Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah S.W.T, karena berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS)”. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Dalam Penulisan makalah ini kami merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penyusun. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini. Akhir kata, Semoga makalah ini memberikan manfaat bagi pembaca dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penyusun sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai, Amin.

Malang, 9 April 2012

Penulis

Hal tersebut disebabkan bukubuku yang dipergunakan untuk memperkenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi menggunakan bahasa Inggris.2 Rumusan Masalah 1. Apa fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan. Keadaan tersebut tidak sebaik pada bahasa Indonesia. 1.BAB I PENDAHULUAN 1. teknlogi. walaupun bahasa Indonesia sudah berperan sebagai alat persatuan tetapi belum dapat berperan sebagai pengantar ilmu pengetahuan. ide kepada orang lain agar bisa memahami apa yang kita inginkan. Padahal di era globalisasi ini. Dengan bahasa semua hal dapat dimengerti maksud dan tujuan tertentu. Salah satunya adalah negara Inggris. Oleh karena itu di sini penulis ingin memaparkan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa Ilmu pengetahuan. perkembangan bahasa Inggris seimbang dengan perkembangan ilmu pengetahuannya. Oleh sebab itu. Selain itu bahasa juga digunakan untuk menyampaikan sesuatu hal. Bahasa Indonesia masih tertinggal. dunia menuntut negara Indonesia terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya agar tidak tertinggal dengan negaranegara lain yang semakin maju dengan berbagai teknologi canggihnya. Tanpa adanya bahasa (termasuk bahasa Indonesia) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) tidak dapat tumbuh dan berkembang. perkembangannya tidak selaju dengan perkembangan budaya bangsanya. Ilmu pengetahuan di Indonesia juga masih tertinggal jika dibandingkan dengan negara-negara maju seperti di Eropa dan Amerika.1 Latar Belakang Bahasa merupakan alat komunikasi antara yang satu dengan yang lain. Apakah fungsi bahasa Indonesia sesuai dengan kedudukannya? 2. dan seni di Indonesia. Teknologi. gagasan (pendapat). Apakah pengaruh positif perkembangan bahasa Indonesia yang ditimbulkan akibat dari perkembangan teknologi? . dan seni (IPTEKS)? 3. teknologi. dan Seni agar masyarakat memahami bahwa perkembangan dan pertumbuhan bahasa Indonesia merupakan sarana penting sebagai pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan.

Untuk memberikan informasi kepada pembaca apa saja fungsi bahasa Indonesia sesuai dengan kedudukannya 2.3 Tujuan Penulisan Makalah 1. Untuk memberikan pemahaman kepada pembaca tentang fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan. dan seni (IPTEKS) 3.1. Untuk mengetahui pengaruh positif perkembangan bahasa Indonesia yang ditimbulkan akibat dari perkembangan teknologi . teknlogi.

BAB II PEMBAHASAN 2. Bahasa Indonesia mampu menghilangkan jarak antar suku yang satu dengan yang lain. Ini berarti bahwa bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa Nasional yaitu kedudukannya berada diatas bahasa – bahasa daerah. Lambang identitas nasional Derajat bahasa Indonesia sama dengan bendera dan negara Indonesia. pasal 36) mengenai kedudukan bahasa Indonesia yang menyatakan bahwa bahasa Negara ialah bahasa Indonesia. bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional sesuai dengan sumpah pemuda 1928.1 Fungsi bahasa Indonesia sesuai dengan Kedudukannya Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting. bahasa Indonesia harus memiliki ciri khas sehingga serasi dengan lambang-lambang kebangsaan yang lain. baik . Lambang kebanggaan nasional Bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai sosial budaya yang mendasari rasa kebangsaan. Melalui bahasa Indonesia bangsa Indonesia menyatakan harga diri dan nilai-nilai budaya yang dijadikan pegangan hidup. bahasa Indonesia”. yang tidak perlu benar. Kedua bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa Negara sesuai dengan undang – undang dasar 1945. Dengan bahasa Indonesia. Alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya Sebagai alat penghubung antardaerah dan antarbudaya. Hal tersebut menuntut masyarakat pemilik dan pemakaiannya untuk membina dan mengembangkan sedemikian rupa sehingga bersih dari unsur-unsur bahasa lain. kita dapat melakukan talimarga dan komunikasi dengan suku-suku bangsa yang menghuni kawasan indonesia. baik daerah maupun asing. bahasa Indonesia berfungsi sebagai berikut: 1. Pertama. 3. Di dalam melaksanakan fungsinya. Selain itu. seperti tercantum pada ikrar ketiga Sumpah Pemuda yang berbunyi “Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan. bahasa Indonesia telah menunjukkan kemampuannya sejak berabad-abad yang lalu. semenjak bahasa tersebut bernama bahasa Melayu. di dalam Undang – Undang Dasar 1945 tercantum pasal khusus (BAB XV. Di dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional. 2.

4. kita bahkan dapat meletakkan kepentingan nasional di atas kepentingan daerah atau golongan. Alat penghubung pada tingkat nasiopnal Di dalam hubungan dengan fungsi ini.yang disebabkan oleh faktor geografi maupun latar belakang sosial budaya dan bahasa daerah yang berbeda. pengguna bahasa daerah belum sama sekali dapat dihilangkan. melainkan juga sebagai alat talimarga masyarakat yang latar belakang sosial budaya dan bahasa. Alat pemerstu bangsa Sebagai alat pemersatu bangsa. Dokumen-dokumen dan keputusan-keputusan serta surat-surat yang dikeluarkan oleh pemerintah dan badab-badan kenegaraan lainnya. bahasa Indonesia dipakai bukan saja sebagai alat talimarga antardaerah dan antarsuku. Namun. perkembangan membuktikan bahwa bahsa Indonesia semakin banyak digunakan sebagai bahasa pengantar pendidikan di semua jenjang dan jalur pendidikan. Dengan bahasa nasional. Bahasa resmi kenegaraan Di dalam hubungannya dengan fungsi ini. bangsa Indonesia dipakai dalam segala upacra. kecuali di TK dan tiga tahun SD. Alat pengembang kebudayaan. Di dalam kedudukannya sebagai bahasa Negara. 2. peristiwa. dan kegiatan kenegaraan baik secara lisan maupun tulis. 3. Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan Telah dibuktikan bahwa sejak bangsa Indonesia diproklamasikan sebagai negara (17 Agustus 1945). Pidato kenegaraan dan penjelasan-penjelasan pemerintah kepada masyarakat disampaikan dalam bahsa Indonesia. bahasa Indonesia berfungsi sebagai berikut: 1. ditulis dalam bahsa Indonesia. 4. mengingat bahasa Indonesia masih dianggap sebagai bahasa kedua. ilmu pengetahuan dan teknologi Penyebaran ilmu dan teknologi baik melalui penulisan maupun penerjemahan buku-buku teks serta penyajiannya di lembaga-lembaga pendidikan maupun melalui . bahasa Indonesia telah digunakan sebagai pengantar dalam dunia pendidikan menggantikan bahasa Belanda. bahasa Indonesia memungkinkan berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia ini untuk mencapai keserasian hidup sebagai bangsa yang bersatu dengan tidak perlu meninggalkan identitas kesukuan dan kesetiaan kepada nilai-nilai sosial budaya serta latar belakang bahasa daerah yang bersangkutan.

tetapi karena kekurangan bahasa Indonesia dalam hal peristilahan ilmu pengetahuan dan teknologi. hal tersebut bukan disebabkan oleh ketidakmampuan bahasa Indonesia sebagai pengantar ilmu pengetahuan. Untuk itu. teknologi dan seni melalui buku-buku pelajaran. Dengan adanya informasi ilmiah dalam bahasa Indonesia itu. Berarti pula bahasa Indonesia mampu duduk sejajar dengan bahasa-bahasa modern lain.2 Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Ilmu Pengetahuan. Usaha lain yang harus dilakukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah dengan cara menerjemahkan semua buku ilmu pengetahuan di dunia ini ke dalam bahasa Indonesia. dan Seni (IPTEKS) Bahasa indonesia berfungsi sebagai bahasa pendukung ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk kepentingan nasional kita. maka di dalam buku-buku ilmu pengetahuan terdapat ilmu pengetahuan dan teknologi dari berbagai disiplin ilmu. Sehingga penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan menghasilkan pemikiran yang baik dan benar pula. bahasa Indonesia dapat digunakan sebagai fungsi edukatif yaitu bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar pendidikan di semua jenjang dan jalur pendidikan. Selain itu untuk proses penyebaran ilmu pengetahuan. . pasti akan ada kemajuan pesat di bidang ilmu pengetahuan yang berarti meningkatkan mutu bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmiah. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Sedangkan bahasa Indonesia yang benar adalah bahasa yang menerapkan kaidah dengan konsisten. bangsa Indonesia perlu membiasakan sikap ilmiah dengan cara melengkapi buku-buku ilmiah sebagai salah satu syarat. sebagian besar ilmu pengetahuan masih asing. Artinya. Teknologi. Bahasa yang baik adalah bahasa yang mempunyai nilai rasa yang tepat dan sesuai dengan situasi pemakaiannnya. Dalam karya sastra terdapat pengetahuan dan nilai-nilai spiritual kultural. teknologi. majalah-majalah ilmiah maupun media cetak lainnya. Hanya dengan bahasanya kita dapat menguasai ilmu tersebut. 1981: 179) kesalahan tersebut bukan disebabkan kemiskinan bahasa. Bagi bangsa Indonesia. Menurut Amran Halim (dalam Bakry.pemulisan buku-buku untuk masyarakat umun dan melalui sarana-sarana lain di luar lembaga-lembaga pendidikan dilaksanakan dengan menggunakan bahasa Indonesia 2. penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan alat ampuh sebagai penunjangnya. dan seni di Indonesia.

Fungsi bahasa Indonesia dalam seni salah satunya adalah sebagai alat menyebarluaskan sastra Indonesia. dengan kata lain menjadi kata serapan. Masyarakat yang berbudaya menginginkan keteraturan dalam segala hal. Pengaruh positif terhadap perkembagan bahasa Indonesia adalah dalam penulisan artikel pengguna akan menggunakan bahasa Indonesia dan menerapakan kaidah penulisan artikel sehingga artikel yang dihasilkan akan mudah dibaca atau dipahami oleh pembaca. 5. Penjauhan emosi agar tidak mencampurkan perasaan sentimen dalam tafsirannya. Kecenderungan melakukan makna kata dan ungkapannya dan gaya pemeriaannya berdasarkan perjanjian atau plakat. Perbedaan dengan teliti nama. 2. 2. Mailing list adalah tukar menukar pesan atau diskusi melalui email secara elektronik. Keobjektifan yang sedapatnya menonjolkan selera perseorangan. kata-kata asing yang mengandung konsep baru itu kita ambil alih dan kita sesuaikan dengan bahasa kita. atau kategori yang mengacu ke objek penelitian atau telaahnya tercapai ketertiban berpikir. Semakin diperkaya dengan berbagai konsep baru dari luar yang kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia. Penggunaan kata dan kalimat dengan ekonomis agar tidak lebih banyak daripada yang diperlukan. Bahasa diusahakan ditata dengan aturan yang baik sehingga tidak mengurangi makna dan tingkat keindahannya. ciri. 3. atau jika menemui kesulitan. 6. 3. 2. Ciri-ciri ragam bahasa di bidang IPTEK: 1. 4. yang pada akhirnya dapat mengganggu . termasuk dalam bahasanya. Kelugasan dan kecermatan menghindari segala kesamaan dan ketidaksamaan. Sastra Indonesia merupakan wahana pemakaian bahasa Indonesia dari segi estetis bahasa sehingga bahasa Indonesia menjadi bahasa yang penting dalam dunia internasional. Fungsi bahasa keilmuan dijalankan oleh bahasa jika ada ragam tulisan yang dapat dipakai untuk merekam penelitian di bidang ilmu dan teknologi. yaitu: 1.3 Pengaruh Positif Perkembangan Bahasa Indonesia yang Ditimbulkan Akibat dari Perkembangan Teknologi Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan bahasa Indonesia. Diskusi yang dilakukan bisa berupa artikel.

perannya sebagai alat komunikasi. Kehadiran teknologi informasi (seperti telepon. Contoh information menjadi informasi. Teleconference adalah dapat mempertemukan orang-orang dari jarak jauh melalui tampilan suara dan gambar secara langsung/real-time. 9. mengecek keuangan. Dalam bidang pendidikan. melihat jadwal kuliah. Pertukarang informasi dari bahasa asing (terutama bahasa Inggris) mempunyai pengaruh terhadap bahasa Indonesia yang tidak dapat dibendung lagi. Dengan perkembangan teknologi visual. 4. Arus globalisasi yang didukung teknologi informasi ikut memacu perkembangan bahasa Indonesia. 10. baik berupa pelatihan maupun berupa pengajaran. Pengaruh global teknologi akan memperkaya kosa kata bahasa Indonesia. Jelas bahwa penggunaan bahasa Indonesia dalam media tersebut sebagai alat penyampaian komunikasi bahasa secara cepat walaupun jaraknya berjauhan. . 6. 8. melihat nilai mahasiswa secara online. Pengaruh teknologi mempengaruhi moral masyarakat. mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya. Penyiar berita membawakan acaranya dengan bahasa yang baik termasuk intonasinya akan mempengaruhi pemirsa yang menyaksikan acara tersebut di TV. Mempermudah penyampaian bahasa Indonesia dengan perkembangan multimedia kepada semua pihak. 5. 7. artinya belajar bahasa Indonesia tidak hanya dari penyampai guru/dosen semata-mata melainkan dari pesatnya teknologi. maka tutur bahasa yang dikeluarkan akan menghasilkan turur bahasa yang baik dan benar. dan "benar" dalam penataan kata-kata dan ucapannya. semuanya sudah dapat dilakukan. maka saat ini sudah dimungkinkan untuk belajar jarak jauh (e-learning) dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya. Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran bahasa Indonesia di balik paradigma pembelajaran tradisional. terutama dalam persiapan memasuki tatanan kehidupan dunia yang baru. Itu sebabnya kita selalu dianjurkan untuk memakai bahasa yang baik dan benar "baik" dalam pemilihan kata-kata. bila moral masyarakat baik dalam menerima informasi. Tatanan kehidupan dunia yang baru telah membuka lembaran baru dalam kehidupan umat manusia. Teknologi yang digunakan banyak serap pemirsa sehingga penyebaran bahasa Indonesia semakin berkembang dan dapat diterima. faksimile. pengucapan bahasa Indonesia akan lebih teratur dan memudahkan pengguna bahasa dalam pengucapan kata-kata yang baik dan benar sesuai kaidah bahasa EYD.

Pengaruh teknologi informasi dalam berbagai bidang.dan internet) dengan kemampuan daya jangkau yang dapat menerobos batas ruang dan waktu telah melahirkan keterbukaan sehingga dunia ini bagaikan sebuah desa global. bahasa daerah. Teknologi informasi itu menggunakan bahasa sebagai pengantar maka dalam media itu terpajang berbagai macam bahasa dunia. Hal tersebut terjadi karena semakin banyaknya bahasa asing mempengaruhi bahasa Indonesia akibat perkembangan teknologi. maka akan dilihat oleh pengguna internet (user) tentang situs tersebut yang menggunakan bahasa Indonesia. seperti penciptaan mesin penerjemah dalam dunia media elektronik. . 13. Mengangkat bahasa Indonesia kejenjang dunia atau tingkat internasional. Dengan teknologi internet terutama dalam pembuatan web atau blog atau artikel menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu penduduk Indonesia merupakan penduduk terpadat ke lima didunia. dan bahasa asing) oleh penutur bahasa (kata-kata usang) dan menghidupkan kembali kata-kata tersebut. 11. memang di satu sisi membawa dampak positif yaitu untuk memudahkan pekerjaan alih bahasa. 12. Memanfaatkan kembali variasi kosakata (bahasa Indonesia.

BAB III PENUTUP 3. Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Teknologi yang akhir – akhir ini berkembang secara pesat. 2. teknologi. dapat menciptakan beberapa dampak positif terhadap perkembangan Bahasa Indonesia. menerjemahkan semua buku ilmu pengetahuan di dunia ini ke dalam bahasa Indonesia. dapat disimpulkan beberapa hal berikut: 1. Sesuai kedudukannya. dan seni (IPTEKS) sehingga dapat bersaing dengan negara-negara maju di dunia. kita sebagai warga negara Indonesia menerapkan fungsi bahasa Indonesia dengan cara-cara yang telah dipaparkan pada makalah agar bangsa Indonesia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan. dan seni dengan bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan cara membiasakan sikap ilmiah dengan cara melengkapi buku-buku ilmiah.2 Saran Sebaiknya. . fungsi bahasa Indonesia terbagi menjadi dua yaitu sebagai bahasa nasional dan bahasa Negara. teknologi. majalah-majalah ilmiah maupun media cetak lainnya. 3.1 Kesimpulan Dari bab pembahasan. penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar ke dalam buku-buku pelajaran. 3. dan menggunakannya sebagai bahasa pengantar pendidikan.

Pd. S. TEKNOLOGI. DAN SENI (IPTEKS) Makalah Disusun untuk memenuhi tugas Mata kuliah Bahasa Indonesia yang dibina oleh Bapak Sony Sukmawan.FUNGSI BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA ILMU PENGETAHUAN. M.Pd Disusun oleh Denny Prayogo Kosaputra (115060701111055) Faisal Rahman (115060707111069) Frela Putri Andari (115060707111049) Vivi Dyan Rurianti (115060701111060) PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA Maret 2012 .

com/2010/03/peran-dan-fungsi-bahasa-indonesia-dalam.id/2011/11/peranan-dan-fungsi-bahasa/.html.com/2011/10/06/peran-dan-fungsi-bahasa-indonesia/.wordpress.DAFTAR PUSTAKA (http://zharq.blogspot.ac. diakses 5 April 2012) (http://suhailykamil. diakses 5 April 2012) (http://wartawarga. diakses 5 April 2012) (http://maliassyah.gunadarma.blogspot.com/2012/01/peran-dan-fungsi-bahasa-indonesia-dalam. diakses 5 April 2012) .html.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful