Wacana Eksposis1

Wacana Eksposisi

C. WACANA EKSPOSISI (NYERITAKAKE PROSES) Sajroing wacana eksposisi dibeberake anane analisa proses nganggo cara narasi. Narasai kang mengkono mau diarani narasi ekspositoris/ narasi teknis, awit ancas kang tinuju titise katrangan ngenani sawijining prastawa kang dibeberake. Dadi ancase wacana eksposisi yaiku maparake, njlentrehake ( menjelaskan), ngaturake informasi, mengajarkan lan nerangake sawijining bab tanpa didhasari supaya pamaos bisa nampa utawa narima. Wacana elsposisi adate digunakake kanggo mbabarake pengetahuan / ilmu, definisi, pengertian, langkah - langkah sawijining kagiyatan, metode, cara, lan proses dumadine sawijining prastawa utawa bab. tuladhane upamane carane gawe sabuk saka kulit, tas kulit, carane gawe tahu lan sapanunggalane. Tuladha Mendhem ari-ari Saka Wikipédia, Ènsiklopédhi Bébas ing basa Jawa / Saking Wikipédia, Bauwarna Mardika mawi basa Jawi Mendhem ari-ari iku salah sijining upacara kelairan sing umum diselenggara'ake malah uga ana neng dhaerah-dhaerah (suku-suku) liya. Ari-ari iku bagian penghubung antara ibu lan bayi wektu bayi esih neng jero rahim. Istilah liya kanggo ari-ari yaiku: aruman utawa embing-embing (mbingmbing). Wong Jawa percaya yen ari-ari iku sejatine salah siji sedulur papat utawa sedulur kembar si bayi mulane ari-ari kudhu dirawat lan dijaga misale enggon kanggo mendhem ariari iku diwei lampu (umume senthir) kanggo penerangan, iki dadi simbol "pepadhang" kanggo bayi. Senthir iki dinyala'ake nganti 35 dina (selapan).Ari-ari dikumbah nganti resik dilebo'ake neng kendhi utawa bathok kelapa. Sedurung ariari dilebo'ake, alas kendhi diwei godhong senthe banjur kendhine ditutup nganggo lemper sing esih anyar lan dibungkus kain mori. Kendhi banjur digendhong, dipayungi, digawa neng lokasi penguburan. Lokasi penguburan kendhi kudhu neng sisi tengen pintu utama umah. Sing mendhem kendhi kudhu bapak kandung bayi. Saka Wikipédia, Ènsiklopédhi Bébas ing basa Jawa / Saking Wikipédia, Bauwarna

penelitian. Sumber karangan diperoleh dari hasil pengamatan. Karangan deskripsi bertujuan menggambarkan / melukiskan sesuatu sehingga seolah-olah pembaca mengatakannya sendiri. Karangan / Paragraf Eksposisi .Paragraf Eksposisi merupakan karangan yang bertujuan untuk menginformasikan tentang se ansuatu sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Ènsiklopédhi Bébas ing basa Jawa / Saking Wikipédia. Di sinilah perbedaannya dengan karangan deskripsi. Karangan deskripsi dapat bersifat ilmiah atau nonilmiah. . Dijelaskan pula simbol-simbol yang ada dalam upacara adat tersebut. penelitian atau pengalaman. Karangan eksposisi bersifat ilmiah/nonfiksi. Paragraf diatas menjelaskan tentang upacara mendhem ari-ari disitu dijelaskan tentang makna istilah mendhem ari-ari dan juga tata urutan upacara. Wacana tersebut menerangkan tentang buah gedhang atau pisang dari segi asal-usulnya dan juga jenisnya. Sumber karangan ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan. dan imajinasi.Mardika mawi basa Jawi Ket: wacana diatas merupakan ekposisi dapat dilihat dari adanya penjeklasan yang merupakan kata kunci dari wacana eksposisi. Saka Wikipédia. ananging mèh kabèh sing didol ing pasar utawa supermarket warnané yèn wis mateng lan rupané nglengkung. Gedhang golèkGedhang (ngoko) utawa Pisang (krama) iku sing thukul nglompok ing dhaérah tropis. Gedhang akèh ngandhung kalium. Bauwarna Mardika mawi basa Jawi Ket: paragraf diatas termasuk wacana ekposisi. Ana pirang jinis gedhang sing warnané werna-werna. Kembang gedhang diarani jantung. Tandhuran gedhang kagolong kulawarga Musaceae.

2. urutan atau analisis sebab akibat. dan 4. Topik Topik Dalam Karangan Eksposisi 1. fakta tentang seseorang yang berpegang teguh pada suatu pendirian. menentukan tema. 3. C. Hal ini sangat tergantung dari sifat karangan dan tujuan yang hendak dicapai. B. Langkah-langkah Menyusun Paragraf Proses . ada. urutan fungsional. dan penutup. yaitu memberi penjelasan tentang bekerjanya sesuatu atau terjadinya suatu peristiwa. bagaimana suatu peristiwa terjadi. Beberapa Point Penting Karangan / Paragraf Eksposisi A. dan 3. dan dapat bersifat historis tentang bagaimana suatu alat bekerja. dan sebagainya. memilih data yang sesuai dengan tema. 2. membuat kerangka karangan. 2. urutan kronologis/proses. II. menentukan tujuan karangan. 3. pengembangan. dan 4.Paragraf Eksposisi tidak selalu terbagi atas bagian-bagian yang disebut pembukaan. biasanya memaparkan proses. mengembangkan kerangka menjadi karangan. yaitu suatu kondisi yang benar-benar terjadi. D. analisis perbandingan. suatu analisis atau penafsiran objektif terhadap seperangkat fakta. Langkah-langkah Menulis Paragraf Eksposisi 1. Contoh Urutan Analisis Paragraf Eksposisi 1. data faktual.

belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. E. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging. tetapi justru sebagai minuman yang menyehatkan. dan berwarna hijau.( Contoh karangan paragraf ekposisi 1 ) . bagaimana barang itu disusun. Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri: daun berbentuk panjang. Menariknya. komoditas ini tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut. tebal. tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Bila tahaptahap kejadian ini berlangsung dalam waktu yang berlainan. bagaimana mengerjakan hal itu (membuat hal ini). Manfaat lidah buaya tidak hanya sebagai penyubur rambut. di antaranya pola pengembangan proses. nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya serta manfaatnya. 2. Berikut langkah penulisannya : 1. Penulis harus mengetahui perincian secara menyeluruh. Contoh Karangan / Paragraf Eksposisi Sejak zaman dahulu. bagaimana hal itu terjadi. Membagi perincian atas tahaptahap kejadiannya. penulis harus memisahkan dan mengurutkannya secara kronologis. Meskipun lidah buaya sejak dahulu dikenal memiliki banyak khasiat. Paragraf proses itu menyangkut jawaban atas pertanyaan bagaimana bekerjanya.Pola pengembangan karangan eksposisi bisa bermacam-macam.

ada yang putih polos. Gerakan udara ini dikendali kan panas matahari. peristiwa umbal balik di waduk-waduk sangat merugikan para petani ikan Karamba Jaring Apung (KJA) karena berdampak kematian massal pada ikan.Walaupun tidak terjadi setiap tahun. Udara panas lebih ringan daripada udara dingin. Udara panas naik jika dipanasi . Otto Sumarwoto benar belaka bahwa peristiwa umbal balik merupakan gejala alam biasa yang terjadi jika penurunan suhu lapisan air permukaan lebih rendah dari suhu lapisan air di bawahnya. ada yang tidak berubah pada alat perawatan gigi tersebut. dan tidak perlu diubah. putih bergaris merah atau hijau. Ternyata alat perawatan gigi seperti yang kita kenal selama ini memang sudah diyakini sebagai yang terbaik sampai saat ini. dan semua ini didukung pula oleh cara promosi yang memang meyakinkan. Peristiwa ini terjadi dengan tiba-tiba tanpa ada kesempatan untuk mengungsikan atau melakukan panen dini..( Contoh karangan paragraf ekposisi 2) Setiap orang menggosok gigi. Hal itu mengakibatkan berat jenis air permukaan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan lapisan air di bawahnya sehingga terjadi peristiwa umbal balik massa air lapisan atas turun ke bawah berganti tempat dengan massa air lapisan bawah yang pindah ke atas. Akan tetapi. Ada yang pagi sore setiap mandi ada yang setiap selesai makan. apabila diperhatikan. Ini terlihat dari kenyataan bahwa kemasan yang berbentuk tube itu adalah yang paling tepat untuk pasta gigi. Pernyataan Prof. Ini bergantung pada keyakinan masing masing mengenai bagaimana merawat gigi dengan baik. ( Contoh karangan paragraf ekposisi 3 ) Angin adalah gerakan udara dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah. Warne pasta yang digunakan pun bermacam macam. atau lainnya. lalu rasa dan tekstur pasta di dalam tube itu pun sudah cukup membuat orang senang menyikat gigi.

seperti. pengertian paragraf eksposisi 2. Untuk tema paragraf yang lain mungkin pada posting-posting yang akan datang. Paragraf Eksposisi Menulis eksposisi sangat menarik.E Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMA/MA Kelas X. Keyword: Eksposisi merupakan sebuah paparan atau penjelasan Paragraf eksposisi dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti. macam macam paragraf deduktif Saya posting satu artikel khusus mengenai paragraf eksposisi. 1. BUKU BSE DAPAT DIMILIKI SIAPA SAJA SECARA GRATIS TANPA MELANGGAR HUKUM ? SEGERA KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD BUKU BUKU BSE LEWAT ARSIP KAMI Demikian artikel ini saya susun. contoh karangan paragraf eksposisi 4. karena berisi informasi.matahari. ( Contoh karangan paragraf ekposisi 4 ) TAHUKAH ANDA. karangan Sri Utami. pengertian paragraf deduktif beserta contoh 3. semoga Karangan / Paragraf Eksposisi ini dapat berguna bagi saudara saudara semua ^_^ Sumber : BS . Pembaca atau pendengar (bila kita menceritakannya) menyadari pentingnya sebuah informasi. apakah itu? Dari mana asalnya? . Alexander Sosa [ Terimakasih Yang Sebesar Besarnya] Pengertian Paragraf Eksposisi Beserta Contoh Karena banyaknya pencarian tentang paragraf. Sugiarti. lalu tempatnya digantikan oleh udara dingin. Suroto.

Bantuan pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Tenaga medis dari daerah-daerah lain pun berdatangan. Mereka memberikan bantuan di beberapa rumah sakit dan tenda – tenda darurat. Manfaat Jejaring Sosial Facebook 2.9 skala richter. pembaca mendapat pengetahuan atau informasi yang sejelas – jelasnya. Bantuan berbentuk makanan.Eksposisi adalah karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau informasi. Tujuannya. Contoh yang termasuk dalam paragraf eksposisi adalah segala jenis laporan Ada beberapa jenis pengembangan dalam paragraf eksposisi. eksposisi proses 3. dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat. 1. topik-topik yang dikembangkan dalam paragraf eksposisi berkaitan dengan penyampaian informasi. 1. Berikut ini contoh–contoh tema yang dapat dikembangkan menjadi sebuah paragraf eksposisi. obatobatan. Keadaan ini mengundang perhatian berbagai pihak. Hal-hal yang menyebabkan pengeroposan tulang . eksposisi perbandingan & pertentangan. dan 6. eksposisi ilustrasi (contoh) 5. eksposisi definisi 2. sebagian Yogyakarta dan Jawa Tengah luluh lantak. Oleh karena itu. eksposisi klasifikasi 4. Bagaimana perkembangan bisnis online di Indonesia 3. Tema Yang Dapat Dikembangkan Menjadi Paragraf Eksposisi Tujuan paragraf eksposisi adalah memaparkan atau menjelaskan sesuatu agar pengetahuan pembaca bertambah. eksposisi laporan Contoh Paragraf Eksposisi 5 (perbandingan / pertentangan) Pascagempa dengan kekuatan 5. Hal ini dimaksudkan agar pendistribusian bantuan tersebut lebih cepat.

seperti. Jenis ini banyak ditemukan pada surat kabar. Eksposisi klasifikasi. yaitu (1) eksposisi definisi. 2. 4. berisi pertentangan antara sesuatu dengan sesuatu yang lain. Eksposisi analisis.html#ixzz1srrVgLY3 Dalam paragraf eksposisi. (5) eksposisi perbandingan & pertentangan. Mengilustrasikan sesuatu dengan sesuatu yang lain yang memiliki kesamaan atau kemiripan sifat. 8. bagaikan. Eksposisi perbandingan. penggunaan.” 6. dalam hal ini penulis mencoba menerangkan ide dalam kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal lain. Biasanya menggunakan frase penghubung “seperti ilustrasi berikut ini. Ada beberapa jenis paragraf eksposisi: 1.” 3. Eksposisi proses. 7. sebaliknya. ada beberapa jenis pengembangan. meskipun begitu.com/2010/10/pengertian-paragrafeksposisi-beserta-contoh. 5. batasan pengertian sesuatu dengan menfokuskan pada karakteristik sesuatu itu. (3) eksposisi klasifikasi. kemudian masing-masing dikembangkan secara berurutan. sering ditemukan dalam buku-buku petunjuk pembuatan. (2) eksposisi proses. atau cara-cara tertentu. frase penghubung yang biasa digunakan adalah “akan tetapi. proses memisah-misahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa subbagian. membagi sesuatu dan mengelompokkan ke dalam kategori-kategori . pengembangannya menggunakan gambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Eksposisi pertentangan. (4) eksposisi ilustrasi (contoh). dan (6) eksposisi laporan. Eksposisi berita. Eksposisi definisi. berisi pemberitaan mengenai suatu kejadian.Referensi: http://kafeilmu. dapat diilustrasikan seperti. Eksposisi ilustrasi.

dan proses terjadinya sesuatu. Paragraf eksposisi biasa digunakan untuk menyajikan pengetahuan / ilmu. langkah-langkah suatu kegiatan. statistik. peta. grafik. semata-mata hanya untuk menambah pengetahuan pembaca tanpa didasari maksud tertentu  Diperjelas dengan fakta yang dilengkapi dengan angka. atau keyakinan penulis terhadap suatu masalah bidang tertentu  Uraian bersifat objektif. definisi. gambar atau bagan sebagai ilustrasi   Menggali melalui analisis dan sintesis Paragraf diakhiri dengan penegasan. gagasan. menyampaikan informasi. metode.Paragraf eksposisi adalah paragraf yang bertujuan memaparkan. Adapun ciri-ciri paragraf eksposisi adalah sebagai berikut:  Berisi tentang pendapat. cara. dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima atau mengikutinya. menjelaskan. pengertian. bukan ajakan atau permintaan dukungan . mengajarkan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful