[DRAFT] PROPOSAL PEMBENTUKAN IKATAN ALUMNI (ILUNI) STIE YKPN, KOPERASI ALUMNI STIE YKPN & PT.

ALUMNI STIE YKPN
oleh Korporasi Alumni STIE YKPN pada 22 November 2009 pukul 8:00 · sumber:

http://www.facebook.com/note.php?note_id=194168224296

A. Dasar Pertimbangan

Tanpa kita sadari bersama, STIE YKPN akan berusia 30 tahun di tahun 2010. STIE YKPN telah menghasilkan banyak Alumni namun hubungan dan komunikasi di antara Alumni dari berbagai angkatan dan jurusan belum terjalin dengan baik, terkotak-kotak (antar angkatan atau jurusan) dan tidak memiliki tujuan ke depan yang jelas. Alumni menjadi lebih tertutup, bersikap apatis, kurang peduli, tidak ada rasa memiliki, kurang menghargai satu sama lainnya, dan tidak merasa ada Ikatan Keluarga Besar Alumni yang menaungi mereka.

Tentu saja hal ini tidak dapat dibiarkan berlarut-larut karena akan merugikan Alumni dan STIE YKPN secara keseluruhan. Namun demikian, kekurangan-kekurangan di atas tidak mengindikasikan keinginan Alumni terhadap adanya “badan/wadah” yang bisa menyatukan mereka untuk berkarya lebih baik lagi. Komentar 426 Alumni pada milis Facebook dengan tajuk “Korporasi Alumni STIE YKPN” per tanggal 9 Oktober 2009, mengungkapkan adanya keinginan yang sama dan kuat di antara Alumni untuk melakukan suatu kegiatan yang lebih bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan Alumni.

Berdasarkan pertimbangan tersebut di atas, kami mencoba menyampaikan PROPOSAL ini untuk menjawab keinginan Alumni yang terpendam selama ini, sebagai langkah awal untuk melakukan terobosan terhadap kebuntuan yang terjadi selama ini. Semoga saja PROPOSAL ini dapat ditindaklanjuti dan diarahkan oleh pihak-pihak yang terkait bagi pengembangan Alumni & STIE YKPN kearah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian kita bersama, antara lain menyangkut:

1.

Pengurus IKATAN ALUMNI (ILUNI) STIE YKPN dan periode masa baktinya perlu ditetapkan secara formal dan dengan kegiatan kerja yang jelas dan berkesinambungan.

2.

Data-base Alumni masih harus dilengkapi secara terintegrasi, untuk semua angkatan dan semua jurusan baik lulusan S-1 maupun S-2.

dan jika tidak dikelola dengan baik. “waktu adalah sumber daya yang paling langka.   Peningkatan kesejahteraan bagi Alumni & karyawan STIE YKPN. Dengan demikian. Unit usaha komersial ini merupakan wujud nyata karya Alumni yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi dan kewirausahaan. harus memberikan kontribusi keuntungan . setelah Mahasiswa tersebut lulus.3. Menurut Peter F. Drucker. Merupakan suatu kesalahan yang fatal jika kita yang tahu tentang manajemen waktu tetapi tidak mengelolanya secara efektif. Saluran komunikasi di antara Alumni harus dibangun atas dasar rasa saling memiliki dengan kepedulian yang tinggi dalam ikatan keluarga besar Alumni STIE YKPN. kegiatan Alumni harus dapat menciptakan adanya “Dana Abadi” yang tidak boleh digunakan uangnya oleh Alumni. tetapi tidak melupakan aksi sosialkemasyarakatan. 4. Alumni hanya boleh menggunakan jasa giro atau bunga dari Dana Abadi tersebut untuk kegiatan Alumni. Sebagai contoh Alumni mengadakan kursus dan sertifikasi jasa penilaian (appraisal). Saat ini kita ketahui bersama bahwa jasa penilaian asset harus dimiliki secara perorangan bukan dalam bentuk perseroan terbatas. Unit usaha komersial selain membuka lapangan kerja. Hal ini dimaksudkan agar kesinambungan kegiatan Alumni dapat dilakukan secara mandiri dan berkesinambungan. Sudah tidak jamannya lagi kegiatan Alumni hanya sebatas “temu-kangen”. Alumni membutuhkan kegiatan “lebih” yang yang dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan Alumni. ia memiliki beberapa pilihan dalam berkarir apakah bekerja secara profesional atau memiliki kemampuan untuk membuka usaha dibidang jasa penilaian asset karena telah memiliki salah satu persyaratan. Kegiatan Alumni harus memberikan nilai tambah bagi Mahasiswa dan Alumni. B.  Pengembangan unit usaha komersial. Hubungan antara Alumni dengan STIE YKPN harus memberikan sinergi positif menyangkut: Pengembangan bidang akademik. maka tak ada lainnya yang dapat dikelola”. Tujuan Proposal 1. Dalam jangka panjang.

ALUMNI STIE YKPN.  Pertemuan Alumni minimal dilakukan 1x setahun. . Sudah seharusnya Alumni melakukan kegiatannya sendiri secara self-financing. Kegiatan Badan/Wadah yang Dibentuk 1.  PT.  KOPERASI ALUMNI STIE YKPN. 2. Peranan Alumni tidak akan bisa maksimal jika tidak ada “badan/wadah” yang dibentuk untuk mencapai tujuan dari proposal ini secara bersama-sama. C.yang dapat digunakan untuk pembentukan “Dana Abadi”. IKATAN ALUMNI (ILUNI) STIE YKPN Kegiatan ILUNI STIE YKPN bersifat “non-profit oriented” dimulai dengan:  Penetapan Pengurus IKATAN ALUMNI (ILUNI) STIE YKPN yang berkantor pusat di Yogyakarta dan periode masa baktinya yang jelas untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:  Pendataan ulang untuk melengkapi data-base Alumni STIE YKPN semua angkatan dan semua jurusan termasuk lulusan S-1 & S-2. Pembentukan “Badan/Wadah” “Badan/Wadah” yang cocok untuk pengembangan kegiatan Alumni secara terintegrasi terdiri dari:  IKATAN ALUMNI (ILUNI) STIE YKPN. pembagian Dividen atau Sisa Hasil Usaha (SHU) dan untuk keperluan kegiatan lainnya.

topi dll. dll.  Melakukan revitalisasi kegiatan Alumni agar lebih bermanfaat bagi kepentingan Alumni. bea siswa dll.  Pemanfaatan secara maksimal rubrik “Alumni” dalam web-site STIE YKPN. Fokus kegiatan Alumni diarahkan untuk peningkatan “sense of belonging” & “sense of urgency” bagi peningkatan kesejahteraan Alumni. ALUMNI STIE YKPN. KOPERASI ALUMNI & PT. korban bencana. menyusun surat lamaran kerja atau curriculum vitae yang efisien dan efektif.  Melakukan kajian terhadap Alumni yang membutuhkan “bantuan” karena sakit.  Memiliki ruangan atau berkantor di lingkungan STIE YKPN.  Alumni career mentoring program yaitu program pembekalan menyangkut teknik menghadapi interview.  Sebagai pusat informasi dan karir.  Menyediaan Alumni Memorabilia seperti kaos. .  Melakukan koordinasi kerja termasuk memberikan saran dan kritik kepada pihak STIE YKPN. peranan posisi level Manager ke atas.

Yang bisa diangkat sebagai pengurus CHAPTER adalah mereka yang memiliki domisili tetap di kota tersebut.  Melakukan pertemuan Alumni minimal 1x setahun di luar pertemuan Alumni tingkat pusat. .  Melakukan kegiatan untuk memromosikan STIE YKPN.  Kegiatan extra: seni.   Lain-lain.  Melakukan aksi sosial-kemasyarakatan seperti bazzar atau pasar murah. Adapun program kerja CHAPTER antara lain berupa:  Pendataan ulang Alumni dimasing-masing kota. Menyediakan Graduation Regalia (termasuk foto wisuda dll). olahraga dll. bea siswa dll untuk disampaikan kepada ILUNI Pusat. Susunan kepengurusan IKATAN ALUMNI (ILUNI) STIE YKPN dan periode masa baktinya disetiap kota atau yang disebut dengan CHAPTER. terkena bencana.  Mendata Alumni yang memerlukan “bantuan” karena sakit.  Melakukan koordinasi dengan STIE YKPN untuk menghadirkan Alumni sebagai guest speaker atau sharing success story dll.

000/orang. KOPERASI ALUMNI dan PT.  Menghadiri kegiatan ILUNI. 250. Lain-lain. ALUMNI STIE YKPN.  Melakukan kegiatan untuk memromosikan STIE YKPN.  Simpanan Wajib-2: Rp. 500. karena dengan demikian Koperasi akan sulit mencari tambahan modal. . 1.000/orang. KOPERASI ALUMNI dan PT. ALUMNI STIE. Perlu ditelusuri lebih lanjut ketentuan yang mengatur mengenai kekayaan Koperasi tidak dapat dihipotekkan.  Simpanan Wajib-2: Rp.000/orang.000. Resiko-resiko tersebut harus dipertimbangkan secara seksama sehubungan dengan rencana pembentukan Koperasi dimaksud. Masukan kepada ILUNI Pusat hal-hal yang dapat ditindaklanjuti oleh ILUNI.  2. KOPERASI ALUMNI STIE YKPN KOPERASI ALUMNI STIE YKPN dapat berupa Koperasi Simpan Pinjam sebagai salah satu bentuk dari Koperasi Jasa Keuangan (KJK) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1995 tentang pelaksanaan kegiatan simpan pinjam oleh Koperasi. tetapi harus atas nama perseorangan. Selain itu juga ketentuan yang mengatur penempatan kelebihan dana dalam bentuk tabungan tidak boleh atas nama lembaga Koperasi. Kegiatan KOPERASI ALUMNI STIE YKPN bersifat “profit oriented” dimulai dengan:  Pembentukan susunan pengurus KOPERASI ALUMNI STIE YKPN yang berkantor pusat di Yogyakarta termasuk periode masa bakti dan program kerja sebagai berikut:   Modal Koperasi: Simpanan Wajib-1: Rp.

 Mahasiswa STIE YKPN. 4.    Karyawan STIE YKPN. 3. kertas. Melakukan investasi melalui PT. SW-2 atau SW-3. Menetapkan alokasi dana untuk menunjang kegiatan ILUNI.  Simpanan Sukarela: Bersifat sukarela. penyediaan sembako. kacamata dll. Bidang Usaha: Melakukan unit usaha simpan pinjam.  Melakukan aneka usaha lainnya berupa note book. furniture.  Simpanan Wajib dan Simpanan Sukarela adalah penyertaan modal oleh Alumni dan dapat diambil sewaktu-waktu oleh Alumni jika mereka memutuskan untuk tidak menjadi Anggota Koperasi. motor. atau kita tetapkan 1 pilihan saja yaitu Rp. 250. mesin cuci. Dengan demikian tidak ada pihak yang dirugikan ataupun dipaksakan. mobil.silahkan ditentukan.   Keanggotan Koperasi: Alumni STIE YKPN.Catatan: Alumni boleh memilih SW-1. ALUMNI STIE YKPN. . Oleh karena itu KOPERASI ALUMNI harus menetapkan kebijakan investasi. handphone. tv.000. tempat tidur.

Pengelolaan café’ Alumni. Memperoleh dividen dari PT. Mengembangan usaha lainnya sesuai dengan ketentuan AD & ART Koperasi. motivasi. 8. 13. 6. Jasa cetak formulir dll. 12. Melakukan seminar pengembangan kewirausahaan. Menyediakan Graduation Regalia (termasuk foto dll). 14. Memanfaatkan secara maksimal rubrik kegiatan Alumni yang tersedia dalam web-site STIE YKPN untuk publikasi kegiatan Koperasi dan manfaatnya. dll. . 9. 7. ALUMNI STIE YKPN.5. 10. 11. Memiliki ruang sebagai tempat usaha di lingkungan STIE YKPN. ALUMNI STIE YKPN dan melakukan pembagian Sisa Hasil Usaha kepada anggota Koperasi setiap tahunnya. Melakukan kegiatan kemitraan (bapak angkat). Melakukan koordinasi kerja dengan ILUNI dan PT.

 Struktur Permodalan: . 16. ALUMNI STIE YKPN bersifat “profit oriented”. Pengurusan STNK. 17. BPKB dll. Lain-lain. PT. 19. Penyediaan jasa cleaning service. jasa foto kopi. property dll. jilid dll 18. Melakukan kegiatan promosi STIE YKPN. ALUMNI STIE YKPN Kegiatan PT.15. Komite Audit dan Sekretaris Perusahaan. 21. hotel voucher dll. ALUMNI STIE YKPN yang berpusat di Yogyakarta dengan agenda kerja sebagai berikut: Penyusunan Dewan Direksi & Dewan Komisaris. security (satpam) dll. 22. 20. Warnet. Penyediaan jasa ticketing. dimulai dengan:   Akta pendirian PT. Jasa pengurusan asuransi kendaraan. perawatan tanaman.

25. 26. Pembentukan unit usaha komersial lainnya seperti:  Bank Perkreditan Rakyat (BPR)  Kantor Akuntan Publik (KAP)  Kantor Konsultan Pajak  Multifinance (Pembiayaan) . Penetapan Kebijakan Dividen. Pembentukan Kantor Cabang. 24. 23. Pembuatan Business Plan. Modal Dasar    Modal Ditempatkan Kepemilikan Saham: KOPERASI ALUMNI STIE YKPN  Perorangan (minimal 1 org).

workshop. Factoring (Anjak Piutang)  Rental (Penyewaan Mobil)   Seminar. training dll seperti: Kursus Brevet Pajak  Kursus Jasa Penilaian (Appraisal)  Proses Go Public  Tata Cara Bermain Saham  Tata Cara Penawaran Umum Obligasi   Manajemen Sumber Daya Manusia: Training for Trainers  Kepemimpinan Efektif  Manajemen SDM .

 Sistem Informasi SDM  Merancang Program Pelatihan  Managing People  Sistem Rekrutmen dan Seleksi    Evaluasi Pelatihan dll Manajemen Keuangan: Anggaran  Finnon 1: Memahami Laporan Keuangan  Finnon 2: Perencanaan Laba & Investasi  Studi Kelayakan  Analisa Laporan Keuangan .

Manajemen Pemasaran:  Manajemen Pemasaran Jasa . Manajemen Operasi:  Manajemen Proyek  Manajemen Produksi  Managing Cost & Quality  Manajemen Pemeliharaan  Supply Chain Management  Manajemen Pergudangan dll 28. Akuntansi Dasar  Audit Internal  Akuntansi Manajemen  Manajemen Resiko Terintegrasi dll 27.

Manajemen Strategik:  Industry Competitive Analysis  Building Knowledge Management  Perencanaan Strategik . Customer Relationship Management  Strategi Penjualan  Keterampilan Menjual  Strategi Pemasaran Bersaing  Manajemen Pemasaran  Riset Pasar  Pelayanan Pelanggan Prima dll 29.

Perdagangan 32. Mini Market 38. Lain-lain. . Peternakan 34. Dormitory 37. Kontraktor Umum 33. Jasa 36. Manajemen Perubahan dll 31.30. Perikanan 35. Waralaba (Franchise) 39.

Jadual Kegiatan E.D. Iklan Undangan Alumni Contoh Iklan Undangan Alumni yang akan diterbitkan pada harian Kompas sebagai berikut: .

Jenis kegiatan yang disebutkan di dalam PROPOSAL ini hanya merupakan ilustrasi yang dapat ditambahkan atau dikurangi sesuai kebutuhan dan keadaannya kemudian hari. Kegiatan ketiga badan/wadah ini saling terkait satu sama lain tetapi memiliki tujuannya masing-masing. sedangkan KOPERASI ALUMNI STIE YKPN dan PT. KOPERASI ALUMNI STIE YKPN dan PT. ALUMNI STIE YKPN. Tujuan kegiatan ALUMNI adalah merangkul lebih banyak ALUMNI untuk melakukan kegiatan positif yang dapat meningkatkan kesejahteraan ALUMNI. . ALUMNI STIE YKPN kedua-duanya berorientasi pada keuntungan dimana hasil/keuntungan yang diperoleh diharapkan dapat membiayai kegiatan IKATAN ALUMNI STIE YKPN. IKATAN ALUMNI (ILUNI) STIE YKPN adalah badan yang tidak berorientasi pada keuntungan.F. diharapkan jalinan komunikasi dan interaksi Alumni akan menjadi semakin lebih baik dan rasa memiliki terhadap STIE YKPN semakin bertambah dari hari ke hari. Kesimpulan PROPOSAL ini dibuat sebagai langkah terobosan memberdayakan kembali kegiatan Alumni sempat vakum menjelang 30 tahun berdirinya STIE YKPN. Melalui kegiatan tiga badan/wadah yang akan dibentuk yaitu IKATAN ALUMNI (ILUNI) STIE YKPN.

TEAM KECIL . Robertus Sampara Lie) dan dukungan STIE YKPN semoga PROPOSAL ini dapat diwujudkan dengan segera bagi kemaslahatan Alumni ke depan. 10 Oktober 2009. maka langkah selanjutnya adalah melakukan koordinasi dengan pihak STIE YKPN mengadakan Temu Akbar Alumni di Jakarta (contoh iklan undangan disampaikan untuk direview) untuk mendiskusikan isi dari PROPOSAL ini dan langkah-langkah selanjutnya ke depan. Jika PROPOSAL ini secara garis besar mendapat dukungan dari STIE YKPN. Kami mengucapkan terima kasih kepada perhatian awal dari Alumni. kerja keras TIM KECIL (Sdr. Sdr.Kami sangat sadar bahwa PROPOSAL ini masih jauh dari sempurna oleh karena itu kami mohon agar para pihak terkait dapat memberikan saran dan kritik bagi pengembangan kegiatan Alumni ke depan. Nurofik. Julius Felicianus dan Sdr. Yogyakarta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful