Halaman 1 dari 8 1.

Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam ….. a. SKL mata pelajaran dan SKL satuan pendidikan b. SKL mata pelajaran dan SKL Standar Kompetensi c. Kompetensi Dasar dan SKL mata pelajaran d. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar e. Standar Kompetensi dan SKL satuan pendidikan Standar kompetensi dan kometensi dasar merupakan lampiran dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor ….. a. 22 tahun 2006 b. 23 tahun 2006 c. 24 tahun 2006 d. 19 tahun 2007 e. 20 tahun 2007

2.

3.

Diagram berikut yang menggambarkan interaksi yang baik antara guru (G) dan peserta didik (P) dalam pembelajaran adalah …. a.

G

b.

G

P
c.

P G

P d.

P

P G

P

P

P

P e. P P e. G

P

P

P

P

4.

Standar kompetensi dan kometensi dasar merupakan lampiran dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor ….. a. 22 tahun 2006 b. 23 tahun 2006 f. 24 tahun 2006 g. 19 tahun 2007 h. 20 tahun 2007

LPMP Propinsi Riau

2010

LPMP Propinsi Riau 2010 . Kepribadian. dan manajerial b. 11. dan sosial c. Memotivasi peserta didik agar siap mengikuti pelajaran Berdasarkan standar sarana dan prasarana. professional dan social Materi yang diajarkan oleh guru hendaknya cukup memadai dalam membantu peserta didik menguasai kompetensi. Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran c. Membuat perencanaan pembelajaran yang sangat rinci. Patokan tertentu dalam menentukan ketuntasan peserta didik d. Konsistensi c. 10.. professional. a. 9. Kurva normal untuk menentukan ketuntasan peserta didik b. 32 peserta didik c. manajeria. professional. yaitu …. dan sosiall e. Sistematis 6. Komprehensif 7. 40 peserta didik b.Halaman 2 dari 8 5. Meningkatkan peran peserta didik sebagai konsumen gagasan d. 20 peserta didik 8. Hal ini merupakan salah satu prinsip pengembangan materi pembelajaran. pedagogik. professional. Adequacy b. Menempatkan peserta didik sebagai arsitek pembangunan gagasan c. professional. Mengabsen dengan memanggil nama siswa satu per satu d. 27 peserta didik d. Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 adalah kompetensi …. Trik-trik tertentu untuk menentukan ketuntasan belajar Sebagai seorang guru. Setiap guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.. 24 peserta didik e. Bertanya kepada siswa “sampai dimana pelajaran kita minggu lalu?” b. Relevansi d. a. Nilai rata-rata untuk menentukan ketuntasan belajar c. Pedagogik. pedagogik. Penilaian acuan keriteria yaitu penilaian yang menggunakan …. Kepribadian.. a. perubahan pola piker apakah yang perlu anda lakukan ? a. Menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar e.. Pedagogik. dan kewirausahaan d. Konversi nilai untuk mencapai ketuntasan belajar e. e. Memeriksa apakah siswa telah mengerjakan pekerjaan rumah e. pedagogik. a. Memfokuskan pembelajaran dengan memberikan banyak latihan b.. kapasitas maksimal rombongan belajar untuk SMP dan SMA adalah …. Apa yang seharusnya dilakukan sebagai hal terpenting pada tahap awal (pendahuluan) kegiatan pembelajaran ? a. kewirausahaan. Pernyataan ini merupakan amanah dari Permendiknas …. Kepribadian.

dan merangkai d. mengatur. Pilihan ganda e. Menjelaskan.. menerapkan..”. Jika anda diminta oleh kepala sekolah untuk melakukan supervisi akademik kepada salah seorang guru. a. membuktikan... Unjuk kerja c. dan menjelaskan c. a. Membuktikan. a. apa yang seharusnya anda lakukan pada waktu pertemuan pasca observasi? a. membedakan. Melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan pembelajaran e. 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan No. Satu standar kompetensi atau lebih c. d.. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur dan berakhlak mulia b. menunjukkan. Satu kompetensi dasar atau lebih d. b. Proyek d. Mengingat. Tes tertulis b. Menyempurnakan perangkat administrasi guru dan materi pokok yang akan diajarkan. Satu indikator atau lebih e. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat guru dapat dipergunakan untuk. Kata kerja operasional yang dapat digunakan dalam indicator pencapaian KD tersebut antara lain …. 23 tahun 2006 tentang SKL No. jenis penilaian yang sesuai untuk mengukur ketercapaian indicator tersebut adalah …. Menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah d.. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi No. Menjelaskan. dan merancang e. 16. “menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh”. LPMP Propinsi Riau 2010 . 14.Halaman 3 dari 8 a.. Essay berstruktur Sebuah KD. 12. Mengamati kegiatan belajar mengajar dan mencatat hal-hal yang perlu disampaikan e. Menyebutkan. a. c. dan menafsirkan b. Satu kali pertemuan atau lebih b. Memberitahu guru agar dapat mengajar lebih baik dan tidak melakukan kesalahan lagi c. e. Meminta guru mengidentifikasi kekurangan dan mengajukan alternative perbaikannya d. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan No. dan mengkritik 15. Mematuhi tata tertib dan menjunjung tinggi kode etik profesi pendidik c. No. Menjadi teladan bagi peserta didik dan warga sekolah Sebuah indicator berbunyi “siswa dapat mempraktekkan …. Satu tema atau lebih 13. Salah satu upaya untuk mewujudkan kompetensi pedagogik yang dituntut dari seorang pendidik adalah …. Mendiskusikan langkah-langkah kegiatan dan jenis alat peraga yang sebaiknya digunakan b.

Silabus kegiatan pengambangan diri yang dilaksanakan oleh sekolah e. Sebuah indicator memiliki kriteri kompleksitas tinggi. a. daya dukung tinggi dan intake sedang. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat kepada peserta didik untuk memotivasi. mengembangkan kreatifitas. Konsisten 20. 56 e. Silabus mata pelajaran tambahan yang dilaksanakan sekolah c. afektif). dan 5) 2). kecuali…. e. kemandirian dan mendorong LPMP Propinsi Riau 2010 . 67 d. Ilmiyah b. dan 5) 18. dan 5) 3). 78 c. Berikut ini adalah silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. 19. a. Pembelajaran hanya dilakukan untuk kompetensi yang belum dikuasai siswa b. Sistematis d. Relevan c.. 23 tahun 2006 meliputi : a. 4). psikomotor. c. dan 4) 2). Menyeluruh e. 2). khususnya …. 44 Komponen silabus mencakup semua ranah (kognitif. Peserta didik belajar tentang suatu tema yang diminati secara mandiri c. b. Salah satu bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan adalah pembelajaran tema. dan 3) 1). hal ini merupakan salah satu prinsip pengembangan silabus. 89 b. Silabus muatan local yang SK dan KDnya dikembangkan oleh sekolah d. a. Memadukan kurikulum dalam tema besar dengan menghubungkan berbagai disiplin ilmu d. 1). Pembelajaran dilaksanakan secara klasikal pada jam-jam pelajaran sekolah e. inspirasi. maka KKm indicator tersebut adalah ….Halaman 4 dari 8 17.. inisiatif. 3). Silabus mata pelajaran yang SK dan KDnya dikembangkan pusat b. 4). Silabus semua mata pelajaran yang dilaksanakan satuan pendidikan 22. 21. a. maksudnya adalah …. Pelaksanaan pembelajaran dibatasi pada tema-tema tertentu yang esensial Perhatikan pernyataan berikut : 1) SKL ujian nasional 2) SKL ujian sekolah 3) SKL mata pelajaran 4) SKL satuan pendidikan 5) SKL kelompok mata pelajaran Standar kompetensi lulusan yang terdapat dalam Permendiknas No. 2). d. apabila penetapan KKM menggunakan poin/skor.

a. Konsep b. 27. Prinsip d.. Standar pengelolaan d. Kebahasaan LPMP Propinsi Riau 2010 24. Asking community Harapan yang ditumpukan pada peserta didik melalui implementasi muatan lokal. 25. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik c. Ketercapaian kompetensi bagi peserta didik e. Prosedural e. Standar Proses b. dan KD Pak Riko guru TIK mengajarkan langkah-langkah mengirimkan e-mail. Bebas memilih lingkungan social dan budaya yang ada b. Fakta c. Standar Pembiayaan e. Team community e. Pilihan Jumlah maksimal rombongan belajar pada satuan pendidikan tertuang dalam …. Melalui analisis standar isi. Memberi umpan balik dan tindak lanjut pada peserta didik 23. Berinteraksi dengan seluruh suku dan budaya yang ada di Indonesia c. Salah satu komponen dalam CTL adalah …. Penambahan empat jam pembelajaran per minggu dalam struktur kurikulum seharusnya dilakukan …. Hal ini merupakan salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan RPP. Prinsip tersebut adalah …. a.. . Mantap menyongsong masa depan sesuai dengan karakternya d. 26. Untuk mata pelajaran yang di UN kan b. Teaching community b. diantaranya agar peserta didik dapat …. Pada mata pelajaran yang memerlukan praktik c. Materi pelajaran yang dikembangkan pak Rico tersebut termasuk dalam kategori materi…. Mendorong partisipasi aktif peserta didik b. a. a. Learning community c. SK. Student community d. Melalui analisis kondisi masyarakat dan lingkungan d. Standar Pelaksanaan Pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) adalah salah satu pendekatan yang sangat dianjurkan dalam proses pembelajaran. a. a. Kejelasan informasi dalam bahan ajar cetak merupakan salah satu criteria pada komponen ….. Standar sarana dan prasarana c.Halaman 5 dari 8 semangat belajar. Kegrafikan b. 28. Kebermanfaatan bagi peserta didik d.. Dengan memperhatikan standar proses e. a. Melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dengan bekal keterampilan e. social dan budaya daerah. Menjadi lebih akrab dengan lingkungan alam.

Didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur b. Kebenaran isi d. a. 31. Kompetensi yang tertuang pada KD c. Didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan c. kecuali …. Nilainya tidak lebih dari nilai KKM d. Dukungan komite sekolah b. Berikut merupakan komponen silabus. a.Halaman 6 dari 8 c.. Mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai aspek yang sesuai. Pelayangan bimbingan dan konseling dan kesiswaan b. Kegiatan pembelajaran e. Berikut adalah sumber daya pendukung yang harus dipertimbangkan untuk menentukan KKM. Dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sekolah b. Kompetensi dasar c. maka yang menjadi acuannya adalah …. Pelayangan bimbingan dan konseling dan ekstra kurikuler c.. Pengembangan diri sebagai upaya pembentuak watak dan kepribadian serta pengembangan minat. Materi pokok 32. Sarana dan prasarana c. Pelayangan bimbingan dan konseling dan pembiasaan LPMP Propinsi Riau 2010 . Jika seorang pendidik ingin mengukur ketuntasan seorang peserta didik pada saat proses belajar mengajar. kebermanfaatan 29. maksudnya bahwa penilaian …. a.. Soal yang diujikan merupakan soal yang telah diujikan sebelumnya 34. Dilaksanakan untuk memperkaya pengetahuan siswa e. Kompetensi yang tertuang pada indicator d. kecuali …. a. 30. Dilakukan setelah pelaksanaan ujian semester c. a. Ketersediaan tenaga pendidik 33. Merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran e. Nilai akhir yang dicapai peserta didik e. Berikut ungkapan yang sesuai dengan pelaksanaan Remedial Teaching adalah…. Jumlah peserta didik d.. Kreatifitas peserta didik yang variatif Salah satu prinsip penilaian hasil belajar peserta didik adalah terpadu. bakat dan keunikan diri peserta didik dilakukan melalui kegiatan….. Manajemen sekolah e. a. Penyajian e. Penguasaan materi pokok b. Tujuan pembelajaran d.. Dilakukan secara berencana dan bertahap mengikuti langkah yang baku d. Standar kompetensi b.

a.. Kegiatan pembelajaran dimana peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok dan ditanggapi kelompok lain disebut kegiatan …. ekstropet 37.. melakukan diversifikasi kurikulum sesuai dengan kemampuan daerah dan permintaan orang tua e.. Sifat e. Evaluasi e. penilaian dilakukan dengan berpedoman pada acuan/kompetensi 38.. Siswa-siswa yang peramah. Eksplorasi d. Memberi perlakuan khusus kepada peserta didik yang mengalami hambatan dalam belajar b. Sikap b. Pelaksanaan kurikulum di daerah perlu mempertimbangkan hal-hal berikut. a.. Memberikan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur sebelum tes ulang 39. Mental 36.. merancang program remedial. Melaksanakan tes ulang bagi peserta didik yang belum tuntas dengan segera c. Memperbaiki nilai peserta didik yang belum tuntas dengan memrikan tugas d. Temperamen d.. Gaya belajar para siswa tersebut adalah.. Konfirmasi c. jujur atau pendendam merupakan karakteristik dari . Kepribadian c. pengayaan. a.Halaman 7 dari 8 d. penakut. Observasi LPMP Propinsi Riau 2010 . kesempatan guru dalam berimprovisasi dan berkreasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran b. mampu mengambil kesimpulan. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. pengembangan atau penyusunan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan setempat d. reflektif (berfikir kemudian bereaksi) c. kecuali…. Kegiatan ekstra kurikuler dan pembiasaan e. Esensi dari pembelajaran remedial adalah …. Memberikan tes kepada peserta didik yang sudah tuntas untuk perbaikan nilai e. a. teliti. impulsif (menuruti dorongan kata hati) b. gaya berfikir-bebas (field-independent) e. dan percepatan belajar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa c. Elaborasi b. a. Kegiatan kesiswaan dan ekstra kurikuler 35. gaya berfikir-terikat (field-dependent) d.

Halaman 8 dari 8 40. 1 dan 3 c.. a. 2 dan 3 e. 1 dan 4 d. Perhatikan kegiatan-kegiatan berikut ! 1) Analisis SK dan KD 2) Pengembangan RPP 3) Penyusunan soal ulangan harian 4) Pengembangan silabus Kegiatan yang sebaiknya dilakukan oleh MGMP sekolah adalah …. 1 dan 2 b. 2 dan 4 LPMP Propinsi Riau 2010 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful