terkena kulit. Mereka telah digantikan oleh zat-zat baru sudah dibahas. Sebelum digunakan. Povidon iodin senyawa digunakan untuk pengobatan kulit daerah tertular. Kortikosteroid dapat diberikan secara oral. Jika tidak.Yodium Berbasis Solusi. Di antara banyak fungsi mereka penting adalah antiradang mereka aktivitas. Dalam bentuk cair. Pewarna Sintetis Pewarna sintetis meliputi gentian violet dan hijau brilian. Hal ini tersedia sebagai bedak.

mengandung kortikosteroid dari berbagai tingkat potensi, yang dapat dipilih tergantung pada intensitas peradangan kulit.Dalam dermatologi, kortikosteroid topikal digunakan untuk penyakit kulit alergi, serta alergipenyakit (misalnya, psoriasis). Mereka juga dapat digunakan dalam rangka untuk mengurangi inflamasi respon yang menyertai kondisi medis tertentu, seperti infeksi jamur. Apa itu Unit ujung jari? Istilah ini diciptakan pada 1990-an. Ini adalah cara praktis untuk mengklarifikasi jumlah salep atau krim harus diterapkan pada area kulit tertentu. Asumsinya adalah bahwa persiapan dioleskan secara merata, dalam lapisan tipis, dalam jumlah yang cukup untuk menutup seluruh daerah yang akan dirawat. Menggunakan jumlah yang akurat adalah sangat penting untuk obat tertentu, terutama dengan steroid topikal. Satu jari Unit ujung didefinisikan sebagai jumlah krim atau salep yang diperlukan untuk menutupi ujung jari telunjuk, dari lipatan kulit sampai akhir dari jari, jika persiapan ini diperas keluar dari tabung dengan diameter pembukaan 5-mm. Jumlah rata-rata sekitar 0,5 g pada pria dewasa dan 0,4 g pada wanita dewasa. Pada bayi sampai satu tahun, jumlah yang sekitar 25% dari orang dewasa. Jumlah persiapan (krim atau salep) yang diperlukan untuk diterapkan bervariasi sesuai ke daerah permukaan kulit. Sebagai contoh, untuk satu tangan satu unit ujung jari diperlukan. Wajah dan leher memerlukan 2,5 unit ujung jari. Untuk satu satu lengan harus menggunakan sekitar tiga unit ujung jari.Kortikosteroid topikal dapat menghasilkan efek samping yang tidak diinginkan, terutama jika digunakan untuk periode waktu yang lama. Efek samping pada kulit meliputi: * Kulit dapat menjadi tipis dan rapuh, istilah medis untuk yang atrofi kulit. * Daerah kecil perdarahan di dalam kulit dapat muncul, istilah medis untuk yang purpura. * Jerawat mungkin muncul sebagai akibat dari penggunaan kortikosteroid berkepanjangan disebut jerawat steroid. * Sebuah jaringan pembuluh darah halus dapat muncul pada kulit, disebut sebagai telangiectases (kadang-kadang disebut "couperose"). * Mungkin ada peningkatan jumlah rambut di daerah steroid diobati, istilah medis untuk

87

yang hirsutisme. Selain itu, penggunaan jangka panjang kortikosteroid mengurangi kemampuan kulit untuk menyembuhkan luka. Ini juga membuat kulit lebih rentan terhadap berbagai macam infeksi kulit. Perhatikan bahwa ketika besar daerah kulit yang diobati dengan kortikosteroid (terutama ketika potensi tinggi-steroid digunakan), mereka mungkin diserap melalui kulit ke dalam darah dan, sebagai hasilnya, mungkin memiliki yang tidak diinginkan efek sistemik.

Purpura dan penggunaan jangka panjang telangiektasia berikut persiapan steroid.

Telangiectasia penggunaan jangka panjang berikut persiapan steroid. Apa itu "Rebound Effect"? Gangguan kulit yang telah meningkatkan dengan terapi kortikosteroid topikal dapat

88

memburuk ketika pengobatan dihentikan tiba-tiba. Fenomena di dikenal sebagai efek rebound. Dalam untuk mencegah kemungkinan efek rebound, dokter biasanya menyarankan pasien yang perbaikan klinis telah terjadi, untuk secara bertahap lancip off frekuensi aplikasi steroid, bukan untuk menghentikan pengobatan tiba-tiba. Atau, dalam stadium lanjut terapi, persiapan steroid kurang kuat daripada yang awalnya diterapkan dapat digunakan. Karena efek samping potensial, kortikosteroid tidak boleh digunakan tanpa pandang bulu atau tanpa konsultasi medis. Di banyak negara, termasuk Amerika Serikat dan Amerika Kerajaan, persiapan hanya yang mengandung konsentrasi rendah hidrokortison (0,5% sampai 1%) bisa dibeli over-the-counter. Persiapan kortikosteroid lain yang tersedia dengan resep saja. Lamanya pengobatan harus ditentukan oleh dokter, dan steroid tidak boleh digunakan selama lebih dari periode yang direkomendasikan. Selanjutnya, persiapan corticosteroidcontaining tidak boleh berlebihan pada wajah, bahkan dengan steroid relatif ringan. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, ada berbagai persiapan kortikosteroid dengan kekuatan yang berbeda. Faktor utama yang menentukan kekuatan adalah jenis steroid yang digunakan, dan konsentrasi. Namun, ada faktor lain yang terlibat, seperti sifat sediaan itu sendiri, dengan demikian, untuk Misalnya, salep lebih kuat daripada krim yang mengandung kortikosteroid yang sama. Demikian pula, dibandingkan dengan lotion atau solusi. Dalam tabel berikut, persiapan dibagi menjadi tujuh derajat potensi. Kelas I termasuk "sangat ampuh" persiapan, sementara Kelas VII termasuk "ringan" persiapan. Penggunaan zat ini, terlepas dari kelas, membutuhkan dokter kulit saran. Hal ini terutama penting dalam dua kasus: (1) ketika mereka diterapkan untuk wajah dan (2) ketika merawat anak-anak (dan terutama bayi), karena mereka lebih rentan terhadap efek samping efek kortikosteroid. Hal ini sangat penting ketika daerah yang luas kulit diperlakukan. Dalam kasus seperti itu, disarankan untuk (1) menggunakan kortikosteroid topikal potensi terendah, (2) menerapkan minimal jumlah persiapan topikal, dan (3) mempertahankan pengobatan untuk periode sesingkat mungkin. Examples of Generic Name Type of Preparation Brand Names mengingat kortikosteroid topikal yang sama, itu akan lebih kuat ketika dimasukkan ke dalam krim,

89

05% Cream/ointment/lotion Cream/ointment/scalp application Dermovate Temovate Halobetasol propionate 0.05% Ointment Ultravate Betamethasone dipropionate 0.05% Ointment Ointment Dicorten Diprolene Class II Betamethasone dipropionate 0.1% Cream/lotion Cyclocort Fluocinonide 0.5% Cream Aristocort Amcinonide 0.05% Cream Fluonex Lidex Halcinonide 0.1% Cream Cream Cream Halciderm Halog Halog-E Deoximetasone 0.Class I Clobetasol propionate 0.25% Ointment/cream Topicort Class III Betamethasone propionate 0.05% Cream Ointment/cream Diprolene Diprosone Fluocinonide 0.05% Lotion/ointment/cream Diprosone Triamcinolone acetonide 0.05% Cream Lidex E 90 .

05% Cream Topicort LP Betamethasone valerate 0.05% Cream Ointment Maxiflor Florone E Mometasone furoate 0.1% Cream Aristocort Triamcinolone acetonide 0.1% Cream Elocon Elocom Fluocinolone acetonide 0.1% Ointment Betnovate Betacorten Class V Betamethasone valerate 0.Diflorasone diacetate 0.1% Ointment Elocon Elocom Class IV Triamcinolone acetonide 0.1% Ointment Locoid Class VI Triamcinolone acetonide 0.025% Lotion Kenalog Fluocinolone acetonide 0.2% Ointment Synalar HP Desoximetasone 0.1% Cream Cutivate Fluocinolone acetonide 0.1% Ointment Cream/lotion Aristocort Kenalog Mometasone furoate 0.01% Solution Synalar 91 .1% Cream/lotion Betatrex Valisone Betnovate Betacorten Betamethasone benzoate 0.025% Ointment Synalar Hydrocortisone butirate 0.025% Ointment UtiCort Fluticasone propionate 0.

" Untuk memahami apa liposom. 0.5%.25%. Hambatan utama untuk bagian zat dari luar ke dalam. 1% Lotion Valisone Class VII Various preparations containing hydrocortisone in concentrations Alphaderm Anusol HC Bactine HC Caldecort Cetacort Cortaid CortoDome Dermacort Eldecort Hytone Lacticare HC Lanacort Nutracort PeneCort SyneCort TexaCort LIPOSOM Istilah liposom telah menjadi populer di bidang kosmetik. "berisi itu liposom. orang penjualan di konter kosmetik akan menyarankan pelanggan untuk membeli produk tertentu mengklaim bahwa. Epidermis adalah lapisan (terangsang) keratinous. Liposom yang digunakan dalam upaya untuk menciptakan sebuah metode baru untuk of 0. Sel-sel luar yang diatur dalam lapisan kompak dan mengandung sejumlah besar materi horny.05% Cream Tridesilon Betamethasone valerate 0. or 1% Cream/lotion/ointment 92 . Dalam banyak kasus. kita memperjelas beberapa konsep dasar tentang bagaimana zat menembus kulit.Desonide 0.

produk berminyak cenderung untuk menembus kulit lebih mudah daripada air berbasis persiapan. Membran sel terbentuk dari dua lapisan fosfolipid. ZAT PENETRASI KE DALAM KULIT Faktor utama yang menentukan kemampuan menembus zat ke dalam kulit adalah molekul ukuran. memiliki molekul relatif besar yang tidak dapat menembus kulit. Melampaui ukuran tertentu. yang merupakan produk inmanycosmetic hadir. Ini struktur organisasi mencegah perjalanan zat yang tidak diinginkan ke dalam. kolagen. molekul-molekul tidak dapat menembus kulit hanya relatif molekul kecil dapat melakukannya. yang sel. atau keluar dari. Sebagai contoh. 93 . Zat dengan kelarutan minyak yang lebih baik dapat menembus lebih baik ke dalam kulit. Selain itu. dan memungkinkan untuk mengatur masuk dan keluar dari berbagai zat.mentransfer produk aktif ke dalam epidermis dan dermis.

sebagian besar liposom memasuki kulit melalui pori-pori. Diameter diukur dalam mikrometer (mikron. Hal ini tidak jelas apakah mekanisme hipotetis adalah benar. Zat aktif Fromhere dapat berkembang lebih dalam ke substansi kulit-masing-masing menembus menurut sifat individu. beberapa seperseribu milimeter). yaitu. Penelitian lain meningkatkan kemungkinan bahwa. Liposom dapat unilamellar (terdiri dari satu lapisan) atau multilamellar (berlapis-lapis). Zat. Berbagai obat (ditandai dengan warna merah) dapat dimasukkan ke dalam vesikel liposom. Dalam istilah praktis. dengan pusat berisi air. DASAR PENGGUNAAN LIPOSOM Ide dasar dari menggunakan liposom berasal dari fakta bahwa membran sel tubuh (Termasuk kulit. seperti obat-obatan.APA ITU LIPOSOM? Liposom adalah vesikel bulat. tentu saja) terdiri dari fosfolipid. itu belum clearhowthis transportasi dicapai. Oleh karena itu. Sebuah produk aktif dapat dimasukkan ke inti liposom. Kebanyakan penelitian menunjukkan bahwa liposom yang hancur pada permukaan kulit atau di luar lapisan tanduk. Membran yang membentuk Struktur bola terdiri dari satu atau banyak lapisan. atau dapat berlabuh ke permukaan membran. 94 . dapat dimasukkan ke dalam liposom. sehingga memungkinkan penetrasi ke dalam sel kulit. liposom bola kecil itu sendiri terdiri dari fosfolipid dapat berfungsi sebagai carrier untuk zat aktif. Satu kemungkinan mekanisme transportasi dan pengiriman akan sekering membran liposom dengan membran sel. karena kesulitan yang dihadapi dalam menembus lapisan tanduk.

adalah kontroversial. Istilah ilmiah yang penuh vesikel surfaktan nonionik. Namun. obat antijamur adalah area utama penggunaan untuk liposom. dan penyisipan mereka ke dalam liposom tidak mungkin menyebabkan mereka menyusut. zat dengan molekul yang lebih kecil dapat menembus kulit lebih efisien. Satu cukup bisa berasumsi bahwa molekul kolagen dan elastin terlalu besar untuk menembus kulit. dan terstruktur bola juga. nilai ini. niosomes dikembangkan. apakah atau tidak mereka diselimuti liposom. dan retinoid. produk yang mengandung berbagai vitamin telah diciptakan. Liposom saat ini juga sedang diselidiki berkaitan dengan penggunaan antibiotik. 95 . Industri kosmetik menggunakan liposom sebagian besar untuk pelembab. Namun. Mereka adalah serupa dalam komposisi untuk liposom. kortikosteroid.APA YANG DILAKUKAN ZAT MENGANDUNG LIPOSOM? Dalam dermatologi. Membran vesikel dari niosomes terdiri dari berminyak senyawa eter atau alkohol. Apakah ini dibenarkan belum ditetapkan. Industri kosmetik saat ini memfokuskan banyak pada liposom. SISTEM BARU: NIOSOMES Dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk menembus kulit. Selain itu.

menggunakan krim yang mengandung kortikosteroid untuk mengobati kulit lesi 96 .7 Ringkasan Di lemari obat keluarga rata-rata. Kontak antara sel-sel kulit dan zat aktif atau obat topikal menurun saat ini diselimuti liposom. Isu saat ini diselidiki.Treatment sesuai dengan persiapan yang salah mungkin memperburuk kulit masalah. Ada efek oklusi yang lemah dan peningkatan moisture. terdiri dari substansi berminyak. terutama mengenai penggunaan oral berkaitan medications. Lainnya menganggap hal itu sebagai titik balik yang signifikan dalam kosmetik dan dermatologi.APAKAH LIPOSOM EFEKTIF? Beberapa studi telah meneliti efektivitas dari produk menyelimuti liposomal system. masalah masih kontroversial.With tertentu untuk penggunaan obat topikal (misalnya. orang mencoba untuk mengobati lesi kulit dengan persiapan ini tanpa knowledge. membentuk film tipis berminyak pada permukaan kulit. efek menguntungkan potensial dari persiapan yang berisi liposom ditentukan terutama oleh sifatsifat biologis dari bahan-bahan tertentu yang dibawa oleh liposom.However kulit. Beberapa studi membuktikan efikasi meningkat untuk penggunaan liposom. Oleh karena itu. Beberapa ilmuwan menganggap masalah daya pikat pemasaran untuk industri kosmetik. 6. tidak ada keuntungan yang signifikan jika dibandingkan dengan pelembab lainnya. MANFAAT TAMBAHAN LIPOSOM Liposom. Perhatikan bahwa fungsi utama dari liposom adalah untuk membawa bahan-bahan aktif ke dalam kulit. Terlalu sering.Anactive dalam liposom dibandingkan dengan produk yang sama di sebuah pangkalan minyak biasa. sehingga kesimpulan yang pasti tentang khasiat liposom digunakan dalam persiapan topikal belum dapat didirikan. Hal ini dapat menurunkan atau memodifikasi reaksi alergi. seseorang biasanya dapat menemukan sisa-sisa berbagai zat banyak digunakan dalam dermatologi. Sebagai contoh. Bahkan mungkin membuat sulit bagi dokter untuk sampai pada diagnosa yang tepat dan mengobati pasien dengan benar. obat yang akan diterapkan secara eksternal pada kulit).

Ini jenis zat yang akrab bagi kebanyakan dari kita. 4. Mereka bertindak sebagai media untuk penetrasi aktif produk dalam kulit. 7. seperti persiapan berisi: antibiotik. 2004.106 6. Pflegekosmetik ein Leitfaden. 8. Stuttgart. 2007. Handbook of Nutraceutical. Second Edition. 97 .9 Bahan Evaluasi Buku1 : hal. 6. Lisa Rapport. Springer Medizin Verlag. agen antijamur. Colloids in Cosmetics and Personal Care. dan kortikosteroid. Nahrungsergänzungsmittel. "Leitfaden für die Kosmetische Praxis. Tharwad F Thadros. 6. 2. Dermatokosmetik. Pharmaceutical Press. Auflage. Wissenschaftliche Verlagsgesellschaft. 2007. Saur Ralph. 5. 2005. 2008. Dalam bab ini. Stuttgart. USA. kita membatasi pembahasan kita pada agen-agen yang paling banyak digunakan. Keberhasilan mereka untuk persiapan topikal belum ditetapkan. Nutraceuticals. Heidelberg. Scholz Eberhard. Liposom tidak zat aktif dalam diri mereka. Weinheim: WileyVCH Verlag. 2005. Jürgen Stellpflug. Lockwood Brian. Kerscher Martina. Wolfgang Raab. 99 Tabellen. 3.8 Soal-Soal 1. 6. Wissenschaftliche Verlagsgesellschaft. May-Manke Antje. antiseptik. Sebutkan mekanisme dan jenis sediaan dalam dermatologi. Die Große Kosmetikliste. Mereka juga terjadi untuk menjadi zat-zat yang secara statistik yang paling disalahgunakan. Pharmaceutical Press.yang disebabkan oleh jamur akan topeng dan mengubah penampilan klinis sehingga bahkan seorang dokter berpengalaman tidak mungkin dapat mendiagnosa masalah dengan benar. 2007. Frankfurt am Main.431 Buku2 : hal. 4 Auflage. 2.11 Daftar Bacaan 1. 2004. Konrad Herrmann. Steinkopf Darmstadt. USA. Dermatologie und Medizinische Kosmetik.

Kimia mengupas kulit hanya harus dilakukan oleh seorang dokter yang berpengalaman dalam teknik ini. Paragraf-paragraf berikut menjelaskan teknik kimia mengupas informasi dan bunga saja.2 Sasaran Pembelajaran Memahami Ide-ide Pengupasan kulit secara kimia 7. diskusi dan latihan (responsi) 7. Pinker.BAB 7 BAHAN PEMBELAJARAN VI PEELING KULIT 7. bintik matahari (solar lentigines) pada kulit menjadi pucat. Dalam situasi yang kami sarankan bahwa teknik ini digunakan untuk selftreatment. keriput merapikan sampai batas tertentu.4 Pencapaian Sasaran Kemampuan menjelaskan pengupasan kulit secara kimia 7. tegang.1 Pendahuluan Pengupasan kulit secara kimia adalah metode pengelupasan lapisan luar kulit dengan menciptakan luka bakar secara kimia. Demikian pula.3 Proses Pembelajaran Kuliah (ceramah). dan memiliki tekstur yang seragam amore. Kulit baru yang muncul adalah halus. Sebagai membakar menyembuhkan. dan beberapa bahkan hilang sepenuhnya.5 Uraian bahan pembelajaran: * Agent Peeling * Chemical Peeling Dalam * Prosedur untuk chemical peeling kulit 98 . Setelah chemical peeling. lapisan luar baru dari bentuk kulit. 7.

Superfisial dan kedalaman menengah (lihat di bawah) pengelupasan kulit. seperti yang ditemukan di sekitar mulut dan di sudut-sudut mata. lebih dalam mengupas mungkin kontrak kulit sampai batas tertentu. * fenol. sebagian mengobati masalah kulit kendur. Demikian pula.* Tingkat rasa sakit dengan chemical peeling kulit * Kursus mengelupas kulit kimia berikutnya * Kemungkinan komplikasi dan manajemen chemical peeling kulit * Ringkasan 7. seperti "topeng kehamilan" (melasma). asam salisilat. meskipun membantu dalam mengobati masalah yang disebutkan di atas. PEELING AGEN Zat berikut ini biasanya digunakan untuk kulit chemical peeling: * "Es kering" (karbon dioksida salju). 99 . Untuk kerutan halus. prosedur ini tidak dapat mencapai hasil yang sama seperti bedah face-lift sebagai dilakukan oleh seorang ahli bedah plastik.6 Bahan Pembelajaran Pengupasan kulit secara kimia terutama digunakan untuk mengobati kerusakan surya dalam bentuk bintik matahari. yang mengandung resorsinol. dan asam laktat. untuk kelancaran keluar kulit dan menghilangkan keriput. * asam trikloroasetat (TCA). Sebaliknya. Untuk kerutan yang lebih dalam. serta bekas jerawat yang dangkal. Namun. lebih dalam mengupas diperlukan. * Jessner solusinya. tidak efektif dalam memecahkan masalah kulit kendur. kulit mengelupas dapat meningkatkan pigmentasi kelainan lain dalam bentuk gelap bercak pada wajah.? *-Hidroksi asam. dangkal mengelupas cukup.

yang meliputi epidermis dan bagian terluar dari dermis. Dangkal mengelupas. Ini adalah sebagai berikut: * Sangat dangkal mengelupas. Setiap dokter memilih suatu substansi yang sesuai. 3. jenis kulit pasien. epidermis dan dermis luar. * Dangkal mengelupas. Sangat dangkal mengelupas kulit ari saja. tergantung pada kedalaman pengelupasan yang akan dicapai. Ada juga mungkin minimal keterlibatan dermis. * Media mengupas. Dalam mengupas. 2. lebih dalam dermis. beberapa zat dapat dicampur dalam produk "kombinasi" untuk mengupas. masing-masing dimaksudkan untuk mencapai hasil akhir yang berbeda. 1. dan pengalaman pribadi dokter dengan produk tertentu. KIMIA PEELING KEDALAMAN Kimia mengupas kulit dapat dilakukan untuk mencapai empat kedalaman yang berbeda penetrasi. yang mencapai dermis yang lebih dalam dari yang dangkal 100 . yang hanya melibatkan epidermis.Ada juga zat lain yang digunakan untuk chemical peeling. Sedang mengupas. kedalaman dermis.

regenerasi terutama dari sel-sel lapisan folikel rambut. ada sel-sel epidermis. * lamanya waktu kontak dengan kulit. yang lebih signifikan pengaruhnya pada kulit wajah. yang menggantikan kolagen dihancurkan oleh perlakuan kimia. dan menghasilkan lapisan baru dari epidermis. yang mencapai lebih dalam dermis. kemungkinan keringanan berbagai bercak dan menghapus keriput relatif mendalam meningkat secara substansial. pada kenyataannya. yang turun cukup jauh ke dalam dermis. Jika lebih dalam mengupas mencapai dermis. Äúdeep. prosedur pengelupasan dangkal harus diulang beberapa kali sampai diperoleh hasil yang memuaskan. Hal ini dari sel-sel kulit baru yang melahirkan berikut dalam mengelupas. bentuk kolagen dermis jaringan baru. dan * apakah saus oklusif digunakan. sel-sel epidermis. Sel-sel ini mereplikasi dan membagi sampai mereka menutupi seluruh area yang gundul oleh mengelupas. REGENERASI KULIT SETELAH CHEMICAL PEELING Jika mengupas dangkal. 101 . Meskipun sel-sel ini terletak. mengalikan. Semakin dalam mengupas. bahkan pada kedalaman dermis mana folikel rambut memperpanjang. Äù dalam dermis. untuk sekitar setengah kedalaman. kulit akan beregenerasi dari sel-sel pada epidermis yang meniru. Äîhow apakah kulit beregenerasi setelah prosedur tersebut? Dalam kasus ini. Sebagai ilustrasi ini menunjukkan. Utama faktor yang menentukan kedalaman luka bakar yang dihasilkan dari mengupas adalah: * bahan kimia atau campuran bahan kimia yang digunakan. mereka. * konsentrasi. Dengan meningkatnya kedalaman pengelupasan. * Dalam mengupas.mengelupas. epidermis Äîdestroying di jalan. Dalam. Tidak jarang.

* Mengupas superfisial dapat dilakukan menggunakan asam trikloroasetat 35% atau 50% sampai 70% *-Hidroksi asam Sedang mengupas dapat dilakukan dengan menggunakan asam trikloroasetat 35% dikombinasikan dengan kering es atau dengan Jessner. Ada banyak metode pengelupasan kulit selain dari yang telah disebutkan.Beberapa faktor lain termasuk ketebalan kulit dan penggunaan pengobatan awal lainnya sebelum mengupas (seperti aplikasi sehari-hari asam retinoat selama kurang lebih dua minggu sebelum chemical peeling). Beberapa Persiapan Digunakan dalam kulit Chemical Peeling * Sangat dangkal mengelupas dapat dilakukan menggunakan 10% sampai 20% asam trikloroasetat. Mendalam mengupas biasanya menggunakan fenol. * Hidroksi asam (lihat bab 18). solusi AOS. AOS solusi. 102 . Setiap dokter menggunakan teknik yang dia / dia merasa paling nyaman dan dengan yang memiliki yang paling pengalaman. Jessner. PROSEDUR UNTUK CHEMICAL PEELING KULIT Sebagai contoh. kita menjelaskan prosedur untuk kulit chemical peeling menggunakan asam trikloroasetat.

epidermis perubahan warna. 2.Pembersihan Cleansing.1. kulit mengembangkan warna abu-abu-putih karena penghancuran kimia dari lapisan luar kulit. 3. seperti yang ditunjukkan dalam ilustrasi. Membilas zat off. tergantung pada konsentrasi zat. Membilas zat setelah dua menit kulit pasien kontak-akan merasakan ketidaknyamanan tingkat tertentu. 103 . Menerapkan asam trikloroasetat ke kulit dengan menggunakan kapas aplikator-Dalam waktu singkat. Menerapkan asam trikloroasetat ke kulit: paparan berikut untuk asam trikloroasetat.

yang berisi hidroquinon. dalam hal ini chemical peeling pengobatan tidak harus dilakukan. Perawatan ini ternyata meningkatkan persiapan penetrasi zat aktif ke dalam kulit mengelupas. Sebelum Chemical Peeling Kulit Persiapan Manyphysicians recommendapplying asam retinoat untuk menghadapi pada malam hari selama kurang lebih dua minggu sebelum mengupas kulit pengobatan. sebuah "tempat ujian" harus dilakukan dengan menggunakan kecil jumlah persiapan yang akan digunakan untuk mengupas. yang dalam jumlah kasus tidak lebih dari ketidaknyamanan ringan. Berkulit gelap pasien harus menjalani persiapan dengan agen pemutih kulit sebelum kulit mengelupas. Sedang kulit mengelupas (terutama jika dilakukan dengan asam trikloroasetat) dikaitkan dengan nyeri 104 . Tes ini dilakukan pada daerah kulit yang tidak mudah terlihat. Salah satu persiapan yang biasa digunakan untuk tujuan ini adalah solusi Kligman itu. seperti di belakang telinga. Selama beberapa minggu berikutnya. dan asam retinoat.4. TINGKAT NYERI DENGAN KULIT CHEMICAL PEELING Mengupas kulit dangkal dikaitkan dengan sensasi terbakar ringan pada saat pengobatan. Sebuah bulan atau lebih sebelum mengupas. dan penyembuhan berikutnya daerah dikupas lebih cepat dan lebih efektif. Penerapan krim antibiotik rias oklusif juga dapat diterapkan. hidrokortison. setiap reaksi tak diinginkan substansi (seperti peradangan atau penggelapan kulit) akan menjadi jelas. Hal ini mencegah munculnya daerah berpigmen gelap kulit berikut peeling. Ini harus diterapkan setiap hari selama tiga minggu sebelum kulit mengelupas.

menyebabkan sakit parah selama pengobatan dan selama dua hari sesudahnya. jika dilakukan hanya sekali. biasanya ada pengobatan lebih lanjut diperlukan. hasil yang baik dapat dicapai. pengobatan ini sederhana. PEELING DALAM Penyembuhan berikut mendalam mengupas lebih lambat dari yang dangkal berikut atau media mengelupas. Pasien harus diberikan obat analgesik intravena. Diperlukan waktu sekitar dua minggu untuk penyembuhan terjadi. halus. tergantung pada dokter dan pilihan pasien. dan penyembuhan cepat. kulit menjadi merah. Kemerahan wajah berlangsung selama beberapa minggu dan kemudian secara bertahap menghilang. dan 5-7 hari kemudian. di mana waktu yang baru.Within 04:57. Penyembuhan hampir selesai seminggu setelah pengobatan. dan kerutan halus menjadi diratakan. kulit mulai mengelupas. yang bersifat sementara. hampir tidak ada efek yang jelas. yang reda dengan cepat setelahnya. Kemudian. menggunakan fenol. tetapi jika pengobatan diulang beberapa kali selama bulan. Secara keseluruhan. dan dalam dua hari itu mengembangkan warna coklat. Tak lama setelah perawatan. KURSUS KULIT PEELING KIMIA SUPERFICIAL PEELING Superfisial mengupas. Sensasi terbakar ringan. lapisan permukaan kulit mulai mengelupas. Wajah menjadi lebih membengkak dibandingkan dengan media 105 . risiko yang minimal. wajah menjadi bengkak. Bintik matahari jauh kurang jelas. Dalam mengupas. kulit halus mencakup daerah tersebut. MEDIUM PEELING Kemerahan pada kulit muncul sekitar satu jam setelah pengobatan.tertahankan selama pengobatan. Mengupas kulit dangkal dapat diulang pada interval pendek (setiap beberapa minggu) dalam rangka mencapai kupas lebih dalam dengan setiap perlakuan. dapat diatasi dengan menerapkan kompres dingin atau dengan mengarahkan aliran udara dingin dari kipas ke hari skin. dan terpisah dari dingin kompres atau aliran udara dingin di atas wilayah tersebut. atau anestesi umum.

pasien-pasien ini dapat mengalami dangkal mengelupas. ? Pasien dengan kulit relatif gelap *Pasien yang akan terkena sinar matahari setelah pengobatan (karena mereka pekerjaan atau karena mereka tidak mungkin untuk mengikuti instruksi untuk menghindari paparan). kulit mereka sebagai kemampuan untuk menyembuhkan umumnya tidak sebagus yang dari bukan perokok. * Pasien yang secara emosional tidak stabil atau berlebihan. Dalam mengupas dapat membantu dalam penghapusan keriput relatif mendalam sekitar mulut dan mata. dan berpengalaman dokter tahu bagaimana untuk menghindari mereka. Pembengkakan dan kemerahan berlangsung selama tiga sampai enam bulan. dan kemerahan jauh lebih jelas. dan mereka tidak harus digunakan. Lebih baik bagi perokok untuk tidak menjalani chemical peeling kulit. harapan yang tidak realistis dari hasil dari perawatan. Siapa pun jatuh ke dalam salah satu kategori berikut seharusnya tidak pengobatan ini: *Pasien dengan kecenderungan untuk membentuk jaringan parut yang berlebihan. Mereka juga memiliki risiko yang lebih tinggi dari kulit Infeksi perawatan berikut. Bahkan pewarna rambut bisa menyebabkan gatal-gatal parah. * Dalam kasus tertentu.mengelupas. MANAJEMEN KOMPLIKASI CHEMICAL PEELING KULIT Komplikasi kulit mengelupas biasanya dicegah dan diobati. HARUSKAH DOKTER KULIT HINDARI CHEMICAL PEELING? Ada beberapa situasi di mana seorang dokter yang cerdas akan memilih untuk tidak melakukan chemical peeling kulit. pasien tidak dapat mentoleransi setiap kosmetik pada wajah. INFEKSI BAKTERI Risiko infeksi bakteri dapat diminimalkan jika dokter membayar perhatian kepada teknik pengobatan yang benar dan pasien dengan hati-hati mengikuti saran dokter setelah 106 . *Perokok. dan kerutan lebih mungkin untuk kambuh. Selama periode itu.

Kurang umum. Trikloroasetat asam. mulai dari hari sebelum pengobatan sampai beberapa hari setelahnya. bekas luka bisa muncul jika konsentrasi zat mengupas secara tidak sengaja terlalu tinggi. pada sisi lain. Pigmentasi Kulit perubahan dalam Warna kulit dapat menjadi baik pucat atau lebih gelap. Sebagai contoh. MASALAH JANTUNG DAN GINJAL 107 . Sensitivitas terhadap Dingin. Virus herpes Infeksi di Area Kupas. bukan 50% mungkin memiliki efek yang drastis pada kulit. Sensitivitas dingin ditandai wajah dapat terjadi pengelupasan kimia berikut. Jaringan parut. Menggunakan konsentrasi fenol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kulit pucat daerah muncul (hipopigmentasi). adalah disarankan untuk mempersiapkan kulit sebelum pengobatan dengan agen pemutih kulit.? pasien harus dianjurkan untuk menghindari paparan sinar matahari setelah mengelupas. Para pengobatan saat ini diterima adalah dengan tablet yang mengandung asiklovir. menggunakan 60% fenol. Untuk meminimalkan hal ini risiko.Ini adalah praktek umum untuk mencegah komplikasi ini dengan rutin memberikan antivirus pasien obat secara oral. Berkepanjangan dapat terjadi kemerahan kimia berikut mengelupas. Semakin dangkal mengelupas. semakin sedikit kemungkinan infeksi. dokter harus berhati-hati untuk menggunakan konsentrasi yang tepat dari substansi mengupas. Kemerahan berkepanjangan. dalam rangka memberikan margin keamanan untuk memungkinkan kemungkinan kesalahan dalam penyusunan produk. Ini mungkin disertai dengan gatal dan intoleransi untuk kosmetik tertentu. Alasan paling umum untuk munculnya bekas luka setelah mengupas adalah infeksi (virus atau bakteri) kulit yang tidak dirawat dengan benar. dan? pada pasien dengan kulit gelap (yang cenderung untuk mengembangkan mengupas berikut hiperpigmentasi). dan pengobatan segera dan efektif pada tanda pertama infeksi. Seorang dokter yang bijaksana akan memilih untuk menggunakan konsentrasi sedikit kurang dari apa yang "resmi" yang direkomendasikan. Baru persiapan untuk pencegahan dan pengobatan infeksi virus termasuk famsiklovir dan valasiklovir. biasanya menyebabkan daerah gelap dari pigmentasi (hiperpigmentasi). Perawatan teliti dalam mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.pengobatan. secara signifikan akan mengurangi risiko jaringan parut.

Ada laporan dari komplikasi yang melibatkan gangguan irama jantung dan kemungkinan kerusakan ginjal setelah penggunaan fenol untuk kimia yang mendalam mengupas karena penyerapan ke dalam aliran darah. Oleh karena itu. Juga harus diberikan cairan intravena untuk mencegah kerusakan ginjal. bukan hasil yang diinginkan estetis. masih disarankan untuk menghindari paparan matahari sebagai sebanyak mungkin. dan kemampuan sinar laser untuk rumah di 108 . Pada wanita yang lebih tua yang mengalami kerusakan surya untuk kulit. peeling yang "terlalu" efektif tidak mungkin bermanfaat. dengan bintik-bintik matahari yang tersebar di atasnya. pasien yang menjalani pengobatan ini mungkin perlu terhubung ke monitor jantung untuk melihat perubahan mungkin dalam irama jantung. dan efek berbahaya dari sinar matahari pada kulit baik. tergantung pada kedalaman pengelupasan. mengakibatkan munculnya bercak-bercak gelap di kulit baru yang tumbuh kembali berikut mengelupas. Kontras antara kulit wajah mulus. bebas dari keriput. Panjang periode yang ketat menghindari sinar matahari bervariasi. EFEK SUNLIGHT Paparan sinar matahari mengikuti prosedur mengelupas dapat menyebabkan perubahan pigmentasi kulit. dan pasien harus disarankan untuk menahan diri dari penerapan kosmetik untuk wajah selama beberapa minggu atau bulan-bulan berikutnya setelah chemical peeling. MENGHINDARI KOSMETIK Ada intoleransi untuk persiapan kosmetik berikut dalam mengupas. Jika tidak mungkin untuk benar-benar menghindari paparan sinar matahari. Oleh karena itu. dan kulit tidak diobati sangat keriput di leher. tergantung pada kedalaman pengelupasan. cahaya yang kuat terfokus yang justru menghancurkan jaringan diperlakukan. Kulit yang mengelupas regrows terutama lembut dan sensitif. tingkat tinggi pelindung tabir surya harus digunakan di luar ruangan. dan ditentukan oleh dokter. menghindari sinar matahari total. PENGGUNAAN LASER Kemampuan laser untuk mengobati berbagai kondisi dermatologis didasarkan pada dua sifat dasar: kemampuan mereka untuk menghasilkan sinar. pasien harus diberitahu untuk secara ketat menghindari paparan sinar matahari setelah pengobatan ini. Namun setelah periode yang ketat.

dan berdenyut-dye laser dapat digunakan untuk mengobati lesi yang sangat vaskuler (yaitu. Partikel-partikel kemudian ditelan oleh subkelompok khusus dari sel darah putih (makrofag). Sebuah lesi terdiri dari pembuluh darah (istilah medis adalah "vena danau") sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) pengobatan dengan laser. efek menguntungkan mungkin hanya parsial. Kemampuan warna-spesifik sasaran secara signifikan mengurangi kerusakan pada jaringan sekitarnya yang warnanya berbeda dari jaringan target. mengandung banyak pembuluh darah). seorang tokoh terkemuka dalam pengembangan perangkat laser 109 . Hal ini biasanya lebih baik di "amatir" tato. jika sama sekali. dan tumor kulit dari berbagai jenis. kulit tag. itu tidak menyerap energi laser dan. ada laser dirancang untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit. karenanya. tidak rusak. Ini mengikuti dari atas bahwa ada berbagai jenis instrumen laser dirancang untuk mengobati lesi kulit berbagai warna: Ruby laser adalah efektif dalam pengobatan lesi kulit tertentu yang memiliki warna biru atau coklat. Kegunaan lain dari laser. seperti di kulit wajah mengelupas dan hair removal. menyebabkan ia "meledak" menjadi partikel kecil. Anderson Rox. dalam beberapa kasus. laser yang digunakan harus dipilih sesuai dengan warna (s) dari tato.atas target tertentu. Amerika Serikat. Alexandrite QS tersebut. Hasil dari pewarna tato menembus kulit. Cahaya laser bahwa memancarkan secara selektif diserap oleh pewarna. Karena kulit normal di wilayah itu tidak memiliki warna yang sama sebagai pewarna. bekas luka. Sebuah tato. Oleh karena itu. tergantung pada warna dan karakteristik lain dari jaringan target. Selain ini. termasuk kutil. dan ruby laser. sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) perawatan laser. akan lebih baik untuk menghilangkan tato semacam ini pembedahan. dan karena itu instrumen yang tepat untuk mengobati jaringan denda pembuluh darah (telangiectases) yang muncul pada kulit atau pertumbuhan berbagai berasal dari pembuluh darah di kulit. Profesor R. Hasil akhir tergantung terutama pada jenis pewarna yang digunakan untuk tato dan warna kulit pasien dirawat. MENGHILANGKAN TATO DENGAN MENGGUNAKAN LASER Perangkat laser yang digunakan untuk menghilangkan tato adalah Q-switched Nd: YAG. Dalam tato profesional lebih. akan dibahas secara rinci di bawah. Untuk metode ini untuk menjadi efektif.

Namun.yang sangat maju. Instrumen laser juga memungkinkan mengobati buncit (varises) pembuluh darah tungkai bawah. Bola ini pewarna dapat menjaga bahan yang terkandung dalam mereka untuk hidup. sehingga memungkinkan laser untuk diperkenalkan untuk kulit mengelupas. satu pengobatan laser akan cukup. dan Nd: YAG (Itrium Aluminium Garnet). Dalam kedua kasus. LASER KULIT PEELING Prinsip di balik kulit mengelupas menggunakan laser (juga disebut "kulit resurfacing") adalah sama dengan bahwa kulit chemical peeling. Energi laser merusak lapisan luar bola. sehingga sebagai menyembuhkan luka bakar. tujuannya adalah untuk menciptakan luka bakar superfisial pada kulit wajah. pengobatan dikombinasikan dengan langkah-langkah lain. Lesi biasanya diobati jaringan denda pembuluh darah (telangiectases) yang muncul pada kulit. Kemajuan dalam teknologi laser telah menyebabkan pengembangan instrumen laser yang dapat menghasilkan pulsa sangat pendek (kurang dari seperseribu detik). Dia menyarankan penggunaan menit "bola" yang mengandung pewarna khusus ditujukan untuk tato. operator sekarang dapat menentukan kedalaman yang tepat di kulit yang menembus sinar laser. Ini berarti bahwa waktu sebenarnya balok berada dalam kontak dengan kulit yang lebih pendek. melepaskan pewarna ke dalam kulit dimana secara bertahap menghilang. jika salah satu penyesalan dan ingin untuk menghapus tato. Cahaya berdenyut intens juga dapat digunakan untuk tujuan ini. seperti energi listrik frekuensi gelombang radio. kulit baru akan muncul diremajakan. MENGOBATI PEMBULUH DARAH Laser instrumen yang ditujukan untuk mengobati pembuluh darah Pulsed Dye Laser. dan karena itu dapat mencapai persis kedalaman mengupas 110 . Dalam hal ini. Sebagai hasil dari kemajuan teknis. yang biasanya membutuhkan sesi terapi berulang. berbeda dengan perawatan laser konvensional untuk tato. bola pewarna yang mudah dihilangkan dengan terapi laser. Dalam beberapa kasus. mengembangkan konsep inovatif tato dilepas. atau pertumbuhan berbagai berasal dari pembuluh darah di kulit. dengan ada kepastian untuk hasil akhir.

Perangkat ini terutama digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dan dalam pengobatan keriput sekitar mata dan mulut. sambil meminimalkan risiko efek samping. kurang menanggapi. berbeda dari orang ke orang.diperlukan. Satu juga harus diingat bahwa prosedur yang menyakitkan. yang disediakan bahwa operator terampil dan bahwa pengobatan yang dilakukan sesuai dengan yang diterima pedoman medis. Lebih keriput. PECAHAN PHOTOTHERMOLYSIS Dalam rangka untuk menggabungkan keuntungan dari laser invasif dan noninvasif. seperti laser inframerah dan cahaya berdenyut intens. teknik lain diperkenalkan pada tahun 2003. tetapi kurang efektif dibandingkan dengan laser standar yang digunakan untuk kulit resurfacing seperti theCO2 laser dan erbium: YAGlaser. Potensi masalah utama adalah kemerahan pada wajah yang dapat berlangsung sampai tiga bulan setelah perawatan. tetapi keefektifan mereka dalam mengobati keriput adalah kurang optimal. Efek menguntungkan dari mengupas kulit laser berlangsung selama sejumlah variabel waktu. Para instrumen laser standar yang digunakan dalam beberapa tahun terakhir untuk peremajaan kulit adalah: * laser CO2. dengan mendatarkan akibatnya keriput tetapi tanpa kerusakan eksternal pada kulit. dan perubahan pigmentasi (warna) kulit. Modus ini mengupas kulit laser telah dianggap sebagai prosedur yang relatif aman. Kemungkinan efek samping merugikan dari pengelupasan kulit dengan laser mirip dengan orang-orang kulit kimia berikut mengelupas. Empat sampai enam sesi terapi yang diperlukan satu bulan interval. Mereka dianggap relatif aman. peneliti telah mengembangkan teknologi non-invasif. dan * erbium: YAG laser. Teknik ini menggunakan sinar laser non-invasif yang 111 . pengembangan bekas luka. membutuhkan anestesi topikal. ONINVASIF lASER Dalam pencarian untuk mode novel pengobatan yang dapat mengubah dan memperbaiki struktur kolagen. yang dihasilkan dari pergerakan otot-otot wajah (Seperti kerutan di dahi atau di antara alis). Kebanyakan dokter setuju bahwa laser noninvasif juga dapat menghapus pembuluh darah kecil dan lesi berpigmen. Perangkat ini didasarkan pada konsep terapi mengklaim bahwa kolagen baru dapat diproduksi.

rasa terbakar. dermis sementara mengalami kerusakan termal diatur. Metode ini menerapkan prinsip kerusakan parsial pada kulit. mirip dengan kulit terbakar. dan ketidaknyamanan yang cenderung menghilang dalam beberapa hari. dioda. penggunaan erbium atau laser CO2 resurfacing hasil dalam jaring-seperti kulit. Intens berdenyut cahaya dapat digunakan untuk hair removal juga. Luka-luka kecil mengarah pada pengembangan mikroskopis "colokan" yang memajukan dan habis dalam waktu dua minggu ke permukaan kulit. Jenis laser yang digunakan harus disesuaikan sesuai dengan warna kulit dan daerah yang akan dirawat. Laser ini tampaknya lebih efektif dalam peremajaan kulit dibandingkan laser noninvasif. seperti yang sudah dijelaskan. Sinar laser ditransmisikan ke dalam kulit melalui lensa khusus.memancarkan cahaya dengan panjang gelombang 1550 nm. keriput. energi cahaya diserap oleh pigmen gelap di folikel rambut 112 . yang sementara dan menghilang dalam waktu beberapa hari. Sinar laser menghasilkan kecil. luka termal mikroskopis. Beberapa sesi perawatan yang diperlukan dalam rangka untuk mendapatkan perbaikan terlihat. Prinsip pengobatan ini yang didasarkan adalah bahwa ada perbedaan warna antara folikel rambut dan kulit. yang menyerupai jaring sangat halus (maka istilah "pecahan"). dengan penghapusan epidermis. Beberapa jenis perangkat laser yang digunakan untuk tujuan ini: Alexandrite. sementara digantikan oleh jaringan baru. dan bekas jerawat. untuk Laser instrumen seperti laser CO2 dan erbium. REMOVAL RAMBUT MENGGUNAKAN LASER Ide menghilangkan rambut laser menggunakan teknologi pertama kali diterbitkan pada tahun 1995. Kerusakan yang signifikan pada kulit (seperti terlihat dalam pengobatan laser standar atau chemical peeling) dihindari. Efek samping tampaknya lebih ringan daripada yang laser ciri invasif atau kulit chemical peeling (paling mungkin karena aktivitas parsial) dan termasuk kemerahan. Ada kemerahan ringan. Seperti dalam pecahan photothermolysis metode. dan mereka harus dipertimbangkan sebagai pilihan terapi untuk kulit photoaged. Balok tidak mempengaruhi jaringan seragam tetapi dalam bentuk yang parsial. dan Nd: YAG. Fractional Resurfacing Kulit ablatif oleh Erbium dan Laser CO2.

menyebabkan kerusakan pada folikel, sehingga mengurangi pertumbuhan rambut. Pemantik kulit dan rambut gelap, semakin selektif laser akan mempengaruhi folikel dan bukan jaringan di sekitarnya. Efek samping utama dari pengobatan ini adalah: ketidaknyamanan ringan selama pengobatan (biasanya tertahankan, tapi mungkin membutuhkan anestesi lokal) lokal kemerahan, yang dapat berlangsung dari beberapa menit sampai beberapa jam, dan luka bakar dangkal, biasanya menyelesaikan tanpa meninggalkan tanda-tanda sisa. Catatan: Dalam pandangan di atas, perawatan laser untuk menghilangkan rambut pada orang dengan kulit gelap tidak diinginkan karena ada perbedaan yang cukup antara warna rambut dan warna kulit, yang adalah apa yang membutuhkan perawatan laser untuk itu menjadi efektif dan aman. Dalam orang berkulit gelap, perawatan laser dapat menyebabkan luka bakar dan / atau hipopigmentasi, yaitu, meringankan kulit, sekitar folikel rambut. Dalam kebanyakan kasus, bagaimanapun, fenomena ini menyelesaikan dengan sendirinya dalam waktu. Demikian pula, rambut cahaya tidak dapat diobati dengan teknik laser. PERAWATAN LASER DAN SIKLUS KEHIDUPAN RAMBUT. Efisiensi pengobatan laser untuk hair removal sebagian tergantung pada fase diperlakukan rambut masuk Laser yang paling efektif dalam menangani bulu-bulu yang berada di fase pertumbuhan (anagen fase). Pada rambut yang dalam fase telogen, terapi laser telah dianggap kurang efektif, karena rambut yang akan merosot terletak jauh dari tempat di folikel dari mana rambut baru akan tumbuh. (Fase-fase dari siklus hidup rambut dijelaskan dalam bab 30 pada struktur rambut.) Dalam prakteknya, bagaimanapun, ada beberapa respon terhadap pengobatan laser bahkan dalam fase telogen, yang dihubungkan dengan laser-induced kerusakan pembuluh darah di papila dermis. Telogen rambut, akan merosot. Tahap berikutnya: rambut baru mulai tumbuh dari titik lain (tidak diobati dengan laser). Penangkapan perawatan laser masa aktif pertumbuhan rambut dirawat lama periodekadang-kadang selama beberapa tahun. Respon bervariasi sesuai dengan daerah tubuh yang diobati, jenis kulit, dan usia pasien. Misalnya, rambut di ketiak, pangkal paha, dan kaki lebih responsif terhadap perawatan laser dari rambut wajah. Perawatan laser ini kurang efektif pada kulit gelap. Juga, individu yang lebih muda biasanya membutuhkan sesi pengobatan yang lebih. Respon terhadap pengobatan juga dapat bervariasi dari orang ke

113

orang, untuk alasan yang tidak sepenuhnya dipahami. Namun, dalam banyak kasus, 6 sampai 12 sesi perawatan biasanya cukup. Rambut yang belum muncul dalam waktu satu tahun setelah pengobatan tidak diharapkan untuk tumbuh kembali. Hasil yang diperoleh hingga saat ini pasien frommany adalah mendorong dan membenarkan terus penggunaan laser untuk menghilangkan rambut. Harus diingat, bagaimanapun, bahwa teknik laser terusmenerus diperbaiki dan perkembangan lebih lanjut dapat diharapkan. BERAPA UMUR TEPAT UNTUK MULAI DENGAN LASER HAIR REMOVAL? Pendekatan yang paling direkomendasikan akan memulai terapi laser setelah remaja. Selama remaja, ada peningkatan tingkat hormon tertentu yang merangsang pertumbuhan rambut di berbagai daerah tubuh. Hal ini juga menyebabkan penebalan rambut, membuat mereka target yang lebih baik untuk energi laser. Oleh karena itu, perawatan laser sebelum masa remaja tidak akan cukup efektif. Selain itu, pengobatan yang menyakitkan dan bisa kesusahan anak-anak dirawat. Selain itu, penghapusan rambut vellous di wajah di preadolescence sebenarnya dapat menyebabkan stimulasi pertumbuhan rambut, memperparah masalah. LASER UNTUK PENGOBATAN BINTIK MATAHARI Nama ilmiah untuk bintik matahari adalah "matahari lentigo" (jamak "lentigines surya"). Laser yang digunakan untuk mengobati bintik matahari adalah Q-switched Nd: YAG laser dan ruby. Dalam kebanyakan kasus, hasil estetika yang cukup baik. Jumlah sesi terapi yang dibutuhkan adalah antara satu dan tiga. Catat bahwa beberapa opsi lain untuk mengobati lesi tersebut tersedia. Dalam kasus apapun, menggunakan agen pemutih sebelum dan setelah pengobatan akan diinginkan. INTENS CAHAYA BERDENYUT Sebagaimana disebutkan di atas, alat laser menghasilkan sinar, cahaya yang kuat terfokus, terdiri dari panjang gelombang konstan. Pada tahun 1993, modus baru diperkenalkan disebut terapi cahaya berdenyut intens, paling umum dikenal sebagai IPL. Ini menggunakan lampu xenon, yang memancarkan cahaya untuk waktu yang sangat singkat, diukur dalam

114

milidetik. Cahaya yang dihasilkan oleh IPL tidak terdiri dari satu panjang gelombang tunggal, seperti halnya dengan perangkat laser. IPL menghasilkan pulsa cahaya dalam spektrum 400-1200 nm. Dalam rangka untuk mengadaptasi perangkat IPL untuk indikasi tertentu, filter yang berbeda yang digunakan, yang memungkinkan hanya melalui segmen panjang gelombang cahaya yang diperlukan untuk mengobati masalah kulit. IPL tidak memiliki spesifisitas laser dengan satu, seragam panjang gelombang, dan cenderung menghasilkan lebih banyak efek samping yang merugikan. Namun, sebagai lawan dari perangkat laser, yang masing-masing dirancang untuk mengobati jenis tertentu lesi sesuai dengan panjang gelombang yang dipancarkan, setiap perangkat IPL dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis lesi.

7.7 Ringkasan
Kimia mengupas kulit adalah teknik dimana lapisan luar kulit dikupas pergi dengan cara membakar kimia. Zat kimia yang digunakan untuk mencapai mengupas termasuk es kering, Jessner solusi, hidroksi asam, asam trikloroasetat, fenol, dan zat lainnya. Kimia mengupas kulit ini digunakan terutama untuk meringankan bercak kulit gelap (seperti "bintik matahari") dan untuk kelancaran keluar atau membasmi keriput. Terlepas dari semua keuntungan dari perawatan laser dibahas di sini, harus diingat bahwa laser bukanlah jawaban definitif untuk semua masalah kulit. Medis masalah yang memerlukan laser yang pengobatan harus dibedakan dari mereka yang terbaik dikelola oleh metode lain. Untuk misalnya, Perlakuan direkomendasikan dan diterima untuk keratosis surya 5-fluorouracil (5-FU) persiapan, imiquimod, dan nitrogen cair. Belum tentu laser. Perawatan laser bukan metode yang diterima untuk mengobati lesi yang mungkin ganas. Dalam kasus tersebut, lesi harus benar-benar dipotong, dengan marjin keselamatan yang tepat di sekitarnya, dan dikirim untuk pemeriksaan mikroskopis. Mol (Nevi melanositik) pasti tidak diperlakukan dengan laser. Dalam beberapa kasus, dokter kulit akan lebih memilih untuk melakukan pengelupasan kulit (untuk menghilangkan kerutan di kulit) menggunakan zat kimia yang mengelupas daripada laser. Laser tidak harus dianggap sebagai menjadi-semua dan semua

115

USA. Steinkopf Darmstadt. 2004.10 Daftar Bacaan 1. Jürgen Stellpflug. 2005. Lisa Rapport. 7. 5. Scholz Eberhard. 2. Dermatologie und Medizinische Kosmetik. 2004. 116 . Kerscher Martina. Secara umum. 4 Auflage. Colloids in Cosmetics and Personal Care. 3. Second Edition. Frankfurt am Main. Heidelberg. Springer Medizin Verlag. Stuttgart. 6. Terangkan aplikasi laser pada kulit 7. Tharwad F Thadros. Wissenschaftliche Verlagsgesellschaft. 4. Wissenschaftliche Verlagsgesellschaft. May-Manke Antje.untuk akhir perawatan kosmetik. 2007. Die Große Kosmetikliste. sebelum memulai 7. Handbook of Nutraceutical. Nahrungsergänzungsmittel. 99 Tabellen. Lockwood Brian. USA. 2007. "Leitfaden für die Kosmetische Praxis. 2008. Konrad Herrmann. 2007.9 Bahan Evaluasi Buku1 : hal. Weinheim: WileyVCH Verlag. 2005.106 7. Saur Ralph. 2. Dermatokosmetik. Pharmaceutical Press. Auflage.8 Soal-Soal 1. Wolfgang Raab. Pharmaceutical Press. Pflegekosmetik ein Leitfaden. Nutraceuticals. Jelaskan tentang cara menguas kulit secara kimia 2.431 Buku2 : hal. 8. Stuttgart.

1 Pendahuluan Kehilangan volume wajah dapat sebagian dipulihkan oleh injeksi pengisi jaringan lunak ke dalam kulit jaringan subkutan. sampai tubuh resorbs mereka. Biodegradable pengisi.BAB 8 BAHAN PEMBELAJARAN VII PENGISIAN DAN AUGMENTASI JARINGAN LUNAK 8. Augmentasi jaringan lunak kini telah menjadi salah satu prosedur yang paling populer kosmetik noninvasif.4 Pencapaian Sasaran Kemampuan menjelaskan pengisi jaringan lunak ke dalam kulit jaringan subkutan 117 . inert.2 Sasaran Pembelajaran Memahami ide-ide pengisi jaringan lunak ke dalam kulit jaringan subkutan 8. Pengisi Nonbiodegradable. banyak yang berbeda pengisi jaringan lunak telah tersedia. menimbulkan respon host granulomatosa.3 Proses Pembelajaran Kuliah (ceramah). diskusi dan latihan (responsi) 8. Dengan perkembangan teknologi yang luas dalam beberapa dekade terakhir. 8. yang menjamin efek yang lebih tahan lama. yang disuntikkan dan tetap. seperti silikon. seperti asam hyaluronic. Pengisi dapat dibagi menjadi biodegradable dan nonbiodegradable.

pemilihan pasien. inert. yang disuntikkan dan tetap. Sebuah prinsip yang sama berlaku untuk hilangnya volume dalam jaringan subkutan. Pengisi dapat dibagi menjadi biodegradable dan nonbiodegradable. seperti asam hyaluronic. sampai tubuh resorbs mereka. Biodegradable pengisi. Perhatikan hilangnya volume pipi dengan usia. pengisi jaringan lunak: Biodegradable pengisi biodegradable vs nonbiodegradable Nonbiodegradable. yang menjamin efek yang lebih tahan lama.Tinjauan Sejarah. Pengisi Nonbiodegradable. Sebutir kismis adalah anggur berkerut. Garis wajah seorang wanita dan neneknya.Dengan usia. kulit menipis dan perusahaan lemak subkutan dan dukungan tulang secara bertahap hilang. Komplikasi pengisi 8. Kehilangan volume wajah adalah salah satu faktor penentu yang paling penting dari penuaan wajah. menimbulkan respon host granulomatosa. seperti silikon.5 Uraian bahan pembelajaran: Pengisi dan Augmentation Soft Tissue.6 Bahan Pembelajaran Augmentasi jaringan lunak kini telah menjadi salah satu prosedur yang paling populer kosmetik non-invasif. 118 . Sebutir kismis adalah anggur yang kehilanganvolume.8.

FDA disetujui pada tahun 119 . seperti disfungsi neurologis. minyak parafin digunakan untuk pemulihan volume dan simetri. Di sisi lain. adalah pengisi biodegradable pertama yang tersedia. saat ini sangat baik. Oleh karena itu. Namun. dengan menggunakan teknik microdroplet serial. misalnya. karena memerlukan pengangkatan dari jaringan lemak dari situs lain. dari ternak) kolagen. Dengan munculnya anestesi dan operasi menjelang akhir abad ke-19. termasuk pengisi jaringan lunak. kosmetik lebih invasif prosedur menjadi tersedia. mengancam kehidupan emboli parafin. penggunaannya didampingi oleh tingginya insiden nodul inflamasi granulomatosa (paraffinomas) dengan distorsi wajah konsekuen dan. kebutaan. lemak transplantasi dianggap prosedur yang relatif besar. penggunaan tidak tepat volume besar silikon atau silikon murni telah diikuti oleh komplikasi. Sejak tahun 1960 hingga. Masalah-masalah ini telah melemparkan sebuah awan yang tidak beralasan dari kegelisahan atas penggunaan yang aman dan tepat dari sapi microdroplet seri silicone. Namun. Zyderm implan kolagen. hasil yang aman dan tahan lama telah dilaporkan di Amerika Serikat dan Inggris dengan silikon. Lemak pengisi jaringan pertama lunak untuk digunakan setelah trauma dan masih banyak digunakan saat ini. manusia telah berusaha keindahan dan mencoba untuk memperlambat penuaan. penggunaan minyak parafin adalah silikon discontinued.SEJARAH Dari zaman dahulu.Injectable (yaitu. sesekali.Liquid memperoleh beberapa popularitas di Eropa pada 1940-an. yang melewati aliran darah dan menghalangi pembuluh darah paru-paru. dan erisipelas seperti reaksi inflamasi. Menjelang akhir abad ke-19. ketika ribuan pasien diobati dengan itu. dan hasilnya mungkin variabel.

lalu wajah dicapai dengan menariknya ke atas jaringan dengan facelift bedah. Pengisi dapat mengembalikan kehilangan volume di pipi medial dan lateral dan dapat menonjolkan tulang pipi. Dengan memperbaiki cekungan di bawah mata. dan seringkali bukan. Äù sifat prosedur. operasi. Para. Namun. durasi yang sangat singkat dalam jaringan dan insiden tinggi reaksi alergi menyebabkan pengembangan pengisi lainnya dengan umur panjang dan keselamatan ditingkatkan. masing-masing dengan kekuatan sendiri dan kelemahan. menyebabkan permintaan untuk augmentasi jaringan lunak. saat ini tren adalah untuk pemulihan volume dan kontur wajah. Äúminimally invasif.1981 untuk augmentasi jaringan lunak karena keamanannya relatif. Saat ini. Sekarang ada banyak jaringan yang berbeda pengisi lunak. tidak hanya untuk mengobati manifestasi dari penuaan tetapi juga untuk mengobati cacat wajah dan asimetris karena trauma atau penyakit. Pengisi dapat digunakan di daerah ini untuk sebagian mengangkat alis. kecenderungan itu untuk mengisi keriput. telah menyebabkan baru kemungkinan terapi dan dengan demikian indikasi baru. Dalam peremajaan. dan wajah bisa mendapatkan halus Pengisi dan augmentasi penampilan. AOS kaki). pengisi digunakan sebagai pengobatan lini pertama untuk mengangkat wajah sebelum. penampilan lelah dapat dihapuskan. asam hyaluronic. Penggunaan pengisi kini telah menjadi biasa. dan untuk mengobati kerutan pada sisi luar mata (gagak. Fitur utama dari penuaan pada sepertiga bawah wajah adalah 120 . KOREKSI PERUBAHAN KARENA PENUAAN Fitur utama dari penuaan pada sepertiga bagian atas wajah adalah hilangnya proyeksi cembung punggungan supraorbital dengan keturunan akibat dari alis. INDIKASI DAN SELEKSI PASIEN Perkembangan pengisi baru. Fitur utama dari penuaan sepertiga tengah wajah adalah munculnya cekungan di bawah mata dan hilangnya volume di pipi medial dan lateral. Sementara selama 1970-an dan 1980-an. dengan downtime tidak. terutama. Pengisi dapat digunakan untuk indikasi yang berbeda. dengan banyak sifat-sifat fisik yang berbeda. untuk mengobati lipatan glabellar dalam (antara alis).

perubahan dalam posisi dan struktur bibir. Äù baris). Mengobati garis marionette juga membantu mendukung sisi mulut. Pengisi dapat digunakan untuk menghapus keriput crosshatched dari Vermillion dan dapat mengembalikan kepenuhan alam dan definisi dari bibir. penampilan boneka atau . Äúdrool. Lipatan nasolabial adalah salah satu dari yang paling populer indikasi untuk pengisi. Äù garis (garis dari sudut mulut ke bawah ke arah sisi dagu). yaitu. Mengisi lipat ini dapat memberikan kosmetik yang sangat baik dan tahan lama hasil. 121 . dan jowling dari garis rahang. Bibir penuaan menjadi tipis dan datar. Äù keluar dari Vermillion (bagian merah bibir) ke dalam sekitarnya kulit.pendalaman lipatan nasolabial (Lipatan antara hidung dan mulut. Äúbleed. Mengisi sudut mulut: Sebelum (A) dan sesudah (B) pengisi. Pengisi dapat disuntikkan ke sudut mulut untuk memperbaiki bawah berputar. kerutan halus radial atau crosshatched berkembang di atas dan rendah bibir dan lipstik mungkin. Äúsmile.

hemat kebutuhan untuk operasi. Koreksi wajah Cacat Karena Trauma atau Penyakit Meskipun pengisi telah mendapatkan popularitas mereka dengan memfasilitasi pengobatan penuaan. seperti keturunan ujung hidung atau hidung overdeep jembatan. Sulkus prejowl yang sesuai (Depresi) dapat diisi untuk mendefinisikan kembali rahang.A. mereka dapat juga digunakan untuk koreksi cacat wajah banyak.lekukan pipi akibat penyakit. Dalam menghadapi pertengahan. mungkin dikoreksi. Juga. Penuaan juga menyebabkan hilangnya definisi rahang sejalan dengan jowling. Pada sepertiga bagian atas wajah. misalnya. 122 . dan bekas luka. terkait HIV lipoatrofi wajah atau trauma. dahi asimetri atau depresi dapat diperbaiki. asimetri. (B) Bibir setelah pengisi. Perhatikan sudut elevasi mulut. dapat dikoreksi. Bekas jerawat dapat memperdalam diobati dengan silikon. ketidaksempurnaan hidung kecil. Bibir sebelum pengisian. seperti sebagai bekas luka cekung atau bahkan kehilangan jaringan akibat penyakit kulit tertentu atau trauma. Sebuah rahang yang menonjol dapat dibuat kurang jelas dengan mengisi submukosa bibir atas.

SELEKSI PASIEN Selama konsultasi pra-operasi. dagu augmentasi juga bisa dicapai dengan pengisi. Pasien dengan kerutan yang disebabkan oleh gerakan otot yang berlebihan (misalnya. Sebagai contoh. misalnya. Hal ini sangat penting bagi pasien untuk memiliki harapan yang realistis dari pengobatan. mungkin 123 . Nevi. sementara pasien terlihat dalam cermin. indikasi baru yang ditambahkan ke daftar tumbuh penyakit dan cacat yang dapat diobati dengan pengisi. keriput. bibir asimetri atau cacat dapat diperbaiki. Adalah penting bahwa dokter mendiskusikan kondisi baseline dengan pasien.New dengan profil keselamatan yang tinggi. umur panjang yang wajar. Bekas luka bibir sumbing bisa mendapatkan keuntungan dari pengisi silicone. Pada sepertiga bagian bawah wajah. sehingga pasien memahami apa yang bisa dan apa yang tidak dapat dikoreksi dengan pengisi. Pasien seringkali tidak menyadari asimetri mereka. kecuali otot-otot yang menyebabkan kerutan ini juga santai oleh toksin botulinum A. Tidak semua pengisi cocok untuk semua indikasi dan pengisi yang berbeda dapat digunakan pada pasien yang sama. dan sifat fisik yang berbeda terus dikembangkan. atau anomali wajah. alur-alur yang dalam glabellar) hanya akan mendapatkan peningkatan yang sangat transien dari injeksi filler. pasien biasanya akan menunjukkan daerah mana wajah mereka mereka ingin membaik. Jika dagu terlalu kecil. Pasien dengan fotoaging parah dan keriput disebarluaskan tidak kandidat yang baik untuk pengisi dan harus diperlakukan dengan cara lain.Sebelum (A) dan sesudah (B) pengobatan pengisi bibir atas submukosa. Dengan perbaikan. resurfacing ablatif dengan chemical peel yang mendalam.

Dalam pipi. Kebutuhan untuk pengisi permanen. beberapa pengisi biodegradable telah umur panjang ditingkatkan dan tetap satu sampai dua tahun di jaringan. Itu 124 . pengisi partikel besar dapat memberikan peningkatan volume yang lebih dan lebih tahan lama. Pengisi nonbiodegradable. jumlah kolagen dalam dermis menurun. harus diingat bahwa wajah berubah dengan penuaan. diperkenalkan pada tahun 1951. Juga. di sisi lain. Pengisi biodegradable kebanyakan memiliki keuntungan dari profil keamanan yang tinggi dan kerugian dari hasil sementara. memiliki keuntungan dari daya tahan jangka tetapi mungkin pelabuhan risiko jangka panjang masalah seperti nodul inflamasi atau granuloma. Di masa lalu. sedangkan. BIODEGRADABLE PENGISI INJEKSI KOLAGEN Kolagen adalah protein yang membentuk sebagian besar terdiri dari matriks ekstraseluler dan 80% dari berat kering dermis kulit manusia. dengan demikian secara bertahap mengurangi. NONBIODEGRADABLE Pengisi jaringan lunak dapat dibagi menjadi dua kelompok besar: biodegradable dan nonbiodegradable. atau masalah yang salah suntikan tidak akan hilang dengan mudah dalam 6 sampai 12 bulan. memberikan hasil jangka panjang setelah injeksi. Pengisi jaringan pertama biodegradable lunak adalah kolagen sapi. dengan risiko petugas mereka masalah permanen. pengisi halus memungkinkan penempatan lebih presisi dan juga penggunaan jarum. bibir yang tetap besar sementara wajah menjadi lebih kecil karena kehilangan volume yang terjadi dengan penuaan).akan lebih baik untuk tidak menggunakan pengisi yang sama di pipi seperti di bibir. Dengan penuaan. di bibir. lebih halus lebih nyaman. Peran fisiologis dari serat kolagen di kulit adalah untuk memberikan sifat tarik pada kulit. Apa yang dimaksud dengan hasil yang baik pada orang muda mungkin terlihat aneh di wajah yang lebih tua (misalnya. suatu nodul inflamasi atau jika pasien tidak puas dengan hasilnya). PENGISI: VS BIODEGRADABLE. Jika masalah timbul setelah injeksi pengisi sementara (misalnya. pengisi akhirnya akan mengisap dan akan menyelesaikan masalah. umur panjang pengisi biodegradable yang paling pendek (beberapa bulan) dan karena itu beberapa pilihan pengisi yang lebih permanen. Ini memberikan kontribusi untuk perkembangan keriput. Saat ini.

Zyderm II r. dengan 65 mg / ml kolagen. Juga menerima persetujuan FDA. sehingga diperlukan uji kulit sebelum injeksi filler ini. 125 . sebuah pengisi suntik hyaluronic asam. ada kelemahan dari umur yang sangat pendek (3 sampai 6 bulan) dan tingkat tinggi imunogenity. ketika Restylane r. mereka kehilangan popularitas. lebih cross-linking adalah mungkin yang menjamin degradasi lambat dalam jaringan dan daya tahan yang lebih besar sehingga (12 sampai 18 bulan). dan r Evolence Breeze* (Viskositas rendah) untuk moderat untuk keriput halus dan untuk pembesaran bibir.adalah pengisi jaringan pertama lunak untuk menerima persetujuan FDA pada 1981 (Zyderm I. Dan Zyplast r. dengan hasil yang hanya berlangsung 3 sampai 6 bulan. Kedua fitur ini membuat kurang alergenik dibandingkan kolagen sapi. Cosmoplast. diikuti oleh Zyderm II dan Zyplast). Zyderm II untuk keriput menengah. Tiga persen pasien yang sensitif terhadap kolagen sapi. Beberapa produk yang kurang imunogenik kolagen manusia telah dihasilkan dari mayat kulit (Alloderm. di mana gula (ribosa) digunakan. Kolagen sapi adalah pengisi AS yang paling populer sampai tahun 2003. Cymetra. Cross-linking (mengikat molekul ganda bersama untuk membentuk makromolekul besar yang memperpanjang umur panjang dari filler) dilakukan oleh teknologi "Glymatrix". pengisi ini memiliki viskositas yang berbeda: r Evolence* (Viskositas tinggi) untuk lebih dalam lipatan dan kerutan. Karena itu. produk kolagen baru telah dikembangkan. Mirip dengan kolagen sapi. Karena gula tidak beracun. dengan 35 kolagen mg / ml cross-linked Zyderm I digunakan untuk kerutan yang dangkal. Meskipun produk ini aman dan menghasilkan hasil kosmetik yang baik. dengan 35 mg / ml kolagen. Tetapi sebagai produk-produk ini tidak menawarkan cukup umur panjang. Tiga produk kolagen sapi yang tersedia saat ini: Zyderm I r. dan Zyplast untuk keriput dalam atau lipatan. menghilangkan kebutuhan untuk tes alergi. Penambahan paling menarik untuk suntikan kolagen dermal adalah r Evolence*. Pengisi ini diproduksi dari babi (babi) kolagen dengan bagian alergi dari kolagen (telopeptide) dihapus. Dermalogen). Cosmoderm.

Ini adalah produk kental sedikit dari semua dan dirancang untuk benar garis-garis halus dan dangkal. cacat mudah dpt dilembungkan melalui suntikan ke 126 . jumlah asam hyaluronic dalam kulit berkurang. yang mengakibatkan volume berkurang dan hidrasi intradermal berkurang (asam hialuronat mengikat air di kulit). Hal ini dihasilkan dari ayam jantan 'sisir dan cross-linked dengan divinyl sulfon. Di kulit. Untuk meningkatkan umur panjang hialuronat asam di kulit. struktur kimianya tidak spesifik untuk setiap organisme tertentu. Dalam hal ini proses. serat elastis. Produk asam hyaluronic pertama untuk menerima persetujuan FDA Restylane r* (Desember 2003). dan Restylane SubQ. dalam bentuknya yang murni. asam hialuronat asli akan tinggal hanya satu sampai dua hari. itu adalah cairan kental di mana serat kolagen. tidak imunogenik.Hyaluronic Acid Pengisi Dermal Asam hialuronat adalah polisakarida linear hadir dalam jaringan dari semua hewan vertebrata. Semua produk ini mengandung 20 mg asam hyaluronat per mililiter. Perlane r. Produk berbeda sesuai dengan ukuran partikel asam hyaluronic. Restylane r* didistribusikan di seluruh dunia dalam bentuk yang berbeda:* Restylane r. Karena kurang imunogenik dari Zyplast r* kolagen dan memberikan hasil lebih tahan lama (6 sampai 12 bulan). sehingga meningkatkan daya tahannya setelah injeksi. r Garis Halus Restylane. jumlah partikel gel per mililiter. Jenis Cross-Linked Hyaluronic Acid Cross-linked pertama asam hyaluronic persiapan yang banyak digunakan untuk augmentasi jaringan adalah Hylaform r*. bahan kimia yang mengikat molekul hyaluronic tunggal menjadi makromolekul yang besar. Produk dengan nomor tertinggi dan ukuran terkecil partikel adalah r Jalur Restylane Baik?. Dengan penuaan. dan struktur interseluler lainnya tertanam. silang molekul asam hyaluronic dikembangkan pada tahun 1980. itu kehilangan banyak daya tarik awal. pengisi ini telah dengan cepat menjadi standar emas baru dari augmentasi jaringan lunak. Oleh karena itu. membuat asam hyaluronic lebih tahan terhadap degradasi. Pengisi ini nonanimal berasal dan diproduksi oleh bakteri fermentasi diikuti oleh-silang dengan eter butanedioldiglycidyl (BDDE). itu adalah identik dalam semua spesies. Tidak seperti kolagen. membuatnya menjadi kandidat yang buruk untuk augmentasi jaringan. Karena hanya berlangsung selama tiga bulan dalam jaringan setelah injeksi. dan dimaksudkan kedalaman implantasi. Ketika disuntikkan ke dalam kulit.

semakin kental produk.? Diproduksi oleh fermentasi bakteri dan cross-dihubungkan oleh BDDE. Juvederm pengisi lain asam hyaluronic banyak digunakan yang telah disetujui di Eropa pada 2001 dan menerima persetujuan FDA pada 2006. dan daya tahan yang baik dalam jaringan. pembawa gel secara bertahap diserap oleh fagositosis makrofag dan respon fibroblastik lokal berkembang sekitar partikel CaHA. Perlane memiliki nomor bahkan lebih rendah dari partikel yang lebih besar dan bahkan lebih kental dari Restylane dan Restylane r Garis Halus?.dalam dermis atas. Pengisi ini. kurang kental sedikit silang produk yang lebih cocok untuk keriput lebih dangkal. sifat viskoelastik yang baik. Sebagai pengisi lebih kental. tidak cocok untuk augmentasi bibir atau untuk daerah dengan banyak gerakan dan kulit tipis. Sebagai suntikan hyaluronic acid adalah prosedur kosmetik dengan pertumbuhan tercepat noninvasif. Surgiderm. sangat cocok untuk lipatan yang lebih dalam atau penggantian volume wajah dan harus disuntikkan jauh ke dalam dermis atau ke jaringan subkutan. Sebagian besar dari mereka memiliki profil keamanan yang baik.With yang tepat pengisi ini memiliki profil keamanan yang sangat baik. seperti Restylane r. Poli-l-asam laktat (PLLA Sculptra r) dianggap sebagai pengisi perlahan-lahan 127 . Banyak produk lain yang mengandung asam hialuronat yang tersedia di berbagai bagian dunia. Produk berbeda dengan derajat silang. Pengisi Biodegradable lain Radiesse adalah pengisi biodegradable terdiri of30% mikrosfer hydroxylapatite fromcalcium (CaHA) partikel tersuspensi dalam suatu pembawa gel karboksimetilselulosa. Restylane memiliki partikel gel lebih sedikit dan lebih besar. Hal ini dirancang untuk memperbaiki lipatan atau kerutan yang dalam melalui suntikan ke dalam subkutis. Puragen. dan karena itu lebih tinggi viskositas. Meskipun r Juvederm yang berbeda? produk yang tersedia. Partikel-partikel ini secara bertahap terdegradasi setelah 12 sampai 24 bulan. Esthelis. dan lebih dalam itu harus disuntikkan. yang durasi aksi filler ini. Semakin besar silang. Dengan demikian. dan banyak lainnya. produk baru dengan karakteristik yang ditingkatkan terus-menerus dikembangkan. karena dapat menjadi teraba atau terlihat dalam teknik injeksi areas. produk padat yang lebih cocok untuk keriput lebih dalam dan lipatan. seperti Teosyal . Setelah injeksi. Untuk alasan yang sama. semuanya terdiri dari gel homogen dengan 24 asam hyaluronic mg per mililiter. dan.

seperti asam hyaluronic. Untuk melakukannya. Rupanya. pengisi ini dipasarkan di Eropa sebagai r Isi Baru?. Ini kehilangan bagian dari popularitasnya di Eropa karena komplikasi seperti nodul subkutan dan papula. Untuk mencapai hasil yang diinginkan. mengangkat bekas luka. Pendukungnya bersikeras bahwa bila digunakan dengan benar adalah sangat aman dan efektif. Ia bekerja dengan merangsang produksi jaringan ikat baru. sehingga kapsul kolagen kecil mengembangkan sekitar microdroplet masingmasing. selama beberapa minggu berikutnya. dapat mencapai hasil yang sangat baik: silikon dapat melakukan segala sesuatu yang asam hialuronat dapat melakukan. dan dengan injeksi filler ini ke dalam pesawat subkutan. serangkaian empat atau lima sesi suntikan. Musuh yang menunjukkan silikon yang telah dikaitkan dengan deformasi besar-besaran. 128 . karena dapat memakan waktu hingga 40 bulan atau bahkan lebih lama untuk menurunkan. pada empat hingga enam minggu interval. seperti asam hyaluronic. Hal ini tidak secara fisik mungkin untuk menyuntikkan volume yang cukup dari pengisi inert. volume injeksi yang salah. atau situs yang tidak pantas injeksi. Silicone. Lebih disuntikkan ke dalam dermis dan / atau subcutis. Viskositas adalah fungsi dari polimerisasi dan diukur dalam centistokes. bahkan bertahun-tahun berikut injeksi. dengan mempersiapkan campuran 12 sampai 24 jam sebelum pengobatan. risiko komplikasi relatif rendah. dengan menggunakan volume pengenceran yang besar. Beberapa peneliti menyatakan bahwa ini adalah akibat pengenceran yang salah atau teknik injeksi salah. Ini merangsang respon host jaringan yang secara bertahap. Silikon cair merupakan polimer sintetis dimethylsiloxane. FDA telah disetujui untuk pengobatan kehilangan volume pada pasien HIV-dimediasi lipoatrofi. Silikon bisa mengangkat bekas luka tertekan. silikon memunculkan respons jaringan granulomatosa dengan pembentukan kolagen sekitar silikon disuntikkan. ke bekas luka bawah terikat untuk mencapai efek yang sama. NONBIODEGRADABLE pengisi Silikon cair silikon adalah yang paling kontroversial dari pengisi jaringan permanen lunak.terdegradasi (atau pengisi semipermanen). microdroplets kecil silikon serial disuntikkan ke bekas luka. dan nodul inflamasi kadang-kadang tak terselesaikan (granuloma). Silikon. diperlukan (teknik microdroplet serial). Hal ini terutama cocok untuk volume wajah pengganti. silikon juga dapat melakukan beberapa hal yang asam hyaluronic tidak bisa lakukan. Awalnya. asam hyaluronic yang tidak bisa lakukan.

Kadang-kadang. Di tangan seorang praktisi berpengalaman. juga akan tahan lama. tahan lama.02%). Kedua gel sangat lambat diserap kembali oleh tubuh selama bertahun-tahun. Teknik injeksi yang benar adalah penting. mereka mungkin sangat tahan lama dan resisten terhadap pengobatan. Gel ini memiliki insiden yang relatif tinggi komplikasi. Pasien harus diuji untuk kulit alergi terhadap kolagen sapi komponen seperti halnya dengan produk lainnya kolagen sapi.3% lidokain. Bio-Alcamid terdiri dari 4% cross-linked poliakrilamida dengan polyalkylimide.5% dan 0. infeksi). reaksi granulomatosa tak terduga berat dapat terjadi (dalam mungkin 1 dalam 1000 pasien). Artefill dan Artecoll Artefill terdiri dari 20% polymethylmetacrylate homogen (PMMA) mikrosfer merata tersuspensi dalam kolagen sapi 3.Wheninjected dalam jumlah besar. penggunaan empat atau lima sesi injeksi.5% dalam air. Reaksi ini bahkan dapat terjadi bertahun-tahun setelah injeksi silikon dan tanpa acara pengendapan jelas (misalnya. kolagen sapi benar-benar diserap dan digantikan oleh kolagen manusia yang baru terbentuk yang secara individual merangkum PMMA mikrosfer permanen. 129 . Gel poliakrilamida. produk serupa yang telah digunakan di Eropa selama bertahun-tahun?. Satu sampai tiga bulan setelah injeksi. Oleh karena itu jatuh dari nikmat. hati-hati diperlukan untuk menghindari overkarenanya. Hal ini lebih tinggi dimurnikan dari Artecoll. Seperti ada variabilitas intensitas respon granulomatosa antara orang yang berbeda dan bahkan variabilitas dalam orang yang sama dari waktu ke waktu. Mereka juga menghilangkan (seperti Aquamid) Atau disimpan di tempat (seperti Bio-Alcamid r) oleh fibrosa capsule. Artecoll. Aquamid terdiri dari gel polyacrilamide 2.tidak seperti asam hyaluronic. frekuensi peristiwa tersebut mungkin lebih tinggi. Silikon mengisi jaringan dengan menginduksi respon host granulomatosa. karena alasan apapun. Ini akan menghindari "silikon danau" (suntikan tetesan yang terlalu besar) dan "manik-manik" (pembentukan benjolan teraba di bawah kulit karena terlalu dangkal suntikan). Meskipun nodul inflamasi sangat jarang terjadi setelah injeksi filler ini (insiden <0. Ini adalah keuntungan yang jelas tetapi juga berarti silikon yang merupakan hasil tak kenal ampun dan tidak sempurna. Setidaknya beberapa dari kasus mungkin karena perkembangan selanjutnya dari penyakit tertentu seperti sarkoidosis.

Komplikasi Penggunaan pengisi ini berkembang pesat karena, fleksibilitas profil mereka efektivitas, keamanan tinggi, dan tidak adanya stigma sosial sekitarnya penggunaannya. Namun, efek samping dan komplikasi kadang-kadang terjadi. Reaksi di tempat suntikan adalah efek samping yang paling umum. Ini termasuk nyeri, pembengkakan, kemerahan, memar, gatal, dan nyeri tekan. Reaksi ini (sebagian besar ringan) dapat terjadi sampai batas tertentu setelah injeksi filler dan sebagian besar mereda dalam waktu kurang dari tujuh hari. Pengobatan tidak diperlukan. Jarang, beberapa pengisi sementara (produk asam hialuronat terutama bila digunakan subkutan) telah dikaitkan dengan munculnya tertunda merah, nyeri, benjolan bengkak di lokasi suntikan. Dalam sebagian besar kasus, antibiotik oral akan memecahkan masalah, menunjukkan bahwa teknik aseptik yang tidak sempurna dapat menjadi penyebab dari selulitis subakut. Suntikan di bidang subkutan memerlukan teknik aseptik ketat mungkin untuk menghindari hal ini. Selama koreksi atau penempatan terlalu dangkal filler dapat menyebabkan benjolan terlihat di bawah kulit. Masalah ini terutama terlihat di daerah kulit tipis dengan banyak gerakan, seperti di sekitar bibir atau mata atau di alur nasolabial. Benjolan ini dapat diobati baik dengan kompresi tegas antara jari dan ibu jari, dengan aspirasi atau, dalam kasus-kasus dangkal, oleh ekspresi sayatan tusukan (metode terakhir sangat berguna ketika manik-manik kebiruan terlihat, terutama di alur nasolabial, setelah injeksi dermal terlalu dangkal filler). Injeksi hialuronidase (enzim yang memecah asam hyaluronic) dapat digunakan ketika masalah timbul setelah injeksi dari produk asam hyaluronic. Ketika pengisi biodegradable sementara ini digunakan, setiap benjolan yang tidak diinginkan biasanya nodul inflamasi sementara dan treatable.Persistent (reaksi tubuh granulomatosa asing) telah dilaporkan setelah injeksi pengisi paling dan dapat diatasi dengan suntikan steroid intralesi seri. Dengan pengisi lebih lembam, ini "sensitivitas" reaksi granulomatosa yang sangat jarang: nodul ini cukup umum dengan jenis yang lebih tua dari kolagen sapi memiliki kejadian 1,3%, Saat ini, dengan kolagen babi baru (misalnya, r Evolence?) Dan dengan produk asam hialuronat, reaksi-reaksi ini sangat jarang. Ketika nodul inflamasi terjadi setelah injeksi pengisi (misalnya, PLLA) permanen (misalnya, silikon) atau semi-permanen mereka mungkin, dalam beberapa kasus, dapat tahan lama dan lebih sulit untuk mengelola.

130

KOSMETIK PENGGUNAAN BOTULINUM TOKSIN Botulinum toksin (BTX) adalah neurotoksin yang digunakan dalam pengobatan keriput dinamis dan peremajaan wajah. Ketika disuntikkan dalam jumlah kecil, sementara mengurangi kekuatan otot target, sehingga mengurangi atau menonjolkan kerutan berhubungan dengan otot-otot untuk jangka waktu empat sampai enam bulan. Sejak penggunaan pertama kosmetik sekitar 16 tahun lalu, BTX telah merevolusi kedokteran estetika. Injeksi BTX telah menjadi prosedur yang paling umum dilakukan kosmetik noninvasif di dunia. SEJARAH BTX secara alami diproduksi oleh bakteri Clostridium botulinum. Lebih dari 100 tahun yang lalu, itu ditemukan sebagai penyebab keracunan makanan akibat kelumpuhan otot (botulism). Yang pertama serotipe, BTX-A, diisolasi untuk Angkatan Darat AS oleh Edward Shanz pada tahun 1946. Tiga tahun kemudian, pada tahun 1949, mekanisme kerjanya ditemukan. Tujuh berbeda serotipe (BTX-A, B, C, D, E, F, G), masing-masing diproduksi oleh strain yang berbeda dari C. botulinum, telah diidentifikasi sejauh ini. Selama tiga dekade terakhir, BTX telah digunakan untuk gangguan neuromuskuler tertentu, seperti kejang otot tak sadar dan Strabismus ("cross-mata"). Pengamatan pertama yang BTX mungkin bisa membantu dalam mengobati keriput dibuat oleh Dr Jean Carruthers, dokter ahli mata dari Vancouver Kanada. Dia mencatat bahwa banyak pasien wanita yang diobati dengan BTX untuk indikasi okular juga menunjukkan pengurangan keriput dinamis. Laporan pertama dari penggunaan kosmetik BTX dan efektivitas dalam mengurangi dinamis keriput di wilayah glabellar (yaitu, daerah antara alis, di atas akar hidung) diterbitkan pada tahun 1992 oleh Jean Carruthers dan suaminya dokter kulit, Alastair Carruthers. Hal ini diikuti oleh berbagai publikasi yang menegaskan kemanjuran mengesankan dan keamanan dari BTX-A dan menyebabkan persetujuan FDA untuk mengobati kerutan wajah pada tahun 2002. Sejak itu, penggunaannya telah dengan cepat diperluas untuk mencakup banyak indikasi kosmetik dan medis lainnya. BTX injeksi telah mendapatkan popularitas

131

yang luar biasa. Dalam beberapa tahun terakhir, juga telah digunakan untuk mengobati migrain dan hiperhidrosis (keringat berlebih). BTX: Mode Aksi BTX diberikannya efeknya pada sambungan neuromuskuler mana blok pelepasan asetilkolin, neurotransmiter. Asetilkolin adalah substansi messenger, dirilis oleh ujung saraf dirangsang, yang mengaktifkan otot dan menyebabkan kontraksi otot. Memblokir rilis berhenti gerakan otot. Pelepasan asetilkolin dipicu oleh aksi protein membran yang terletak di ujung terminal saraf. BTX blok pelepasan asetilkolin ujung saraf fromthe dengan mengikat protein-protein tertentu. Setiap serotipe BTX bersatu dengan protein membran yang berbeda, sehingga mengerahkan efek klinis yang berbeda. Hanya lima serotipe mempengaruhi sistem saraf manusia, BTX-A, B, E, F, G, dan hanya dua ini tersedia sebagai obat, BTX-A dan BTX-B. Efek klinis BTX-A mulai menjadi jelas setelah 48 jam, mencapai maksimum setelah satu sampai dua minggu, dan berlangsung selama empat sampai enam bulan. Aksinya menurun perlahan seiring waktu sebagai jaminan tumbuh ujung saraf baru terjadi. Hal ini dimulai empat minggu setelah pengobatan. Kemudian, ujung saraf yang rusak regenerasi dan mengembalikan fungsi mereka. Kecambah agunan baru kemudian menarik kembali dan menghilang.

KERIPUT DINAMIS
132

garis horizontal di dahi dapat dilihat ketika alis terangkat. kerutan dahi. dan BTX digunakan lebih dan lebih untuk peremajaan wajah. banyak indikasi telah ditambahkan. dan kaki gagak (keriput di tepi luar mata). garis-garis ini dapat dilihat hanya dalam animasi. Pasien dengan fotoaging lanjut atau parah. Sementara otot-otot lain dalam tubuh yang melekat pada tulang. untuk pengobatan untuk menjadi sukses. pemilihan pasien yang tepat sangat penting. Jadi. keriput ini dinamis berkembang menjadi keriput beristirahat yang menjadi permanen dan secara bertahap memperdalam. Selama beberapa tahun terakhir. yang selalu tegak lurus ke otot yang mendasarinya. Hal ini tidak langsung dipengaruhi oleh aktivitas otot dan. Injeksi poin untuk area glabellar dan dahi pada pasien laki-laki. tidak dapat diharapkan untuk meningkatkan dengan suntikan BTX. dan asimetri wajah. karenanya. SELEKSI PASIEN Keriput "dinamis" perlu dibedakan dari kerutan "baik" pada kulit yang terkait dengan kronologis penuaan dan photoaging. garis marionette. bukan calon yang baik. Indikasi Kurang umum adalah dalam menghadapi pertengahan dan lebih rendah dan termasuk keriput bibir. otot-otot wajah yang melekat pada kulit. Dengan penuaan. yang memiliki banyak kerutan saat istirahat. BTX Produk Sampai saat 133 . Kerutan halus karena degenerasi bertahap serat elastin dan kolagen dalam kulit. Setiap kontraksi otot wajah menyebabkan kerutan pada kulit. Sangat penting untuk memilih pasien yang tanda-tanda wajah negatif disebabkan oleh otot menarik yang mendasarinya. Injeksi poin untuk area glabellar dan dahi pada pasien perempuan. hanya untuk menghilang ketika otototot rileks dan alis kembali ke posisi semula. INDIKASI Indikasi umum untuk BTX-A terletak pada wajah atas dan termasuk garis glabellar (garis vertikal antara alis). Ini dapat diobati dengan BTX. Ulang kerutan menyebabkan kerutan. Dengan demikian. Di muda.Keriput garis ekspresi dinamis dan secara bertahap mengembangkan selama bertahun-tahun karena kontraksi berulang dari otot-otot wajah. cobblestoning dagu.

Perbedaan utama antara kedua produk adalah jumlah albumin serum manusia (HSA) dan BTX dalam produk masing-masing.ini. Rasio konversi Botox unit untuk Dysport unit diperkirakan berada di suatu tempat 1:03-1:04 dan sebagainya. pasien diminta untuk membuat ekspresi wajah tertentu sehingga menjadi terlihat menarik otot di bawah kulit. sensasi rasa sakit dari tusukan jarum ringan dan dapat dikurangi lebih lanjut oleh 134 . seperti Xeomin . Beberapa perusahaan bekerja pada persiapan BTX baru dan beberapa produk baru seperti Puretox (Mentor) dan Linurase (Prollenium & Merz NT 201) berada di jalan. adalah penting untuk menentukan nama merek. Sebagian besar. baik ke dalam otot atau hanya bawah atau ke dalam kulit. sedangkan Dysport berisi 125? m ASM per botol dan 500 Dysport unit. Tampaknya bahwa volume yang lebih rendah (konsentrasi tinggi) membuat efek yang lebih lokal dan bahwa volume yang lebih besar (konsentrasi rendah) memungkinkan difusi lebih besar dari racun. PROSEDUR BTX disuntikkan dalam jumlah yang sangat kecil melalui jarum yang sangat halus. Uji klinis acak terkontrol di indikasi estetika tertentu diperlukan untuk membandingkan ini baru persiapan untuk yang lebih tua. Jenis lain dari BTX-A persiapan. pengenceran 2-ml digunakan untuk 100 r Botox? unit atau pengenceran 2. Penyimpanan dan pengenceran Botox dan Dysport harus disimpan dalam lemari es. Botox berisi 500? m dan 100 unit ASM Botox per botol. Dapat disimpan di kamar temperature. Beberapa produk BTX-A (Botox / Vistabel. Botox (Allergan Inc) dan Dysport (Ipsen Inc) saham mayoritas pasar estetika. Biasanya. yang paling ampuh dari serotipe.5-ml untuk 500 Dysport unit. yang berarti lebih sedikit suntikan tetapi juga risiko yang lebih tinggi efek yang tidak diinginkan. Xeomin. BTX-A lainnya persiapan seperti Neuronox dan CBTX sedang diproduksi di Asia. jumlah yang dipilih bervariasi antara praktisi dan tergantung pada konsentrasi yang diinginkan.All BTX-A persiapan harus diencerkan dengan garam. adalah serotipe utama yang digunakan dalam kedokteran estetika pada manusia. The BTX-A kemudian disuntikkan setelah pasien melemaskan otot-otot target. BTX-A. Neuronox) dan BTX-B produk (Myobloc / NeuroBloc) Tersedia secara komersial. Dysport. BTX-B memiliki durasi yang lebih singkat dan tindakan yang terkait dengan efek samping lebih. Seperti jarum halus yang dipilih. ketika menyatakan dosis.

tetapi juga dengan memungkinkan otot antagonis untuk bertindak terlindung. pengobatan harus individual. Dengan cara ini. mencapai maksimum setelah satu sampai dua minggu dan berlangsung selama empat sampai enam bulan. Perawatan kemudian harus diulang untuk mempertahankan hasil yang diinginkan. PERTIMBANGAN Karena anatomi dan fisiologi otot berbeda dalam setiap pasien. Efek klinis BTX mulai menjadi jelas pada 48 jam. pengobatan dari serat unggul dari orbicularis oculi (otot-otot yang menutup kelopak mata) akan memungkinkan frontalis (otot dahi) untuk bertindak dilawan. BTX-A untuk dahi sebelum (A) dan dua minggu sesudahnya (B). Pasien perlu tahu bahwa efek ini bersifat sementara dan bahwa pengobatan lebih lanjut akan diperlukan setelah tiga sampai enam bulan. sehingga mengakibatkan mengangkat alis. Banyak takut "beku" melihat yang terlihat di masa lalu dengan dosis BTX yang lebih tinggi. Pengalaman telah berubah baik teknik injeksi dan dosis sehingga otot banyak diperlakukan hanya santai dan tidak lumpuh.aplikasi krim anestesi terlebih dahulu. beberapa aktivitas otot adalah kekal. Sebagai contoh. BTX-A diberikannya efek klinis tidak hanya dengan relaksasi otot-otot diobati. KAPAN TIDAK MENGGUNAKAN BTX BTX-Atreatment merupakan kontraindikasi pada adanya penyakit neuromuskuler yang bisa 135 . memberikan wajah penampilan yang lebih alami.

Satu titik untuk procerus yang otot dan satu titik untuk setiap otot corrugator (0. Serat ini 136 . dan terutama browposition dapat memperbaiki ekspresi wajah yang tidak diinginkan dan tanda-tanda penuaan. dan depressor supercilii otot.memperkuat efeknya. BTX sebaiknya tidak digunakan selama kehamilan dan menyusui. dan otot-otot supercilii depressor menggambar alis medial bawah. Biasanya. Pengaruh BTX pada baris glabellar. Di daerah ini. antara tiga dan lima poin yang disuntikkan. otot procerus. Gagak Kaki Kerutan memanjang lateral dari daerah periorbital disebut "kaki gagak". Informasi lebih rinci tentang aplikasi BTX dan menggunakan nya untuk wajah pertengahan dan bawah berada di luar cakupan buku ini. amyotrophic lateral sclerosis. BTX UNTUK WAJAH UPPER Penggunaan kosmetik BTX mulai dengan pengobatan garis glabellar dan daerah lain dari wajah bagian atas. garis horisontal dahi.5 sampai 1 cm di atas tepi orbital) adalah tiga pertama. sindrom Lambert Eaton-. dan miopati lainnya. dua tambahan poin untuk bagian lateral corrugators dan bagian dari otot frontalis (1 cm di atas tepi orbit) yang disuntikkan. seperti myasthenia gravis. Ketika menyuntikkan lima poin. Lateral serat-serat otot orbicularis oculi bahwa cincin orbit menyebabkan keriput. Garis Glabellar Kontraksi otot-otot glabellar menghasilkan ekspresi marah dan tegang. glabella biasanya salah satu daerah pilihan pertama untuk dirawat oleh BTX-A. Garis Glabellar yang dihasilkan oleh kontraksi dari otot corrugator. otot procerus yang garis horizontal. Otot corrugator menginduksi garis vertikal. Oleh karena itu. yang tetap daerah yang paling sering diobati. kaki gagak. r Botox? dosis akan menjadi 20 sampai 40 unit dan r Dysport? Dosis akan sekitar 15 sampai 50 unit untuk mengobati daerah ini. Sering suntikan kecil inferomedial ke bagian medial alis juga akan berguna.

Untuk daerah ini. Juga. yang paling anterior titik injeksi tidak boleh melewati garis tengah lateral (garis vertikal yang ditarik melalui lateral canthus). masing-masing sekitar 1 lateral pelek orbital cm. ketika digunakan dalam dosis kosmetik. Dua lainnya injeksi poin yang terletak 1 cm di bawah dan 1 cm di atas titik itu. Suntikan biasanya digunakan dalam bidang ini. pada wanita. sedangkan laki-laki ideal adalah alis hampir horisontal di bentuk. dengan r Botox? dosis 10 sampai 16 unit dan r Dysport? dosis 20 sampai 40 unit. sangat baik. Melemahnya berlebihan dari frontalis tanpa melemahnya otot alis sesuai depressor dapat mengakibatkan ptosis alis dengan ekspresi bermata bengkak. Pasien diminta untuk tersenyum maksimal sehingga pusat kaki gagak dicatat dan titik pertama adalah disuntikkan sana setelah relaksasi. Oleh karena itu. Suntikan tidak boleh dilakukan saat pasien masih tersenyum.disusun dalam pola melingkar di sekitar mata dan kontraksi mereka menghasilkan kuat penutupan kelopak mata. setidaknya beberapa aktivitas dari otot frontalis lateral yang harus dilestarikan. seperti BTX-A dapat mempengaruhi zygomaticus kompleks dan dengan demikian menyebabkan ptosis (melorot) dari bibir atas. Untuk daerah ini. Otot ini berasal dari alis dan kulit glabella dan dari serat orbicularis oculi dan memasukkan ke dalam aponeurotica galea. Mengobati bagian frontalis inferior memerlukan kehati-hatian. Garis Horizontal Dahi Garis horisontal dahi disebabkan oleh kontraksi otot yang disebut occipitofrontalis tersebut. Ketika dikontrak. tidak hanya mengarah ke garis dahi horisontal tetapi juga menimbulkan alis dan kelopak atas dan membuat mata terlihat lebih besar dan lebih terbuka. r Botox? Dosis biasanya 6 sampai 15 unit dan r Dysport? dosis 10 sampai 30 unit. Komplikasi jarang terjadi dan sebagian besar ringan dan sementara. Sebagian besar efek samping adalah 137 . biasanya 4 sampai 20 poin injeksi yang terbaik. dengan lateral aspek yang lebih tinggi daripada medial. Hal ini juga penting untuk menyadari bahwa perempuan ideal adalah alis melengkung. sebagai over-mengobati dapat menyebabkan alis dan kelopak mata ptosis bahkan. KOMPLIKASI Keamanan BTX-A.

ketika merawat daerah antara alis atau dahi. disarankan untuk menyuntikkan kerutan dahi setinggi mungkin (setidaknya 1 cm di atas tepi orbital atau lebih tinggi) dan mulai dengan dosis rendah di daerah ini. biasanya dapat dihindari dengan teknik injeksi hati-hati. Istilah medis untuk ini adalah ptosis alis. Untuk mencegah komplikasi ini.karena teknik injeksi optimal atau difusi dari BTX-A ke dalam otot yang berdekatan. Terkulainya Alis suatu (Ptosis Alis) Komplikasi yang paling merepotkan. MELOROT DARI KELOPAK MATA (BLEPHAROPTOSIS) Tenggelamnya bawah dari kelopak mata (ptosis kelopak mata) adalah komplikasi lain yang dapat dilihat ketika toksin disuntikkan bermigrasi ke otot levator palpebrae. Kemungkinan lain adalah suntikan seiring dengan depressors alis lawan. Ini efek samping sementara. Pada pasien dengan risiko rendah dan dahi pasien yang lebih tua dengan kulit kelopak mata yang berlebihan.5 sampai 4 cm dari otot dahi (frontalis) bertanggung jawab untuk elevasi alis. kelumpuhan yang akan menurunkan posisi alis dan merusak elevasi alis. terutama pada pasien lebih dari 50. 138 . adalah terkulai dari alis yang berdekatan. Sebagai rendah 2.

Pembentukan Antibodi terhadap toksin dapat menurunkan efektivitas pengobatan. dan perawatan harus diambil untuk menghindari memukul kapal dangkal yang dapat dilihat melalui kulit.7 Ringkasan RINGKASAN Penggunaan pengisi jaringan lunak meningkat dengan cepat. 8. Saat ini ada pengisi yang berbeda untuk indikasi yang berbeda. Daerah ini memiliki pasokan kaya pembuluh darah dan kulit tipis. Hal ini disebabkan. di mana dosis yang sangat rendah BTX digunakan. Masalah ini diabaikan dalam aplikasi kosmetik BTX.MASUK MEPHISTO Pada beberapa pasien. tetapi alis lateral yang tetap tinggi. Ini dapat dengan mudah dimasukkan dengan menyuntikkan 1 sampai 2 unit Botox atau 2 untuk 6 unit Dysport di titik kontraksi maksimum ketika pasien mengangkat dahi. Setiap tekanan sosial terhadap mantan pengisi telah digantikan oleh tekanan teman sebaya yang 139 . untuk pengembangan pengisi dengan umur panjang yang lebih baik dan profil keamanan yang lebih tinggi. berunding ekspresi kejam. MEMAR Salah satu komplikasi yang paling umum di daerah sekitar mata (daerah periorbital) adalah memar. membatasi pengobatan frontalis ke bagian tengah dahi akan berarti alis pusat jatuh. sebagian. Suntikan harus ditempatkan sangat dangkal.

Lisa Rapport.8 Soal-Soal 1. 2007. Wissenschaftliche Verlagsgesellschaft. 2004. Die Große Kosmetikliste. 3. yang telah menyebabkan hasil yang lebih baik dengan efek samping yang lebih sedikit. 8.mendorong penggunaan mereka. Pharmaceutical Press. May-Manke Antje. Weinheim: WileyVCH Verlag. Pflegekosmetik ein Leitfaden. Jürgen Stellpflug. Saur Ralph. 99 Tabellen. Dermatologie und Medizinische Kosmetik. Handbook of Nutraceutical. 4 Auflage. 2007. Frankfurt am Main. Steinkopf Darmstadt. Stuttgart. Sebutkan mekanisme pengisian pada jaringan lunak 8. Kerscher Martina. 6. 2005. USA. Lockwood Brian. Dermatokosmetik. Konrad Herrmann. Meskipun tingkat komplikasi yang paling pengisi rendah. Auflage. 2005.431 Buku2 : hal. 2008. Sejak diperkenalkannya BTX-A ke dalam kedokteran estetika. 2007. Nahrungsergänzungsmittel. Springer Medizin Verlag. Wolfgang Raab. Dosis dan teknik injeksi telah menjadi individual. Stuttgart.10 Daftar Bacaan 1. Selama bertahun-tahun. karena setiap (jarang) komplikasi akan diselesaikan secara spontan pada waktunya. 4. 2. biasanya lebih baik untuk memulai dengan menggunakan pengisi sementara jaringan lunak. kemajuan luar biasa telah dibuat dalam semua aspek penggunaannya. Nutraceuticals. USA. Kita sekarang memahami lebih baik mekanisme kerjanya. Wissenschaftliche Verlagsgesellschaft. 140 . BTX-A saat ini digunakan untuk kondisi yang menantang dan aplikasi baru yang terus dikembangkan. Second Edition. Heidelberg. Tharwad F Thadros. Scholz Eberhard. 8.106 8. 2. Pharmaceutical Press.9 Bahan Evaluasi Buku1 : hal. Colloids in Cosmetics and Personal Care. BTX-A telah terbukti menjadi salah satu obat yang paling aman dan paling menarik dalam kedokteran estetika. 5. 2004. "Leitfaden für die Kosmetische Praxis. 7.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->