P. 1
KELEMBAGAAN KELOMPOK TANI

KELEMBAGAAN KELOMPOK TANI

|Views: 1,034|Likes:
Published by hedi hadiana

More info:

Published by: hedi hadiana on May 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/05/2014

pdf

text

original

Di Susun Oleh : BP3K CIGEDUG

BALAI PENYULUHAN PERTANIAN PERIKANAN DAN KEHUTANAN ( BP3K ) KECAMATAN CIGEDUG KABUPATEN GARUT TAHUN 2011

dan Kehutanan (RPPK) Arah RPPK mewujudkan pertanian tangguh untuk pemantapan ketahanan pangan. peningkatan nilai tambah dan daya saing produk pertanian serta peningkatan kesejahteraan petani. Perikanan.PENDAHULUAN Pada tanggal 11 Juni 2005 Presiden RI telah mencanangkan Revitalisasi Pertanian. RPPK SDM PENYULUHAN .

2007). ekonomi. sumber daya) dan keakraban untuk meningkatkan dan mengembangkan anggota/petani dalam mengembangkan usahanya (Deptan. . 1978).PENGERTIAN  KELOMPOK Kelompok adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama sehingga terdapat hubungan timbal balik (Iver dan Page. kesamaan kondisi lingkungan (sosial.  KELOMPOK TANI Kelompok tani adalah sekumpulan orang-orang tani atau petani yang terdiri dari petani dewasa (pria/wanita) maupun petani-taruna yang terikat secara informal dalam suatu wilayah kelompok atas dasar keserasian dan kebutuhan bersama serta berada di lingkungan pengaruh dan dipimpin oleh seorang kontaktani (Mardikanto. 1993). Kelompok merupakan suatu kesatuan sosial yang terdiri dari dua orang atau lebih yang mengadakan interaksi secara intensif dan teratur (Gerungan. 1961). Kelompok tani adalah kumpulan petani/peternak/pekebun yang dibentuk atas dasar kesamaan kepentingan.

Gabungan Kelompoktani (Gapoktan) adalah kumpulan beberapa kelompoktani yang bergabung dan bekerjasama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha (Deptan. 2007). 1980). GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) Gabungan kelompoktani terdiri dari kelompoktani-kelompoktani yang ada dalam satu wilayah administrasi desa atau berada dalam satu wilayah aliran irigasi petak pengairan tersier (Deptan. .

. Dasar Penumbuhan Kelompoktani  Kesamaan kepentingan  Sumberdaya Alam  Sosial Ekonomi  Keakraban  Saling mempercayai  Keserasian hubungan antar petani Prinsip-prinsip Penumbuhan Kelompoktani  Kebebasan  Keterbukaan  Partisipatif  Keswadayaan  Kesetaraan  Kemitraan 2.Penumbuhan Kelompoktani 1.

Sebagai Kelas Belajar 2. Sebagai Unit Produksi 3.Pengembangan Kelompoktani Fungsi Kelompoktani 1. Sebagai Kelompok Usaha . Sebagai Wahana Kerjasama 4.

Teks Game Kelompok “MENYUSUN JIGSAW-PUZZLE MEMBENTUK KONFIGURASI YANG UTUH” INSTRUKSI : .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->