KATA PENGANTAR

Puji dan sukur kami panjatkan atas kehadiran allah swt yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehinga penulis dapat menyelesaikan laporan ini yang berjudul pengamatan pomnas cabang olahraga atletik khususnya lompat jangkit tak lupa salawat dan salam tercurah kepada nabi muhamad saw beserta para keluargah dan sahabat dan pengikutpengikutnya sampai ahir zaman Selanjutnya penulis mengucapkan terimah kasih kepada guru bidang studi yang telah memberih kesempatan untuk melakukan pengamatan sebagai tugas pertama di luar kampus selain itu terima kasih pula kami ucapkan kepada teman-teman yang telah membantu proses pengamatan ini Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan laporan pengamatan ini masih banyak terdapat kekurangan oleh karna itu penulis membuka diri untuk menerima kritik dan saran sebagai masukan guna kesempurnaan laporan ini dan penulis mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dan kepada tuhan penulis mohon ampun ahir kata penulis berharap semoga pengamatan ini dapat bermanfaat sebagai tambahan pengetahuan dan informasi

Palembang,11/11/2009 Penulis

MAKSUD Kegiatan ini mempunyai maksud untuk memberikan pengenalan dan pengetahuan yang mendalam mengenai cara. WAKTU DAN TEMPAT PENGAMATAN Hari :Senin-kamis Tanggal :12 sampai 16 oktober 2009 Waktu :Pagi 06:15-09:30 Sore 15:30-17:30 C. TUJUAN 1.kegiatan pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah dan teknik dalam lompat jangkit 2. D.A.TUJUAN Kegiatan pengamatan pomnas ini bertujuan untuk mengetahui langkah langka dan teknik lompoat jangkit serta mengetahui kesalahan-kesalahan yang dapat mengagalkan . NAMA KEGIATAN Nama kegiatan ini adalah pengamatan mengenai lompat jangkit.MAKSUD DAN TUJUAN A. penjelasan mengenai hal-hal yang dapat mengugurkan/disnya suatu loncatan B.teknik dan langah-langkah lompat jangkit B.PROSES DAN HASIL PENGAMATAN 1.

PENGAMATAN LOMPAT JANGKIT Sebelum di lakukanya perlombaan peserta atau atlit lompat jangkit di perkenankan untuk melakukan pemanasan untuk menghindari dari cidera. Panjang bak lompat 8 meter 4. Isvir septera DIY (emas). lebar bak lompat 2. Kedalaman bak lompat kurang lebih 10-20 cm 6. pasir yang terdapat pada bak lompat 7. Pengibar benderah terdiri dari 2 benderah 3.suatu lompatan 2.75 meter 5. . dua buah benderah sebagai petunjuk sah dan batalnya lompatan 8. seperti keram pada betis dan paha karna pada lompat jangkit ini kita diwajibkan memiliki tumpuan yang kuat pada kaki serta lentingan tubuh yang baik Pada perlombaan lompat jangkit di laksanakan di stadion BUMI SRIWAJAYA . wasit pemberi aba-aba lari Pada perlombaan lompat jangkit jika peserta lebih dari delapan peserta maka setiap atlit memilki tiga kesempatan untuk melakukan lompatan dan akan di ambil dengan hasil yang terbaik atau lompatan yang terjauh dan adapun atlit yang memiliki lompatan terjauh atau peraih mendali yaitu: 1. penghitung jauh lompatan 4. Meteran baja (steel measuring tape merk nodric Pada perlombaan lompat jangkit memiliki beberapa wasit dengan tugasnya masingmasing 1.Dan adapun kelengkapan-kelengkapan dalam perlombaan lompat jangkit yaitu: 1. orang yang meratakan pasir 6. Pencatat lompatan 2. Ukuran untuk lapangan dari awal lari sampai balok tumpuan kurang lebih 45 m 2. Ukuran balok tumpuaan sampai bak lompatan kurang lebih 3 m 3. wasit penjaga papan skor jauh lompatan 5.

supaya kecepatan mencapai titik maksimal pada waktu melakukan tumpuan. 1. Riki wibowo jabar (perungu) EVALUASI PENGAMATAN 1.Gaya gaya yang terdapat pada gaya lompat jangkit yaitu A. Jarak awalan harus cukup panjang 35 – 40 meter. Sebutkan langkah-langkah teknik lompat jangkit 3. Supaya lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut: Perubahan kecepatan yaitu tekanan kaki ke arah depan dan ke atas yang digerakkan . gaya lintingan badan JAWABAN :2 2.gaya melayang B. Kesalahan-kesalahan apa yang sering terjadi pada lompat jangkit dan bagaimana Cara mengatasinya HASIL DAN JAWABAN JAWABAN:1 1. Asril DKI Jakarta (perak). Gerakan Hop Gerakan hop adalah gerakan dua kali menumpu kaki yang sama dengan tidak menghambat kecepatan lari atau awalan.langkah langkah lompat jangkit yaitu memiliki tiga tahapan yaitu lompatan dan tumpuan yang lebih di kenal dangan hop-step-jump dan adapun langkah-langkahnya sebagai berikut Yaitu : Awalan dalam lompat jangkit untuk meningkatkan kecepatan lari dengan tidak menghambat dari tumpuan-tumpuan tersebut. Gerakan lari konstan dan mampu menempatkan kaki tumpu pada balok dengan tepat. 3. Sebutkan gaya lompat jangkit 2.2.

tumit berada di depan titik pusat berat badan. untuk menjaga gerak mendatar sebanyak mungkin untuk dapat mengangkat bobot badannya ke arah jump. saat melayang punggung diusahakan tegak tidak condong. gerakan hop dan step. • tahap akhir gerakan dengan sikap melayang untuk melakukan pendaratan. Untuk mendapatkan Gerakan step yang baik. dengan tumit terlebih dahulu dengan berat badan berada di depan tumit. badan waktu melayang dipertahankan tegak. Sebelum mendarat kaki tumpu harus digerakkan ke depan. • Kaki harus digerakkan setinggi mungkin anggota badan bagian bawah tidak kaku dan tetap terayuh. • Setelah menumpu kaki menekan mengayuh dengan tenaga penuh sehinga kaki hampir sejajar dengan tanah.oleh kaki tumpu. • Setelah kaki melakukan dorongan yaitu setelah gerakan hop kemudian kaki yang satunya bergerak dari sikap tergantung di belakang digerakan dengan lutut terlebih dahulu dan pangkal paha dipertahankan jangan bergerak turun. Gerakan step Gerakan tumpuan yang ketiga yang dilakukan setelah gerakan tumpuan kaki yang sama. gerakan ini bertujuan mengubah kecepatan ke arah gerakan step. • Perubahan gerakan cenderung ke arah depan tidak ke atas. sedangkan kaki yang satu tergantung bebas di belakang titik pusat berat badan. untuk mendapatkan pendaratan yang sempurna perhatikan penjelasannya: . Anda perhatikan penjelasan berikut: • Jaraknya langkah tergantung dari kecepatan saat melakukan tumpuan. • Saat kaki menumpu tumit lebih dahulu menyentuh tanah. 2. Gerakan mendarat atau Jump Gerakan jump ini merupakan bagian terakhir dari gerakan-gerakan sebelumnya. • Perpindahan diperoleh saat gerakan hop ke arah gerakan step disamping kaki yang diangkat mengayun. • Sebelum gerakan menumpu kaki ayun dipertahankan tergantung kemudian hentakan kaki ke atas untuk mendapatkan suatu ketinggian.

KESIMPULAN Sebagai hasil pengamatan tersebut penulis minyimpulkan bahwa kesalahan yang sering terjadi pada lompat jangkit yaitu salah tumpuan pada kaki dan untuk mengatasinya yaitu: Pada saat akan memulai lompatan sebaiknya seorang atlit mengukur lintasan dengan langkah kaki dari balok tumpuan yang diawali dengan tumpuan kaki terkuat . dari balok tumpuan sampai bak lompatan ± 13m.• Jauhnya hasil suatu lompatan tergantung dari kontribusi gerakan-gerakan awal. • Gerakan step diikuti dengan kaki yang tergantung yang diayunkan ke muka dibantu dengan ayunan kedua tangan.75m. setelah tumit menyetuh pasir gerakan pinggul mendorong ke depan agar tidak jatuh ke belakang. • Lutut belakang diangkat ke depan sehingga sejajar dan kedua lengan digerakan ke depan membantu gerakan kaki. lebar 2. • Badan diusahakan setegak mungkin untuk memperoleh ketinggian yang diinginkan. bak lompat panjang 8m. kedalaman bak lompat ± 10-20cm. • Waktu mendarat perhatian tertuju pada kaki yang diayunkan sejauh mungkin ke depan dari pinggul. JAWABAN:3 3. • Merentangkan kedua belah lengan ke atas dimaksudkan untuk menahan gerakan turun ke bawah (drop). Ukuran untuk Lapangan dari awal lari sampai balok tumpuan ± 45m. kesalahan yang sering terjadi pada lompat jangkit yaitu: Kesalahan pada tumpuan kaki yang mengakibatkan kurang optimalnya suatu lompatan Cara mengatasinya: Pada saat akan memulai lompatan sebaiknya seorang atlit mengukur lintasan dengan langkah kaki dari balok tumpuan yang diawali dengan tumpuan kaki terkuat dan melangkah ke arah awalan lari dengan langkah yang agak panjang agar pada saat sprin kaki tumpuan terkuat tepat pada balok tumpuan. C. • Gerakan melayang biasanya menggunakan teknik Hang stile.

E.dan melangkah ke arah awalan lari dengan langkah yang agak panjang agar pada saat sprin kaki tumpuan terkuat tepat pada balok tumpuan.PENUTUP Demikianlah yang dapat kami paparkan sebagai hasil pengamatan lompat jangkit mohon maaf atas segalah kekurangannya. .dan penulis mahon maaf bila ada kata kata yang yang salah atau kurang jelas.penulis sangat mengharap kritik dan saran sebagai masukan untuk kesempurnaan dari pengamatan ini.ahir kata penulis berharap semoga pengamatan pomnas cabang atletik ini dapat bermanfaat.