LAPORAN PRAKTIKUM

Jaringan Penguat dan Jaringan Pengangkut
DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH ANATOMI DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN

Disusun Oleh :

Edfar Rizky Apriandi (1210702020)
KELOMPOK I Tanggal Praktikum : 21 April 2012

Tanggal Pengumpukan : 27 April 2012

JURUSAN BIOLOGI SEMESTER IV/A FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG 2012

jaringan pada tumbuhan ada dua macam. trakea. Tujuan Praktikum Tujuan praktikum dari analisis ini adalah untuk menegetahui adanya mekanik (penguat) pada tumbuhan dan mengetahui jaringan pengangkut pada tumbuhan b. Seolah tidak peduli dengansekitarnya. Kabupaten Bnadung I. xilem .dan floem (Kimball. pembuluh xilem (pembuluh kayu).dan proses-proses kehidupan lainnya sehingga terciptalah kehidupan tanaman tersebutdan di dalam laporan ini kita dapat mengetahui lebih mendalam tentang jaringan-jaringantumbuhan tersebut (Poedjiadi. Xilem . dan sklerenkim kayu (serabut kayu). Jaringan pengangkut berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan sertamengangkut air dan garam-garam mineral dari akar ke daun. respirasi. Jaringan-jaringan itu menjalankan fungsi tertentu. parenkim.30 WIB : Laboratorium Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Al-Jawami Cileunyi.00 – 13. yaitu jaringan meristem/embrional dan jaringan permanen/dewasa (Syamsuri.skelerenkim.1994). tetapi telah terdiferensiasisehingga membentuk berbagai jaringan yang lebih kompleks.Jaringan pengangkut terdiri dari:1) Xilem (pembuluh kayu) Xilem disusun oleh trakeid.Ada yang berperan dalam dalam proses pengambilan makanan (hara daan air). parenkim kayu. 1999). berarti dia hidup. tumbuhan menggunakan jaringan pengangkut. dia hanya bergerak karena tertiup angin. terdapat berbagai jaringan penyusuntubuh yang mendukung kehidupan. tumbuhan juga memiki struktur tubuh yang terdiri atas jaringan dan organ. Akan tetapi. Jaringan permanen sel-selnya sudah tidak membelah. Hasil proses diferensiasi jaringan meristem antara lain jaringan epidermis. kolenkim. Sepertinya.2007). Diferensiasi adalah proses perubahan jaringan meristem menjadi jaringan.jaringan lain. Seperti halnya hewan. Teori Dasar Kalau kita perhatikan sebuah tanaman kokoh berdiri. Pendahuluan a. mengapa dia bisa tumbuh. Ada rahasia apakah dibalik semua itu? Ternyata dalam batangnya yang kokoh daan tampak keras dari luar. klorenkim.JARINGAN PENGUAT DAN JARINGAN PENGANGKUT Tanggal Praktikum : 21 April 2012 Pukul Tempat : 10. Pada dasarnya.

2) Jaringan sklerenkimMerupakan jaringan yang sel-selnya mengalami penebalan dari lignin (zat kayu).Jarum preparat Jumlah 1 buah 1 buah 3 buah 3 buah 1 buah 1 buah 1 buah 1 buah Bahan .berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineraldan dari dalam tanah menuju ke daun. Jumlah 1 batang 1 batang 1 batang 1 batang 1 batang 1 batang .Kuas halus . bentuk bulat. Xilem dan floem bersatu membentuk suatu ikatan pembuluh angkut (Suryo.Silet . yang belum berkayu. pembuluh tapis.2007).Cutter .Mikroskop listrik .Batang Zea mays (Jagung) . sel pengiring. Alat dan Bahan Alat . sklerenkim dibedakan menjadi 2 macam.Ricinus communis (Jarak) . di dalam tumbuhanterdapat jaringan yang disebut jaringan penyokong.Batang Hibiscus sabdariffa (Bunga Rosella) .Cucurbita sp. yaitu:a) Skelereid (sel batu): selnya mati. umumnya terdapat pada permukaan batang (Syamsuri.2) Floem (pembuluh tapis)Floem disusun oleh sel ayakan atau tapis. Menurut bentuknya. merupakan sel hidup. dan serabut kulit kayu (sel sklerenkim). b) Serabut-serabut sklerenkim (serat): selnya dengan bentuk panjang.Jaringan penyokong terdiri dari: 1) Jaringan kolenkimMerupakan jaringan yang dindingnya mengalami penebalan dari selulosa dan pektinterutama di bagian sudut-sudutnya. Floem berfungsi untuk mengangkut zat-zathasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh.Pinus merkusii (Pinus) . sel parenkimkulit kayu. Banyak terdapat pada tumbuhan yang masih muda. dan berdinding keras sehingga tahan tekanan. Jaringan penyokong (jaringan penunjang) berfungsi untuk penunjang tanaman agar dapat berdiri dengan kokoh dan kuat. 2008).Kaca objek . sel-selnya sudah mati.Contoh : sel-sel tempurung kenari dan tempurung kelapa. Metode a.Pipet tetes .Tangkai daun Abium graveolens (Seledri) . II.Kaca penutup .

kemudian diamati dibawah mikroskop dengan perbesaran 100x • Diamati bagian sel trakeid. batang jagung. kemudian bahan yang digunakan di sayat dengan cara melintang dengan silet setipis mungkin • Bahan yang telah disayat disimpan diatas kaca objek. batang jarak.) disiapkan diatas meja praktikum • Kaca objek yang digunakan diteteskan aquadest satu tetes. kambium . floem. sel-sel parenkim. pembuluh xilem. Cara Kerja Jaringan Penguat • Bahan yang digunakan (tangkai daun seledri dan dan batang bunga rosella) disiapkan di meja praktikum • Kaca objek yang digunakan diteteskan aquadest satu tetes diatasnya. kemudian bahan-bahan disayat dengan silet dengan setipis mungkin • Preparat ditutup dengan kaca penutup. Curcubita sp. kemudian ditutup dengan kaca penutup • Preparat yang telah siap diamati dibawah mikroskop dengan perbesaran 100x • Diamati bagian penebalan dinding.b. dan jaringan penguat Jaringan Pengangkut • Bahan yang digunakan (Pinus.

Hasil Pengamatan  Jaringan Penguat .Batang Hibiscus sabdariffa (Bungan Rosella) Xilem Empulur Floem Sklerenkim Kolenkim Epidermis Kambium  Jaringan Pengangkut .Melintang batang Pinus merkusii (Pinus) Xilem sekunder Epidermis .III.Tangkai daun Apium graveolens (Seledri) Kolenkim Epidermis .

Melintang batang Zea mays (Jagung) Xilem Floem Kolenkim Jaringan pembuluh Parenkim .Melintang Cucurbita sp..Melintang batang Ricinus communis (Jarak) Xilem sekunder Epidermis . Parenkim Xilem Floem Kolenkim Jaringan pembuluh .

IV. . serabut xilem. Jaringan penguat pada tumbuhan terdiri atas kolenkim yang umunnya memberikan pengokohan pada bagian tumbuhan yang masih muda dan sklerenkim pada tumbuhan muda atau tua. Floem terdiri atas buluh tapis. Xilem terdiri atas trakea. umumnya sel-sel penyusun xilem telah mati. sel pengiring. konsentris. Jaringan penguat sangat berperan untuk memberikan pengokohan atau kekuatan pada tubuh tumbuhan tinggi dan sering dengan nama mekanik atau penguat. antara xilem dan floem tidak terdapat kambium misal pada monocotyledon. parenkim floem. dinding sangat tebal tersusun dari zat lignin sehingga xylem berfungsi juga sebagai jaringan penguat. 3) Tipe radial Disebut tipe radial apabila xilem dan floem letaknya bergantian menurut jari-jari lingkaran. Pada kolateral tertutup. Xilem. dan radial. 1999). trakeid. Floem berada di bagian luar dari xilem. Pembahasan Jaringan pengangkut (vaskuler) merupakan jaringan pengangkut pada tumbuhan tingkat tinggi berupa xilem dan floem. dan serabut floem. Jika antara xilem dan floem terdapat kambium maka disebut kolateral terbuka. berkas pengangkut dapat dibedakan menjadi 3 tipe. Unsur xilem terdiri atas unsur trakeal. 2) Tipe konsentris Tipe berkas pengangkut disebut konsentris apabila xylem dikelilingi floem atau sebaliknya. Floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun menuju ke seluruh tubuh tumbuhan. Xilem berfungsi mengangkut air dari akar melewati batang dan menuju ke daun. Jaringan yang bertugas untuk memberikan pengokohan atau kekuatan pada tubuh tumbuhan tinggi dinamakan jaringan mekanik atau penguat. serta unsur lain seperti serabut xilem dan parenkim xilem. yaitu kolateral terbuka dan kolateral tertutup. Jaringan penguat pada tumbuhan terdiri atas kolenkim yang berfungsi memberikan pengokohan pada batang muda dan sklerenkim pada batang yang telah mengalami proses pendewasaan. Kolateral terbuka dijumpai pada dicotyledon dan gymnospermae. Contoh pada akar monocotyledon (Kimball. Berdasarkan posisi xilem dan floem. Tipe kolateral dibagi menjadi 2. unsur-unsur tapis. dan parenkim xilem. 1) Tipe kolateral Berkas pengangkut disebut kolateral jika berkas pengangkut xilem dan floem terletak berdampingan. yaitu kolateral.

2008). 2007. sel-selnya memiliki dinding yang tipis dengan penebalan di sudut-sudut sel. 2008. Istamar. Daftar Pustaka Kimball. Dasar-dasar Biokimia. Kesimpulan Jaringan pengangkut (vaskuler) merupakan jaringan pengangkut pada tumbuhan tingkat tinggi berupa xilem dan floem. Misalnya terdapat pada batang. Anna. dan tangkai buah (Suryo. Syamsuri. Contohnya terdapat pada tempurung kelapa. Genetika Strata I. UI Press. kulit biji.1) Kolenkim. tangkai daun. dan bunga. Biologi. Erlangga. sel-selnya mengalami penebalan di seluruh bagian sel. Jakarta Suryo. 1999. Jakarta Poedjiadi. Biologi. berfungsi sebagai penyokong bagian-bagian tumbuhan. Bentuk selnya bervariasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press . V. 2) Sklerenkim. 1994. Sklerenkim dapat berasal dari kolenkim yang mengalami penebalan lebih lanjut. Jaringan penguat pada tumbuhan terdiri atas kolenkim yang umunnya memberikan pengokohan pada bagian tumbuhan yang masih muda dan sklerenkim pada tumbuhan muda atau tua VI. Erlangga. John W. Jakarta. Jaringan penguat sangat berperan untuk memberikan pengokohan atau kekuatan pada tubuh tumbuhan tinggi dan sering dengan nama mekanik atau penguat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful