P. 1
Pengertian Tuna Netra

Pengertian Tuna Netra

|Views: 180|Likes:
Published by Dedi Mukhlas
Secara etimologi kata tunanetra berasal dari tuna yang berarti rusak,netra berarti mata atau penglihatan. Jadi secara umum tunanetra berarti rusak penglihatan. Tunanetra berarti buta,tetapi buta belum tentu sama sekali gelap atau sama sekali tidak dapat melihat.
Secara etimologi kata tunanetra berasal dari tuna yang berarti rusak,netra berarti mata atau penglihatan. Jadi secara umum tunanetra berarti rusak penglihatan. Tunanetra berarti buta,tetapi buta belum tentu sama sekali gelap atau sama sekali tidak dapat melihat.

More info:

Published by: Dedi Mukhlas on May 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as TXT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2012

pdf

text

original

Pengertian Tuna Netra Secara etimologi kata tunanetra berasal dari tuna yang berarti rusak,netra berar

ti mata atau penglihatan. Jadi secara umum tunanetra berarti rusak penglihatan. Tunanetra berarti buta,tetapi buta belum tentu sama sekali gelap atau sama sekal i tidak dapat melihat. Ada anak buta yang sama sekali tidak ada penglihatan,anak semacam ini biasanya disebut buta total. Disamping buta total,masih ada juga an ak yang mempunyai sisa penglihatan tetapi tidak dapat dipergunakan untuk membaca dan menulis huruf biasa. Istilah buta ini mencakup pengertian yang sama dengan istilah tunanetra atau ist ilah asingnya blind. Untuk memberikan pengertian yang tepat tentang buta itu, pe rlu dirumuskan pengertian sebagai berikut: Menurut Slamet Riadi adalah Seseorang dikatakan buta jika ia tidak dapat mempergunakan penglihatannya untuk pendidikan (Slamet Riadi , 1984, hal. 23). Menurut Pertuni tunanetra adalah mereka yang tidak memiliki penglihatan sama sek ali (buta total) hingga mereka yang masih memiliki sisah penglihatan, tetapi tid ak mampu menggunakan penglihatanya untuk membaca tulisan biasa berukuran 12 poin t dalam keadaan cahaya normal meski pun dibantu dengan kacamata (kurang awas). Pertuni (persatuan tunanetra indonesia) yang berkedudukan di jakarta. Sala satu wadah institusi ormas, yang mengakfokasi hak- hak tunanetra dalam kehidupan dan penghidupan dalam masyarakat. Baik dari segi hukum, HAM (hak asasi manusia) dan pendidikan. Definisi masih bersifat umum dan pengertiannya pun terlalu luas, meskipun telah diarahkan untuk keperluan pendidikan. Untuk itu kami memberikan pengertian secar a khusus, bahwa orang yang kehilangan penglihatan sedemikian rupa, sehingga sese orang itu sukar atau tidak mungkin dapat mengikuti pendidikan dengan metode yang biasanya dipergunakan disekolah biasa. Sebenarnya anak buta dalam pendidikan ti dak saja mempergunakan metode khusus, melainkan juga alat-alat bantu khusus, yan g digunakan untuk membaca dan menulis diantaranya adalah : huruf braille, riglet dan pen.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->