Komposisi Kimia Tumbuhan

By : Ir. Nurjani, M.Sc.

I. Pendahuluan
Analisis unsur dari daun umumnya memberikan hasil dalam persentase berat kering yaitu karbon - 45% , oksigen - 45% , hidrogen - 5% , nitrogen - 1-

5% , unsur lainnya* - 1-5% - termasuk fosfat (P), belerang (S) kalium (K), natrium (Na), magnesium (Mg), besi (Fe), dan kalcium (Ca), dan unsur mikro lainnya. Tumbuhan menggabung unsur-unsur tersebut dengan berbagai cara untuk menghasilkan beberapa kelompok senyawa sebagai hasil dari metabolisme yaitu keseluruhan reaksi kimia yang terjadi pada makhluk hidup. Senyawa yang

terdapat pada tumbuhan secara sederhana dibedakan menjadi metabolit primer dan metabolit skunder. Metabolit primer terdapat pada semua tumbuhan dan

mempunyai peranan tertentu dalam metabolisme. Metabolit skunder umumnya terdapat dalam jumlah terbatas dan peranannya belum jelas. Empat kelompok utama metabolit primer yaitu Karbohidrat, Protein, Asam nukleat dan Lipida. Kemudian ada tiga kelompok utama metabolit sekunder pada tumbuhan yitu alkaloid, terpenoid dan Fenolik.

II. Karbohidrat
Karbohidrat disusun dari unsur-unsur C, H dan O dengan perbandingan 1:2:1 (CH2O). Karbohidrat berperanan sebagai senyawa penyusun, cadangan energi bagi proses kehidupan dan bahan dasar bagi senyawa lain. Gula dan tepung termasuk dalam golongan karbohidrat. Karbohidrat terdapat pada serat dan kayu. Karbohidrat merupakan senyawa organik yang paling banyak 1

Dihidroksiaseton Ribulosa dioksiribosa.Sc. Sukrosa adalah bentuk gula yang banyak ditransportasi 2 . contohnya α-D-Glukosa D-glukosa β-D. Nurjani. disakarida gabungan merupakan dari dibentuk glukosa dan fruktosa. ditemukan pada tumbuhan. Glukosa Monosakarida karbohidrat adalah sederhana.Komposisi Kimia Tumbuhan By : Ir. Monosakarida dapat Fruktosa ditemukan dalam bentuk rantai atau cincin. contohnya glukosa dan Gliseraldehida Ribosa Glukosa Galaktosa fruktosa. Monosakarida dibentuk dari rantai Bentuk linier Bentuk cincin karbon yang terikat dengan atom hidrogen dan oksigen. Monosakarida yang mempunyai 6 atom C disebut Gula Tiosa (C Aldosa H O ) 3 3 3 Gula Pentosa (C H3 ) 3 3 O3 Gula Heksosa (C H1 ) 3 1 O3 heksosa. M. walaupun bentuk cincin lebih umum. Disakarida adalah senyawa karbohidrat yang terbentuk dari ikatan Sukrosa yang dua monosakarida.glukosa glukosa C6H12O6. Monosakarida yang Ketosa mempunyai 5 atom C disebut pentosa contohnya ribosa. Karbohidrat yang terdiri dari satu monomer disebut monosakarida sedangkan polimer dari karbohidrat disebut polisakarida.

sellosa juga elestis dan fleksibel. biasa disebut gula susu. Maltosa dibentuk dari gabungan dua glukosa. Keduanya merupakan Tepung polimer dari glukosa. Sangat jarang ditemukan pada organisme selain tumbuhan. Tepung Tepung mempunyai dua bentuk yaitu amilum dan amilopektin. Laktosa merupakan gabungan glukosa dan galaktosa. Maltosa sangat jarang ditemukan di alam. ke seluruh tumbuhan. 3 . Polisakarida yang umum terdapat pada Monomer glukosa Monomer glukosa Monomer glukosa tumbuhan adalah tepung dan selulosa. Selulosa merupakan penyusun utama struktur tumbuhan seperti kayu dan serat. Pati atau amilum adalah polimer dari alpa glukosa.Komposisi Kimia Tumbuhan By : Ir. Glikogen sebagai cadangan polisakatida banyak terdapat pada manusia dan fungi. Glikogen adalah polimer dari alpa glukosa yang bercabang-cabang. Selain kuat. merupakan cadangan energi utama pada tumbuhan. tetapi banyak dihasilkan pada pembuatan wiski khususnya dari barley. Laktosa tidak dihasilkan oleh tanaman. Selulosa adalah polimer dari beta glukosa. M. Nurjani. Selulosa membentuk rantai lurus yang disebut mikrofibril dan terdapat pada dinding sel.Sc. Polisakarida adalah polimer hingga 1000 Atau lebih monomer dari monosakarida.

COOH (bermuatan negatif) atom karbon pusat gugus R . III. asam glutamat). Protein berfungsi sebagai senyawa struktural dan sebagai enzim. 4. Pada asam amino selalu terdapat gugus karboksil. dan atom C pusat. Gugus R dapat bermuatan positif (contohnya arginina. Nurjani. glisina. M. 2. triptofan). treonina) dan netral non polar (contohnya. 4 .Komposisi Kimia Tumbuhan By : Ir. Protein Protein merupakan polimer dari nitrogen yang mengandung senyawa yang disebut asam amino. Terdapat 20 macam asam amino esensial pada tumbuhan. sehingga gugus R yang menentukan identitas dan sifat dari asam amino tersebut. fenilalanina. sarina. Disebabkan tarik menarik akibat ikatan hidrogen dan gugus R. Asam amino terdiri dari: 1. Polipeptida adalah polimer dari asam amino. Karena terdapat 20 macam asam amino sebagai penyusun. Dua amino asid mengandung belerang yaitu sisteina dan metionina.alkil. protein merupakan makromolekul penyusun organisme yang sangat banyak variasinya. Ikatan antar asam-asam amino disebut ikatan peptida. 3.Sc. netral polar (contohnya. leusina. lisina). asam aspartat. bermuatan negarif (contohnya.NH2 (bermuatan positif) gugus Karboksil . gugus Amino . polipeptida membentuk struktur tiga dimensi. gugus amino.

4. penyusun struktur. 2.Komposisi Kimia Tumbuhan By : Ir. Katalis adalah zat yang dapat mempercepat terjadi reaksi kimia. Struktur Tersier: struktur tiga dimensi dari polipeptida karena adanya ikatan hidrogen dan jembatan disulfida. sebagai contoh invertase adalah enzim yang mengubah sukrosa menjadi glukosa. Struktur Kuarter struktur yang terbentuk dari beberapa polipeptida untuk memberikan fungsi tertentu. air mempunyai berat molekul 18 dalton). Enzym adalah protien globular yang sangat besar yang berfungsi sebagai katalis.000 – 1.Sc. bahan cadangan. regulator. amilase 5 . Struktur Primer: rantai asam amino Struktur Skunder: strukur yang terbentuk karena adanya ikatan hidrogen yaitu spiral (alpha helix) or sheets (beta sheet) 3. adalah enzim yang terlibat dalam pemecahan amilum (tepung). dalam transportasi. Protein merupakan polipeptida yang sangat besar dengan berat molekul 10.000. Protein juga berperanan dalam beberapa fungsi penting seperti. 1. tetapi tidak berubah dan tidak digunakan dalam reaksi. M. Enzim biasanya diberi nama dengan menambahkan –ase pada nama zat yang direaksikan. Nurjani.000 dalton ( sebagai pembanding.

Uracil(U) Contoh senyawa nukloetida adalah 1. 2.Komposisi Kimia Tumbuhan By : Ir. Asam Nukleat Asam nukleat adalah polimer dari nukleotida. Gugus Fosfat . Ditemukan sebagai rantai tunggal dari 6 . Nurjani. DNA ditemukan dalam bentuk double helix.PO4 (bermuatan hegatif) Nukleotida disusun dari tiga Gula dengan 5 atom C: ribosa or deoksiribosa Basa nitrogen – bangun cincin yang mengandung C dan N. Guanina (G) Pirimidin: Sitosina (C).Sc. ATP (adenosin trifosfat) – berperanan sebagai energi metabolisme NADH. seperti dua benang yang terpilih dan bersatu karena adanya ikatan hidrogen. bagian yaitu: 1. IV. Purin: Adenina (A). 3. Timina (T). 2. NADPH. RNA (asam ribonukleat ) –berfungsi sebagai sebagai penterjemah informasi genetik dari DNA. FADH2 – berfungsi sebagai pembawa elektron dalam metabolisme Senyawa asam nukleat: 1. 2. M. DNA (asam deoksiribonukleat) – senyawa yang menyimpan informasi genetik (yaitu kode pembentukan protein).

Nurjani.Komposisi Kimia Tumbuhan By : Ir.messenger RNA. Ada 3 tipe dari RNA . ribosomal RNA. dan transfer RNA.Sc. 7 . M. polinukleotida.

Komposisi Kimia Tumbuhan By : Ir. M. V. sedangkan minyak berbentuk cair. yaitu : Hidrofobik – tidak larut dalam air dan Banyak terdapat ikatan hidrogen dalam molekulnya. Nurjani. Asam lemak (Asam palmitat) Gliserol Ikatan ester Ekor (hidrofobik) Kepala (hidrofilik) Molekul lemak 8 . senyawa mirip lemak. Juga berperanan sebagai vitamin dan Lemak berbentuk padat pada suhu ruang.Sc. Lipida Lipida mencakup lemak. Lemak menhasilkan 9 kcal/gram. minyak. beberapa vitamin dan steroid.oleh karena itu dapat melepaskan energi yang lebih banyak dibandingkan senyawa organik lainnya. Dua karakteriktik utama dari Lipida. penghambat kehilangan air. Lipida merupakansumber energi utama dan senyawa senyawa struktural bagi makhluk hidup. sedangkan karbohidrat hanya 4 kcal/gram.

sedangkan tak jenuh jika terdapat satu atau lebih ikatan rangkap. FosfoLipida sangat penting karena membentuk membran sel. M. dan asam linolenat (C18. ada satu ikatan rangkap dua). Lemak hewan seperti keju sangat jenuh sehingga berwujud padat pada suhu ruang. sehingga berwujud cair pada suhu ruang. sedangkan gliserol adalah molekul dengan tiga atom karbon. ada tiga ikatan rangkap dua). asam linoleat (C18. Secara umum asam lemak tak jenuh mempunyai titik cair yang lebih rendah. Kelompok Utama Lipida A. Asam lemak adalah rantai panjang hidrokarbon dengan gugus karboksilat (COOH) diujungnya.Komposisi Kimia Tumbuhan By : Ir.Sc. Gugus kepala dari fosfat bersifat hidrofilik (larut dalam air) tetapi 9 . Trigliserida Trigliserida (lemak dan minyak) terbentuk dari tiga asam lemak yang terikat pada sebuah molekul gliserol. Semakin jenuh lemak semakin tinggi titik cairnya sehingga wujudnya padat pada suhu ruang. Asam lemak yang umum ditemukan yaitu :asam stearat (C18. FosfoLipida FosfoLipida terbentuk dari ikatan dua asam lemak pada gugus fosfat yang mempunyai gugus kepala. ada dua ikatan rangkap dua). Nurjani. tidak ada ikatan rangkap). Jenuh jika tidak terdapat ikatan rangkap. asam oleat (C18. Minyak pada biji merupakan sumber energi yang digunakan pada saat perkecambahan. B. Sifat fisik dari Lipida tergantung pada panjangnya rantai hidrokarbon dan ada tidaknya ikatan tak jenuh.

Nurjani. Membran sel sangat penting pada tumbuhan karena membentuk pembatas bagi molekul polar. Kepala (polar. mengatur lalulintas ion dan nutrisi.Sc. ekornya bersifat hidrofobik (tidak larut dalam air). M. hidrofobik) Fosfolipid 10 . Oleh karena itu secara spontan senyawa ini membentuk dwilapis Lipida.Komposisi Kimia Tumbuhan By : Ir. membawa energi transduksi. hidrofilik) Ekor (nonpolar. mengarahkan signal transduksi dan perantara interaksi antar sel.

Lilin Lilin adalah campuran komplek dari asam lemak terikat pada rantai panjang alkohol. bunga. Lilin juga ada pada suberin yaitu senyawa kedap air yang terdapat pada sel gabus dan dinding sel dari endodermis. buah dan batang sebagai penghalang air dan OPT.Komposisi Kimia Tumbuhan By : Ir. Lilin lebih padat dan kedap air dari lemak lainnya. C. Kutin adalah lilin yang tedapat pada tumbuhan dan sebagai komponen utama kutikula yang menutupi permukaan daun. 11 .Sc. Nurjani. M.

M. Senyawa ini sering digunakan sebagai obat atau racun. Lipida. VI.Komposisi Kimia Tumbuhan By : Ir. Metabolit Sekunder Protein. Morpin pada Opium poppy 12 . terpenoid dan Fenolik. Ada tiga kelompok utama metabolit sekunder pada tumbuhan yaitu alkaloid. karbohidrat dan asam nukleat disebut metabolit primer karena terdapat pada semua tanaman dan diperlukan untuk kehidupan dan kesempurnaan fungsi pada tanaman.Sc.000 macam alkaloid yang telah diisolasi dari tumbuhan. Kebanyakan senyawa ini tidak diketahui fungsinya. contohnya : • • • • Kafein pada kopi Kokain pada Coca Konin pada cemara racun. Metabolit sekunder juga disebut produk alami atau ”Phytochemicals”. Nurjani. Metabolit sekunder adalah berbagai senyawa lain yang fungsinya bervariasi dan terbatas pada tumbuhan serta sering terakumulasi pada bagian yang berbeda pada tmbuhan. Kebanyakan namanya diakhiri dengan “in”. Alkaloid Alkaloid adalah senyawa basa yang mengandung nitrogen dan mempengaruhi sistem saraf manusia. Paling sedikit ada 10.

hence. Senyawa ini mengandung karbon dan hidrogen tetapi sangat sedikit oksigen sehingga bersifat hidrofobik (sukar larut dalam air). • • Nikotin pada Tembakau Quinin pada pohon kina Terpenoid Terpenoids adalah polimer dari isoprena yaitu suatu hidrokarbon dengan lima atom karbon. Karena dibentuk dari monomer isoprena. with over 25. they contain carbon in multiples of 5: Terpenoid adalah golongan metabolit sekunder yang strukturnya sangat bervariasi dengan lebih dari 25.monoterpen C15 . they are hydrophobic. • • • • C10 . terpenoid mempunyai karbon kelipatan 5.sesquiterpen C20 . Nurjani. Since they are formed from isoprene units. Terpenoid diambil namanya dari terpentin yaitu suatu molekul tinggi dari terpenoid yang digunakan sebagai tinner cat.Komposisi Kimia Tumbuhan By : Ir.Sc. Terpenoids are the most structurally diverse class of secondary metabolites. They contain carbon and hydrogen but very little oxygen.000 known structures.000 rumus struktur yang telah diketahui.diterpen C30 . Isoprena dipancarkan oleh daun sehingga menyebabkan kabut menyelimuti hutan pada hari yang panas.triterpen 13 . M.

Kata lignin diambil dari kata Yunani “lignos“ yang berarti kayu. dan ungu pada tumbuhan. Terpenoid tumbuhan lainnya termasuk taxol (obat kanker). Senyawa ini sering dihasilkan pada jaringan luar pada permukaan tanaman. pink. senyawa anti mikroba.Komposisi Kimia Tumbuhan By : Ir. Flavonoid adalah pigmen penting ditemukan pada epidermis kebanyakan tumbuhan. Salah satu group flavonoid adalah anthosianin yaitu pigmen yang larut dalam air yang memberikan warna merah. Lignin adalah polimer fenolik yang kaku ditemukan terutama pada jaringan kayu. senyawa anti herbivora. tetapi juga terdapat pada jaringan vaskular dan serat tumbuhan herba. Beberapa fenolik berperan sebagai pelindung dari sinar UV. • C40 . Fenolik Fenolik adalah senyawa benzena yang mengikat gugus OH. Tannin adalah senyawa yang memberikan rasa pahit pada tumbuhan sehingga terlindung dari herbivora. digitalis (obat hati) dan karet. Karotenoid adalah group terpenoid yang mencakup pigmen seperti beta-karoten dan lycopen yang menyebabkan warna merah pada tomat. 14 .Sc. Lignin adalah fenolik penting yang dihasilkan oleh jaringan vaskular untuk memberikan kekuatan struktural. dan anti oksidan. M.tetraterpen seperti menthol yang Monoterpen mencakup beberapa minyak penting memberikan aroma khas pada tanaman. Nurjani.

Suberin adalah polimer fenolik lainnya yang mempunyai struktur mirip lignin. Senyawa ini ditemukan pada dinding sel dari jaringan gabus pada bagian luar kulit tumbuhan dan juga pada dinding sel dari jaringan endodermis akar. Nurjani.Komposisi Kimia Tumbuhan By : Ir. M.Sc. Komposis Unsur pada Kelompok utama senyawa metabolit Tumbuhan C Karbohidrat + H + O + N Tidak ada P Tidak ada S Tidak ada Asam Protein + + + + Tidak ada amino tertentu Asam Nukleat + + + Sangat sedikit Sedikit Sangat sedikit + + + Tidak ada Lipida + + FosfoLipida FosfoLipida Jarang Alkaloid + + + Tidak ada Tidak ada Terpenoid + + Tidak ada Tidak ada Tidak ada Fenolik + + Tidak ada Tidak ada Tidak ada 15 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful