Subyek: Objek dan Subjek Evaluasi Pendidikan tiga aspek, yaitu: a.

Aspek Kognitif (Kemampuan)

Sun Jan 17, 2010 9:00 pm

Obyek evaluasi pendidikan dilihat dari aspek inputnya, maka objek dari evaluasi pendidikan itu sendiri meliputi

Kemampuan calon peserta didik yang akan mengikuti program pendidikan sebagai taruna Akademi Angkatan Laut tentu harus dibedakan dengan kemampuan calon peserta didik yang akan mengikuti program pendidikan pada sebuah perguruan tinggi agama islam. Adapun alat yang biasa digunakan dalam rangka mengevaluasi kemampuan peserta didik itu adalah tes kemampuan (aptitude tes) b. Aspek Psikomotor (Kpribadian) Kepribadian adalah sesuatu yang terdapat pada diri seseorang, yang menampakkan bentuknya dari tingkah lakunya. Sebalum mengikuti program pendidikan tertentu, para calon peserta didik perlu terlebih dahulu dievaluasi kepribadiannya masing-masing, sebab baik burukya kepribadian mereka secara psikologis akan dapat mempengaruhi keberhasilan mereka dalam mengikuti program tertentu. Evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui atau mengungkap kepribadian seseoarng adalah dengan jalan menggunakan tes kepribadian (personality test) c. Aspek Afektif (Sikap) Sikap, pada dasarnya adalah merupakan bagian dari tingkah laku manusia, sebagai gejala atau gambaran kepribadian yang memencar keluar. Namun karena sikap ini merupakan sesuatu yang paling menonjol dan sangat dibutuhkan dalam pergaulan, maka diperoleh informasi mengenai sikap seseorang adalah penting sekali. Karena itu maka aspek sikap tersebut perlu dinilai atau dievaluasi terlebih dahulu bagi para calon peserta didik sebelum mengikuti program pendidikan tertentu. Subjek dari evaluasi pendidikan adalah orang yang melakukan pekerjaan evaluasi dalam bidang pendidikan. Berbicara tentang subjek evaluasi pendidikan disekolah, kiranya perlu dikemukakan disini, bahwa mengenai siap yang disebut sebagai subjek evaluasi pendidikan itu akan sangat bergantung pada , atau ditentukan oleh suatu atuaran yang menetapkan pembegian tugas untuk melakukan evaluasi tersebut. Jadi subjek evaluasi pendidikan itu dapat berbeda-beda orangnya.

Sumber: http://cybercounselingstain.bigforumpro.com/t119-objek-dan-subjek-evaluasi-pendidikan

Je Jenis-jenis Evaluasi Pembelajaran

A. Jenis evaluasi berdasarkan tujuan dibedakan atas lima jenis evaluasi : 1. Evaluasi diagnostik Evaluasi diagnostik adalah evaluasi yang di tujukan untuk menelaah kelemahankelemahan siswa beserta faktor-faktor penyebabnya. 2. Evaluasi selektif Evaluasi selektif adalah evaluasi yang di gunakan untuk memilih siwa yang paling tepat sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu.

Evaluasi hasil atau produk Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir. ditingkatkan atau dihentikan. faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan. 4. Evaluasi formatif Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan untuk memperbaiki dan meningkatan proses belajar dan mengajar. yankni evaluasi lulusan setelah terjun ke masyarakat. diperbaiki. 4. maupun kebutuhan-kebutuhan yang muncul dalam perencanaan 2. 5. Jenis evaluasi berdasarkan sasaran : 1. kesesuaian dengan rencana. Evaluasi formatif 5. . dimodifikasi. latar belakang program. Evaluasi sumatif Evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan bekajra siswa. Evaluasi penempatan Eva. B. Evaluasi outcom atau lulusan Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil belajar siswa lebih lanjut.uasi penempatan adalah evaluasi yang digunakan untuk menempatkan siswa dalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa. Evaluasi konteks Evaluasi yang ditujukan untuk mengukur konteks program baik mengenai rasional tujuan. 3. 6. baik mengenai kalancaran proses. Evaluasi input Evaluasi yang diarahkan untuk mengetahui input baik sumber daya maupun strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan. dan sejenisnya.3. Evaluasi proses Evaluasi yang di tujukan untuk melihat proses pelaksanaan.

D. afektif. 3. Berdasarkan subjek : 1. Evaluasi internal Evaluasi yang dilakukan oleh orang dalam sekolah sebagai evaluator. Evaluasi output Evaluasi terhadap lulusan yang mengacu pada ketercapaian hasil pembelajaran. Evaluasi program pembelajaran Evaluais yang mencakup terhadap tujuan pembelajaran. media. Evaluasi input Evaluasi terhadap siswa mencakup kemampuan kepribadian.C. ditinjau dalam aspek kognitif. kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Evaluasi eksternal . aspe-aspek program pembelajaran yang lain. kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Evaluasi hasil pembelajaran Evaluasi hasil belajar mencakup tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan. sikap. 2. Jenis evaluasi berdasarkan objek dan subjek evaluasi Berdasarkan objek : 1. isi program pembelajaran. 2. Jenis evalusi berdasarkan lingkup kegiatan pembelajaran : 1. Evaluasi proses pembelajaran Evaluasi yang mencakup kesesuaian antara peoses pembelajaran dengan garisgaris besar program pembelajaran yang di tetapkan. metode dan lain-lain. psikomotorik. 2. keyakinan. misalnya guru. 3. baik umum maupun khusus. Evaluasi tnsformasi Evaluasi terhadao unsur-unsur transformasi proses pembelajaran anatara lain materi. strategi belajar mengajar.

edu/advising/models/h BRIENHERHOFF MODEL UNTUK MEMPROMOSIKAN REFLEKSI UNTUK MENYAJIKAN instruksional Strategis untuk interaksi belajar yang kuat UMPAN BALIK// UNTUK BERLATIH http://www.fsu. masyarakat. http://www.career. teori pengambilan keputusan karir CIP menjelaskan keputusan seperti sebuah resep.com/mindmaps/i375485/-dr-brinkerhoff-s-instructional-modelpromoting-effective-learning . misalnya orangtua. Evaluasi yang dilakukan oleh orang luar sekolah sebagai evaluator. yang dirancang untuk memeriksa bagaimana individu terlibat dalam memecahkan masalah dan karir pengambilan keputusan.biggerplate. Teori ini adalah teori karir muncul. yang melibatkan beberapa bahan serta proses untuk mengintegrasikan bahan ini untuk keluar dengan produk akhir. Secara khusus. nis evaluasi CIP Model Kognitif Informasi Pengolahan (CIP) teori dikembangkan melalui usaha bersama dari sekelompok peneliti di Karir Center FSU Pusat Studi Teknologi dan Pengembangan dalam Konseling Karir (Tech Center) .3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful