P. 1
SMA XII Kimia (Korosi 2)

SMA XII Kimia (Korosi 2)

|Views: 53|Likes:
Published by Laras Ervintyana

More info:

Published by: Laras Ervintyana on May 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2012

pdf

text

original

Mengamati Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Korosi

1.

Judul : Mengamati Mempengaruhi Korosi. Tujuan

Faktor-Faktor

yang

2.

: Mengetahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan korosi pada bahan (paku) yang disebabkan oleh beberapa cairan yang bebeda. Korosi logam merupakan suatu reaksi redoks spontan yang bersifat cukup kompleks. Korosi adalah perusakan logam akibat reaksi logam tersebur dengan lingkungan. Beberapa contoh korosi adalah karat pada besi, pudarnya warna perak dan warna hijau pada permukaan tembaga, hal itu terjadi karena sebagian besar logam teroksidasi dengan melepas elektron ke udara dan membentuk oksida logam.

3.

Landasan Teori:

4.

Cara Kerja

: a. Sediakan tiga paku berukuran sama dan tiga tabung, b. Siapkan dua larutan yaitu, garam dan cuka, juga air c. Masukkan dua larutan dan air tersebut ke dalam masing-masing tabung, d. Masukkan pula paku-paku tersebut ke dalam masing-masing tabung e. Amati perubahan yang terjadi selama seminggu.
Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Korosi

Data Pengamatan : Pengamatan Nama 1. dapat dilihat dari warna paku yang memudar dan lebih hitam dibandingkan dengan paku yang lain. Pembahasan : Faktor-faktor yang mempengaruhi korosi. seperti garam dalam air laut dapat mempercepat laju korosi dengan menambah terjadinya reduksi tambahan. Air Garam Cuka Hari -1 √ _ _ Hari -2 √ √ _ Hari -3 √ √ √ Hari -4 √ √ √ Hari -5 √ √ √ Hari -6 √ √ √ Hari -7 √ √ √ Catatan : √ = Menujukkan adanya korosi _ = Menunjukkan belum adanya korosi Namun. pH Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Korosi . saat paku dikeluarkan dari tempatnya. 2. 3. b. yaitu: a. 6. Elektrolit dan Konsentrasi Keberadaan elektrolit.5. yang paling mengalami korosi adalah paku yang berada dalam larutan Cuka. Sedangkan konsentrasi elektrolit dapat menaikkan laju aliran esehingga korosi meningkat.

dua faktor tersebut adalah faktor yang paling mempengaruhi korosi. yaitu suhu. tetapi beberapa faktor tersebut memang mempunyai pengaruh dalam korosi. adapun faktor lain yang kami anggap tidak berpengaruh besar. yaitu reduksi H+ pada katode.Korosi dalam kondisi pH < 7 lebih besar karena adanya reaksi reduksi tambahan. kandungan H2O dan O2. Lampiran : Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Korosi . Galvanic coupling. metalurgi. tapi tidak mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam percobaan yang kami lakukan. keberadaan zat pengotor. Dalam percobaan yang telah kami lakukan.

Paku dalam Air Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Korosi .

Paku dalam Larutan Garam Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Korosi .

Paku dalam Larutan Cuka Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Korosi .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->